Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Kulit Wajah Kusam dan Tak Bercahaya? Ini Cara Mengatasinya

 – Kulit wajah yang kusam merupakan salah satu masalah kulit wajah yang cukup menyebalkan. Hal ini karena, kulit wajah yang kusam akan sangat mengganggu penampilan, belum lagi kulit wajah kusam juga dapat menyebabkan berbagai masalah kulit lainnya seperti jerawat, komedo dan lain sebagainya.

Berbicara tentang kulit wajah yang kusam, masalah wajah satu ini disebabkan karena banyaknya kotoran yang menempel pada kulit wajah seperti banyaknya sel kulit mati, kotoran yang menyumbat pori-pori kulit, dan lain sebagainya. Hal ini yang menyebabkan kulit menjadi kusam, gelap, dan tak bercahaya.

Untuk mengatasinya, Anda perlu rutin menjaga kebersihan kulit wajah. Kulit wajah yang bersih akan terbebas dari kotoran dan sel kulit mati, sehingga masalah kulit kusam dapat diatasi dan dicegah. Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah kulit wajah yang kusam? 

Read Full Article
Cara Atasi Kulit Kusam dengan Masker Anggur dan Garam
Kulit kusam merupakan masalah yang sangat menjengkelkan. Kulit kusam membuat kulit kita menjadi gelap dan tidak bercahaya. Selain itu, kulit kusam rentan dengan munculnya berbagai masalah seperti jerawat, komedo, kulit berminyak, dan lainnya.Kulit kusam disebabkan kotoran yang menempel pada kulit wajah setelah aktivitas seharian. Kotoran yang menempel bersama keringat, minyak, make-up, dan lainnya akan menyebabkan kulit menjadi gelap dan kusam. Jika tidak dibersihkan tentu akan menimbulkan masalah seperti pori-pori tersumbat jerawat, komedo, dan lainnya.Untuk mengatasi atau mencegah kulit kusam sebenarnya juga bukanlah perkara yang sulit. Anda cukup rajin membersihkan kulit wajah saja. Namun, ketika kulit kusam sudah parah, atau produksi minyak pada kulit wajah terlalu banyak, Anda perlu melakukan perawatan untuk mengatasinya.
Dampak Buruk Mencuci Muka dengan Sabun Mandi
Mencuci kulit wajah sangat penting untuk dilakukan agar kulit wajah menjadi segar kembali. Tidak hanya itu saja, mencuci kulit wajah juga bertujuan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kulit wajah, sehingga kulit menjadi bersih dan cantik alami. Kebiasaan membersihkan kulit wajah akan membuat kulit wajah menjadi cantik dan bersih.Untuk mencuci kulit wajah, dengan air saja tidak cukup. Hal ini dikarenakan banyaknya kotoran dan polusi yang membandel yang banyak menempel pada kulit wajah, sehingga dibutuhkan sabun khusus wajah untuk mengangkat semua kotoran yang menempel.Sabun memang penting dalam membersihkan kulit. Namun untuk membersihkan kulit wajah, kita dikhususkan untuk menggunakan sabun khusus wajah. Meskipun demikian, banyak orang yang masih menggunakan sabun mandi atau sabun badan untuk mencuci kulit wajah, padahal hal tersebut dapat berdampak buruk pada kecantikan kulit wajah. Nah berikut dampak buruknya.Baca Selengkapnya...
Cara Alami Buat Kulit Halus dan Bercahaya dengan Kunyit
.co.id – Kulit yang halus dan bercahaya adalah satu ciri kulit yang sehat dan cantik. Untuk itu, berbagai cara dilakukan wanita demi bisa memiliki kulit yang halus dan bercahaya. Bahkan, tidak sedikit dari mereka tak segan mengeluarkan biaya besar demi perawatan kecantikan kulit mereka.Ada banyak sekali perawatan yang bisa dilakukan wanita, agar bisa memiliki kulit cantik, halus, dan bercahaya. Seperti salah satunya dengan melakukan perawatan di salon atau klinik kecantikan. Dengan menggunakan produk kecantikan atau juga bisa melakukan perawatan dengan menggunakan bahan alami.Ada banyak bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menjadikan kulit menjadi halus dan bercahaya. Salah satu perawatan alami yang sangat efektif untuk membuat kulit halus dan bercahaya adalah dengan menggunakan kunyit dan air kelapa.
