Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Taman Candi Ngawi, Tempat Rekreasi Terbaru di Jawa Timur

 – Taman Candi Ngawi kini jadi pemberitaan hangat oleh netizen, pasalnya taman yang masih dalam tahap pengembangan ini, sudah banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Taman Candi kini menjadi spot selfie baru di Ngawi, Jawa Timur.

Taman Candi merupakan wisata baru yang menghiasi Ngawi. Meskipun dalam proses pengembangan, taman hiburan ini mendapat tanggapan positif dari masyarakat setempat. Sebab, bisa membuka penghasilan baru bagi warga sekitar.

Walaupun masih dalam tahap pengembangan pelengkapan fasilitas, namun kamu jangan meremehkan Taman Candi ini, karena kamu sudah bisa melakukan banyak aktivitas yang cukup banyak.

Read Full Article
Candi Asu, dari Monumen Peringatan hingga Pemujaan Arwah
Sekilas nama Candi Asu ini sedikit kasar. Merujuk dari nama asu yang artinya anjing dalam bahasa Jawa dan sangat sering digunakan sebagai kata umpatan apabila emosi. Ada dua versi kenapa candi yang belum diketahui nama aslinya ini dinamakan Candi Asu.Pertama, karena patung sapi yang bentuknya tidak sempurna karena belum selesai atau telah rusak yang lebih mirip anjing. Kedua, kata asu yang berasal dari kata dalam bahasa Jawa ngaso yang berarti istirahat, menandakan bahwa candi ini adalah tempat ngaso atau istirahat penguasa kerajaan di sekitar candi ini waktu itu.Candi Asu ini berlatar belakang agama Hindu. Bangunannya menghadap ke arah barat, memiliki panjang dan lebar sekitar 8 meter yang telah rusak dan hilang bentuk kubahnya sehingga tidak diketahui ketinggian sebenarnya candi ini. Candi ini pertama kali ditemukan oleh De Plink, warga berkebangsaan Belanda.
Menyatunya Cinta Hindu-Buddha di Candi Plaosan
Toleransi dalam beragama sejak dulu kala nenek moyang Indonesia sudah menerapkannya. Jika toleransi beragama terlalu diagung-agungkan di era demokrasi, maka ada baiknya kita belajar sejarah purbakala dari Candi Plaosan Lor.Candi Plaosan Lor adalah candi yang bercorak Buddha-Hindu yang dibangun atas perintah Rakai Pikatan untuk istrinya tercinta yang beragama Buddha, pada abad ke-9 Masehi. Sedangkan Rakai Pikatan sendiri merupakan raja berdarah Hindu. Candi indah yang dibangun dengan dua candi besar yang berdampingan itu, bangunannya sangat mirip, bahkan Candi Plaosan ini pula disebut sebagai Candi Kembar.Candi-candi perwara candi yang berukuran kecil turut mempercantik bangunan situs sejarah purbakala tersebut. Namun, candi perwara yang kini masih bisa dipugar hanya beberapa saja. Tumpukan-tumpukan batu andesit tersusun rapi di depan, samping, dan belakang. Mungkin ke depannya tumpukan candi itu masih bisa dipugar kembali.
10 Tempat Wisata Paling Populer di Ngawi
 – Ngawi adalah sebuah kabupaten yang terletak di bagian barat Provinsi Jawa Timur, Indonesia dan berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah. Dengan luas wilayah 1.298.58 kilometer persegi, Ngawi dianugerahi dengan pesona alam yang eksotis dan menarik untuk dikunjungi dan dinikmati pesonanya.Seperti di kabupaten lainnya di Pulau Jawa, Ngawi juga banyak memiliki tempat wisata menarik dan populer untuk dikunjungi. Di sini Anda dapat menikmati keindahan Air Terjun Pengantin, mengunjungi Situs Purbakala Trinil atau Benteng van Den Bosch, peninggalan Belanda yang masih berdiri megah hingga sekarang.Tidak hanya itu, masih banyak lagi tempat wisata favorit yang bisa kamu kunjungi di Ngawi. Dan berikut ini terdapat beberapa tempat wisata menarik yang sayang dilewatkan, saat berkunjung ke Ngawi.
