Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Utang Enggak Utang yang Penting Nikah

 – Tak lama setelah sampai di rumah ibu, beliau langsung meminta saya untuk mengadakan seremoni pernikahan di Indonesia. Saya sebetulnya sudah menikah hampir dua tahun. Tapi, bagi ibu pernikahan itu rasanya kurang afdol, kalau belum mengikuti tata cara semestinya.

Peliknya urusan acara pernikahan dengan ekspektasi keluarga, tentu bukan milik saya seorang. Beberapa teman juga terpaksa mengundang ribuan tamu atas permintaan orangtua. Seorang teman terpaksa merayakan pernikahan di gedung yang terbilang cukup mewah.

Saat mendatangi resepsi pernikahannya, karangan bunga dari berbagai perusahaan ternama dan para pejabat nasional terpampang di depan gedung. “Aku akhirnya ngutang ke bank untuk biaya resepsi, Rik,” kata dia.

Read Full Article
Enam Keuntungan Nikah Muda
Setiap orang memiliki pikiran dan pandangan hidup yang berbeda-beda. Baik soal kebutuhan ekonomi maupun pandangan soal pasangan hidup. Perbedaan tersebut sudah pasti dilatarbelakangi karena tujuan yang berbeda-beda antara yang lainnya.Dalam menentukan pasangan hidup, setiap orang memiliki hak tersendiri dalam menentukan pilihannya. Begitu juga waktu dilaksanakannya pernikahan.Sebagian ada yang senang nikah tua, dan ada juga yang senang nikah muda. Dan itu pun dilatarbelakangi dengan tujuan yang berbeda. Banyak orang yang menganggap nikah muda itu memberikan keuntungan yang sangat baik dan berlebih bagi kedua mempelai.
5 Bahaya Utang dalam Pandangan Islam
 – Berutang menjadi salah satu solusi yang dipilih seseorang ketika mengalami kesulitan keuangan. Tidak hanya mereka yang ekonominya mengalami kesempitan, orang kaya pun terkadang berutang untuk untuk mencapai suatu tujuan.Memang, tidak ada yang salah dengan meminjam uang kepada orang lain. Bahkan, Nabi Muhammad SAW juga pernah berutang untuk memenuhi kebutuhan. Namun, hal ini jangan berlangsung terus-terusan. Ternyata, utang memiliki bahaya tersendiri yang membuat gelisah.Jika tidak mampu membayar, tidak hanya orang yang diutangi saja yang merasa susah, orang yang berutang juga lebih merasa resah. Lalu, bagaimana bahaya utang dalam pandangan Islam?
Memahami Utang Baik dan Bahayanya Utang Buruk
Anda pernah lihat tetangga sebelah dikejar-kejar oleh debt collector? Sepertinya pernah, ya? Atau Anda sendiri juga pernah mengalami dikejar-kejar utang? Sampai tidak betah tinggal di rumah sendiri, dan tidak bisa tidur nyenyak setiap malam. Semua itu karena utang. Mengerikan memang. Lebih baik dikejar hantu daripada dikejar debt collector.Utang itu sebenarnya tidak dipermasalahkan oleh agama maupun negara. Bahkan terkadang menjadi solusi bagi seseorang yang sangat membutuhkannya. Terkadang juga antara keluarga, kerabat, sahabat, sudah biasa saling berutang satu sama lain.Biasanya orang yang membutuhkan utang itu memang sedang butuh bantuan darurat. Bagi yang punya uang lebih tentu sangat mulia jika ringan tangan memberikan bantuan utang tersebut. Tapi yang namanya utang, tentu harus dibayar, bukan?
Video Akad Nikah Tunawicara Ini Bikin Orang Menangis
 – Akad nikah adalah hal pokok yang harus dilakukan sepasang kekasih agar resmi jadi sepasang suami istri yang sah di mata agama dan hukum.Semua orang berhak melakukan akad nikah, termasuk bagi orang cacat sekalipun. Seperti pria tunawicara ini yang terlihat bahagia saat melakukan akad nikah.Meski tidak bisa bicara, pria tersebut terlihat serius memegang janjinya di depan wali hanya dengan menggunakan isyarat. Sontak saja, tekad pria tunawicara itu membuat para saksi dan orang yang menyaksikan secara langsung proses akad nikah dibuat menangis terharu.