Wanita, Waspadai Penyebab Kulit Kusam Ini
 – Kulit kusam merupakan satu kondisi kulit kehilangan sinarnya. Kulit kusam bisa menimpa siapa saja, mau kulit cokelat, putih atau hitam sekalipun akan terlihat kurang menarik ketika sinar dan kesegarannya hilang. Tidak mau bukan kejadian tersebut menimpa Anda?Tahukah Anda jika kulit kusam yang tidak segera diatasi dengan benar dapat sebabkan kulit menjadi tidak merata atau bahkan lebih gelap. Untuk itulah, sangat penting bagi para wanita mengetahui, apa yang menjadi penyebab kulit kusam.Karena hanya dengan mengetahui penyebabnya, Anda akan lebih mudah melakukan tindakan perawatan. Anda pasti ingin tahu bukan, apa saja yang menyebabkan kulit kusam dan kehilangan sinarnya? 
Lenyapkan Noda Hitam pada Kulit Wajah dengan Kunyit
 – Noda hitam pada kulit wajah seperti flek hitam, bekas luka, sel kulit mati dan lain sebagainya memang sangat mengganggu penampilan. Noda hitam membuat kulit wajah terlihat kusam dan tak bercahaya. Untuk itu masalah noda hitam harus diatasi, agar kulit wajah kembali cerah dan membuat kita menjadi percaya diri.Noda hitam pada kulit wajah disebabkan karena beberapa hal seperti dikarenakan paparan sinar matahari, pencemaran lingkungan atau polusi, hormon yang tak seimbang, bekas luka, make-up, penuaan dan lain sebagainya.Penuaan pada kulit biasanya menyebabkan pigmentasi atau hiperpogmentasi yang membuat kulit menjadi hitam atau gelap. Pigmentasi atau hiperpigmentasi akan menyebabkan munculnya bercak hitam pada kulit wajah. Hal ini akan menurunkan rasa percaya diri seorang wanita. Namun anda tak perlu khawatir dengan masalah noda hitam tersebut. Masalah noda hitam dapat kita atasi dengan melakukan perawatan. Salah satu perawatan alami yang dapat Anda coba di rumah yaitu dengan menggunakan kunyit.
Penyebab Kulit Kusam yang Wajib Anda Ketahui
 – Kulit kusam merupakan salah satu masalah kulit yang sangat menyebalkan. Kulit wajah yang kusam akan membuat kulit terlihat gelap dan tak bercahaya. Tak hanya itu saja, kulit kusam juga akan menyebabkan munculnya berbagai permasalahan kulit lainnya.Kulit kusam membuat penampilan tidak segar, untuk itu masalah kulit kusam harus diatasi. Untuk mengatasi atau mencegah kulit kusam, tentu Anda harus tahu penyebabnya. Dengan mengetahui penyebab kulit kusam akan lebih mudah bagi kita untuk mengatasi dan mencegahnya.Ada banyak faktor yang menjadi penyebab kulit kusam. Kulit kusam bisa disebabkan karena faktor lingkungan, makanan, dan lain sebagainya. Jika penyebab kulit kusam sudah Anda ketahui, maka akan lebih mudah untuk mengatasinya.
Mengatasi Kulit Kusam Dengan Masker Wortel
 – Memiliki kulit wajah kusam memang sangat menyebalkan. Kulit kusam membuat kulit tak bercahaya. Tak hanya itu saja, kusam atau berminyak juga sering kali menyebabkan berbagai masalah seperti jerawat dan lain sebagainya.Untuk itu masalah kulit kusam harus segera diatasi. Untuk mengatasi masalah kulit kusam, mencuci kulit wajah saja tidak cukup. Mencuci kulit wajah hanya akan menghilangkan kusam sementara, dan setelah beberapa menit kusam akan kembali lagi. Untuk mengatasi masalah kulit kusam, kita harus melakukan perawatan.Ada banyak perawatan yang bisa kita lakukan agar kulit kusam hilang dan tak kembali lagi. Anda bisa melakukan perawatan di salon atau klinik kecantikan, Anda juga melakukan perawatan secara alami dengan menggunakan bahan alami. Ada banyak bahan alami yang bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah kulit kusam diantaranya yaitu wortel, yogurt, dan lemon.Baca Selengkapnya ...
