Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Habis dari Luar Negeri, Terbitlah Gegar Budaya

 – Kamu pernah tidak bertemu dengan rombongan orang Indonesia, tapi maunya bicara Bahasa Inggris melulu? Minimal, setiap kalimat ditambahi 'which is, dan actually'. Atau, mungkin kamu pernah bertemu dengan orang yang baru pulang dari luar negeri, lalu dalam setiap obrolan, dikit-dikit langsung membawa kisahnya di negara tersebut.

Misalnya, beberapa ungkapan seperti ini, “Duh Jakarta panas banget, nggak kayak di Alaska, enak udaranya”, “Ih, KRL gini amat sih, kalau di Tokyo tuh paling bagus sedunia deh, pokoknya”, “Bandung macet banget, coba di Singapura, mana ada macet!” Menyebalkan bukan?

Tapi setelah dipikir-pikir, sepertinya tidak semua orang yang baru pulang dari luar negeri seperti itu. Ada juga yang benar-benar memberi tanggapan serius dengan analisa, bukan hanya pamer pernah ke luar negeri. 

Read Full Article
Tips Liburan Murah ke Luar Negeri Ala Backpacker
 – Liburan ke luar negeri merupakan pengalaman menarik, yang tiap orang harus mencobanya. Berjalan kaki dan merasakan kehidupan sehari-hari di negeri orang lain, akan membuat kalian merasa berdebar-debar.Tapi biaya perjalanan ke luar negeri cukup mahal, jika dibandingkan dengan wisata di dalam negeri. Dari biaya transportasi yang mahal, biaya penginapan, uang makan, hingga biaya tak terduga yang akan kalian keluarkan selama perjalanan. Nah untuk itu, kita pahami dulu tips liburan murah ke luar negeri ala backpacker yang bisa kalian coba.1. Pilih Tanggal yang TepatPemilihan tanggal sangat penting untuk menekan rencana pengeluaran sewaktu liburan. Ketika high season, biasanya harga pesawat maupun penginapan bisa melonjak drastis. Selain itu, liburan di waktu libur terkadang sangat menyebalkan, karena jalanan bisa sangat macet ataupun tempat wisata akan sangat penuh dengan orang-orang.
10 Komik Ini Tunjukkan Perbedaan Budaya China dan Barat
 – Ada perbedaan jauh antara budaya China dan Barat, baik itu dari sifat orang-orangnya, kebiasaan hidup dan sebagainya. Seorang ilustrator bernama Siyu dari Beijing ini akan menunjukkan perbedaan tersebut melalui komik-komik karyanya yang lucu dan kreatif.Siyu telah menghabiskan 10 tahun berpergian, belajar, dan bekerja di luar negeri, seperti di Amerika, Perancis, dan Inggris. Banyak orang luar negeri yang ditemuinya bertanya tentang China dan kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa China adalah negara komunis, padat polusi, dan tidak ada Facebook.Melalui komik-komiknya ini, Siyu menunjukkan sedikit perbedaan antara budaya China dan Barat yang telah ia pelajari selama ini. Orang-orang Barat menganggap, kalau China memiliki budaya yang sangat aneh.
Cinta Tanah Air, 4 Film Ini Perkenalkan Budaya Indonesia
.co.id – Indonesia memiliki keberagaman budaya yang luar biasa indah. Memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat Indonesia sendiri mau pun kepada masyarakat luar Indonesia bisa melalui berbagai cara, salah satunya dengan film.Tidak sedikit filmmaker yang menyisipkan budaya-budaya Indonesia di film yang mereka produksi, seperti memamerkan keindahan alam atau menunjukkan isu masyarakat. Dilansir dari asianbeat.com, Japan Foundation Asia Center memiliki sebuah program yaitu Crosscut Asia.Di mana, program tersebut memutarkan film-film dari salah satu negara Asia Tenggara, untuk memperkenalkan budaya negara tersebut melalui film yang diputar. Tahun 2016 merupakan giliran Indonesia untuk menampilkan film-filmnya di Crosscut Asia dengan “Colorful Indonesia” sebagai tema.
