Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Pesona Malam Kampung Salaka di Lereng Gunung Salak Bogor

 – Bogor tidak hanya dikenal dengan kota yang memiliki curah hujan yang cukup tinggi, namun kawasan ini juga menyimpan beragam destinasi wisata yang menjadi incaran wisatawan. Karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari kota Jakarta.

Selain sebagai kawasan wisata, kota ini juga menyimpan suguhan penorama alam yang indah. Salah satunya ada di lereng Gunung Salak. Dan salah satu destinasi wisata alternatif yang sedang hits adalah Kampung Salaka, yang berlokasi di Ciapus Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Objek wisata ini juga dapat dinikmati pada malam hari. Walau tidak seramai saat siang hari. Namun tempat ini akan menampilkan sensasi suasana yang berbeda. Dari ketinggian kita dapat menyaksikan indahnya alam perbukitan dan juga kawasan perkotaan yang tertata rapi.

Read Full Article
Menikmati Sunrise dan Sunset di Gunung Butak Malang
 – Gunung Butak terletak di Malang, mungkin orang lebih banyak mengenalnya dengan Gunung Bromo atau Gunung Semeru dari pada Gunung Butak. Gunung Butak memiliki ketinggian 2.868 mdpl dan status Gunung Butak adalah gunung berapi.Gunung Butak bersebelahan dengan Gunung Kawi. Gunung Butak terletak di Malang dan Blitar, Jawa Timur, Indonesia. Mempunyai beberapa jalur pendakian seperti Jalur Sirah Kencong-Blitar, Jalur gunung Kawi Kepanjen, Jalur Desa Gadingkulon-Dau-Malang, Jalur Bukit Panderman Batu-Malang.Jalur resmi untuk pendakian Gunung Butak adalah melewati Jalur Sirah Kencong. Menikmati Sunrise dan sunset di Gunung Butak tidak akan membuatmu rugi. Saat sunrise para pecinta alam dapat memandangi mentari bersama dengan Gunung Semeru yang terkenal. Dan, saat sunset mata akan dimanjakan oleh eloknya mentari bersama Gunung Kelud. 
Sepuluh Gunung Terindah dan Paling Menakjubkan di Dunia
Ada banyak gunung berapi di dunia dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Gunung-gunung ini terkenal sangat indah sekaligus mematikan. Gunung-gunung paling menakjubkan ini banyak menarik ribuan wisatawan untuk mendakinya.Siapapun Anda, jika memiliki jiwa petualangan dapat mengunjungi gunung-gunung berikut ini. Berikut daftar sepuluh gunung terindah dan paling menakjubkan di dunia yang dapat Anda kunjungi.Gunung Bromo, Indonesia. Gunung Bromo merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Bromo merupakan salah satu gunung paling populer di Asia Tenggara. Wilayah ini dihuni oleh orang-orang dari Suku Tengger yang sering menyelenggarakan Festival Yadnya Kasada setiap tahunnya, dengan membuang sayuran dan hewan ternak lainnya ke dalam kaldera untuk meminta kesejahteraan dari dewa penunggu gunung.
4 Objek Wisata Hits di Lereng Gunung Salak
 – Melepas rasa lelah dari kesibukan dan aktivitas kerja, tidak ada salahnya Anda pergi berekreasi untuk menikmati alam. Salah satunya kita dapat mengunjungi objek wisata yang berada di bawah lereng Gunung Salak, Bogor.Objek wisata lereng Gunung Salak Bogor ini memiliki keindahan alam yang menarik untuk dikunjungi. Di sepanjang kaki lereng Gunung Salak ini, terdapat beberapa objek wisata yang dapat menjadi alternatif liburan bersama keluarga.Apalagi di akhir pekan dan musim libur, objek wisata alam di sini selalu ramai. Yuk cari tahu tempat di sekitaran lereng Gunung Salak Bogor yang menarik dikunjungi.
