Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Kolesterol Tinggi Turun dalam 2 Hari dengan Kacang Hijau

 – Penyakit kolesterol tinggi atau dalam istilah kedokteran disebut dengan hiperkolesterolemia, ialah suatu kondisi di mana tingkat kolesterol di dalam darah tinggi hingga melampaui batas normal. Kondisi kolesterol tinggi ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius, jika tidak segera diatasi.

Pada saat kolesterol di dalam darah terlalu tinggi,maka aliran darah di jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya akan terhambat. Dan hal tersebutlah yang akan berisiko pada penggumpalan darah, penyebab stroke hingga serangan jantung terjadi. 

Oleh sebab itu, pengobatan kolesterol tentunya harus segera dilakukan sedini mungkin. Salah satu cara untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah yaitu dengan rajin mengonsumsi kacang-kacangan. Tak percaya?

Read Full Article
Rahasia Mengolah Bubur Kacang Hijau yang Lembut
Pernahkah Anda menikmati bubur kacang hijau yang lembut dan empuk, tapi bentuknya utuh atau tidak pecah? Kacang hijau termasuk satu jenis kacang-kacangan yang kaya akan nutrisi, dan bagus untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga.Selain dijadikan sebagai bahan bubur, kacang hijau juga bisa diolah menjadi campuran kolak, kue, maupun campuran sup. Membuat bubur kacang hijau bukanlah hal yang sulit, namun sayangnya tidak semua orang berhasil mendapatkan hasil yang sempurna.  Lalu, kira-kira bagaimana caranya untuk membuat bubur kacang hijau dengan tekstur yang lembut, empuk, dan tidak pecah? Daripada penasaran, langsung saja simak ulasan berikut ini. 
6 Manfaat Menakjubkan Konsumsi Kacang Pistachio
Kacang-kacangan merupakan makanan ringan, yang sangat populer bagi semua orang. Mereka yang menerapkan pola hidup sehat dalam kesehariannya, mungkin tidak akan asing lagi. Di antara semua jenis kacang-kacangan, yang paling umum dikonsumsi adalah kacang pistachio. Kacang pistachio merupakan salah satu jenis kacang yang paling banyak dikonsumsi. Karena, kacang ini memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Selain itu, kacang ini juga memiliki rasa lezat, serta memiliki tekstur yang sangat renyah.Daging yang terdapat di dalam kulit kacang pistachio ini berwarna hijau, warna hijau tersebut diperoleh dari pigmen tanaman serta klorifil. Kacang pistachio juga merupakan makanan yang kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, seperti halnya asam oleat.
Basmi Jerawat dengan Manfaatkan Masker Kacang Hijau
.co.id – Kacang hijau adalah salah satu makanan enak yang sering dijadikan bubur. Makanan ini memang kaya akan protein dan juga nutrisi penting bagi tubuh. Namun, manfaat kacang hijau tak hanya untuk tubuh bagian dalam saja.Kacang hijau ini ternyata sangat ampuh sekali membantu untuk menyingkirkan jerawat membandel yang tumbuh di wajah. Dalam pengobatan ayurveda atau tradisional asal India, kacang hijau ini digolongkan sebagai makan super yang multi manfaat.Kacang hijau sejak dulu dimanfaatkan sebagai bahan pemercantik wajah. Kandungan proteinnya yang tinggi memang sangat berguna sekali dalam menjaga kecantikan dan kesehatan kulit, terutama kulit tipis yang ada di wajah. Kacang hijau dipercaya dapat membersihkan beragam masalah wajah.
Jangan Anda Anggap Remeh Kacang Panjang
Kacang panjang termasuk jenis tanaman palawija, tanaman yang berumur muda dari semua jenis sayur. Hampir semua orang mengenal tanaman sayuran muda berwarna hijau dengan buah terurai memanjang ini.Tidak hanya buah, daun kacang panjang dapat dimanfaatkan sebagai bahan konsumsi pelengkap teman makan nasi. Bahkan dapat pula digunakan sebagai lalapan dan bahan membuat gado-gado di berbagai daerah tertentu. Buah dan daun diolah dengan cara ditumis atau direbus.Kacang panjang sangat mudah dibudidayakan. Baik di pekarangan sempit maupun kebun khusus kacang panjang. Biasanya masyarakat di pedesaan lebih rajin untuk berkebun sayur kacang panjang ini. Hasil panen kacang panjang dijual ke pasaran. Jangan heran, harga satu ikat kacang panjang mencapai Rp3000 sampai Rp5000-an.
