Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Uniknya kampung Indian Ngancar di Kediri

 – Kampung Indian Ngancar Kediri kini menjadi incaran terbaru oleh para traveller, yang mencari spot wisata unik dan instagramable. Tujuannya untuk dipajang di sosial media mereka tentunya. Dan kampung Indian Ngancar ini, merupakan spot wisata baru yang berlokasi di kediri yang patut kamu sambangi pas.

Kota Kediri kini mulai menunjukkan taringnya dalam hal pariwisata. Seakan tidak mau tertinggal dari daerah lainnya di Jawa Timur seperti Batu, Malang, Banyuwangi yang terlebih dahulu eksis dalam hal wisata.

Kampung Indian Ngancar menjadi tempat wisata baru, yang belum lama ini dibuka untuk umum. Jadi, nama kampung Indian Ngancar ini belum begitu populer di kalangan wisatawan, namun pengunjung yang datang cukup ramai.

Read Full Article
Unik dan Menarik itulah Kampung Biru Arema Malang
 – Ini dia Kampung Biru Arema yang baru saja diresmikan pada 6 Februari 2018. Kampung ini menjadi saudara seperjuangan bagi Kampung Warna Jodipan untuk berkontribusi menyemarakkan Ngalam sebagai tujuan wisata nomer satu di Jawa Timur.Kampung Biru Arema terletak di kampung Embong Brantas, Klojen, Ngalam. Tak sulit untuk mencapai tempat ini. Dari stasiun Ngalam, Anda hanya perlu berjalan ke arah kiri kurang lebih 10 menit. Setelah rel kereta api, menyeberang ke bagian kanan untuk masuk ke dalam gapura kampung.Pagi itu pada 18 Desember 2017, saya dan Mufti janjian untuk bermain ke Kampung Warna Jodipan dalam rangka menjadi warga Ngalam temporari yang baik. Jadi bila ditanya, “Apakah kamu tahu Jodipan?” Kami bisa menjawab dengan tersenyum jumawa, “Ya, kami sudah pernah.” 
Lima Kampung Warna-warni untuk Liburan Semakin Berwana
Apa yang terbesit dalam pikiranmu jika mendengar kata liburan? Apakah pergi ke pantai, gunung, atau taman hiburan? Sebenarnya tidak harus itu, karena liburan bisa juga dengan berkunjung ke destinasi baru, seperti berkunjung ke kampung. Eits, jangan mengerutkan dahi dulu, kenapa liburan di kampung?Ya, karena lima kampung berikut ini menyajikan keunikan tersendiri, terutama pada warnanya. Dulu kampung-kampung ini memang hanya perkampungan biasa bahkan ada yang bisa dibilang kumuh, namun sekarang beberapa kampung ini sudah disulap dan ditata ulang, sehingga muncullah kampung warna-warni.Nah di Indonesia sendiri, ada lima pilihan kampung warna-warni yang bisa kamu kunjungi untuk sekadar liburan atau menambah koleksi foto di Instagram, karena pastinya tempat-tempat ini sangat instagramable. Penasaran di mana saja kampung warna-warni tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.
Empat Fakta Miris Pembantaian Jutaan Suku Indian
.co.id – Tragedi genosida paling mengerikan sepanjang sejarah tak hanya terjadi pada masa Nazi atau Stalin. Jauh sebelum itu sudah banyak terjadi pembantaian massal, termasuk pembantaian yang dilakukan bangsa Eropa terhadap jutaan suku Indian.Kedatangan bangsa Eropa membawa bencana besar ke Amerika. Selama bertahun-tahun, jutaan suku Indian dibantai oleh bangsa Eropa demi merebut tanah mereka. Bahkan ahli sejarah memperkirakan 50-100 juta penduduk suku Indian sudah dibantai ketika itu. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini ada beberapa fakta miris tentang pembantaian jutaan suku Indian.Perebutan tanah. Pada awal kedatangan Columbus di Amerika, bangsa Eropa disambut dengan baik oleh suku Indian. Namun lama-kelamaan bangsa Eropa malah ingin merebut tanah suku Indian hingga akhirnya mereka mulai melakukan invasi untuk mengusir suku Indian.