Rasakan Suasana Zaman Megalitikum di Kampung Bena
Apakah Anda ingin merasakan kembali Zaman Megalitikum atau Zaman Batu seperti dalam film Flinstones? Dengan budaya masyarakatnya yang masih primitif dan belum tersentuh teknologi? Anda dapat merasakan suasana tersebut di sebuah desa terpencil di Indonesia.Tepatnya di Kampung Bena, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Kampung ini terletak di salah satu puncak bukit dari Gunung Inerie. Keberadaannya di bawah kaki gunung, merupakan ciri khas dari masyarakat kuno pemuja gunung sebagai tempat para Dewa.Menurut masyarakat kampung ini, mereka meyakini adanya Yeta, Dewa yang bersinggasana di Gunung Inerie yang melindungi kampung mereka selama berabad-abad lamanya. Di kampung ini ada sekitar 40 rumah yang saling mengelilingi dan tumbuh memanjang dari utara ke selatan, dengan satu pintu masuk berada di sebelah utara.
Fakta Ilmiah Tentang Gunung dalam Alquran
Gunung adalah suatu bentuk permukaan tanah yang letaknya jauh lebih tinggi, daripada tanah-tanah di daerah sekitarnya. Gunung pada umumnya lebih besar dibandingkan dengan bukit, tetapi bukit di suatu tempat bisa jadi lebih tinggi dibandingkan dengan apa yang disebut gunung di tempat yang lain.Gunung pada umumnya memiliki lereng yang curam dan tajam, atau bisa juga di kelilingi oleh puncak-puncak atau pegunungan. Pada beberapa ketinggian gunung bisa memiliki dua atau lebih iklim, jenis tumbuhtumbuhan, dan kehidupan yang berbeda. Gunung tidak hanya memperindah pemandangan.Dikaji dari ilmu geologi, gunung berfungsi sebagai penyeimbang bumi dari goncangan. Gunung muncul karena tumbukan lempengan-lempengan raksasa yang membentuk kerak bumi. Ketika dua lempengan bertumbukan, lempengan yang lebih kuat menyelip ke bawah sedangkan lempengan yang lemah melipat ke atas membentuk dataran tinggi dan gunung.
Kampung Lengo yang Indah Penuh Warna di Tasikmalaya
Ternyata kampung yang indah penuh warna tidak hanya terdapat di luar negeri atau di Kota Malang saja. Di Kota Tasikmalaya juga ternyata terdapat kampung yang indah penuh warna. Zona Kece Kampung Lengo namanya.Alamat Zona Kece Kampung Lengo berada di Kelurahan Bantarsari Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya tepatnya RW 07 dan RW 14. Koordinat zona kece Kampung Lengo tepatnya pada titik S7.32475 E108.19078.Siapa sangka dulunya Kampung Lengo ini adalah kawasan kumuh. Dan hebatnya sekarang ini suasana indah dan asri tercipta di lingkungan Kampung Lengo. Perubahan kampung kumuh menjadi kampung yang tertata rapi, indah dan asri ini setelah mengikuti program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas PLPBK .
Kenali Khasiat Kesehatan dari Buah Salak
Di Indonesia, orang sudah banyak yang mengenal buah salak. Apalagi buah salak ini termasuk buah yang berasal dari Indonesia, sehingga tanaman ini tumbuh subur di Indonesia karena iklimnya yang sesuai yaitu tropis.Sejak dulu hingga sekarang, buah salak mudah untuk ditemukan, baik itu di pasar tradisional maupun modern. Kini, masyarakat pun dengan leluasa bisa memperoleh dan menikmati buah salak.Tidak hanya di Indonesia saja, buah salak pun kini sudah terkenal di kawasan Amerika dan Eropa. Ciri khas dari buah salak adalah pada kulit yang berwarna cokelat pekat dan tekstur kulit yang keras dan bersisik, mirip dengan sisik ular.
