Anggrek Terkecil di Dunia Tumbuh di Tahura Djuanda Bandung

Anggrek Terkecil di Dunia Tumbuh di Tahura Djuanda Bandung

Beltane Dufresne  ⋅  08 Apr 2018 09:49:15

.co.id – Indonesia terkenal memiliki keanekaragaman hayati yang melimpah. Salah satunya adalah memiliki anggrek terkecil di dunia atau Taeniophyllum Glandulosum. Anggrek terkecil di dunia ini tumbuh di Taman Hutan Raya atau Tahura Ir. H. Djuanda, Bandung. Anggrek terkecil di dunia ini merupakan salah satu keunikan Tahura Djuanda Bandung.

Sejak pertama kali ditemukan pada tahun 2008, nampaknya keberadaan anggrek terkecil di dunia ini seperti luput dari perhatian. Hal ini mungkin disebabkan karena fisiknya yang sangat kecil. Ukuran anggrek terkecil di dunia ini kurang dari 0,5 cm. Pengunjung Tahura Djuanda Bandung sering melewatkan mengamati anggrek ini.

Selain ukurannya yang kecil, juga karena ia menempel di pohon meranti merah setinggi 25 meter yang tumbuh di area blok pemanfaatan Tahura Djuanda. Kulit pohon meranti yang kasar agak menyulitan kita untuk menemukan keberadaan anggrek ini. Untuk bisa menemukan anggrek Thaenophylum tidaklah mudah. Karena di Indonesia hanya terdapat di dua lokasi yang diketahui tumbuh anggrek jenis ini.

 

Continue Reading

Related Posts