Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Unik, Begini Tradisi Masyarakat Indonesia Jelang Ramadan

 – Ramadan sudah di depan mata, tentu semua orang Muslim di dunia sangat bahagia menyambut bulan yang penuh berkah ini. Tidak terkecuali, masyarakat Indonesia yang notabenenya sebagai negara dengan jumlah pemeluk agama Islam terbesar di dunia.

Dengan rasa gembiranya menyambut datangnya bulan penuh berkah, banyak masyarakat yang mempersiapkan berbagai hal untuk menyambut bulan Ramadan. Tidak hanya itu saja, bahkan ada banyak tradisi unik yang dilakukan masyarakat menjelang bulan Ramadan.

Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki tradisi unik tersendiri untuk menyambut bulan Ramadan. Seperti beberapa tradisi yang diadakan masyarakat Indonesia berikut ini, saat menjelang bulan suci Ramadan.

Read Full Article
Warna-warni Pesona Tradisi Kabupaten Semarang
 – Jika di artikel sebelumnya saya membahas tentang betapa kerennya sebuah kampung kuno yang masih bertahan di tengah hiruk-pikuknya kota Semarang, maka kali ini saya akan lebih detail membahas tradisi yang ada di beberapa kampung kuno tersebut.Di mana, setiap tradisinya memiliki nilai sejarah yang sayang kalau tidak kita lestrarikan. Kalian pernah mendengar "Tradisi Dudgeran" atau "Tengok Bustaman"? Ya, tradisi asal Kampung Kauman dan Kampung Bustaman ini adalah sebuah tradisi untuk merayakan momen spesial yang terjadi di kampung tersebut.Biasanya ada beberapa rangkaian acara, tapi karena terbuka untuk umum maka tradisi ini terasa semakin berwarna. Penasaran? Mau tahu, seperti apa tradisi ini bisa bertahan sampai sekarang? 
7 Negara dengan Tradisi Ramadan Paling Unik
Bulan ramadan selalu menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Di bulan penuh keberkahan ini, seluruh muslim di seluruh dunia menjalani ibadah puasa dengan penuh syukur.Tidak hanya itu, mereka juga sambil beramal saleh dan mencari kebaikan bagi dirinya sendiri dan alam semesta. Maka tak heran, puasa di bulan ramadan selalu menjadi hal yang berharga dalam membentuk kepribadian dan ketakwaan seorang muslim.Seperti beberapa negara berikut ini, yang merayakan tradisi ramadan dengan cara unik. Seunik apa ramadan di negara-negara itu? Daripada penasaran, langsung saja simak berikut ini ulasannya.
Dua Belas Tradisi Unik Jelang Ramadan di Indonesia
Umat Islam di seluruh dunia tengah menyambut datangnya bulan suci Ramadan, bulan yang penuh rahmat dan juga ampunan. Kedatangan bulan suci Ramadan ini selalu disambut dengan penuh kegembiraan dan suka cita oleh seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Termasuk juga umat Muslim yang ada di Indonesia.Meskipun bukan negara yang berdasarkan hukum Islam, Indonesia memiliki penduduk beragama Islam terbanyak di dunia. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan apabila banyak sekali tradisi-tradisi yang sering digelar oleh umat Islam yang ada di Indonesia untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan.Lalu, tradisi-tradisi seperti apakah yang sering digelar di beberapa daerah di Indonesia saat menjelang datangnya bulan suci Ramadan? Pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat mengenai beberapa tradisi menjelang Ramadan yang selalu digelar di Indonesia.Baca Selengkapnya...
Mesbes Bangke, Tradisi Mencabik Mayat di Bali
Keberagaman budaya Indonesia memang terbilang unik dan semua berjalan sesuai dengan kondisi dan budaya yang telah belangsung sejak nenek moyang terdahulu.Ada kalanya tradisi dan budaya itu biasa saja, luar biasa, aneh dan unik, serta di luar akal sehat manusia normal. Namun, jika itu sudah menjadi adat istiadat dan kebiasaan yang berkembang di masyarakat, maka seperti apapun yang terjadi dianggap wajar oleh masyarakat setempat.Seperti salah satu tradisi yang ada di Indonesia itu adalah "Mesbes Bangke". Mesbes Bangke yaitu tradisi mencabik mayat, tradisi yang di luar kebiasaan masyarakat lain ini menjadi ritual yang masih dipertahankan oleh masyarakat asli suku Banjar Buruan, desa Tampak Siring, Bali. Seperti apa tradisinya?