Mengenal Budaya dan Kesenian Tradisional Jepang
 – Budaya adalah suatu hal yang harus dijaga kelestariannya oleh warga bangsa, jika suatu budaya itu tidak lestari dan tergerus budaya asing yang lebih modern, maka lama-kelamaan budaya bangsa yang bisa menjadi identitas suatu negara pun akan punah.Jepang adalah salah satu negara maju yang termasuk bisa menjaga tradisi bangsanya agar tetap bisa langgeng hingga masa kini. Malah yang lebih mengagumkan lagi, orang-orang Jepang yang bekerja atau belajar di luar negeri, turut menyebarkan kecintaan akan budaya tradisional tersebut, sehingga banyak orang sengaja berwisata ke Jepang demi menikmati atmosfer asli atau nuansa tradisional ketika sebuah kesenian atau festival kebudayaan Jepang sedang berlangsung.Karakter orang Jepang yang cenderung introvert dan berjiwa nasionalis sangat tinggi, membuat mereka suka membuat semacam perkumpulan khusus sesama perantau di suatu negara, contohnya di Indonesia adalah Japan Club.
7 Warisan Budaya Indonesia yang Mendunia
.co.id – Indonesia adalah negeri yang kaya akan budaya dan adat istiadat yang unik dan menarik. Setiap suku yang ada di Indonesia memiliki keunikan budaya yang berbeda-beda. Sehingga keanekaragaman budaya dan adat istiadat tersebut membuat Indonesia semakin terkenal di mata dunia, dan memberikan kebanggaan tersendiri.Banyak wisatawan mancanegara yang berlibur ke Indonesia hanya untuk menikmati budaya Indonesia yang unik. Selain itu, ada juga yang menyaksikan kebudayaan tradisional di negeri ini dalam rangka melakukan penelitian terkait budaya dan adat istiadat tersebut.Sebagai warga negara Indonesia, kita sudah seharusnya bangga karena banyak warisan budaya Indonesia yang mendunia dan dikenal banyak oleh orang luar negeri. Berikut 7 warisan budaya Indonesia yang mendunia.
Habis dari Luar Negeri, Terbitlah Gegar Budaya
 – Kamu pernah tidak bertemu dengan rombongan orang Indonesia, tapi maunya bicara Bahasa Inggris melulu? Minimal, setiap kalimat ditambahi 'which is, dan actually'. Atau, mungkin kamu pernah bertemu dengan orang yang baru pulang dari luar negeri, lalu dalam setiap obrolan, dikit-dikit langsung membawa kisahnya di negara tersebut.Misalnya, beberapa ungkapan seperti ini, “Duh Jakarta panas banget, nggak kayak di Alaska, enak udaranya”, “Ih, KRL gini amat sih, kalau di Tokyo tuh paling bagus sedunia deh, pokoknya”, “Bandung macet banget, coba di Singapura, mana ada macet!” Menyebalkan bukan?Tapi setelah dipikir-pikir, sepertinya tidak semua orang yang baru pulang dari luar negeri seperti itu. Ada juga yang benar-benar memberi tanggapan serius dengan analisa, bukan hanya pamer pernah ke luar negeri. 
4 Penyanyi Indonesia yang Sukses Gaet Musisi Luar Negeri
Siapa yang kariernya tak ingin makin berkembang? Semua orang punya harapan yang sama, begitu pula dengan para artis di Indonesia. Bukan hanya ingin dikenal dan populer di negara sendiri, ternyata banyak sekali dari artis Indonesia yang ingin go international.Selain para aktor dan aktris yang menjajal casting film Hollywood, ternyata beberapa penyanyi kita juga mencoba menggaet musisi dari luar negeri. Nah, siapa sajakah penyanyi Indo yang diam-diam go international dengan menggaet produser bahkan rekan duet dari luar negeri? Berikut rangkumannya.Agnes Monica atau kini lebih populer dengan nama Agnez Mo. Berbicara mengenai go international, tentu saja Agnes Monica yang menjadi artis paling ngebet. Sudah berbagai cara dilakukan oleh penyanyi cantik satu ini sejak ia masih remaja. Bukan hanya berkompetisi di luar negeri, ia berkali-kali menjalin kerja sama dengan musisi dari luar negeri.
