Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Lenyapkan Noda Hitam pada Kulit Wajah dengan Kunyit

 – Noda hitam pada kulit wajah seperti flek hitam, bekas luka, sel kulit mati dan lain sebagainya memang sangat mengganggu penampilan. Noda hitam membuat kulit wajah terlihat kusam dan tak bercahaya. Untuk itu masalah noda hitam harus diatasi, agar kulit wajah kembali cerah dan membuat kita menjadi percaya diri.

Noda hitam pada kulit wajah disebabkan karena beberapa hal seperti dikarenakan paparan sinar matahari, pencemaran lingkungan atau polusi, hormon yang tak seimbang, bekas luka, make-up, penuaan dan lain sebagainya.

Penuaan pada kulit biasanya menyebabkan pigmentasi atau hiperpogmentasi yang membuat kulit menjadi hitam atau gelap. Pigmentasi atau hiperpigmentasi akan menyebabkan munculnya bercak hitam pada kulit wajah. Hal ini akan menurunkan rasa percaya diri seorang wanita. Namun anda tak perlu khawatir dengan masalah noda hitam tersebut. Masalah noda hitam dapat kita atasi dengan melakukan perawatan. Salah satu perawatan alami yang dapat Anda coba di rumah yaitu dengan menggunakan kunyit.

Read Full Article
Cara Alami Samarkan Flek Hitam pada Kulit Wajah
Masalah flek hitam pada kulit wajah memang menjadi masalah yang cukup menjengkelkan bagi semua wanita. Hal ini, karena flek hitam pada kulit wajah akan membuat kulit wajah menjadi kusam dan gelap, sehingga tak enak dipandang. Terlebih, bagi wanita yang ingin selalu tampil cantik dan sempurna, tentu flek hitam menjadi masalah besar harus segera diatasi.Flek hitam bisa terjadi karena bekas jerawat, bekas luka, penuaan, dan lain sebagainya. Namun, apapun penyebabnya, masalah flek hitam harus segera kita atasi. Untuk mengatasi masalah flek hitam sendiri ada banyak sekali cara. Anda bisa menggunakan krim pencerah kulit, atau produk kosmetik lainnya. Namun, jika tak mau biaya banyak, Anda juga bisa menggunakan bahan alami.Ada banyak bahan alami yang efektif untuk menyamarkan flek hitam, sehingga membuat kulit menjadi cerah dan cantik alami seperti daun pandan. Nah, berikut cara mudah samarkan flek hitam pada kulit wajah.Baca Selengkapnya...
Cara Alami Mencerahkan Kulit Wajah dengan Scrub Kulit Pisang
Memiliki kulit wajah yang bersih dan cerah terbebas dari berbagai masalah kulit wajah seperti jerawat, komedo, noda hitam dan lain sebagainya merupakan dambaan semua orang, terutama kaum wanita. Kulit wajah yang bersih dan cerah akan menunjang kecantikan seorang wanita, terlebih bagi wanita Asia yang menganggap cantik adalah kulit yang bersih dan cerah. Oleh sebab itu banyak wanita yang berjuang mati-matian demi bisa mendapatkan kulit yang bersih dan cerah.Untuk mendapatkan kulit putih, dan bersih sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Namun yang membuat sulit adalah menjaga agar kulit tetap cerah dan bersih. Hal ini dikarenakan banyak kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering dilakukan wanita yang ternyata dapat merusak dan membuat kulit menjadi gelap. Diantara kebiasaan buruk tersebut adalah beraktivitas di luar ruangan tanpa menggunakan tabir surya.Meski demikian, Anda tak perlu khawatir. Kita dapat mengembalikan kecantikan kulit kita kembali. Ada bahan alami yang ampuh yang dapat kita gunakan sebagai scrub untuk mencerahkan kulit kita. Bahan alami tersebut yaitu dengan menggunakan kulit pisang. Bagaimana cara menggunakannya. Berikut cara alami mencerahkan kulit wajah dengan menggunakan scrub kulit pisang.Baca Selengkapnya...
