Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Gua Lo Bangi, Keindahan Alam Bawah Tanah di Malang

 – Gua Lo Bangi merupakan gabungan dari dua gua yang mana Gua Lo dan Gua Bangi. Nah, untuk letak kedua gua ini tidaklah berjauhan. Gua Lo berada di ladang desa dan diberinama oleh warga setempat, lalu untuk Gua Bangi sendiri letaknya berada di ladang warga setempat yang bernama Pak Bangi.

Untuk masuk ke gua ini pengunjung mulai masuk dari Gua Lo, yang merupakan rangakain gua bawah tanah. Untuk jarak panjangnya gua sendiri sekitar 10 kilometer. Setelah melintasi Gua Lo, pengunjung harus meneruskan perjalanannya ke luar Gua Bangi yang panjangnya 5 kilometer. 

Di dalam gua, pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan indah dari ornamen karst, gourdam, batu-batuan reruntuhan, stalaktit dan stalakmit yang terbentuk selama bertahun-tahun di dalam gua ini. Berkunjung dan menghabiskan waktu liburan ke Gua Lo Bangi ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Read Full Article
Kehidupan Asing Mungkin Berkembang di Gua-gua Antartika
.co.id – Para ilmuwan telah menemukan bukti kehidupan dalam sistem gua yang tersembunyi jauh di bawah es Antartika. Benua paling selatan Bumi ini, mungkin bukan tempat yang paling jelas untuk mencari lingkungan yang hangat dan dapat dihuni. Namun menurut sebuah studi baru, beberapa sistem gua yang berada di bawah es Antartika tidak hanya hangat namun juga berpotensi penuh dengan kehidupan.Gua-gua yang dilubangi di sekitar Gunung Erebus di Pulau Ross Antartika misalnya, sangat hangat sehingga memungkinkan kita dapat berkeliaran di sekitarnya dengan nyaman, bahkan tanpa membutuhkan mantel. Cahaya juga bisa masuk ke dalam gua melalui es di atas yang sangat tipis.Dengan memeriksa sampel tanah yang dikumpulkan dari gua ini, para ilmuwan dapat menemukan bukti adanya lumut, ganggang, dan bahkan hewan-hewan kecil. "Hasil dari penelitian ini memberi kita sekilas tentang apa yang mungkin hidup di bawah es di Antartika, bahkan mungkin ada spesies baru hewan dan tumbuhan yang bisa dijumpai di sana," kata Dr Ceridwen Fraser.
Melihat Isi Gua Caynton yang Penuh dengan Misteri
Banyak gua yang bisa kita jadikan tujuan wisata, yang tersebar di berbagai negara. Namun biasanya, gua-gua tersebut terbentuk oleh aktivitas alam selama jutaan tahun yang menjadikannya tampak indah.Demikian juga dengan mulut gua, yang biasanya sudah cukup besar sehingga wisatawan dengan bebas keluar dan masuk, untuk menjelajahi keindahan gua tersebut.Tapi jika Anda melihat gua yang satu ini, mungkin tidak akan menduga jika di dalamnya ada sesuatu yang menakjubkan dan misterius. Pasalnya, mulut gua ini hanya sebesar lubang kelinci dan cukup sempit.
Antara Lutung Kasarung dan Keindahan Gua Jatijajar Kebumen
Pastinya kamu sudah tahu dan pernah mendengar tentang Lutung Kasarung, bukan? Nah, terus apa hubungannya dengan keindahan Gua Jatijajar Kebumen ini? Sebelum lanjut, kenalan dulu yuk dengan Gua Jatijajar.Gua Jatijajar merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang terdapat di Kebumen, selain Pantai Ayah atau Logending. Gua Jatijajar bisa dibilang sangat unik, karena di dalamnya pengunjung bisa menemukan diorama tentang Lutung Kasarung.Kembali lagi, kenapa ada Lutung Kasarung di Gua Jatijajar? Menurut cerita yang berkembang, Gua Jatijajar disebut sebagai tempat semedi atau bertapanya Lutung Kasarung, dan sampai sekarang cerita itu masih ada dengan adanya diorama Lutung Kasarung yang ada di dalam gua.
