Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Mengerikan, Inilah 5 Risiko Akibat Kolesterol Tinggi

 – Ada rasa ngeri ketika mendengar kata kolesterol tinggi, karena memang akibatnya bisa fatal apabila tidak segera ditangani. Kolesterol sendiri merupakan senyawa lemak berlilin dalam darah yang sebagian diproduksi oleh organ hati, dan sebagian lainnya berasal dari makanan yang kita konsumsi.

Kolesterol terlalu tinggi dalam tubuh dapat berakibat serius bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita harus mengontrol keberadaannya. Sayangnya, mengontrol kolesterol tidak semudah yang kita bayangkan, apalagi jika Anda dikelilingi beragam makanan lezat yang mengandung kolesterol tinggi.

Tapi, jika mengingat ancaman penyakit yang siap mengintai Anda setiap saat, pastinya Anda akan lebih memilih berhati-hati dan selektif memilih makanan yang akan dikonsumsi. 

Read Full Article
Hajar Kolesterol Jahat dengan Tomat
Menurunkan kadar kolesterol tinggi dapat Anda lakukan dengan cara mengonsumsi nutrisi yang tepat. Bila selama ini pola makan Anda memicu kolesterol tinggi, maka sekarang saatnya untuk mengubah apa yang Anda konsumsi untuk menekan kadar kolesterol.Adanya kolesterol dalam tubuh yang berlebihan, bukan tidak mungkin akan bertumpuk di arteri sehingga arteri mengeras dan tersumbat. Kelebihan kolesterol ini mampu sebabkan stroke dan serangan jantung, lantaran pembekuan darah dan peradangan.Mengatur pola makan memiliki peranan yang sangat penting dalam langkah menurunkan kolesterol tinggi. Jika saat ini Anda tengah berjuang untuk menurunkan kolesterol tinggi, kini ada solusi praktis dan enak. Mulai sekarang, rutinlah konsumsi makanan yang mengandung tomat seperti pasta atau jus tomat.
Ramuan Temulawak Turunkan Kolesterol Jahat dengan Cepat
.co.id – Temulawak memang sudah banyak dikenal sebagai salah satu bahan alami yang bisa menuntaskan berbagai jenis penyakit. Tetapi, bagaimana dengan manfaat temulawak dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi? Inilah jawabannya.Seperti yang kita ketahui, temulawak dikenal dengan manfaat besarnya bagi kesehatan, tak terkecuali untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Tingginya kadar kolesterol sudah nyata menjadi faktor risiko terjadinya penyakit jantung koroner. Bukan hanya penyakit jantung, ternyata kolesterol bisa sebabkan peningkatan risiko stroke.Sebagian orang termasuk Anda, pastinya sudah sangat sering mendengar manfaat dari temulawak yang sangat berguna untuk kesehatan. Seperti misalnya menurunkan radang hati dan juga sebagai penambah nafsu makan. Namun ternyata, temulawak juga memiliki manfaat dalam menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh.
10 Gejala Kolesterol Tinggi yang Wajib Anda Ketahui
 – Pada tubuh seseorang, kolesterol tersebar ke berbagai bagian tubuh, mulai dari saraf, otak, kulit, serta jantung. Jika dibiarkan begitu saja, maka kemungkinan besar akan terjadi hal buruk yang menimpa kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, sangat penting bagi setiap orang untuk mengetahui apa saja tanda gejala tingginya kolesterol.Berbicara mengenai kolesterol, memang tidak semua kolesterol merugikan, ada juga kolesterol baik yang bermanfaat bagi tubuh. Namun, hal ini perlu diperhatikan, tidak boleh sembarang memilih makanan yang berkolesterol. Karena jika salah, maka akan berakibat buruk pada kesehatan tubuh.Memang, pada dasarnya setiap orang memiliki kadar kolesterol antara 160-200 mg. Jika melebihi 240 sudah termasuk ke fase berbahaya, bahkan dapat mengakibatkan stroke. Lantas, tahukah Anda gejala kolesterol tinggi itu sendiri?
