Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Salju Tutupi Gurun Sahara untuk Kali Ketiga Dalam 40 Tahun

 – Gurun Sahara termasuk daerah paling kering di dunia, dengan curah hujan yang sangat rendah. Sulit sekali menemukan kehidupan di padang pasir yang sangat panas ini. Tapi perubahan cuaca dunia, ternyata memengaruhi gurun Sahara.

Bukan sihir, kini gurun Sahara diselimuti salju setinggi hampir 40 centimeter. Cukup tebal untuk salju yang bisa ditemukan di daerah tandus ini. Kejadian ini berlangsung usai sebuah kota di dekat gurun Sahara dihantam badai musim dingin yang aneh.

Ini adalah yang ketiga kalinya dalam 40 tahun terakhir, bahwa kota Ain Sefra di Aljazair telah melihat salju menutupi bukit pasir merah. Salju mulai jatuh pada dini hari Minggu pagi, dan dengan cepat mulai menutupi padang pasir.

Read Full Article
Fenomena Aneh, Salju Telah Turun di Gurun Sahara
Fenomena aneh terjadi pekan ini, salju telah turun di gurun Sahara, belum ada penjelasan secara ilmiah untuk fenomena langka ini.
Romantisme 'Salju' di Kota Bogor
.co.id – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti romantisme itu adalah bersifat seperti dalam cerita roman (percintaan), bersifat mesra, mengasyikkan. Tapi, kok ada salju di Kota Bogor? Padahal di daerah tropis dataran rendah bisa dipastikan tidak mungkin ada salju.Memang, fenomena salju di daerah tropis hanya ada di Pegunungan Jayawijaya Papua. Selain salju abadi, ada juga fenomena embun upas di Dieng yang menyerupai salju. Kenapa saya posting tentang romantisme salju di Kota Bogor?Karena Bogor menyimpan banyak kenangan dan salju sepertinya barang langka di daerah tropis. Salju memang tidak pernah turun di Bogor, tetapi kalau hujan es memang sering terjadi di Bogor. Paling tidak itulah pengalaman selama tinggal di Bogor semasa kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB).
Foto-foto Salju Turun di Gurun Sahara
Gurun Sahara merupakan daerah paling panas dan paling kering di dunia, dengan suhu rata-rata mencapai 30 derajat Celcius. Namun beberapa hari lalu, salju secara misterius turun di padang pasir terbesar itu.Fenomena aneh ini terjadi pada hari Senin 19 12 kemarin, ketika salju putih menutupi bukit pasir merah di kota gurun kecil Ain Sefra di Aljazair. Pemandangan tak biasa ini, berhasil diabadikan oleh seorang fotografer amatir bernama Karim Bouchetata."Semua orang terpana melihat jatuh dari langit," kata Karim. "Salju bertahan selama sekitar satu hari di padang pasir sebelum mencair," tambahnya.
Fenomena Embun Upas di Dieng yang Mirip Hujan Salju
Fenomena hujan salju, biasanya terjadi di belahan dunia yang beriklim sub tropis. Karena berada di iklim tropis, sepertinya tidak mungkin bisa menikmati fenomena alam hujan salju di Indonesia.Hamparan salju abadi di Indonesia hanya terdapat di Pegunungan Jayawijaya saja. Tapi ternyata selain di Pegunungan Jayawijaya, fenomena menyerupai hujan salju bisa juga terjadi di Dataran Tinggi Dieng, terutama pada musim kemarau.Fenomena alam seperti hujan salju berupa hamparan butiran es ini, oleh penduduk Dieng disebut embun upas atau bun upas. Embun upas ini biasanya terjadi pada puncak musim kemarau. Wah, jadi penasaran bukan dengan penampakan hujan salju ala Dieng ini?
