Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

4 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur

 – Salah satu hal penting yang menentukan sukses atau tidaknya kita berpuasa yaitu saat sahur. Hal tersebut karena, dengan makan sahur kita bisa memasok energi pada tubuh agar lebih kuat menahan lapar dan haus sampai waktu Maghrib tiba.

Namun ada yang perlu kita perhatikan saat sahur, yaitu makanan yang kita konsumsi. Sebab, tidak semua makanan baik untuk dikonsumsi saat sahur. Agar puasa kamu penuh energi, tidak lemas, dan lancar hingga Maghrib sebaiknya hindari makanan-makanan berikut ini.

Salah satu jenis makanan yang harus kamu hindari saat sahur yaitu makanan berminyak, seperti gorengan dan makanan yang digoreng dengan minyak. Makanan yang mengandung minyak dalam jumlah tinggi, sebenarnya tidak memasok energi pada tubuh.

Read Full Article
Menu Sahur Ala Food Combining
"Menu sahur untuk besok apa ya?" Adalah pertanyaan yang selalu terlontar saat berada di kantor dan berkumpul dengan ibu-ibu. Menentukan menu sahur bagaikan membuat esay yang harus dipikirkan matang-matang, agar keluarga yang menikmati tertarik dengan menu yang disajikan.Namun berbeda dengan saya yang menerapkan food combining dalam keseharian, karena memang sederhana sekali. Saya masih belum berhasil mengajak keluarga saya untuk ber-food combining. Jadi saya juga memasak menu sahur non food combining untuk anggota keluarga.Sebenarnya sama saja menu sahur food combining dengan menu ini pada hari biasa. Cuma beda waktu konsumsi saja, harus mengikuti jam makan puasa. Tapi juga perlu pertimbangan khusus, agar kinerja organ pencernaan lebih ringan.
Tujuh Lauk Praktis dan Lezat untuk Makan Sahur
Makan sahur termasuk aktivitas yang biasa dilakukan saat bulan Ramadan. Meski malas, tapi biasanya seseorang akan rela bangun dini hari untuk makan sahur, karena sahur membuat seseorang menjadi lebih bertenaga.Salah satu yang membuat sahur menjadi lebih menyenangkan adalah pilihan lauk yang pas dan menggugah selera. Memilih lauk untuk sahur haruslah tepat, di antaranya harus bernutrisi, enak, dan pastinya tidak membuat Anda ribet. Kira-kira, apa saja lauk yang pas dinikmati saat sahur? Berikut kami berikan tipsnya untuk Anda.Lauk kering. Lauk kering bisa menjadi alternatif sahur yang praktis dan pastinya menggugah selera. Ada beberapa jenis lauk kering yang bisa Anda pilih untuk teman sahur, antara lain dendeng daging sapi, abon sapi, abon ayam atau ikan, kering tempe teri, kering tuna, ayam suwir kering, dan lainnya.
Inilah Alasan Makan Sahur Berpahala
Sebagian kita mungkin meremehkan makan sahur. Mulai dari bangun tidur kesiangan, tidak mempersiapkan menu makanan untuk sahur atau malas beranjak dari tidur, sehingga harus berpuasa siang hari tanpa nutrisi yang cukup.Makan sahur memang menjadi rutinitas yang cukup berat dilakukan saat ramadan. Bagaimana tidak, umat Islam diharuskan bangun di saat mata dan tubuh masih terlena dengan sejuknya angin malam.Padahal, ada banyak berkah di balik perintah makan sahur. Bahkan Rasulullah SAW menjelaskan bahwa, Allah akan memberikan pahala bagi mereka yang menjalankan sunah Nabi ini. Lantas mengapa makan sahur menjadi salah satu jalan meraih pahala?
4 Jenis Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Kanker
 – Ada berbagai pendapat tentang apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh penderita kanker. Kebanyakan setuju, kalau penderita kanker mempunyai beberapa pantangan makanan yang memang wajib dihindari. Ada juga beberapa orang yang tidak setuju dan memperbolehkan penderita kanker untuk mengonsumsi apapun yang diinginkan.Namun apapun alasannya, makanan yang dikonsumsi penderita kanker ternyata memang berpengaruh besar terhadap proses kesembuhan. Dan berikut ini terdapat beberapa jenis makanan yang perlu dihindari oleh penderita kanker.Makanan pertama yang harus dihindari itu adalah makanan yang mengandung lemak tinggi. Menurut American Cancer Society, makanan yang kaya lemak jenuh dapat tingkatkan risiko kanker kambuh kembali atau kanker bertambah parah.