Empat Kebiasaan yang Buat Kolesterol Naik Drastis
Kolesterol yang tinggi memang dapat menyebabkan berbagai risiko penyakit, seperti obesitas, jantung, dan penyakit lainnya. Oleh sebab itu, wajib bagi kita untuk selalu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Jika tidak dijaga keseimbangannya, maka bisa menyebabkan penyumbatan pada bagian pembuluh darah. Hal ini akan menyebabkan munculnya risiko kardiovaskular.Berbicara tentang kolesterol tinggi, ada banyak penyebab mengapa kolesterol bisa naik. Jika dibiarkan, kolesterol bisa naik drastis berkali-kali lipat. Salah satu penyebab naiknya kadar kolesterol dalam tubuh, karena mengonsumsi makanan yang tidak sehat, sehingga berpengaruh pada keseimbangan kolesterol, seperti mengonsumsi makanan tinggi lemak dan bergula.Jika terlalu sering mengonsumsinya, bisa membuat kolesterol Anda naik drastis. Selain itu, ada juga hal lain yang dapat menyebabkan naiknya kolesterol. Berikut empat di antaranya.
Empat Dampak Asam Urat dan Kolesterol Tinggi
 – Sekilas, memang asam urat dan kolesterol tidak terlihat terkait satu sama lain. Banyak orang tidak memahami adanya kaitan erat antara kedua penyakit tersebut, sehingga tidak memahami bagaimana kolesterol dapat memengaruhi asam urat.Keduanya kemungkinan terjadi akibat pola makan yang salah. Jenis makanan yang memicu kolesterol merupakan jenis makanan yang juga memicu asam urat, seperti misalnya jeroan dan daging merah. Jeroan dan daging merah memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi, sekaligus juga memiliki kandungan protein yang susah dicerna sehingga membentuk residu purin yang lebih banyak.Lantas, bagaimana dampak komplikasi asam urat dan juga kolesterol bagi penderitanya? Tentu saja, dampak asam urat dan kolesterol hampir sama dan biasanya saling berkaitan. Berikut ini terdapat dampak mengerikan dari asam urat dan kolesterol tinggi yang perlu Anda tahu.Baca Selengkapnya ... 
Ini Penyebab Kolesterol Tinggi pada Orang Kurus
 – Kolesterol yang tinggi sering diidentikan dengan orang-orang yang berbadan gemuk, sehingga banyak orang yang menganggap orang kurus terbebas dari kolesterol. Namun, bayangan ini ternyata salah. Kadar kolesterol tinggi tidak di ukur dari ukuran tubuh, mereka yang tubuhnya kurus pun sangat berpotensi memiliki kadar kolesterol yang tinggi.Mungkin banyak orang yang merasa aneh dengan ini, namun perlu Anda tahu kadar kolesterol tinggi bisa menimpa siapa pun baik orang gemuk atau kurus.Nah, berikut ada beberapa penyebab yang perlu Anda ketahui mengapa orang kurus bisa tertimpa masalah kadar kolesterol tinggi. Berikut ulasannya!
Turunkan Kolesterol Jahat Tanpa Obat, Caranya?
 – Sebenarnya, tubuh Anda membutuhkan kolesterol untuk dapat berfungsi dengan baik, tapi dengan catatan tidak kelebihan jumlahnya. Semakin tinggi tingkat kolesterol, semakin tinggi pula risiko Anda menderita penyakit jantung.Jadi, jika Anda mampu mengendalikan kadar kolesterol, Anda secara signifikan dapat mengurangi risiko banyak kondisi yang berhubungan dengan jantung. Namun, tidak semua kolesterol itu buruk. Tubuh kita memiliki lipoprotein 'baik' high-density lipoprotein (HDL) dan 'buruk' atau low-density lipoprotein (LDL).Seringkali orang diberi resep beberapa obat untuk menurunkan kolesterol LDL mereka dan meningkatkan kadar HDL. Kabar baiknya, Anda dapat menurunkannya tanpa obat-obatan. Beberapa perubahan kecil dalam gaya hidup Anda dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam hal kadar kolesterol Anda. Berikut beberapa cara alami yang dapat menurunkan kolesterol Anda.
