Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Kalkulator Online Ungkap Jika Kamu Terkena Kanker Paru-paru

 – Kanker paru-paru adalah penyakit yang membunuh jutaan orang di seluruh dunia setiap tahun. Tetapi para ilmuwan kini telah mengembangkan alat online baru, yang dapat menghitung risiko jika kamu terkena kanker paru-paru.

Kalkulator praktis, yang telah ditunjukkan oleh pengujian hampir 90 persen akurat, telah dicap sebagai 'ide bagus' oleh badan amal. Hal ini sebagai antisipasi dan juga pengurangan jumlah pengidap kanker paru-paru.

Tes ini juga telah dipuji sebagai tes pertama yang dapat memprediksi risiko kanker paru-paru, pada mereka yang tidak dianggap berisiko tinggi. Termasuk perokok ringan dan yang muda. Seperti apa tes tersebut?

Read Full Article
Enam Makanan Ini Ampuh Cegah Kerusakan Paru-paru
.co.id – Fungsi penting organ paru-paru ialah memasok oksigen ke seluruh tubuh serta membantu tubuh mengeluarkan karbon dioksida. Namun, paru-paru juga termasuk organ yang rentan akan kerusakan. Kebiasaan merokok dan tinggal di tempat penuh polusi, merupakan faktor utama yang menyebabkan kerusakan paru.Penyakit yang paling berbahaya yang bisa merusak paru ialah TBC serta kanker paru yang semakin hari menjadi lebih ganas. Nah, agar Anda tidak terkena beragam masalah pada paru-paru, sebaiknya Anda mulai rutin mengonsumsi makanan-makanan berikut.Jahe. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang dapat membantu mencegah pneumonia, yang artinya mampu membantu melindungi paru-paru dari serangan bakteri dan peradangan.
Delapan Tanda Anda Menderita Kanker Paru-paru
Kanker paru-paru adalah jenis kedua kanker yang paling umum, yang memengaruhi baik pria maupun wanita dari segala usia. Bahkan, hingga 27 persen dari semua kematian akibat kanker di Amerika Serikat disebabkan oleh kanker jenis ini.Saat ini, ada 402.326 orang Amerika yang tercatat menderita kanker paru-paru, dan angka ini diprediksi akan terus mengalami peningkatan.Untuk itu, mengetahui gejala-gejala dari kanker paru-paru sangatlah penting, karena ini merupakan salah satu tindakan pencegahan terbaik terhadap penyakit tersebut. Jika Anda menemukan salah satu dari tanda-tanda ini, segera konsultasikan dengan dokter Anda.
Ini Alasan Merokok di Pagi Hari Jauh Lebih Berbahaya
.co.id – Merokok memang dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan. Menurut penelitian, merokok juga bisa memicu kanker paru-paru dan jantung. Namun, ternyata merokok di pagi hari jauh lebih berbahaya karena bisa meningkatkan risiko terkena kanker.Dalam penelitian yang dipublikasikan oleh The American Cance Society’s Journal, menemukan bahwa orang yang merokok di pagi hari cenderung memiliki risiko terkena kanker lebih tinggi dari orang yang merokok di siang hari.Penelitian tersebut melibatkan 4.775 perokok penderita kanker paru-paru, dan 2.835 perokok tanpa diagnosa kanker paru-paru. Hasilnya menunjukkan, kalau orang yang merokok 31-60 menit setelah bangun tidur adalah 1,31 kali lebih mungkin terkena kanker paru-paru. 
Enam Kebiasaan yang Membahayakan Paru-paru
Paru-paru termasuk organ yang sangat penting bagi manusia, di mana paru-paru memiliki tugas membersihkan kotoran yang masuk, sehingga tidak sampai mengganggu pernapasan.Begitu pentingnya paru-paru sehingga keberadaannya tidak akan pernah bisa digantikan oleh organ tubuh lainnya. Oleh karena itu, sudah selayaknya kita menjaga dan melindungi paru-paru agar senantiasa sehat dan bisa berfungsi dengan baik.Menjaga paru-paru bisa dilakukan dengan banyak cara, misalnya memenuhi kebutuhan vitamin A yang kaya antioksidan dan bagus untuk paru-paru, menghindari kebiasaan yang dapat merusak paru, dan lain sebagainya.  
