Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Naik Bus Bayar Pakai Sampah di Indonesia

 – Konsep bank sampah adalah upaya mengubah perilaku masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, namun justru memanfaatkannya dari sisi ekonomi. Sampah disetorkan kepada bank, lalu nilai ekonomi atau uangnya dimasukan ke rekening warga yang bersangkutan seperti lazimnya menabung di bank.

Di Indonesia bahkan ada sampah yang dimanfaatkan untuk membayar layanan kesehatan. Juga ada aktivitas sedekah sampah yang nilai ekonominya lalu dimanfaatkan untuk membangun fasilitas bagi komunitas warga.

Kini, kita disodori lagi fakta soal bagaimana memanfaatkan sampah. Warga yang ingin naik bus untuk bertransportasi dapat membayar dengan sampah plastik. Itulah inovasi yang digulirkan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Jawa Timur, Warga yang naik Bus Suroboyo cukup membayar dengan sampah.

Read Full Article
Lebih Dekat dengan Sampah di Bank Sampah NTB Mandiri
.co.id – Hampir di setiap saat, di segala aktivitas, kita akan bertemu dengan sampah. Dalam bentuk apapun itu. Mengerjakan pekerjaan kantor, menikmati sajian makanan, memasak, dan berbagai kegiatan lain, pada akhirnya juga akan menghasilkan yang namanya sampah.Dan hingga kini, sampah menjadi masalah besar yang belum juga dapat ditangani. Penumpukan sampah dapat memicu terjadinya berbagai bencana, misalnya banjir maupun polusi lingkungan.Ya, bagaimana pun kita memang harus melangkah bersama untuk mengatasi permasalahan sampah ini. Kalau kita saja masih suka membuang sampah di sembarang tempat dan tidak memilahnya, akan susah jadinya. Tidak bakal selesai-selesai.
Begini Cara Efektif Meminimalisir Sampah
 – Sudah bukan rahasia lagi, jika permasalahan sampah jadi masalah di setiap kota, terutama kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta dan Bandung. Kebiasaan masyarakat dalam membuang sampah sembarangan maupun gundukan sampah yang menggunung dan bau menjadi masalah yang tak kunjung selesai.Padahal, jika kita mau berpikir sejenak, sebenarnya masalah sampah ini bukan jadi tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga masyakaratnya. Sudah bisa dipastikan, kita juga perlu ikut bertanggung jawab dan tak lepas tangan dengan permasalahan satu ini.Kita turut menyumbang setiap kilo sampah dan kita pula penyebab menggunungnya sampah di TPA. Berkaitan dengan pengelolaan sampah, Minggu 19 November 2017 lalu saya berkesempatan hadir di acara Car Free Day bersama Balitbang PUPR.
Ketika Sopir Menabrak Penumpangnya
 – Peristiwa ini memberi pembelajaran sangat berharga bagi kita semua, khususnya bagi penumpang maupun awak bus. Tentu saja, perlu menjadi perhatian besar bagi pengemudi bus. Kejadian berawal ketika suatu siang yang cerah.Perempuan penumpang bus turun. Lalu, perempuan tadi menyeberang jalan dari sisi depan bus. Pengemudi bus yang mengaku tidak tahu ada orang menyeberang menjalankan angkutan umum itu. Kecepatan bus berkisar 10-20 kilometer per jam.Perempuan tadi tertabrak bemper bagian depan bus. Selain pingsan, terdapat luka-luka di tubuhnya. Korban pun dilarikan ke rumah sakit terdekat. Namun, dalam perjalanan, jiwa sang korban tak tertolong. 