Tujuh Gejala Tubuh Akibat Kolesterol Tinggi
Kolesterol dalam tubuh patut diwaspadai, karena bisa menumpuk dengan cepat dan mengendap tanpa disadari. Jika tidak segera diatasi, kolesterol tinggi dapat mengancam kesehatan hingga menyebabkan kematian.Beberapa masalah kesehatan akibat tingginya kolesterol, antara lain jantung, stroke dan penyumbatan pembuluh darah. Meskipun tidak ada gejala khusus akibat tingginya kadar kolesterol dalam darah, namun tubuh tetap memberikan indikator yang membuat Anda patut mewaspadainya.Kira-kira apa saja gejala tubuh yang bisa menunjukkan bahwa kadar kolesterol kita tinggi? Daripada terlambat, ada baiknya kita lebih peka terhadap perubahan dalam tubuh akibat tingginya kolesterol.
Cara Paling Cepat Turunkan Kolesterol dalam 7 Hari
 – Kolesterol tinggi, terutama jika itu adalah jenis LDL kolesterol yang dikenal jahat. Susah dibakar dan cenderung mudah disimpan dalam tubuh. Tertimbunnya kolesterol dalam tubuh ini bisa meningkatkan risiko penyakit serius, seperti asam urat, diabetes, hipertensi, keluhan jantung, ginjal, dan masih banyak lagi.Meski mempunyai sejumlah risiko yang tinggi, sebetulnya kolesterol termasuk penyakit yang sangat mungkin untuk dikendalikan. Anda dapat mengatur kadar kolesterol Anda, menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.Dan yang mungkin cukup menarik bagi Anda yang saat ini sedang mengkhawatirkan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh, saat ini kadar kolesterol dapat diturunkan dengan waktu singkat. Kuncinya, terletak pada beberapa cara sederhana berikut ini.
Anda Harus Tahu, Perbedaan Asam Urat dan Kolesterol Tinggi
 – Asam urat dan kolesterol merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh gangguan suatu senyawa dalam tubuh. Pada dasarnya, asam urat dan kolesterol tak berbahaya apabila kadarnya masih dalam kondisi yang normal.Tapi, bila asupan purin penyebab asam urat serta kolesterol jahat penyebab kolesterol terlalu banyak masuk ke dalam tubuh, maka akan memunculkan hal yang cukup berbahaya dan amat sangat tidak nyaman.Asam urat dan kolesterol ini sebenarnya saling berhubungan, lantaran biasanya bagi mereka yang mempunyai kolesterol secara tak langsung juga akan terkena asam urat karena ada penyumbatan darah oleh kolesterol. Lantas, apa perbedaan asam urat dan kolesterol? 
Jeruk Nipis, Solusi Cepat Turunkan Kolesterol Tinggi
 – Hingga saat ini, masalah kolesterol masih menjadi perbincangan bagi sebagian besar orang. Pasalnya, masalah kolesterol kerap muncul dan dirasakan terutama pada seseorang yang telah melebihi usia 45 atau 55 tahun. Bahkan, pada saat ini telah banyak orang mengalami masalah kesehatan yang disebabkan oleh kolesterol tinggi.Untuk menurunkan kadar kolesterol, memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Terlebih lagi, kolesterol adalah salah satu penyakit yang memicu penyakit berbahaya seperti serangan jantung, stroke, dan lain sebagainya.Sebenarnya, ada cara mudah dan aman yang bisa Anda gunakan untuk menurunkan kadar kolesterol. Salah satunya dengan memanfaatkan jeruk nipis. Hal tersebut karena, jeruk nipis mengandung zat bernama limonin glucosida, yang berkhasiat untuk turunkan kadar kolesterol jahat.