Begini Mengolah Kacang Hijau Jadi Obat Diabetes Tipe 2
 – Kacang hijau telah menjadi salah satu jenis makanan yang mudah ditemukan di Indonesia. Keberadaan kacang hijau sendiri diketahui sama dengan keberadaan nasi sebagai bahan pangan masyarakat. Sehingga, kacang hijau mungkin sudah tak asing lagi dikenal masyarakat.Selain itu, kacang hijau juga banyak mengandung khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya sebagai pelengkap makanan saja, namun juga sebagai metode pengobatan. Dan, bar-baru ini diketahui beberapa penemuan dari negeri China, bahwa kacang hijau berkhasiat untuk mengobati penyakit diabetes.Penyakit diabetes ini terbagi ke dalam 2 jenis, yaitu 1 dan 2. Namun, tipe yang tengah kita bicarakan saat ini ialah diabetes tipe 2. Nah, untuk cara pengolahan kacang hijau menjadi obat alami pengobatan diabetes tipe 2 bisa dilakukan dengan cara seperti di bawah ini 
Kombinasi Dua Bahan Ini Turunkan Kolesterol dalam Dua Bulan
Apakah Anda atau ada salah satu anggota keluarga yang didiagnosa memiliki tingkat kolesterol tinggi? Jika iya, maka informasi ini penting Anda baca. Perlu diketahui bahwa tingkat kolesterol yang terlampau tinggi dapat menyebabkan dinding pada sel pembuluh darah pecah, dan hal ini dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit tekanan darah tinggi, obesitas, jantung dan stroke.Pola makan atau diet yang tidak sehat seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dan gula, merupakan salah satu penyebab utama terjadinya akumulasi tingkat kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Kolesterol tidak lain adalah substansi lembut dan lunak, yang ditemukan dalam aliran darah dan sel tubuh kita.Kolesterol sendiri sebenarnya juga diperlukan oleh tubuh, karena dapat membantu menjalankan fungsi-fungsi penting seperti memproduksi membran sel, merangsang produksi hormon tertentu, membantu dalam penyerapan vitamin D oleh tubuh, dan lain-lain. Namun menjadi tidak baik jika jumlah kolesterol dalam tubuh terlampau tinggi.
5 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami
 – Jika Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi, Anda berisiko juga mengalami penyakit jantung. Perlu diketahui bahwa kolesterol ini tidak boleh dianggap sebagai hal yang sepele. Jika kolesterol ini dibiarkan, akan menyebabkan dampak yang buruk terhadap kesehatan Anda.Kolesterol merupakan suatu zat lemak yang bentuknya padat. Zat lemak ini dapat ditemukan di dalam setiap sel yang ada di tubuh. Fungsi dari kolesterol ini adalah dapat membantu tubuh dalam memproduksi hormon, vitamin D, dan juga dapat membantu dalam memproduksi empedu di dalam hati.Kolesterol ini memang memiliki peranan yang penting untuk tubuh. Namun, jika kadar kolesterol yang ada dalam darah terlalu tinggi, dapat menimbulkan beragam penyakit berbahaya. Sungguh mengerikan bukan?Jadi, sebelum menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Anda harus mengetahui bagaimana cara menurunkan kolesterol. Untuk mengetahuinya, simaklah penjelasan lengkapnya di bawah ini.
Rebusan Daun Salam Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi
.co.id – Menurunkan kolesterol tinggi dapat Anda lakukan dengan langkah mengonsumsi nutrisi yang tepat. Bila selama ini pola makan yang Anda terapkan memicu kolesterol tinggi, maka sekarang saatnya mengubah apa yang dimakan untuk menekan kadar kolesterol.Tapi apa itu kolesterol? Kolesterol merupakan lemak yang bisa kita temukan di dalam darah, yang diperlukan oleh sel tubuh. Selain dihasilkan oleh tubuh secara alami, kolesterol juga bisa didapat dari makanan.Mengatur pola makan menjadi salah satu peran yang sangat penting dalam langkah menurunkan kolesterol tinggi. Salah satu makanan yang bisa menurunkan kolesterol tinggi adalah daun salam.