Kunyit Ternyata Membuat Ingatan Lebih Kuat
 – Salah satu rempah yang mudah ditemukan adalah kunyit. Kita mungkin tidak asing lagi dengan tanaman rimpang yang satu ini. Apalagi banyak sekali masakan khas Indonesia yang menggunakan kunyit sebagai salah satu bumbunya.Dan siapa sangka, selain bisa menambah rasa masakan, kunyit juga lebih efektif daripada obat penghilang rasa sakit yang populer, untuk mengurangi rasa sakit akibat cedera. Dan hal tersebut telah dibuktikan secara ilmiah.Tapi bukan hanya itu saja, kunyit juga bisa membuat otak lebih encer. Ada senyawa 'ajaib' yang ada di dalam kunyit yang mampu mewujudkan hal tersebut. Lantas apa itu dan seberapa banyak kita harus mengonsumsi kunyit?
Rajin Mencuci Wajah Bikin Kulit Jadi Cerah dan Bersih
 –  Memiliki kulit wajah yang bersih dan cerah merupakan dambaan semua orang, terlebih bagi wanita. Dengan kulit wajah yang bersih dan cerah akan meningkatkan rasa percaya diri wanita, sekaligus akan menunjang kecantikan wanita. Terlebih, wanita Indonesia yang mengganggap kulit cerah salah satu dari standar kecantikan.Untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan cerah, sebenarnya kuncinya sangat sederhana. Anda diwajibkan untuk mencuci kulit wajah setidaknya 2 kali dalam sehari. Dengan rajin mencuci kulit wajah minimal 2 kali sehari akan menghilangkan masalah kulit kusam, debu, kotoran, polusi, dan lain.Kulit wajah yang jarang dibersihkan atau dibasuh dengan air akan menjadi kusam dan tidak bercahaya. Hal ini karena, adanya kotoran yang masuk dan menyumbat pori-pori kulit wajah. Oleh karena itu, mencuci kulit wajah merupakan cara terbaik untuk menghindari kotoran masuk dan menyumbat pori-pori kulit wajah. 
Ragam Manfaat dan Efek Samping Kunyit
Kunyit merupakan rempah-rempah yang banyak tumbuh subur di Indonesia. Kunyit biasanya digunakan sebagai bumbu masak, kunyit memiliki bentuk fisik yang mirik dengan jahe, hanya saja jahe berwarna putih sedangkan kunyit berwarna kuning.Seperti halnya jahe, kunyit juga digunakan sebagai obat tradisional sejak zaman nenek moyang kita. Kunyit memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Bahkan sejak 2500 tahun yang lalu, kunyit sudah digunakan oleh orang India sebagai pewarna makanan.Seiring berjalannya waktu, orang mulai mengetahui manfaat luar biasa dari rempah-rempah berwarna kuning ini. Nah, mungkin Anda masih penasaran apa saja manfaat dan efek samping dari kunyit ini? Berikut keterangan lengkapnya.
8 Manfaat Menakjubkan Rutin Minum Teh Kunyit
 – Kunyit termasuk rempah yang mudah didapatkan di indonesia, rempah ini kerap kali diandalkan sebagai bahan penikmat rasa makanan tradisional di Indonesia, bahkan sering juga dijadikan jamu tradisional.Namun, kunyit tidak hanya dijadikan bahan rempah semata saja. Kunyit juga bisa dimanfaatkan sebagai teh. Teh yang berasal dari kunyit, ternyata dianggap manjur untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Hal tersebut karena, kunyit memiliki banyak kandungan di dalamnya.Berkat kandungan anti inflamasi dan antioksidan, kunyit mampu membantu mengurangi risiko mutasi sel dan mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Berikut ada beberapa manfaat menakjubkan dari rutin minum teh kunyit. Apa saja?
Rahasia Kulit Halus dan Bersinar dengan Masker Kunyit
Memang sudah ada banyak masker yang terbuat dari bahan-bahan alami untuk membuat kulit wajah jadi halus. Namun, tak ada salahnya mencoba menggunakan masker dengan menggunakan bahan dasar kunyit, yang akan membuat kulit wajah Anda jadi lebih halus dan tampak bercahaya seperti emas.Kunyit adalah salah satu rempah-rempah yang tidak sulit ditemukan. Selain digunakan untuk bumbu masakan, ada beberapa khasiat yang terkandung dalam kunyit, seperti anti-inflamasi yang dapat berguna untuk mengalahkan rasa dingin di tubuh, serta menghaluskan kulit kasar dan mempercantik kulit yang terlihat memerah.Tak hanya itu, kunyit juga dapat menyembuhkan jerawat, menghilangkan komedo dan kerutan pada kulit bagian wajah. Nah, jika tertarik mencoba khasiat kunyit untuk kecantikan, berikut tutorial cara membuat masker kunyit yang baik dan benar.
