Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Menengok Reruntuhan Makam Imperial Xia Barat di China

 – Berada sekitar 30 kilometer di sebelah barat kota modern Yinchuan, terdapat komplek pemakaman yang sangat besar dari Dinasti Xia Barat. Reruntuhan makam Imperial Xia Barat ini seluas 40 kilometer persegi di lereng timur Pegunungan Helen.

Reruntuhan makam Imperial Xia Barat ini sering juga disebut "Piramida China" oleh penduduk setempat. Reruntuhan makam ini bisa dilihat oleh siapa saja, namun makam-makam ini tidak terlihat seperti piramida batu yang megah seperti di Mesir.

Sebaliknya, reruntuhan makam Imperial Xia Barat adalah struktur bumi dan batu bata yang memiliki penampakan tumpukan lumpur dan kotoran raksasa. Tetapi, pada musim gugur tempat ini benar-benar menjadi sesuatu yang sangat indah dan menakjubkan. 

Read Full Article
Bekas Reruntuhan Kuno, Bangunan Ini Jadi Restoran
Jika pada umumnya tempat-tempat penemuan reruntuhan bangunan kuno akan dijadikan museum atau destinasi wisata sejarah, lain halnya dengan yang akan kita temukan  di Belanda.Reruntuhan bangunan Romawi kuno yang ditemukan di Kota Maastricht justru diubah menjadi restoran. Para tamu pun bisa makan sambil melihat sisa-sisa bangunan yang diperkirakan berumur ribuan tahun tersebut.Dilongok dari Lonely Planet, Maastricht adalah sebuah kota di ujung selatan Belanda. Di dalamnya terdapat hotel yang nampak dari luar tidak terlalu besar bernama Hotel Derlon. Namun, di dalam hotel ini tersimpan sebuah situs bersejarah berupa reruntuhan bangunan bangsa Romawi.
Puring, Tanaman Makam yang Bermanfaat
Puring merupakan salah satu tanaman yang identik dengan hal-hal mistis. Pasalnya tanaman ini sering kita jumpai di area-area pemakaman seperti halnya bunga kamboja, kenanga dan lain-lain.Puring menjadi sebutan orang-orang yang tinggal di daerah Jawa, akan tetapi di daerah lain tumbuhan ini dikenal dengan beberapa nama, seperti tarimas, silastom, salu-salu, dilaho, dan lain sebagainya.Tanaman khas makam ini pada umumnya berfungsi sebagai perindang atau penanda makam-makam yang sudah menahun. Selain memiliki fungsi tersebut, puring ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan. Karena di dalam tumbuhan ini mengandung beberapa unsur kimia yang dapat membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan.
Misteri Penemuan Kuburan dengan Panjang 5 Meter
Manusia rata-rata memiliki tinggi 180 sentimeter, dan jarang sekali yang memiliki tinggi hingga di atas 2 meter. Meskipun ada beberapa orang yang dinobatkan sebagai orang tertinggi di dunia.Namun kini ditemukan sebuah penemuan baru yang cukup mengejutkan, yang berhubungan dengan makam manusia. Di mana makam ini memiliki panjang sekitar 5 meter, dengan lebar hanya setengah meter saja.Selain penemuan kuburan yang cukup panjang ini, ada juga sisa-sisa kerangka di sepanjang makam tersebut. Lantas, berapa tinggi orang yang ada di dalam makam ini? Dan siapa pemilik makam misterius ini?
Menengok Reruntuhan Makam Imperial Xia Barat di China
 – Berada sekitar 30 kilometer di sebelah barat kota modern Yinchuan, terdapat komplek pemakaman yang sangat besar dari Dinasti Xia Barat. Reruntuhan makam Imperial Xia Barat ini seluas 40 kilometer persegi di lereng timur Pegunungan Helen.Reruntuhan makam Imperial Xia Barat ini sering juga disebut "Piramida China" oleh penduduk setempat. Reruntuhan makam ini bisa dilihat oleh siapa saja, namun makam-makam ini tidak terlihat seperti piramida batu yang megah seperti di Mesir.Sebaliknya, reruntuhan makam Imperial Xia Barat adalah struktur bumi dan batu bata yang memiliki penampakan tumpukan lumpur dan kotoran raksasa. Tetapi, pada musim gugur tempat ini benar-benar menjadi sesuatu yang sangat indah dan menakjubkan. 
