Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Awas, Kurang Tidur sebabkan 6 Penyakit Ini

 – Tidur sangat penting untuk kesehatan kita. Menutup mata setiap malam selama beberapa jam, sama saja memberikan kesempatan untuk tubuh beristirahat dan mengisi ulang energi yang terkuras seharian.

Jutaan proses terus terjadi saat kita tidur, membantu otak untuk melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan memori, sementara sel bekerja meregenerasi dan memperbaiki jaringan yang rusak saat kita bangun. Tetapi jika Anda kurang tidur, semua proses tersebut dapat terhambat.

Keesokan harinya, Anda akan sulit berkonsentrasi, bahkan kurang tidur dalam waktu yang lama dapat memiliki konsekuensi serius pada kesehatan Anda. Banyak penelitian menunjukkan, kurang tidur dapat menyebabkan berbagai kondisi serius dan mengancam jiwa, mulai dari kanker, diabetes, dan masalah jantung.

Read Full Article
Makan di Waktu Ini Dapat Sebabkan Berat Badan Naik
.co.id – Bagi Anda yang takut mengalami kegemukan, Anda tidak hanya wajib memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi tapi juga waktu makan, karena waktu juga dapat memengaruhi berat badan Anda. Ada waktu tertentu, yang seharusnya tidak diisi dengan makan, karena dapat meningkatkan berat badan alias sebabkan kegemukan dengan cepat.Mungkin tak semua dari Anda tahu, kapankah waktu yang sebaiknya tidak diisi dengan makanan? Waktu tersebut adalah menjelang tidur dan tengah malam. Kenapa demikian? Makan menjelang atau mendekati waktu tidur dapat sebabkan masa tubuh dan presentase lemak jadi meningkat.Selain itu, asupan makanan yang dikonsumsi sebelum tidur dapat mengganggu kinerja hormon melatonin yang berfungsi untuk menjaga kualitas tidur. Ketika hormon tersebut terganggu, maka sistem alami tubuh juga terganggu sehingga bisa meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Baca selengkapnya...
4 Bahan Baju Tidur yang Mampu Membuat Tidur Lebih Nyenyak
Kenyamanan tidur tidak hanya terletak dari pemilihan tempat tidur empuk, bantal lembut dan selimut yang hangat. Ternyata ada faktor lain yang selama ini mampu membuat tidur kita lebih berkualitas alias nyaman. Salah satunya adalah dekorasi ruangan dan pemilihan serta model pakaian tidur yang dikenakan.Banyak loh orang-orang zaman modern yang menganggap baju tidur menjadi salah satu mode pakaian yang tidak kalah penting dengan model pakaian lainnya. Namun pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas model-model dari baju tidur, tapi kita akan membahas bahan-bahan dasar baju tidur yang paling nyaman ketika dipakai.Bahan sutra itu terkenal sangat halus, lembut, dingin dan berkualitas tinggi sehingga cocok bila dijadikan sebagai bahan pakaian tidur. Satu lagi, baju tidur berbahan sutra memiliki sifat hypoallergenic alias tidak akan menimbulkan alergi pada kulit.Baca Selengkapnya...
Ternyata, Mimpi Dipengaruhi Posisi Tidur Anda
 – Menurut sebuah penelitian, posisi tidur ternyata dapat memengaruhi mimpi Anda selama tidur, entah itu mimpi baik maupun buruk sekalipun. Lalu, posisi seperti apa yang dapat mendatangkan mimpi indah atau buruk ketika tidur?Dilansir dari Elite Daily, dalam sebuah studi tahun 2004 yang diterbitkan oleh Sleep and Hypnosis, mengungkapkan bahwa orang yang tidur dengan posisi menghadap ke kiri cenderung mengalami mimpi buruk. Sementara itu, orang yang tidur dengan posisi ke kanan cenderung mengalami mimpi yang baik atau berkaitkan dengan kenyamanan dan ketentraman.Namun, untuk orang yang tidur dengan posisi tengkurap cenderung lebih nyenyak dibandingkan dengan mereka yang tidur ke kiri atau ke kanan. Sementara, dalam penelitian lain yang dipublikasikan dalam jurnal Dreaming, menemukan bahwa orang yang tidur dengan posisi tengkurap lebih sering mengalami mimpi basah daripada posisi tidur lainnya.