Lima Cara Cerdas Agar Gaji Tak Cepat Habis
Anda pernah merasa uang anda habis begitu saja? Uang hasil kerja keras selama satu bulan habis tanpa Anda sadari. Anda sudah mempergunakannya untuk ini dan itu, tetapi Anda tidak menyadari hal itu. Ini sering terjadi dikalangan para pekerja.Berbicara tentang gaji. Memang masa gajian adalah masa, di mana suatu kebahagiaan datang untuk para pekerja. Bukan hanya para pekerja, keluarga, dan teman-temannya pun terkadang ikut mendapatkan kebahagiaannya tersebut. Biasanya yang dilakukan setelah gajian adalah mentraktir makan teman-temannya dan sebagainya. Belum juga ke mal untuk berbelanja, dan lain sebagainya. Inilah yang membuat gaji Anda cepat habis. Tidak ada pertimbangan dan perhitungan terlebih dulu. Jadinya, asal membelanjakan uang dan mengeluarkan uang seenaknya saja.Sebenarnya untuk menghemat gaji tidaklah sulit. Anda bisa melakukan hal tersebut dengan berbagai cara. Jika Anda ingin gaji tidak cepat habis dan awet, lakukanlah lima cara cerdas berikut ini:Baca Selengkapnya...
Mau Liburan Murah ke Luar Negeri? Ketahui Tips Ini
Siapa yang tidak mau liburan ke luar negeri dengan anggaran yang minim? Tentunya tidak semua orang mengetahui tips dan triknya. Tips berikut, selain memiliki banyak keuntungan, kamu juga bisa mengunjungi beberapa tempat yang super keren dengan anggaran yang minim.Liburan ke luar negeri pasti menjadi dambaan setiap orang. Nah, kali ini kami akan membahas beberapa tips berlibur ke luar negeri dengan anggaran yang minim, tapi kamu tetap bisa bersenang-senang.Buat kamu yang sudah merencanakan liburan akhir tahun ke luar negeri tapi masih berpikir dua kali karena takut menghabiskan banyak uang, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tips-tips berikut ini. Yuk, disimak.
Enam Tips Traveling ke Luar Negeri bagi Pemula
Sepertinya di zaman sekarang ini semuanya serba mudah, mau berlibur ke luar negeri tidak sesulit zaman dulu. Mulai dari tiket dan penginapan murah, rute perjalanan, semua bisa dicari melalui internet. Apalagi di era serba mudah ini, rasanya kurang pas bila tidak pernah ke luar negeri sekali dalam seumur hidup.Tentu berlibur keluar negeri ada tantangannya tersendiri, seperti terkendala bahasa dan budaya akan kita alami di sana. Belum lagi faktor keamanan serta konsumsi juga perlu kamu pertimbangkan, jangan sampai bisa ke sana tapi tidak bisa balik lagi ke Indonesia.Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena kami sudah menyiapkan tips traveling khusus pemula seperti Anda. Jangan lupa buat itinerary perjalanan, jika tidak, hati-hati nanti kamu bisa kesasar di sana. Carilah semua informasi itinerary, mulai dari destinasi wisata, kuliner, oleh-oleh, transportasi dari para travel blogger, atau website traveling yang tersedia di mesin pencari.
10 Tempat Wisata Budaya Paling Populer di Indonesia 2016
Wisata Budaya adalah sebuah jenis kegiatan pariwisata yang menggunakan kebudayaan sebagai objeknya. Indonesia sendiri merupakan sebuah negara kepulauan terbesar dunia yang banyak memiliki suku, bahasa, dan budaya.Tempat-tempat wisata budaya di Indonesia terkenal dengan gaya arsitektur bangunan dari seni ukir, seni patung serta relief-relief yang sangat indah dan sempurna. Sehingga tempat-tempat wisata budaya Indonesia di bawah ini menjadi sangat populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Berikut 10 tempat wisata budaya paling populer di Indonesia 20161. Pura Tanah Lot, Bali.Pura Tanah Lot adalah sebuah destinasi wisata budaya di Bali, Indonesia. Di tempat ini terdapat dua pura yang terletak di atas batu besar. Pura ini merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Tempat ini menjadi salah satu tempat paling populer sebagai tempat wisata budaya yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara karena keindahan alamnya serta sebagai tempat yang menakjubkan untuk melihat matahari tenggelam sunset . Baca Selengkapnya...