Cara Paling Cepat Turunkan Kolesterol dalam 7 Hari
 – Kolesterol tinggi, terutama jika itu adalah jenis LDL kolesterol yang dikenal jahat. Susah dibakar dan cenderung mudah disimpan dalam tubuh. Tertimbunnya kolesterol dalam tubuh ini bisa meningkatkan risiko penyakit serius, seperti asam urat, diabetes, hipertensi, keluhan jantung, ginjal, dan masih banyak lagi.Meski mempunyai sejumlah risiko yang tinggi, sebetulnya kolesterol termasuk penyakit yang sangat mungkin untuk dikendalikan. Anda dapat mengatur kadar kolesterol Anda, menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.Dan yang mungkin cukup menarik bagi Anda yang saat ini sedang mengkhawatirkan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh, saat ini kadar kolesterol dapat diturunkan dengan waktu singkat. Kuncinya, terletak pada beberapa cara sederhana berikut ini.
6 Tips Membeli dan Memilih Kacang yang Baik
Di negara Indonesia ini, sudah sangat terkenal kacang-kacangan atau yang biasa disebut dengan polong-polongan yang macamnya lumayan banyak. Kacang memiliki kandungan bermacam vitamin dan protein meskipun tidak semua jenis kacang-kacangan.Kacang dibedakan menjadi dua macam yaitu sayur dan polong-polongan. Kacang merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki berbagai macam kandungan zat gizi.Kacang ketika sudah jatuh dari pohonnya, maka akan cepat layu dan tidak sedap untuk disantap. Makanya, sebelum membeli kacang-kacangan, maka perhatikan hal-hal di bawah ini.
Hajar Kolesterol Jahat dengan Tomat
Menurunkan kadar kolesterol tinggi dapat Anda lakukan dengan cara mengonsumsi nutrisi yang tepat. Bila selama ini pola makan Anda memicu kolesterol tinggi, maka sekarang saatnya untuk mengubah apa yang Anda konsumsi untuk menekan kadar kolesterol.Adanya kolesterol dalam tubuh yang berlebihan, bukan tidak mungkin akan bertumpuk di arteri sehingga arteri mengeras dan tersumbat. Kelebihan kolesterol ini mampu sebabkan stroke dan serangan jantung, lantaran pembekuan darah dan peradangan.Mengatur pola makan memiliki peranan yang sangat penting dalam langkah menurunkan kolesterol tinggi. Jika saat ini Anda tengah berjuang untuk menurunkan kolesterol tinggi, kini ada solusi praktis dan enak. Mulai sekarang, rutinlah konsumsi makanan yang mengandung tomat seperti pasta atau jus tomat.
12 Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan
Siapa yang tak kenal dengan kacang hijau? Bagi masyarakat Indonesia, kacang hijau bukanlah makanan yang asing, karena kacang hijau sering dimanfaatkan dan diolah menjadi berbagai jenis makanan, salah satunya menjadi bubur kacang hijau.Selain itu, kacang hijau juga bisa dijadikan campuran atau isian kue dan makanan lainnya. Meskipun kacang hijau bentuknya kecil-kecil, tetapi jangan pernah meremehkan manfaatnya.Kandungan protein, serat, asam folat, asam lemak omega 3 dan 6, protein, vitamin B1 dan B6, riboflavin, vitamin E, fosfor, zat besi, mangan dan kalsium yang terdapat di dalam kacang hijau, sangat baik bagi kesehatan tubuh kita dan ibu hamil.  
Anda Harus Tahu, Perbedaan Asam Urat dan Kolesterol Tinggi
 – Asam urat dan kolesterol merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh gangguan suatu senyawa dalam tubuh. Pada dasarnya, asam urat dan kolesterol tak berbahaya apabila kadarnya masih dalam kondisi yang normal.Tapi, bila asupan purin penyebab asam urat serta kolesterol jahat penyebab kolesterol terlalu banyak masuk ke dalam tubuh, maka akan memunculkan hal yang cukup berbahaya dan amat sangat tidak nyaman.Asam urat dan kolesterol ini sebenarnya saling berhubungan, lantaran biasanya bagi mereka yang mempunyai kolesterol secara tak langsung juga akan terkena asam urat karena ada penyumbatan darah oleh kolesterol. Lantas, apa perbedaan asam urat dan kolesterol? 
Resep Bikin Es Kacang Merah Coco Pandan
 – Jika banyak resep Palembang yang membahas tentang masakan dengan olahan ikannya, maka berbeda dengan satu resep satu ini. Pada resep satu ini, kita akan mengulas salah satu minuman yang paling popular di Palembang.Minuman menyehatkan, dingin, dan segar ini terkenal dengan sebutan es kacang merah. Es kacang merah terbuat dari kacang merah dan juga susu kental manis. Sebenarnya, es kacang merah juga mempunyai kembaran di Manado.Meskipun nama dan tampilan sekilas mirip, namun dalam hal rasa, es kacang merah Palembang dan Manado sudah jelas berbeda. Es kacang merah kerap dikombinasikan dengan sirup berwarna merah rasa coco pandan. Anda ingin tahu bagaimana cara membuat es kacang merah?
