Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Ternyata, Makanan Populer Ini Penyebab Diabetes, Jantung dan Stroke

 – Sebenarnya, banyak yang sudah menyadari bahwa ramen instan dan mi instan itu tidak sehat. Tetapi, tetap saja masih ada individu yang tidak mengetahui bahwa makanan satu ini dapat membahayakan kesehatan kita. Harganya yang murah, penyajiannya yang praktis, dan lezat, membuat sebagian besar anak kuliahan gemar mengonsumsi mi instan.

Tahukah Anda, mengonsumsi ramen instan dan mi instan setiap hari dapat menyebabkan serangan jantung? Ya, keduanya tidak hanya merusak kesehatan dan menuntun Anda menuju kematian, tetapi juga menyebabkan beberapa penyakit yang dapat mengambil alih kehidupan Anda setiap hari.

Ramen instan dan mi instan juga merupakan salah satu alasan terbesar mengapa begitu banyak orang mengalami obesitas saat ini. Lantas, mengapa ramen instan dan mi instan dapat menyebabkan penyakit jantung?

Read Full Article
10 Hal Ini Jadi Pertanda Anda Terserang Stroke
.co.id – Stroke merupakan penyakit yang terjadi akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah di otak. JIka pembuluh darah di otak mengalami penyumbatan dan pecah, tentu bisa berakibat fatal. Tahukah Anda, jika stroke adalah penyebab kedua kecacatan di dunia?Jumlah penderita stroke memang meningkat setiap tahunnya, terutama di negara berkembang. Stroke dapat memengaruhi organ indra, ucapan, perilaku, pikiran, memori, dan emosi. Salah satu sisi tubuh, mungkin bisa menjadi lumpuh atau lemah akibat serangan stroke ini. Mengingat hal itu, maka kita harus lebih waspada lagi pada gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini. Berikut ini terdapat beberapa tanda, jika Anda terserang penyakit stroke. Apa saja tandanya?
Cara Ketahui Anda Menderita Stroke atau Tidak
 – Ketika darah tidak sampai ke otak dengan cara yang benar, maka terjadilah stroke. Hampir 785.000 orang meninggal setiap tahun di Amerika Serikat karena stroke, yang menjadikan penyakit ini penyebab kematian ketiga di negara tersebut.Ketika serangan jantung terjadi, stroke biasanya disebabkan oleh obstruksi arteri, yang tidak memungkinkan darah untuk mencapai otak dalam bentuk yang tepat. Sumbatan ini mungkin karena gumpalan darah atau deposit lemak.Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara mendeteksi stroke dengan langkah-langkah sederhana untuk menghadapi serangannya yang mendadak dan menyelamatkan hidup Anda. Berikut beberapa gejala utama stroke yang dapat mengingatkan dan membantu Anda mendeteksinya.
13 Gejala Awal Penyakit Stroke yang Tak Boleh Dihiraukan
 – Stroke adalah kondisi medis di mana gumpalan darah secara tidak normal masuk ke dalam pembuluh darah di otak, sehingga memotong suplai oksigen penting ke satu atau lebih bagiannya. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan otak, kelumpuhan, dan bahkan tidak jarang kematian mendadak.Pada dasarnya, semua orang baik usia tua maupun muda berisiko terkena stroke. Dalam beberapa kasus, anak-anak juga bisa mengalamai stroke, namun penyebabnya berbeda dengan orang dewasa. Anak-anak lebih disebabkan karena kelainan bawaan, sedangkan orang dewasa karena faktor masalah gaya hidup seperti hipertensi dan penyakit metabolisme yang tidak ditangani dengan baik.Mengetahui gejala awal stroke sangatlah penting, karena hal tersebut dapat meminimalisir resiko yang lebih fatal jika terlalu lama mendapat pertolongan yang tepat. Karena itu, stroke bisa dikatakan sebagai keadaan darurat medis yang serius dan memerlukan perhatian segera. Jadi, berikut ini ada 13 tanda gejala awal atau peringatan dini penyakit stroke yang tidak boleh dihiraukan:
Kenali Penyebab dan Bahaya Penyakit Jantung Bocor
 – Pernahkah Anda mendengar tentang istilah penyakit jantung bocor? Penyakit jantung bocor merupakan satu kondisi, di mana terdapat lubang pada sekat jantung yang disebabkan kelainan susunan pada jantung. Jantung bocor termasuk salah satu jenis penyakit jantung yang sangat berbahaya dan mematikan.Umumnya, jantung bocor merupakan penyakit bawaan sejak lahir, karenanya kebanyakan penderitanya adalah anak-anak. Mungkin, ada sebagian dari kita masih belum banyak tahu tentang penyakit jantung bocor. Oleh karena itu, di sini kita akan menjelaskan tentang seluk-beluk penyakit jantung bocor, dari mulai penyebabnya, ciri-cirinya, hingga upaya mengatasinya.Dari awal sudah dijelaskan, jika faktor penyebab penyakit jantung bocor adalah karena bawaan lahir. Artinya, penderita sudah terkena penyakit jantung bocor sejak dalam kandungan ibu. Adapun pemicunya adalah karena kondisi ibu sendiri ketika menjalani kehamilan. Ingin lebih tahu tentang penyakit jantung bocor ini? Simak berikut ini ulasannya.