Lima Langkah supaya Bisa Tidur Lebih Cepat
Tidak sedikit orang yang sering mengalami sulit tidur. Padahal tidur ini menjadi salah satu hal penting bagi kesehatan tubuh. Tanpa tidur yang berkualitas, maka tubuh bisa menjadi kurang fit.Oleh sebab itu, seseorang harus mengatasi dengan baik ketika mengalami sulit tidur. Idealnya, seseorang itu harus tidur kurang lebih 7-8 jam dalam sehari. Tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan tubuh, serta mengistirahatkan beberapa organ tubuh seperti mata, kaki, tangan, dan juga mulut.Dengan tidur dalam waktu yang cukup, maka proses metabolisme di dalam tubuh bisa berjalan menjadi lebih baik.  Dan berikut ini lima langkah mudah untuk membantu Anda supaya tidur lebih cepat.
Hati-hati, Polusi Udara Sebabkan Anda Susah Tidur
Polusi udara atau udara yang tercemar, kini menjadi salah satu penyebab masalah kesehatan tertinggi di dunia. Seperti yang Anda ketahui, Indonesia masuk dalam lima besar negara penyumbang polusi udara terbesar di dunia. Mengejutkan bukan?Saat ini, para peneliti menghubungkan antara polusi udara yang menjadi penyebab Anda susah tidur atau kurang tidur. Ini penting, karena kurang tidur atau bahkan sulit tidur dapat menyebabkan Anda lebih mudah emosi, depresi, masalah jantung, obesitas, dan sedikit depresi.Bagi masyarakat Indonesia, bekerja dan beraktivitas di lingkungan dengan udara tercemar seperti di kota besar mungkin sudah biasa. Tapi sadarkah Anda, itu menjadi penyebab Anda susah tidur di malam hari? Lalu, bagaimana cara mencegahnya?
Tidur Tanpa Pakaian Bikin Umur Panjang, Ini Alasannya
Siapa yang tidak suka tidur? Semua manusia pasti membutuhkan tidur agar kondisi kesehatan tetap terjaga dan stamina bisa pulih kembali. Ada banyak manfaat kesehatan dari sekadar tidur saja. Di sisi lain, kurang tidur dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Oleh karena itu, mendapatkan kualitas dan waktu tidur yang baik sangat penting kita perhatikan.Dilansir dari Indiatimes, tidur tanpa mengenakan pakaian rupanya memiliki kaitan erat dengan panjang umur. Pasalnya, tidur sambil telanjang mampu memberikan beberapa manfaat lebih dari tidur dengan menggunakan pakaian.Menghilangkan insomnia. Menurut sebuah penelitian dari Australia baru-baru ini, jika Anda tidur tanpa pakaian, suhu tubuh akan menurun sehingga Anda akan dengan mudah mendapatkan tidur yang nyenyak.
Trik agar Bangun Tidur Kembali Segar dalam 2 Menit
 – Apakah Anda pernah atau bahkan sering mengalami bangun tidur, tapi badan justru terasa pegal dan sakit? Kondisi ini bisa disebabkan dari kualitas tidur yang kurang nyenyak, karena stres atau ada masalah kesehatan tertentu sehingga mengganggu kenyamanan tidur di malam hari.Jika masalah tidur tidak segera diatasi, dampaknya tentu sangat berbahaya karena dapat mengganggu fungsional tubuh secara keseluruhan. Misalnya saja, orang yang mengalami masalah tidur akan lebih rentan terkena depresi dan juga beriko besar mengalami masalah jantung.Gangguan tidur yang disebabkan karena penyakit, maka pertama kali yang harus dilakukan adalah dengan mengobati penyakit tersebut lebih dahulu. Jika masalah tidur disebabkan karena stres akibat rutinitas sehari-hari yang tidak menentu, maka Anda bisa mencoba metode alternatif trik 2 menit berikut ini.