Enam Candi Megah di Jawa Tengah
Jawa Tengah, salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak sekali candi megah dan menarik, mulai dari candi Buddha hingga Hindu.Candi sangat erat kaitannya dengan agama Hindu dan Buddha, selain untuk kegiatan keagamaan, candi juga dijadikan sebagai tempat wisata. Nah di bawah ini merupakan daftar candi keren yang ada di Jawa Tengah.Banyak yang mengira jika candi Borobudur terletak di Jogja, namun kenyataannya, candi Borobudur terletak di kota Magelang, provinsi Jawa Tengah. Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di Indonesia yang termasuk dalam tujuh keajaiban dunia.
Wisata Ngawi, Petik Teh Hingga Nikmati Air Terjun Pengantin
Pernah berkunjung ke Ngawi? Atau pernah melewati perjalanan dan melewati kabupaten kecil satu ini? Bagi traveler yang sering memakai transportasi kereta api, pasti pernah melewati kabupaten di Jawa Timur ini. Tak seperti Malang dan Surabaya, Ngawi memang sangat kecil. Bahkan di kota ini sangat susah ditemui bangunan pencakar langit seperti di Jakarta.Meskipun kecil bukan berarti Ngawi tak punya apa-apa. Kabupaten yang berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten di Jawa Tengah ini, memiliki sejuta keindahan alam yang tak ada duanya. Bahkan beberapa destinasi wisatanya terkenal sekali di Indonesia.Nah, bagi kamu yang belum pernah berkunjung ke Ngawi, berikut destinasi cantik yang bakal membuatmu betah berlama-lama di kota Bambu satu ini.
Candi Lumbung yang Berpindah-pindah, Malang Nian Nasibnya
Sepertinya hanya Candi Lumbung Sengi , satu-satunya candi yang berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. Candi bercorak Hindu ini nasibnya cukup tragis, tahun 2010 lalu, lahar Gunung Merapi mengalir ke Sungai Pabelan, karena letak tebing candi hanya sekitar 0,5 meter dari sungai, jadi sangat rawan longsor.Untuk menyelamatkan situs sejarah nenek moyang Indonesia ini, Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala BP3 Jawa Tengah, memindahkan Candi Lumbung tersebut. Wagiyo selaku penanggung jawab teknis lapangan beserta anggotanya, memindahkan bangunan candi itu ke Dusun Tlatar, Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.Pemindahan Candi Lumbung ini dikerjakan dengan alat manual, seperti linggis, tali tambang besar, besi dan papan. Sementara di sekitar candi, pesawahan milik warga, menjadi kendala untuk mengangkut batu-batu candi tersebut. Maka digunakan alternatif mengalirkan bebatuan itu di atas papan, yang diikat tali.
Candi Cheto, Candi Unik di Karanganyar
Di Indonesia terdapat beraneka ragam budaya dan agama, mulai dari agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, hingga Buddha. Nah dari beberapa agama tersebut, terdapat sebuah candi peninggalan agama Hindu, yaitu Candi Cheto.Candi Cheto terletak di kaki Gunung Lawu dengan ketinggian sekitar 1496 mdpl, tepatnya berada di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Candi Cheto merupakan salah satu candi peninggalan Hindu yang terbilang cukup unik. Arsitektur di Candi Cheto bisa dibilang lebih mirip dengan pura daripada candi.Untuk memasuki kawasan candi, terlebih dahulu kita diwajibkan untuk memakai sarung atau kain kampuh kain yang berwarna hitam putih dan diikatkan di pinggang , hal ini untuk menjaga kesopanan, sama halnya saat kita memasuki pura yang ada di Bali.