Empat Kebiasaan yang Buat Kolesterol Naik Drastis
Kolesterol yang tinggi memang dapat menyebabkan berbagai risiko penyakit, seperti obesitas, jantung, dan penyakit lainnya. Oleh sebab itu, wajib bagi kita untuk selalu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Jika tidak dijaga keseimbangannya, maka bisa menyebabkan penyumbatan pada bagian pembuluh darah. Hal ini akan menyebabkan munculnya risiko kardiovaskular.Berbicara tentang kolesterol tinggi, ada banyak penyebab mengapa kolesterol bisa naik. Jika dibiarkan, kolesterol bisa naik drastis berkali-kali lipat. Salah satu penyebab naiknya kadar kolesterol dalam tubuh, karena mengonsumsi makanan yang tidak sehat, sehingga berpengaruh pada keseimbangan kolesterol, seperti mengonsumsi makanan tinggi lemak dan bergula.Jika terlalu sering mengonsumsinya, bisa membuat kolesterol Anda naik drastis. Selain itu, ada juga hal lain yang dapat menyebabkan naiknya kolesterol. Berikut empat di antaranya.
Resep Gulai Kacang Hijau yang Nikmat Menggoda
Pernah makan gulai kambing? Gulai kambing termasuk satu kuliner yang cukup terkenal, namun berbeda dengan gulai yang ada di Jawa Timur, karena menggunakan campuran kacang hijau dan terkenal dengan nama gulai kacang hijau.Tidak hanya nikmat, gulai kacang hijau juga sangat bergizi dan mampu memberikan rasa kenyang lebih lama. Anda bisa menikmati gulai kacang hijau secara langsung tanpa nasi, atau boleh menggunakan lontong. Penasaran dengan rasanya? Langsung buat saja yuk.Bahan-bahan yang dibutuhkan, 500 gram daging kambing bertulang atau boleh dicampur dengan jeroan, 250 gram kacang hijau, rebus dalam panci presto hingga empuk, 500 ml santan kental, 1 liter santan encer, 2 batang serai, 3 cm lengkuas geprek dan 3 lembar daun salam.
Tujuh Makanan Ini Harus Dihindari Penderia Kolesterol Tinggi
 – Kolesterol merupakan salah satu masalah yang memicu sejumlah masalah kesehatan lain. Sebetulnya dalam jumlah terbatas, tubuh memerlukan komponen lemak yang satu ini. Tapi karena jumlahnya berlebihan, justru kolesterol menjadi sumber masalah.Kolesterol ini banyak ditemukan dalam makanan. Jadi, penting untuk Anda menjaga pola makan. Anda disarankan untuk menghindari beberapa makanan yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Berikut beberapa makanan yang mengandung banyak kolesterol.Makanan kaya kolesterol yang pertama adalah hati. Hati, baik itu yang berasal dari unggas ataupun sapi memang diketahui kaya akan zat besi dan protein. Namun yang perlu dipahami, bagian jeroan tersebut mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Kadar kolesterol dalam hati dapat mencapai 337 mg.
Ternyata, Konsumsi Kacang Almond Bisa Sembuhkan Asam Urat
Banyak penderita asam urat yang tidak mau mengonsumsi kacang almond. Padahal sebenarnya, kacang almond ini adalah salah satu sumber makanan yang baik untuk penderita asam urat.Kacang almond merupakan salah satu jenis komoditas yang tidak dihasilkan di Indonesia. Tetapi, saat ini almond bisa didapatkan di toko ataupun supermarket. Almond ini adalah kacang yang memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi.Selain itu, kacang almod juga menjadi sumber yang kaya vitamin E, besi, selenium, kalsium, fosfor, magnesium, seng, tembaga, dan niacin. Bahkan, kacang almond ini mempunyai kandungan nutrisi paling banyak, dibandingkan dengan semua jenis kacang. Jenis kacang yang satu ini memiliki kandungan yang mampu membantu mengendalikan kadar asam urat.