Menyisir Bumi Makam Bung Karno di Blitar
 – Salah satu destinasi wisata utama di Kota Blitar adalah makam Presiden Pertama Republik Indonesia, yaitu Ir. Soekarno. Karena itulah, kota ini menjadi destinasi wisata sejarah dan religi yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara, yang datang ke Jawa Timur.Konon di tempat ini, dalam setahun pada waktu-waktu tertentu ini sering dilakukan tradisi yang disebut "Tri Suci". Biasanya dilakukan pada tanggal 1 Juni yang dijadikan kelahiran Pancasila, 6 Juni hari lahir, dan 21 Juni jadi haulnya Bung Karno.Bahkan ada ungkapan ekstrem di sekitar Makam Bung Karno yang menyebutkan, jika Kota Blitar tidak akan punya apa-apa tanpa makam Bug Karno . Dari beberapa informasi dari rekan-rekan traveler, hal ini sangat wajar mengingat warga Blitar keberatan jika Bung Karno akan dipindahkan.
Penemuan Harta Karun Kuno di Kompleks Pemakaman Siprus
Tim arkeologi di Siprus Utara telah menemukan kompleks makam kuno yang dibangun antara tahun 400 SM - 350 SM di dekat kota kuno Soloi, Siprus. Komplek makam kuno yang terdiri dari tiga ruang bawah tanah ini berisi perhiasan, patung-patung, serta 16 set bejana yang digunakan untuk melayani orang yang menghadiri pesta.Harta Karun yang ditemukan di kompleks makam kuno Soloi tersebut salah satunya adalah tanaman emas ivy. Sebuah karangan bunga emas dalam bentuk tanaman merambat ditemukan di sebuah kompleks pemakaman kuno berusia 2400 tahun di Siprus. Karangan bunga dalam bentuk tanaman ivy, daun emas tipis dan buah yang terawat dengan baik walaupun telah berusia di atas 2000 tahun. Menurut arkeologi Hazar Kaba dari Universitas Angkara,"tanaman ini mirip dengan yang ditemukan di kompleks makam bangsawan Macedonia".
Snow Ice Mini Gratisan dari Imperial Kitchen
"Menjajal mal baru di Cilandak kayaknya seru. Sekalian beli pampers," kata istriku. Sebenarnya ini bukan mal baru. Ini mal lama yang baru dipugar. Tampilan dan desain baru mal ini benar-benar menyedot perhatian. Termasuk saya dan istri yang penasaran dengan hasilnya. Termasuk menjajal tempat makan yang ada di dalamnya.Iya. Tempat makan. Mengingat istri saya suka dengan dimsum dan sebangsanya, maka istri ingin sekali menjajal Imperial Kitchen. Sebenarnya ingin mampir ke Imperial Kitchen sudah ada dari awal Imperial Kitchen hadir di mal baru di Fatmawati, One Bellpark.Tapi kemarin-kemarin selalu batal. Nah, mengingat hari ini main ke mal Cilandak dan ternyata di sana ada Imperial Kitchen, istri langsung milih ke sana untuk makan siang. Setelah duduk manis dan minta menu, pilihan pertama yang dilihat istri adalah barisan tampilan dimsum di menu.
Misteri Ruang Tersembunyi di Makam Tutankhamen
Pihak berwenang di Mesir, telah mengungkapkan bahwa dipastikan ada ruang tersembunyi di dalam kuburan Tutankhamen.Sejak arkeolog Inggris Nicholas Reeves pertama kali mengemukakan ide bahwa, ruang pemakaman lama yang hilang dari Ratu Nefertiti bisa saja disembunyikan dalam dinding-dinding makam Tutankhamen, akhirnya upaya pun dilakukan untuk mencari setiap inci dari dinding kuno makam, untuk menemukan tanda-tanda pintu tersembunyi.Awal bulan ini Menteri Purbakala Mesir, Mandouh el-Damaty mengungkapkan bahwa, bagian dari dinding utara makam muncul menunjukkan suhu yang berbeda, perbedaan ini kemungkinan karena adanya sebuah ruang rahasia, seperti yang sudah diprediksi oleh Nicholas Reeves.  