Tips Mencerahkan Kulit Wajah dengan Susu dan Kelopak Mawar
Kulit wajah yang cerah, bersih dan bercahaya merupakan dambaan semua wanita, terlebih bagi wanita Asia yang masih beranggapan cantik adalah kulit yang bersih dan cerah. Selain itu, kulit wajah yang bersih, cerah dan bercahaya akan meningkatkan rasa percaya diri wanita, dan membuat wanita terlihat mempesona.Untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih, cerah dan bercahaya, sebagian wanita lebih memilih datang ke klinik kecantikan atau dengan menggunakan krim pemutih kulit. Namun, tentu hal tersebut memerlukan biaya yang tak sedikit dan tentunya tak bisa dilakukan oleh wanita dengan kantong pas-pasan.Kita bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan kulit wajah kita. Bahan alami selain murah juga akan memberikan hasil yang maksimal. Salah satunya yaitu kombinasi antara susu dan bunga mawar. Bagaimana caranya? Yuk kita simak tips berikut ini.
Kulit Wajah Kusam dan Tak Bercahaya? Ini Cara Mengatasinya
 – Kulit wajah yang kusam merupakan salah satu masalah kulit wajah yang cukup menyebalkan. Hal ini karena, kulit wajah yang kusam akan sangat mengganggu penampilan, belum lagi kulit wajah kusam juga dapat menyebabkan berbagai masalah kulit lainnya seperti jerawat, komedo dan lain sebagainya.Berbicara tentang kulit wajah yang kusam, masalah wajah satu ini disebabkan karena banyaknya kotoran yang menempel pada kulit wajah seperti banyaknya sel kulit mati, kotoran yang menyumbat pori-pori kulit, dan lain sebagainya. Hal ini yang menyebabkan kulit menjadi kusam, gelap, dan tak bercahaya.Untuk mengatasinya, Anda perlu rutin menjaga kebersihan kulit wajah. Kulit wajah yang bersih akan terbebas dari kotoran dan sel kulit mati, sehingga masalah kulit kusam dapat diatasi dan dicegah. Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah kulit wajah yang kusam? 
Cara Tepat Bersihkan Wajah Sebelum Tidur
Memiliki kulit wajah yang putih bersinar, merupakan dambaan setiap wanita. Kulit wajah yang sehat, tentu mampu meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Sedangkan kulit wajah berjerawat dan kusam, identik dengan pemiliknya yang kurang bisa menjaga kebersihan.Agar kulit wajah terbebas dari kotoran, sel-sel kulit mati, dan berminyak, Anda perlu mengetahui bagaimana cara membersihkan wajah yang benar sebelum tidur. Jika wajah sering tidak dibersihkan, siap-siaplah akan banyak sisa kotoran pada wajah yang menyumbat pori-pori Anda.Selain menyumbat pori-pori, hal ini juga dapat menimbulkan berbagai masalah pada wajah Anda. Seperti munculnya komedo, jerawat, hingga kulit terlihat lebih kusam. Tapi tak perlu khawatir, berikut ini terdapat cara tepat untuk bersihkan wajah Anda sebelum tidur.
Deretan Makanan Penyebab Kulit Wajah Berminyak
 – Kulit wajah berminyak merupakan salah satu masalah kulit yang sangat menjengkelkan. Kulit wajah berminyak membuat kulit wajah menjadi kusam dan mengkilap. Belum lagi masalah yang ditimbulkan akibat kulit berminyak, mulai dari pori-pori kulit wajah tersumbat hingga munculnya komedo dan jerawat.Kulit wajah berminyak tidak muncul dengan sendirinya, namun disebabkan karena ada beberapa hal, salah satunya yaitu faktor makanan. Iya benar, makanan yang kita konsumsi sangat berpengaruh pada tubuh, termasuk pada kulit.Tanpa kita sadari ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan kulit wajah berminyak, namun sering kita konsumsi bahkan menjadi makanan favorit. Nah, untuk menghindari masalah kulit wajah berminyak, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menghindari makanan yang dapat menyebabkan kulit wajah berminyak. Apa saja itu?
