Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur Agar Puasa Lancar

 – Ramadan telah tiba, tentu hati bergembira. Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, kita semua umat islam akan menjalankan ibadah puasa. Dalam menjalankan ibadah puasa, kita tak hanya menahan lapar dan haus saja, namun juga menata kembali pola makan kita.

Dengan jam makan yang cukup juga antara sahur dan berbuka, tentu kita harus bisa mengkondisikan tubuh agar mendapatkan asupan nutrisi dan energi yang cukup, agar puasa berjalan dengan lancar dan tidak lemas. Dalam hal ini, makanan yang kita konsumsi saat sahur sangat berpengaruh sekali. Memang di awal-awal puasa tubuh kita akan terasa lemas, karena belum terbiasa.

Namun jika kita bisa memilih makanan yang baik ketika sahur, maka tubuh kita akan lemas meskipun berpuasa seharian, tak hanya itu saja, makanan yang baik serta menjalankan ibadah puasa juga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Read Full Article
4 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur
 – Salah satu hal penting yang menentukan sukses atau tidaknya kita berpuasa yaitu saat sahur. Hal tersebut karena, dengan makan sahur kita bisa memasok energi pada tubuh agar lebih kuat menahan lapar dan haus sampai waktu Maghrib tiba.Namun ada yang perlu kita perhatikan saat sahur, yaitu makanan yang kita konsumsi. Sebab, tidak semua makanan baik untuk dikonsumsi saat sahur. Agar puasa kamu penuh energi, tidak lemas, dan lancar hingga Maghrib sebaiknya hindari makanan-makanan berikut ini.Salah satu jenis makanan yang harus kamu hindari saat sahur yaitu makanan berminyak, seperti gorengan dan makanan yang digoreng dengan minyak. Makanan yang mengandung minyak dalam jumlah tinggi, sebenarnya tidak memasok energi pada tubuh.
Inilah Alasan Makan Sahur Berpahala
Sebagian kita mungkin meremehkan makan sahur. Mulai dari bangun tidur kesiangan, tidak mempersiapkan menu makanan untuk sahur atau malas beranjak dari tidur, sehingga harus berpuasa siang hari tanpa nutrisi yang cukup.Makan sahur memang menjadi rutinitas yang cukup berat dilakukan saat ramadan. Bagaimana tidak, umat Islam diharuskan bangun di saat mata dan tubuh masih terlena dengan sejuknya angin malam.Padahal, ada banyak berkah di balik perintah makan sahur. Bahkan Rasulullah SAW menjelaskan bahwa, Allah akan memberikan pahala bagi mereka yang menjalankan sunah Nabi ini. Lantas mengapa makan sahur menjadi salah satu jalan meraih pahala?
Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur Agar Puasa Lancar
 – Ramadan telah tiba, tentu hati bergembira. Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, kita semua umat islam akan menjalankan ibadah puasa. Dalam menjalankan ibadah puasa, kita tak hanya menahan lapar dan haus saja, namun juga menata kembali pola makan kita.Dengan jam makan yang cukup juga antara sahur dan berbuka, tentu kita harus bisa mengkondisikan tubuh agar mendapatkan asupan nutrisi dan energi yang cukup, agar puasa berjalan dengan lancar dan tidak lemas. Dalam hal ini, makanan yang kita konsumsi saat sahur sangat berpengaruh sekali. Memang di awal-awal puasa tubuh kita akan terasa lemas, karena belum terbiasa.Namun jika kita bisa memilih makanan yang baik ketika sahur, maka tubuh kita akan lemas meskipun berpuasa seharian, tak hanya itu saja, makanan yang baik serta menjalankan ibadah puasa juga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.
Tujuh Rahasia Sahur yang Sering Diabaikan
Anda suka bangun sahur atau justru lebih memilih tidur nyenyak saat sahur? Sahur termasuk salah satu momen penting saat Ramadan yang sudah selayaknya dilakukan semua muslim.Tidak hanya membuat seseorang menjadi kuat dan bersemangat puasa, sahur juga termasuk ibadah sunah yang apabila dikerjakan, maka akan bernilai pahala. Sayangnya, tidak semua antusias menyambut waktu sahur, bahkan sebagian orang lebih memilih menghabiskan waktu sahur untuk tidur.Sayang sekali, padahal waktu sahur mengandung banyak keutamaan dan juga keberkahan, bahkan Rasulullah sendiri juga melakukannya. Nah, agar kita tidak lagi mengabaikan waktu sahur, sebaiknya simak tujuh rahasia manfaat yang bisa Anda peroleh saat sahur. Apa saja?