Tiba-tiba Muncul Benda Besar dari Balik Salju
 – Salju itu berwarna putih dan sepertinya sangat lembut. Itulah yang ada di dalam pikiran kita saat melihat tumpukan salju. Apalagi salju ini tidak datang setiap bulan, karena hanya ada di bulan-bulan tertentu saat musim dingin.Tidak semua negara bisa menikmati salju, karena hanya daerah subtropis saja mereka turun. Namun kadang salju yang turun bisa membawa petaka, terutama jika menumpuk di jalan utama maupun di jalur kereta api. Dan untuk menyingkirkannya tentu tidak mudah.Tetapi jika Anda melihat video yang satu ini cukup mengejutkan, bahkan tidak membosankan. Di mana sebuah benda besar dengan kecepatan tinggi keluar dari tumpukan salju. Apakah itu?
Luar Biasa, Tanaman Anti Beku di Tengah Hamparan Salju
Ditemukan sebuah fenomena alam mengagumkan di tengah hamparan salju putih di musim dingin. Fenomena ini dapat Anda saksikan ketika bertualang di hutan dan lahan basah di seluruh Kanada timur dan timur laut Amerika Serikat, yakni sebuah tanaman anti beku di tengah luasnya hamparan salju.Tanaman unik tersebut bernama 'kubis sigung' (Symplocarpus foetidus). Disebut dengan kubis sigung tak lain, karena baunya yang busuk seperti binatang sigung. Kubis jenis ini adalah salah satu tanaman pertama yang muncul di musim semi, saat di mana salju musim dingin belum mencair, demikian seperti dilansir Amusing Planet.Hebatnya, tanaman ini mampu bertahan dari dinginnya es salju. Artinya ia sama sekali tak ikut membeku bahkan mampu mencairkan es salju yang ada di sekitarnya. Penasaran, dengan tanaman satu ini? Yuk simak ulasannya berikut ini.
Aneh, Salju Kembali Turun di Arab Saudi
Arab Saudi memiliki suhu udara yang panas sepanjang tahunnya. Jadi sangat tidak mungkin ada salju turun di wilayah Arab. Namun faktanya, beberapa waktu lalu salju dingin kembali lagi turun di Arab Saudi.Salju terlihat menutupi gurun pasir di wilayah tengah dan barat laut Arab Saudi, setelah suhu udara di sana turun jadi di bawah nol derajat Celcius. Sebelumnya, fenomena serupa juga pernah terjadi di Arab pada awal tahun 2016 lalu.Mengutip situs Al Arabiya, Selasa 29 11 , salju beralaskan tanah menutupi pusat kota Shakra dan barat laut kota Tabuk. Sementara di kota Tabarjal, suhunya mencapai minus 3 derajat Celcius, dan di Al-Quryat suhunya mencapai minus 1 derajat Celcius.
Ada Macan Tutul Salju di Foto Ini, Bisakah Anda Menemukannya
Macan tutul adalah salah satu pemangsa yang paling sukses dalam berburu, meskipun mereka melakukannya sendirian. Kucing besar yang satu ini sangat efisien dalam berburu, di mana mereka bisa menyamar dengan sempurna.Bahkan, mangsanya tidak akan pernah tahu jika di lokasi mereka berada bisa terdapat macan tutul yang siap menyergapnya. Ada beberapa jenis macan tutul yang terdapat di beberapa lokasi di dunia, salah satunya adalah macan tutul salju.Sama seperti saudaranya yang memiliki corak , macan tutul salju juga bisa berkamuflase sempurna dengan lingkungannya. Seperti macan tutul salju berikut ini, di mana kita akan kesulitan untuk menebak di mana lokasinya berada.