Mengunjungi Makam di Goa Londa Tana Toraja
- Goa Londa merupakan salah satu destinasi wisata alam yang  dipenuhi banyak makam. Destinasi wisata ini merupakan yang paling populer di Tana Toraja. Di lokasi ini, kita dapat menemukan peti-peti mati yang disimpan dan digantung di tepi tebing-tebing batu goa.Tempat wisata makam Goa Londa, Tana Toraja, berjarak sekitar 7-8 km sebelah selatan Rantepao, atau bila kita menggunakan kendaraan bermotor, bisa ditempuh sekitar 15 menit.Untuk menuju objek wisata tersebut, sebenarnya ada akses dengan kendaraan umum, namun cukup jarang kita jumpai. Perjalanan kali ini, kami harus berjalan kaki untuk menuju kompleks makam yang berjarak kurang lebih 1 km dari poros utama Makale-Rantepao.
10 Komik Ini Tunjukkan Perbedaan Budaya China dan Barat
 – Ada perbedaan jauh antara budaya China dan Barat, baik itu dari sifat orang-orangnya, kebiasaan hidup dan sebagainya. Seorang ilustrator bernama Siyu dari Beijing ini akan menunjukkan perbedaan tersebut melalui komik-komik karyanya yang lucu dan kreatif.Siyu telah menghabiskan 10 tahun berpergian, belajar, dan bekerja di luar negeri, seperti di Amerika, Perancis, dan Inggris. Banyak orang luar negeri yang ditemuinya bertanya tentang China dan kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa China adalah negara komunis, padat polusi, dan tidak ada Facebook.Melalui komik-komiknya ini, Siyu menunjukkan sedikit perbedaan antara budaya China dan Barat yang telah ia pelajari selama ini. Orang-orang Barat menganggap, kalau China memiliki budaya yang sangat aneh.
China Semakin Menggila di Depan
 – Tuhan ciptakan langit dan bumi, isinya made in China. Pernah dengan kata-kata di atas? Kata-kata di atas keluar seiring dengan banjirnya produk di seluruh dunia dengan barang-barang dari China. Semua barang bisa dibuat di China.Awalnya memang produk China ini dipandang sebelah mata karena kualitasnya yang begitu buruk. Bahkan sempat ada meme yang menggambarkan sepeda buatan Jerman, sukses membuat penyok mobil buatan China. Tapi kan itu dulu, sekarang China sudah memimpin hampir di semua hal.Karena memang segala sesuatu kalau dijalani secara istiqomah dan terus-menerus pasti bisa menghasilkan sesuatu yang baru yang lebih baik dan lebih baik. Ingat ya, istiqomah bukan menjalani yang itu-itu saja, tapi dengan koreksi dan perbaikan. Dan China berhasil membuktikan itu. 
Kamar Tersembunyi di Makam Raja Tutankhamun
 – Pihak berwenang di Mesir telah mengonfirmasi penemuan dua kamar tersembunyi di dalam makam Tutankhamun (Raja Tut). Menteri Purbakala Mesir, Mamdouh El-Damaty mengungkapkan, hasil scan dari makam Firaun muda di Lembah raja-raja telah menunjukkan adanya dua kamar tersembunyi.Hal ini diyakini bahwa, ruang tersebut mungkin berisi anggota keluarga dari Tutankhamun. Namun, masih bersifat spekulatif, apakah salah satunya adalah milik Ratu Nefertiti yang telah lama dicari-cari atau bukan. Scan lanjut akan dijadwalkan pada tanggal 31 Maret untuk membantu mempelajari lebih lanjut tentang apa yang mungkin terletak di dalam kedua ruangan itu.Pencarian untuk ruang tersembunyi di dalam makam Raja Tut diawali sejak tahun yang lalu, saat seorang arkeolog Inggris yang bernama Nicholas Reeves berhasil menemukan satu pintu tersembunyi ketika memeriksa foto-foto dari interior makam dengan menggunakan resolusi tinggi. 