Kulit Wajah Kusam dan Tak Bercahaya? Ini Cara Mengatasinya
 – Kulit wajah yang kusam merupakan salah satu masalah kulit wajah yang cukup menyebalkan. Hal ini karena, kulit wajah yang kusam akan sangat mengganggu penampilan, belum lagi kulit wajah kusam juga dapat menyebabkan berbagai masalah kulit lainnya seperti jerawat, komedo dan lain sebagainya.Berbicara tentang kulit wajah yang kusam, masalah wajah satu ini disebabkan karena banyaknya kotoran yang menempel pada kulit wajah seperti banyaknya sel kulit mati, kotoran yang menyumbat pori-pori kulit, dan lain sebagainya. Hal ini yang menyebabkan kulit menjadi kusam, gelap, dan tak bercahaya.Untuk mengatasinya, Anda perlu rutin menjaga kebersihan kulit wajah. Kulit wajah yang bersih akan terbebas dari kotoran dan sel kulit mati, sehingga masalah kulit kusam dapat diatasi dan dicegah. Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah kulit wajah yang kusam? 
3 Cara Ampuh Hilangkan Noda Karat pada Baju
Noda karat menempel di baju, biasanya menjadi jenis bercak noda yang cukup sulit dihilangkan. Bukannya baju itu tidak terawat dengan baik, baju bisa terkena karat dari hasil oksidasi besi pada kawat jemuran maupun tiang besi untuk menjemur baju.Perubahan iklim bisa menjadi penyebab kawat jemuran tak layak digunakan dalam mengeringkan baju, celana, kaos dan sejenisnya. Jika kawat berkarat terus dipaksakan menjemur baju, akibatnya karat besi bisa saja terkontaminasi ke baju serta memberikan bercak noda.Dampaknya bisa semakin parah, ketika noda karat di baju dibiarkan dalam jangka waktu lama. Sebab noda itu mampu merasuk ke bagian lebih dalam pada komponen kain baju tersebut. Lantas, ketika baju sudah terlanjur memiliki noda berkarat semacam ini, apakah masih bisa dibersihkan?
4 Kesalahan Mencuci Wajah yang Sebabkan Penuaan Dini
 – Kulit wajah yang sehat dan cantik merupakan dambaan semua wanita. Namun, tidak mudah untuk bisa memiliki kulit sehat dan cantik. Kita harus rajin melakukan perawatan kulit wajah dan selalu menjaga kebersihan kulit wajah.Caranya yaitu dengan mencuci kulit wajah dengan benar. Mencuci kulit wajah sangat penting untuk mengangkat atau membersihkan kotoran yang menempel pada kulit wajah. Kotoran yang tak dibersihkan akan menyebabkan masalah pada kulit wajah, seperti menyebabkan kulit menjadi kusam, komedo, jerawat, dan lain sebagainya.Namun, dalam mengcuci kulit wajah kita juga tak boleh sembarangan. Salah mencuci wajah justru akan membuat kulit menjadi rusak, bahkan menyebabkan penuaan. Tentu, Anda tak mau hal tersebut terjadi pada diri Anda bukan?Baca Selengkapnya ...
Berwarna Putih, Kunyit Satu Ini Tak Kalah Hebat Khasiatnya
 – Anda pasti tidak asing dengan rempah-rempah kunyit, bukan? Ya, kunyit biasa digunakan sebagai bumbu masak, minuman karena warnanya kuning cerah. Tapi tahukah Anda, jika selain kunyit yang berwarna kuning, ada juga jenis kunyit lainnya yang tak kalah berkhasiat, yakni kunyit putih.Kunyit putih memiliki bentuk rimpang bulat dan warnanya putih, seperti kencur serta aroma khas yang harum. Berbeda dengan kunyit kuning, kunyit putih mungkin kurang populer dan agak sulit ditemui. Meski tidak begitu dikenal, namun kunyit putih mengandung manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.Kunyit putih mengandung banyak gizi penting, di antaranya protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serta kandungan senyawa lainnya. Lantas, apa sajakah manfaat yang bisa kita dapatkan dari kunyit putih? 
