Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Awas, 4 Kebiasan Ini Bisa Merusak Otak Anda

 – Otak adalah bagian penting dalam tubuh untuk memberi perintah ke semua organ lain dalam tubuh. Namun, beberapa kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari ternyata dapat merusak otak Anda. Nah, dilansir dari laman Boldsky, berikut kebiasan-kebiasaan tersebut.

1. Melewatkan Sarapan

Jika Anda memiliki kebiasaan sering melewatkan sarapan, segera ubah segera kebiasaan tersebut. Kebiasaan melewatkan sarapan ini bisa menyebabkan otak Anda kekurangan glukosa dan mudah menyebabkan kelelahan sepanjang hari.

2. Stres

Jika Anda sering mengalami stres, tubuh Anda tidak akan melepaskan hormon kortisol, yang akan merusak otak. Untuk memperbaiki masalah, Anda harus bermeditasi atau melakukan yoga untuk mengurangi stres serta melindungi kesehatan otak lebih baik.

Read Full Article
Enam Cara Mudah Bikin Otak Tetap Sehat dan Fokus
Pastinya kinerja otak akan semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Walaupun kondisi tersebut dapat dikatakan normal, namun ada cara yang dapat Anda terapkan untuk membuat kesehatan otak Anda tetap terjaga, sekaligus dapat meningkatkan kinerja dan juga fokus dari fungsi otak.Jalan. Berjalan kaki ternyata dapat memengaruhi kesehatan otak. Saat sedang berjalan, otak dalam keadaan neuroplastic atau siap untuk menerima dan menyerap informasi. Jalan kaki juga dapat menurunkan risiko pikun saat menginjak usia senja.Jangan sering googling. Googling atau mencari informasi melalui media mesin pencari (Google), memang sangat memudahkan kinerja dari otak. Dengan begitu otak menjadi malas untuk bekerja dan sulit mengingat, karena informasi mudah diperoleh. Mencari informasi melalui buku akan lebih baik untuk otak, karena otak akan bekerja lebih keras dalam menyimpan informasi.
Ketahui 8 Cara Tingkatkan Kemampuan Otak
VIVA.co.id - Otak merupakan organ tubuh paling penting untuk manusia yang berperan seperti prosesor pada komputer. Semua aktivitas tubuh diatur dan diproses secara cepat dan baik oleh otak. Oleh karena itu, dalam bidang kedokteran sudah banyak para peneliti yang selalu aktif dan tertarik dalam penelitian tentang keajaiban dan betapa tingginya kemampuan otak manusia.Penelitian mengenai otak tidak akan ada selesainya, karena selalu ada saja kajian terbaru yang memusatkan perhatian tentang cara kerja otak dan bagaimana cara agar otak semakin naik kemampuan ataupun kekuatannya. Bahkan jika dibandingkan dengan berbagai makhluk di dunia, otak ternyata memiliki ciri dan sifat khas tersendiri.Bersyukurlah kita sudah dianugerahi otak yang tak terhingga nilainya oleh Tuhan. Kita sebagai manusia sebaiknya untuk selalu menjaga dan memanfaatkannya untuk melakukan aktivitas positif sehari-hari. Ingat, jika otak kita selalu berpikir dan bertindak untuk hal baik, maka efeknya juga akan baik pada diri kita baik jiwa dan raga.
Tingkatkan Kemampuan Otak dengan Delapan Buah Ini
 – Memang tak bisa dipungkiri lagi bahwa kemampuan otak juga tak selamanya sehat. Namun hal tersebut bisa terjadi jika kesehatan otak tidak dijaga dengan sebaik mungkin. Sehingga organ vital yang satu ini kerap mengalami gangguan, dan menyebabkan kecepatan berpikir menjadi lambat pula.Beberapa penyakit yang menyerang otak pun juga cukup beragam. Bahkan tidak sedikit seseorang yang mengalami penyakit membahayakan seperti kanker otak, rusaknya fungsi saraf pada otak, dimensia, dan lainnya.Namun Anda jangan khawatir, karena ada buah-buahan segar dan enak untuk meningkatkan kemampuan organ yang sangat penting ini. Selain itu, beberapa penyebab otak pada tubuh yang lemah bisa diatasi secara alami. Berikut 8 jenis buah-buahan yang mampu mengasah dan meningkatkan kemampuan otak.