Robot NASA Temukan Bukit Pasir Raksasa di Mars
Robot penjelajah Mars milik NASA, Curiosity Rover, telah mengirimkan foto yang luar biasa dari tembok besar pasir di tepi gurun Mars. Sebuah perjalanan di gurun di planet saja sudah dapat cukup menakutkan, namun bayangkan perjalanan jutaan mil melalui angkasa dan kemudian menangani gundukan pasir lima meter tingginya di dunia lain.Pekan ini, Curiosity Rover telah mengirimkan foto-foto yang ada di tepi gurun Mars yang dikenal sebagai 'Gurun Namib'. Foto-foto ini sungguh menakjubkan dan memberikan tantangan baru ke depan bagi penjelajahan rover di Mars.Ini adalah pertama kalinya bagi rover mengunjungi gundukan pasir di dunia lain dan menurut para ilmuwan harus menginjaknya ekstra hati-hati agar tidak terjebak ketika mencoba untuk mempelajarinya dari dekat.Baca selengkapnya ...
Gumuk Pasir Parangkusumo, Gurun Pasir ala Jogja
Seperti biasanya, Yogyakarta selalu menyajikan hal yang sangat unik dalam hal objek wisatanya. Seperti yang satu ini, Gumuk Pasir Parangkusumo. Pasti kamu bertanya-tanya, di Indonesia memangnya ada gurun pasir? Apalagi ini di Jogja yang biasanya didominasi wisata belanja, laut, sampai gunung.Tapi tahukah kamu, jika gurun pasir di Jogja ini benar adanya, dan ini terbentuk secara alami. Gurun pasir ala Jogja ini sudah dikenal sekitar dua tahun yang lalu, dan sampai sekarang dilakukan pengembangan untuk membuat tempat ini lebih menarik untuk dikunjungi.Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo ini tepat di antara Pantai Parangtritis dan pantai Depok, atau berada di sebelah selatan Yogyakarta. Untuk mencapai lokasi ini sangat mudah, hanya perlu sekitar 1,5 jam dari pusat Kota Yogyakarta. Lalu, apa saja yang ada di Gumuk Pasir Parangkusumo?
Menakjubkan, di Namibia Ada Gurun Bertemu Lautan
Di Swakopmund, Namibia, terdapat keajaiban alam yang sangat unik dan menakjubkan, di mana ada pertemuan antara gurun pasir dan lautan. Pemandangan tak biasa itu dapat dilihat di bagian selatan Gurun Namibia.Di sana, kita bisa melihat pemandangan hamparan pasir yang sangat indah hasil bentukan alam. Warna pasirnya juga tidak hanya cokelat, tapi ada yang berwarna merah muda hingga oranye.Namun ada lagi satu wilayah di gurun ini yang menjadi pusat tujuan wisatawan, yaitu wilayah Swakopmund, di mana bukit-bukit pasir bertemu dengan lautan yang membentang sejauh ratusan mil.
Fenomena Alam, Burung Ini Membeku Sempurna Saat Tangkap Ikan
Cuaca ekstrem yang dirasakan manusia saat ini, tidak bisa dilepaskan dari adanya proses pemanasan global. Di satu saat cuaca akan terasa sangat panas hingga terasa terbakar, dan selang beberapa saat hujan es melanda.Bahkan, gurun yang gersang pun dan jarang terjadi hujan bisa dipenuhi dengan salju seperti yang terjadi baru-baru ini di Sahara. Ternyata, bukan hanya manusia saja yang merasakan akibat dari perubahan cuaca ini.Hampir seluruh mahluk hidup pun merasakannya. Namun pernahkah Anda melihat air yang tiba-tiba membeku? Bahkan di sini, bisa sampai membekukan burung yang sedang menangkap ikan.
Coba Tebak Hewan Mematikan Apa yang Terkubur di Pasir Ini?
Mendengar kata gurun pikiran kita akan menerawang betapa panasnya tempat tersebut, hamparan padang pasir yang luas, dan tidak ada kehidupan di sana. Dan salah satu gurun terbesar di dunia adalah gurun Namibia.Gurun ini memiliki luas sekitar 50.000 kilometer persegi, yang berada di benua Afrika. Gurun ini dianggap sebagai gurun palin tua di dunia, bahkan curah hujan di sini sangat kecil sekali, hanya 10 milimeter setiap tahunnya.Namun siapa sangka, jika di gurun yang tandus ini masih ada kehidupan. Bahkan jika Anda tidak jeli, hewan yang hidup di sini bisa membunuh Anda dengan mudah. Salah satunya yang terkubur di pasir ini.