5 Bus Mewah Dunia dengan Fasilitas di Luar Nalar
Bus adalah alat transportasi yang sudah sangat lazim di Indonesia. Bus menjadi sarana transportasi yang efektif, karena dapat mengangkut banyak penumpang sekaligus.Selain itu, bus juga memiliki banyak macam, mulai dari bus yang biasa saja hingga bus mewah. Bahkan saking mewahnya, bus di berbagai negara ini memiliki fasilitas di luar nalar. Dimulai dengan bus Volkner Mobil Performance.Bus ini memiliki panjang kurang lebih 12 meter, bahkan memiliki garasi mobil modern di bawahnya. Interiornya dilengkapi dengan fasilitas modern, layaknya hotel mewah. Ada dapur, kamar mandi, ruang lobi, dan sofa yang terbuat dari kulit. Harga bus ini adalah USD 1.760.000.
Kisah Gadis 'Sampah' yang Berubah Jadi Superhero
 – Nadia Sparkes, Gadis dari Norwich ini berhasil memberikan bukti kepada para hatersnya. Di mana, ia membuktikan jika selalu positif maka akan menghasilkan hal positif juga. Nadia Sparkes dulunya merupakan korban bully, bahkan ia pernah dijuluki sebagai gadis sampah oleh teman-temannya.Akan tetapi, kini predikat "Superhero" dari dunia melekat kepadanya, ia dianggap sebagai pahlawan untuk dunia. Bagaimana bisa? Nadia dijuluki sebagai gadis sampah, karena hobinya memunguti sampah-sampah yang ada di sekitarnya.Setiap hari usai pualng sekolah, Nadia selalu menyempatkan waktunya untuk memungut sampah, berbeda dengan teman-temannya yang hobi main dan jalan-jalan. Hal itu dilakukannya, lantaran kecintaan dan kepedulian Nadia terhadap lingkungannya.
Sopir Bus Lalai Bikin Pesepeda Motor Terkulai
Bus antar kota melaju di jalan yang lurus dan mayoritas mulus. Di depan bus tampak sejumlah kendaraan lain. Ada sepeda motor, becak, dan mobil angkutan barang. Cuaca pun tampak sangat cerah. Pengemudi bus bersiap-siap mendahului.Merasa cukup aman, sopir pun tancap gas. Awalnya tidak ada apa-apa, tapi semua itu tak berlangsung lama. Saat bus mengarah ke kanan jalan, dari arah berlawanan datang mobil boks. Tabrakan dapat dihindari, karena mobil boks banting stir ke kiri.Petaka terjadi, ketika dari belakang bus ternyata ada pesepeda motor. Bus yang melibas marka jalan menyambung posisinya terlalu ke kanan. Bus akhirnya menghantam motor. Bukannya menghentikan bus dan menolong korban, pengemudi bus justru tancap gas begitu saja.
Transit Elevated Bus, Hindari Kemacetan Total di China
China telah meluncurkan sebuah bus futuristik yang mampu mengendarai mobil lain dalam kemacetan lalu lintas yang mengerikan yang terkenal banyak terjadi di kota Negara Tirai Bambu. Hal ini, tentunya sangat menggembirakan, karena dapat mengurangi angka kemacetan di kota-kota besar di dunia. Dan, konsep tersebut sekarang telah menjadi sebuah kenyataan dalam waktu dua bulan.Prototipe yang dipasang di jalan-jalan di kota Qinhuangdao timur laut, atau sekitar 300 kilometer timur Beijing menelusuri jalur kendali sejauh 300 meter. Transit Elevated Bus membentang lebar pada kedua jalur jalan raya dan mengendarai dua jalur yang diletakkan di tepi kedua jalur yang dapat mencapai kecepatan hingga 60 kmph.Tinggi keseluruhan Transit Elevated Bus sekitar 4,8 meter. Memungkinkan mobil lainnya melintas dengan nyaman di bawahnya seperti yang dilansir dari laman amusingplanet.com. Transit Elevated Bus tidak hanya dapat menghindari kemacetan lalu lintas, tetapi juga mengurangi kemacetan yang disebabkan oleh bus reguler yang menaikkan dan menurunkan penumpang di halte bus.Baca Selengkapnya...