Mumi Ditemukan di Makam Luxor yang Belum Dijelajahi
 – Para arkeolog telah menemukan mumi tak dikenal di dalam makam yang sebelumnya belum pernah dijelajahi dekat Kota Luxor, Mesir. Makam tersebut, yang merupakan salah satu dari dua yang ditemukan pada tahun 1990-an oleh arkeolog Jerman, Frederica Kampp, sedang diselidiki oleh kementerian barang antik Mesir dalam upaya untuk meningkatkan pariwisata lokal.Makam tersebut terletak di Dra Abu el Naga nekropolis dekat dengan Kuil Hatshepsut dan Lembah Raja-raja. Kuil Hatshepsut, juga dikenal sebagai Djeser-djeseru (tempat suci) di kota Luxor Mesir. "Ini benar-benar hari yang luar biasa," kata Menteri Barang Antik Mesir, Khaled al Enany."Kuburan pribadi kerabat ke-18 sudah diketahui, tapi ini untuk pertama kalinya masuk ke dalam dua makam tersebut." Mumi yang dibungkus linen saat ini tidak dikenal, namun arkeolog percaya bahwa mumi itu bisa saja milik seorang juru tulis bernama Maati, yang namanya dapat ditemukan di kerucut pemakaman di dalam ruang persegi panjang makam tersebut.
Air Terjun Dekat Makam Sunan Muria yang Tak Pernah Kering
Berwisata ke Kudus yang notabene Jerusalemnya pulau Jawa, akan memberikan pengalaman yang sarat akan nilai religi bagi wisatawan. Terang saja, di Kota Kretek ini bersemayam dua tokoh penyebar agama Islam paling terkenal, yakni Sunan Kudus dan Sunan Muria.Khusus untuk wisatawan yang berziarah ke makam Sunan Muria, mereka bisa sekalian melipir ke Air Terjun Monthel yang konon alirannya tidak pernah kering. Setiap hari ada saja peziarah yang datang ke Makam Sunan Muria di desa Colo, kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Makamnya sendiri berada di atas bukit di lereng Gunung Muria.Sedangkan desa Colo, sejak lama telah ditetapkan sebagai desa wisata di kabupaten tersebut. Jadi mereka yang datang untuk berziarah ke salah satu makam anggota Walisongo ini selalu menyempatkan untuk mampir ke obyek wisata lainnya yang ada di lokasi yang sama. Obyek wisata terdekat dari makam Sunan Muria adalah Air Terjun Monthel. Jaraknya hanya 1,5 kilometer dan bisa ditempuh dengan jalan kaki kurang dari setengah jam. Baca Selengkapnya...
Cerita Mistis di Balik Makam Lastri, Pati
.co.id – Berbicara tentang misteri di daerah sekitar kota Pati, pastinya tidak akan luput dari cerita makam Lastri. Konon, dari gosip yang tersebar, keangkeran makam Lastri sudah banyak dipercayai oleh warga yang melintas makan ini.Di mana, banyak misteri yang sudah dialami oleh beberapa warga sekitar. Makam Lastri yang berada di Desa Geneng, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati ini memang menyimpan sejuta misteri. Munculnya cerita mistis dari makam ini, berawal dari kisah kelam seorang perempuan bernama Lastri.Pada masa hidupnya dulu, Lastri dikenal juga dengan nama mutiah yang sudah bersuami sejak umur 16 tahun. Perempuan bernama mutiah tidak dianugerahi keturunan, sehingga membuat suaminya tidak puas dengan menikahi gadis ini. Walaupun terbilang sangat cantik, ternyata hal ini tidak membuat suaminya puas.
