Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Menikmati Eloknya Gunung Raung di Jawa Timur

 – Gunung Raung adalah gunung berapi kerucut yang terletak di ujung timur Pulau Jawa, Indonesia. Secara administratif, kawasan gunung ini termasuk dalam wilayah tiga kabupaten di wilayah Besuki, Jawa Timur, yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember.

Gunung Raung memiliki ketinggian 3.332 m,  puncaknya ada pada ketinggian 3.344 m. Gunung Raung merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Timur setelah Gunung Semeru dan tertinggi ke-empat di Pulau Jawa. Gunung Raung terakhir meletus pada tahun 1999.

Berkunjung dan mendaki ke Gunung Raung berucut ini bisa menjadi salah satu destinasi menyenangkan buat menghabiskan waktu liburan. Apalagi, kalau kamu memang menyukai mendaki gunung. 

Read Full Article
Lima Kisah Misteri di Gunung Semeru
Gunung Semeru adalah salah satu gunung api aktif tertinggi di Indonesia, yang terletak di provinsi Jawa Timur, dengan tinggi sekitar 3.676 meter di atas permukaan air laut. Puncak gunung Semeru dikenal dengan nama Mahameru.Gunung Semeru juga merupakan salah destinasi favorit para pecinta alam, terutama para pendaki gunung. Walaupun jalur pendakiannya termasuk cukup sulit, tapi keindahan alam di gunung ini bisa mengalahkan rasa lelah dan letih tersebut.Selain soal keindahan alamnya, Gunung Semeru juga banyak memiliki cerita misteri, hal ini juga ikut dibenarkan oleh beberapa pendaki gunung yang mengalami langsung kejadian mistis di gunung ini. Lantas, kisah misteri apa saja yang ada di Gunung Semeru? Berikut ulasannya.
Kisah Mistis Gunung Lawu di Jawa Tengah
.co.id – Gunung Lawu sebuah gunung yang berada di Jawa tengah. Lebih tepatnya di perbatasan kabupaten Karanganyar, Jawa tengah dan kabupaten Magetan, Jawa timur. Gunung Lawu tingginya hanya 3.265 meter di atas permukaan laut.Gunung Lawu memang terkenal dengan keangkerannya, dan banyak kisah mistis di dalamnya. Sudah banyak pendaki atau tim sar yang merasakan hal tersebut. Jadi, ketika ingin mendaki gunung Lawu, pengunjung diharuskan untuk ebih berhati-hati dan jaga sikap.Jangan sampai penghuni gunung Lawu merasa terganggu. Berikut ini terdapat kisah mistis gunung Lawu yang harus Anda ketahui. Apa saja? Daripada penasaran, langsung simak saja ulasan berikut ini.
Tips Lengkap Mendaki Gunung Sumbing
Gunung Sumbing terletak di tiga Kabupaten, yaitu Magelang, Temanggung, dan Wonosobo. Gunung Sumbing juga menjadi gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah, setelah Gunung Slamet dengan ketinggian 3.371 Mdpl.Gunung Sumbing memiliki beberapa jalur di antaranya via Garung Wonosobo , Cepit Parakan Temanggung , dan Bowongso Wonosobo . Di antara jalur-jalur tersebut, jalur Garung merupakan jalur paling populer dan terkenal di antara kalangan pendaki.Seperti halnya Gunung Merapi dan Merbabu yang berdekatan, Gunung Sumbing juga terletak bersebelahan dengan Gunung Sindoro, sehingga banyak orang menyebutnya dengan gunung kembar. Gunung Sumbing terkenal dengan jalurnya yang cukup berat, namun memiliki pemandangan yang indah. Bahkan ketika sampai di puncaknya, kita bisa melihat seluruh gunung di Jawa Tengah, mulai dari gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Prau, Slamet, Lawu, Ungaran, Telomoyo hingga Andong.