Begini Cara Mengubah Utang Jadi Pahala
Di antara kita pasti pernah berutang, baik dalam jumlah yang kecil, maupun dalam jumlah besar. Memang, dalam kondisi ekonomi terjepit, utang menjadi salah satu alternatif memenuhi kebutuhan, karena kekurangan finansial.Meski aktivitas berutang ini diperbolehkan agama, namun tidak bisa dipungkiri kegiatan ini juga mendatangkan dampak negatif. Orang yang berutang, biasanya akan tertekan memikirkan, bagaimana cara untuk membayar utang-utangnya.Sebagian lagi, justru tidak berniat tidak mengembalikan dan lari dari tanggung jawab membayar. Ada banyak problematika yang muncul ketika memutuskan untuk berutang. Namun, tahukah Anda, jika ternyata utang yang kita miliki bisa berubah menjadi pahala? Bagaimana bisa? Berikut ulasannya.
Sembilan Tempat Menarik di Indramayu untuk Pra Nikah
Indramayu memiliki pesona yang mengagumkan, terutama untuk para calon pengantin yang akan melakukan pernikahan dengan melakukan foto pra nikah. Foto pra nikah sendiri biasanya digunakan penghias pada surat undang pernikahan dan dipajang pada saat pernikahan nanti.Banyak orang beralasan, Indramayu tidak menarik untuk foto pra nikah, karena tidak banyak memiliki spot-spot menarik. Tetapi sebenarnya, Indramayu memiliki tempat-tempat yang luar biasa untuk foto pra nikah, bahkan orang tidak menyangka bahwa foto-foto ini diambil dari Kabupaten Indramayu. Berikut tempat-tempat menarik di Indramayu untuk pra nikah.Tambak Indramayu. Lokasi ini berada tidak jauh dari RM Panorama yang terkenal dengan Pindang Gombyang Ikan Manyungnya. Di sini, Anda akan menemukan spot yang menarik untuk melakukan foto pra nikah dengan suasana pesisir pantai nan romantis. 
5 Sikap yang Buatmu Terjerumus dalam Utang
Berutang itu tidak ada untungnya sama sekali, justru yang ada kesialan yang datang. Sebanyak apapun harta yang kita miliki, tapi kalau utang masih menumpuk, rasanya masih ada beban di dalam diri.Tak hanya orang kaya yang terlibat utang, orang miskin pun juga terlibat utang. Jika tidak ada uang untuk melunasi utang, maka akan mencari uang lain untuk membayar utang pertama yang caranya dilakukan dengan utang. Keadaan ini seperti, gali lubang tutup lubang.Maka dari itu, hindarilah sifat-sifat berikut agar tak mudah berutang. Yang pertama adalah sifat tak mau kalah dengan orang lain. Sifat manusia yang iri akan menjerumuskanmu ke dalam utang.
Tips Jitu agar Utang Lunas Tepat Waktu
Banyak orang yang stres karena terlilit utang. Besarnya angsuran utang yang terkadang tidak seimbang dengan jumlah penghasilan bulanan, bikin pusing tujuh keliling. Akhirnya, jalan pintas pun ditempuh, yaitu gali lubang tutup lubang.Meski mereka tahu bahwa cara ini sangat tidak menyelesaikan masalah, malah justru memperpanjang masalah. Ketika tagihan datang, si pengutang melihatnya seolah sosok monster yang menakutkan. Bahkan tak sedikit yang memarahi "monster" yang menagih haknya.Itulah realita yang terjadi. Ketika hendak berutang memohon-mohon tetapi ketika ditagih sulitnya minta ampun dan tak jarang kata-katanya melukai perasaan. Tidak ada yang melarang orang berutang, tetapi banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk berutang agar tidak menzalimi diri sendiri dan orang lain. 