Tanaman Kunyit, Herba dengan Seribu Manfaat Kesehatan
 – Kunyit memang tak asing lagi, rimpang yang satu ini merupakan salah satu rempah yang mendominasi dapur setiap rumah. Tanaman kunyit atau nama lain disebut sebagai kunir, kunyir, koneng, kunyet, kuning, dan kuneh.Nama latin kunyit disebut Curcuma longa Linn. Syn. Curcuma domestica Val. Kunyit termasuk tanaman rempah-rempah dan obat asli dari Asia Tenggara, berkembang hingga ke Malaysia, Indonesia, Australia, dan Afrika. Budidaya tanaman kunyit tidak begitu sulit, karena tanaman ini asli tumbuh di Indonesia dan tidak membutuhkan perawatan khusus.Tanaman kunyit termasuk ke dalam keluarga Zingiberaceae, dalam bahasa Inggris kunyit dikenal dengan nama Turmeric dan Curcuma (Belanda). Di Indonesia, tanaman ini sejak dahulu digunakan sebagai rempah-rempah untuk bumbu masakan, memberi warna kuning, dan sebagai pengawet. 
Deretan Makanan Penyebab Kulit Wajah Berminyak
 – Kulit wajah berminyak merupakan salah satu masalah kulit yang sangat menjengkelkan. Kulit wajah berminyak membuat kulit wajah menjadi kusam dan mengkilap. Belum lagi masalah yang ditimbulkan akibat kulit berminyak, mulai dari pori-pori kulit wajah tersumbat hingga munculnya komedo dan jerawat.Kulit wajah berminyak tidak muncul dengan sendirinya, namun disebabkan karena ada beberapa hal, salah satunya yaitu faktor makanan. Iya benar, makanan yang kita konsumsi sangat berpengaruh pada tubuh, termasuk pada kulit.Tanpa kita sadari ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan kulit wajah berminyak, namun sering kita konsumsi bahkan menjadi makanan favorit. Nah, untuk menghindari masalah kulit wajah berminyak, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menghindari makanan yang dapat menyebabkan kulit wajah berminyak. Apa saja itu?
Khasiat Tersembunyi dari Kunyit yang Perlu Anda Tahu
Siapa yang tidak tahu kunyit? Bahan dapur yang satu ini merupakan salah satu bahan alami yang bisa memberikan manfaat yang baik bagi tubuh kita. Di dalam dunia masak-memasak, kunyit merupakan bahan yang sangat penting untuk membuat cita rasa masakan.Tetapi uniknya di India lebih tepatnya, kunyit justru digunakan sebagai bahan kecantikan. Kunyit memiliki sifat anti penuaan, anti septik dan juga anti oksidan yang merupakan salah satu produk terbaik bagi kecantikan. Ya, ada beberapa manfaat yang menakjubkan yang harus Anda tahu mengenai kunyit. Salah satunya kunyit juga bisa mencerahkan kulit Anda. Kunyit memiliki kandungan kurmumin yang merupakan anti oksidan yang dapat meninggalkan warna kuning. Zat itulah yang mampu membuat wajah Anda menjadi lebih bersinar.
Empat Khasiat Kunyit untuk Kecantikan
Kunyit atau biasa disebut dengan kunir adalah salah satu tanaman rempah-rempah yang asli berasal dari Asia Tenggara. Jadi, tak heran jika kunyit banyak ditemukan di sekitar kita.Kunyit biasanya dijadikan sebagai obat tradisional dan juga dijadikan sebagai bumbu masakan agar terasa lebih lezat dan juga berwarna lebih cantik.Namun, bukan hanya sebatas itu manfaat dari kunyit. Ternyata kunyit juga dapat membuat kulit Anda menjadi lebih cantik. Ya, begitu banyak manfaat yang bisa diambil dari kunyit, salah satunya adalah untuk kecantikan kulit. Kulit akan tampak lebih halus, lembut, putih, dan juga lebih sehat dengan perawatan menggunakan kunyit.