Mengintip Uniknya Tradisi Tawuran Nasi di Indonesia
Indonesia memang kaya akan tradisi, yang hingga kini terus dijaga dan dilestarikan keberadaannya. Tradisi-tradisi ini biasanya diadakan sebagai ucapan syukur atas segala rezeki yang diberikan oleh sang pencipta.Namun, ada juga tradisi yang diadakan untuk mengenang hal-hal yang kurang menyenangkan. Hampir seluruh wilayah di Indonesia memiliki tradisi uniknya masing-masing. Salah satunya ada di Desa Palamsari, Rembang, Jawa Tengah.Nama tradisi ini ialah tawuran nasi. Jika biasanya tawuran dihubungkan dengan sesuatu yang negatif, tawuran yang satu ini merupakan tradisi masyarakat setempat setelah panen. Uniknya, masyarakat yang tengah sakit hati dan dendam akan melakukan tawuran nasi dengan penuh semangat dan tawa.
Cara Alami Bebas Mata Panda selama Ramadan
Marhaban ya Ramadan, Alhamdululillah kita sudah memasuki bulan Ramadan, bulan pintu keberkahan dibuka selebar-lebarnya. Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, kita semua sebagai umat muslim diwajibkan untuk berpuasa dan disarankan untuk memperbanyak membaca kita suci Alquran.Selama bulan Ramadan ini, kita disarankan untuk berlomba-lomba dalam mengejar kebaikan. Ok sahabat, berbicara tentang bulan suci Ramadan, ada beberapa orang yang memiliki masalah, seperti masalah tidur. Hal ini dikarenakan selama bulan Ramadan, jadwal tidur kita berubah.Di malam hari kita harus mengerjakan salat terawih dan memperbanyak membaca kita suci Alquran, sedangkan di tengah malam kita harus menjalani sahur, akibatnya kebanyakan dari kita mengalami kurang tidur. Tentu hal ini akan menyebabkan munculnya mata panda atau kantung mata.
Sembilan Tradisi Mudik di Berbagai Negara
Tidak bisa dipungkiri bahwa hampir semua kota besar di Indonesia banyak dihuni oleh orang-orang perantau yang mencoba mengubah nasibnya. Makanya saat liburan Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar penduduk kota di Indonesia akan pulang ke kampung halamannya masing-masing.Pulang kampung saat liburan Lebaran atau yang sering disebut mudik ini sudah sejak lama menjadi tradisi di Indonesia. Biasanya, tujuannya adalah untuk berkumpul, bertemu, dan bersilaturahmi dengan keluarganya di kampung halaman.Tapi tahukah Anda? Kalau tradisi mudik ini bukan hanya ada di Indonesia, ada beberapa negara lain yang juga memiliki tradisi yang mirip dengan tradisi mudik di Indonesia. Lantas, negara apa saja yang memiliki tradisi mudik seperti di Indonesia? Berikut ulasannya.
10 Tradisi Menyambut Bulan Ramadan di Indonesia
Tidak lama lagi, umat muslim di seluruh dunia akan menyambut datangnya bulan ramadan. Bulan penuh berkah ini akan selalu disambut dengan suka cita oleh seluruh umat Islam di dunia, tidak terkecuali di Indonesia.Indonesia memang bukan negara Islam, tapi mayoritas penduduknya beragama Islam, bahkan negara Indonesia termasuk salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Jadi tidak heran, jika di Indonesia banyak sekali tradisi unik untuk menyambut datangnya bulan ramadan.Walaupun, dari nama dan ritualnya berbeda-beda tiap daerah, tapi tujuan dari tradisi-tradisi ini tetap sama yaitu sebagai bentuk rasa syukur. Lantas, apa saja tradisi untuk menyambut bulan ramadan di Indonesia?
Waspadai, Ini Godaan Jelang 10 Hari Terakhir Ramadan
Ramadan termasuk bulan yang sangat istimewa, karena di dalamnya terdapat banyak limpahan keberkahan. Bahkan, pada akhir Ramadan, ada Lailatul Qadar, satu malam yang nilainya lebih dari 1.000 bulan.Di mana, apabila kita melakukan amal ibadah pada malam itu, maka pahalanya akan dilipatgandakan. Alasan itulah yang membuat kita wajib untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah, terutama di sepuluh hari terakhir Ramadan.Sayangnya, pada akhir Ramadan banyak sekali hal-hal yang melalaikan, atau justru menjauhkan kita dari ibadah. Sehingga, kesempatan emas yang hanya datang sekali saja dalam setahun harus terlewatkan begitu saja.
