Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Daun Handeleum, Ramuan Alami Atasi Radang Tenggorokan

.co.id – Radang tenggorokan atau lebih dikenal dengan faringitis adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh peradangan pada bagian belakang tenggorokan (faring). Di mana kondisi ini akan memberikan ketidaknyamanan karena menimbulkan rasa sakit, panas, dan kesulitan untuk menelan makanan.

Radang tenggorokan yang dibiarkan tidak diobati akan sangat berbahaya. Dampak yang ditimbulkan oleh radang tenggorokan akan menjalar ke infeksi paru-paru, meningitis, dan bahkan merusak pernapasan Anda.

Oleh karena itu, obati radang tenggorokan sedini mungkin. Untuk mengobati radang tenggorokan, Anda bisa mengonsumsi ramuan alami dari daun handeleum yang dikenal ampuh dalam mengobati radang tenggorokan.

Read Full Article
Turunkan Gula Darah dengan Ramuan Daun Salam
 – Daun salam merupakan salah satu jenis rempah-rempah, yang kerap kali digunakan sebagai bahan pelengkap dalam masakan di tanah air. Daun salam banyak sekali kita jumpai pada masakan daging, sayur mayur, nasi kuning dan ikan.Daun salam dapat dicampurkan dalam keadaan utuh, sering maupun segar, dan turut dimasak hingga masakan matang. Daun salam banyak digunakan dalam masakan karena aromanya yang khas dan dapat menambah cita rasa masakan itu sendiri. Secara tradisional, ternyata daun salam juga dapat digunakan sebagai bahan alami, untuk mengobati beberapa penyakit salah satunya diabetes.Tidak banyak memang yang mengetahui, bahwa daun salam dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk mengobati penyakit diabetes. Daun salam mempunyai beberapa kandungan senyawa aktif seperti minyak atsiri dengan berbagai kandungannya, saponin, flafonoid, tanin, polifenol, alkanoid dan triterpen.
4 Cara Mudah Redakan Radang Tenggorokan
 – Sebagian besar orang, termasuk Anda pasti pernah merasakan gejala nyeri tenggorokan. Paling tidak sekali dalam sepanjang hidup Anda. Perih, gatal, dan sensasi terbakar pada tenggorokan pasti sangat mengganggu. Terlebih lagi, bila ditambah dengan flu serta infeksi virus.Namun ada kabar baik, Anda bisa menyembuhkan radang tenggorokan dengan cara yang cukup sederhana berikut ini. Cara pertama adalah berkumur dengan air garam. Garam bisa membawa keluar lendir dari dalam tenggorokan yang meradang dan membengkak, serta membantu mengurangi gejala radang tenggorokan.Buatlah larutan air garam untuk berkumur selama beberapa detik, lalu buang. Ulangi beberapa kali setiap harinya hingga radang tenggorokan mereda. Selain cara ini, masih banyak cara lainnya yang bisa digunakan untuk redakan tenggorokan. Baca Selengkapnya ...
Waspada, Jika Temukan Bercak Putih di Tenggorokan
Jika Anda merasa tidak nyaman atau merasakan nyeri di tenggorokan dan Anda melihat ada bercak putih di sekitarnya, sebaiknya Anda waspada. Sebab Anda bisa saja mengalami masalah serius yang berkaitan dengan tenggorokan.Seperti yang kita tahu, tenggorokan adalah jalan awal yang mengarah ke usus atau perut. Jadi, jika tenggorokan terinfeksi, akibatnya bisa berdampak pada organ tubuh lain seperti usus.Ada banyak penyebab infeksi di tenggorokan yang ditandai dengan bercak putih. Misalnya saja karena rokok, virus, infeksi bakteri, polusi atau gangguan pencernaan. Nah, jika Anda menemukan bercak putih di tenggorokan, Anda harus waspada, karena siapa tahu Anda mengalami beberapa masalah serius berikut ini.