Ketika Lebaran Memanggil Anak Rantau
Pulang kampung alias mudik adalah hal yang menyenangkan pada saat lebaran. Di mana, kerinduan terhadap keluarga, kerabat, sahabat, terbayar tuntas saat mudik. Pada umumnya, mereka yang tinggal di kota memang sudah menabung jauh-jauh hari sebelumnya, hanya untuk pulang kampung di saat momen lebaran tiba.Sungguh sangat menyenangkan memang, saat momen itu tiba. Itu bagi yang punya kampung, lalu bagaimana yang tidak punya kampung halaman lagi? Sebenarnya, definisi kampung halaman ini juga belum jelas. Apakah kampung halaman itu tempat kita lahir? Atau, kampung halaman itu tempat orangtua kita menetap?Misalnya, andai saya lahir di Amerika Serikat, apakah lantas kampung saya di sana? Atau juga, ketika orangtua yang berpindah-pindah kota, dari kota A ke kota B, lalu ke kota C lagi, selanjutnya pindah lagi sampai ke kota Z. Kalau seperti ini kasusnya, kota mana yang sebenarnya layak disebut kampung halaman?
Menapaki Kerasnya Jalur Gunung Cikuray Garut
 – Buat kamu yang suka jalan-jalan terlebih mendaki, kali ini saya akan membahas betapa kerasnya jalur Gunung CIkuray. Gunung Cikuray atau Cikurai adalah sebuah gunung bertipe stratovolcano yang terletak di Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia.Gunung Cikuray yang mempunyai ketinggian 2.821 meter di atas permukaan laut ini tidak mempunyai kawah aktif dan merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah Gunung Ciremai, Gunung Pangrango, dan Gunung Gede.Gunung Cikuray adalah gunung yang pertama kali didaki oleh saya. Tempat nongkrong saya terdahulu di salah satu basecamp penikmat alam (Penikmat Hijau Bumi). Dulu, hampir sebulan sekali tepatnya Jumat malam atau malam Sabtu biasanya di Bale (basecamp) selalu ramai oleh para penikmat alam bebas. 
Jejak Sejarah Kerajaan Sunda di Perkampungan Bogor
Kampung Sindang Barang Bogor dulunya merupakan kawasan kerajaan yang berdiri sekitar tahun 100-an setelah kerajaan Tarumanegara pecah. Kala itu Sindang Barang berada dalam pengaruh kerajaan Sunda Kuno. Tidaklah heran bila kampung ini menjadi salah satu pusat kebudayaan Sunda Jawa Barat tertua di Bogor.Konon, nama kampung ini terpapar dalam Babad Tanah Pajajaran dan yang tertulis juga dalam pantun Bogor. keberadaan Kampung Sindang Barang sendiri pernah hilang karena kurangnya pemeliharaan. Di kampung ini pula kita dapat menemukan beberapa situs peninggalan purbakala seperti Situs Taman Sri Bagenda dan Sumur Jalatunda.Kisah cerita sejarah tentang Situs Taman Sri Bagenda yang didapatkan di lokasi, konon taman ini dikenal masyarakat setempat dengan sebutan Kolam Sri Bagenda yang memiliki ukuran panjang 39.3 meter dan lebar 9 meter, bagian tanggul atau pinggirannya dibuat dari sususnan bulat alami yang berfungsi sebagai penahan longsor, dengan bentuk sisi-sisinya yang rata dengan membentuk empat persegi panjang.Baca selengkapnya ...
Hiking Ceria ke Kawah Ratu
Aktivitas hiking alias naik gunung, sekarang ini memang tengah digandrungi. Namun ternyata tidak semua orang merasa cocok dengan kegiatan naik gunung ini. Alasannya bermacam-macam, mulai dari capek, takut menyusahkan orang lain, dan lain-lain.Memang, yang namanya naik gunung itu pasti akan sangat menguras tenaga. Namun jangan khawatir, bagi yang ingin mencicipi rasanya naik gunung, kita bisa melakukannya di Kawah Ratu. Kawah Ratu adalah sebuah kawah vulkanik yang masih aktif yang terletak di Gunung Salak.Gunung Salak sendiri relatif dekat dari Jakarta, yakni hanya sekitar 80-an km saja. Yang unik dari Kawah Ratu ini adalah, jika pada umumnya kawah berada di puncak gunung, maka Kawah Ratu justru berada di lereng gunung. Sehingga untuk mencapainya, kita tidak perlu melakukan pendakian penuh sampai puncak gunung, namun hanya kurang lebih sepertiganya saja.
