Kancyl - social bookmarking website

Oleh-oleh Khas Kebumen yang Kental dengan Nilai Sejarah

Oleh-oleh Khas Kebumen yang Kental dengan Nilai Sejarah

Hizkia Nazarullah  ⋅  07 Apr 2018 18:24:02

 – Kalau berkunjung ke Kebumen, oleh-oleh atau kuliner apa yang terpikirkan olehmu? Pasti lanting dan sate ambal. Padahal, ada banyak kuliner yang enak berada di kota yang terkenal dengan sarang burung waletnya ini. Mulai dari makanan ringan, oleh-oleh kerajinan, sampai kuliner yang siap saji pun ada beragam. Jogja punya gudeg, Kebumen juga punya kuliner yang mirip gudeg Jogja. Beberapa orang, pasti sudah ada yang tahu dan pernah menikmatinya. Kuliner tersebut adalah nasi penggel.

Bedanya, nasi penggel lebih gurih serta lauknya ada kikil sapi dengan ukuran cukup besar, dan yang tidak boleh lepas adalah tempe mendoan. Namun, kuliner yang unik bukan hanya nasi penggel dan sate ambal saja. Ternyata, tersembunyi juga kuliner yang tidak kalah menarik dan lebih enak dari nasi penggel dan sate ambal. Kuliner ini juga mempunyai nilai sejarah dan sangat cocok menjadi oleh-oleh khas Kebumen. Soal rasa, jangan ditanya deh.

Saya mengetahui oleh-oleh atau kuliner khas Kebumen yang tersembunyi ini setelah mengikuti kegiatan UMKM Kebumen. Kuliner tersebut adalah ayam es bening. Perjalanan ayam es bening dimulai oleh generasi I yang sampai saat ini belum diketahui kapan. Tetapi, berdasarkan informasi yang bisa digali, ayam es bening sudah mulai dirintis sejak zaman sebelum kemerdekaan.

 

Continue Reading

Related Posts