4 Kesalahan Mencuci Wajah yang Sebabkan Penuaan Dini
 – Kulit wajah yang sehat dan cantik merupakan dambaan semua wanita. Namun, tidak mudah untuk bisa memiliki kulit sehat dan cantik. Kita harus rajin melakukan perawatan kulit wajah dan selalu menjaga kebersihan kulit wajah.Caranya yaitu dengan mencuci kulit wajah dengan benar. Mencuci kulit wajah sangat penting untuk mengangkat atau membersihkan kotoran yang menempel pada kulit wajah. Kotoran yang tak dibersihkan akan menyebabkan masalah pada kulit wajah, seperti menyebabkan kulit menjadi kusam, komedo, jerawat, dan lain sebagainya.Namun, dalam mengcuci kulit wajah kita juga tak boleh sembarangan. Salah mencuci wajah justru akan membuat kulit menjadi rusak, bahkan menyebabkan penuaan. Tentu, Anda tak mau hal tersebut terjadi pada diri Anda bukan?Baca Selengkapnya ...
Buang Sel Kulit Mati dengan Masker Teh Hijau
Sel kulit mati merupakan salah satu masalah kulit yang sangat menganggu, terlebih jika sel kulit mati terdapat pada kulit wajah. Hal tersebut akan membuat kulit wajah terlihat kusam dan gelap. Bahkan,juga dapat membuat wajah kasar dan tak enak dipandang.Sel kulit mati disebabkan karena luka atau bekas jerawat. Selain itu, sel kulit mati juga bisa disebabkan karena kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari, sehingga kulit menjadi kering, gelap, dan mengelupas.Namun apapun penyebabnya, masalah sel kulit mati harus segera diatasi. Untuk mengatasi masalah sel kulit mati, ada banyak sekali cara. Mulai dari menggunakan krim pencerah kulit atau dengan menggunakan perawatan masker wajah. Dengan demikian, sel kulit mati akan terangkat dan kulit menjadi bersih dan cantik kembali.
Atasi Minyak Berlebih di Wajah dengan Masker Seledri
Kulit wajah berminyak merupakan keadaan di mana terjadi produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Keadaan seperti ini tentunya sangat mengganggu sekali, mengganggu penampilan karena wajah akan terlihat kusam dan gelap serta mengkilap. Tidak hanya itu saja, kulit wajah berminyak juga membuat kulit kita terasa tidak nyaman, belum lagi masalah kulit lain yang akan ditimbulkan, seperti jerawat, komedo, dan lain-lain.Berbicara tentang masalah kulit berminyak, ada banyak sekali faktor yang menyebabkan kulit wajah menjadi berminyak, seperti faktor keturunan, makanan, perubahan hormon, dan masih banyak lagi penyebab kulit berminyak lainnya. Namun, apapun penyebabnya masalah kulit wajah berminyak harus segera diatasi.Untuk mengatasi masalah kulit ini, ada banyak sekali cara. Namun, alangkah lebih baik jika Anda menggunakan cara alami yang lebih alami dan murah. Ada banyak sekali bahan alami yang dapat kita manfaatkan sebagai masker untuk mengatasi kulit wajah berminyak, salah satunya dengan menggunakan seledri.
5 Masker Alami yang Bikin Kulit Wajah Bercahaya
 –  Kulit wajah yang cantik, cerah, dan bercahaya memang menjadi dambaan semua wanita, terutama wanita Indonesia yang beranggapan cantik adalah kulit yang cerah dan bercahaya. Untuk mendapatkan kulit wajah bercahaya, wanita biasanya menggunakan krim atau make up.Namun, saat ini sudah banyak wanita yang beralih ke perawatan alami yaitu dengan menggunakan masker alami. Memang, untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah dan bercahaya, Anda tak perlu repot pergi ke salon atau klinik kecantikan.Hal tersebut karena, bisa Anda lakukan di rumah. Perawatan alami dengan masker buatan sendiri memang tidak memberikan hasil instan, namun dijamin hasilnya jauh lebih memuaskan. Jadi penasaran bukan, dan ingin segera mencobanya?