Sepuluh Gunung Terindah dan Paling Menakjubkan di Dunia
Ada banyak gunung berapi di dunia dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Gunung-gunung ini terkenal sangat indah sekaligus mematikan. Gunung-gunung paling menakjubkan ini banyak menarik ribuan wisatawan untuk mendakinya.Siapapun Anda, jika memiliki jiwa petualangan dapat mengunjungi gunung-gunung berikut ini. Berikut daftar sepuluh gunung terindah dan paling menakjubkan di dunia yang dapat Anda kunjungi.Gunung Bromo, Indonesia. Gunung Bromo merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Bromo merupakan salah satu gunung paling populer di Asia Tenggara. Wilayah ini dihuni oleh orang-orang dari Suku Tengger yang sering menyelenggarakan Festival Yadnya Kasada setiap tahunnya, dengan membuang sayuran dan hewan ternak lainnya ke dalam kaldera untuk meminta kesejahteraan dari dewa penunggu gunung.
Begini Pemandangan Puncak Gunung yang Hits di Pacitan
Selain pantai, jenis traveling lain yang juga disukai anak muda adalah wisata gunung. Kebetulan, jika kamu main ke Pacitan, banyak gunung yang bisa didaki.Meski tidak setinggi Gunung Semeru, tapi pemandangan dan pendakiannya tidak kalah seru. Cobalah mendaki Gunung Lanang, salah satu titik tertinggi kabupaten Pacitan.Gunung Lanang, sebagai salah satu titik tertinggi Pacitan. Untuk menemukan gunung ini, tidaklah sulit. Jika traveler berada di tengah pusat kota, tengoklah ke arah timur di sana akan terlihat deretan gunung yang disebut dengan Gunung Limo. Nah salah satu gunung itulah yang disebut dengan Gunung Lanang.
Tujuh Gunung Tertinggi di Malaysia
Sebagai pecinta alam, terutama yang suka naik gunung, belum puas rasanya jika belum menaklukkan gunung tertinggi di dunia, yaitu gunung Everest. Tapi menaklukkan gunung tertinggi ini, harus punya persiapan yang matang terutama soal pengalaman.Nah, untuk menambah pengalaman, cobalah taklukan dulu gunung tinggi di daerah kita dulu. Tapi kalau mau merasakan sensasi menaklukkan gunung di luar negeri Anda bisa mencoba di salah satu negara tetangga kita, misalnya Malaysia.Meskipun keindahan gunung-gunung di Indonesia susah untuk diungkapkan dengan kata-kata, tapi kita tidak boleh meremehkan keindahan gunung di Malaysia. Dan yang terpenting, ketinggian gunung di Malaysia cukup menantang. Nah, berikut beberapa gunung tertinggi di Malaysia.
Tujuh Gunung Tertinggi di Pulau Jawa
.co.id – Di zaman modern saat ini, mendaki gunung sudah menjadi salah satu gaya hidup dan hobi yang melekat di kalangan muda. Bagi para pendaki gunung, tentunya sudah tidak asing dengan kalimat Seven Summits of Indonesia, bukan?Kali ini, kami akan mengulas Seven Summits of Java. Lalu, gunung apa sajakah yang termasuk gunung tertinggi di Jawa? Yuk kita simak.Gunung tertinggi di Jawa adalah Gunung Semeru, yang berlokasi di Jawa Timur. Siapa yang tidak kenal dengan Gunung Semeru, sebuah gunung yang menjadi salah satu tujuan paling favorit di kalangan pendaki. Gunung yang terbilang cukup lengkap ini semakin populer setelah menjadi lokasi film 5CM, akibatnya banyak sekali pendaki yang ingin mendaki Gunung Semeru.
Tujuh Gunung Tertinggi di Jawa Barat
Wilayah negara Indonesia dikenal sebagai wilayah cincin api, yaitu wilayah yang sering mengalami gempa bumi akibat letusan gunung api, makanya tidak heran jika di Indonesia banyak terdapat gunung-gunung tinggi yang tersebar di setiap provinsinya.Salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki beberapa gunung tinggi yaitu Jawa Barat. Selain itu, gunung-gunung di Jawa Barat juga terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, makanya banyak gunung di Jawa Barat yang jadi sasaran para pendaki.Dalam dunia pendakian gunung, terkenal istilah Seven Summits yang berarti tujuh puncak gunung tertinggi. Nah berikut ini adalah Seven Summits nya di Jawa Barat. Gunung apa saja yang termasuk gunung tertinggi di Jawa Barat? Berikut ulasannya.