Menu Sahur Ala Food Combining
"Menu sahur untuk besok apa ya?" Adalah pertanyaan yang selalu terlontar saat berada di kantor dan berkumpul dengan ibu-ibu. Menentukan menu sahur bagaikan membuat esay yang harus dipikirkan matang-matang, agar keluarga yang menikmati tertarik dengan menu yang disajikan.Namun berbeda dengan saya yang menerapkan food combining dalam keseharian, karena memang sederhana sekali. Saya masih belum berhasil mengajak keluarga saya untuk ber-food combining. Jadi saya juga memasak menu sahur non food combining untuk anggota keluarga.Sebenarnya sama saja menu sahur food combining dengan menu ini pada hari biasa. Cuma beda waktu konsumsi saja, harus mengikuti jam makan puasa. Tapi juga perlu pertimbangan khusus, agar kinerja organ pencernaan lebih ringan.
Lima Makanan Menggiurkan yang Bahaya Disantap saat Sahur
Saat waktu berbuka puasa, nafsu makan tentu sangat menggairahkan. Berbeda dengan saat sahur, nafsu makan sangat kecil karena efek masih mengantuk.Salah satu cara agar semangat makan saat sahur yaitu dengan menyajikan hidangan yang menggiurkan. Tapi perlu diketahui, banyak makanan menggiurkan yang sebenarnya berbahaya jika disantap saat sahur.Perlu diingat, Anda harus memerhatikan asupan nutrisi agar puasa Anda tahan lama, dan juga jangan mengonsumsi makanan yang bisa membuat tubuh cepat lemas dan haus. Berikut lima makanan yang dilarang disantap saat sahur walau rasanya enak dan bikin ngiler.
Menu Favorit Buka Puasa Rasulullah
Bulan ramadan telah tiba dari beberapa hari yang lalu. Di bulan yang penuh berkah ini semua umat muslim akan menjalankan rukun islam yang keempat yaitu berpuasa.Nah berbicara tentang puasa, tentu kita tidak akan lepas dari yang namanya menu makan sahur dan berbuka. Memang tidak dipungkiri, jika menu makan sahur dan berbuka haruslah spesial dibandingkan dengan menu makan biasa, terutama untuk menu berbuka.Hal inilah yang menyebabkan banyaknya muncul penjual makanan dadakan menjelang berbuka puasa. Memang sudah menjadi kebiasaan umat Islam sekarang , jika berbuka puasa harus lengkap dengan berbagai menu makanan hingga tak jarang makanan tersebut menjadi sia-sia.
Lakukan Empat Cara Ini Jika Ingin Jalani Puasa dengan Mudah
Menjalankan ibadah puasa bukan perkara mudah. Bagi sebagian orang menahan rasa lapar dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Apalagi bagi mereka yang memiliki pekerjaan berat, tentu puasa bakal sangat sulit dijalani.Namun jika kita ikhtiar sedikit, sebenarnya puasa sangat mudah kita jalani. Berikut ada beberapa cara yang mungkin bisa Anda lakukan agar puasa bisa berjalan dengan lancar.Atur menu makanan. Dengan membagi tiga bagian di atas piring saat sahur, membuat kalian fokus saat aktivitas di pagi hari. Seperempat bagian piring diisi dengan karbohidrat kompleks, seperempat lagi dengan daging, kemudian setengah bagian diisi dengan sayuran dan buah-buahan.
Awas, 5 Makanan Ini Bikin Cepat Haus dan Lemas saat Puasa
Memilih makanan yang tepat saat sahur harus dilakukan agar puasa berjalan dengan lancar tanpa kendala. Sayangnya, karena ketidaktahuan sehingga membuat sebagian orang asal-asalan memilih makanan saat sahur.Padahal, salah memilih makanan dan minuman saat sahur dapat membuat Anda cepat haus dan lapar selama berpuasa. Alangkah sayangnya, kalau hanya karena masalah sepele tersebut, Anda harus menderita atau bahkan batal puasa hanya karena tidak mampu menahan lapar dan dahaga.Nah, agar tidak salah pilih, sebaiknya simak beberapa jenis makanan yang bikin Anda cepat haus dan lapar selama berpuasa. Karena hanya dengan mengetahuinya, maka Anda bisa menghindarinya.