Bermain Salju di Musim Semi di Gunung Tateyama
 – Berseluncur main ski, menikmati danau vulkanik, dan melayang di atas pegunungan salju. Semua bisa ditemukan di musim semi.Saat saya, Yuki Anggia Putri, berkunjung ke Jepang pada musim semi di bulan Mei, keinginan untuk menikmati salju terasa mustahil. Hingga akhirnya saya menemukan informasi tentang Japan Alpine Tour atau yang lebih dikenal dengan Tateyama Kurobe Alpine Route.Di bulan April dan Mei, kita bisa menyaksikan salju bertumpuk hingga dua puluh meter, di sepanjang perjalanan menuju Gunung Tateyama.
Kisah Pohon Hidup Sebatang Kara di Bahrain
Gurun pasir adalah kawasan gersang dan tandus yang hampir tidak ada tanaman bisa tumbuh di sana. Jenis tanaman yang mampu bertahan di iklim gurun salah satunya adalah kaktus. Tapi, ada pemandangan ajaib di gurun pasir Bahrain, pohon berdaun lebat tumbuh sebatang kara seakan-akan menyalahi kodrat.Pohon ajaib yang tumbuh subur di tengah gurun pasir yang tandus tersebut dikenal dengan nama Shajarat al Hayat atau jika diterjemahkan berarti Pohon Kehidupan. Sesuai dengan namanya, pohon ini di luar nalar mampu bertahan di iklim gurun yang begitu kering. Lebih aneh lagi bahwa nyatanya pohon tersebut memiliki daun yang begitu lebat dan hijau.Pohon Kehidupan di Bahrain ini berasal dari jenis "mesquites" dan bernama latin "prosopis cineraria . Jenis pohon ini mampu tumbuh hingga ketinggian 9,75 meter.Baca selengkapnya ...
Fenomena Ajaib Terjadi Saat Hujan Lebat Turun di Gurun
Jika ditanya daerah paling kering di Bumi, jawabannya pasti gurun. Bukan tanpa alasan, gurun adalah tempat paling sedikit menerima curah hujan, bahkan beberapa gurun hampir sama sekali tidak pernah turun hujan.Maka tidak heran, jika di gurun tidak banyak terdapat mahluk hidup. Adapun yang bisa bertahan di sana, hanya beberapa serangga dan binatang melata saja, tetapi ada ular yang mampu hidup di gurun.Namun, tahukan Anda apa yang terjadi jika hujan terjadi di gurun pasir? Fenomena apa yang akan terjadi di sana? Berikut ulasannya untuk Anda.