Mengerikan, Inilah 5 Risiko Akibat Kolesterol Tinggi
 – Ada rasa ngeri ketika mendengar kata kolesterol tinggi, karena memang akibatnya bisa fatal apabila tidak segera ditangani. Kolesterol sendiri merupakan senyawa lemak berlilin dalam darah yang sebagian diproduksi oleh organ hati, dan sebagian lainnya berasal dari makanan yang kita konsumsi.Kolesterol terlalu tinggi dalam tubuh dapat berakibat serius bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita harus mengontrol keberadaannya. Sayangnya, mengontrol kolesterol tidak semudah yang kita bayangkan, apalagi jika Anda dikelilingi beragam makanan lezat yang mengandung kolesterol tinggi.Tapi, jika mengingat ancaman penyakit yang siap mengintai Anda setiap saat, pastinya Anda akan lebih memilih berhati-hati dan selektif memilih makanan yang akan dikonsumsi. 
Bawang Putih Bisa Normalkan Kolesterol Jahat dalam Sekejap
.co.id – Memang, tidak semua jenis kolesterol itu jahat dan juga harus diturunkan. Karena, sejatinya kolesterol bisa ditemukan dalam tiap sel tubuh dan mempunyai fungsi alami yang sangat penting. Kolesterol dihasilkan oleh tubuh secara alami, tapi bisa juga dihasilkan dari makanan yang dikonsumsi.Kadar kolesterol jahat yang tidak diimbangi dengan tingginya kadar kolesterol baik, akan sangat berdampak buruk pada pembuluh darah. Pasalnya, lemak jahat ini dapat mengalami pengendapan di lapisan dalam pembuluh darah. Membuat aliran darah menjadi tersumbat, karena diameter menyempit (aterosklerosis). Lambat laun dapat membuat aliran darah dapat terhenti.Proses itulah yang memunculkan berbagai jenis penyakit serius seperti jantung koroner dan stroke, di mana pembuluh darah di otak dan jantung menyempit akibat kolesterol jahat. Anda tidak ingin bukan, penyakit-penyakit serius tersebut muncul? Segera atasi dengan salah satu makanan yang dipercaya bisa menurunkan kolesterol jahat, yaitu bawang putih.
Kolesterol Tinggi Turun dalam 2 Hari dengan Kacang Hijau
 – Penyakit kolesterol tinggi atau dalam istilah kedokteran disebut dengan hiperkolesterolemia, ialah suatu kondisi di mana tingkat kolesterol di dalam darah tinggi hingga melampaui batas normal. Kondisi kolesterol tinggi ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius, jika tidak segera diatasi.Pada saat kolesterol di dalam darah terlalu tinggi,maka aliran darah di jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya akan terhambat. Dan hal tersebutlah yang akan berisiko pada penggumpalan darah, penyebab stroke hingga serangan jantung terjadi. Oleh sebab itu, pengobatan kolesterol tentunya harus segera dilakukan sedini mungkin. Salah satu cara untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah yaitu dengan rajin mengonsumsi kacang-kacangan. Tak percaya?
Seledri, Cara Termudah Turunkan Kolesterol
 – Menurunkan kolesterol tinggi bukan sekadar minum obat kemudian kita menunggu reaksi obat dalam sehari. Terlebih dari itu, kita juga harus menghindari hal-hal yang bisa memicu peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsi makanan penurun kolesterol akan membantu pengobatan Anda menjadi lebih efektif.Seperti yang kita ketahui, kolesterol sebetulnya merupakan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun akan sangat berbahaya jika tubuh kelebihan kolesterol, karena bisa memicu komplikasi penyakit yang lebih serius, seperti penyakit jantung koroner dan stroke.Untuk terhindar dari risiko tersebut, Anda harus menjaga kadar kolesterol tetap di angka normal. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi, salah satunya dengan memanfaatkan daun seledri.