Goa Karst Ampanas, Destinasi Terindah di Kutai Timur
 – Kabupaten Kutai Timur adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Goa Karst Ampanas. Goa Karst Ampanas merupakan salah satu destinasi wisata terindah di Kutai Timur yang wajib untuk Anda kunjungi dan nikmati keindahannya.Gua yang terletak di Desa Pengadaan, Kecamatan Karangan, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur ini menyajikan pemandangan hutan lebat di sekitar gunung dan gua karst yang indah memesona. Di tempat ini, Anda dapat merasakan sensasi gua alam di tengah belantara hutan Kalimantan.Saat Anda memasuki gua, tampak mulut gua seperti tenggorokan mulut manusia yang menganga. Sementara di dalam gua, Anda dapat menemukan berbagai keunikan batu khas karst "hidup" yang ditandai dengan tetesan-tetesan air dari dinding gua. Di sini Anda akan merasakan kesejukan di dalam gua sepanjang sekitar 50 meter dengan lebar 5 meter. Selain dapat menikmati keindahan Goa Karst Ampanas, di tempat ini, Anda juga dapat menikmati wisata air belerang atau air panas alami yang berada tidak jauh dari Goa Karst Ampanas. 
Tujuh Kisah Miris Orang yang Pernah Terjebak di Dalam Gua
Sebagian orang menganggap berpetualang di dalam gua adalah sesuatu yang menantang dan menyenangkan. Apalagi jika gua yang dituju belum pernah disentuh oleh manusia sebelumnya. Jika beruntung, kita dapat melihat keindahan yang sebelumnya belum dilihat manusia.Tetapi menjelajahi gua tetap menimbulkan risiko yang tinggi. Tersesat hingga terjebak di dalamnya seharusnya membuat nyali menjadi kecil. Apalagi setelah Anda membaca kisah mereka yang pernah terjebak di dalam gua berikut ini.Peter Verhulsel. Sebenarnya peristiwa tragis bisa saja dihindari apabila Peter Verhulsel mau menaati aturan yang berada di gua Sterkfontein, Afrika Selatan. Sayangnya, Peter terlalu percaya diri dan mengabaikan petunjuk keselamatan selama di dalam gua. Akibat dari kebodohannya itu, Peter terjebak selama enam minggu di dalam gua. Tim penolong yang datang membantu dibuat terkejut karena pria tersebut sudah berwujud tengkorak.
Gua Barat, Gemuruh Perut Karst di Gombong Selatan
Gila , satu kata yang mendefinisikan pengalaman saya saat menyusuri gua yang meliuk di dalam perut karst di Gombong Selatan, Kabupaten Kebumen. Gua ini bernama Gua Barat, namanya bukan menunjukkan arah. Namun, kata Barat ini diambil dari kata angin dalam bahasa Jawa.Gemuruh dan hembusan angin di Gua Barat terus menjaga statusnya, sebagai gua paling gila untuk para penelusur. Gemuruh air dan hembusan angin sudah terdengar sejak pertama saya menginjakkan kaki di mulut Gua Barat.Dentumnya menyambut saya seperti memperingatkan akan kebesaran Gua Barat. Pada 50 meter pertama di mulut gua, para pengunjung akan dimanjakan oleh jalanan yang sudah tertata rapi. Perjalanan sedikit sulit, karena hujan deras pada malam sebelumnya.
Kuliner Ayam Bangi, Sensasi Super Pedas yang Bikin Nagih
 – Kota Kediri makin berbenah di bidang pariwisata. Bukan hanya objek wisatanya, kuliner yang ditawarkan juga tak kalah mencuri perhatian. Salah satunya Ayam Panggang Bangi yang memiliki keunikan tersendiri. Penasaran bagaimana kelezatan dari kuliner Kediri satu ini? Simak ulasan lengkapnya yuk.Tempat makan satu ini terletak di Jalan Raya Bangi, Dusun Mbangi, Desa Wonomarto, Kecamatan Purwoasri. Tepatnya di sebelah timur jembatan Kertosono dan di depan SDN Woromarto.Meski terbilang sederhana, warung ini hampir tak pernah sepi pembeli. Bahkan banyak orang penting singgah dan ketagihan dengan menu andalannya. Hidangan yang populer dari warung ini adalah ayam panggang. Di mana ayam kampung menjadi bahan utama dengan aroma arang yang nikmat.Baca selengkapnya...