Sepuluh Risiko Fatal Jika Anda Kurang Tidur
Hampir semua orang pernah mengalami kurang tidur. Berbagai alasan dituduh menjadi penyebab utama. Entah itu karena banyak pikiran, tugas menumpuk, suasana mental, cuaca, atau karena lingkungan. Di sisi lain, beberapa orang mengeluh bahwa mereka hanya tidur selama beberapa jam semalam. Entah itu hanya dua atau tiga jam saja.Kebanyakan orang akan merasakan efek negatif akibat kurang tidur meski hanya baru terlewat satu malam saja. Kelelahan, misalnya. Namun, gejala ini bukanlah hal terburuk yang bisa terjadi pada Anda dengan melewatkan jam tidur yang berharga.Hal yang sering tidak disadari adalah kurang tidur bisa berakibat fatal, dan celakanya itu tidak membutuhkan waktu lama. Randy Gardner, seorang warga Amerika, tidak percaya bahwa tidur itu dibutuhkan. Oleh karena itu ia melakukan eksperimen sendiri dengan tetap terjaga selama 11 hari 24 menit, tanpa menggunakan obat-obatan, alkohol, atau bahan stimulan lainnya.
Delapan Tips Tidur Nyenyak yang Sehat
Saat kita kecil, perintah untuk tidur siang merupakan salah satu hal yang paling kita benci. Bukankah lebih seru, kalau waktu tidur siang kita gunakan untuk bermain di luar rumah atau nonton TV?Lucunya, saat kita beranjak dewasa, tidur yang nyenyak malah menjadi impian kita. Gaya hidup yang super sibuk membuat kita sulit untuk bisa tidur nyenyak. Tentu ini mengkhawatirkan, karena tidur yang berkualitas ternyata merupakan hal yang sangat signifikan untuk bisa hidup sehat, namun kini tidur nyenyak malah sulit kita peroleh.Kita sering frustasi karena sulit tidur. Dan dari waktu ke waktu, insomnia semakin menjadi masalah dan membawa akibat buruk pada kinerja dan kesehatan kita. Efek kurang tidur antara lain, membuat kecenderungan lebih mudah murung, tidak bisa konsentrasi, risiko serangan jantung, sistem imun yang lemah, naiknya tekanan darah dan berfluktuasinya berat badan.  
5 Kondisi yang Terjadi Jika Tidur Kurang dari Lima Jam
Tidur adalah salah satu istirahat yang paling penting, yang harus kita lakukan setiap hari. Selain tidur malam, tidur siang sekitar 10 menit juga sangat baik untuk tubuh Anda. Namun terkadang, banyak yang mengalami gangguan tidur, terutama di malam hari.Meskipun tubuh sudah lelah, namun mata tetap terjaga. Banyak sekali alasannya, namun saat ini yang berperan penting terhadap gangguan tidur adalah smartphone.Banyak sekali yang menggunakan smartphone sebelum tidur, alih-alih ingin tertidur lebih cepat Anda malah terjaga semalaman. Tahukan Anda, apa yang terjadi pada tubuh jika kurang sekali tidur di malam hari?
Ini Waktu Tidur Siang yang Tepat
.co.id – Tidur pada siang hari ternyata memiliki beberapa manfaat, terutama untuk seseorang yang kurang tidur ketika malam hari. Waktu tidur 20-30 menit pada siang hari membuat tubuh kita kembali ke kondisi yang lebih baik lagi, bukan hanya itu, tidur siang pun membuat tubuh kita lebih produktif.Namun ternyata, manfaat tersebut akan kita dapatkan jika kita tidur siang di waktu yang tepat. Sleep Council seperti dikutip dari The Independent (23/8), mengungkapkan bahwa waktu yang paling tepat untuk tidur siang adalah pada pukul 15.00, alasannya adalah karena pada jam ini kondisi tubuh sedang menurun.Kondisi tubuh yang menurun menyebabkan rasa kantuk yang hebat dan akan membuat Anda ingin tidur. Jadi, pada jam tersebutlah waktu yang tepat untuk kita tidur siang karena tubuh memang sedang membutuhkan istirahat.
5 Kondisi Akibat Kurang Tidur, Nomor 3 Sebabkan Kematian
 – Tidur adalah salah satu istirahat yang paling penting, yang harus kita lakukan setiap hari. Selain tidur malam, tidur siang sekitar 10 menit juga sangat baik untuk tubuh Anda. Namun terkadang, banyak yang mengalami gangguan tidur, terutama di malam hari.Meskipun tubuh sudah lelah, namun mata tetap terjaga. Banyak sekali alasannya, namun saat ini yang berperan penting terhadap gangguan tidur adalah smartphone.Banyak sekali yang menggunakan smartphone sebelum tidur, alih-alih ingin tertidur lebih cepat Anda malah terjaga semalaman. Tahukah Anda, apa yang terjadi pada tubuh jika kurang sekali tidur di malam hari?