Menyusuri Destinasi Wisata Budaya Singapura
Singapura merupakan sebuah negeri yang berawal dari perkampungan kecil nelayan sederhana. Kini berubah dan terkenal sebagai negeri kosmopolitan yang kaya akan budaya.Selain dikenal sebagai salah satu negara kecil yang maju, Singapura juga terkenal dengan salah satu negara tujuan yang memiliki destinasi wisata bagi para pelancong dunia.Persilangan strategis membuat Singapura ini menjadi pertemuan antara Timur dan Barat. Luas negara Singapura lebih besar sedikit dari Jakarta. Singapura memiliki tempat wisata religi untuk dinikmati dan ditelusuri yang terdapat di dalam pulau Singapura besar atau pulau Singapura yang kecil.Selain wisata belanja di Singapura yang meriah dan selalu diminati, Singapura juga menjadi tujuan wisata budaya, karena keragaman budaya yang dimilikinya. Hal ini disebabkan oleh keragaman masyarakat Singapura yang multi etnis yang berasal dari berbagai budaya seperti melayu, China, India, dan peranakan.
5 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Liburan ke Luar Negeri
.co.id – Liburan ke luar negeri memang menjadi impian setiap orang. Namun tahukah kalian, jika liburan ke luar negeri itu tidak semudah yang kita bayangkan, mulai dari mengurus paspor sampai barang yang akan dibawa.Tapi, bukan berarti liburan ke luar negeri itu sulit dan rumit, hanya saja ada beberapa hal penting yang memang harus Anda penuhi. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang wajib Anda lakukan sebelum liburan ke luar negeri. Apa saja?Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah rencanakan hari pertama Anda dengan baik. Hal ini sangat penting, karena tidak lucu juga jika tersesat di hari pertama liburan. Jadi, solusi paling tepat untuk mencegah hal ini adalah dengan mempelajari rute perjalanan dan tujuan Anda saat di sana.
Patut Bangga, 10 Produk Indonesia Yang Sukses Dieksport Ke Luar Negeri
Sebagai anak bangsa, kita harusnya bangga dan menggunakan produk dalam negeri ketimbang produk dari luar negeri. Sebagai informasi, Indonesia tidak hanya selalu mengimport barang dari luar negeri saja, tapi ada juga produk atau bahan dari Indonesia yang sukses diekspor ke luar negeri. Berikut adalah 10 produk Indonesia yang sukses diekspor ke luar negeri.
Desa Tawangsari, Perkenalkan Sejarahnya dengan Budaya Kirab
.co.id – Tawangsari merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Pengasih, kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Desa kecil berada di Yogyakarta bagian barat ini memiliki tradisi yang sangat unik, yakni mengenalkan sejarah desa dengan acara kirab budaya.Budaya kirab kali ini bertepatan dengan hari Bersih Desa atau sering juga disebut 'Merti Desa'. Budaya kirab Tawangsari digelar sangat meriah dengan menampilkan karya unik, setiap dusun dan diarak dari titik poin berkumpul menuju Balai Desa Tawangsari.Seperti judul diatas bahwa, budaya kirab ini bertujuan untuk memperkenalkan sejarah dan mempertingati terbentuknya Desa Tawangsari. Budaya kirab ini mempresentasikan, bagaimana bergabungnya kedua kelurahan tersebut dengan membagi kedua gunungan dari wilayah timur yang dulu masih bernama Janturan, dan dari wilayah barat yang bernama Jombokan.