10 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes
.co.id – Diabetes adalah keadaan di mana kadar gula darah sangat tinggi sekali. Hal ini ini dikarenakan hormon insulin tidak bisa bekerja secara efektif. Dan penyakit ini membuat penderitanya tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan.Meskipun tidak ada pantangan dalam makanan yang akan dikonsumsi, jumlahnya harus dibatasi. Sehingga membuat penderita diabetes tidak mengalami kenaikan kadar gula darah secara terus menerus, yang bisa membahayakan nyawa.Nah, di bawah ini ada beberapa jenis makanan yang harus dikurangi bahkan jangan pernah dikonsumsi. Dan menguranginya bisa membuat kadar gula darah tetap normal. Berikut adalah 10 makanan yang harus dihindari penderita diabetes.
Makna di Balik Perintah Mengakhirkan Sahur
Pengertian sahur adalah aktivitas makan umat Islam yang dilakukan pada dini hari atau sebelum masuk waktu subuh, bagi yang akan menjalankan ibadah puasa pada bulan ramadan atau puasa sunah lainnya.Termasuk dalam sunah Rasulullah SAW dalam pelaksanaan sahur adalah "mengakhiri sahur". Hal ini berdasarkan hadis-hadis sahih yang diriwayatkan Rasulullah SAW, sangat berbeda dengan kebiasaan kebanyakan kaum muslimin yang mendahulukan waktu sahur jauh dari fajar shadiq.Terdapat beberapa hadis yang menyebutkan tentang keutamaan makanan sahur, di antaranya dari Anas bin Malik ra beliau berkata, Nabi Saw bersabda, Makan sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam makanan sahur terdapat barakah Muttafaqun alaih .
Tips Sahur Saat Traveling di Bali
Ramadan adalah bulan penuh kebaikan dan bukan penghalang bagi kamu yang ingin liburan. Justru di momen ini, perjalanan bisa menjadi tantangan dan uji kesabaran. Jangan tanggung-tanggung, cobalah ke Bali. Meski mayoritas warganya bukan muslim, tapi kamu tetap akan menemukan kenyamnan bahkan dalam hal sahur. Agar lebih mudah, coba terapkan beberapa tips sahur di Pulau Dewata berikut ini.1. Berburu Tempat Makan 24 JamSebenarnya kuliner Bali itu melimpah, namun yang halal itu tidak banyak. Bukan hal yang mengherankan jika mengingat lebih dari separuh penduduknya adalah penganut Hindu. Maka dari itu, sebelum berangkat kamu bisa mengumpulkan informasi terlebih dahulu di mana tempat makan yang buka 24 jam sekaligus menjual menu halal. Sebagai alternatif, kamu bisa memilih Warung Nasi Pedas Ibu Andika. Tapi karena ini untuk sahur, maka kamu harus pintar-pintar memilih menu.2. Bawa Makanan InstanUntuk Jaga-jaga Kadang ada satu atau dua hal yang menyebabkan kita tidak bisa keluar dari penginapan untuk mencari santapan saat sahur. Atau mungkin waktu subuh akan segera tiba, sehingga tidak ada waktu untuk berburu kuliner Bali yang enak. Ketika hal seperti ini terjadi, makanan instan bisa jadi penyelamat daripada hanya meneguk air putih saja. Pilih produk yang sehat seperti oatmeal, roti hingga susu.
Hati-hati, 8 Makanan Ini Tak Boleh Dimakan Bersama Obat
Beberapa jenis makanan dapat membuat obat resep tidak bekerja, atau dalam skenario terburuk bahkan memiliki efek samping yang berbahaya. Dr. Aisling Hillick pengasuh situs aplikasi kesehatan babylonhealth.com memberitahu beberapa jenis makanan yang harus diwaspadai dan dihindari saat sedang mengonsumsi obat resep dokter.Makanan yang dilarang dicampur bersama obat tertentu, ternyata adalah makanan yang sehari-hari sering kita konsumsi. Berikut jenis makanan yang harus dihindari saat mengonsumsi obat.Pisang. Hindari jika Anda sedang menggunakan obat-obatan penurun tekanan darah. Pisang memiliki kandungan potasium (kalium) tinggi, pada kondisi wajar hal ini baik bagi tubuh, tapi bagi mereka yang sedang mendapatkan pengobatan dengan obat seperti Captoril, inhibitor ACE atau penghambat reseptor angiotensin, Anda harus menghindari makanan yang kaya akan kalium seperti sayuran hijau dan juga jeruk.  