Awas, 4 Kebiasan Ini Bisa Merusak Otak Anda
 – Otak adalah bagian penting dalam tubuh untuk memberi perintah ke semua organ lain dalam tubuh. Namun, beberapa kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari ternyata dapat merusak otak Anda. Nah, dilansir dari laman Boldsky, berikut kebiasan-kebiasaan tersebut.1. Melewatkan SarapanJika Anda memiliki kebiasaan sering melewatkan sarapan, segera ubah segera kebiasaan tersebut. Kebiasaan melewatkan sarapan ini bisa menyebabkan otak Anda kekurangan glukosa dan mudah menyebabkan kelelahan sepanjang hari.2. StresJika Anda sering mengalami stres, tubuh Anda tidak akan melepaskan hormon kortisol, yang akan merusak otak. Untuk memperbaiki masalah, Anda harus bermeditasi atau melakukan yoga untuk mengurangi stres serta melindungi kesehatan otak lebih baik.
Tempe, Makanan Tradisional yang Bikin Otak Cerdas
Otak merupakan salah satu organ vital manusia, untuk mengatur dan merekam seluruh aktivitas yang diterima melalui kelima panca indra kita. Kemampuan otak dalam merekam dan mengatur seluruh aktivitas setiap orang berbeda-beda, dan kemampuan ini sering disebut dengan istilah cerdas.Kecerdasan otak tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penyedia makanan. Makanan yang bergizi tentunya dapat memberikan nutrisi cukup untuk keperluan tubuh dan otak. Zat gizi yang berperan untuk kecerdasan otak adalah karbohidrat, lemak, protein, zink, zat besi, dan vitamin B.Tempe menjadi salah satu jenis makanan tradisional yang dapat meningkatkan potensi kecerdasan otak. Karbohidrat yang terkandung dalam tempe relatif kecil. Akan tetapi, kendungan tersebut masih lebih tinggi jika dibandingkan dengan bahan makanan protein lainnya seperti yang terkandung dalam daging ayam. Tak percaya?
7 Kiat Tingkatkan Daya Ingat dan Kinerja Otak
Otak merupakan salah satu organ dari bagian kepala yang paling penting, karena otak memiliki fungsi untuk pengendalian yang menentukan kesehatan. Seiring dengan bertambahnya usia, ada banyak hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga daya ingat otak agar tetap optimal.Karena makin usia bertambah, Banyak sekali pengaruhnya terhadap kinerja organ tubuh, salah satunya daya ingat yang melemah. Nah, sementara dalam menjaga daya ingat otak agar selalu bekerja dengan maksimal, maka bisa menerapkan beberapa hal dalam kehidupan sehari-hari.Dengan begitu, kinerja dan daya ingat otak akan bisa terjaga, meskipun usia semakin bertambah. Berikut beberapa kiat dalam menjaga otak, agar memiliki daya ingat atau kinerja yang maksimal.
4 Hobi yang Justru Bikin Otak Jadi Tumpul
.co.id – Hobi adalah aktivitas yang selalu Anda lakukan, karena Anda merasa senang dan nyaman pada saat melakukannya. Walaupun menyenangkan, Anda tidak boleh terlalu nyaman dengan hobi Anda.Apalagi, jika ternyata hobi yang Anda miliki dapat membuat otak Anda menjadi tumpul. Tak semua hobi itu bagus untuk otak dan pikiran, beberapa hobi justru memiliki dampak buruk bagi otak. Daya ingat dan daya berpikir Anda akan melemah, jika terlalu sering melakukan hobi tersebut. Lantas, hobi seperti apa itu?Dan berikut ini terdapat empat hobi yang dianggap dapat menumpulkan otak Anda, sehingga kemampuan berpikir otak pun bisa menjadi sangat minim. 
Enam Tips Mudah Buat Otak Anak Tetap Bugar
Menjaga agar otak tetap sehat sudah sering dibahas di dunia nyata maupun maya. Cara yang lazim dilakukan untuk memelihara kesehatan organ otak adalah, dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Selain itu, juga melakukan olahraga yang teratur.Otak merupakan organ penting dalam aktivitas sehari-hari yang perlu mendapat perawatan istimewa. Masalah yang sering dialami oleh organ otak adalah terganggunya sel otak, depresi, stres sehingga fungsinya menurun.Anak, terutama usia sekolah melakukan aktivitas belajar yang rutin. Ini membutuhkan kebugaran yang luar biasa agar otak mereka tidak mengalami gangguan, seperti stres. Otak yang segar bugar akan menunjang prestasi belajar anak di sekolah.