Goa Kiskendo, Keindahan di Balik Cerita Pewayangan
Pernah mendengar nama Gua Kiskendo? Ya, Gua Kiskendo merupakan salah satu destinasi wisata dari Yogyakarta bagian paling barat, tepatnya di Kabupaten Kulon Progo. Gua Kiskendo ini merupakan salah satu tempat wisata yang sangat menarik, karena di sini kita bisa menemukan ornamen atau hiasan gua, berupa stalaktit dan stalagmit.Gua Kiskendo juga menjadi salah satu geoheritage di Yogyakarta. Ada sebuah cerita yang berkembang di masyarakat tentang Gua Kiskendo ini, yakni tentang kisah pewayangan yang menceritakan jika gua ini merupakan tempat tinggal Mahesasura, yang berkepala kerbau dan Lembusura degan kepala sapi.Nah, dalam kisah itu, Gua Kiskendo ini adalah tempat terjadinya pertempuran antara Subali, Sugriwa, dengan Mahesasura, dan Patih Lembusura, yang menghuni gua ini. Gua Kiskendo juga merupakan gua yang disakralkan, hal ini mungkin karena dulu sering dipakai untuk ritual bertapa.
Bluespring Caverns, Gua Tempat Tinggal Binatang Albino
Ada yang menarik dengan gua di Amerika ini, wisatawan harus naik perahu untuk menelusuri ke dalamnya. Lain dengan gua-gua pada umumnya, Bluespring Caverns merupakan gua yang dilewati oleh sungai bawah tanah sehingga permukaan gua penuh dengan genangan air sungai yang membuat pengunjung harus naik perahu untuk berkeliling di dalamnya. Uniknya, sungai tersebut dihuni berbagai hewan albino.Caving adalah salah satu wisata petualangan yang menantang serta meninggalkan kesan yang mendalam. Terlebih gua yang Anda jelajahi memiliki karakteristik unik seperti Bluespring Caverns. Gua yang terletak di Indiana, Amerika Serikat ini dilalui oleh sungai bawah tanah terpanjang di negeri tersebut.Kedengarannya sangat menarik untuk menjelajahi setiap ruangan yang ada di dalam gua itu, apalagi terdengar kabar bahwa sungai tersebut dihuni oleh binatang-binatang yang tidak memiliki pigmen warna kulit alias albino.Baca selengkapnya ...
Sensasi Ditelan Bumi Selama 3 Jam di Gua Buniayu
Pasti masih asing, jika mendengar Gua Buniayu? Jadi alangkah baiknya, jika kamu perkenalan terlebih dahulu apa itu Gua Buniayu.Ya, Buniayu merupakan gua yang terletak di Segaranten Buniayu, Sukabumi, Jawa Barat. Uniknya, dari Gua Buniayu ini adalah sebuah kawasan yang memiliki 40 jenis gua dengan masing-masing namanya.Nah dari sekian banyak gua yang ditemukan di tempat ini, ternyata hanya ada 2 gua yang paling dikenal. Apalagi kalau bukan, Gua Horizontal dan Gua Vertikal.
Keren, Ada Hutan di Dalam Gua
Pada umumnya gua hanya identik dengan bebatuan dan kegelapan. Namun, berbeda dengan gua yang satu ini. Di dalam gua ini justru terdapat hutan yang sangat indah.Gua yang memiliki hutan di dalamnya adalah gua Hang Son Doong, yang berada di Vietnam bagian tengah dan berbatasan dengan Laos. Gua ini ditemukan oleh seorang petani pada awal tahun 1991, namun baru diresmikan oleh pemerintah Vietnam menjadi tempat wisata pada tahun 2014 lalu.Saat dilakukan penelitian, ternyata gua ini dinobatkan menjadi gua terbesar di dunia. Bukan hanya besar dan lebar, tetapi di dalam gua ini terdapat banyak keunikan, dari mulai pasir seperti di pantai, hutan lebat, bahkan kolam renang.