Empat Bahaya Tidur Kembali Setelah Makan Sahur
Puasa memang menjadi suatu keharusan bagi seluruh umat Islam yang dikira mampu untuk menjalankannya. Salah satu yang membuat puasa menjadi lebih berkah adalah dengan menjalankan sahur terlebih dahulu.Karena waktu sahur berada di akhir sepertiga malam, maka kebanyakan umat Muslim lebih memilih tidur kembali setelah menyantap makanan sahur. Namun ternyata, tidur kembali setelah menyantap makanan sahur bertolak belakang dengan kebiasaan Rasullulah dan para sahabatnya.Tidur kembali setelah sahur maka keberkahan di pagi hari tidak akan didapatkan, selain itu tidur setelah menyantap makanan sahur memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Berikut empat masalah kesehatan yang akan didapatkan tubuh jika Anda kembali tidur setelah sahur.
4 Makanan Penyebab Kanker yang Wajib Dihindari
 – Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi semua makhluk hidup, termasuk kita manusia. Makanan bermanfaat untuk memberikan tenaga pada tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Tidak hanya itu saja, setiap makanan juga mengandung nutrisi yang berbeda-beda, sehingga manfaat yang didapat pun berbeda.Kita sebagai makhluk hidup memang butuh makanan. Namun, kita tak boleh sembarangan dalam mengonsumsi makanan. Hal ini dikarenakan, tak semua makanan baik untuk tubuh kita, terlebih dalam kondisi tertentu atau saat kita menderita penyakit tertentu.Bahkan, dalam kondisi sehat pun kita juga tak boleh sembarangan dalam mengonsumsi makanan. Nah, berikut ini terdapat beberapa jenis makanan yang dapat membahayakan tubuh. Dan, lebih mengerikannya lagi makanan tersebut dapat menyebabkan penyakit mematikan seperti kanker. Kira-kira, makanan apa saja itu?Baca Selengkapnya ...
Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur Agar Puasa Lancar
 – Ramadan telah tiba, tentu hati bergembira. Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, kita semua umat islam akan menjalankan ibadah puasa. Dalam menjalankan ibadah puasa, kita tak hanya menahan lapar dan haus saja, namun juga menata kembali pola makan kita.Dengan jam makan yang cukup juga antara sahur dan berbuka, tentu kita harus bisa mengkondisikan tubuh agar mendapatkan asupan nutrisi dan energi yang cukup, agar puasa berjalan dengan lancar dan tidak lemas. Dalam hal ini, makanan yang kita konsumsi saat sahur sangat berpengaruh sekali. Memang di awal-awal puasa tubuh kita akan terasa lemas, karena belum terbiasa.Namun jika kita bisa memilih makanan yang baik ketika sahur, maka tubuh kita akan lemas meskipun berpuasa seharian, tak hanya itu saja, makanan yang baik serta menjalankan ibadah puasa juga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.
7 Cara Unik Bangunkan Sahur di Indonesia
Ramadan menjadi bulan yang paling dinantikan bagi kaum muslim. Berbuka adalah momen paling dinanti-nantikan setiap harinya di bulan yang penuh berkah ini. Tak hanya berbuka, momen sahur juga pasti sangat berkesan di bulan ramadan.Sahur menjadi hal wajib yang dilakukan bagi orang berpuasa. Terkadang, ada saja masyarakat yang kesulitan bangun saat waktu sahur, yang membuat beberapa warga lainnya memiliki ide unik untuk membangunkan warganya dengan berbagai macam cara.Dan berikut ini terdapat beberapa cara unik warga di Indonesia saat ingin membangunkan sahur. Mungkin di daerah kalian jadi salah satunya. Penasaran seperti apa?
Awas, 5 Makanan Ini Bikin Cepat Haus dan Lemas saat Puasa
Memilih makanan yang tepat saat sahur harus dilakukan agar puasa berjalan dengan lancar tanpa kendala. Sayangnya, karena ketidaktahuan sehingga membuat sebagian orang asal-asalan memilih makanan saat sahur.Padahal, salah memilih makanan dan minuman saat sahur dapat membuat Anda cepat haus dan lapar selama berpuasa. Alangkah sayangnya, kalau hanya karena masalah sepele tersebut, Anda harus menderita atau bahkan batal puasa hanya karena tidak mampu menahan lapar dan dahaga.Nah, agar tidak salah pilih, sebaiknya simak beberapa jenis makanan yang bikin Anda cepat haus dan lapar selama berpuasa. Karena hanya dengan mengetahuinya, maka Anda bisa menghindarinya.