Unik, Sepuluh Budaya Teraneh Ini Tak Sekadar Imajinasi
Setiap wilayah pasti memiliki kebiasaan dan kepercayaan tradisional yang berbeda-beda. Perbedaan inilah yang menjadikan dunia kita kaya akan budaya. Bahkan dalam satu wilayah (misalnya satu kota, provinsi, atau negara) memiliki budaya yang jumlahnya tidak hanya satu atau dua, melainkan ratusan hingga ribuan.Tengok saja budaya negeri kita sendiri yang setiap wilayahnya pasti memiliki ciri khas budaya masing-masing. Bahasa, tarian, rumah adat, lagu tradisional dan berbagai macam bentuk kebudayaan, hingga terkadang kita sendiri tidak mengenalnya secara dalam.Uniknya, budaya tersebut terkadang tidak mengenal apakah berlangsung secara damai dan mendatangkan kebahagiaan, atau justru merupakan sebuah budaya yang bisa dikatakan bertentangan dengan ajaran agama, norma yang berlaku, apalagi peraturan yang ditetapkan negara.
8 Cara Membangun Budaya Bisnis Ala Apple
Salah satu keuntungan besar, saat Anda menjadi wirausaha adalah membangun sejak awal budaya bekerja sendiri di perusahaan. Yangmana, ini akan jauh lebih mudah, jika dibandingkan mengubah budaya di perusahaan yang sudah berjalan.Tantangannya adalah bagaimana melakukannya dengan benar. Salah satu perusahaan terkemuka, yang mampu membangun budaya perusahaan dengan baik adalah Apple. Dalam buku terbaru, Jim Stengel, yang berjudul "Grow: How Ideals Power Growth and Profit", mengungkapkan kajian mengenai 50 Bisnis Terbaik Dunia, termasuk Apple.Di mana, Apple memfokuskan bisnis mereka pada budaya untuk meningkatkan kesejahteraan karyawannya, dengan memiliki rating pertumbuhan 3 kali lipat dibandingkan kompetitor di kategori yang sama. Lantas, seperti apa prinsip dasar yang baik untuk membangun budaya bisnis?
Negeri Kita adalah Negeri Copot
Ini negeri bernama Copot. Pemimpinnya seorang Pencopot. Para menteri juga berinisial tidak berbobot. Bangunan yang berdiri di negeri ini terdiri dari semen dan batu bata hampir melorot. Tiang penyangga sisi empat bangunan mewah itu, seakan-akan bolong dan sekali diterpa angin akan merosot. Dan orang-orang di negeri ini kebanyakan sering sewot, lantaran hampir semua media bahkan menyorot permasalahan negeri ini.Adalah Lolot. Seorang pintar tapi bodoh. Tiap hari mendayuh sepeda ontel ke bangunan tua di ujung jalan masuk negeri mereka. Negeri ini memang tidak besar, penduduk negeri ini tidak menerima pendatang baru untuk bertamu. Mungkin akan cepat cemburu melihat orang non pribumi berjaya di negeri berlimpah hasil bumi.Nyatanya, beberapa tahun silam pendatang diusir keluar dari negeri ini lantaran iri hati dan dengki. Negeri ini kecil, tidak lebih luas dari negeri Patung Singa. Lolot hanya julukan. Tiap pagi ia harus bangun subuh-subuh untuk mendendangkan irama gendang. Usai subuh tepatnya.
Lima Budaya Baik Ini Perlu Diterapkan dalam Keluarga
Sering dikemukakan bahwa kedua orangtua menjadi pendidik sekaligus guru pertama anak di lingkungan keluarga. Dikatakan demikian karena anak pertama kali lahir, tumbuh dan berkembang di lingkungan rumah tangga.Orangtua tidak mengajari anak dengan berbagai disiplin ilmu. Melainkan menanamkan nilai-nilai sikap dan karakter baik. Hal ini dapat dilakukan melalui tradisi dan kebiasaan yang baik budaya baik di lingkungan keluarga, suri tauladan dan doktrin kedua orangtua anak.Ada beberapa budaya baik yang perlu ditumbuhkembangkan sejak dini di lingkungan keluarga. Berikut pembahasannya:1.Budaya baca dan tulis. Dua budaya ini saling berkaitan. Budaya membaca berhubungan dengan penambahan pengetahuan dan wawasan. Sedangkan budaya tulis berhubungan dengan penyampaian ilmu pengetahuan dan gagasan melalui bahasa tulis. Kelak anak akan terlatih dan terbiasa untuk membaca dan menulis sesuatu yang bermanfaat. Baca selengkapnya..