Awas, Tujuh Makanan Ini Dapat Merusak Gigi
Mengonsumsi makanan dan minuman memainkan peran penting pada kesehatan gigi Anda serta kesehatan lainnya secara keseluruhan. Saat mengonsumsi makanan yang tidak sehat, bukan saja akan merugikan kesehatan tubuh, tetapi juga akan membuat gigi dan gusi Anda menyerap bakteri yang dapat menimbulkan plak dan noda pada gigi Anda.Penumpukan plak akan dapat menutupi seluruh permukaan gigi. Enamel gigi Anda akan bertambah buruk ketika tercampur krim atau gula pada plak sehingga dapat menimbulkan asam. Selain kemungkinannya dapat merusak gigi dan gusi serta struktur lainnya pada gigi.Nah, untuk mendapatkan gigi yang sehat, hal terbaik yang perlu Anda lakukan adalah dengan menghindari makanan berbahaya yang dapat merusak struktur gigi Anda. Berikut tujuh makanan yang dapat merusak kesehatan gigi Anda.
Terungkap, 8 Fakta Menakjubkan Tentang Otak Manusia
Otak manusia adalah sesuatu hal yang misterius. Faktanya, kita masih belum tahu banyak tentang bagaimana cara kerja pikiran otak manusia itu sendiri. Dari dulu sampai sekarang, penelitian tentang cara kerja otak manusia masih menjadi topik utama bagi banyak ilmuwan dunia.Mereka berharap bisa menemukan jawaban, Kenapa manusia melakukan sesuatu hal yang ingin mereka lakukan? . Seluruh bagian dalam tubuh kita juga dikendalikan oleh otak. Ibarat sebuah perangkat komputer, otak manusia adalah bagian CPU-nya.Sedikit saja terjadi masalah atau kerusakan pada otak, maka bagian tubuh lainnya akan ikut terkena dampaknya. Dan berikut ini terdapat beberapa fakta menarik, yang berkaitan dengan misteri otak manusia.
8 Tanda Kanker Otak yang Perlu Anda Ketahui
.co.id – Kanker masih menjadi penyakit yang mematikan, apalagi belum adanya obat ang efektif menangani penyakit yang satu ini. Kanker bisa terbentuk di seluruh bagian tubuh kita, termasuk di dalam otak.Sel kanker dalam bentuk tumor yang terbentuk di jaringan otak, merupakan penyebab kanker otak yang akan menghambat fungsi otak. Mereka mungkin terbentuk langsung di jaringan otak, atau bisa menyebar dari bagian tubuh lain ke otak.Mengetahui gejala kanker otak dengan mendeteksinya secara dini, akan memudahkan dalam perawatan. Mari kita lihat tanda-tanda kanker otak yang harus kita ketahui, untuk menangani penyakit ini secara efektif.
Enam Hal Tak Terduga yang Dapat Merugikan Kesehatan Otak
.co.id – Sama seperti halnya organ tubuh kita yang lain, otak juga bisa mengalami beberapa masalah terkait kesehatan yang dapat menurunkan kinerja otak itu sendiri. Ada sejumlah kebiasaan yang tidak banyak disadari orang, ternyata dapat menyebabkan banyak masalah dan kerusakan pada otak selama periode waktu tertentu.Aktivitas-aktivitas yang kita lakukan dapat memengaruhi tubuh dengan cara-cara tertentu. Terkadang, aktivitas tersebut bisa mengganggu fungsi normal otak dan bahkan sampai merusak strukturnya secara permanen.Meskipun dampaknya tidak secara langsung, kebiasaan-kebiasaan berikut jika sering Anda lakukan setiap hari, maka secara tidak terduga akan memengaruhi kesehatan otak.
10 Macam Faktor Risiko Tumor Otak
Apa itu tumor otak? Tumor otak adalah suatu pertumbuhan sel abnormal di dalam jaringan otak atau dari jaringan sekitar otak. Biasanya tumor otak berupa benjolan yang tak lazim.Angka kejadiannya sendiri bisa mencapai 21 kasus per 100 ribu penduduk. Hal ini berdasarkan survey yang dilakukan oleh badan terkait yang ada di Amerika Serikat. Penyebab dari penyakit tumor otak, rupanya belum diketahui secara pasti.Meskipun begitu, bisa dilihat dan kemungkinan besar ada beberapa faktor risiko yang sebaiknya dicurigai. Namun bisa diketahui dari faktor risikonya, seperti yang ada pada berikut ini. Apa saja?