Awas, 4 Hal ini Sebabkan Anda Sulit Tidur
 – Setiap orang harus memiliki setidaknya 7-8 jam tidur per hari. Jika kurang dari waktu ini, maka bisa menyebabkan masalah kesehatan yang merugikan. Namun, dewasa ini banyak orang yang kesulitan tidur atau sering disebut pula insomnia.Orang yang menderita insomnia adalah kondisi saat seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak bisa tidur cukup lama. Ini menyebabkan kondisi fisik penderita insomnia menjadi tidak cukup fit untuk melakukan aktivitas keesokan harinya.Penyabab insomnia ini sangat beragam, beberapa penyebabnya ternyata karena kebiasaan yang sering dilakukan. Nah beriut ada beberapa penyebab insomnia yang wajib kamu ketahui. Apa saja?
Letakkan 8 Tanaman Ini di Kamar untuk Tidur Berkualitas
Semua orang tentu saja sangat mendambakan tidur yang berkualitas. Tidur yang betul-betul lelap, terbebas dari gangguan apapun. Baik gangguan yang datang dari diri sendiri internal , maupun yang datang dari luar eksternal .Beberapa orang mengambil jalan pintas dengan menelan pil tidur yang semakin hari semakin meningkat dosisnya. Sementara yang lain, melakukan yoga atau olahraga berat sebelum tidur, agar mereka mendapatkan tidur yang lelap, bukan hanya tidur-tidur ayam.Namun ternyata, ada cara yang lebih alami untuk mendapatkan tidur malam yang berkualitas dengan cara yang sangat sederhana, yakni dengan meletakkan beberapa tanaman yang biasanya kita tanam di teras dan halaman ke dalam kamar tidur. Tentu saja semua orang bisa melakukan cara sederhana ini.
5 Cara Mudah Mengatasi Susah Tidur | Rafif Amir
Susah tidur atau insomnia terkadang mengganggu. Siapa pun yang mengalaminya tidak hanya bisa berefek kurang baik bagi kesehatan, tapi juga memunculkan perasaan gelisah dan membuang banyak waktu membolak-balikkan badan di tempat tidur.Namun tak perlu khawatir, karena ketakutan berlebihan karena tidak bisa tidur malah semakin memperparah insomnia yang diderita. Sebisa mungkin juga hindari penggunaan obat tidur. Karena pada dasarnya, susah tidur dapat diatasi dengan cara-cara alami sebagai berikut (berdasarkan pengalam pribadi):1. Membaca Buku Salah satu yang biasa saya lakukan ketika sulit tidur adalah membaca buku sambil berbaring. Bacalah buku-buku dengan materi yang agak berat. Tak berapa lama kemudian, saya merasakan mata saya semakin berat dan rasa kantuk tak tertahankan. Saat itulah, akhiri membaca dan mulai memejamkan mata. Tidur menjadi pulas, kita pun mendapatkan manfaat dari membaca.2. Memutar Murrotal Al-Qur'an Salah satu penyebab susah tidur adalah karena banyak pikiran dan stress. Maka hal yang perlu dilakukan adalah menenangkan pikiran, melupakan semua masalah untuk sementara waktu. Buatlah hati menjadi tenang. Bacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an membuat hati menjadi tenang. Putarlah dari gadget atau smartphone Anda. Anda akan merasakan kedamaian dan kesejukan. Hitung-hitung juga bisa menambah hafalan atau muraja'ah.3. Makan Sampai Terasa Kenyang Makan terlalu malam memang kurang baik, tapi kalau perut Anda dalam kondisi sangat lapar akan sangat mengganggu dan membuat Anda kesulitan untuk memejamkan mata. Saran saya tidak menggunakan cara ini setiap hari. Hanya bila susah tidur Anda karena lapar saja. Gunakan cara lain yang saya berikan yang lebih bermanfaat.