Arkeolog Temukan Makam Berusia 3.500 Tahun di Mesir
.co.id – Sebuah makam yang penuh dengan koleksi mumi dan barang antik milik seorang pandai emas kerajaan, ditemukan di Mesir. Makam berusia lebih dari 3.500 tahun itu ditemukan di area pemakaman para bangsawan yang dikenal dengan nama Lembah Para Raja di Luxor Selatan, Mesir.Kementerian Antiquities mengidentifikasi makam tersebut milik seorang pandai emas bernama Amenemhat yang hidup dalam dinasti ke-18 di Mesir, sekitar tahun 1400 SM. Amenemhat dan istrinya, Amenhotep, beserta anak laki-laki mereka beristirahat di dalam peti di makam tersebut.Selain mumi-mumi, ditemukan juga sarkofagus, masker penguburan yang diukir kayu bersama dengan koleksi patung-patung, termasuk di antaranya patung Amenemhat dan patung istrinya Amenhoteb.
Apakah Ekspansi Ponsel China Masih Kuat Tahun Depan?
China masih cukup kuat Saya berani bertaruh untuk ini. China memegang peranan penting dalam dunia teknologi. Pertumbuhan semakin pesat dan menghalau segala kemungkinan untuk mencapai puncak. China tidak memedulikan apakah negara maju tertentu mencekal produk mereka.Sasaran China adalah negara berkembang dengan smartphone murah kualitas terbaik. Jika dulu China dipandang sebelah mata, sekarang semua terbuka lebar, menyalak sampai mata terbinar, bahwa karena China bidang teknologi menjadi menarik.Anda tidak percaya? Coba saja perhatikan bagian belakang smartphone yang Anda banggakan itu, atau lirik sebentar kotak smartphone. Kemungkinan besar, Anda akan menemukan made in China. Ponsel pintar terkemuka dengan segala kemewahan dan rentang harga mahal pun diproduksi oleh negara China, dalam hal ini penguasanya adalah perusahaan bernama Foxconn.
Mengungkap Misteri Makam Jaka Dolog dengan Panjang 10 Meter
Banyak masyarakat Indramayu dan sekitarnya yang belum mengetahui, bahwa di Indramayu ternyata ada makam yang panjangnya sekitar 10 meter. Makam yang oleh masyarakat sekitar diberi nama Makam Jaka Dolog ini, memiliki panjang yang tidak sewajarnya.Untuk mencapai lokasi makam Jaka Dolog yang terletak di Desa Pabean Udik, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, ini Anda harus melewati jalanan sempit yang hanya bisa dilalui dengan menggunakan sepeda motor atau berjalan kaki dari Jalan Pabean Udik, atau juga bisa masuk dari Jembatan Karangsong melewati empang ikan.Makam Jaka Dolog yang terletak di tengah sawah ini ramai dikunjungi pada saat malam Jumat Kliwon, Hari Besar Islam, dan pada saat ada tradisi Unjungan atau Ngunjung. Ribuan orang yang berasal dari daerah sekitar dan juga dari daerah lain mendatangi makam terpanjang di Indramayu ini.
Penemuan Naskah Epitaphs Berusia 1.300 Tahun di China
Sebuah makam berusia 1.300 tahun ditemukan di kota Xi'an, China. Terletak di dalam sebuah gua, makam berisi sisa-sisa Yan Shiwei dan istrinya Lady Pei. Di tempat ini, para arkeolog juga menemukan patung-patung keramik berwarna-warni, cermin dari plakat emas, dan yang paling penting adalah epitaphs tertulis pada bluestones.Epitaphs yang ditemukan di makam menjelaskan, bagaimana dia dan seluruh keluarganya kemudian dieksekusi. Makam dari Epitaphs kemudian digambarkan dalam jurnal budaya China oleh para peneliti dari arkeolog dan Xi'an Municipal Institute dan Konservasi Warisan Budaya.Karier Wu Zetian dimulai sebagai selir Kaisar Gaozong (649-683) yang pada akhirnya menjadi permaisuri dan menjadi orang yang sangat berpengaruh. Setelah kematian kaisar, Wu Zetian menyatakan bahwa ia akan memerintah China sebagai ibu suri dengan anaknya Kaisar Ruizong. 