Kenapa Harus Pulang?
Jutaan manusia akan memadati jalanan, baik darat, laut, maupun juga udara. Berbondong-bondong mereka dengan wajah sumringah tak sabar ingin berkumpul dengan keluarga. Mungkin di antara mereka ada yang sudah tak pulang bertahun-tahun, dan mungkin juga sudah tak pulang puluhan tahun lamanya.Di saat waktu yang tepat, akhirnya mereka bisa pulang ke kampung halamannya. Pulang kampung, apa sebenarnya arti dari pulang kampung? Dengan kembali memijakkan kaki di tanah kelahirannya, apakah itu disebut pulang kampung? Atau kembali berkumpul dengan keluarga di rumah orang tua, kakek-nenek, itu juga disebut pulang kampung? Ah, sulit sekali mendefinisikan arti pulang kampung.Namun pada umumnya, sering kali didengar bahwa pulang kampung adalah berkunjung ke tanah kelahirannya untuk bisa berkumpul dengan keluarga tercinta. Pulang, kata ini pernah dihapuskan dalam bahasa mereka yang dicabut kewarganegaraannya oleh pemerintah orde baru bagi mereka yang tidak sejalan dengan ideologi pada masa pemerintahan itu.
Aneka Wahana Asyik di Wisata Kampung Gajah Wonderland
 – Kampung Gajah Wonderland, menawarkan suasana liburan yang berbeda dari biasanya. Kampung Gajah Wonderland adalah sebuah tempat wisata dengan sarana belanja dan kuliner dalam satu spot yang sama di daerah Bandung Barat.Lokasi wisata Kampung Gajah Wonderland ini berada di Jalan Sersan Bajuri KM 3,8 (dulu namanya Century Hills) dan masih searah dengan Kampung Daun, Sapulidi, Rumah Stroberi, dan The Peak. Dari Bandung di pertigaan terminal Ledeng ambil jalur ke kiri, papan reklame yang besar akan menuntun Anda menuju tempat wisata Kampung Gajah Wonderland ini.Objek wisata Kampung Gajah Wonderland menggunakan konsep one stop recreation dan baik untuk untuk anak-anak, maupun orang dewasa. Di tempat wisata Kampung Gajah Wonderland terdapat sekitar 20 wahana yang bisa dijelajah satu per satu.Baca Selengkapnya ...
Kampung Lengo yang Indah Penuh Warna di Tasikmalaya
Ternyata kampung yang indah penuh warna tidak hanya terdapat di luar negeri atau di Kota Malang saja. Di Kota Tasikmalaya juga ternyata terdapat kampung yang indah penuh warna. Zona Kece Kampung Lengo namanya.Alamat Zona Kece Kampung Lengo berada di Kelurahan Bantarsari Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya tepatnya RW 07 dan RW 14. Koordinat zona kece Kampung Lengo tepatnya pada titik S7.32475 E108.19078.Siapa sangka dulunya Kampung Lengo ini adalah kawasan kumuh. Dan hebatnya sekarang ini suasana indah dan asri tercipta di lingkungan Kampung Lengo. Perubahan kampung kumuh menjadi kampung yang tertata rapi, indah dan asri ini setelah mengikuti program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas PLPBK .
Lirik Pesona Monumen Simpang Lima di Kota Kediri
Monumen Simpang Lima ini menjadi tempat wisata favorit bagi warga dan masyarakat yang sekadar ingin berkunjung dan menikmati suasana santai serta bermain di taman kota Kediri.Monumen Simpang Lima Gumul ini dibangun dengan luas 804 meter persegi, dengan tinggi bangunan 25 meter persegi yang ditumpu sebanyak tiga tangga setinggi 3 meter dari lantai dasar. Angka-angka tersebut menggambarkan hari jadi kabupaten kota Kediri yaitu 25 Maret 804.Bila kita perhatikan berkeliling di tempat wisata monumen tersebut, kita dapat menyaksikan 4 buah arca Ganesha di setiap sudutnya yang merupakan lambang dari kabupaten Kediri. Penasaran, ingin melihat monumen satu ini?