Enam Tips Turunkan Berat Badan selama Bulan Ramadan
Ramadan merupakan waktu umat muslim di seluruh dunia melaksanakan ibadah puasa, yang berlangsung selama satu bulan lamanya. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa ketika bulan suci Ramadan, umat muslim hanya diperbolehkan makan pada dua waktu saja yaitu pada saat sahur dan saat berbuka.Waktu untuk makan sahur ialah sebelum terbitnya fajar, sedangkan waktu berbuka ialah setelah terbenamnya matahari di ufuk Barat. Dan pada waktu siang hari umat muslim melaksanakan puasa.Karena adanya kesenjangan waktu yang cukup panjang, di antara waktu sahur hingga berbuka menyebabakan biasanya orang-orang cenderung makan banyak, saat waktu sahur ataupun saat waktu berbuka. Kebiasaan seperti itu dapat mengakibatkan berat badan orang yang puasa naik.
Camilan Satu Ini Klaim Mampu Tahan Lapar Sampai 9 Jam
Menahan haus dan lapar selama berjam-jam memang tak mudah, apalagi bagi yang tetap menjalani aktivitas dan pekerjaan seperti biasa meski tengah berpuasa. Bangun subuh saat sahur terkadang memang sulit, bahayanya jika kesiangan bangun sahur.Makanan yang dikonsumsi saat sahur pun bisa jadi hanya sedikit, padahal tubuh perlu energi seharian. Mungkin, ada yag lebih parah sampai tak sempat sahur dan perut tak diisi seharian. Meski segala sesuatunya tergantung pada niat masing-masing, tetap saja mengosongkan perut selama berjam-jam berakhir buruk bagi kesehatan.Untuk Anda yang menjalani puasa, sepertinya tertarik akan produk baru yang satu ini yang mampu menahan rasa lapar dalam jangka waktu yang lama. Wah, seperti apa camilan itu?
Jangan Tidur Lagi Setelah Sahur, Ini Bahayanya
 – Dengan sahur tentu kita memiliki kesempatan untuk memasok energi ke dalam tubuh. Hal tersebut tentu bisa membantu kita untuk menjalankan ibadah puasa seharian penuh. Namun, karena waktu sahur mendekati waktu Subuh, terkadang kita suka dibuat terburu-buru saat makan. Hal tersebut kita lakukan, agar bisa kembali menikmati tidur. Tapi, tahukah Anda kembali tidur setelah sahur dan salat Subuh bisa membahayakan kesehatan tubuh? Mungkin, tak banyak orang yang mengetahuinya dan menganggap tidur setelah sahur adalah hal yang wajar dilakukan.Tapi ketahuilah, ternyata ada beberapa gangguan kesehatan yang bisa timbul jika Anda tidur lagi setelah sahur. Kebiasaan langsung tidur setelah sahur, ternyata bisa menyebabkan efek buruk terhadap pencernaan. Kebiasaan ini dapat menimbulkan kondisi yang disebut refluks.
Tujuh Rahasia Sahur yang Sering Diabaikan
Anda suka bangun sahur atau justru lebih memilih tidur nyenyak saat sahur? Sahur termasuk salah satu momen penting saat Ramadan yang sudah selayaknya dilakukan semua muslim.Tidak hanya membuat seseorang menjadi kuat dan bersemangat puasa, sahur juga termasuk ibadah sunah yang apabila dikerjakan, maka akan bernilai pahala. Sayangnya, tidak semua antusias menyambut waktu sahur, bahkan sebagian orang lebih memilih menghabiskan waktu sahur untuk tidur.Sayang sekali, padahal waktu sahur mengandung banyak keutamaan dan juga keberkahan, bahkan Rasulullah sendiri juga melakukannya. Nah, agar kita tidak lagi mengabaikan waktu sahur, sebaiknya simak tujuh rahasia manfaat yang bisa Anda peroleh saat sahur. Apa saja?
Lima Makanan Menggiurkan yang Bahaya Disantap saat Sahur
Saat waktu berbuka puasa, nafsu makan tentu sangat menggairahkan. Berbeda dengan saat sahur, nafsu makan sangat kecil karena efek masih mengantuk.Salah satu cara agar semangat makan saat sahur yaitu dengan menyajikan hidangan yang menggiurkan. Tapi perlu diketahui, banyak makanan menggiurkan yang sebenarnya berbahaya jika disantap saat sahur.Perlu diingat, Anda harus memerhatikan asupan nutrisi agar puasa Anda tahan lama, dan juga jangan mengonsumsi makanan yang bisa membuat tubuh cepat lemas dan haus. Berikut lima makanan yang dilarang disantap saat sahur walau rasanya enak dan bikin ngiler.