Tips Agar Wajah Tidak Kusam Sepanjang Hari
Padatnya aktivitas sehari-hari, seringkali membuat wanita mengabaikan kesehatan kulit, terutama bagian kulit wajah.Kurangnya menjaga kesehatan pada bagian wajah tentu dapat membuat wajah menjadi kusam. Wajah menjadi kusam di sebabkan karena kulit wajah kurang mendapatkan nutrisi, sehingga kulit nampak kering dan tidak lembab.Tak hanya faktor nutrisi, kulit wajah menjadi kusam juga dapat disebabkan karena iritasi terhadap sinar matahari, penggunaan produk kecantikan yang mengandung zat kimia berbahaya, dan juga gaya hidup orang itu sendiri.
Rajin Mencuci Wajah Bikin Kulit Jadi Cerah dan Bersih
 –  Memiliki kulit wajah yang bersih dan cerah merupakan dambaan semua orang, terlebih bagi wanita. Dengan kulit wajah yang bersih dan cerah akan meningkatkan rasa percaya diri wanita, sekaligus akan menunjang kecantikan wanita. Terlebih, wanita Indonesia yang mengganggap kulit cerah salah satu dari standar kecantikan.Untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan cerah, sebenarnya kuncinya sangat sederhana. Anda diwajibkan untuk mencuci kulit wajah setidaknya 2 kali dalam sehari. Dengan rajin mencuci kulit wajah minimal 2 kali sehari akan menghilangkan masalah kulit kusam, debu, kotoran, polusi, dan lain.Kulit wajah yang jarang dibersihkan atau dibasuh dengan air akan menjadi kusam dan tidak bercahaya. Hal ini karena, adanya kotoran yang masuk dan menyumbat pori-pori kulit wajah. Oleh karena itu, mencuci kulit wajah merupakan cara terbaik untuk menghindari kotoran masuk dan menyumbat pori-pori kulit wajah. 
Cara Hilangkan Bintik Merah di Wajah Secara Alami
Kulit wajah adalah aset penting yang harus benar-benar dijaga. Sedikit saja timbul masalah pada kulit wajah, itu akan membuat kita menjadi kurang percaya diri. Maka dari itu, tak heran bila kebanyakan orang berani mengeluarkan uang berapapun untuk merawat wajah, agar kulit wajahnya bisa tampak lebih putih, bersih, dan terbebas dari berbagai masalah kulit, seperti jerawat.Ada begitu banyak masalah yang akan timbul pada kulit wajah apabila kita malas membersihkan wajah secara rutin. Selain bisa menyebabkan munculnya jerawat, juga bisa membuat wajah menjadi kusam dan gelap. Masalah umum lainnya yang kerap kali muncul pada kulit wajah adalah, munculnya bintik merah pada kulit wajah.Tentu saja hal ini tidak bisa diabaikan, karena sudah pasti akan membuat kita menjadi sangat risih dan mengganggu penampilan. Untuk itu, ketika bintik merah mulai muncul di wajah, segera atasi agar kulit wajah kita kembali bersih dan mulus.
Lima Sebab Minyak Tetap Menempel pada Kulit Wajah
Memiliki kulit berminyak memang masalah tersendiri bagi kita semua. Ya, kulit berminyak akan membuat kulit kita terlihat kusam, gelap, dan tidak nyaman. Belum lagi masalah yang nantinya akan ditimbulkan dari kulit berminyak, seperti komedo, jerawat, dan lain sebagainya. Karena kulit berminyak pula, make up juga tak bisa bertahan lama. Untuk itu, masalah kulit berminyak harus segera diatasi.Berbicara tentang masalah kulit berminyak, ada banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah ini. Namun, tak jarang minyak tetap saja membandel dan muncul pada kulit wajah kita. Dalam hal ini, mungkin ada kondisi tertentu yang terjadi pada kulit wajah Anda, sehingga minyak tetap membandel meskipun sudah dilakukan berbagai cara untuk mengatasinya.Lalu, apa saja penyebab minyak tetap muncul pada kulit wajah, meski sudah dilakukan berbagai cara untuk mengatasinya? Berikut beberapa penyebab minyak tetap menempel pada kulit wajah.