Ahok Tunggu Jawaban Final PDIP
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) telah meminang Djarot Saiful Hidayat menjadi cawagubnya. Ahok menunggu jawaban resmi PDIP apakah bersedia melepas Djarot tanpa status parpol pengusung."Kalau Pak Djarot tidak mendapat izin dari PDIP, dia mau mengusung, (maka) kita mungkin dengan Pak Heru," kata Ahok kepada wartawan di Halaman Parkir Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (4/3/2016).Nama kedua yang disebut Ahok adalah Heru Budi Hartono, PNS DKI yang dilirik jadi cawagubnya. Heru Budi Hartono yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Pengelola Aset Daerah (BPAD) DKI Jakarta. Ahok mengaku sudah lama mengenal Heru. Heru sebelumnya menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Utara ketika Gubernur DKI masih dijabat Joko Widodo yang kini menjadi Presiden RI. Lalu kapan Ahok akan mengambil keputusan final soal pendampingnya di Pilgub DKI?"Minggu depan. Kita tunggu sampai minggu depan, kalau jawabannya sampai nnggak jelas. Karena kita mesti mengisi nama kelihatannya," kata Ahok.Meski semakin jelas bakal maju lewat jalur independen, namun Ahok tetap membuka pintu bagi parpol yang mau mendukungnya."Bagi saya, partai yang mau ikut silakan dukung, kami senang. Karena asas demokrasi harus dengan partai politik. Tapi saya enggak bisa kasih bantuan uang, atau bikin kaos semua, enggak bisa. Sudah ada NasDem kan, NasDem sudah mengeluarkan kaos, 'O' nya lambang NasDem," katanya.
Cocok, 6 Pasangan Artis Ini Unggah Foto Buku Nikah
Postingan foto prewedding sudah menjadi hal biasa di kalangan selebriti. Bukan hanya sekali saja, mereka bakal mengunggah banyak foto dengan berbagai pose. Selain itu, beberapa di antara mereka juga mengunggah video preweddingnya yang bikin netizen iri.Belakangan, ternyata ada beberapa artis yang absen mengunggah foto preweddingnya. Ya, mereka lebih memilih untuk memosting pas foto mereka dengan pasangannya, yang akan digunakan sebagai foto di buku nikah.Kendati formal, nyatanya kecantikan serta kegantengan mereka sama sekali tak memudar. Wah, lalu siapa saja pasangan artis yang unggah pas foto buku nikah ini? Yuk, intip rangkuman selengkapnya berikut ini.
Macam-macam Pernikahan yang Terlarang dalam Islam
.co.id – Pernikahan merupakan perkara yang diperintahkan syariat Islam, demi terwujudnya kebahagiaan dunia dan akhirat. Kata nikah atau pernikahan, sudah menjadi kosa kata dalam bahasa Indonesia, sebagai padanan kata perkawinan.Nikah artinya suatu akad yang menghalalkan pergaulan antara seorang laki-laki dan seorang perempuan yang bukan mahramnya, hingga menimbulkan hak dan kewajiban di antara keduanya, dengan menggunakan lafaz nikah atau tazwij atau terjemahannya.Dalam pengertian yang luas, pernikahan merupakan ikatan lahir dan batin yang dilaksanakan menurut syariat Islam, antara seorang laki-laki dan perempuan, untuk hidup bersama dalam satu rumah tangga guna mendapatkan keturunan. 
Empat Tips Menagih Utang pada Teman
Yang namanya utang memang harus dibayar. Yang berutang harus membayar dan yang mengutangi wajib untuk mengingatkan agar segera dibayar. Ini sudah menjadi suatu kewajiban dari masing-masing pihak, baik dari pengutang maupun yang mengutangi.Mungkin sekilas pekerjaan menagih utang tidaklah sulit. Tinggal mengingatkan, kalau sudah jatuh tempo tinggal ditagih. Tapi ini masalahnya berbeda, sebab berhubungan dengan teman.Ya, kalau yang meminjam uang atau yang berutang itu adalah teman, pasti ada rasa tidak enak dalam hati bila ingin menagihnya. Anda mau mengingatkannya pun tidak enak, mau menagih juga tidak enak. Rasanya serba sulit.