Lima Candi Indah di Dataran Tinggi Dieng
Di antara keindahan alam yang disuguhkan di dataran tinggi Dieng, ada enam candi indah yang bisa dikunjungi di sana. Selain menyaksikan bangunan kuno dengan segala keindahan dan keunikannya, pengunjung juga bisa belajar sejarah di di candi tersebut.Lima candi indah di Dieng tersebut, merupakan candi peninggalan Hindu beraliran Syiwa. Menurut penelitian candi di Dieng adalah candi Hindu tertua di Indonesia. Bahkan, disebut juga di Dieng itulah cikal bakal peyebaran agama Hindu yang kemudian berkembang pesat ke sekuruh Nusantara.Uniknya, Dieng dataran tertinggi di Pulau Jawa tersebut terbagi menjadi dua kabupaten, yaitu Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Banjarnegara. Jadi candi-candi yang ada pada saat ini terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Lalu, candi-candi apa saja yang berada di sana?Baca Selengkapnya...
Dua Arca Budha Tanpa Kepala di Candi Ngawen
Bangunan candi itu masih tampak kokoh berdiri, sekalipun beberapa bagian candi sudah tidak utuh lagi. Di dalam bilik candi, tampak arca Budha tanpa kepala dikerangkeng pintu besi.Arca tanpa kepala bukan hal mengejutkan lagi bagi saya setiap berkunjung ke candi Budha. Misalnya saja Candi Plaosan, Candi Borobudur, dan situs sejarah Gupala gupolo , situs peninggalan sejarah tersebut tercatat sekarang ini memiliki arca Budha tanpa kepala.Ada dua arca Budha di candi itu, yang pertama di dalam bilik bangunan yang masih utuh, dan kedua di candi yang pertama kali dijumpai saat memasuki kompleks Candi Ngawen. Ada rasa keingintahuan kenapa candi ini menyimpan arca Budha tanpa kepala?
Sambisari, Candi Bawah Tanah dengan Ruput Hijaunya
Sudah tahu belum, di Yogyakarta candi yang paling banyak didatangi oleh wisatawan adalah Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Padahal, candi Borobudur itu berada di provinsi Jawa Tengah, namun tetap yang dikenal candi yang berada di Yogyakarta.Dari dua candi tersebut, lokasi yang pernah aku kunjungi ialah Candi Prambanan. Namun, waktu itu aku masih duduk di bangku sekolah dasar. Kalian memang wajib mengunjungi dua candi tersebut, tapi saya punya rekomendasi tempat wisata yang menarik buat foto dan mengenal sejarah baru. Tempat wisata tersebut adalah Candi Sambisari.Mungkin tidak begitu banyak yang tahu tentang Candi Sambisari ini. Salah satu candi dari sekian banyak candi di daerah Kalasan. Candi ini berada dekat dengan Candi Prambanan dan Bandara Adisucipto, di Jalan Candi Sambisari Kadirojo, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Menyingkap Eksotisme Candi Ratu Boko di Yogyakarta
Sudah pernah dengar Candi Ratu Boko? Candi yang satu ini memang tidak setenar Candi Borobudur maupun Candi Prambanan. Namun, di balik itu semua, eksotisme dari Candi Ratu Boko ini sangatlah memukau dan tentunya tidak kalah dengan Candi Prambanan dan Borobudur.Mulai dari konstruksi dan arsitektur bangunannya, Candi Ratu Boko merupakan tempat tinggal para raja di zaman dahulu. Candi Ratu Boko, Yogyakarta, berada di hamparan tanah seluas 250.000 m2 dan terbagi menjadi 4 area, yakni barat, timur, tenggara, dan tengah.Jadi, bisa dibayangkan betapa luasnya dahulu ketika masih berdiri kokoh bangunannya. Kompleks Candi Ratu Boko berada di atas bukit sekitar 196 mdpl yang akan menambah tingkat eksotisme tempat ini. Jika ingin menuju candi, Anda harus menaiki tangga untuk sampai di kompleks atas Candi Ratu Boko.  