Unik, Begini Tradisi Masyarakat Indonesia Jelang Ramadan
 – Ramadan sudah di depan mata, tentu semua orang Muslim di dunia sangat bahagia menyambut bulan yang penuh berkah ini. Tidak terkecuali, masyarakat Indonesia yang notabenenya sebagai negara dengan jumlah pemeluk agama Islam terbesar di dunia.Dengan rasa gembiranya menyambut datangnya bulan penuh berkah, banyak masyarakat yang mempersiapkan berbagai hal untuk menyambut bulan Ramadan. Tidak hanya itu saja, bahkan ada banyak tradisi unik yang dilakukan masyarakat menjelang bulan Ramadan.Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki tradisi unik tersendiri untuk menyambut bulan Ramadan. Seperti beberapa tradisi yang diadakan masyarakat Indonesia berikut ini, saat menjelang bulan suci Ramadan.
Tujuh Makanan Khas Ramadan di Berbagai Negara
Bulan Ramadan merupakan momen paling ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Di mana selama bulan Ramadan tersebut, umat muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan lamanya.Saat menjalankan ibadah puasa Ramadan ini, biasanya selalu diikuti oleh tradisi-tradisi yang sudah turun temurun. Sedangkan makanan tradisional merupakan bagian tak terpisahkan dari tradisi-tradisi Ramadan tersebut.Kalau di Indonesia, kita mengenal takjil yaitu makanan ringan untuk berbuka dan membatalkan puasa Ramadan. Lalu, bagaimana dengan makanan khas Ramadan negara lain yang penduduknya juga menjalankan puasa?
Intip Tradisi Adu Kerbau di Tana Toraja
Indonesia dan Spanyol ternyata punya tradisi yang mirip. Jika di negeri matador dikenal dengan tradisi adu banteng, maka di Indonesia khususnya di Tana Toraja punya adu kerbau.Selama ini traveler mengenal Tana Toraja sebagai daerah yang mempunyai tradisi nyeleneh dan menyeramkan. Sebut saja tradisi pemakaman dengan meletakkan mayat di tebing batu bukannya di kubur atau ritual Ma nene atau mayat berjalan. Satu lagi tradisi unik yang jarang diketahui traveler yaitu Rambu Solo.Rambu Solo adalah tradisi pemakaman yang di dalamnya terdapat banyak proses ritual. Salah satunya yang paling unik dan terkenal adalah Mapasilaga Tedong atau lebih dikenal dengan istilah Tedong Silaga. Tradisi ini berupa adu kerbau dengan maksud menghibur keluarga yang berduka.
Ragam Tradisi Tempo Dulu yang Masih Lestari di Indramayu
Adat istiadat, tradisi atau kebiasaan masyarakat sejak dulu hingga sekarang ada yang masih lestari, ada juga yang sudah punah. Begitu juga dengan tradisi-tradisi yang ada di Indramayu.Sebagian sudah punah, tetapi ada juga yang masih tetap bertahan hingga kini. Dari sekian banyak tradisi yang sering dilakukan oleh leluhur kita dulu, sampai sekarang masih ada yang tetap terjaga dan dilestarikan.Ada yang masih sejalan dengan maksud dan tujuan leluhur kita dulu, ada pula yang sudah melenceng jauh. Dan berikut ini terdapat tradisi-tradisi tempo dulu yang masih lestari di Indramayu. Kira-kira, apa saja ya?
Aku Ingin Jadi Kapitalis Selama Bulan Ramadan
Ramadan adalah kenangan terindah yang selalu dinanti-nantikan oleh banyak orang. Ramadan merupakan bulan penuh kebaikan, dibandingkan bulan-bulan lainnya. Ramadan menjadi bulan yang baik untuk mengakumulasi pahala.Bicara Ramadan, saya sempat mengikuti kelas literasi bertajuk "Ramadan di Kampung Halaman". Dalam diskusi itu, saya dan para peserta menceritakan pengalaman selama Ramadan di tempat tinggal masing-masing.Berhubung para peserta diskusi kebanyakan berasal dari Jawa Barat, maka pengalamannya hampir mirip. Hal ini mungkin, dipengaruhi oleh kesamaan kebiasaan dalam spektrum perjodohan sosial budaya.