Enam Tips Mengatasi Rasa Malas Makan Sahur
Tak terasa bulan puasa sudah lewat dari seminggu lebih. Selama bulan puasa kita telah mengubah kebiasaan makan. Dari yang biasanya sarapan di pagi hari menjadi makan sahur pada dini hari, sebelum subuh atau yang disebut makan sahur.Karena beberapa alasan, ada beberapa orang yang mengeluh jika kurang berselera makan saat sahur. Tapi hal itu jangan dijadikan alasan, karena dalam sahur ada banyak keberkahan, bahkan disebutkan jika makan sahur itu hukumnya sunah.Oleh karena itu, pastikan Anda tidak pernah meninggalkan makan sahur di bulan Ramadan. Tapi bagaimana, jika seseorang malas untuk makan sahur? Tidak perlu cemas, karena di sini kita akan membagikan tips agar semangat dan berselera makan saat sahur.
Sepuluh Tempat Buka Puasa Paling Populer di Jakarta
Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Selain dapat menjalankan ibadah puasa dan menyambut hari kemenangan Idul Fitri, bulan Ramadan juga identik dengan kegiatan-kegiatan yang hanya bisa dilakukan saat bulan puasa, salah satunya adalah buka puasa bersama atau ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa.Bagi Anda yang bosan berbuka puasa di rumah atau ingin merasakan sensasi berbuka puasa yang lebih berkesan dan unik, tidak ada salahnya untuk mencoba berkunjung ke tempat-tempat buka puasa paling populer di Jakarta berikut ini.Kota Tua Jakarta. Terletak di Utara kota Jakarta, Kota Tua Jakarta menawarkan Anda untuk berbuka puasa bersama teman atau keluarga. Selain dapat menikmati aneka hiburan yang ada serta pemandangan Kota Tua dengan gedung-gedung bergaya arsitektur Belanda, Anda juga dapat menikmati berbuka puasa dengan asyik di tempat ini.
Lima Tips Wisata Saat Berpuasa
Menjalankan Ibadah puasa tidak berarti menghentikan segala aktivitas seperti traveling ataupun wisata. Jadi untuk tetap nyaman berlibur atau berwisata di bulan puasa ini bisa menerapkan beberapa tips agar tetap lancar berwisata saat bulan puasa.Nah agar wisata tetap lancar dibarengi ibadah puasa juga lancar, berikut ini ada 5 tips wisata saat berpuasa. Salah satunya mengonsumsi makanan yang bergizi. Yang pertama kita mulai dari saat sahur untuk mengatur seberapa porsi tenaga yang kita butuhkan saat wisata.Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan gizi yang tinggi, jika perlu minumlah vitamin untuk menjaga stamina saat berwisata saat bulan puasa.
Enam Menu Lezat untuk Sahur di Hari Pertama
Bingung mau makan apa untuk sahur di hari pertama puasa? Umumnya, sahur di hari pertama puasa seringkali dianggap spesial, oleh karena itu menu yang disajikan juga harus spesial. Bagi para ibu, pada momen pertama sahur ini, mereka akan berusaha menyediakan menu-menu favorit keluarga tercinta.Seperti yang kita tahu, makan pada dini hari ketika mata masih mengantuk bukanlah hal yang menyenangkan, sehingga pemilihan menu yang tepat diharapkan mampu membuat anggota keluarga lebih berselera dan semangat menikmati hidangan sahur yang sudah disiapkan.Jika Anda merasa bingung menu apa yang paling cocok untuk disiapkan pada hari pertama sahur, maka simak saja beberapa pilihan menu berikut ini.
Tentang Kewajiban Berpuasa di Bulan Ramadan
Puasa itu secara kasat mata adalah ibadah menahan lapar dan haus. Orang yang sedang melaksanakan ibadah puasa tidak akan pernah terlihat makan atau minum pada siang hari. Akan tetapi dalam hukum Islam, berpuasa pada hakikatnya adalah menahan segala sesuatu yang membatalkan puasa itu sendiri mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari.Tidak hanya makan dan minum yang dapat membatalkan puasa. Sikap dan tindakan serta ucapan yang tidak baik, juga mengurangi nilai ibadah bahkan membatalkan ibadah puasa. Puasa seseorang akan sah dan bernilai ibadah, bila memenuhi syarat dan rukun puasa itu sendiri.Memang berat melaksanakan ibadah puasa. Oleh sebab itu, tidak semua orang dapat menjalani puasa dengan baik. Bahkan mungkin berpuasa itu hanya sekadar mendapatkan lapar dan haus belaka.