5 Gejala Kanker Paru-paru yang Jarang Diketahui
 – Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang sangat menakutkan sekali. Bahkan, menurut WHO atau organisasi kesehatan dunia menyatakan terjadi 7,6 juta orang meninggal dunia dikarenakan kanker. Dan, kanker yang paling membunuh yaitu kanker paru-paru.Paru-paru merupakan alat pernapasan yang tentunya memiliki fungsi vital bagi kehidupan kita. Tidak berfungsinya paru-paru tentu akan sangat mengancam jiwa kita. Dan, sayangnya banyak orang yang kurang paham dengan penyakit yang sangat mematikan satu ini.Nah, mengetahui akan bahaya dari penyakit kanker paru-paru, baiknya lebih dahulu kita tahu apa saja gejala dari penyakit mematikan satu ini. Daripada mengira-ngira, ada baiknya simak penjelasan berikut ini.Baca Selengkapnya ...
Hilangkan Tar dan Nikotin dari Paru-paru dengan Cara Alami
 – Paru-paru adalah pertahanan pertama untuk melawan infeksi. Ketika paru-paru bekerja dengan baik, kita tidak akan menyadarinya. Tapi jika paru-paru sedang terserang penyakit dan menghambat pernapasan, kita tiba-tiba menyadarinya.Kita juga tahu, bahwa udara memainkan peran penting dalam kesehatan paru-paru. Tapi ada zat yang paling umum dan berbahaya yang mudah kita temukan dan menyerang paru-paru, yaitu tar dan nikotin. Ini ditemukan jika ada yang merokok atau asap di sekitar kita.Jika paparan terus-menerus, racun-racun ini dapat menumpuk di dalam tubuh dan menghambat kerja paru-paru. Nikotin sendiri adalah racun yang ada pada daun tembakau, dan menyebabkan kenaikan tekanan darah dengan  menyempitkan arteri.
Gejala Ini Sering Diabaikan Pengidap Kanker Paru-paru
Paru-paru adalah organ terpenting dari tubuh manusia. Fungsi utamanya ialah menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh dan mengeluarkan karbondioksida. Dari fungsi vitalnya, organ ini ternyata rentan sekali terkena berbagai masalah kesehatan, salah satunya ialah terkena kanker paru-paru.Kanker paru-paru sendiri bisa dipicu oleh polusi udara sekitar dan kebiasaan buruk merokok. Kanker jenis ini dikenal sebagai kanker yang mudah dicegah, namun banyak penderita kanker ini yang sulit tertolong apabila sudah terjangkit.Banyak orang yang tak sadar dengan dirinya yang telah terjangkit dengan penyakit ini, sehingga banyak penderita kanker paru-paru yang terlambat mendapatkan penanganan yang maksimal. Nah, agar Anda terhindar dari penyakit ini, sebaiknya Anda harus mengetahui gejala yang sering diabaikan oleh penderita kanker paru-paru seperti berikut.
5 Gejala Kanker Paru-paru yang Sering Diabaikan
 – The American Cancer Society memperkirakan bahwa, 30.000 orang meninggal dunia, akibat kanker paru-paru setiap tahunnya. Merokok adalah penyebab paling umum kanker paru-paru. Namun, tidak hanya merokok saja yang bisa memicu kanker ini.Gejala penyakit ini juga nampaknya tidak jelas saat kanker berkembang di dalam tubuh. Inilah sebabnya, mengapa kanker paru-paru menjadi sulit untuk didiagnosis dan sulit diobati. Hanya 18% penderita kanker paru-paru yang bisa bertahan selama lima tahun.Tandanya, perlu kewaspadaan yang tinggi agar kanker paru tidak merenggut nyawa Anda. Menurut sebuah penelitian di jurnal Thorax, 65% penderita penyakit ini memiliki gejala yang paling umum, yaitu batuk. Selain batuk, banyak gejala kanker paru-paru lainnya yang perlu kamu kenali. 