8 Posisi Tidur yang Tepat untuk Atasi Masalah Kesehatan
Tidur berperan besar dalam keseluruhan kesehatan kita, termasuk mengatasi banyak masalah kesehatan yang memang disebabkan oleh kurang tidur dan istirahat. Rata-rata orang tidur 7-9 jam semalam, dan menghabiskan lebih dari 25 tahun untuk tidur. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya tidur untuk manusia.Namun, menurut studi baru, bukan hanya durasi tidur saja yang penting, tetapi posisi kita tidur juga sangat penting. Tahukah Anda, posisi tidur dapat memengaruhi kesehatan kita dengan berbagai cara.Posisi tidur yang tepat dapat berdampak pada tekanan darah kita dan dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti sinus dan nyeri punggung. Berikut delapan posisi tidur yang dapat meringankan berbagai masalah kesehatan dan nyeri yang Anda derita.
5 Bahaya Mengerikan Asam Urat dan Kolesterol
 – Asam urat yang tinggi dalam darah disebut dengan istilah hiperurisemia dan bisa sebabkan peradangan pada sendi. Asam urat yang tidak bisa dibuang oleh tubuh dalam jangka waktu tertentu bisa mengendap di persendian, sehingga sebabkan jaringan organ tersebut menjadi kaku.Begitu pula dengan penyakit kolesterol. Kolesterol yang tinggi bisa sebabkan pengendapan kolesterol di dalam tubuh. Hal ini bisa sebabkan penyakit lainnya muncul, seperti serangan jantung dan juga stroke akibat aliran darah yang tak lancar. Nah, berikut ini terdapat beberapa bahaya komplikasi asam urat dan kolesterol yang wajib Anda tahu.Di urutan pertama ada penyakit ginjal. Asam urat stadium akut yang tak mendapatkan pengobatan bisa sebabkan gangguan pada fungsi organ ginjal. Asam urat yang terlalu tinggi di dalam darah bisa sebabkan pembentukan kristal di dalam darah.
5 Alasan Bangun Pagi Membuka Pintu Rezeki
Tidur merupakan kebutuhan manusia yang tidak bisa ditinggalkan. Sebab tidur sangat penting untuk kesehatan manusia, dan menambah energi terutama untuk beribadah kepada Allah Swt. Akan tetapi tidak selamanya tidur itu mendatangkan kesehatan.Untuk dapat menjalankan aktivitas mencari rezeki secara produktif, seorang muslim harus tidur sesuai proporsinya. Tidur tersebut tidak boleh terlalu banyak atau berlebihan, atau tidak boleh terlalu kurang. Tidur yang berlebihan dapat berakibat pada kurangnya produktifitas kerja, munculnya kemalasan, tidak terbiasa bekerja keras, dan melatih kekuatan fisik karena banyak aktifitas yang dikerjakan hanya di tempat tidur.Tidur terlalu sedikit juga tidak baik karena dapat berefek pada lemahnya tubuh, dan akan berdampak pada kerja organ tubuh yang kurang optimal. Tentunya untuk memudahkan kita bangun pagi atau subuh, kita harus mengamalkan ajaran Rasulullah Saw.
Tiga Ikatan Setan Pada Manusia Saat Tidur
Tidur merupakan suatu nikmat yang diberikan Allah Swt khususnya kepada manusia. Tidur juga waktu istirahat manusia dari aktivitasnya. Dalam ajaran Islam, ada ayat Alquran dan Hadits Rasulullah Saw yang menjelaskan tentang tidur. Mulai dari adab tidur sampai kepada manfaat dari tidur itu sendiri.Syaikh Abdur Rahman Bin Nashir As Sa di berkata, tidur merupakan satu bentuk dari rahmat Allah. Ketika manusia terlelap dalam tidurnya, maka dia tidak akan merasakan apa-apa lagi. Mungkin dia hanya merasakan mimpi. Manusia yang sedang tidur biasanya sering didatangi oleh setan.Maka Rasulullah Saw menganjurkan kita untuk berwudu, membaca doa mau tidur dan lain sebagainya. Setan bukan hanya mengganggu manusia melalui mimpi yang menakutkan. Akan tetapi setan bisa membuat manusia susah untuk bangun dari tempat tidur. Penyebabnya adalah setan sudah mengikat manusia tersebut.