Konsumsi Ini Anda Terhindar dari Serangan Jantung dan Stroke
 – Ketika darah di pembuluh darah mengalir lancar, ada suplai darah yang baik ke organ vital, seperti otak dan jantung. Namun, karena banyak alasan, aliran darah ke organ-organ ini akan dibatasi. Alasan aliran darah yang terbatas ini antara lain, karena penebalan darah dan deposisi kolesterol jahat pada dinding bagian dalam pembuluh darah.Selain itu juga, adanya bekuan di pembuluh darah yang terbentuk karena pendarahan internal (hemorrhages). Semua kondisi ini menimbulkan risiko pada organ utama, seperti jantung dan otak. Karena terbatasnya aliran darah ke jantung dan otak, ada kemungkinan serangan jantung dan sel-sel otak juga bisa rusak, kondisi ini disebut sebagai stroke.Ada beberapa makanan yang dapat mencegah Anda dari serangan jantung dan stroke. Makanan-makanan ini dapat meningkatkan aliran darah Anda. Berikut beberapa makanan yang mampu mencegah serangan jantung stroke. Baca Selengkapnya ...
Waspadalah Gejala Stroke yang Sering Diabaikan
.co.id – Stroke merupakan salah satu penyakit yang menakutkan sekali. Hal ini karena, stroke akan membuat seseorang lumpuh dan tak bisa menggerakan anggota tubuhnya seperti biasa. Stroke sendiri merupakan penyakit yang terjadi, karena pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, sehingga terjadi kematian sel-sel pada otak.Stroke membutuhkan penanganan yang serius. Penyakit stroke bisa menyerang siapa saja, baik itu untuk pria maupun wanita, bahkan stroke bisa datang secara tiba-tiba tanpa disangka-sangka. Orang yang terlihat sehat dan baik-baik saja pun, bisa langsung terkena stroke.Untuk mengatasi penyakit satu ini tentu dibutuhkan penanganan yang cukup serius. Nah, tentu Anda tidak ingin bukan tiba-tiba terserang stroke? Untuk itu, Anda harus wajib menjaga kesehatan dengan rajin melakukan olahraga serta pola hidup sehat. 
Ciri Jantung Bermasalah dan Wajib Segera ke Dokter
 – Jantung merupakan organ dalam yang memiliki peran sangat vital yaitu memompa darah ke seluruh tubuh agar nutrisi dan oksigen tersebar. Karena terlalu pentingnya peran jantung bagi kehidupan, jantung menjadi tanda apakah orang masih hidup atau tidak.Jika jantung masih berdetak tanda orang itu masih hidup, dan sebaliknya jika jantung berhenti berdetak, berarti tandanya orang sudah tak bernyawa lagi. Mengetahui akan pentingnya peran jantung bagi kehidupan, tentu kita harus selalu menjaga kesehatan jantung kita.Dan, cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat seperti rajin berolahraga. Selain itu juga Anda harus menjaga pola makan, hindari makanan berlemak, kolesterol, makanan asin, dan makanan lainnya yang dapat membahayakan jantung. 
Empat Cara Mudah Kenali Serangan Stroke
Menurut para ahli neurologis, jika seseorang mengalami stroke dan segera mendapat perawatan dalam waktu kurang dari tiga jam, mereka dapat diselamatkan dan dapat kembali ke kondisi normal.Jadi, yang semua orang perlu tahu adalah bagaimana mengidentifikasi serangan stroke secara dini, dan bila ternyata benar mengalami serangan stroke, maka segeralah membawa pasien ke rumah sakit. Bagaimana cara mengenali secara dini serangan stroke?Kadang-kadang, sangat sulit mengenali gejala serangan stroke. Dan kesulitan ini bisa mengakibatkan cedera otak makin parah dan bahkan kematian. Untungnya sekarang, ahli saraf merekomendasikan empat langkah mudah mengetahui seseorang apakah sedang mengalami serangan stroke. Jika seseorang atau Anda sendiri dicurigai mengalami stroke, cobalah langkah berikut.