Lima Jalur Pendakian di Gunung Penanggungan
 – Gunung Penanggungan, dahulu bernama Gunung Pawitra (1.653 Mdpl), adalah gunung berapi kerucut yang terletak di Jawa Timur. Posisinya berada di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Mojokerto (sisi barat) dan Kabupaten Pasuruan (sisi timur), berjarak kurang lebih 55 km dari Surabaya.Gunung Penanggungan merupakan gunung kecil yang berada pada satu kluster dengan Gunung Arjuno dan Gunung Welirang yang jauh lebih besar. Gunung Penanggungan sering disebut sebagai miniatur dari Gunung Semeru, karena hamparan puncaknya yang sama-sama terdapat pasir dan batuan yang luas.Menurut kepercayaan Jawa Kuna, Gunung Penanggungan merupakan salah satu bagian puncak Mahameru yang dipindahkan oleh penguasa alam. Penanggungan merupakan salah satu gunung suci dari sembilan gunung suci di Jawa.
Fakta Unik Gunung Fuji di Jepang
Siapa yang tidak tahu dengan Gunung Fuji, salah satu gunung terindah dan juga menjadi ikon negara Jepang. Buat kamu yang ingin memotret keindahan Gunung Fuji di Jepang ini, saya sangat menyarankan untuk datang ke Kota Kofu di Yamanashi. Di sini banyak sekali spot unik dan bagus untuk memotret Gunung Fuji.Selain itu, Gunung Fuji punya banyak keunikan yang mungkin kita tidak tahu. Gunung Fuji adalah salah satu gunung tertinggi di Jepang dengan tampilan bentuk kerucut yang luar biasa indah, saya bilang indah karena uniknya gunung Fuji ini ujungnya terdapat salju yang menambah cantik gunung tersebut.Ya, Gunung Fuji adalah sebuah nama gunung yang terkenal tidak hanya di Jepang saja melainkan di seluruh penjuru dunia. Punya ketinggian 3.776 meter, Gunung Fuji menjadi inspirasi banyak orang untuk mengambil foto, sebagai bahan inspirasi melukis, atau bahkan untuk bahan penulisan seperti novel.
3 Hutan Paling Angker di Jawa Timur
.co.id – Pulau Jawa termasuk pulau yang luas di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di dalam pulau ini terbagi atas 6 provinsi. Salah satu provinsi tersebut bernama Jawa Timur. Provinsi Jawa timur ini berada di bagian paling timur dari Pulau Jawa.Ibukota dari provinsi yang berada di paling timur Pulau Jawa ini, adalah Kota Surabaya. Bentang alam wilayah Jawa Timur ini berupa dataran rendah, pegunungan, dan hutan. Dan ternyata, beberapa hutan di provinsi Jawa Timur ini dikenal wingit atau angker.Banyak beredar kisah-kisah menyeramkan dari hutan angker di Jawa Timur. Lantas, hutan pa saja yang terkenal angker itu? Langsung saja simak berikut ini ulasannya.
Menapaki Kerasnya Jalur Gunung Cikuray Garut
 – Buat kamu yang suka jalan-jalan terlebih mendaki, kali ini saya akan membahas betapa kerasnya jalur Gunung CIkuray. Gunung Cikuray atau Cikurai adalah sebuah gunung bertipe stratovolcano yang terletak di Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia.Gunung Cikuray yang mempunyai ketinggian 2.821 meter di atas permukaan laut ini tidak mempunyai kawah aktif dan merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah Gunung Ciremai, Gunung Pangrango, dan Gunung Gede.Gunung Cikuray adalah gunung yang pertama kali didaki oleh saya. Tempat nongkrong saya terdahulu di salah satu basecamp penikmat alam (Penikmat Hijau Bumi). Dulu, hampir sebulan sekali tepatnya Jumat malam atau malam Sabtu biasanya di Bale (basecamp) selalu ramai oleh para penikmat alam bebas. 