Sepuluh Gua Terdalam di Dunia
Kata gua berasal dari bahasa Sansekerta yaitu guha yang artinya lubang di dalam tanah. Tapi beberapa peneliti mendefinisikan bahwa gua adalah ruangan cukup besar di dalam tanah atau batuan dan tidak menerima sinar Matahari.Gua berbeda dengan tempat lainnya, karena hanya sedikit orang yang pernah pergi ke sana. Hal ini disebabkan, selain gelap tapi juga medan yang dilalui juga sangat sulit dan ditambah lagi kita tidak tahu makhluk apa saja yang ada di dalamnya.Berbagai rekor gua terdalam di dunia telah ditemukan, salah satunya yaitu gua Krubera atau yang disebut juga gua Voronja di Abkhazia, Georgia dengan kedalaman mencapai lebih dari 2 km. Selain itu, ditemukan gua lain yang kedalamannya tidak kalah dibanding dengan gua Krubera. Gua apa saja itu? 
Gua Prasejarah Era Es Ditemukan di Bawah Kota Montreal
 – Dua orang speleologis telah menemukan jaringan gua tersembunyi di bawah jalan-jalan kota Montreal yang super sibuk. Meskipun gua tersebut pertama kali ditemukan di bawah jalan-jalan Montreal lebih dari 200 tahun yang lalu, namun ternyata masih banyak yang bisa dipelajari tentang gua-gua bawah tanah yang misterius ini.Baru-baru ini, dua orang ahli gua bernama Daniel Caron dan Luc Le Blanc telah mengungkapkan penemuan sistem gua yang sama sekali baru dapat diakses melalui celah sempit yang terletak di belakang salah satu gua. Penemuan itu sebenarnya dibuat dua tahun lalu, ketika mereka menemukan celah sempit tersebut.Lalu, dengan menggunakan kamera kecil, seorang speleologis bernama François Gelinas akhirnya berhasil mencapai bagian puncak melalui lubang. Yang mana, pada akhirnya dia menemukan sebuah ruangan yang lebih besar di balik dinding. 
Gua Jomblang yang Eksotis
.co.id – Gua Jomblang terletak di kawasan pegunungan karst di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, dan merupakan satu dari sekitar 500 gua yang ada di kabupaten tersebut. Mulut Gua Jomblang berbentuk vertikal dengan jarak paling dalam sekitar 80 meter.Gua Jomblang berdiameter sekitar 50 meter dan pertama kali dijelajahi pada tahun 1984 oleh Acintyacunyata Speleological Club (ASC) yang merupakan kelompok penjelajah gua dari Yogyakarta.Di kalangan penduduk setempat, Gua Jomblang dikenal memiliki cerita kelam. Pada tahun 1970 hingga1980-an, gua ini digunkaan sebagai lokasi pembunuhan dan pembuangan bagi anggota PKI. Diperkirakan, ratusan anggota PKI menemui ajalnya di gua tersebut.
Delapan Gua Terindah di Yogyakarta
Yogyakarta banyak memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain wisata alam Yogyakarta yang memesona, serta wisata budaya yang beraneka ragam, Yogyakarta juga memiliki gua-gua terindah yang wajib untuk Anda kunjungi.Selain untuk menikmati keindahannya, gua-gua ini juga siap menantang adrenalin Anda. Salah satunya adalah Gua Jomblang, yang disebut-sebut sebagai surga tersembunyi di bawah bumi Yogyakarta, serta Gua Pindul yang sangat memesona.Berikut delapan gua terindah di Yogyakarta, yang sangat populer di kalangan wisatawan yang wajib Anda kunjungi, karena keindahannya yang bagaikan surga tersembunyi dan sangat menakjubkan.