Arkeolog Mulai Mencari Keberadaan Makam Istri Raja Tut
 – Para arkeolog telah memulai penggalian di daerah Lembah Para Raja untuk mencari keberadaan makam istri Raja Tut di dekat makam Firaun Ay (1327 SM – 1323 SM), penerus Raja Tut (1336 SM - 1327 SM).“Meskipun beberapa makam keluarga kerajaan telah ditemukan di Lembah Barat, namun sebagian besar dari mereka telah ditemukan di Lembah Timur, Lembah Para Raja,” kata arkeolog Zahi Hawass.Pada penggalian sebelumnya, para ilmuwan telah mengidentifikasi sesuatu yang menarik di daerah ini di dekat makam Raja Ay. Empat pondasi dari gambar radar dari apa yang tampak seperti makam pada kedalaman lima meter di bawah permukaan tanah Lembah Para Raja.
Penemuan Permata di Makam, Kota Kuno Yunani
Para arkeolog baru-baru ini berhasil menemukan makam prajurit dari zaman perunggu, yang penuh dengan logam mulia dan batu permata berwarna-warni di sebuah kota kuno Yunani. Makam yang berasal dari 3.500 SM - 1.500 SM ditemukan oleh sebuah kelompok penelitian internasional yang dipimpin oleh arkeolog dari University of Cincinnati.Di antara artefak yang ditemukan di makam kuno tersebut, terdapat sebuah pedang dari perunggu, dengan gagang gading di lapisi emas, cangkir emas, serta ratusan manik-manik yang terbuat dari batu mulia.Para arkeologi tidak menduga penemuan ini sebelumnya. Peneliti dari University of Cincinnati telah menggali di sekitar kota Pylos, sebagai bagian dari proyek arkeologi Pylos Regional yang berusaha untuk mengungkap sejarah pusat zaman perunggu yang dikenal dengan Istana Nestor, sebuah komplek yang luas yang disebutkan dalam Legenda Homer.
Berkunjung ke Makam Putri Gunung Jati
Terletak di sebelah timur Alun-alun Bangil, tepatnya di persinggahan atau terminal Swadesi, terdapat makam Mbah Ratu Ayu. Tidak banyak yang mengetahui bahwa ini adalah makam putri dari Raden Syarif Hidayatullah atau yang sering disebut Sunan Gunung Jati.Peran Mbah Ratu cukup penting dalam menyebarkan Islam di wilayah Pasuruan. Karena Mbah Ratu melahirkan seorang putra yang menjadi pemimpin di kalangan masyarakat Segoropuro, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan, yaitu Raden Syaid Arif Hidayatullah. Yang sering diziarahi oleh masyarakat ketika melaksanakan perjalanan ke Bali atau ke wilayah timur.Namun sosok Mbah Ratu tidak terlalu dikenal seperti putranya. Sehingga tidak banyak orang tahu di mana makam Mbah Ratu. Karena makamnya tidak seperti makam pesohor Islam yang lain di Pasuruan. Setiap tahun tidak ada peringatan atau haul besar yang dilakukan. Jadi hanya sebatas ziarah dan istighasah bersama.Baca Selengkapnya...
Detik-detik Dibongkarnya Makam Fir'aun
Penemuan makam Fir aun Tutankhamun pada tahun 1922 adalah penemuan arkeologi terpenting dalam sejarah. Namun, temuan ini tidak dengan mudah didapat. Faktanya, sang arkeolog, Howard Carter, butuh waktu lebih dari 15 tahun untuk menemukannya.Pada 26 November 1922, Carter berhasil membobol pintu masuk makam bersama Herbert di sisinya. Meski bukti yang ada menunjukkan, kalau makam tersebut telah dua kali dijarah pencuri makam, tapi isi di dalamnya ternyata tak tersentuh.Ribuan artefak tak ternilai pun masih tersusun rapi, termasuk sarkofagus sang anak raja. Bahkan, butuh waktu hingga delapan tahun untuk melakukan katalogisasi dan merekam seluruh benda sejarah tersebut.