4 Menu Sahur Ini Menahan Rasa Lapar Lebih Lama
Godaan yang paling umum saat berpuasa, yaitu menahan rasa lapar di siang bolong. Apalagi, ketika waktu buka puasa masih cukup lama, hal ini kerap menjadi godaan bagi mereka yang sedang berpuasa.Namun, apabila asupan makanan yang dikonsumsi saat sahur tercukupi, besar kemungkinan Anda dapat menahan lapar dan kuat beraktivitas sampai jelang berbuka. Menu makanan sahur yang membuat kenyang lebih lama akan menjadikan perut menahan rasa lapar.Selain itu, mengonsumsi makanan yang kaya akan serat saat sahur, dapat membuat tubuh menjadi lebih kuat dan sehat. Dan berikut ini, terdapat pilihan makanan sahur yang cocok buat kamu yang sering merasa lapar saat berpuasa.
Enam Menu Lezat untuk Sahur di Hari Pertama
Bingung mau makan apa untuk sahur di hari pertama puasa? Umumnya, sahur di hari pertama puasa seringkali dianggap spesial, oleh karena itu menu yang disajikan juga harus spesial. Bagi para ibu, pada momen pertama sahur ini, mereka akan berusaha menyediakan menu-menu favorit keluarga tercinta.Seperti yang kita tahu, makan pada dini hari ketika mata masih mengantuk bukanlah hal yang menyenangkan, sehingga pemilihan menu yang tepat diharapkan mampu membuat anggota keluarga lebih berselera dan semangat menikmati hidangan sahur yang sudah disiapkan.Jika Anda merasa bingung menu apa yang paling cocok untuk disiapkan pada hari pertama sahur, maka simak saja beberapa pilihan menu berikut ini.
Enam Tips Mengatasi Rasa Malas Makan Sahur
Tak terasa bulan puasa sudah lewat dari seminggu lebih. Selama bulan puasa kita telah mengubah kebiasaan makan. Dari yang biasanya sarapan di pagi hari menjadi makan sahur pada dini hari, sebelum subuh atau yang disebut makan sahur.Karena beberapa alasan, ada beberapa orang yang mengeluh jika kurang berselera makan saat sahur. Tapi hal itu jangan dijadikan alasan, karena dalam sahur ada banyak keberkahan, bahkan disebutkan jika makan sahur itu hukumnya sunah.Oleh karena itu, pastikan Anda tidak pernah meninggalkan makan sahur di bulan Ramadan. Tapi bagaimana, jika seseorang malas untuk makan sahur? Tidak perlu cemas, karena di sini kita akan membagikan tips agar semangat dan berselera makan saat sahur.
4 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur
 – Salah satu hal penting yang menentukan sukses atau tidaknya kita berpuasa yaitu saat sahur. Hal tersebut karena, dengan makan sahur kita bisa memasok energi pada tubuh agar lebih kuat menahan lapar dan haus sampai waktu Maghrib tiba.Namun ada yang perlu kita perhatikan saat sahur, yaitu makanan yang kita konsumsi. Sebab, tidak semua makanan baik untuk dikonsumsi saat sahur. Agar puasa kamu penuh energi, tidak lemas, dan lancar hingga Maghrib sebaiknya hindari makanan-makanan berikut ini.Salah satu jenis makanan yang harus kamu hindari saat sahur yaitu makanan berminyak, seperti gorengan dan makanan yang digoreng dengan minyak. Makanan yang mengandung minyak dalam jumlah tinggi, sebenarnya tidak memasok energi pada tubuh.
Waspada, Tujuh Makanan Ini Justru Perparah Kanker
Siapa yang tidak tersiksa ketika harus berpantang mengonsumsi makanan enak? Namun bagi penderita penyakit tertentu, seperti misalnya kanker, hal itu harus dilakukan, karena ada beberapa makanan yang ternyata berpotensi dapat memperparah penyakitnya.Jika saat sehat, mereka bebas menikmati semua makanan, namun saat sakit, makanan tersebut menjadi tidak tidak baik lagi untuk kesehatannya. Kira-kira, apa saja makanan yang berpotensi memperparah kanker? Simak informasinya berikut ini.Makanan berlemak. Makanan berlemak kurang bagus dikonsumsi penderita kanker, karena dapat merangsang perkembangan kanker. Di antara jenis makanan lemak yang harus dibatasi dan dihindari antara lain, jeroan, mentega, gorengan, daging merah, keju, dan lain-lain.