Asyiknya Berwisata di Kebun Raya Bogor
 – Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor adalah sebuah kebun botani besar yang terletak di Kota Bogor, Indonesia. Luasnya mencapai 87 hektare dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Saat ini Kebun Raya Bogor ramai dikunjungi sebagai tempat wisata, terutama hari Sabtu dan Minggu.Di sekitar Kebun Raya Bogor tersebar pusat-pusat keilmuan. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Kebun Raya Bogor, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun umum, tidak perlu kesulitan karena selain letaknya berada di jantung Kota Bogor.Khusus pintu 2 hanya dibuka pada hari minggu dan libur saja, sedangkan bagi para anggota dapat menggunakan pintu 2 , pintu 3 dan pintu Gd Konservasi yang mulai dibuka pukul 06.00-08.00. Berlaku tarif masuk bagi pengunjung Kebun Raya Bogor.
Kampung Salaka Tamansari, Spot Wisata Menakjubkan Ala Kota Bogor
 – Kampung Salaka Tamansari merupakan sebuah tempat wisata di kawasan Bogor yang tengah populer belakangan ini. Objek wisata satu ini masih mengandalkan keunggulan kota Bogor yaitu cuaca perbukitan yang indah dan menyejukkan.Kampung Salaka Tamansari sangat ramai dikunjungi oleh kawula muda, terutama bagi mereka yang ingin menghabiskan akhir pekannya bersama pasangan. Banyak spot foto yang menjadi andalan di tempat wisata ini. Tak heran, banyak pengunjung yang mengabadikan momennya di sini.Berbicara tempat selfie, di Kampung Salaka Tamansari tersedia beberapa spot keren yang siap membuat fotomu jadi terlihat sempurna. Penasaran bukan? Simak langsung yuk ulasannya berikut ini. 
Fakta Unik Gunung Fuji di Jepang
Siapa yang tidak tahu dengan Gunung Fuji, salah satu gunung terindah dan juga menjadi ikon negara Jepang. Buat kamu yang ingin memotret keindahan Gunung Fuji di Jepang ini, saya sangat menyarankan untuk datang ke Kota Kofu di Yamanashi. Di sini banyak sekali spot unik dan bagus untuk memotret Gunung Fuji.Selain itu, Gunung Fuji punya banyak keunikan yang mungkin kita tidak tahu. Gunung Fuji adalah salah satu gunung tertinggi di Jepang dengan tampilan bentuk kerucut yang luar biasa indah, saya bilang indah karena uniknya gunung Fuji ini ujungnya terdapat salju yang menambah cantik gunung tersebut.Ya, Gunung Fuji adalah sebuah nama gunung yang terkenal tidak hanya di Jepang saja melainkan di seluruh penjuru dunia. Punya ketinggian 3.776 meter, Gunung Fuji menjadi inspirasi banyak orang untuk mengambil foto, sebagai bahan inspirasi melukis, atau bahkan untuk bahan penulisan seperti novel.
Tujuh Gunung Tertinggi di Malaysia
Sebagai pecinta alam, terutama yang suka naik gunung, belum puas rasanya jika belum menaklukkan gunung tertinggi di dunia, yaitu gunung Everest. Tapi menaklukkan gunung tertinggi ini, harus punya persiapan yang matang terutama soal pengalaman.Nah, untuk menambah pengalaman, cobalah taklukan dulu gunung tinggi di daerah kita dulu. Tapi kalau mau merasakan sensasi menaklukkan gunung di luar negeri Anda bisa mencoba di salah satu negara tetangga kita, misalnya Malaysia.Meskipun keindahan gunung-gunung di Indonesia susah untuk diungkapkan dengan kata-kata, tapi kita tidak boleh meremehkan keindahan gunung di Malaysia. Dan yang terpenting, ketinggian gunung di Malaysia cukup menantang. Nah, berikut beberapa gunung tertinggi di Malaysia.