Candi Sambisari, Si Cantik yang Tersembunyi di Jogja
Jogja terkenal sebagai Kota Pelajar karena banyaknya tempat-tempat bersejarah yang dapat kita temukan dan pelajari di sana. Jogja juga menjadi sebuah tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.Jika Anda berkunjung ke Jogja, jangan lupa untuk mampir ke salah satu candi terunik di Jogja, yaitu Candi Sambisari. Candi ini sama dengan candi lainnya, sama-sama bercorak Hindu. Namun yang membedakan dengan candi lainnya, candi ini berada di bawah permukaan tanah sekitar 6,5 lebih rendah.Candi ini terletak di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda bakal dijamu pemandangan indah dan megah dari pelataran Candi Sambisari.
Mengunjungi Candi Srikandi, Candi Tertua di Indonesia
Candi cantik yang ada di Banjarnegara, Jawa Tengah ini merupakan salah satu candi menarik yang patut untuk dikunjungi oleh para traveler sejati. Selain unik, candi ini juga menyimpan sejarah yang luar biasa. Dataran tinggi Dieng dengan gugusan-gugusan bangunan seperti candi memang cukup banyak tersebar di area seluas 90 hektar terutama pada masa pemerintahan Rakai Warak Dyah Manara 809 Masehi .Candi Dieng adalah salah satu bagian peninggalan kerajaan dari Mataram Hindu kuno dan juga dipilih sebagai daerah sima atau tanah perdikan dengan simbol lingga patok yang banyak tersebar di area Dieng. Sejarah Candi Dieng seperti Candi Srikandi adalah bangunan yang begitu menarik dan unik dibanding dengan bangunan candi yang lainnya yang ada di daerah Dieng dan bahkan yang ada di Pulau Jawa.Dengan gaya arsitektur yang masih sangat dipengaruhi oleh India seperti Candi Arjuna dan juga Semar, Candi Srikandi sendiri justru memiliki relief trimurti Dewa Siwa, Dewa Wisnu, Dewa Brahma yang terpahat di setiap dinding luarnya. Sehingga sampai kini masih ada beberapa kalangan ahli sejarah atau arkeolog yang masih terus mengkaji mengenai bangunan Candi Dieng dari seni bangunan seperti Candi Srikandi.Baca Selengkapnya...
Taman Candi Ngawi, Tempat Rekreasi Terbaru di Jawa Timur
 – Taman Candi Ngawi kini jadi pemberitaan hangat oleh netizen, pasalnya taman yang masih dalam tahap pengembangan ini, sudah banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Taman Candi kini menjadi spot selfie baru di Ngawi, Jawa Timur.Taman Candi merupakan wisata baru yang menghiasi Ngawi. Meskipun dalam proses pengembangan, taman hiburan ini mendapat tanggapan positif dari masyarakat setempat. Sebab, bisa membuka penghasilan baru bagi warga sekitar.Walaupun masih dalam tahap pengembangan pelengkapan fasilitas, namun kamu jangan meremehkan Taman Candi ini, karena kamu sudah bisa melakukan banyak aktivitas yang cukup banyak.
Pesona Keindahan Candi Prambanan dan Legenda Roro Jonggrang
.co.id – Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Selain sebagai candi Hindu terbesar di Indonesia, juga dikenal sebagai candi terindah di Asia Tenggara. Candi Prambanan dikenal juga sebagai Candi Roro Jonggrang. Karena keindahannya, Candi Prambanan dinobatkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO di Indonesia.Candi Prambanan dibangun pada abad ke-9 Masehi sebagai persembahan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu, yaitu Brahma sebagai Dewa Pencipta, Wishnu sebagai Dewa Pemelihara, dan Siwa sebagai Dewa Pemusnah.Karena keindahannya, Candi Prambanan telah memikat hati Presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Obama. Barack Obama sangat terkesan dengan relief Candi Prambanan. Menurut sejarah, Candi Prambanan dibangun oleh Rakai Pikatan dan mulai dibangun pada sekitar tahun 850 Masehi.