7 Hal Penting yang Perlu Anda Tentang Akad Nikah
 – Anda sudah siap menikah? Namun, Anda bingung bagaimana sebenarnya akad nikah itu? Atau, jantung berdebar tak karuan saat menghafalkan lafaz akad? Tenang, kamu tidak sendiri. Banyak calon pengantin yang bingung saat menghadapi hari pernikahan. Tak jarang, banyak orang sampai merasa stres.Jangan khawatir, niat yang baik akan dimudahkan oleh Allah SWT. Untuk meminimalisasi agar tidak terlalu khawatir mengenai jalannya akad nikahmu kelak, sebaiknya pahami beberapa hal penting berikut ini.Salah satunya adanya mahar dalam akad nikah. Mahar hukumnya wajib, walaupun makruh jika tidak diucapkan saat ijab dan kabul. Namun, disyaratkan wajib ditunaikan, jika tidak maka akan terhitung sebagai utang. Baca selengkapnya...
Ini Manusia yang Utangnya Ditanggung Allah SWT
Kondisi ekonomi yang kurang, terkadang memaksa seseorang untuk berutang. Biasanya tindakan ini menjadi jalan terakhir ketika kerja keras yang dilakukan belum membuahkan hasil. Islam mengajarkan umatnya agar menghindari tindakan yang dianggap menjadi solusi ekonomi tersebut.Pasalnya, utang menjadi salah satu penghalang seseorang masuk surga. Jika belum dilunasi hingga meninggal, maka hukumannya akan semakin berat lagi. Namun tahukah Anda, ternyata Allah SWT mau menanggung utang manusia?Golongan ini sangat beruntung karena mendapat keistimewaan dari Sang Maha Pencipta. Utang mereka dianggap lunas karena Allah SWT mau menebusnya. Siapakah mereka? Berikut ulasannya.  
7 Cara Mudah agar Hidup Bebas Utang
Siapa sih yang ingin terlilit utang terus-menerus selama hidupnya? Utang membuat hidup tidak tenang, karena kita terus dibayangi kecemasan dan ketakutan selama utang belum terlunasi.Meski sudah tahu risikonya, namun sayangnya masih saja banyak orang yang memutuskan untuk berutang demi memiliki sesuatu yang diinginkannya, misalnya rumah, mobil, barang elektronik, motor, dan lain sebagainya.Hal itu menjadi semakin mudah, karena saat ini banyak sekali perusahaan yang memfasilitasi masyarakat untuk berutang. Sebenarnya, berutang bukanlah hal yang salah, asalkan caranya sesuai syariat islam.
Jokowi di Depan Ribuan Guru: Saya Bisa Jadi Presiden Berkat Kalian
Presiden Joko Widodo hari ini menghadiri puncak peringatan Hari Guru Nasional di Istora, Senayan. Jokowi kaget ternyata guru sekolahnya dihadirkan dalam acara tersebut.Jokowi hadir di Gedung Istora, Senayan, Jakarta, Selasa (24/11/2015) sekitar pukul 10.00 WIB, Jokowi didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan. Acara kemudian dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Beberapa penghargaan diberikan kepada para guru dalam acara ini. Salah satunya penyerahan Tanda Kehormatan Satya Lencana Pendidikan. Tanda kehormatan ini diberikan langsung oleh Jokowi kepada 10 orang guru yang berdedikasi dan berprestasi.Dalam pidatonya, Jokowi mengatakan, sesaat sebelum masuk ke dalam Istora Senayan, dia diberi tahu oleh Mendikbud Anies Baswedan soal kehadiran guru-gurunya di acara tersebut."Waktu saya masuk, saya kaget dibisiki Menteri Pendidikan, Pak, dihadirkan di sini guru Bapak saat di SMP dan SMA," ujar Jokowi mengawali pidatonya."Tadi yang saya salami seingat saya baru dua. Yang saya tahu, beliau guru Biologi saya. Karena sudah 40 tahun, mudah-mudahan enggak salah, namanya Bu Nurhayati. Silakan berdiri Bu, kata Jokowi. Ibu guru Jokowi ini kemudian berdiri dari bangku duduk peserta.Jokowi kemudian bernosltagia, mencoba menyebut nama guru-gurunya yang lain. "Yang kedua, Bu Parmi Sarwoto. Yang lain ada guru SMA saya, tapi belum saya salami," kata Jokowi.Guru Jokowi yang lain kemudian berdiri dari bangku hadirin. "Belum saya minta berdiri, sudah berdiri," canda Jokowi yang kemudian mengundang tawa seluruh tamu undangan."Saya ingat, yang paling sebelah sini adalah Pak Sudadi. Dulu guru Biologi saya juga. Kemudian ada Bu Sri Winarni. Yang saya ingat Bu Ning, guru Kimia saya. Dulu Kimia saya nilainya paling bagus. Kalau enggak percaya, tanya Bu Ning," kata Jokowi sambil tersenyum."Saya begini, karena guru-guru saya, bukan karena saya," tambah J