Cara Ini Sembuhkan Radang Tenggorokan dalam 4 Jam
Ada banyak penyebab dari sakit tenggorokan, seperti infeksi virus, infeksi bakteri, atau beberapa masalah kesehatan lainnya. Infeksi pada sistem pernapasan kita dimanifestasikan melalui kantong nanah di tenggorokan, yang bisa muncul sebagai hasil dari pilek, flu, atau mononukleosis.Sakit tenggorokan memang bukan masalah kesehatan utama, tetapi mungkin memiliki konsekuensi serius jika tidak ditangani. Ada banyak obat yang dapat mengobati sakit tenggorokan, tapi beberapa di antaranya dapat menimbulkan efek samping yang bisa membuat masalah menjadi lebih buruk.Inilah sebabnya, pilihan terbaik adalah mengobatinya secara alami dengan obat buatan sendiri. Ada banyak obat anti-inflamasi yang dapat mengalahkan sakit tenggorokan dan membersihkan tubuh dari racun. Berikut resep yang banyak orang anggap sebagai salah satu yang terbaik.
Ramuan Sederhana untuk Radang Tenggorokan
Musim pancaroba itu hujan deras, angin kencang, dan secara tiba-tiba cuaca panas. Tidak hanya itu, debu juga akan mengakibatkan kondisi tubuh mengalami penurunan. Masalah yang kerap terjadi ketika musim pancaroba yaitu batuk, pilek, flu, sulit menelan, radang tenggorokan, dan amandel.Bicara tentang masalah radang tenggorokan, penyakit ini dapat disebabkan oleh berbagai hal. Meskipun, radang tenggorokan menjadi salah satu keluhan dari beberapa penyakit yang sering dianggap sepele, tapi jika dibiarkan mampu berujung pada penyakit yang tak kunjung sembuh.Radang tenggorokan bisa disertai dengan adanya pembengkakan pada amandel atau tonsil yang disebabkan oleh infeksi virus, bakteri atau alergi. Dan berikut ini akan kami bagikan tips untuk Anda, terkait solusi mengatasi radang tenggorokan.
Bawang Putih Ampuh Obati Radang Tenggorokan
 – Radang tenggorokan baik yang ringan maupun berat, pasti bisa mengganggu aktivitas keseharian. Terutama anak-anak, mereka cenderung akan rewel saat terkena jenis penyakit yang satu ini. Sebab itulah mengobati penyakit ini dipandang sangat perlu.Tapi mungkin masih banyak yang belum tahu cara ampuh mengatasi radang tenggorokan ini. Tujuan dari pengobatan tersebut yaitu mengurangi atau meredakan gejala, memberantas penyebab, mencegah kemunculan komplikasi, dan mencegah agar penyakit tidak kambuh lagi.Mungkin Anda tergoda untuk pergi ke dokter. Namun masih banyak bahan alami yang bisa Anda coba untuk meredakan radang tenggorokan. Dan bahan alami tersebut ternyata bisa kita dapatkan dari dapur, yaitu bawang putih.
3 Ramuan Tradisional Obati Radang Usus
 – Beberapa orang terkadang sering mengalami gangguan pencernaan, perut terasa sakit dan menduganya sebagai gangguan perut biasa. Peradangan ini membuat kinerja usus terganggu, dan penderita merasakan berbagai masalah pencernaan.Pencernaan mengalami masalah sakit perut, diare, dan nafsu makan berkurang. Nenek moyang kita telah mewariskan beberapa obat tradisional radang usus yang dapat dibuat sendiri di rumah. Di antaranya dengan memanfaatkan kunyit, daun iler, dan daun sirsak.Tetapi, gejala yang sering timbul tidak bisa dianggap remeh, jika sering terjadi pada diri kita. Penyakit radang usus atau Inflammatory Bowel Disease (IBD) merupakan kondisi radang yang terjadi pada usus besar dan usus kecil. Perlu diwaspadai bahwa, radang usus merupakan peradangan kronis dari seluruh atau sebagian saluran pencernaan.