Cara Sembuhkan Paru-paru Basah Pada Anak
Paru-paru basah atau istilah kedokterannya pneumonia ini, adalah infeksi yang memicu peradangan pada kantong-kantong udara di salah satu atau kedua paru paru. Pada pengidap penyakit ini, sekumpulan kantong-kantong udara kecil di ujung saluran pernapasan akan mengalami pembengkakan yang dipenuhi oleh cairan.Paru-paru basah disebabkan oleh infeksi beberapa jenis virus dan bakteri. Bila tidak ditangani segera, infeksi tersebut bisa menyebar dan menyerang organ paru-paru, sehingga menyebabkan tanda dan gejala yang serius bahkan kematian.Penyakit paru-paru basah pada anak, tentu tidak bisa dianggap sepele karena pertumbuhan pada anak bisa saja terganggu. Oleh karena itu, Anda sebagai orangtua harus lebih cepat tanggap dalam mengatasi penyakit paru-paru basah yang terjadi pada anak.
Enam Gejala Awal dari Kanker Paru-paru yang Harus Diwaspadai
 – Banyak di antara kita tidak mengetahui tanda-tanda umum kanker paru-paru, sampai adanya gejala yang mematikan. Sebuah survei yang dilakukan di Amerika, 26 persen orang tidak mengetahui satu pun gejalanya, baik itu pria atau wanita.Secara keseluruhan, mereka mengindikasikan sesak napas sebagai gejala awal kanker paru-paru, dan 39 persen menyebutkan gejalanya adalah batuk. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan, karena kanker paru-paru telah merenggut nyawa 160.000 orang per tahun, di Amerika saja.Lalu bagaimana dengan negara lainnya? Tentu jumlahnya akan lebih besar lagi, mengingat pengetahuan masyarakat akan kanker paru-paru sangat minim.
Kalkulator Online Ungkap Jika Kamu Terkena Kanker Paru-paru
 – Kanker paru-paru adalah penyakit yang membunuh jutaan orang di seluruh dunia setiap tahun. Tetapi para ilmuwan kini telah mengembangkan alat online baru, yang dapat menghitung risiko jika kamu terkena kanker paru-paru.Kalkulator praktis, yang telah ditunjukkan oleh pengujian hampir 90 persen akurat, telah dicap sebagai 'ide bagus' oleh badan amal. Hal ini sebagai antisipasi dan juga pengurangan jumlah pengidap kanker paru-paru.Tes ini juga telah dipuji sebagai tes pertama yang dapat memprediksi risiko kanker paru-paru, pada mereka yang tidak dianggap berisiko tinggi. Termasuk perokok ringan dan yang muda. Seperti apa tes tersebut?
5 Makanan Ini Bisa Hentikan Penyebaran Kanker Paru-paru
 – Di Amerika lebih dari 160.000 orang meninggal dunia, karena penyakit kanker paru-paru setiap tahunnya. Jumlah ini lebih banyak dari jumlah yang meninggal akibat kanker payudara, usus besar, dan kanker prostat.Kanker paru-paru memang sangat mudah menyerang seseorang, terutama orang yang memiliki kebiasaan merokok, hidup di lingkungan udara kotor serta asupan makanan yang kurang bernutrisi. Kanker paru-paru bisa dicegah, asal kita tahu cara tepat untuk mengatasinya.Dilansir dari laman thealternativedaily.com, berikut ini terdapat beberapa makanan yang bisa hentikan penyebaran kanker paru-paru. Kira-kira, apa saja? 