KH Ali Mustafa Yaqub dan Seruan 'Berhaji Cukup Sekali, Infak Ribuan Kali'
Kiai Ali Mustafa Yaqub dikenal sebagai ulama yang teduh dengan tutur kata lembut. Dia juga konsisten mengajarkan, ibadah haji cukup sekali, infak ribuan kali.Jakarta - Ratusan santri di Pondok Pesantren Darus-Sunnah, Tangerang Selatan, Banten, tak bisa membendung air mata saat mengantar jenazah mantan Imam Besar Masjid Istiqlal Kiai Ali Mustafa Yaqub ke pemakaman, Kamis siang (28/4/2016) tadi. Kiai kelahiran Batang, Jawa Tengah, 2 Maret 1952 itu menghembuskan nafas terakhir pada Kamis pagi. Kiai Ali Mustafa Yaqub dikenal sebagai ulama yang teduh dengan tutur kata lembut. Dia juga konsisten mengajarkan bahwa menunaikan ibadah haji cukup sekali, infak ribuan kali. Pada Januari 2006 melalui sebuah kolom yang dimuat di Majalah Gatra, Kiai Ali Mustafa mengkritik kebiasaan masyarakat Indonesia yang gemar menunaikan ibadah haji lebih dari sekali. Menurut dia orang yang gemar naik haji berulang-ulang dengan niat tak tulus adalah 'pengabdi setan'.Menurut Ali Mustafa tak ada satu pun ayat yang menyuruh umat Islam melaksanakan haji berkali-kali, sementara masih banyak kewajiban agama yang harus dilakukan. Seperti menyantuni anak yatim dan memberi makan fakir miskin. Kiai Ali Mustafa mengulangi lagi pendapatnya itu saat khutbah Arafah di tenda perkemahan jamaah haji Indonesia dalam pelaksanaan Wukuf di Padang Arafah, Arab Saudi, pada Kamis 26 November 2009 ba'da salat zuhur. Saat itu Kiai Ali mendapat amanah sebagai Naib Amirul Haj 1430 Hijriah. Kepada para jemaah, Kiai Ali menjelaskan soal kewajiban haji bagi kaum muslimin. Ibadah haji dan umrah diwajibkan kepada umat Islam pada tahun 6 Hijriah. Begitulah pendapat yang masyhur di kalangan ulama. Pada tahun 6 Hijriah, Nabi Muhammad SAW bersama sejumlah sahabat bermaksud melakukan umrah ke Makkah, namun tidak berhasil memasuki kota itu karena masih dikuasai kaum musyrikin. Berdasarkan perjanjian Hudaibiyah dengan kaum musyrikin, Muhammad diizinkan untuk melakukan umrah pada tahun ke 7 Hijriah. Baru pada tanggal 12 Ramadhan 8 Hijriah, Muhamamd berhasil membebaskan kota Makkah melalui operasi damai Fath Makkah. Pada bulan Dzulqa'dah di tahun itu, Nabi melakukan ibadah umrah dari Ji'ranah, di luar kota Makkah. Dan selanjutnya pergi ke Madinah tanpa melakukan ibadah haji, padahal waktu itu kota Makkah sudah dikuasai umat Islam.Nabi Muhammad SAW baru melakukan ibadah haji pada tahun 10 Hijriah. Setahun kemudian Nabi wafat. Walau Muhammad mempunyai kesempatan untuk beribadah haji sebanyak tiga kali, yaitu pada tahun 8, 9, 10 Hijriah, beliau melaksanakan ibadah haji hanya satu kali."Sahabat Anas bin Malik menuturkan, bahwa Nabi SAW melakukan ibadah haji hanya satu kali saja, dan melakukan ibadah umrah empat kali, semuanya dilakukan pada bulan Dzulqa'dah, kecuali umrah yang bersama ibadah haji," kata Kiai Ali Mustafa dalam kotbahnya di Padang Arafah.Pertanyaan yang muncul sekarang, lanjut Ali, mengapa Muhammad beribadah haji hanya satu kali saja, padahal beliau mempunyai kesempatan untuk beribadah haji tiga kali? Bandingkan dengan selera kaum muslimin sekarang yang, tentu yang punya dana, ingin beribadah haji setiap tahun. Nampaknya, selera seperti ini sudah menjadi gejala bagi sebagian besar umat Islam