Ciri Jantung Bermasalah dan Wajib Segera ke Dokter
 – Jantung merupakan organ dalam yang memiliki peran sangat vital yaitu memompa darah ke seluruh tubuh agar nutrisi dan oksigen tersebar. Karena terlalu pentingnya peran jantung bagi kehidupan, jantung menjadi tanda apakah orang masih hidup atau tidak.Jika jantung masih berdetak tanda orang itu masih hidup, dan sebaliknya jika jantung berhenti berdetak, berarti tandanya orang sudah tak bernyawa lagi. Mengetahui akan pentingnya peran jantung bagi kehidupan, tentu kita harus selalu menjaga kesehatan jantung kita.Dan, cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat seperti rajin berolahraga. Selain itu juga Anda harus menjaga pola makan, hindari makanan berlemak, kolesterol, makanan asin, dan makanan lainnya yang dapat membahayakan jantung. 
Sadari Sejak Awal Ciri-ciri Stroke Ringan
 – Bila selama ini orang bilang penyakit stroke itu menyerang secara tiba-tiba tanpa ciri-ciri, jangan percaya. Sebelum serangan stroke, ada beberapa gejala stroke ringan yang bisa dirasakan. Selama stroke ringan atau ministroke (serangan iskemik transien) darah berhenti mengalir ke otak untuk waktu yang singkat.Tak seperti stroke, serangan ini tidak mematikan sel-sel otak atau sebabkan kerusakan permanen. Meski begitu, ciri-ciri stroke ringan mungkin terlihat mirip seperti ciri-ciri stroke berat. Dan memang, 40% orang yang mengalami stroke ringan mungkin akan terkena stroke berat.Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui ciri-ciri stroke ringan sehingga lebih sanggup mencegah kedatangan stroke yang lebih parah lagi. Lantas, apa saja ciri-ciri stroke ringan ini? Simak berikut ini penjelasannya.
Daftar Pantangan Makanan Penderita Asam Urat dan Diabetes
 – Makanan yang tak boleh dikonsumsi oleh pengidap asam urat, biasanya sama dengan pengidap diabetes. Oleh karena itu, pengidap komplikasi asam urat dengan diabetes melitus memiliki pantangan makanan atau harus membatasi makanan guna mencegah kambuhnya penyakit.Pengidap komplikasi asam urat dan diabetes disarankan, untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi dan glukosa tinggi. Nah, berikut ini merupakan jenis pantangan makanan asam urat dan diabetes melitus yang tidak boleh dikonsumsi.Jenis pantangan makanan yang pertama adalah daging. Pengidap komplikasi asam urat dan diabetes diharuskan membatasi makanan berbahan dasar daging. Daging yang tak boleh dikonsumsi oleh pengidap komplikasi asam urat dan diabetes adalah daging merah, daging unggas, dan jeroan.
Ciri Jantung Bermasalah dan Wajib Segera ke Dokter
 – Jantung merupakan organ dalam yang memiliki peran sangat vital yaitu memompa darah ke seluruh tubuh agar nutrisi dan oksigen tersebar. Karena terlalu pentingnya peran jantung bagi kehidupan, jantung menjadi tanda apakah orang masih hidup atau tidak.Jika jantung masih berdetak tanda orang itu masih hidup, dan sebaliknya jika jantung berhenti berdetak, berarti tandanya orang sudah tak bernyawa lagi. Mengetahui akan pentingnya peran jantung bagi kehidupan, tentu kita harus selalu menjaga kesehatan jantung kita.Dan, cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat seperti rajin berolahraga. Selain itu juga Anda harus menjaga pola makan, hindari makanan berlemak, kolesterol, makanan asin, dan makanan lainnya yang dapat membahayakan jantung. 
7 Makanan Penyebab Diabetes yang Jarang Disadari
 – Diabetes dianggap sebagai penyakit yang mematikan. Hal tersebut karena jika seseorang sudah terkena diabetes, kemungkinan untuk sembuh kembali sangatlah kecil. Satu hal yang bisa dilakukan, jika sudah terkena diabetes adalah dengan menjaga asupan makanannya.Faktor keturunan, ternyata juga berpengaruh sebagai penyebab terkena diabetes. Menurut penelitian, keturunan penderita diabetes memiliki risiko yang lebih besar dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki keturunan penyakit diabetes.Tapi selain itu, penyebab diabetes paling umum adalah makanan yang dikonsumsi. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk menghindari atau jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan penyebab diabetes. 