4 Menu Sahur Ini Menahan Rasa Lapar Lebih Lama
Godaan yang paling umum saat berpuasa, yaitu menahan rasa lapar di siang bolong. Apalagi, ketika waktu buka puasa masih cukup lama, hal ini kerap menjadi godaan bagi mereka yang sedang berpuasa.Namun, apabila asupan makanan yang dikonsumsi saat sahur tercukupi, besar kemungkinan Anda dapat menahan lapar dan kuat beraktivitas sampai jelang berbuka. Menu makanan sahur yang membuat kenyang lebih lama akan menjadikan perut menahan rasa lapar.Selain itu, mengonsumsi makanan yang kaya akan serat saat sahur, dapat membuat tubuh menjadi lebih kuat dan sehat. Dan berikut ini, terdapat pilihan makanan sahur yang cocok buat kamu yang sering merasa lapar saat berpuasa.
Tujuh Lauk Praktis dan Lezat untuk Makan Sahur
Makan sahur termasuk aktivitas yang biasa dilakukan saat bulan Ramadan. Meski malas, tapi biasanya seseorang akan rela bangun dini hari untuk makan sahur, karena sahur membuat seseorang menjadi lebih bertenaga.Salah satu yang membuat sahur menjadi lebih menyenangkan adalah pilihan lauk yang pas dan menggugah selera. Memilih lauk untuk sahur haruslah tepat, di antaranya harus bernutrisi, enak, dan pastinya tidak membuat Anda ribet. Kira-kira, apa saja lauk yang pas dinikmati saat sahur? Berikut kami berikan tipsnya untuk Anda.Lauk kering. Lauk kering bisa menjadi alternatif sahur yang praktis dan pastinya menggugah selera. Ada beberapa jenis lauk kering yang bisa Anda pilih untuk teman sahur, antara lain dendeng daging sapi, abon sapi, abon ayam atau ikan, kering tempe teri, kering tuna, ayam suwir kering, dan lainnya.
Makna di Balik Perintah Mengakhirkan Sahur
Pengertian sahur adalah aktivitas makan umat Islam yang dilakukan pada dini hari atau sebelum masuk waktu subuh, bagi yang akan menjalankan ibadah puasa pada bulan ramadan atau puasa sunah lainnya.Termasuk dalam sunah Rasulullah SAW dalam pelaksanaan sahur adalah "mengakhiri sahur". Hal ini berdasarkan hadis-hadis sahih yang diriwayatkan Rasulullah SAW, sangat berbeda dengan kebiasaan kebanyakan kaum muslimin yang mendahulukan waktu sahur jauh dari fajar shadiq.Terdapat beberapa hadis yang menyebutkan tentang keutamaan makanan sahur, di antaranya dari Anas bin Malik ra beliau berkata, Nabi Saw bersabda, Makan sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam makanan sahur terdapat barakah Muttafaqun alaih .
7 Cara Unik Bangunkan Sahur di Indonesia
Ramadan menjadi bulan yang paling dinantikan bagi kaum muslim. Berbuka adalah momen paling dinanti-nantikan setiap harinya di bulan yang penuh berkah ini. Tak hanya berbuka, momen sahur juga pasti sangat berkesan di bulan ramadan.Sahur menjadi hal wajib yang dilakukan bagi orang berpuasa. Terkadang, ada saja masyarakat yang kesulitan bangun saat waktu sahur, yang membuat beberapa warga lainnya memiliki ide unik untuk membangunkan warganya dengan berbagai macam cara.Dan berikut ini terdapat beberapa cara unik warga di Indonesia saat ingin membangunkan sahur. Mungkin di daerah kalian jadi salah satunya. Penasaran seperti apa?
Empat Bahaya Tidur Kembali Setelah Makan Sahur
Puasa memang menjadi suatu keharusan bagi seluruh umat Islam yang dikira mampu untuk menjalankannya. Salah satu yang membuat puasa menjadi lebih berkah adalah dengan menjalankan sahur terlebih dahulu.Karena waktu sahur berada di akhir sepertiga malam, maka kebanyakan umat Muslim lebih memilih tidur kembali setelah menyantap makanan sahur. Namun ternyata, tidur kembali setelah menyantap makanan sahur bertolak belakang dengan kebiasaan Rasullulah dan para sahabatnya.Tidur kembali setelah sahur maka keberkahan di pagi hari tidak akan didapatkan, selain itu tidur setelah menyantap makanan sahur memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Berikut empat masalah kesehatan yang akan didapatkan tubuh jika Anda kembali tidur setelah sahur.