Tiga Kisah Mistis Gunung Semeru yang Bikin Merinding
.co.id – Gunung Semeru menjadi salah satu gunung besar dan populer di negara ini. Banyak orang yang mendaki gunung ini, untuk bisa menikmati keindahan alam dari atas puncak gunung. Gunung Semeru memiliki hutan yang cukup luas, sehingga ketika masuk di dalamnya, Anda bisa merasakan suasana berbeda dari alam lainnya.Alam Indonesia ini memang sangat kaya, sehingga makhluk halus pun banyak yang tinggal di tempat ini. Gunung adalah tempat favorit bagi para makhluk halus untuk tinggal dengan nyaman dan aman, karena jauh dari peradaban manusia.Meskipun gunung ini memiliki hutan yang luas, bukan berarti tidak ada manusia yang menjamahnya. Kisah mistis di Gunung Semeru ini sering terdengar, karena berdasarkan cerita masyarakat yang pernah ke gunung atau tinggal di sekitar Gunung Semeru.
Menikmati Sunrise dan Sunset di Gunung Butak Malang
 – Gunung Butak terletak di Malang, mungkin orang lebih banyak mengenalnya dengan Gunung Bromo atau Gunung Semeru dari pada Gunung Butak. Gunung Butak memiliki ketinggian 2.868 mdpl dan status Gunung Butak adalah gunung berapi.Gunung Butak bersebelahan dengan Gunung Kawi. Gunung Butak terletak di Malang dan Blitar, Jawa Timur, Indonesia. Mempunyai beberapa jalur pendakian seperti Jalur Sirah Kencong-Blitar, Jalur gunung Kawi Kepanjen, Jalur Desa Gadingkulon-Dau-Malang, Jalur Bukit Panderman Batu-Malang.Jalur resmi untuk pendakian Gunung Butak adalah melewati Jalur Sirah Kencong. Menikmati Sunrise dan sunset di Gunung Butak tidak akan membuatmu rugi. Saat sunrise para pecinta alam dapat memandangi mentari bersama dengan Gunung Semeru yang terkenal. Dan, saat sunset mata akan dimanjakan oleh eloknya mentari bersama Gunung Kelud. 
Mendaki Sambil Menguak Misteri Gunung Ciremai
 – Mendaki ke puncak tertinggi di Jawa Barat tidak sekadar membutuhkan fisik yang kuat, tapi juga nyali yang besar. Pasalnya, gunung ini selain memiliki jalur pendakian yang sulit juga dikenal sebagai tempat berkumpulnya cerita mistis, yang telah melekat selama puluhan tahun.Percaya atau tidak, banyak warga yang mengaitkan musibah yang dialami banyak pendaki lantaran kisah-kisah mistis yang ada di gunung tersebut. Jawa Timur punya Gunung Semeru, Jawa Tengah ada Gunung Slamet, sedangkan Jawa Barat puncak tertingginya ada di Gunung Ciremai.Jika dibandingkan dengan dua gunung di provinsi sebelumnya, Gunung Ciremai masih kalah tinggi sebab hanya memiliki ketinggian 3.079 mdpl saja. Tapi angka tidak menggambarkan realita, di mana trek menuju ke puncak gunung ini sangat sulit dan terjal, sehingga estimasi waktu yang dibutuhkan mungkin hampir setara dengan mendaki gunung lainnya. 