Kandungan Luar Biasa Kacang Hitam Wajib Kamu Ketahui
VIVA.co.id – Kacang hitam merupakan salah satu jenis kacang-kacangan sederhana yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Kacang hitam ini memiliki nama ilmiah phaseolus vulgaris. Kacang hitam memang memiliki warna yang hitam dan mengkilap.Meskipun warnanya gelap hitam, namun kacang ini memiliki manfaat yang tinggi dan baik untuk kesehatan. Bahkan dikatakan kacang hitam karena memiliki manfaat lebih besar dari kacang hijau. Seperti dapat mencegah kanker, menjaga kesehatan sistem kardiovaskular, menjaga kestabilan gula darah, menjaga sistem pencernaan, menjaga kesehatan janin, dan masih banyak lagi.Mungkin Anda bertanya-tanya, apa saja kandungan yang ada di dalam kacang hitam, sehingga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan seseorang. Yuk, daripada penasaran, simak ulasannya berikut ini.
Kolesterol Tinggi Turun dalam 2 Hari dengan Kacang Hijau
 – Penyakit kolesterol tinggi atau dalam istilah kedokteran disebut dengan hiperkolesterolemia, ialah suatu kondisi di mana tingkat kolesterol di dalam darah tinggi hingga melampaui batas normal. Kondisi kolesterol tinggi ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius, jika tidak segera diatasi.Pada saat kolesterol di dalam darah terlalu tinggi,maka aliran darah di jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya akan terhambat. Dan hal tersebutlah yang akan berisiko pada penggumpalan darah, penyebab stroke hingga serangan jantung terjadi. Oleh sebab itu, pengobatan kolesterol tentunya harus segera dilakukan sedini mungkin. Salah satu cara untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah yaitu dengan rajin mengonsumsi kacang-kacangan. Tak percaya?
Alasan Penting Anda Harus Makan Kacang Setiap Hari
Apakah Anda sering makan kacang? Atau Anda selalu makan kacang-kacangan setiap hari? Faktanya, banyak orang yang menghindari kacang, karena beranggapan kacang dapat menyebabkan penimbunan lemak dan juga masalah jerawat.Padahal sebenarnya, jika kacang dikonsumsi dengan takaran yang pas setiap hari, dapat menurunkan risiko terkena penyakit. Para peneliti di berbagai dunia meneliti lebih dari 800 ribu orang dan 29 studi sebelumnya. Mereka menyimpulkan bahwa segala jenis kacang sesungguhnya baik bagi tubuh.Periset menyarankan untuk mengonsumsi 20 gram berbagai jenis kacang, seperti kacang tanah, kedelai, hazelnut, mede, hingga chestnut, setiap harinya. Kacang-kacangan ini mampu membantu proses penurunan berat badan.
Ini Penyebab Kolesterol Tinggi pada Orang Kurus
 – Kolesterol yang tinggi sering diidentikan dengan orang-orang yang berbadan gemuk, sehingga banyak orang yang menganggap orang kurus terbebas dari kolesterol. Namun, bayangan ini ternyata salah. Kadar kolesterol tinggi tidak di ukur dari ukuran tubuh, mereka yang tubuhnya kurus pun sangat berpotensi memiliki kadar kolesterol yang tinggi.Mungkin banyak orang yang merasa aneh dengan ini, namun perlu Anda tahu kadar kolesterol tinggi bisa menimpa siapa pun baik orang gemuk atau kurus.Nah, berikut ada beberapa penyebab yang perlu Anda ketahui mengapa orang kurus bisa tertimpa masalah kadar kolesterol tinggi. Berikut ulasannya!
Enam Manfaat Konsumsi Kacang Tanah Secara Rutin
Kacang tanah diketahui sebagai salah satu makanan, yang paling sehat untuk dikonsumsi. Jenis kacang satu ini, diperkaya dengan mangan, vitamin B3, asam folat, dan juga protein. Kacang tanah panggang, memiliki manfaat kesehatan yang melimpah, serta dapat juga dinikmati oleh setiap individu.Kacang tanah panggang juga menjadi sumber yang sangat baik dari lemak tak jenuh tunggal, yang menjadikannya sebagai makanan ringan yang ramah bagi jantung. Selain itu, kacang tanah panggang, diketahui mengandung jumlah polyphenol dengan kuantitas yang sangat tinggi.Hal tersebut dikarenakan, proses pemanggangan kacang tanah ini telah menyebabkan nilai polyphenol di dalamnya mengalami peningkatan. Bahkan nilainya diketahui lebih tinggi dari yang ditemukan pada stroberi dan juga blackberry.