Tiga Makanan Ini Ampuh Cegah Stroke dan Serangan Jantung
 – Penyakit serangan jantung dan stroke yang menyerang usia muda semakin hari semakin mengkhawatirkan. Kebiasaan duduk berlama-lama dalam waktu yang konstan serta kebiasaan begadang menjadi pemicu penyakit ini.Selain kebiasaan tadi, kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat juga bisa memicu serangan jantung, seperti fast food, junk food, dan makanan tinggi lemak. Garam adalah makanan yang sebaiknya dihindari agar tidak terkena masalah jantung. Dilansir dari dailymail, untuk mencegah serangan jantung dan stroke sebaiknya Anda mengutamakan mengonsumsi makanan-makanan berikut.Pisang. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Investigation Insight telah membuktikan bahwa makanan yang tinggi kalium sangat berguna dalam mencegah dan memperbaiki penyakit jantung. Kalium ini juga sangat berguna untuk menjaga arteri agar tetap sehat, sehingga mampu menurunkan risiko terkena stroke di masa depan.
Usir Diabetes dengan Biji-bijian Ini
Sekilas penyakit diabetes seperti penyakit yang tidak begitu berbahaya, sebab penderita diabetes biasanya masih dapat beraktivitas seperti orang lain yang sehat. Namun, penyakit ini justru menjadi penyakit yang berbahaya.Pasalnya, diabetes dapat memicu penyakit lain yang lebih berbahaya, seperti kanker, stroke dan penyakit jantung, bahkan bisa berujung pada kematian. Kelebihan gula dalam darah dapat menghambat tubuh terutama hati dalam menjalankan fungsinya untuk melawan racun yang masuk dalam tubuh.Selain itu, diabetes juga dapat berakibat fatal apabila menimbulkan penumpukan dalam pembuluh darah terutama pada area jantung dan otak. Diabetes masuk dalam kategori penyakit kardiovaskular, yaitu penyakit yang menyerang pada pembuluh darah.  
Kenali Irama Detak Jantung Anda
Kita tahu betul jantung sangat berpengaruh pada kehidupan seseorang. Mana mungkin kita hidup tanpa adanya jantung yang berfungsi sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh. Penyakit jantung sangat bervariasi. Di antaranya yaitu gagal jantung, heart valve disease atau masalah pada katup jantung, aritmia, perikarditis, dan penyakit jantung koroner.Apa jadinya jika jantung tidak bekerja dengan baik? Maka ada baiknya mengenali irama detak Jantung Anda. Adapun ciri-ciri yang sering dialami oleh penderita jantung adalah:1. Detak jantung yang tidak stabil.Ketika Anda merasakan debaran jantung yang terkadang terasa kencang atau sebaliknya, segeralah periksakan ke dokter terkait. Karena bisa jadi itu merupakan suatu gejala.2. Sesak nafas.Jika Anda mengalami kesulitan bernafas atau pernafasan Anda tidak stabil bahkan saat Anda tidur, berhati-hatilah. Bisa jadi Anda termasuk kategori penyandang penyakit jantung tingkat tinggi.Baca Selengkapnya...
Deteksi Serangan Jantung dan Stroke dengan Tes Sederhana Ini
Stroke dan serangan jantung, keduanya sama-sama mengerikan. Stroke merupakan penyebab kematian nomor lima di Amerika Serikat dan penyebab utama kecacatan. Sedangkan serangan jantung, menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia.Mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke sangatlah penting. Tapi jika Anda atau orang-orang di sekitar Anda sudah terlanjur terkena dua serangan penyakit ini, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini.Apakah Anda menderita stroke atau serangan jantung? Dengan melakukan tes sederhana, ini dapat menyelamatkan hidup Anda. Untuk stroke, ajukan tiga pertanyaan berikut.
Anak Muda Rentan Terserang Stroke, Ini Penyebabnya
 – Studi baru menunjukkan bahwa, orang muda baik pria ataupun wanita yang memiliki kebiasaan merokok lebih mungkin mengalami serangan stroke sebelum usia 50 tahun. Hal ini tentu saja terjadi, jika dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang menghindari rokok.Merokok telah lama dikaitkan dengan peningkatan risiko stroke pada orangtua. Namun penelitian terbaru, para ilmuwan memeriksa data pada 615 pasien terkena stroke sebelum usia 50 tahun. Jadi, data ini telah menunjukkan para penderita stroke kini juga menjamur di kalangan orang yang relatif masih sangat muda.Hasil menunjukkan para perokok, 88 persen lebih mungkin untuk mengalami stroke daripada mereka yang tidak pernah merokok. Penyebabnya sangat sederhana, semakin Anda sering merokok, semakin besar kemungkinan Anda mengalami stroke. 