Cara Ampuh Lenyapkan Komedo dengan Jeruk Nipis dan Garam
Komedo merupakan salah satu masalah pada kulit wajah yang sangat mengganggu penampilan, terlebih komedo hitam yang membuat kulit wajah terlihat kusam dan gelap. Komedo juga sering membuat kita menjadi tidak percaya diri.Komedo sendiri merupakan masalah kulit yang disebabkan karena pori-pori kulit wajah yang tersumbat, baik itu kotoran, debu, polusi, sisa make up dan lain sebagainya. Untuk itu, agar kulit wajah bersih dan terbebas dari masalah komedo, tentu kita harus rajin membersihkan kulit wajah kita, baik dengan air, sabun khusus wajah atau masker alami untuk kulit wajah.Untuk mengatasi masalah komedo ada banyak sekali cara. Anda bisa melakukan facial di salon atau klinik kecantikan, namun anda juga dapat memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar untuk mengatasi komedo maupun jerawat. Ada banyak bahan alami yang bisa kita gunakan, salah satunya yaitu dengan menggunakan jeruk nipis.Baca Selengkapnya...
Lenyapkan Noda Hitam pada Kulit Wajah dengan Kunyit
 – Noda hitam pada kulit wajah seperti flek hitam, bekas luka, sel kulit mati dan lain sebagainya memang sangat mengganggu penampilan. Noda hitam membuat kulit wajah terlihat kusam dan tak bercahaya. Untuk itu masalah noda hitam harus diatasi, agar kulit wajah kembali cerah dan membuat kita menjadi percaya diri.Noda hitam pada kulit wajah disebabkan karena beberapa hal seperti dikarenakan paparan sinar matahari, pencemaran lingkungan atau polusi, hormon yang tak seimbang, bekas luka, make-up, penuaan dan lain sebagainya.Penuaan pada kulit biasanya menyebabkan pigmentasi atau hiperpogmentasi yang membuat kulit menjadi hitam atau gelap. Pigmentasi atau hiperpigmentasi akan menyebabkan munculnya bercak hitam pada kulit wajah. Hal ini akan menurunkan rasa percaya diri seorang wanita. Namun anda tak perlu khawatir dengan masalah noda hitam tersebut. Masalah noda hitam dapat kita atasi dengan melakukan perawatan. Salah satu perawatan alami yang dapat Anda coba di rumah yaitu dengan menggunakan kunyit.
Cerahkan Kulit dengan Lulur Kunyit
Kunyit merupakan salah satu rempah dengan sejuta manfaat luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan. Dalam dunia kecantikan, kunyit biasa dijadikan sebagai masker wajah atau lulur untuk mencerahkan kulit. Kunyit mengandung antioksidan serta nutrisi yang dapat membuat kulit menjadi sehat dan cantik alami.Berbicara tentang masker kunyit atau lulur kunyit, selain dapat mencerahkan kulit wajah, kunyit juga memberikan manfaat lainnya, seperti mengangkat sel kulit mati, mengatasi masalah penuaan, seperti keriput, garis halus, dan lain sebagainya, mengatasi jerawat, komedo, kulit berminyak, memperlambat pertumbuhan bulu, serta membuat kulit menjadi halus dan lembut.Dalam dunia kecantikan, kunyit sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu oleh nenek moyang kita. Zaman dulu, para wanita menggunakan kunyit sebagai salah satu perawatan, bahkan para ratu pun menggunakan kunyit untuk merawat kulitnya.
Cara Buat Masker Alami Sesuai Tipe Kulit Wajah
Kulit wajah memiliki jenis yang berbeda-beda, seperti kulit wajah kering, normal, berminyak, dan juga kulit wajah kombinasi. Penanganan yang tepat dapat menghindarkan kulit wajah dari berbagai jenis masalah kulit yang dialami oleh masing-masing tipe.Penggunaan aneka jenis skincare tidak boleh disepelekan pada perawatan harian untuk menjaga kesehatan kulit wajah dan menjaganya tetap awet muda. Sunblock menjadi skincare yang tidak boleh dilupakan dari perawatan rutin harian, karena kulit akan mudah terpapar efek buruk sinar matahari yang bisa mengakibatkan noda hitam yang membuat penuaan.Selain itu, untuk menutrisi kulit wajah yang terkena makeup setiap harinya dapat dilakukan dengan menggunakan masker. Masker wajah tidak perlu harus mahal dengan membeli berbagai jenis masker yang ada di pasaran, karena Anda bisa membuat sendiri masker alami yang tidak akan merogoh kocek terlalu dalam, namun bisa merawat jenis kulit. Berikut ini adalah masker alami yang sesuai dengan tipe kulit wajah.