Radang Tenggorokan, Penyakit Ringan yang Bisa Berbahaya
Faringitis atau lebih sering disebut radang tenggorokan, merupakan suatu kondisi penyakit yang paling banyak dialami semua orang. Biasanya faringitis ini muncul bersamaan dengan serangan influenza. Pada umumnya kondisi ini akan menyebabkan penderitanya menjadi kesulitan berbicara dan menelan.Untuk itu, pada postingan kali ini kami akan memberikan informasi tentang cara menyembuhkan faringitis. Penyakit faringitis atau radang tenggorokan ini seringkali dianggap remeh. Kebanyakan orang menganggap penyakit ini sebagai iritasi ringan yang akan dapat sembuh dengan sendirinya.Dengan demikian, penyakit ini banyak didiamkan dan tidak dicarikan solusi tepat untuk menanganinya. Sehingga lebih banyak orang yang akan menyadari setelah kondisi benar-benar kronis.
Duri Ikan Nyangkut di Tenggorokan? Begini Trik Mengatasinya
Menikmati lezatnya lauk pauk layaknya ikan, tentu menjadikan selera makan semakin tergugah. Entah itu menikmati ikan balado, ikan goreng, ikan bakar, serta dalam bentuk masakan lainnya. Di samping kelezatan rasanya, ikan juga dipenuhi dengan kandungan nutrisi cukup tinggi terutama pada proteinnya, baik itu ikan air laut maupun tawar.Namun, secara tak terduga, terkadang duri ikan juga ikut tertelan dan tersangkut di tenggorokan saat sedang asyik menikmatinya. Hal tersebut cukup mengganggu di saat melahap lezatnya masakan, serta membuat Anda merasa panik. Sebenarnya duri ikan yang menyangkut di tenggorokan ini akan bisa lunak dan hancur dengan sendirinya. Karena terdapat suatu enzim khusus di tenggorokan yang berfungsi meluruhkannya.Akan tetapi juga tergantung jenis duri ikan serta seberapa besar ukurannya. Oleh sebab itu segeralah melakukan tindakan jika terdapat duri ikan yang tersangkut. Sehingga tak menimbulkan dampak buruk pada tenggorokan. Lalu, bagaimana langkah penanggulangan jika tenggorokan Anda tersangkut duri ikan? Simak tipsnya berikut ini. Baca Selengkapnya...
Awas, 5 Makanan Ini Bisa Memicu Radang Sendi
 – Radang sendi atau secara medis sering disebut arthritis merupakan masalah kesehatan yang cukup mengganggu, radang sendi bisa menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Selain itu, radang sendi juga bisa membatasi gerak penderitanya.Radang sendi biasanya menyerang orang lanjut usia, namun orang muda pun bisa terkena masalah karena kebiasaan buruk. Pemicu radang sendi bisa disebabkan oleh menu makanan yang tidak baik. Menurut laman Boldsky.com, berikut ada beberapa makanan yang bisa memicu radang sendi.Soda jadi salah satunya. Minuman bersoda mengandung pemanis buatan yang tinggi, kandungan inilah yang bisa memicu radang sendi semakin parah. Jika Anda punya riwayat arthritis, sebaiknya hindari soda. 
Daun Kari, Solusi Ampuh Turunkan Gula Darah Berlebih
 – Bernama latin Murraya koenigii syn atau lebih dikenal dengan nama daun kari (salam koja). Merupakan salah satu jenis tumbuhan yang daunnya dipakai sebagai penyedap dalam masakan kari.Bentuk dari daun kari sama seperti daun salam, hanya saja ukurannya lebih kecil dan baunya lebih tajam dibanding dengan daun salam. Daun kari juga memiliki bunga berbau harum dengan buah berwarna ungu berbentuk bulir. Dan daun kari juga masih satu keluarga dengan kemuning.Biasanya daun kari kerap digunakan sebagai bumbu dapur oleh masyarakat untuk menambah rasa istimewa setiap sajiannya. Daun kari kaya akan beberapa kandungan, di antaranya serat, fosfor, kalsium, karbohidrat, dan zat besi. Selain itu, daun kari juga kaya akan vitamin, mulai dari vitamin A sampai E. 