Empat Hal yang Perlu Dipersiapkan Jika Kerja di Luar Negeri
Sulitnya bekerja di dalam negeri mungkin membuatmu berpikir untuk mencari pekerjaan di luar negeri. Memang tidak ada salahnya, terlebih jika bekerja di luar negeri kamu akan memperoleh pengalaman yang lebih banyak, selain pengalaman kerja juga pengalaman hidup di budaya yang berbeda.Modal yang dibutuhkan untuk bekerja di luar negeri memang tidak sedikit, tapi kamu akan mendapatkan hasil yang setimpal dengan apa yang dikeluarkan nantinya.Dan jika akan kembali ke dalam negeri, kamu pasti lebih diperhitungkan karena memiliki pengalaman di luar negeri. Ada hal-hal yang harus kamu kuasai untuk dapat bekerja di luar negeri. Apa saja itu?Baca Selengkapnya...
Mengenal Budaya Betawi Lebih Dekat Melalui Rupa-rupa Jakarta
Indonesia kaya akan keragaman budaya nusantara, keunikan dan kekhasannya tersebar merata dari Sabang hingga Merauke. Namun, akan ke mana keberlangsungan budaya ini tetap bertahan? Lambat laun kian tergerus akan modernisasi yang merajai.Sudah sepatutnya sebagai warga negara Indonesia, kita menjaga nilai luhur budaya, karena budaya bukan sekadar kesenian, tetapi budaya lahir dari akal budi pikiran sebagai referensi kebaikan yang dapat membentuk jati diri.Melihat fenomena tersebut akan kepedulian budaya khususnya ibukota, para seniman Betawi pun menggagas event bertajuk Rupa-rupa Jakarta, yang bertempat di Amphi Theater Setu Babakan Zona A. Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk gerakan kepedulian atas sejarah perkembangan Museum Budaya Betawi.
5 Budaya Paling Aneh di Dunia
Budaya merupakan suatu cara hidup, yang dimiliki secara bersama-sama oleh sekelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya dapat terbentuk dari beragam unsur yang cukup rumit, seperti halnya sistem agama, politik, adat istiadat, bahasa, pakaian, bangunan, dan karya seni.Pada saat ini, kebanyakan dari kita lupa bahwa hal-hal sederhana seperti telepon selular dan iPad, juga telah menjadi bagian dari budaya kita. Karena ternyata, budaya bukanlah sebatas apa yang kita perlu ikuti sejak awal, tapi juga mencakup segala sesuatu yang kita rasa penting untuk kita lakukan setiap harinya.Kemudian, timbul sebuah pertanyaan, adakah budaya yang terbilang aneh di seluruh dunia yang masih dipertahankan hingga saat ini? Berdasarkan hal tersebut, berikut ini kami bagikan beberapa budaya yang terbilang aneh di dunia. Apa saja?
Tujuh Budaya Indonesia yang Masuk Situs Warisan Dunia
VIVA.co.id – Indonesia merupakan salah satu negara dengan warisan budaya yang sangat beragam. Dengan keberagaman yang ada tersebut, wajar saja jika tercipta banyak sekali budaya yang seharusnya bisa dijaga dan dilestarikan.Hal tersebut karena, budaya lokal sudah mulai bergeser dengan budaya barat. Salah satu cara menjaga dan juga melestarikan berbagai budaya yang ada tersebut adalah dengan memasukkannya atau mendaftarkan pada UNESCO.Dan berikut ini adalah budaya Indonesia yang masuk dalam situs warisan dunia. Kira-kira, apa saja ya budaya itu? Yuk selengkapnya berikut ini.