Menelusuri Mistisnya Gua Gajah Mangunan Bantul
Gua Gajah masih tergolong belum banyak dijelajahi sepenuhnya. Baru 150 meter saja gua ini resmi dihitung total kedalamnya. Banyak lorong yang tertutup tanah di dalam gua. Dan ada satu lorong yang bertuliskan berbahaya. Warga sendiri belum tahu berapa kedalaman lorong tersebut jika dimasuki.Namun, memang diberi label berbahaya karena untuk masuk ke lorong tersebut kita harus merangkak. Selain kondisi kegelapan gua, untuk keluar dari gua ini juga cukup menantang karena kita harus memanjat tangga yang terbuat dari kayu.Untuk informasi saja, titik akhir gua Gajah adalah mulut gua yang berbentuk vertikal setinggi 10 meter yang terkadang memunculkan cahaya saat siang hari. Cahaya yang meluncur dari atas di dalam sebuah gua disebut juga cahaya surga di beberapa tempat.
Menyusuri Keindahan Gua Gong di Pacitan
.co.id – Bagi kamu yang suka bertualang ke alam, Gua Gong bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu tentang keberadaan gua indah ini. Ya, objek wisata ini bisa kamu temukan di Desa Bomo, Kecamatan Punung, atau 30 kilometer dari kota Pacitan.Tahukah kamu, kenapa sih dinamakan Gua Gong? Sampai sekarang, kamu tentu bertanya-tanya tentang asal-usulnya. Usut punya usut, nama itu ternyata datang dari sebuah batu yang berada di dalam gua, yang ketika dipukul akan mengeluarkan suara seperti gong.Menurut cerita masyarakat setempat, gua ini awalnya ditemukan oleh dua orang warga yang tinggal di sekitar lokasi gua. Kemudian, penemuan itu pun menyebar dari mulut ke mulut dan mulai dilirik menjadi objek wisata. Jalanan setapak di dalam gua ini pun, kini sudah dibangun dengan baik, sehingga pelancong yang datang tak perlu bersusah-payah untuk menyusurinya.Baca selengkapnya...
Gua Lo Bangi, Keindahan Alam Bawah Tanah di Malang
 – Gua Lo Bangi merupakan gabungan dari dua gua yang mana Gua Lo dan Gua Bangi. Nah, untuk letak kedua gua ini tidaklah berjauhan. Gua Lo berada di ladang desa dan diberinama oleh warga setempat, lalu untuk Gua Bangi sendiri letaknya berada di ladang warga setempat yang bernama Pak Bangi.Untuk masuk ke gua ini pengunjung mulai masuk dari Gua Lo, yang merupakan rangakain gua bawah tanah. Untuk jarak panjangnya gua sendiri sekitar 10 kilometer. Setelah melintasi Gua Lo, pengunjung harus meneruskan perjalanannya ke luar Gua Bangi yang panjangnya 5 kilometer. Di dalam gua, pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan indah dari ornamen karst, gourdam, batu-batuan reruntuhan, stalaktit dan stalakmit yang terbentuk selama bertahun-tahun di dalam gua ini. Berkunjung dan menghabiskan waktu liburan ke Gua Lo Bangi ini bisa jadi pilihan yang tepat.
Pesona Gua Terawang yang Manis dan Eksotis
Wisata gua bisa dinikmati dengan beberapa cara, pertama mengagumi keindahan formasi batuan stalagtit dan stalagmitnya, kedua dengan melakukan kegiatan cave tubing, jika gua tersebut memiliki sistem sungai bawah tanah.Dan yang ketiga, dengan berburu cahaya surga yang dihasilkan dari sinar matahari yang menerobos masuk ke dalam gua, lewat lubang yang biasanya ada di atap gua. Pilihan terakhir tersebut bisa kamu dapati saat berkunjung ke Gua Terawang di Blora.Untuk menikmati atraksi alam yang cantik ini, langkah pertama yang harus traveler lakukan adalah mencari keberadaan gua tersebut. Gua Terawang terletak di Desa Kedungwungu, kecamatan Todanan, kabupaten Blora, atau berada pada km 35 sebelah barat kota Blora.  