Delapan Candi Terindah di Yogyakarta yang Masih Utuh
.co.id – Pulau Jawa merupakan pulau yang menyumbang terbanyak candi di Indonesia. Baik yang masih utuh, atau hanya tinggal reruntuhannya saja. Dan di Yogyakarta, ada delapan candi yang masih utuh untuk bisa dikunjungi.Di Kota Budaya ini sangat disayangkan jika Anda berkunjung, namun tidak sempat singgah di bangunan tempat sembahyang peninggalan purbakala tersebut. Delapan candi yang akan dirangkum ini merupakan candi bercorak Hindu dan Buddha. Dan tentu saja meskipun sudah pernah dipugar, tapi tidak mengurangi kemegahan dan kecantikannya.Dijamin Anda yang berkunjung ke candi tersebut tidak akan rugi, sebab ada banyak sekali manfaat yang bisa dipelajari di setiap candi-candi tersebut. Apalagi bagi Anda yang memang senang fotografi atau berswafoto, candi selalu menjadi yang terbaik sebagai objek untuk berfoto. Nah, berikut delapan candi terindah di Yogyakarta yang masih utuh dan bisa dinikmati di setiap inci bangunannya.
9 Tempat Wisata di Kabupaten Ngawi
Ngawi adalah sebuah kabupaten yang berada paling ujung barat propinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah. Karena letaknya di tengah daratan, membuat Ngawi mempunyai topografi berupa dataran tinggi.Kabupaten Ngawi, juga mempunyai beberapa julukan seperti Kota Bambu yang merupakan asal usul dari nama Ngawi, yaitu awi yang berarti bambu , atau Kota Kripik Tempe , karena kabupaten ini memiliki kripik tempe yang sangat khas.Selain memiliki banyak julukan, kabupaten Ngawi juga memiliki sejumlah tempat wisata yang tidak boleh dipandang sebelah mata, karena beberapa tempat wisata di sini ini pasti bisa membuatmu terkagum-kagum. Lantas, di mana saja tempat wisata di Ngawi tersebut? Berikut ulasannya.Baca Selengkapnya...
Candi Banyunibo yang Kini Sepi Pengunjung
 – Mendengar kata candi, tentunya akan teringat Kota Yogya. Walaupun pada dasarnya tak hanya Yogya, Thailand pun salah satunya. Sesuatu hal yang saya kagumi dari Kota Gudeg ini adalah situs sejarahnya. Banyak tempat yang bisa dijadikan referensi liburan, salah satunya Candi Banyunibo.Candi Banyunibo merupakan salah satu candi Budha yang berada tak jauh dari Candi Ratu Boko, hanya sekitar 5 KM dari arah Prambanan. Secara administratif, Candi Banyunibo masuk ke dalam wilayah Kabupaten Sleman. Mendengar kata Candi Banyunibo, barangkali masih banyak yang belum tahu. Walaupun di era digital sekarang ini sangatlah mudah untuk mendapatkan informasi.Kesan pertama yang saya dapati ketika berkunjung ke situs sejarah ini adalah sepinya pengunjung. Namun, begitu, bukan berarti candi ini tak menarik untuk dikunjungi. Sebenarnya apa sih faktor yang melatarbelakangi bahwa candi ini masih bisa dibilang sepi pengunjung? Barangkali, karena traveler langsung terpaku untuk mengunjungi Candi Ratu Boko dan Candi Ijo, sunsetlah yang membuat mereka tertarik pada tempat tersebut. 
8 Pilihan Tempat Berlibur di Kabupaten Ngawi
Setelah puas bersenang-senang menjelajahi pesisir selatan Jawa Timur, kini kami mengajak kamu untuk menyambangi kabupaten paling ujung barat provinsi ini, yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah, inilah Kabupaten Ngawi.Daerah yang wilayahnya terkepung daratan ini punya banyak tempat menarik untuk dikunjungi, meski tidak ada pemandangan pasir pantai dan ombak nyatanya banyak wisatawan yang tergoda untuk datang ke sana. Nama Kabupaten Ngawi diambil dari bahasa Sanskerta "Awi" yang berarti bambu.Konon zaman dahulu di wilayah sana banyak sekali terdapat pohon bambu, dari situlah asal muasal penamaan kabupaten ini. Letak geografisnya yang ada di tengah-tengah pulau dan menjadi bagian dari kaki Gunung Lawu, membuatnya kaya dengan pesona alam yang menyimpan segudang tempat wisata keren. Apa saja yang bisa kamu kunjungi di Ngawi? Berikut ulasan lengkapnya.