Kebiasaan Ini Bikin Kulit Wajah Kusam
Kulit wajah yang bersih, cerah, dan bercahaya merupakan dambaan semua wanita. Dengan kulit wajah yang bersih dan bercahaya akan membuat wanita terlihat cantik dan memesona.Namun, bukanlah perkara yang mudah untuk membuat kulit wajah menjadi bersih, cerah dan bercahaya, terlebih bagi Anda yang memiliki kebiasaan buruk. Kulit wajah yang bersih, cerah, dan bercahaya tentunya membutuhkan perawatan dan ketelitian.Sebaliknya kulit wajah yang kusam disebabkan karena kurang perawatan, atau mungkin salah perawatan sehingga banyak sel kulit mati dan banyak kotoran yang menyumbat pori-pori kulit, sehingga kulit menjadi gelap dan tidak bercahaya.
Solusi Kulit Kusam dan Gelap dengan Masker Bengkuang
Kulit kusam merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami setiap wanita. Kulit kusam sangat mengganggu penampilan, karena membuat kulit menjadi gelap dan tidak bercahaya. Selain itu, kulit kusam juga bisa menyebabkan masalah pada kulit wajah, seperti timbulnya jerawat dan lain sebagainya.Kulit kusam dan gelap dipicu oleh banyak hal, seperti kulit berminyak atau produksi minyak yang berlebih pada kulit wajah, paparan sinar matahari, polusi, debu dan lain sebagainya. Kita dapat melakukan perawatan untuk mengatasi kulit kusam.Salah satu perawatan yang sangat ampuh dan efektif dalam mengatasi masalah kulit kusam yaitu dengan menggunakan makser bengkuang. Tidak hanya mengatasi masalah kusam, masker bengkuang juga ampuh untuk mencerahkan kulit dan membuat kulit menjadi bercahaya.
Lenyapkan Noda Hitam pada Kulit Wajah dengan Kunyit
 – Noda hitam pada kulit wajah seperti flek hitam, bekas luka, sel kulit mati dan lain sebagainya memang sangat mengganggu penampilan. Noda hitam membuat kulit wajah terlihat kusam dan tak bercahaya. Untuk itu masalah noda hitam harus diatasi, agar kulit wajah kembali cerah dan membuat kita menjadi percaya diri.Noda hitam pada kulit wajah disebabkan karena beberapa hal seperti dikarenakan paparan sinar matahari, pencemaran lingkungan atau polusi, hormon yang tak seimbang, bekas luka, make-up, penuaan dan lain sebagainya.Penuaan pada kulit biasanya menyebabkan pigmentasi atau hiperpogmentasi yang membuat kulit menjadi hitam atau gelap. Pigmentasi atau hiperpigmentasi akan menyebabkan munculnya bercak hitam pada kulit wajah. Hal ini akan menurunkan rasa percaya diri seorang wanita. Namun anda tak perlu khawatir dengan masalah noda hitam tersebut. Masalah noda hitam dapat kita atasi dengan melakukan perawatan. Salah satu perawatan alami yang dapat Anda coba di rumah yaitu dengan menggunakan kunyit.
Cara Cerahkan Kulit Leher dengan Jeruk Nipis dan Garam
.co.id – Kebanyakan wanita terlalu fokus pada perawatan kulit wajah, sehingga melupakan bagian kulit lainnya seperti leher, akibatnya warna kulit wajah dan leher tidak merata dan terlihat aneh. Di mana kulit wajah terlihat cerah, sedangkan kulit pada leher terlihat hitam dan gelap. Keadaan ini, tentu cukup mengganggu penampilan dan membuat kita menjadi tidak percaya diri.Cara terbaik untuk mengatasi masalah perbedaan warna antara kulit leher dan kulit wajah, yaitu dengan mencerahkan kulit leher. Ada banyak cara untuk mencerahkan kulit leher, sehingga kulit menjadi cerah merata.Salah satu cara terbaik untuk mencerahkan kulit leher, yaitu dengan menggunakan jeruk nipis dan garam. Jeruk nipis akan menutrisi dan mencerahkan kulit, sedangkan garam akan mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang membuat kulit gelap dan kusam.