Kurangi Risiko Kanker Paru-paru Hingga 50 Persen dengan Ini
Merokok merupakan penyebab utama untuk kanker paru-paru. Bahkan, perokok pasif pun bisa terkena penyakit ini. Banyak studi ilmiah yang menunjukkan bahwa bawang putih sangat efektif dalam memerangi kanker paru-paru.Pengobatan dan ilmuwan China membuktikan, konsumsi bawang putih mentah dapat menurunkan risiko kanker paru-paru hingga 50 persen. Penelitian ini melibatkan 4500 peserta sehat dan 1500 penderita kanker, dengan menanyakan seberapa sering mereka mengonsumsi bawang putih.Bawang putih mengandung senyawa yang sangat kuat untuk melawan kanker paru-paru. Tetapi, selain bawang putih, ada beberapa makanan lain yang juga efektif dalam memerangi kanker paru-paru, apa saja?
Enam Benda Sederhana yang Dapat Rusak Paru-paru Anda
Paru-paru adalah salah satu organ tubuh yang memiliki peran sangat penting. Untuk bernapas, kita pun menggunakan paru-paru. Kalau paru-paru terserang penyakit, tentu pernapasan kita akan terganggu. Tahukah Anda, apa saja yang bisa membuat paru-paru kita menjadi terganggu atau terserang penyakit?Ya, pada umumnya adalah karena pola hidup yang tidak sehat, makan sembarangan dan tidak teratur, dan lain sebagainya. Pola hidup yang tidak sehat tersebut secara perlahan dapat membuat kesehatan paru-paru menjadi menurun.Ada beberapa hal yang membuat kesehatan paru-pru kita menurun. Dan hal ini merupakan hal sederhana yang sering kita sepelekan. Berikut enam hal sederhana yang dapat merusak paru-paru Anda.
Waspada, Ini 7 Tanda Paru-paru Anda Bermasalah
Paru-paru dalam tubuh merupakan alat respirasi pernapasan manusia. Sehingga, lancarnya proses keluar dan masuknya oksigen maupun karbondioksida, sangat ditentukan pada organ satu ini. Selain itu, organ paru-paru juga berfungsi untuk penetral pH darah, dan semuanya itu sangatlah berpengaruh pada keseimbangan kinerja semua organ tubuh kita. Karena itulah, bila paru-paru ini kondisinya tidak sehat atau bermasalah, dampak yang ditimbulkan pun juga cukup berbahaya bagi tubuh manusia.Dengan begitu, menjaga kesehatan organ paru-paru ini memang harus kita perhatikan. Layaknya dengan berolahraga secara rutin, atau dengan menerapkan gaya hidup sehat dalam aktivitas sehari-hari. Tetapi, jika paru-paru pada tubuh telah mengalami masalah, maka kita bisa memperhatikan akan tanda-tanda yang muncul pada tubuh.Nah, dengan mencermati berbagai tanda yang muncul, maka tubuh bisa segera mendapat penanganan secara medis. Sehingga, tidak sampai menjalar pada permasalahan tubuh yang lebih serius. Berikut tujuh pertanda bahwa organ paru-paru dalam tubuh sedang mengalami masalah:
Enam Tips Murah Jaga Kesehatan Paru-paru
Dalam pelajaran IPA Biologi di kelas IX SMP Mts, paru-paru adalah salah satu organ tubuh manusia yang berfungsi sebagai alat ekskresi. Dalam paru-paru terjadi pertukaran gas oksigen dengan karbondioksida. Gas karbondioksida dan uap air menjadi hasil proses metabolisme dalam tubuh.Kelak gas dan uap air ini akan diekskresikan ke luar tubuh melalui pernapasan. Agar fungsi ekskresi berjalan lancar maka paru-paru harus memiliki kinerja yang baik. Untuk mencapai tujuan ini, maka paru-paru harus dalam kondisi selalu sehat.Kesehatan paru-paru saat ini sering dikaitkan dengan gaya hidup seseorang. Kebiasaan merokok, mengonsumsi minuman keras, dan sering keluar malam, adalah beberapa gaya hidup yang berkaitan langsung dengan kesehatan paru-paru. Tiga kebiasaan tersebut kerap diklaim sebagai penyebab terganggunya kesehatan organ paru-paru.