Kurang Tidur Tingkatkan Risiko Kolesterol Tinggi
Tidur merupakan salah satu mekanisme alami yang dilakukan oleh tubuh, guna menjaga kesehatan dan kebugaran. Banyak pakar kesehatan yang menyebutkan, selain pola makan yang sehat dan rutinitas olahraga, tidur juga menjadi salah satu kunci mendapatkan kesehatan.Sayangnya, kebanyakan orang masih menyepelekan waktu tidur untuk hal yang dinilai kurang penting, seperti bermain gadget. Padahal, jika orang sering kurang tidur, akan sangat berpotensi mengalami risiko penyakit berbahaya, seperti kolesterol tinggi yang berujung pada serangan jantung dan stroke yang mematikan.Mungkin banyak orang yang tidak menyangka atau menduga sebelumnya, ternyata kurang tidur dapat menyebabkan kadar kolesterol menjadi tinggi. Di mana, jika seseorang sudah mempunyai kadar kolesterol tinggi, maka risiko serangan jantung dan stroke akan meningkat.
Hati-hati, Kurang Tidur Picu 4 Penyakit Mematikan Ini
 – Tidur merupakan kebutuhan yang sangat penting demi menjaga kesehatan tubuh. Waktu tidur yang pas adalah 7-8 jam per hari, kurang dari ini maka bisa memicu masalah kesehatan yang mengancam nyawa. Tidur merupakan proses penting untuk mengembalikan energi tubuh.Karena, saat Anda tidur tubuh akan memulihkan tubuh untuk kembali segar. Namun, saat ini banyak orang yang mengalami kekurangan jam tidur, banyak orang saat ini tidur per hari hanya lima jam sehari bahkan ada yang lebih sedikit.Kekurangan tidur ini disebabkan oleh lembur kerja atau kebiasaan sepele seperti begadang. Kekurangan jam tidur bisa membuat keseimbangan tubuh menjadi berkurang, senyawa kimia dan sel dalam tubuh pun akan terpengaruhi. Menurut laman Zeenews.com, berikut ada risiko bahaya jika Anda kurang tidur. 
Awas, Kurang Tidur sebabkan 6 Penyakit Ini
 – Tidur sangat penting untuk kesehatan kita. Menutup mata setiap malam selama beberapa jam, sama saja memberikan kesempatan untuk tubuh beristirahat dan mengisi ulang energi yang terkuras seharian.Jutaan proses terus terjadi saat kita tidur, membantu otak untuk melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan memori, sementara sel bekerja meregenerasi dan memperbaiki jaringan yang rusak saat kita bangun. Tetapi jika Anda kurang tidur, semua proses tersebut dapat terhambat.Keesokan harinya, Anda akan sulit berkonsentrasi, bahkan kurang tidur dalam waktu yang lama dapat memiliki konsekuensi serius pada kesehatan Anda. Banyak penelitian menunjukkan, kurang tidur dapat menyebabkan berbagai kondisi serius dan mengancam jiwa, mulai dari kanker, diabetes, dan masalah jantung.
5 Makanan yang Bikin Tidur Jadi Lebih Nyenyak
 – Akhir-akhir ini banyak sekali orang mengeluhkan tentang tidur mereka. Banyak orang yang merasa tak bisa tidur nyenyak bahkan tak bisa tidur sama sekali. Karena hal demikian, banyak orang menggunakan obat tidur agar bisa tidur nyenyak. Namun hal tersebut justru akan berdampak sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.Berbicara tentang tidur, ini merupakan aktivitas istirahat. Di mana saat tidur tersebut kita dapat memulihkan tenaga, serta sel tubuh akan meregenerasi. Sehingga sel tubuh dan juga jaringan rusak akan kembali baik. Jika tidak tak bisa nyenyak, tentu hal ini akan mengganggu, akibatnya tubuh menjadi lemas, lesu pusing, malas dan lain sebagainya.Tidur yang berkualitas buruk juga tentu akan berdampak pada kesehatan tubuh kita. Dampak tidur tak berkualitas di antaranya adalah penuaan dini, kurang konsentrasi, menurunnya sistem kekebalan tubuh, masalah berat badan, muncul lingkaran hitam pada mata atau mata panda.