Suka Duka Naik Bus dari Medan ke Yogyakarta
Perjalanan jauh saya sudah merasakan naik pesawat, motor, dan terakhir kalinya naik bus. Nah, naik bus cukup seru untuk diceritakan, mulai dari kesal, sedih, dan bahagia. Tanggal 13 Juli 2016, tiket pesawat dari Medan ke Yogyakarta, harganya selangit, sampai Rp2 jutaan. Mahal, bukan?Ya, mungkin karena arus balik mudik. Akhirnya saya memilih naik bus saja. Karena kursi penuh, saya hanya ada kesempatan untuk mendapatkan kursi paling belakang dekat pintu belakang bus. Terbayang kan, betapa letihnya seandainya saya mau duduk berhari-hari di sana sampai ke Yogyakarta.Jadi saya putuskan mencari loket bus yang lain. Carier yang super gede dipikul lagi, dan membawa setenteng kardus yang isinya buku semua, saya keluar dari loket bus yang ternama itu. Saat menunggu angkot menuju loket berikutnya, calo liar sudah membujuk saya, menawari bus yang sama.
Warga Perumahan Jabodetabek Kini Disediakan Bus Penghubung
Satu demi satu penumpang bus berdatangan. Mereka duduk di bangku yang tersedia. Sedangkan bus berwarna merah menyala itu parkir di sudut gedung perkantoran. Mesinnya menyala. Para penumpang tidak semata dari gedung perkantoran Berita Satu Plaza, Jakarta Selatan. Ada yang entah dari perkantoran mana di Jakarta. Mereka ada yang naik angkutan umum, tapi ada juga yang naik ojek berbasis aplikasi.Bus rute Jakarta Selatan ke Karawaci, Tangerang, Banten itu bertuliskan JR, Jabodetabek Residence. Sore itu bus sabar menanti penumpang yang mayoritas ingin pulang usai bekerja sepanjang pagi hingga petang. Naik bus itu tarifnya Rp 25 ribu, kata Eko, salah seorang penumpang saat berbincang dengan saya di Jakarta, belum lama ini.Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek BPTJ Kementerian Perhubungan, Elly Adriani Sinaga mengatakan Pemerintah tengah mendorong layanan transportasi Jabodetabek. Kebutuhan akan transportasi terintegrasi ini sangat mendesak mengingat jumlah penduduk di kawasan aglomerasi ini terus meningkat.Baca Selengkapnya...
Tabrak 3 Motor, Mikro Bus Dihentikan Pohon Mangga
Pengemudi tak mampu mengendalikan mikro bus di jalan yang menurun dan menikung. Tabrakan pun terjadi. Tidak tanggung-tanggung, tiga motor sekaligus dihantam mikro bus. Korban pun bertumbangan, satu meninggal dunia dan dua orang luka-luka. Dua korban luka adalah ibu dan anaknya.Kala itu, korban yang juga menjadi saksi kecelakaan sedang di rumah membuat bubur bayi untuk menyuapi anak saksi. Dia pun kemudian menggendong anak keluar rumah, setiba di depan rumah, tiba-tiba badan sang ibu terdorong atau terbentur oleh benda kemudian jatuh tersungkur dan tidak sadar beberapa saat. Setelah itu, sang ibu bingung mencari anaknya yang terlepas dari gendongan.Benda yang menyeruduk ibu dan anak itu adalah mikro bus yang dikemudikan, Sarmin, sebut saja demikian. Mikro bus itu diduga lepas kendali karena rem tidak berfungsi dengan baik. Selain menabrak tiga sepeda motor, mikro bus juga menabrak bangunan teras rumah dan warung kios.