Begini Cara Alami Sembuhkan Sakit Tenggorokan
 – Sakit tenggorokan merupakan masalah serius yang bisa dipicu oleh infeksi virus maupun bakteri. Sakit tenggorokan memiliki ragam gejala seperti pembengkakan, tenggorokan kering, tenggorokan gatal, sakit tenggorokan, dan kesulitan menelan makanan serta air.Jangan pernah abaikan jika memiliki masalah pada tenggorokan, karena bisa menurunkan kualitas hidup Anda. Tenggorokan adalah saluran pencernaan utama yang harus dijaga kesehatannya. Dilansir dari laman giadinh.net, berikut ada beberapa bahan alami yang bisa sembuhkan sakit tenggorokan.Air garam jadi salah satunya. Garam adalah salah satu obat sakit tenggorokan yang paling umum digunakan dan sangat efektif. Caranya cukup mudah hanya dengan menambahkan 1-2 sendok teh garam dalam air hangat dan kumur selama sekitar 5 menit.
Jeruk Lemon, Minuman Segar Penyembuh Radang Tenggorokan
Radang tenggorokan memang terdengar cukup sepele di telinga Anda. Penyakit yang sering menjumpai anak-anak dan dewasa ini memang sudah biasa dianggap remeh. Biasanya, seseorang akan dengan mudah terserang bila kondisi kesehatan tubuhnya menurun.Baik Anda sadari ataupun tidak, penyakit yang dianggap sepele ini akan sangat mengganggu aktivitas harian Anda. Penyakit yang kerap terlihat ringan ini ternyata dapat menjadi bom atom bagi diri Anda sendiri. Radang tenggorokan yang dibiarkan bersarang di dalam tubuh, bila tidak diobati akan sangat berbahaya.Dampak yang dimunculkan oleh radang tenggorokan ini mampu menjalar ke paru-paru dan merusak sistem pernapasan Anda. Maka dari itu, obati radang tenggorokan Anda sedini mungkin. Untuk mengobati radang tenggorokan, Anda bisa mengonsumsi jeruk lemon yang dikenal ampuh dalam mengatasi radang tenggorokan.
Sembuhkan Radang Tenggorokan dalam Sehari Tanpa Antibiotik
Radang tenggorokan sungguh sangat menyiksa. Pasalnya, penyakit ini membuat penderitanya mengalami kesulitan saat menelan makanan, bahkan menimbulkan rasa sakit dan kesulitan untuk berbicara.Radang tenggorokan disebabkan oleh bakteri Streptococcus pyogenes dan bisa terjadi pada anak dan orang dewasa. Gejala yang paling sering adalah, rasa sakit di tenggorokan dan radang.Biasanya, penyakit ini diobati dengan antibiotik, tapi kami akan menyarankan beberapa solusi alami yang akan membantu Anda mengobati radang tenggorokan dan melawan bakteri dengan cara yang sederhana dan cepat.
Cara Obati Radang dan Selaput Mata secara Alami
 – Radang mata atau dalam medis disebut Uveitis, merupakan sekelompok penyakit inflamasi yang menyebabkan pembengkakan dan dapat merusak jaringan mata. Penyakit radang mata bisa saja mengurangi penglihatan atau menyebabkan kebutaan. Secara medis, radang mata harus diobati dengan perawatan khusus karena sangat berbahaya jika dibiarkan.Tetapi ada cara mengobati radang mata secara alami, menggunakan ramuan herba tradisional dengan biaya ekonomis. Uveitis mungkin disebabkan oleh masalah atau penyakit yang terjadi di mata atau dapat menjadi bagian dari penyakit inflamasi yang memengaruhi bagian tubuh lainnya.Radang ini bisa saja terjadi pada semua orang tanpa mengenal usia, tetapi paling banyak penderita usia antara 20 hingga 60 tahun. Walaupun secara garis besar, uveitis berlangsung dalam waktu yang singkat atau bahkan kronis di waktu yang sangat lama. Baca Selengkapnya ...