Lima Negara Ini Punya Cara Unik Menyambut Ramadan
Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah yang kedatangannya sangat dinanti-nanti oleh setiap Muslim sejati. Di Indonesia sendiri, banyak cara unik yang dilakukan masyarakatnya untuk menyambut bulan suci ini.Tidak hanya di Indonesia yang memiliki cara unik untuk menyambut bulan Ramadan. Di beberapa negara di belahan dunia, setiap warga yang beragama Islam juga memiliki cara tersendiri untuk menyambut bulan Ramadan.Kegiatan ini memang rutin dilakukan setiap tahunnya sebagai bentuk ungkapan perasaan senang akan kedatangan bulan Ramadan. Langsung saja, berikut kami menghimpun kegiatan unik menyambut Ramadan dari berbagai negara.
Pesona Tradisi Dudgeran dan Gabyuran dari Semarang
 – Kamu pernah ke Semarang? Pasti pernah bukan, menyaksikan pertunjukan tradisi 'Gabyuran' dan 'Dudgeran'? Gabyuran dan Dudgeran merupakan tradisi budaya yang digelar di kampung kauman dan kampung basahan Semarang, Jawa Tengah.Di mana, dua tradisi ini digelar untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Tradisi Dudgeran mirip dengan karnaval budaya, ada wisata kuliner seminggu penuh, arak-arakan pakaian adat, pesta rakyat, dan juga tradisi unik lainnya.Nah, kalau tradisi Gabyuran itu semacam 'Perang Air' yang diikuti oleh seluruh warga desa. Mulanya tradisi ini dilakukan oleh seorang Kyai yang kemudian menjadi kebiasaan warga sekitar hingga sekarang. 
Tradisi Aneh, Wanita Ini Nikahi Lima Saudaranya Sendiri
Di setiap suku yang ada dunia ini, pasti mereka memiliki aturan hidup dan tradisi yang berbeda-beda. Di Indonesia sendiri, ada begitu banyak tradisi, bahkan bisa dibilang di setiap provinsi memiliki adat istiadat atau tradisi yang berbeda-beda.Tradisi-tradisi tersebut masih terus dilestarikan sampai hari ini, karena dianggap sebagai pengukuh masyarakat dan banyak sekali nilai-nilai pelajaran hidup positif di dalamnya. Namun ternyata, masih ada juga tradisi yang terbilang tidak wajar atau aneh di dunia ini, tapi masih terus dilestarikan.Ya, ada tradisi turun-temurun di mana seorang wanita dianggap sangat beruntung, jika bisa menikahi saudaranya sendiri. Sebut saja wanita ini namanya Rajo , ia telah menikahi lima saudara kandungnya sendiri.
Seru namun Membuat Emosi, Inilah Tradisi Perang Balon
Sebagai negara yang didominasi oleh para penduduk yang beragama Islam, tidak heran jika Indonesia selalu menyambut datangnya Ramadan dengan penuh kemeriahan. Begitu luasnya negeri ini, sampai membuat masing-masing daerah memiliki cara tersendiri untuk memeriahkan hadirnya bulan Ramadan.Tentu saja, di daerah Anda juga ada tradisi yang selalu dilakukan pada setiap bulan puasa, bukan? Contohnya saja, seperti kebiasaan berpatroli membangunkan orang-orang untuk makan sahur dengan keliling kampung. Atau, ada juga anak-anak yang menyalakan petasan sambil menunggu waktu tarawih.Selain itu, juga ada tradisi di bulan puasa yang cukup unik. Sebut saja di kota Pemalang, di sana memiliki kebiasaan perang balon air di kala Ramadan. Seperti apa keseruannya? Mari simak ulasannya berikut ini.