di mana saja mereka berada.Ali mengungkapkan ada tiga hal yang menyebabkan Nabi Muhammad SAW tidak melakukan haji berulang-ulang. Pertama, saat itu Muhammad masih melakukan jihad fi sabilillah melawan kaum musyrikin. Kedua, lebih memperhatikan untuk menyantuni anak yatim dan janda akibat peperangan dengan kaum musyrikin. Bahkan Muhammad menegaskan; penyantun janda dan orang miskin (pahalanya) seperti berjihad fi sabilillah atau seperti orang yang berpuasa di siang hari dan beribadah di malam hari (Hadis Bukhari dan Muslim).Selebihnya, Muhammad lebih mementingkan syiar Islam kepada para pemuda pengikutnya, serta menjamin makanannya selama belajar. Dari ketiga hal penting itulah yang menyebabkan Muhammad tidak mendahulukan ibadah-ibadah sunnah individual (ibadah qashirah), tetapi justru beliau memprioritaskan ibadah-ibadah sosial (ibadah muta'addiyah).Karenanya, Muhammad tidak pernah walau sekali beribadah haji sunnah dan tidak pernah beribadah umrah pada bulan Ramadhan. Sementara sebagian umatnya sekarang ingin beribadah haji setiap tahun, ingin beribadah umrah setiap bulan atau setiap minggu. Padahal rata-rata keadaan umat Islam saat ini di segala penjuru dunia sangat memprihatinkan."Dalam keadaan umat Islam seperti ini, pantaskah seorang muslim yang kaya setiap tahun pergi ke Makkah untuk melakukan sesuatu yang tidak wajib? Pantaskah mereka bolak-balik umrah ke Makkah? Siapakah gerangan yang menyuruh mereka begitu? Ayat al-Qur'an manakah yang menyuruh agar kita beribadah haji berulang-ulang, sedangkan kondisi umat Islam sedang terpuruk? Hadis manakah yang menyuruh kita bolak-balik umrah, sementara kaum muslimin sedang kelaparan?" tanya Ali lantang.Ali menegaskan, semua itu tidak ditemukan dalam ayat Al Quran maupun hadis yang menyuruh umat Islam untuk melakukan hal itu. Bila demikian, maka tidak ada lain, yang menyuruh mereka untuk melakukan hal seperti itu adalah hawa nafsu atas bisikan setan."Maka haji seperti itu layak disebut sebagai haji pengabdi setan, bukan haji yang mengikuti perintah Allah dan Rasul-Nya. Dan ternyata perilaku Nabi Muhammad adalah berhaji cukup sekali, berinfak ribuan kali. Atau dengan kata lain, Nabi Muhammad lebih mengutamakan ibadah sosial daripada ibadah individual," pungkasnya.Kamis siang tadi ratusan santri mengantar kepergian sang kiai ke tempat peristirahatannya yang terakhir. Selamat jalan Kiai Haji Ali Mustafa Yaqub.
Unik, Laguna Keren Ini Ada di Gurun Pasir
Jika umumnya laguna itu ada di laut, maka lain halnya dengan laguna yang ada di negara Brasil. Laguna ini berada di darat, bahkan yang lebih mencengangkan lagi, lokasinya ada di tengah gurun pasir yang terkenal tandus. Secara umum laguna diartikan sebagai kumpulan air asin yang terpisah dari lautan karena terhalang oleh pasir, batu karang dan sebagainya. Tapi definisi ini tidak berlaku untuk laguna di Brasil, sebab terbentuknya laguna dan lokasi keberadaannya sama sekali tidak mewakili definisi dari laguna itu sendiri.Inilah Lencois Maranhenses, gurun pasir sekaligus taman nasional yang terletak di sebelah timur Teluk Baia Sao Jose, Negara Bagian Maranhao, Brasil. Dilansir dari berbagai sumber, gurun pasir ini diyakini telah terbentuk selama ribuan tahun akibat dari endapan pasir bawah sungai yang terbawa angin.