Coklat Hitam Efektif dan Cepat Sembuhkan Diabetes Tipe 2
 – Penyakit diabetes terkadang tidak terdeteksi secara langsung, dan memperlihatkan gejalanya. Dan ini membuat penderita diabetes kian meningkat dari tahun ke tahun. Di Indonesia, diperkirakan ada 10 juta orang dengan rentang usia 20-79 tahun menderita diabetes, dikutip dari Federasi Diabetes Internasional.Bahkan dari hasil penelitian Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) dari Kementrian Kesehatan Indonesia pada tahun 2013, ada sekitar 12 juta penduduk Indonesia yang menderita diabetes. Di mana mereka banyak di antaranya menderita diabetes tipe 2.Lantas apakah diabetes bisa disembuhkan? Jawabannya tentu bisa. Tapi kita harus disiplin, terutama dalam memilih menu makanan. Ada bukti, di mana seorang pria mengklaim telah menyembuhkan diabetes tipe 2 dengan coklat hitam. Caranya?
Temui Tiga Gejala Stroke Ini, Segera Bawa ke Rumah Sakit
Stroke dan stroke. Bicara stroke, orang menganggap sepele saja. Beda sekali dengan serangan jantung yang mematikan tersebut. Kalau serangan jantung bingung dan langsung cepat-cepat dibawa ke rumah sakit.Namun, jika hanya stroke tidak cepat-cepat dibawa ke rumah sakit. Fatal dan salah. 'Brain attack' sama saja dengan 'heart attack', bisa sama-sama mematikan. Toleransi waktunya hanya sebentar saja, agar pasien bisa terselamatkan dari kelumpuhan karena jaringan yang mati di otak.Apa saja gejala kalau seseorang terkena stroke? Ada tiga macam gejala yang umum untuk penderita stroke, di antaranya adalah sebagai berikut.
4 Makanan Pantangan bagi Penderita Stroke
Penyakit stroke menjadi salah satu momok, yang banyak ditakuti oleh semua orang. Bagaimana tidak, penyakit yang satu ini menjadi penyebab kematian urutan ketiga di dunia. Termasuk Indonesia, yang menjadi salah satu negara dengan tingkat penyakit stroke yang cukup tinggi.Karena itulah, pengobatan penyakit stroke sangat diperlukan. Penyakit stroke, pada umumnya terjadi akibat terhentinya suplai darah menuju otak. Yang mana, penyebab utama terhentinya suplai darah ini adalah akibat pembekuan darah atau penebalan pembuluh darah, akibat lemak dan kolesterol berlebih.Oleh karena itu, pola makan yang baik dan sehat sangat diperlukan guna untuk menghindari serangan stroke yang sangat mematikan. Salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah dengan menghindari beberapa makanan pantangan.
Ini Sederet Bahaya Jika Anda Alami Stroke
 – Stroke adalah penyakit yang tergolong membahayakan bagi kesehatan tubuh. Sampai saat ini, stroke menjadi penyakit yang memiliki risiko kematian peringkat ke-2 di dunia.Stroke adalah penyakit yang menyerang sistem saraf manusia. Jenis penyakit yang satu ini tidak memandang usia maupun jenis kelamin dalam menyerang seseorang, maka Anda harus waspada dengan penyakit ini.Berdasarkan tingkat keparahannya, stroke dibagi menjadi dua macam, yaitu stroke ringan dan stroke berat. Keduanya sama-sama berbahaya bagi kesehatan tubuh. Dan berikut deretan bahaya stroke bagi kesehatan tubuh.
Cegah Stroke Mulai dari Anak Anda
Stroke adalah penyebab kematian paling umum kedua di seluruh dunia. Selain itu, stroke juga merupakan penyebab utama kecacatan. Karenanya, mencegah stroke atau melakukan pencegahan primer, menjadi kunci utama untuk menjaga kesehatan Anda.Saat ini semua orang pada umumnya percaya bahwa makan banyak serat dapat membantu mencegah obesitas, diabetes, dan penyakit kardiovaskular seperti stroke. Semua studi observasional terbaik menemukan bahwa serat secara signifikan melindungi Anda terhadap risiko stroke.Kondisi stroke akan berbeda untuk orang yang berbeda pula, tergantung berapa banyak serat yang mereka konsumsi. Dengan mengonsumsi serat sekitar tujuh gram per hari, dikaitkan dengan penurunan risiko stroke hingga 7 persen.