Waspada, 8 Gejala Kesehatan Paru-paru Semakin Lemah
Seperti halnya organ tubuh lain, paru-paru merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh yang senantiasa harus selalu dijaga kesehatannya. Di dalam tubuh kita, paru-paru berfungsi sebagai suatu alat yang memasok dan menyalurkan oksigen ke sel-sel darah, serta membantu dalam proses pernapasan.Oleh karena itu, kita harus memastikan bahwa kesehatan paru-paru selalu dalam kondisi terbaik agar tidak terjadi kekacauan pada sistem kerja dalam tubuh. Upaya sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru, antara lain menjalani pola hidup sehat, menjauhi bahan apapun yang berbahaya masuk ke dalam tubuh rokok, minuman keras, makanan berpengawet , dan lain-lain. Lantas, bagaimana kita mengetahui bahwa kondisi paru-paru kita sedang dalam kondisi yang tidak tidak baik? Gejala awalnya mungkin akan terlihat seperti masalah biasa. Namun jika tidak segera ditangani, hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius, seperti kanker paru-paru bahkan kematian mendadak.
Ternyata, Ini Penyebab Utama Kanker Paru
Seperti yang Anda ketahui, bahwa penyakit kanker merupakan penyakit yang sangat mematikan. Dari banyaknya jenis kanker, penyakit kanker paru-paru merupakan yang paling mematikan dan satu-satunya jenis kanker yang bisa dicegah.Mengapa demikian? Penyakit kanker paru bisa dikatakan sebagai jenis kanker yang bisa dicegah, karena umumnya penyakit ini akan timbul akibat pola dan gaya hidup yang tidak baik.Itu artinya, seseorang akan terhindar dari kanker paru jika menghindari berbagai hal yang dapat memicu pertumbuhan kanker. Salah satu penyebab utama kanker paru adalah asap rokok.
Enam Makanan Pembersih Paru-paru
Makanan yang kita makan sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita. Terdapat berbagai makanan yang dapat meningkatkan kesehatan otak, kesehatan jantung, kesehatan hati, kesehatan paru-paru dan lain-lain.Paru-paru merupakan salah satu organ penting yang berfungsi untuk menyaring oksigen yang masuk kedalam tubuh. Oleh sebab itu, kita harus senantiasa menjaga kesehatan paru-paru kita agar tetap sehat. Kebiasaan merokok, pencemaran lingkungan, pola makan yang buruk, dan gaya hidup yang tidak sehat ini dapat berkontribusi terhadap kerusakan organ paru-paru kita.Kesehatan paru-paru dapat kita jaga dengan beberapa makanan tertentu. Jenis makanan ini selain dapat untuk meningkatkan kesehatan paru juga baik untuk dikonsumsi bagi seseorang yang melakukan program diet. Berikut ini beberapa makanan yang dapat meningkatkan kesehatan paru-paru.
Awas, Kebiasaan yang Sering Anda Lakukan Ini Sebabkan Kanker
 – Kanker memiliki dampak besar di seluruh dunia. Menurut data statistik, kanker yang paling umum diderita di 2016 di antaranya kanker payudara, kanker paru-paru, kanker prostat, kanker usus besar, kanker kandung kemih, kanker kulit, kanker ginjal, kanker endometrium, dan kanker pankreas.Jumlah orang yang didiagnosis menderita kanker mencapai hampir 14,5 juta pada 2014, dan diperkirakan akan meningkat sekitar 19 juta pada 2024. Kanker merupakan penyakit yang menyebabkan banyak kematian di seluruh dunia, dan jumlah kasus kanker akan meningkat menjadi 22 juta dalam dua dekade ke depan.Kanker adalah penyebab utama kematian kedua di dunia dan bertanggung jawab atas 8,8 juta kematian di 2015. Sekitar sepertiga kematian disebabkan karena perilaku dan diet tertentu, termasuk indeks massa tubuh yang tinggi, rendahnya asupan buah dan sayuran, kurang aktivitas fisik, merokok, dan konsumsi alkohol berlebih. Berikut beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan kanker.