Menikmati Keindahan Gunung Galunggung yang Penuh Warna
Ten Thousand Hills adalah julukan yang diberikan kalangan akademisi geografi kepada Tasikmalaya. Hal ini nampaknya disebabkan karena memang Tasikmalaya memiliki bukit yang mencapai 10 ribu bukit. Salah satu gunung berapi aktif yang ada di Tasikmalaya adalah Gunung Galunggung.Elevasi Gunung Galunggung hanya sekitar 2.168 m dpl saja, sehingga sangat mudah didaki bahkan oleh anak-anak sekalipun. Gunung Galunggung sangat mudah didaki karena untuk mencapai kawah sudah dibangun tangga dari tempat parkir. Tangga 1 menuju kawah Gunung Galunggung ini berjumlah 620. Sedangkan, apabila melalui tangga 2, hanya 520 tangga tetapi lebih curam.Dengan kondisi ini, kawah Gunung Galunggung dapat dicapai hanya sekitar 20 menit saja dari tempat parkir. Gunung Galunggung termasuk salah satu gunung berapi di Jawa Barat yang relatif tidak terlalu aktif. Gunung Galunggung meletus terakhir kali pada tahun 1982 dan 1984, dan sampai tahun 2017 tidak ada aktivitas vulkanik yang mengkhawatirkan.Baca Selengkapnya...
Tujuh Gunung Terindah di Pulau Jawa
Indonesia memang memiliki banyak sekali gunung dengan pemandangan yang indah, dan sebagian gunung dengan pemandangan indah tersebut berada di pulau Jawa. Bagi kamu yang hobi naik gunung, tentunya memiliki gunung favorit untuk didaki.Nah, di bawah ini merupakan rangkuman gunung-gunung di Pulau Jawa yang memiliki pemandangan paling indah. Daftar ini dibuat dengan beberapa pertimbangan, mulai dari pemandangan sunrise-nya hingga padang savana yang menjadi daya tarik bagi pendaki.Gunung pertama di Pulau Jawa yang memiliki pemandangan indah adalah Gunung Semeru. Ya, setiap pendaki pasti setuju jika Gunung Semeru memiliki pemandangan yang sangat memesona, sehingga membuat banyak pendaki ingin kembali lagi.
Misteri Gunung Argopuro, Tempat Istana Dewi Rengganis
Jawa Timur memiliki sederet gunung yang sangat dicintai pendaki, karena keindahannya. Sebut saja bagaimana gunung Semeru dan gunung Ijen, dengan keunikannya masing-masing mampu menjadi magnet kuat, untuk menarik traveler pecinta petualangan mendaki ke puncaknya.Tapi ada satu gunung yang namanya belum setenar gunung-gunung yang telah disebutkan sebelumnya, namun memiliki sejuta kisah yang mengejutkan, inilah Gunung Argopuro. Gunung Argopuro ini berada di perbatasan antara Probolinggo dan Situbondo.Untuk mendaki gunung ini ada beberapa pilihan rute, dan yang paling banyak dipilih pendaki yaitu melalui desa Baderan di Situbondo. Jalur pendakian ke Gunung Argopuro dikenal sebagai yang terpanjang di Pulau Jawa, meski bukan merupakan yang tertinggi. Waktu tempuh ke puncaknya minimal membutuhkan waktu 3 hari, hal ini juga dipengaruhi adanya larangan mendaki di malam hari.
Sepengggal Misteri di Candi Puncak Agung Macan Putih
Mentari pagi mulai menampakkan wujud keperkasaannya. Rasa lelah mendaki Kawah Ijen terbayar dengan panorama menakjubkan yang dipersembahkan alam dengan keindahan blue fire dan panorama pemandangan gunung.Nan jauh di sana, mata ini melihat gunung yang kokoh berdiri dengan puncaknya berselimutkan kabut putih, penuh misteri. Gunung Raung, gunung yang terletak di Jawa Timur ini adalah gunung dengan medan sangat berat dan sulit, namun menjadi idola bagi para jiwa petualang yang selalu menyukai tantangan untuk memacu adrenalin.Sesuai dengan rencana setelah melihat Kawah Ijen, lokasi selanjutnya adalah mandi di keindahan air terjun Dewa Raung, air terjun yang terletak di kaki Gunung Raung ini bukan merupakan satu satunya air terjun. Konon, di sini sudah ditemukan 17 air terjun, namun baru beberapa saja yang bisa diakses oleh masyarakat.