Secuil Keindahan di Kampung Wisata Pabangbon, Bogor
Wisata alam Bogor memang tidak akan pernah ada habisnya, dalam menyajikan keindahan dan potensi alamnya. Di mana, hal ini menjadikan Bogor sebagai pusat perhatian bagi para wisatawan, baik lokal maupun luar daerah Bogor.Kampung Pabangbon merupakan salah satu detinasi wisata di Bogor yang sedang hits di media sosial. Tempat wisata satu ini sangat ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun luar daerah Bogor. Tempat wisata alam di Bogor ini semakin kental, ketika kita merasakan nuansa alam di pegunungan hutan pinus.Hal ini dikarenakan objek wisata Kampung Wisata Pabangbon ini berada di lahan perhutani yang berada di kaki gunung Halimun Bogor. Objek wisata Bogor ini memiliki ketinggian sekitar 720 meter di atas permukaan laut.
Lima Jalur Pendakian di Gunung Penanggungan
 – Gunung Penanggungan, dahulu bernama Gunung Pawitra (1.653 Mdpl), adalah gunung berapi kerucut yang terletak di Jawa Timur. Posisinya berada di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Mojokerto (sisi barat) dan Kabupaten Pasuruan (sisi timur), berjarak kurang lebih 55 km dari Surabaya.Gunung Penanggungan merupakan gunung kecil yang berada pada satu kluster dengan Gunung Arjuno dan Gunung Welirang yang jauh lebih besar. Gunung Penanggungan sering disebut sebagai miniatur dari Gunung Semeru, karena hamparan puncaknya yang sama-sama terdapat pasir dan batuan yang luas.Menurut kepercayaan Jawa Kuna, Gunung Penanggungan merupakan salah satu bagian puncak Mahameru yang dipindahkan oleh penguasa alam. Penanggungan merupakan salah satu gunung suci dari sembilan gunung suci di Jawa.
Keindahan Bukittinggi dari Lereng Gunung Singgalang
Ketika kamu merasa butuh ketenangan dan kesegaran, apa yang ada di pikiranmu? Bagi sebagian orang, melihat keindahan alam, bukit yang berjejer pepohonan nan hijau, hawa yang sejuk tentu membuat hati dan pikiran menjadi segar kembali, bukan?Salah satunya dengan melihat keindahan Bukittinggi dan sekitarnya. Kota Bukittinggi diapit oleh dua gununng, yaitu Gunung Merapi dan Gunung Singgalang. Bukittinggi tekenal dengan keindahan alam sekitarnya.Dari atas lereng Gunung Singgalang, kita dapat menikmati keindahan kota Bukittinggi dan alam sekitarnya. Lereng Gunung Singgalang merupakan objek wisata baru di kabupaten Agam. Di mana, kabupaten ini berbatasan dengan kotamadya Bukittinggi.
Tips Lengkap Mendaki Gunung Sumbing
Gunung Sumbing terletak di tiga Kabupaten, yaitu Magelang, Temanggung, dan Wonosobo. Gunung Sumbing juga menjadi gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah, setelah Gunung Slamet dengan ketinggian 3.371 Mdpl.Gunung Sumbing memiliki beberapa jalur di antaranya via Garung Wonosobo , Cepit Parakan Temanggung , dan Bowongso Wonosobo . Di antara jalur-jalur tersebut, jalur Garung merupakan jalur paling populer dan terkenal di antara kalangan pendaki.Seperti halnya Gunung Merapi dan Merbabu yang berdekatan, Gunung Sumbing juga terletak bersebelahan dengan Gunung Sindoro, sehingga banyak orang menyebutnya dengan gunung kembar. Gunung Sumbing terkenal dengan jalurnya yang cukup berat, namun memiliki pemandangan yang indah. Bahkan ketika sampai di puncaknya, kita bisa melihat seluruh gunung di Jawa Tengah, mulai dari gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Prau, Slamet, Lawu, Ungaran, Telomoyo hingga Andong.