Sepuluh Makanan Penurun Asam Urat dan Kolesterol Tinggi
 – Angka asam urat dan kolesterol yang tinggi kerap menjadi keluhan terutama orangtua atau lansia. Orangtua biasanya merasa tidak nyaman karena asam urat dan kolesterol yang tinggi membuat tubuh menjadi lemah.Kolesterol juga dapat meningkatkan beberapa risiko penyakit, seperti jantung, stroke, hipertensi, dan diabetes. Sedangkan asam urat berkaitan dengan pembentukan kristal di dalam ginjal sehingga fungsi ginjal bisa berkurang. Jadi, kolesterol dan asam urat tinggi bisa memunculkan dampak penyakit komplikasi.Hal terpenting untuk mengatasi angka asam urat dan kolesterol yang tinggi yaitu dengan mengendalikan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Berikut merupakan beberapa jenis makanan yang dapat membantu tubuh menurunkan kadar asam urat dan kolesterol.
Jamur Kuping, Turunkan Kolesterol Jahat Lebih Cepat
 – Siapa yang tak kenal jamur kuping? Sajian lezat yang menyerupai daun telinga ini sudah menjadi sajian umum masyarakat Indonesia. Karena di balik kelezatannya itu, jamur kuping mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Apa itu kolesterol?Dalam dunia medis, ada tiga jenis lemak di dalam tubuh manusa. Di antaranya kolesterol, trigliserida, dan fosfolipid. Lemak bersifat tak larut dalam air, sebab itulah lemak membutuhkan alat transportasi untuk membawanya di dalam darah. Alat transportasi itulah yang kita sebut dengan LDL (kolesterol jahat) dan HDL (kolesterol baik).LDL disebut kolesterol jahat lantaran alat transportasi ini membawa kolesterol ke dalam sel, termasuk sel yang melapisi dinding pembuluh darah. Jika LDL tersebut teroksidasi, maka bisa sebabkan penumpukan plak yang bisa meningkatkan risiko terjadinya hipertensi dan juga penyakit jantung. 
Rebusan Daun Salam Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi
.co.id – Menurunkan kolesterol tinggi dapat Anda lakukan dengan langkah mengonsumsi nutrisi yang tepat. Bila selama ini pola makan yang Anda terapkan memicu kolesterol tinggi, maka sekarang saatnya mengubah apa yang dimakan untuk menekan kadar kolesterol.Tapi apa itu kolesterol? Kolesterol merupakan lemak yang bisa kita temukan di dalam darah, yang diperlukan oleh sel tubuh. Selain dihasilkan oleh tubuh secara alami, kolesterol juga bisa didapat dari makanan.Mengatur pola makan menjadi salah satu peran yang sangat penting dalam langkah menurunkan kolesterol tinggi. Salah satu makanan yang bisa menurunkan kolesterol tinggi adalah daun salam.
5 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami
 – Jika Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi, Anda berisiko juga mengalami penyakit jantung. Perlu diketahui bahwa kolesterol ini tidak boleh dianggap sebagai hal yang sepele. Jika kolesterol ini dibiarkan, akan menyebabkan dampak yang buruk terhadap kesehatan Anda.Kolesterol merupakan suatu zat lemak yang bentuknya padat. Zat lemak ini dapat ditemukan di dalam setiap sel yang ada di tubuh. Fungsi dari kolesterol ini adalah dapat membantu tubuh dalam memproduksi hormon, vitamin D, dan juga dapat membantu dalam memproduksi empedu di dalam hati.Kolesterol ini memang memiliki peranan yang penting untuk tubuh. Namun, jika kadar kolesterol yang ada dalam darah terlalu tinggi, dapat menimbulkan beragam penyakit berbahaya. Sungguh mengerikan bukan?Jadi, sebelum menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Anda harus mengetahui bagaimana cara menurunkan kolesterol. Untuk mengetahuinya, simaklah penjelasan lengkapnya di bawah ini.