Ajaib, Ada Gurun Pasir di Tengah Pegunungan Salju
Ada sebuah pemandangan yang tidak lazim di antara pegunungan es di kawasan Siberia, Rusia. Di tengah-tengah pegunungan berselimut salju yang putih ini, ada gurun pasir tandus dengan warnanya yang khas kecokelatan menghampar seperti tidak tersentuh oleh gundukan salju.Daerah ini tampak terasing dan lebih mirip dengan kawasan di Timur Tengah. Pemikiran kita selama ini percaya bahwa gurun pasir hanya bisa ditemukan di negara-negara di Timur Tengah maupun Afrika, yang terkenal memiliki suhu udara yang panas.Pada kenyataannya, kawasan di dekat kutub yang notabene selalu terselimuti oleh salju juga mempunyai gurun pasir. Tengok saja daerah di Pegunungan Siberia, di sana ada gurun pasir yang terlihat kontras dengan daerah sekitarnya yang diselimuti salju.  
Aneh, Danau Ini Muncul di Tengah Gurun dalam Semalam
.co.id – Pada Agustus 2014 lalu, ketika Mehdi Bell sedang dalam perjalanan pulang ke rumahnya, ia dibuat terkejut dengan menemukan sebuah danau misterius di tengah-tengah gurun tandus yang berlokasi 25 km dari kota Gafsa, Tunisia.Bell mengatakan kepada jurnalis bahwa awalnya ia mengira sedang berhalusinasi menemukan danau di tengah-tengah gurun. Kemudian kabar danau di tengah gurun itu pun dengan cepat menyebar dan penduduk setempat berbondong-bondong mendatangi danau tersebut.Warga lokal menyebut danau itu dengan nama "Lac de Gafsa" atau "Danau Misterius". Lac de Gafsa diperkirakan mencakup area seluas 2,6 hektare dan memiliki kedalaman hingga 50 kaki.
10 Gurun Terluas di Dunia
- Umumnya, orang mengartikan gurun sebagai daerah yang sedikit menerima curah hujan, yaitu kurang dari 250 milimeter per tahun. Padahal, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, gurun didefinisikan sebagai daerah yang luas, tandus, dan gersang.Memang, kebanyakan orang mengartikan gurun adalah daerah yang berpasir dan berbentuk batuan, tetapi faktanya ada juga gurun yang berupa kumpulan es, yaitu Antartika sebagai gurun terluas di dunia.Fakta lain dari gurun, yaitu sepertitiga dari daratan di Bumi ternyata adalah gurun. Berdasarkan letak geografis, gurun dibagi menjadi empat golongan, yaitu gurun pantai dingin, gurun musim dingin, gurun kutub, dan gurun subtropis.
Salju Tutupi Gurun Sahara untuk Kali Ketiga Dalam 40 Tahun
 – Gurun Sahara termasuk daerah paling kering di dunia, dengan curah hujan yang sangat rendah. Sulit sekali menemukan kehidupan di padang pasir yang sangat panas ini. Tapi perubahan cuaca dunia, ternyata memengaruhi gurun Sahara.Bukan sihir, kini gurun Sahara diselimuti salju setinggi hampir 40 centimeter. Cukup tebal untuk salju yang bisa ditemukan di daerah tandus ini. Kejadian ini berlangsung usai sebuah kota di dekat gurun Sahara dihantam badai musim dingin yang aneh.Ini adalah yang ketiga kalinya dalam 40 tahun terakhir, bahwa kota Ain Sefra di Aljazair telah melihat salju menutupi bukit pasir merah. Salju mulai jatuh pada dini hari Minggu pagi, dan dengan cepat mulai menutupi padang pasir.
Danau di India Ini Berubah Jadi 'Salju' Beracun
Bagian kota Bangalore, di India selatan telah mengalami musim di mana tampak seperti musim salju. Namun, gumpalan mirip salju itu ternyata merupakan busa beracun.Bellandur adalah salah satu danau terbesar di kota Bangalore, dan juga danau yang paling tercemar oleh limbah kimia. Karena begitu tercemar, gumpalan busa mirip salju di danau tersebut sangatlah beracun dan berbahaya."Setiap kali hujan dan air mengalir, limbah ini menimbulkan beberapa risiko," ujar Visruth warga yang tinggal di dekat danau tersebut, seperti dilansir Odditycentral.