Bukit Gandrung Kediri, Spot Baru dengan Nuansa Perbukitan
 – Belum selesai dengan wisata sebelumnya yaitu Kampung Indian, Kediri baru-baru ini kembali menghadirkan wisata alam dengan nuansa perbukitan. Adalah Bukit Gandrung Tanggulasi, mungkin dari namanya saja kamu sudah bisa membayangkan bagaimana lokasi tempat ini.Tempat wisata hits di Kediri satu ini menawarkan wisata alam dengan pemandangan bukit yang indah, sehingga cocok untuk dijadikan spot foto. Terdapat beberapa spot foto dengan latar belakang perbukitan, salah satunya spot gardu pandang.Di gardu pandang ini, kamu bisa melihat pemandangan alam dari atas dengan jelas. Dari ketinggian sekitar 700 mdpl ini, kamu akan dimanjakan panorama alam perbukitan serta hutan-hutan yang hijau. Terlebih, udara di sekitarnya begitu sejuk, sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama di sini. Tak percaya? 
Melirik Kerajinan Tangan dari Danau Sentani
Tanah liatnya diambil dari bukit di sekitar kampung, kata bapak Naftali Felle, salah satu warga yang saya temui saat berkunjung ke Kampung Abar, bercerita tentang asal usul bahan pembuat gerabah. Itu pun harus seizin kepala suku kalau mau mengambil, jika tidak izin terlebih dulu maka pada waktu selesai dibakar akan pecah gerabahnya, tambahnya lagi.Kampung Abar yang terletak di Distrik Ebungfauw, Sentani Tengah merupakan salah satu dari dua puluh empat kampung yang tersebar di pulau-pulau dan pesisir Danau Sentani. Kampung-kampung itu mendapat sebutan sebagai kampung seni.
Taman Kelir Kediri, Spot Wisata Memanjakan Diri
 – Taman Kelir Kediri, kini jadi spot perburuan baru bagi wisatawan. Baru-baru ini nama Taman Kelir menjadi perbincangan hangat para netizen yang penasaran, bagaimana rupa dan keindahan alamnya. Taman Kelir yang berlokasi di Kediri ini merupakan sebuah taman rekreasi yang biasanya digunakan untuk kegiatan outbond.Jadi, pada hari-hari tertentu di taman ini cukup ramai dikunjungi, apalagi pada akhir pekan. Pengunjung yang datang biasanya adalah mereka yang ingin mencari udara segar dan ketenangan diri. Hal tersebut karena, suasana di Taman Kelir cukup sejuk dan jauh dari kebisingan arus lalu lintas.Taman Kelir, kini ikut meramaikan spot pariwisata di Kediri, setelah kota ini memiliki kampung Indian yang kece abis. Wah, penasaran bukan penampakan dari Taman Kelir Kediri ini?
Kampung Pelangi Semarang, Destinasi Wisata Instagramable
 – Sudah pernah dengar Kampung Pelangi Semarang? Jika belum, kenalan dulu yuk, seperti apa sih Kampung Pelangi Semarang ini. Jika ditanya, apa yang terbesit ketika mendengar kata ‘Semarang’, kebanyakan orang pasti akan mengatakan lumpia. Tapi untuk kali ini kita tidak akan membahas lumpia lho, tapi tentang Kampung Pelangi, yang sangat unik dan tentu Instagramable.Memang, konsep Kampung Pelangi ini bukanlah yang pertama, karena sebelumnya sudah ada, seperti di Malang, Ambarawa, Balikpapan, dan Lubuklinggau. Namun, setiap daerah tentu punya ciri khasnya masing-masing.Nah, untuk Kampung Pelangi yang satu ini lokasinya berada di tengah kota Semarang. Hal inilah yang menjadikan Kampung Pelangi Semarang ramai dikunjungi wisatawan. Lalu, ada apa saja di Kampung Pelangi Semarang?