Faktor-faktor ini yang Sebabkan IQ Kamu Menurun Drastis
 – Otak merupakan organ vital yang sangat penting keberadaannya dalam tubuh manusia. Otak menjadi pusat komando ketika seseorang berpikir dan mengambil keputusan. Pada manusia otak dibagi menjadi dua bagian, otak kiri dan otak kanan.Kedua bagian tersebut tentunya memiliki peranan yang berbeda satu dengan yang lainnya. Dalam meningkatkan kualitas dan kecerdasan otak, biasanya seseorang akan melakukan berbagai aktivitas yang dapat menunjang perkembangan otak, seperti membaca buku hingga mengkonsumsi beragam makanan yang tentunya dapat menyehatkan serta meningkatkan kemampuan daya ingat otak tersebut.Namun, ada juga beberapa kebiasaan atau perilaku yang tanpa kita sadari selalu kita lakukan hampir setiap hari,yakni kebiasaan-kebiasaan ini yang menyebabkan melunturnya kedahsyatan otak seseorang.
5 Minuman Sehat yang Ampuh Relaksasikan Diri
 – Setiap orang pasti memerlukan waktu sedikitnya dalam hitungan jam per hari untuk istirahat. Meskipun dibilang sebentar, namun mengistirahatkan tubuh ini memiliki banyak khasiat bagi otak. Sebagai contoh, saat kita sering bekerja dengan mengandalkan daya pikir otak untuk setiap harinya.Hal yang sangat mungkin terjadi tubuh akan terasa sangat lelah dan stres. Lebih dari 50% asupan energi dalam tubuh kita sangat berguna bagi otak. Karena saat otak bekerja keras, beberapa nutrisi dan vitamin yang sudah tersortir akan ditransfusikan ke otak dapat membantu otak bekerja.Dari situlah sarapan pagi menjadi alasan penting untuk kita yang ingin memiliki daya tahan otak yang baik. Selain itu, relaksasi diri pun juga perlu dilakukan untuk memberi waktu pada otak yang harus diistirahatkan. Namun, relaksasi tidak hanya dilakukan dengan istirahat dan santai saja. Lantas, adakah cara lainnya?
Sepuluh Makanan Pendongkrak Kekuatan Otak
Otak merupakan organ paling utama dan penting yang ada dalam tubuh manusia. Tetapi otak juga sangat sulit dimengerti bagaimana cara kerjanya jika dibandingkan dengan organ tubuh lainnya.Otak mempunyai peran vital dalam mengontrol dan mengendalikan semua fungsi bagian tubuh manusia. Otak adalah organ yang memiliki kompleksitas tinggi, oleh sebab itu, gaya hidup seseorang mampu memberikan efek tersendiri pada kemampuan otak.Peran makanan menjadi faktor penentu yang membantu memaksimalkan fungsi otak, agar lebih baik dan mengantisipasi datangnya penyakit yang menyerang otak. Namun di balik itu, banyak orang yang belum mengetahui dan memahami makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi.
Penelitian, Otak Anda Bisa Menjadi Cerdas dengan 7 Makanan ini
Penelitian, Otak Anda Bisa Menjadi Cerdas dengan 7 Makanan ini, Buktikan Yuk ! Sahabat setia pembaca blog bacatips.com di mana saja di seluruh dunia. Mempunyai otak yang cerdas yang bisa memikirkan dengan cara cepat serta pas adalah harapan tiap-tiap orang. Jika otak kita bisa lakukan hal itu, jadi pekerjaan serta tantangan yang kita hadapi sehari-hari bisa selesai dengan cepat juga. Agar bisa lakukan itu seluruhnya, otak kita juga memerlukan makanan atau nutrisi yang di butuhkannya. Lantas, makanan apa sajakah yang bisa menolong mencerdaskan otak anda ? Sesungguhnya sangat banyak type makanan yang gampang kita peroleh untuk memberikan nutrisi otak kita. Namun banyak orang yang tahu perihal beragam makanan yang sesungguhnya bisa penuhi nutrisi otak kita. Oleh oleh karena itu, panduan kesehatan kesempatan ini bakal mengetengahkan suatu artikel perihal 7 makanan yang bisa mencerdaskan otak anda.
Lima Misteri yang Menyelimuti Otak Manusia
 – Selama berabad-abad, otak menjadi misteri bagi manusia. Namun satu abad terakhir ini, peneliti mulai melakukan penelitian mengenai otak, seperti bagaimana komposisi hingga perubahan yang terjadi.Karena otak adalah pengatur dalam tubuh. Beragam teknologi canggih kini mampu menggali seperti apakah otak itu. Bagaimana ia bisa bekerja setiap harinya tanpa henti. Namun begitu, otak tetap sebuah organ yang yang membutuhkan banyak waktu untuk menelitinya.Berikut 5 misteri dalam otak yang belum terpecahkan oleh ilmuwan di dunia.