Kombinasi Dua Bahan Ini Turunkan Kolesterol dalam Dua Bulan
Apakah Anda atau ada salah satu anggota keluarga yang didiagnosa memiliki tingkat kolesterol tinggi? Jika iya, maka informasi ini penting Anda baca. Perlu diketahui bahwa tingkat kolesterol yang terlampau tinggi dapat menyebabkan dinding pada sel pembuluh darah pecah, dan hal ini dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit tekanan darah tinggi, obesitas, jantung dan stroke.Pola makan atau diet yang tidak sehat seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dan gula, merupakan salah satu penyebab utama terjadinya akumulasi tingkat kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Kolesterol tidak lain adalah substansi lembut dan lunak, yang ditemukan dalam aliran darah dan sel tubuh kita.Kolesterol sendiri sebenarnya juga diperlukan oleh tubuh, karena dapat membantu menjalankan fungsi-fungsi penting seperti memproduksi membran sel, merangsang produksi hormon tertentu, membantu dalam penyerapan vitamin D oleh tubuh, dan lain-lain. Namun menjadi tidak baik jika jumlah kolesterol dalam tubuh terlampau tinggi.
Cara Menurunkan Kolesterol dengan Minyak Jagung
 – Minyak jagung adalah salah satu jenis minyak yang diyakini bisa menghindari kadar kolesterol tinggi. Nah, bagi Anda penderita kolesterol tinggi harus simak baik-baik artikel ini. Salah satu kategori minyak yang sehat yaitu memiliki kandungan lemak tak jenuh rantai tunggal dan lemak tak jenuh rantai ganda yang tinggi.Diketahui, minyak jagung termasuk ke dalam jenis minyak yang kaya akan kandungan lemak tak jenuh yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Minyak jagung juga diketahui memiliki kandungan fitosterol. Zat inilah yang bisa menekan kolesterol, di mana kinerjanya dapat mengalami penyerapan kolesterol termasuk LDL dalam saluran cerna. Untuk Anda yang mempunyai masalah kolesterol tinggi, bisa menggunakan minyak jagung sebagai alternatif asupan lemak. Bila perlu, kombinasikan dengan beberapa jenis minyak lainnya supaya mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.
Penderita Asam Urat dan Kolesterol Dilarang Keras Makan Ini
 – Apabila kolesterol dalam darah tinggi, ada kecenderungan Anda juga bisa mengidap asam urat. Sebab itu, jaga agar kadar asam urat dan juga kolesterol tidak meningkat dengan menjauhi atau mengurangi beberapa jenis makanan.Asam urat merupakan radang sendi yang dapat menyebabkan sendi mendadak terasa perih, nyeri, kaku, dan bengkak. Menurut reumatologi, penyakit asam urat memiliki hubungan dengan sejumlah masalah metabolisme. Salah satunya yaitu kolesterol.Kolesterol dipercaya mampu meningkatkan atau menjadi faktor risiko berkembanganya asam urat. Salah satu cara agar kadar asam urat dan kolesterol dalam darah tetap stabil yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat. Seperti menjaga pola makan dan rajin berolahraga. Ada beberapa makanan yang dapat membuat asam urat dan kolesterol menjadi tinggi. Apa saja?
Tujuh Makanan Ini Harus Dihindari Penderia Kolesterol Tinggi
 – Kolesterol merupakan salah satu masalah yang memicu sejumlah masalah kesehatan lain. Sebetulnya dalam jumlah terbatas, tubuh memerlukan komponen lemak yang satu ini. Tapi karena jumlahnya berlebihan, justru kolesterol menjadi sumber masalah.Kolesterol ini banyak ditemukan dalam makanan. Jadi, penting untuk Anda menjaga pola makan. Anda disarankan untuk menghindari beberapa makanan yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Berikut beberapa makanan yang mengandung banyak kolesterol.Makanan kaya kolesterol yang pertama adalah hati. Hati, baik itu yang berasal dari unggas ataupun sapi memang diketahui kaya akan zat besi dan protein. Namun yang perlu dipahami, bagian jeroan tersebut mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Kadar kolesterol dalam hati dapat mencapai 337 mg.