Berwisata ala Suku Indian di Kampung Indian Kediri
 – Kediri punya banyak pilihan tempat wisata. Selain wisata Gunung Kelud, Istana Jambu, dan Bukit Ongakan, kini ada lagi tempat menarik yang bisa Anda jadikan destinasi bersama teman atau keluarga, yaitu Indian Village atau Kampung Indian.Seperti namanya, wisata baru Kediri ini menawarkan nuansa suku Indian ala Amerika. Di Kampung Indian Kediri, pengunjung tak hanya melihat tenda yang menyerupai masyarakat Indian saja, tapi juga bisa menyewa topi khas suku Indian dengan berhiaskan bulu-bulu unggas dan merak. Menarik bukan?Selain itu, lokasinya yang berada di lereng Gunung Kelud juga menjadikannya memiliki udara sejuk dengan panorama alam pegunungan. Kampung Indian memiliki luas sekitar 0,56 hektare. Di dalamnya juga dilengkapi dengan kolam renang dan rumah pohon.
Lokasi dan Rute Menuju Taman Kelir Sumber Podang Kediri
 – Kediri terkenal memiliki sejumlah tempat wisata menarik. Setelah sebelumnya populer dengan wisata ala Kampung Indian. Kini tambah satu lagi tempat wisata baru di Kediri yang akhir-akhir ini menjadi buruan wisatawan, yaitu Taman Kelir di Desa Joho.Di Taman Kelir ini, Anda akan disuguhkan pemandangan taman yang hijau dengan alam sekitar yang masih alami. Selain itu, lokasinya yang berada di lereng Gunung Wilis, membuat suasana di kawasan ini terasa sejuk dengan udara khas pegunungan.Tidak hanya menawarkan pemandangan indah saja, di Taman Kelir juga terdapat sejumlah spot foto yang instagrammable salah satunya adalah rumah pohon. Selain itu, ada juga wahana permainan yang seru seperti flying fox, river tubing, trekking, spider net dan lain-lainnya.
Kawis Krisant, Kampung Wisata Penuh Warna di Lombok
.co.id – Konsep sebuah kampung yang dicat dengan aneka warna, memang sedang menjadi tren di Indonesia belakangan ini. Dulu, saya hanya bisa melihatnya di foto teman-teman yang mengunjungi langsung kampung warna-warni tersebut, sambil membayangkan kapan di Lombok bisa dibuat seperti ini.Sayangnya, saya hanya bisa membayangkan saja dan tidak bergerak apapun. Tidak seperti apa yang dikerjakan oleh Kak Aisyah Odist. Di tangannya, kini kampung warna-warni yang selama ini kita inginkan hadir di Lombok pun terwujud. Kampung penuh warna itu diberi nama Kawis Krisant.Kampung Wisata Kreatif Sampah Terpadu atau lebih akrab dikenal dengan nama Kawis Krisant adalah sebuah kampung wisata yang terletak di Lombok. Tepatnya di belakang Bank Sampah NTB Mandiri, yaitu di Jalan Leo No.24 Lingkungan Banjar Selaparang Ampenan, Pejeruk, Ampenan, NTB. 
Jalur Pendakian Gunung Kelud via Tulungrejo
Gunung Kelud merupakan sebuah gunung berapi yang terletak di Kabupaten Kediri dan Blitar. Gunung ini terkenal karena menjadi objek wisata yang dapat kalian akses via Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri.Selain dapat diakses via jalur wisata, Gunung Kelud juga mempunyai beberapa jalur pendakian yakni Jalur Tulungrejo dan Jalur Karangrejo. Kedua jalur tersebut terletak di Kabupaten Blitar. Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Jalur Tulungrejo.Akses menuju basecamp dari Wlingi ambil arah ke utara menuju Semen Ngantang. Sampai di pertigaan Semen kalian belok kiri dan ikuti jalan sampai pertigaan Desa Tulungrejo. Setelah sampai pertigaan kalian belok kiri kemudian belok kanan dan ikuti jalan itu sampai di rumah terakhir. Nah rumah terakhir itu adalah basecamp pendakian Gunung Kelud via Tulungrejo.