Menikmati View yang Indah dari Candi Ratu Boko
.co.id – Apabila berkunjung ke Candi Prambanan, jangan lewatkan untuk berkunjung ke Candi Ratu Boko. Tiket masuk Candi Prambanan dan Ratu Boko dapat dibeli terusan di tiket box Candi Prambanan. Apabila, membeli tiket terusan Candi Ratu Boko, Anda akan disediakan mobil angkutan dari Candi Prambanan ke Candi Ratu Boko, dan diberikan air meneral sebagai konsumsinya.Candi Ratu Boko atau ada yang menyebut sebagai Situs Ratu Baka. Di mana, Situs Ratu Baka adalah sebuah situs purbakala yang merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang menyerupai candi, yang lokasinya berada sekitar 3 km sebelah selatan dari kompleks Candi Prambanan.Candi Ratu Boko berada di sebuah bukit dengan ketinggian 196 meter dari permukaan laut. Karena berada di ketinggian, pemandangan di sekitar Candi Rato Boko akan terlihat sangat indah. Seperti apa penampakan Ratu Boko?
Melirik Pesona Indah dari Candi Ijo di Kota Yogyakarta
VIVA.co.id – Tidak lengkap ceritanya, jika berbicara tentang wisata Yogyakarta tanpa wisata sejarah seperti candi. Di Yogyakarta sendiri memiliki banyak peninggalan candi, namun kali ini yang akan kita bahas adalah Candi Ijo, yang merupakan candi paling tinggi letaknya di Jogja.Letak Candi Ijo ini sendiri berlokasi di Bukit Ijo, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal inilah yang membuat candi ini lebih tinggi dari banyaknya candi yang ada di Yogyakarta.Nama dari Candi Ijo sendiri diambil dari nama lokasi candi itu dibangun. Candi Ijo ini memilliki kemiripan dengan beberapa candi yang ada di sekitarnya, seperti Candi Ratu Boko dan Candi Banyunibo, di mana candi itu juga terletak di antara perbukitan. 
Bagi Pemburu Candi, Pernahkah Berkunjung ke Candi Ijo?
Sebuah candi yang terletak di bagian timur Yogyakarta miliki ketinggian yang mencapai sekitar 425 mdpl. Karena ketinggian itu pula, candi ini dinobatkan sebagai candi yang letaknya tertinggi di Yogyakarta.Candi yang bercorak Hindu tersebut berada di atas bukit yang disebut Gumuk IJo. Hingga akhirnya, candi yang menghadap ke barat ini disebut Candi Ijo. Candi Ijo dibangun sekitar kurun waktu di abad ke-10 sampai dengan ke-11, pada zaman Kerajaan Medang, di masa Mataram Kuno.Alam yang hijau mengelilingi candi Ijo, membuat udara begitu terasa segar saat menghirup di area komplek candi. Sedikit terburu-buru, kaki saya menaiki tangga di depan pos penjaga. Kemudian mengisi daftar buku tamu. Anda sendiri bagaimana, sudahkah mengunjungi indahnya Candi Ijo?
Pesona Candi Jabung di Probolingo
.co.id – Dalam kitab peninggalan Majapahit yakni kitab Negarakertagama, nama asli candi ini adalah Sugata Prasista. Namun oleh masyarakat sekitar sering disebut Jabung, karena candi ini ditemukan di daerah di mana banyak pohon jabung tumbuh.Dalam kitab tersebut disebutkan, bahwa candi ini merupakan salah satu candi yang disucikan. Pada masa raja Hayam Wuruk, candi ini pernah dikunjungi beliau untuk proses penyekaran dalam upacara Srada.Dalam kitab yang berbeda yakni kitab Pararaton, candi ini memiliki gelar yang disebut dengan Bajrajina Paramitapura. Gelar ini disematkan karena bangunan candi ini memiliki fungsi penting yakni bagi persembahan 3 dewa dalam Agama Buddha. Candi Jabung terletak di Dusun Jabung, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.