Ciplukan, Tanaman Liar yang Bisa Obati Paru-paru Basah
 – Paru-paru basah merupakan jenis penyakit yang bisa tergolong ringan ataupun dapat menjadi serius yang dapat membahayakan nyawa penderitanya. Paru-paru basah adalah penyakit akibat dari infeksi yang memicu inflamasi pada kantong-kantong udara pada alveolus di salah satu bagian paru-paru, dan bahkan bisa sampai keduanya.Penyakit paru-paru basah ini dapat disebabkan oleh serangan virus, infeksi jamur, atau bakteri terhadap sistem pernapasan. Meski begitu, penyakit paru-paru basah ini dapat dicegah dari sekarang dengan menerapkan pola hidup sehat. Atau dengan upaya mencegah penularan dengan menjaga kebersihan, berhenti merokok, dan mengurangi konsumsi alkohol.Maka dari itu, bagi Anda yang saat ini tengah mengalami gangguan penyakit paru-paru basah, kami sarankan untuk segera melakukan pengobatan dengan cara alami terlebih dahulu. Karena cara alami telah dipercaya sejak dahulu aman dimanfaatkan untuk pengobatan.
Ini Dia Makanan Penyebab Kanker Terbesar
 – Kanker memiliki dampak besar di seluruh dunia. Menurut data statistik, kanker yang paling umum diderita di 2016 di antaranya kanker payudara, kanker paru-paru, kanker prostat, kanker usus besar, kanker kandung kemih, kanker kulit, kanker ginjal, kanker endometrium, dan kanker pankreas.Jumlah orang yang didiagnosis menderita kanker mencapai hampir 14,5 juta pada 2014, dan diperkirakan akan meningkat sekitar 19 juta pada 2024. Kanker merupakan penyakit yang menyebabkan banyak kematian di seluruh dunia, dan jumlah kasus kanker akan meningkat menjadi 22 juta dalam dua dekade ke depan.Kanker adalah penyebab utama kematian kedua di dunia dan bertanggung jawab atas 8,8 juta kematian di 2015. Sekitar sepertiga kematian disebabkan karena perilaku dan diet tertentu, termasuk indeks massa tubuh yang tinggi, rendahnya asupan buah dan sayuran, kurang aktivitas fisik, merokok, dan konsumsi alkohol berlebih.
Tiga Sayuran Terbaik Penangkal Kanker Paru-Paru
 – Munculnya penyakit kanker paru-paru memang kerap menghantui sebagian orang. Terlebih lagi bagi seseorang yang melakukan kebiasaan merokok, seringkali terserang polusi layaknya menghirup gas radon yang cukup berbahaya bagi kesehatan paru-paru.Yang mana hal tersebut akan menjadikan organ penting ini mengalami gangguan, hingga sampai menimbulkan penyakit serius termasuk kanker paru-paru. Selain menerapkan gaya hidup sehat untuk menghindari munculnya penyakit yang mematikan, ada beberapa sayuran yang berkhasiat untuk menangkal penyakit kanker paru-paru dalam tubuh.Dengan begitu Anda pun bisa mengolahnya, baik untuk dijadikan menu hidangan setiap hari, maupun diolah menjadi ramuan herbal untuk menangkal dan mengatasi penyakit kanker paru-paru secara alami. Seperti dilansir pada laman boldsky.com, inilah 3 jenis sayuran terbaik yang mampu menangkal kanker paru-paru.