Cerita Pagi Ditodong Sales Asuransi
 – Pagi yang selalu menyenangkan. Oh, ayolah. Pagi itu hepi-hepi, belum mau terbeban dengan kesibukan yang berat. Pagi itu suka-suka mau ngapain, apalagi anak muda enggak punya kesibukan kayak kamu-kamu yang ngejar absen kantor. Mau bangun kesiangan boleh, mau enggak mandi seharian pun enggak apa anjuran ini jangan ditiru ya! Pagi yang hepi ini dikejutkan oleh panggilan telepon dari area Jakarta.Pas tahu nomor 021, si anak muda ini girang bukan kepalang. Sebelum diangkat, pikirannya sudah melanglang menjemput ilalang berembun. Sejuk saja gitu. Dada sudah dag dig dug kira-kira siapa ini yang bakal nawarin kerja sama, atau telepon dari sponsor mau ngundang lagi ke Jakarta, atau orang kaya enggak tahu ke manain uang lagi coba bersedekah, atau apalah.Anak muda benar-benar berharap yang manis-manis saja. Giliran jari menggeser ikon tanda menerima panggian, suara manis itu langsung menyambar! "Halo," sapaku girang. "Halo, selamat pagi. Betul dengan Bapak Bai Ruindra?" Suara cewek di seberang sana renyah. Aku tambah senang lagi. Pasti hasilnya akan baik banget.
Bahaya Membawa Utang Sampai Mati
Di dalam fikih Islam, utang piutang atau pinjam meminjam telah dikenal dengan istilah Al-Qardh. Makna Al-Qardh sendiri, secara etimologi bahasa ialah Al-Qath u yang berarti memotong.Harta yang diserahkan kepada orang yang berutang disebut Al-Qardh, karena merupakan potongan dari harta orang yang memberikan utang. Utang-piutang merupakan aktivitas yang tidak mungkin dihindari dalam kehidupan banyak orang.Islam memperbolehkan berutang, tapi dengan ketentuan yang berlaku sesuai syariat Islam. Di antaranya adalah orang yang berutang memang betul-betul terpaksa, dan bukan untuk berfoya-foya. Selanjutnya, orang yang berutang juga harus ada niat yang kuat untuk mengembalikannya.
Sedekahkan Uang dari Berutang, Bolehkah?
 – Saat ini saya sedang diuji Allah. Usaha roti saya omzetnya terus menurun. Bahkan, untuk membeli bahan-bahan baku saja terkadang hasil utang. Tapi, dari hasil uang utang itu juga sebagian saya sedekahkan. Namun, ada teman yang menyebut bahwa uang utang tidak boleh untuk sedekah. Ia berkata bahwa saya jangan dulu bersedekah karena kondisi ekonomi saya sedang lemah. Tapi, jujur saya tidak percaya itu. Saya lebih percaya pada keajaiban sedekah itu.Di atas merupakan pertanyaan yang dikirimkan dari sahabat AkuIslam.Id dari Surabaya. Dan, jawabannya adalah apa yang dilakukannya itu bagus. Hanya saja memang perlu diukur dengan kadar kemampuan. Berbuat baik itu baik dan berpahala, namun kalau terlalu baik bisa menjadi buruk. Ukuran sedekah yang terbaik adalah sebesar-besarnya kemampuan kita.Kita tidak perlu menghentikan kebiasaan sedekah hanya karena dalam posisi ekonomi lemah. Hanya saja, mungkin perlu diubah konsep sedekahnya. Contoh kasus di atas, ketika meminjam uang untuk membeli bahan baku pembuatan roti, maka gunakan uangnya untuk pembelian saja. Nah, nanti ketika dalam penjualan roti mendapat keuntungan, baru Anda sedekahkan sebagian dari keuntungan itu. 