Rander Ramzan Bazar, Pasar Ramadan di Kota Surat India
Tidak semua kota di India dapat ditemukan pasar Ramadan. Hanya di kota-kota besar tertentu saja, kemeriahan pasar Ramadan tampak seperti pesta jalanan. Delhi, Srinagar, Lucknow, Hyderabad, Mumbai, Kolkata, Ahmedabad, Surat merupakan kota besar yang memiliki jumlah penduduk muslim lumayan banyak.Mengingat kota-kota tersebut juga masuk dalam sejarah kejayaan Islam di India. Tak heran, jika Ramadan di India disambut dengan festival makanan selama sebulan penuh. Kota Surat jaraknya 120 kilometer dari tempat saya tinggal.Ramadan tahun lalu saya sempat mengunjungi dan merasakan kemeriahan pasar Ramadan ala muslim India di kota ini. Terletak di kawasan Rander town, area pasar Ramadan lumayan luas. Banyaknya jajaran mobil dan motor yang parkir, jumlahnya mengalahkan yang ada di area parkir mall. Tak percaya?
5 Tradisi Mengerikan yang Masih Dilakukan di India
 – Meski zaman sudah berkembang dan penggunaan teknologi di mana-mana, bukan berarti kita melupakan tradisi yang sudah ada sejak turun-temurun. Justru sebagai generasi selanjutnya, kita harus menjaga tradisi masing-masing agar tidak punah.Namun, bagaimana jika tradisi tersebut tergolong berbahaya? Di negara India ada sejumlah tradisi yang bisa dikatakan sangat mengerikan bagi yang melakukan. Meski mengerikan, tetapi semua itu dilakukan demi tujuan dan makna yang baik.Nah, berikut ini adalah beberapa tradisi mengerikan yang masih dilakukan di India. Kira-kira, seperti apa tradisi itu? Daripada penasaran, langsung saja simak ulasan yang ada berikut ini.
Nyadran, Ziarah ke Makam Keluarga untuk Sambut Ramadan
Menjelang datangnya bulan Ramadan, umat Muslim biasanya akan mempersiapkan diri untuk menjalankan ibadah selama bulan Ramadan. Salah satunya yaitu ziarah ke makam keluarga leluhur .Tradisi ziarah atau nyekar ini biasanya dilakukan seminggu sebelum bulan Ramadan dimulai. Hal ini juga dilakukan di Jawa Tengah, hanya saja berziarah ke makam keluarga sebelum dimulainya bulan Ramadan memiliki tradisi sendiri di Jawa Tengah, yaitu Tradisi Nyadran.Nyadran adalah sebuah tradisi yang sudah turun-temurun dilakukan untuk menyambut datangnya bulan Ramadan di Jawa Tengah. Lantas, seperti apa Tradisi Nyadran tersebut?
5 Tradisi Perayaan Idul Adha yang Cuma Ada di Indonesia
.co.id – Umat Islam memiliki beberapa hari besar di antaranya adalah Idul Fitri dan Idul Adha, dimana dua hari tersebut diperingati di waktu yang berbeda. Sama halnya dengan Idul Fitri, selalu ada tradisi-tradisi unik untuk menyambut datangnya hari raya Idul Adha.Ketika tiba Idul Adha tiba, umat Muslim bukan hanya memotong hewan kurban saja, melainkan banyak tradisi unik dilakukan ketika perayaan Idul Adha. Berikut adalah 5 tradisi unik dalam memperingati Idul Adha yang ternyata hanya ada di Indonesia saja.1. Kaul Negri dan Abda'u di Maluku TengahSetelah melaksanakan salat Idul Adha, penduduk di Negeri Tulehu, Maluku Tengah akan melakukan tradisi unik menggendong 3 kambing oleh para pemuka adat dan agama. Kemudian tiga kambing tersebut akan diarak, diiringi lantunan salawat dan takbir hingga tempat penyembelihan.
Bambu Gila, Tradisi Permainan Masyarakat Ternate
Kebudayaan dan tradisi adalah hasil warisan leluhur dan nenek moyang pada suatu daerah tertentu, setiap daerah di Indonesia memang memiliki keunikannya tersendiri.Dari 34 provinsi, Indonesia memang memiliki tradisi dan kebudayaan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Mulai dari tradisi yang biasa-biasa saja, tradisi unik, tradisi kejam, dan lain sebagainya.Sebagai warga negara yang baik, tentunya kita menghargai setiap perbedaan yang ada di negeri tercinta ini, salah satu keunikan tradisi itu adalah permainan "Bambu Gila" yang ada di provinsi Maluku tepatnya di Ternate. Lantas, seperti apa keunikan tradisi tersebut?