Baju Kesayangan Kena Noda Luntur, Ini Cara Atasinya
 – Merasa kesal gara-gara baju kesayangan terkena noda luntur? Noda luntur membuat pakaian yang tadinya bagus menjadi jelek dan warna aslinya jadi rusak. Mau dibuang kok sayang, tapi mau dipakai jelas tidak mungkin. Karena warna baju jadi tidak menarik lagi. Serba salah, karena dicuci dan direndam selama apapun, noda luntur tak akan bisa hilang.Bahkan, jika Anda berinisiatif menggunakan cairan pemutih sekalipun justru membuat warna pakaian jadi makin rusak. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi baju yang terkena noda luntur? Jangan khawatir, karena ternyata ada trik khusus yang bisa dilakukan untuk mengatasi baju yang terkena noda luntur.1. Rendam dalam laruran vetsin dan detergenKombinasi kedua bahan ini ampuh melunturkan noda luntur yang menempel kuat pada serat kain. Caranya, cukup campurkan vetsin dengan detergen bersama air hangat. Rendam pakaian selama 30 menit atau lebih, kemudian cuci dan bilas seperti biasanya. 
Dampak Buruk Mencuci Muka dengan Sabun Mandi
Mencuci kulit wajah sangat penting untuk dilakukan agar kulit wajah menjadi segar kembali. Tidak hanya itu saja, mencuci kulit wajah juga bertujuan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kulit wajah, sehingga kulit menjadi bersih dan cantik alami. Kebiasaan membersihkan kulit wajah akan membuat kulit wajah menjadi cantik dan bersih.Untuk mencuci kulit wajah, dengan air saja tidak cukup. Hal ini dikarenakan banyaknya kotoran dan polusi yang membandel yang banyak menempel pada kulit wajah, sehingga dibutuhkan sabun khusus wajah untuk mengangkat semua kotoran yang menempel.Sabun memang penting dalam membersihkan kulit. Namun untuk membersihkan kulit wajah, kita dikhususkan untuk menggunakan sabun khusus wajah. Meskipun demikian, banyak orang yang masih menggunakan sabun mandi atau sabun badan untuk mencuci kulit wajah, padahal hal tersebut dapat berdampak buruk pada kecantikan kulit wajah. Nah berikut dampak buruknya.Baca Selengkapnya...
Hilangkan Lupus Dalam 7 Hari dengan Ramuan Kunyit
 – Kunyit memiliki nama latin Curcuma Longa Linn dari famili Zingiberacaea. Kunyit merupakan salah satu jenis rempah-rempah dan tanaman obat asli khas dari wilayah Asia Tenggara. Hampir seluruh masyarakat di tanah air menggunakan rerempahan yang satu ini.Mulai dimanfaatkan untuk jamu, pelengkap bumbu masakan, hingga digunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Tidak hanya itu saja, kunyit juga biasa digunakan menjadi bahan ekstrak untuk suplemen makanan hingga untuk obat-obatan herbal.Hal ini karena dalam kunyit terkandung berbagai kandungan baik dan sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Umumnya, kunyit lebih dikenal masyarakat memiliki khasiat tinggi untuk mengobati masalah lambung. Namun, sebenarnya kunyit banyak sekali manfaatnya untuk pengobatan kesehatan lainnya. 
Lenyapkan Noda Hitam pada Kulit Wajah dengan Kunyit
 – Noda hitam pada kulit wajah seperti flek hitam, bekas luka, sel kulit mati dan lain sebagainya memang sangat mengganggu penampilan. Noda hitam membuat kulit wajah terlihat kusam dan tak bercahaya. Untuk itu masalah noda hitam harus diatasi, agar kulit wajah kembali cerah dan membuat kita menjadi percaya diri.Noda hitam pada kulit wajah disebabkan karena beberapa hal seperti dikarenakan paparan sinar matahari, pencemaran lingkungan atau polusi, hormon yang tak seimbang, bekas luka, make-up, penuaan dan lain sebagainya.Penuaan pada kulit biasanya menyebabkan pigmentasi atau hiperpogmentasi yang membuat kulit menjadi hitam atau gelap. Pigmentasi atau hiperpigmentasi akan menyebabkan munculnya bercak hitam pada kulit wajah. Hal ini akan menurunkan rasa percaya diri seorang wanita. Namun anda tak perlu khawatir dengan masalah noda hitam tersebut. Masalah noda hitam dapat kita atasi dengan melakukan perawatan. Salah satu perawatan alami yang dapat Anda coba di rumah yaitu dengan menggunakan kunyit.