Ini Waktu yang Dibutuhkan Alam untuk Mengurai Sampah
Menurut Kementerian Lingkungan Hidup, Indonesia dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta jiwa menghasilkan 2000 ton sampah per hari, atau setara dengan 73 juta ton per tahun. Sampah sebanyak itu jika tidak dikelola dengan baik, beberapa tahun mendatang rakyat Indonesia akan hidup bersama tumpukan sampah.Sebenarnya bagi orang kreatif, di dunia ini tidak ada yang namanya sampah, yang ada hanyalah sumber daya yang bisa menghasilkan sesuatu yang baru, sesuatu yang berguna, dan yang pasti, mendatangkan penghasilan. Hanya perlu mengolahnya kembali atau menggunakannya kembali.Sampah yang kita buang setiap hari terdiri dari dua jenis, yakni organik dan anorganik. Sampah organik adalah sampah yang terdiri dari bahan-bahan tumbuhan dan hewan yang berasal dari alam yang proses penguraiannya memerlukan waktu yang relatif lebih singkat.
Pengalaman Naik Kereta Api Denpasar - Surabaya
Naik kereta api Denpasar-Surabaya, bagaimana bisa? Masa kereta apinya melewati laut? Yang dimaksud dengan naik kereta api dari Denpasar menuju Surabaya, yaitu kita beli tiket kereta api jurusan Denpasar ke Surabaya.Tapi kita naik kereta apinya dari Banyuwangi. Sedangkan dari Denpasar ke Banyuwangi, kita diberangkatkan dengan menggunakan bus Damri. Pembayaran tiket kereta api sudah termasuk tiket bus Damri dari Denpasar menuju Ketapang, Banyuwangi. Begitu pun sebaliknya, bila kita naik kereta api Surabaya-Denpasar.Jangan khawatir, bus Damri yang disediakan mempunyai fasilitas AC, dan penumpang pasti dapat tempat duduk. Kalau dari DenpasarKetapang, kita sebaiknya berangkat dari pool bis Damri di Jl. Diponegoro 194 Denpasar, bersebelahan dengan klinik Prodia.
Ini Dia Tempat Sampah Modern, Dijamin Praktis dan Keren
 – Di zaman yang sudah serba digital ini, rupanya tempat sampah mulai perlahan mengalami perubahan. Mulai dari yang tadinya hanya sebuah tempat biasa, kini bisa menjadi luar biasa dengan teknologi yang canggih.Kemajuan teknologi memang dikhususkan untuk semakin memudahkan manusia. Oleh karena itu, tidak heran di zaman yang sudah canggih ini banyak alat-alat yang memudahkan kehidupan manusia. Seperti tempat sampah pinggir jalan berikut ini.Di mana, tempat sampah canggih berikut ini memberikan kemudahan bagi masyarakat dan petugas pembuang sampah. Jadi, penasaran bukan seperti apa, tempat sampah modern ini?
Cuma Bayar Rp5400, Naik Bus ke Noi Bai Airport
Selama perjalanan dari pusat kota, sebenarnya sempat deg-degan. Apakah sudah benar, aku naik bus yang tepat? Saat naik, aku tanya ke petugas, semacam kernek yang kutip uang.Tanpa bicara, dia cuma iyakan dengan anggukan kepala. Sementara, tidak ada satupun dari para penumpang yang membawa tas, koper atau sejenisnya, sebagai tanda orang yang akan bepergian melalui bandara.Setiap melewati bus berhenti, aku hanya memastikan masih tertera nomor bus dan kata Noi Bai Airport. Itu saja. Selebihnya pasrah. Pasalnya juga, bus ini tidak melewati jalur umum dan jalan raya.
Sampah di Bali Kembali Jadi Sorotan Dunia
 – Menjadi tempat tujuan wisata bagi banyak orang, Bali menghadapi masalah pencemaran yang cukup memprihatinkan. Keadaan darurat sampah tidak hanya mengancam dan buruk untuk liburan, tapi juga kesehatan, tulis beberapa media online internasional. Gambar peselancar dan perenang yang dikelilingi oleh limbah mengambang di perairan yang dulu memikat, atau tumpukan sampah di pasir pantai Bali, secara teratur menunda orang-orang yang ingin ke Bali.Hampir 1,3 juta ton sampah laut diproduksi oleh Indonesia setiap tahunnya, menurut AFP. Indonesia merupakan penyumbang terbesar kedua di dunia untuk limbah berbahaya setelah China. Pihak berwenang mencoba menangani masalah sampah, mengerahkan mesin berat, dan membersihkannya. Namun, plastik dan kotoran lainnya tetap muncul.Situasi semakin memburuk selama musim hujan. Ketika lebih banyak sampah terbawa dari darat dengan angin kencang dan sungai yang meluap. “Sampah secara estetis mengganggu wisatawan, tapi masalah sampah plastik jauh lebih serius,” kata Gede Hendrawan, peneliti kelautan dari Universitas Udayana Bali. 