Ketika Lebaran Memanggil Anak Rantau
Pulang kampung alias mudik adalah hal yang menyenangkan pada saat lebaran. Di mana, kerinduan terhadap keluarga, kerabat, sahabat, terbayar tuntas saat mudik. Pada umumnya, mereka yang tinggal di kota memang sudah menabung jauh-jauh hari sebelumnya, hanya untuk pulang kampung di saat momen lebaran tiba.Sungguh sangat menyenangkan memang, saat momen itu tiba. Itu bagi yang punya kampung, lalu bagaimana yang tidak punya kampung halaman lagi? Sebenarnya, definisi kampung halaman ini juga belum jelas. Apakah kampung halaman itu tempat kita lahir? Atau, kampung halaman itu tempat orangtua kita menetap?Misalnya, andai saya lahir di Amerika Serikat, apakah lantas kampung saya di sana? Atau juga, ketika orangtua yang berpindah-pindah kota, dari kota A ke kota B, lalu ke kota C lagi, selanjutnya pindah lagi sampai ke kota Z. Kalau seperti ini kasusnya, kota mana yang sebenarnya layak disebut kampung halaman?
Cerita Cinta di Balik Kelambu
Tamu wajib lapor dalam satu kali dua puluh empat jam. Papan kecil tak lebih besar dari jendela kayu kebanyakan rumah di kampung ini, berdiri kokoh di depan pintu masuk kampung setelah jembatan besi yang baru siap dibangun dua tahun silam.Terlihat dari papan besar yang berdiri di samping papan kecil tadi, anggaran biaya dan tahun pembuatan jembatan ini. Papan kecil itu berwana putih, sedikit memudar merayap hujan, pertanda belakangan ini musim penghujan mengguyur kampung ini, juga kampung sekitar ini.Kampung yang sangat indah, menurut lelaki pendatang baru itu. Di depannya jalan setapak yang belum teraspal licin lurus kira-kira satu kilometer ke depan sebelum sampai persimpangan, simpang tiga, satu arah ke kampung berikutnya dan satu arah lagi ke kanan, adalah jalan setapak menuju hutan belantara, tepatnya kebun karet tempat mayoritas penduduk kampung mengais rupiah.
Sepuluh Tempat Wisata Paling Populer di Kediri
Kediri adalah kota ketiga terbesar di provinsi Jawa Timur, Indonesia yang memiliki luas wilayah 63.40 kilometer persegi. Kota ini juga merupakan situs dari ibu kota kuno bagi kerajaan di Jawa yang juga merupakan pusat kebudayaan utama bagi Suku Jawa yang berisi beberapa reruntuhan kuno dari candi peninggalan Kerajaan Kediri dan Majapahit.Dengan keindahan alamnya yang sangat memesona serta peninggalan-peninggalan sejarah yang sangat menakjubkan membuat kota Kediri menjadi salah satu wisata terbaik di Indonesia. Dan berikut ini wisata populer di Kediri yang bisa kamu kunjungi. Monumen Simpang Lima Gumul merupakan salah satu tempat wsiata paling populer di Kediri. Monumen yang diresmikan pada tahun 2008 ini sepintas mirip dengan Arc de Triomphe yang ada di Paris. Simpang Lima Gumul sendiri merupakan pertemuan lima jalan menuju lima daerah di Kediri yaitu Gampengrejo, Pagu, Pare, Pesantren dan Posoklaten.
Menikmati Segarnya Air Terjun Dolo di Kediri
Kediri adalah sebuah wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, yang memiliki keindahan alam yang asri dan mempesona. Kota yang terletak sekitar 130 kilometer dari kota Surabaya ini, terkenal sebagai pusat perdagangan utama gula dan rokok terbesar di Indonesia.Kediri juga terkenal memiliki tempat-tempat wisata menarik untuk dikunjungi dan dinikmati keindahannya, Salah satunya adalah Air Terjun Dolo. Di tempat ini Anda dapat menikmati segarnya air terjun Dolo yang berada di lereng Gunung Wilis.Air Terjun Dolo adalah salah satu tempat wisata alam yang terletak di di dusun Besuki, desa Jugo, Kecamatan Mojo. Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Air terjun ini berada di sebelah timur dari Lereng Gunung Wilis 2.850 mdpl dengan ketinggian 125 meter dan 1800 meter di atas permukaan laut.