Tanda-tanda dan Langkah Pengobatan Radang Tenggorokan
Tenggorokan merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat berguna. Kalau tenggorokan telah terjadi radang, maka akan sulit kita untuk bisa menelan dan sebagainya.Kalau sudah terkena radang, maka akan terasa sangat sakit untuk melakukan kegiatan seperti bisanya dan bahkan minum pun terasa ada yang mengganjal di tenggorokan.Apa saja tanda-tandanya dan langkah apa yang harus dilakukan untuk melakukan pengobatan radang tenggorokan ini? Berikut ini ulasannya.
Jelajah Wisata Pulau Handeleum Ujong Kulon
Pulau Handeleum merupakan salah satu pulau yang berada di Taman Nasonal Ujung Kulon. Pulau ini terkenal akan hutan bakaunya. Perjalanan menuju Pulau Handeleum Ujung Kulon ini merupakan rute perjalanan pertama yang akan kami singgahi.Dalam perjalanan menuju tempat wisata Taman Ujung Kulon Banten ini, kami disuguhkan dengan pemandangan alam yang menunjukan beragam jenis pesona wisata Ujung Kulon.Cuaca sore yang bersahabat dengan ombak yang tenang, dan disertai suguhan pemandangan sunset bersembunyi di balik hutan bakau yang indah, menyambut kami dalam kawasan pulau yang akan kami tuju. 
Pengaruh Radang Tenggorokan yang Berisiko Tinggi
Radang tenggorokan merupakan salah satu kondisi yang terdengar sepele di telinga masyarakat. Penyakit yang kerap menyerang anak-anak dan dewasa ini memang sering dianggap remeh. Di mana kondisi ini bisa menyebabkan penderitanya merasa sakit terutama saat menelan dan menyebabkan ketidaknyamanan.Namun, bukan hanya rasa nyeri dan ketidaknyamanan saja yang dapat timbul akibat radang tenggorokan. Perlu Anda ketahui, saat Anda mengalami sakit menelan dan terkena radang tenggorokan, maka Anda mempunyai risiko besar terkena meningitis. Terutama jika tidak segera ditangani, maka penyakit meningitis atau radang otak akan menyerang Anda dan mengancam kematian.Menurut beberapa ahli medis ternama hanya dalam kurun waktu 24 jam, tingkat keparahan meningitis bisa langsung meningkat. Sehingga, banyak kasus yang mengalami kematian akibat penyakit meningitis yang tidak segera ditangani dengan cepat.Baca Selengkapnya...
Ciri-Ciri Daun Jintan dan Cara Menanamnya di Rumah
.co.id – Daun jintan memang tidak begitu banyak dimanfaatkan masyarakat untuk kesehatan. Umumnya tanaman ini banyak membantu dalam memaksimalkan cita rasa masakan daerah. Daun jintan atau daun jinten, dalam bahasa latin disebut Plectranthus Amboinicus sin. atau Coleus Amboinicus.Bahasa Inggris menyebut tanaman ini sebagai Cuban Oregano, french thyme, Indian mint, atau Soup mint. Selain sebagai bumbu masakan, daun jintan dan manfaatnya untuk kesehatan ternyata sangat banyak. Tidak semua orang mengetahui khasiatnya, ciri-ciri daun jintan dan bagaimana cara menanam jintan di rumah.Beberapa daerah menyebut jintan sebagai daun bangun-bangun, daun hati-hati, daun kucing, daun kambing, atau majha nereng. Daun jinten dalam bahasa Sunda disebut Aceran, dan di Bali disebut Iwak. Jintan merupakan tumbuhan perenial dari familia Lamiaceae, tanaman ini berasal dari Afrika Selatan dan Timur.