Naik Bus Bayar Pakai Sampah di Indonesia
 – Konsep bank sampah adalah upaya mengubah perilaku masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, namun justru memanfaatkannya dari sisi ekonomi. Sampah disetorkan kepada bank, lalu nilai ekonomi atau uangnya dimasukan ke rekening warga yang bersangkutan seperti lazimnya menabung di bank.Di Indonesia bahkan ada sampah yang dimanfaatkan untuk membayar layanan kesehatan. Juga ada aktivitas sedekah sampah yang nilai ekonominya lalu dimanfaatkan untuk membangun fasilitas bagi komunitas warga.Kini, kita disodori lagi fakta soal bagaimana memanfaatkan sampah. Warga yang ingin naik bus untuk bertransportasi dapat membayar dengan sampah plastik. Itulah inovasi yang digulirkan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Jawa Timur, Warga yang naik Bus Suroboyo cukup membayar dengan sampah.
Menakjubkan, 5 Tempat Ini Dianggap Paling Bersih Di Dunia
Jika dibandingkan dengan dulu, bumi sekarang seolah menjadi tempat sampah raksasa. Bayangkan saja, dimana-mana kita bisa menemui sampah yang berserakan. Mulai di tempat pembuangan sampah, got, sampai di sungai sekalipun. Jika tidak segera di atas, sampah-sampah tersebut malah mendatangkan bencana bagi manusia.Namun berbicara tentang sampah, sepertinya tidak akan berlaku di tempat ini. Ya, beberapa daerah ini telah dinobatkan sebagai tempat paling bersih di dunia. Percayalah, setelah kamu membaca tulisan ini mungkin akan terlintas dibenakmu untuk pergi kesana.
Pria Ini Berhasil Ciptakan Minyak dari Limbah Plastik
Sampah memang menjadi masalah lingkungan hidup di dunia, tak terkecuali Indonesia. Masalah sampah yang menumpuk menjadikan Indonesia peringkat kedua penghasil sampah terbesar setelah China.Sampah utama berasal dari sampah plastik. Sampah plastik tidak dapat terurai oleh tanah dengan cepat, cara yang paling ampuh untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan daur ulang.Sepertinya mustahil untuk melenyapkan banyaknya sampah plastik di Indonesia ini. Tapi baru-baru ini, sebuah akun Facebook bernama Say Muhammad menambahkan foto dan memberi keterangan foto tersebut bahwa, ia telah berhasil membuat minyak bakar dari sampah plastik.
Asyiknya Keliling Kota Palma Spanyol
Bus City Sightseeing yang berwarna merah ceria itu selalu menjadi kesukaan kami di manapun berada. Bus wisata yang menggunakan sistem hop-on hop-off ini memang tersebar di kota-kota seluruh penjuru dunia. Setidaknya ada sekitar 100 kota yang mempunyai layanan ini. Begitu pula pada liburan di Spanyol kali ini.Palma adalah ibukota pulau Mallorca di mana kami berada. Tentu saja kami akan naik bus City Sightseeing ini untuk berkeliling kota dan berhenti di tempat-tempat menarik seantero kota. Bus City Sightseeing kota Palma de Mallorca, mempunyai sebuah jalur mengelilingi kota.Di jalur ini ada 18 buah perhentian menarik di mana pengunjung bisa turun naik sesuka hati sesuai jadwal yang tertera. Dan yang sangat menyenangkan adalah, bus ini mempunyai suara guide dalam 8 bahasa. Sayang sekali tidak ada Bahasa Indonesia sebagai pilihan.