Delapan Tips Lancar Jalankan Ibadah Puasa
Puasa sudah seminggu lebih menghampiri kita. Puasa Ramadan itu hukumnya wajib bagi umat Islam yang sedang tidak ada halangan. Meskipun puasa Ramadan hukumnya wajib, namun tak semuanya berpuasa. Karena, ada beberapa golongan yang diberikan keringanan untuk tidak berpuasa, namun bisa menggantinya di waktu yang lain.Salah satu golongan yang diperbolehkan tersebut adalah ibu yang sedang menyusui. Meskipun demikian, masih banyak juga ibu menyusui yang tetap menjalankan ibadah puasa. Boleh-boleh saja, asalkan nutrisi yang dibutuhkan tetap terpenuhi selama melaksanakan puasa.Sebenarnya ada beberapa aturan yang mesti dilaksanakan, agar dalam melaksanakan ibadah puasa tetap berjalan dengan lancar. Salah satunya adalah dengan mengatur menu makanan yang disantap ketika sahur dan berbuka puasa.
Enam Tips Turunkan Berat Badan selama Bulan Ramadan
Ramadan merupakan waktu umat muslim di seluruh dunia melaksanakan ibadah puasa, yang berlangsung selama satu bulan lamanya. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa ketika bulan suci Ramadan, umat muslim hanya diperbolehkan makan pada dua waktu saja yaitu pada saat sahur dan saat berbuka.Waktu untuk makan sahur ialah sebelum terbitnya fajar, sedangkan waktu berbuka ialah setelah terbenamnya matahari di ufuk Barat. Dan pada waktu siang hari umat muslim melaksanakan puasa.Karena adanya kesenjangan waktu yang cukup panjang, di antara waktu sahur hingga berbuka menyebabakan biasanya orang-orang cenderung makan banyak, saat waktu sahur ataupun saat waktu berbuka. Kebiasaan seperti itu dapat mengakibatkan berat badan orang yang puasa naik.
Tips Sahur Saat Traveling di Bali
Ramadan adalah bulan penuh kebaikan dan bukan penghalang bagi kamu yang ingin liburan. Justru di momen ini, perjalanan bisa menjadi tantangan dan uji kesabaran. Jangan tanggung-tanggung, cobalah ke Bali. Meski mayoritas warganya bukan muslim, tapi kamu tetap akan menemukan kenyamnan bahkan dalam hal sahur. Agar lebih mudah, coba terapkan beberapa tips sahur di Pulau Dewata berikut ini.1. Berburu Tempat Makan 24 JamSebenarnya kuliner Bali itu melimpah, namun yang halal itu tidak banyak. Bukan hal yang mengherankan jika mengingat lebih dari separuh penduduknya adalah penganut Hindu. Maka dari itu, sebelum berangkat kamu bisa mengumpulkan informasi terlebih dahulu di mana tempat makan yang buka 24 jam sekaligus menjual menu halal. Sebagai alternatif, kamu bisa memilih Warung Nasi Pedas Ibu Andika. Tapi karena ini untuk sahur, maka kamu harus pintar-pintar memilih menu.2. Bawa Makanan InstanUntuk Jaga-jaga Kadang ada satu atau dua hal yang menyebabkan kita tidak bisa keluar dari penginapan untuk mencari santapan saat sahur. Atau mungkin waktu subuh akan segera tiba, sehingga tidak ada waktu untuk berburu kuliner Bali yang enak. Ketika hal seperti ini terjadi, makanan instan bisa jadi penyelamat daripada hanya meneguk air putih saja. Pilih produk yang sehat seperti oatmeal, roti hingga susu.
Inilah Puasa Sunah yang Paling Istimewa
VIVA.co.id – Sebagian orang menganggap bahwa ibadahnya tidak cukup hanya dengan amalan-amalan wajib saja. Mereka melakukan amalan sunah untuk menambah pahala dan mendapat berkah dari Allah SWT.Salah satu amalan tambahan yang banyak dikerjakan kaum mukmin adalah puasa sunah. Di antara puasa sunah yang kerap dilakukan adalah puasa senin-kamis, puasa tiga hari setiap bulan hijriyah, dan puasa sunah lainnya.Ternyata, di antara banyaknya puasa sunah yang sering dilakukan oleh kaum muslim ada satu puasa sunah yang paling istimewa. Puasa apakah yang paling istimewa tersebut? Berikut informasi selengkapnya.Baca selengkapnya..