Pengertian Otak Sumber: blog.act.id Otak adalah satu diantara organ yang berperan sebagai pusat system saraf pada manusia serta beberapa makhluk hidup yang lain. Artinya otak adalah pusat pengedalian semua tubuh kita, otak mengatur beberapa koordinasi gerakan, tingkah laku, keseimbangan di dalam
Pengertian Otak Sumber: blog.act.id Otak adalah satu diantara organ yang berperan sebagai pusat system saraf pada manusia serta beberapa makhluk hidup yang lain. Artinya otak adalah pusat pengedalian semua tubuh kita, otak mengatur beberapa koordinasi gerakan, tingkah laku, keseimbangan di dalam tubuh, serta beragam fungsi yang lain. Otak manusia memiki volume kurang lebih 1350 cc serta terdiri dari kurang lebih 100 juta sel saraf, beratnya kurang lebih 2,5 % dari berat tubuh. Otak terdapat di rongga tengkorak kepala serta dilindungi oleh selaput yang disebut dengan selaput meninges.
7 Simtom Mengejutkan Tumor Otak yang Tak Boleh Dihiraukan
Ada banyak jenis penyakit yang bisa menyerang manusia, beberapa di antaranya bahkan bisa berakibat fatal. Salah satu penyakit fatal tersebut adalah tumor kanker otak, yang akan kita bahas lebih lanjut pada artikel kali ini.Tumor otak adalah suatu kondisi di mana ada pertumbuhan yang tidak normal dan multiplikasi sel dalam otak. Sel-sel ini dapat berupa kanker ataupun non-kanker yang bersifat alami. Ada dua jenis kelainan sel yang dapat menyebabkan tumor otak.Yang pertama adalah jenis tumor yang berasal dari otak itu sendiri. Sedangkan yang kedua adalah jenis tumor yang terjadi ketika pertumbuhan kanker dari bagian tubuh tertentu telah mencapai dan menyerang ke otak.
Lakukan 6 Hal Ini untuk Hindari Penuaan Otak
Otak merupakan organ terpenting dalam tubuh manusia, sehingga diperlukan usaha ekstra untuk menjaganya. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa kemampuan berfikir akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini, yang kemudian menyebabkan orang takut mengalami penuaan, karena tidak mau kemampuan kognitifnya menurun.Sebenarnya, Anda tidak perlu terlalu khawatir terhadap ancaman penuaan otak ini. Sebab, kemampuan otak bisa terus terjaga, meskipun usia terus bertambah. Banyak riset yang dilakukan oleh para ilmuwan, agar otak tidak mengalami penuaan dan tetap dalam kondisi baik di masa depan. Berikut ini adalah enam hal yang dapat dilakukan untuk menghindari penuaan pada otak.1. Otak cukup istirahat Sama halnya seperti tubuh manusia, otak ternyata juga membutuhkan istirahat. Tidur menjadi salah satu hal bisa dilakukan, agar otak tetap dalam keadaan awet muda. Terlebih lagi, tidur yang berkualitas akan membuat otak bekerja dengan lebih baik. Selain itu, tidur juga bermanfaat untuk memperbaiki mood, menjernihkan pikiran, serta memperbaiki tubuh. Baca selengkpnya..
Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Kanker Otak
Kanker otak diartikan sebagai kanker yang dimulai di otak. Sementara kanker yang dimulai dari bagian tubuh lain dan kemudian bergerak ke otak disebut tumor otak metastatik. Kanker otak dapat mengubah perilaku seseorang dan juga sangat mematikan. Tetapi untungnya, tidak banyak orang yang menderita penyakit ini.Menurut American Cancer Society, peluang tumor ganas ini berkembang di otak atau sumsum tulang belakang sangat kecil, hanya sekitar 1 persen atau setara 1:140 laki-laki atau 1:180 untuk terkena penyakit ini.Kanker otak disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal pada jaringan otak astrocytomas anaplastik dan glioblastomas, yang membuat sekitar sepertiga dari tumor otak pada orang dewasa. Astrocytomas merupakan jenis yang paling umum dari tumor otak pada anak-anak.
Empat Makanan Ini Ampuh Cegah Kerusakan Otak
 – Otak merupakan bagian penting bagi tubuh, jutaan sel saraf dan neuron yang berperan penting mengendalikan seluruh organ tubuh ini bisa mengalami kerusakan akibat kebiasaan sehari-hari.Misalnya akibat paparan asap rokok, polusi udara, dan beragam makanan tak sehat yang sering Anda konsumsi juga bisa merusak otak. Menjaga kesehatan otak memang perlu dilakukan, bahkan harus diutamakan karena perannya yang sangat vital.Nah untuk itu, mari cegah kerusakan otak dengan asupan makanan sehat. Dilansir dari laman Timeofindia.com, Berikut beberapa makanan yang berguna sekali untuk menjaga kesehatan otak Anda.