Sampah Bisa Lebih Berharga di Tangan Orang Kreatif
 – Siapa yang tidak tahu dengan sampah, jika dibuang dengan sembarangan maka akan merusak pemandangan lingkungan, kebersihan, kerapian, dan keindahan suatu lingkungan. Jika sudah menumpuk dan tidak terurus, sampah juga akan menimbulkan bau yang tidak sedap.Sehingga tidak heran, jika di mana-mana sering terpasang simbol atau anjuran "Buanglah sampah pada tempatnya". Bahkan, ada yang menggunakan kalimat yang lebih ekstrem lagi, misalnya "Sekolah SD 6 tahun, SMP 3 tahun, SMA 3 Tahun, kuliah 4 Tahun, tapi masih buang sampah sembarangan, memang sekolah belajar apa?"Namun, tidak semua orang memandang sampah adalah barang yang jijik dan kotor, bahkan mereka setiap hari bergelut dengan sampah. Karena, mereka memandang sampah adalah barang yang berharga.
5 Alasan Kenapa Wajib Pakai Masker Saat Naik Motor
Sehari-hari saya pakai motor kalau mau pergi kemana-mana. Mulai antar anak sekolah sampai beli tempe ke pasar. Ya, kadang mengemudi sendiri, kadang naik ojek online, kadang juga diantar suami untuk pergi.Kalau naik motor itu banyak yang harus diperhatikan, salah satunya wajib pakai masker. Ternyata, bahaya jika saat kita naik motor tidak memakai masker. Kenapa bisa?Untuk pengendara sepeda motor, selain pakai helm, jaket dan sepatu, masker adalah hal wajib yang harus dipakai. Salah satunya karena polusi udara yang semakin lama semakin meningkat.Baca selengkapnya...
Hubungan Rumit dengan Sampah Hingga Jadi Mantan Terindah
Setiap hari, orang-orang membicarakan sampah. Mulai dari puntung rokok yang dibuang sembarangan, sampah rumah tangga yang menumpuk di pinggir jalan, hingga sampah kenangan yang tak henti-hentinya membanjiri pikiran.Kita terus mempersoalkan sampah, padahal itu seperti hubungan sama mantan, diselesaikan baik-baik dan kalau susah dipahami, ya sudah, memahami diri sendiri saja. Berbagai cara dilakukan untuk mengatasi masalah ini, khususnya sampah yang dihasilkan kota-kota besar.Mulai dari program kampanye membuang sampah pada tempatnya yang tidak ada habis-habisnya, studi banding ke beberapa negara di Eropa, sampai memanggil Power Rangers ke Jakarta.
Terkuak Penyebab Kecelakaan Bus Maut Lembang
Jerit tangis dan ratapan para penumpang bus pariwisata Parahyangan membelah angkasa Jumat, 9 Juli 2016 sekitar pukul 15.30 WIB. Bus maut yang mengangkut 55 penumpang itu merenggut sembilan korban jiwa dan belasan yang luka-luka.Bus maut bernomor polisi T 7035 DL itu menabrak dua mobil dan dua sepeda motor yang ada di depannya, di Jalan Kolonel Masturi kilometer 4, kawasan Kota Cimahi Utara, Kabupaten Bandung. Sontak pihak kepolisan, dinas perhubungan, hingga Komite Nasional Keselamatan Transportasi KNKT pun sibuk turun tangan. Investigasi pun dilakukan. Bus itu remnya blong. Bus itu juga dua tahun tidak mengikuti kir, padahal kir itu setahun dua kali, ujar Pudji Hartanto, direktur jenderal Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Kemenhub dalam diskusi langsung di acara Coffee Break, tvOne, Selasa, 20 Juli 2016 pagi.