Menikmati Pesona Alam yang Eksotis di Gua Jomblang
 – Tak dipungkiri jika kawasan Gunungkidul Yogyakarta dipenuhi dengan segudang potensi wisata menarik, terutama wisata alam yang rata-rata masih sangat alami dan mempunyai daya tarik tersendiri, yang sulit ditemukan di tempat lain di Indonesia.Salah satu destinasi alam menarik tersebut adalah Gua Jomblang. Gua Jomblang berada di wilayah Gunungkidul, tepatnya di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu. Nah, kira-kira apa saja hal menarik dari gua Jomblang ini? Berikut beberapa di antaranya.Gua Jomblang memiliki daya tarik dan pesonanya tersendiri. Di gua ini terdapat ‘pancaran cahaya surga’ yang menyorot sebuah bukit karst kecil di dalam perut gua. Untuk bisa memasuki perut gua ini, Anda diharuskan untuk mengenakan peralatan keamanan terlebih dahulu karena medan yang akan Anda lalui cukup sulit, yakni dengan menuruni gua yang berbentuk vertikal.
Ini, Gua Batu Cermin Mengundang Pertanyaan Banyak Wisatawan
VIVA.co.id – Liburan dan menikmati sajian keindahan alam Flores yang indah, kita tidak hanya disajikan dengan pemandangan pantai dan alam pegunungan. Namun di wilayah perbukitan yang memiliki ciri khas hutan, air terjun dan hutan serta gua pun tersaji di beberapa tempat wisata Labuan Bajo.Salah satunya adalah tempat wisata alam Gua Batu Cermin, yang terletak sekitar 4 kilometer dari pusat kota Labuan Bajo. Menyusuri tempat wisata alam Flores ini, kita akan melalui jalan setapak yang telah di korn block, yang jaraknya sekitar 300 meter atau sekitar 10-15 menit hingga sampai mulut Gua Batu Cermin.Sepanjang jalan yang di kelilingi dan dihiasi dengan rindangnya tanaman pohon bambu, membuat hawa panas berubah menjadi sejuk nan segar. Udara segar dengan teriknya matahari yang masuk melalui sela-sela batuan di atas gua yang memantul di batu, yang menimbulkan cahaya tersendiri yang menjadikan dinding gua menjadi mengkilap, hal ini akan menjadi sebuah pemandangan yang indah saat kita berada di dalam gua.
Cahaya Surga di Gua Suci yang Menenteramkan Hati
Selain Pacitan, daerah di Jawa Timur yang identik dengan gua adalah Kabupaten Tuban. Kabupaten ini memiliki slogan wisata yang mirip-mirip dengan Kota Seribu Satu Gua, milik Pacitan yakni Kota Seribu Gua.Pastinya ini bukan semacam pepesan kosong saja, sebab di wilayahnya memang banyak tersebar gua-gua, baik yang terbentuk secara alami maupun buatan manusia. Dari sekian banyak gua yang bisa dikunjungi wisatawan, terselip satu nama yang mencuri perhatian traveler yaitu Gua Suci.Gua ini begitu unik dibanding dengan Gua Akbar dan Gua Ngerong yang juga ada di wilayah Tuban. Traveler langsung bisa menebak letak keunikan tersebut sesaat setelah masuk ke dalam ruangannya, atau hanya dengan melihat fotonya yang sudah banyak beredar di dunia maya.  
Hoby Caving? Coba Vertical Caving di Ciampea
.co.id – Bagi kamu yang suka dunia bawah tanah, kamu bisa menjajal destinasi susur gua alias caving di dua tempat di daerah Bogor Barat. Di dua tempat ini, kamu bisa menikmati 2 tipe gua, yakni gua vertikal dan gua horizontal.Gua Vertikal bisa dijelajahi di kawasan Karst Ciampea sedang Gua Horizontalnya bisa kamu jelajahi di Gua Gudawang. Karst Ciampea ini berupa bukit kapur yang tidak terlalu tinggi. Di dalam perut bukit terdapat banyak gua-gua yang jalan masuknya berupa lubang vertikal (mirip sumur).Lokasinya relatif dekat kalau dari Jakarta. Dari Jakarta kamu bisa ke Bogor dulu, lalu belok ke arah barat menyusuri jalan provinsi Jabar-Banten, menuju Jasinga. Lokasi bukit Karst Ciampea tidak terlalu jauh dari Kampus IPB, Dramaga, Bogor. Sedangkan Gua Gudawang, masih terus lagi ke arah barat.