Lima Kampung Warna-warni untuk Liburan Semakin Berwana
Apa yang terbesit dalam pikiranmu jika mendengar kata liburan? Apakah pergi ke pantai, gunung, atau taman hiburan? Sebenarnya tidak harus itu, karena liburan bisa juga dengan berkunjung ke destinasi baru, seperti berkunjung ke kampung. Eits, jangan mengerutkan dahi dulu, kenapa liburan di kampung?Ya, karena lima kampung berikut ini menyajikan keunikan tersendiri, terutama pada warnanya. Dulu kampung-kampung ini memang hanya perkampungan biasa bahkan ada yang bisa dibilang kumuh, namun sekarang beberapa kampung ini sudah disulap dan ditata ulang, sehingga muncullah kampung warna-warni.Nah di Indonesia sendiri, ada lima pilihan kampung warna-warni yang bisa kamu kunjungi untuk sekadar liburan atau menambah koleksi foto di Instagram, karena pastinya tempat-tempat ini sangat instagramable. Penasaran di mana saja kampung warna-warni tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.
Menikmati Liburan di Situs Candi Lereng Gunung Lawu
Lereng Gunung Lawu bisa ditempuh dari Kota Solo, Jawa Tengah, dengan perjalanan menggunakan kendaraan bermotor selama kurang lebih satu jam saja. Di lereng Gunung Lawu inilah tersimpan wisata religi yang tidak sedikit jumlahnya.Di atas ketinggian 900 hingga 1500 m dpl pada lereng Gunung Lawu terutama di kecamatan Ngargoyoso, Jenawi serta Tawangmangu Kabupaten Karangayar terdapat situs-situs religi yang tetap dilestarikan keberadaannya. Di Kecamatan Jenawi ada Candi Cetho, Candi Kethek dan Puri Taman Saraswati.Di Kecamatan Ngargoyoso ada Candi Sukuh dan Candi Plangatan. Sedangkan di Kecamatan Tawangmangu ada situs Menggung. Semua candi dan situs di lereng Gunung Lawu ini semuanya merupakan tempat beribadah agama Hindu yang hingga kini masih banyak digunakan sebagai tempat berziarah maupun ritual lainnya.Baca selengkapnya ...
Menikmati Jernihnya Curug Cipendok di Lereng Gunung Slamet
Gunung Slamet 3.438 mdpl merupakan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru. Gunung Slamet sangat populer sebagai sarana pendakian meskipun medannya terkenal cukup sulit. Di Lereng Gunung Slamet, ada wisata air terjun Curug Cipendok, yang terkenal sangat jernih dan masih sangat alami.Curug Cipendok adalah air terjun yang sangat indah dengan airnya yang jernih setinggi 92 meter, yang terletak di Lereng Gunung Slamet, Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Curug Cipendok memiliki daya tarik tersendiri untuk para pecinta alam.Lingkungan di tempat ini masih benar-benar alami, sunyi, tenang, dan belum banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan alamnya. Hawa di tempat ini juga sangat sejuk, dan sepanjang jalan menuju Curug Cipendok Anda akan disambut dengan area persawahan dan perkebunan yang menghijau, bumi perkemahan, serta sebuah telaga yang bernama Telaga Pucung.
Pesona Malam Kampung Salaka di Lereng Gunung Salak Bogor
 – Bogor tidak hanya dikenal dengan kota yang memiliki curah hujan yang cukup tinggi, namun kawasan ini juga menyimpan beragam destinasi wisata yang menjadi incaran wisatawan. Karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari kota Jakarta.Selain sebagai kawasan wisata, kota ini juga menyimpan suguhan penorama alam yang indah. Salah satunya ada di lereng Gunung Salak. Dan salah satu destinasi wisata alternatif yang sedang hits adalah Kampung Salaka, yang berlokasi di Ciapus Kabupaten Bogor, Jawa Barat.Objek wisata ini juga dapat dinikmati pada malam hari. Walau tidak seramai saat siang hari. Namun tempat ini akan menampilkan sensasi suasana yang berbeda. Dari ketinggian kita dapat menyaksikan indahnya alam perbukitan dan juga kawasan perkotaan yang tertata rapi.