Menyusrui Keindahan Air Terjun Ngleyangan Kediri
Keindahan alam Kabupaten Kediri memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta petualangan sejati. Bahkan beberapa tempat wisata Kediri yang pernah kami datangi selalu menyuguhkan sisi keindahan alam yang asri dan menguak fenomena alam yang menampilkan eksotika surga yang tersembunyi di balik Kabupaten Kediri.Salah satunya adalah pesona air terjun Ngleyangan. Dengan ketinggian air terjun Ngleyangan sekitar 180 meter dan dilengkapi dengan kejernihan serta kesejukan airnya, lokasi wisata alam Kediri air terjun ini patut menjadi tempat wisata Kediri yang menarik dikunjungi.Konon air terjun Ngleyangan ada sejak zaman Adipati Panjer. Dimana pada zaman dahulu, masyarakat yang menyaksikan tumpahan air terjun yang meluncur dari atas puncak lereng bukit Gunung Wilis ini terlihat kleyeng-kleyeng, yang dalam bahasa Jawa artinya pusing. Maka air terjun tersebut disebut dengan air terjun Ngleyangan.Baca Selengkapnya...
Keunikan Kampung Topeng Menanti di Malang
 – Tak hanya kampung warna-warni Jodipan dan kampung Tridi, kota Malang juga memiliki salah satu kampung tematik yang menarik untuk dikunjungi. Kampung ini bernama Kampung Topeng Menanti.Berada di Kelurahan Tlogowaru, Kecamatan Kedungkandang, kampung yang baru diresmikan ini menyuguhkan aneka spot foto yang menampilkan aneka karakter topeng Malangan. Spot utama dalam kampung topeng ini adalah dua buah topeng berukuran raksasa.Kedua topeng ini merupakan karakter Raden Panji Asmoro dan Dewi Sekartaji, yang merupakan karakter protagonis. Keduanya merupakan pasangan sejoli dari Kerajaan Jenggala dan Kediri. Kisah kedua tokoh ini sering dipentaskan dalam tari topeng Malangan. 
Uniknya kampung Indian Ngancar di Kediri
 – Kampung Indian Ngancar Kediri kini menjadi incaran terbaru oleh para traveller, yang mencari spot wisata unik dan instagramable. Tujuannya untuk dipajang di sosial media mereka tentunya. Dan kampung Indian Ngancar ini, merupakan spot wisata baru yang berlokasi di kediri yang patut kamu sambangi pas.Kota Kediri kini mulai menunjukkan taringnya dalam hal pariwisata. Seakan tidak mau tertinggal dari daerah lainnya di Jawa Timur seperti Batu, Malang, Banyuwangi yang terlebih dahulu eksis dalam hal wisata.Kampung Indian Ngancar menjadi tempat wisata baru, yang belum lama ini dibuka untuk umum. Jadi, nama kampung Indian Ngancar ini belum begitu populer di kalangan wisatawan, namun pengunjung yang datang cukup ramai.
Apa Sih Kampung Halaman Itu?
Sekarang masih adakah kampung halaman? Buat generasi saya yang orangtuanya sudah merantau, bisa dibilang tidak ada. Tapi yang masih merantau, ya punya kampung halaman. Karena kalau saya mudik, ya dibilang rumah orangtua saja. Bukan kampung halaman.Karena di kepala saya, yang namanya kampung halaman adalah tempat di mana kita dilahirkan dan tumbuh sebelum merantau. Mungkin ibu saya punya kampung halaman di Kuningan, Jawa Barat. Dan ayah saya juga punya kampung halaman di Tasikmalaya.Tapi tidak dengan saya. Saya lahir di Bandung, SD di Jakarta, SMP dan SMA di Bekasi, lalu kuliah di Bandung. Kalau begitu, kira-kira yang mana kampung halaman saya?