Sejuta Manfaat Daun Mint yang Harus Anda Tahu
Daun mint merupakan salah satu dedaunan yang memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat. Daun mint sudah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai penyakit. Daun mint memiliki aroma khas yang menenangkan dan sangat diminati banyak orang.Daun mint biasa digunakan sebagai aroma masakan, namun daun mint juga dapat menjadi obat mujarab berbagai penyakit. Selain itu, daun mint juga digunakan sebagai bahan alami beberapa produk kosmetik dan kecantikan. Daun mint memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh kita.Beberapa kandungan tersebut adalah vitamin A, C, D dan E, daun mint juga mengandung mineral yang baik untuk tubuh seperti fosfor dan lain sebagainya. Berbicara tentang daun mint, kurang lengkap rasanya jika kita tidak membahas akan manfaat dari daun mint. Lantas, apa saja manfaatnya?
5 Bahan Alami Sembuhkan Sakit Tenggorokan
 – Pernahkah Anda ketika terbangun di pagi hari merasakan sakit pada tenggorokan? Jika pernah, kemungkinan besar ada infeksi di area tenggorokan Anda. Selain infeksi penyakit asam lambung, radang tenggorokan, radang amandel, dan difteri menjadi penyebab lain munculnya sakit tenggorokan.Meskipun bukan masalah serius, tapi penyakit ini harus cepat ditangani supaya tidak muncul masalah komplikasi baru pada tubuh. Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi pengalaman mengobati sakit tenggorokan tanpa harus mendapatkan resep dari dokter.Bahan-bahan alami ini sejak dari dulu dipercaya mengobati penyakit dalam dan pastinya tanpa efek samping. Wah, kira-kira bahan alami apa saja itu? Simak langsung penjelasannya berikut ini. 
Ternyata, Tangkai Sirih Bisa Sembuhkan Radang Tenggorokan
Pengobatan radang tenggorokan dinilai sangat perlu terutama pada anak-anak. Namun, kebanyakan orang memlih mengonsumsi obat berbahan kimia yang hanya dapat menghilangkan gejala sesaat. Padahal sudah jelas pengobatan seperti itu kurang efektif.Pengobatan yang dinilai efektif adalah dengan menggunakan bahan alami yang sudah terbukti berkhasiat seperti dengan tangkai daun sirih. Mungkin bagi sebagian orang cara pengobatan yang satu ini terdengar aneh, karena lebih banyak orang yang percaya khasiat daunnya daripada tangkainya.Namun, siapa sangka ternyata khasiat tangkai daun sirih juga tidak kalah hebat. Di dalam tangkai daun sirih ini terdapat terkandung eugenol yang mampu membasmi jamur dan virus penyebab radang tenggorokan. Ini buktinya.
Daun Handeleum, Ramuan Alami Atasi Radang Tenggorokan
.co.id – Radang tenggorokan atau lebih dikenal dengan faringitis adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh peradangan pada bagian belakang tenggorokan (faring). Di mana kondisi ini akan memberikan ketidaknyamanan karena menimbulkan rasa sakit, panas, dan kesulitan untuk menelan makanan.Radang tenggorokan yang dibiarkan tidak diobati akan sangat berbahaya. Dampak yang ditimbulkan oleh radang tenggorokan akan menjalar ke infeksi paru-paru, meningitis, dan bahkan merusak pernapasan Anda.Oleh karena itu, obati radang tenggorokan sedini mungkin. Untuk mengobati radang tenggorokan, Anda bisa mengonsumsi ramuan alami dari daun handeleum yang dikenal ampuh dalam mengobati radang tenggorokan.