Kisah Pria yang Tak Pernah Jauh dari Cinta Pertama
Cinta pertama. First love. Selalu gagal move on dari kericuhan hati ini. Aku mengalami hal yang sama. Aku sama sekali enggak mau dianggap lemah terlahir sebagai seorang pria. Aku selalu membuka hati untuk mereka yang mau menerima posisiku sebagai pria yang belum mapan.Arti mapan lebih kepada kecukupan ekonomi; punya penghasilan bulanan, memiliki kendaraan tanpa kredit, rumah layak ditempati, isi dompet tak pernah kosong sepeser pun. Ini definisi seseorang yang layak untuk dijadikan pacar bahkan suami Dalam waktu yang cukup panjang aku lewati. Kembali ke masa yang tidak mau kuingat sungguh teramat sulit. Aku bukan tidak berpaling. Berulangkali malah kuabaikan perasaan yang mendera untuknya. Seseorang yang telah menjadi cinta pertama tanpa sengaja dan sampai kini enggak pernah mau mengakui keberadaan cintaku. Baca Selengkapnya...
Kebelet Nikah Muda, Buat Apa?
Dalam semangat orang-orang yang kampanye nikah muda, hanya satu pertanyaan yang terlintas dalam pikiran. Buat apa? Begini teman-teman, saya tahu bahwa yang dikejar adalah kehalalan .Kemudian, berlindung di balik rezeki sudah ada yang mengatur , seolah urusan menikah seperti akhir dalam film romantis, film berakhir di mana sang perempuan pergi dengan pangeran berkuda dan hidup bahagia selamanya.Kenyataannya, nikah muda tak seindah paras Raisa dan Isyana. Pernikahan bukan urusan seks belaka. Pun, bukan persoalan hidup nyaman secara finansial. Nikah muda juga tak seperti drama percintaan di FTV. Kalau nikah muda adalah solusi atas hidup yang menyebalkan, jelas itu bukan nalar yang sehat. Mengapa demikian?
Utang Enggak Utang yang Penting Nikah
 – Tak lama setelah sampai di rumah ibu, beliau langsung meminta saya untuk mengadakan seremoni pernikahan di Indonesia. Saya sebetulnya sudah menikah hampir dua tahun. Tapi, bagi ibu pernikahan itu rasanya kurang afdol, kalau belum mengikuti tata cara semestinya.Peliknya urusan acara pernikahan dengan ekspektasi keluarga, tentu bukan milik saya seorang. Beberapa teman juga terpaksa mengundang ribuan tamu atas permintaan orangtua. Seorang teman terpaksa merayakan pernikahan di gedung yang terbilang cukup mewah.Saat mendatangi resepsi pernikahannya, karangan bunga dari berbagai perusahaan ternama dan para pejabat nasional terpampang di depan gedung. “Aku akhirnya ngutang ke bank untuk biaya resepsi, Rik,” kata dia.
Pahala Berlipat-lipat bagi Orang yang Suka Memberi Utang
Apakah Anda pernah memberi utang kepada teman, saudara atau orang yang Anda kenal? Memberi utang termasuk perbuatan yang mulia, apalagi jika orang tersebut sangat membutuhkan uang tersebut.Namun sayangnya, ada sebagian orang tidak mengetahui adab berutang yang baik, sehingga ada saja alasan untuk menunda-nunda pelunasan utang atau bahkan mangkir atau kabur ketika ditagih. Tapi, hal tersebut jangan pernah dijadikan alasan untuk Anda pelit kepada orang yang benar-benar membutuhkan bantuan Anda.Apalagi, ada banyak sekali keutamaan yang bisa diperoleh orang yang suka memberi pinjaman kepada orang lain, asalkan dengan cara yang baik. Jika Anda termasuk orang yang Allah beri kelebihan, maka jangan segan untuk meringankan beban orang lain.