Menikmati Kabut Pagi di Gunung Galunggung Tasikmalaya
Gunung Galunggung adalah salah satu gunung berapi di Tasikmalaya. Gunung Galunggung meletus terakhir kali pada tahun 1982 dan 1984. Sejak letusan tersebut, terbentuk kaldera yang besar. Lebar kaldera Gunung Galunggung ini mencapai 600 meter dengan kedalaman mencapai 300 meter.Ketinggian Gunung Galunggung hanya sekitar 2.168 mdpl, sehingga sangat mudah didaki oleh anak-anak sekalipun. Untuk mecapai kawah di gunung ini, sudah dibangun tangga dari tempat parkir. Tangga 1 menuju kawah Gunung Galunggung ini berjumlah 620, sedangkan jika melalui tangga 2, hanya ada 520 tangga tetapi lebih curam.Dengan kondisi ini, kawah Gunung Galunggung dapat dicapai hanya sekitar 20 menit saja dari tempat parkir. Salah satu keunikan Gunung Galunggung adalah terdapat musala di dasar kawah. Pada waktu-waktu tertentu, banyak pengunjung yang sengaja mengunjungi musala di dasar kawah Gunung Galunggung ini.
Menikmati Eloknya Gunung Raung di Jawa Timur
 – Gunung Raung adalah gunung berapi kerucut yang terletak di ujung timur Pulau Jawa, Indonesia. Secara administratif, kawasan gunung ini termasuk dalam wilayah tiga kabupaten di wilayah Besuki, Jawa Timur, yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember.Gunung Raung memiliki ketinggian 3.332 m,  puncaknya ada pada ketinggian 3.344 m. Gunung Raung merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Timur setelah Gunung Semeru dan tertinggi ke-empat di Pulau Jawa. Gunung Raung terakhir meletus pada tahun 1999.Berkunjung dan mendaki ke Gunung Raung berucut ini bisa menjadi salah satu destinasi menyenangkan buat menghabiskan waktu liburan. Apalagi, kalau kamu memang menyukai mendaki gunung. 
Empat Danau Cantik yang Ada di Gunung Indonesia
 – Indonesia memang memiliki banyak sekali gunung, mulai dari gunung yang tidak terlalu tinggi seperti gunung Andong, hingga gunung Jaya Wijaya yang merupakan gunung tertinggi di Indonesia yang ketinggiannya lebih dari 4.000 Mdpl.Di antara banyaknya gunung di Indonesia, terdapat beberapa gunung yang memiliki danau, bagi para pendaki, danau tidak hanya menjadi daya tarik tambahan saja, melainkan terkadang menjadi penolong di kala kehabisan perbekalan air. Nah di bawah ini merupakan daftar gunung di Indonesia yang memiliki danau dengan pemandangan memesona.Ranu Kumbolo. Gunung Semeru atau juga dikenal dengan nama Mahameru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa. Mahameru terletak di Jawa Timur, gunung ini selalu menjadi destinasi favorit bagi para pendaki karena keindahan dan ketinggiannya yang mencapai lebih dari 3.600 Mdpl.
Enam Tanjakan Penyesalan dan Rumitnya Rintangan di Sindoro
.co.id – Di Jawa Tengah, ada sejumlah gunung indah yang menjadi destinasi pendakian favorit bagi kalangan pendaki. Setiap kali ada kesempatan untuk mendaki, Jawa Tengah menawarkan banyak pilihan untuk dituju. Semua gunung yang ada di dalamnya menawarkan pemandangan yang begitu indah.Di antara Gunung Merbabu, Sumbing, Slamet, hingga Gunung Merapi, terdapat Gunung Sindoro yang menjadi salah satu gunung favorit bagi kalangan pendaki. Begitu mendapatkan kesempatan untuk melakukan pendakian di Jawa Tengah, Gunung Sindoro menjadi pilihanku. Gunung ini sudah lama ‘menantangku’ untuk menaklukkannya, dan aku pun menjawab tantangannya.Gunung Sindoro, atau yang juga kerap disebut Gunung Sundoro, memiliki ketinggian 3.153 mdpl di atas permukaan laut. Gunung ini terletak di sekitar Kabupaten Temanggung dan Wonosobo, Jawa Tengah.