Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Manfaat dan Efek Samping Daun Avokad untuk Kesehatan

.co.id – Avokad adalah salah satu buah yang disukai oleh banyak orang. Biasanya, buah avokad sering dijadikan sebagai jus. Selain menyegarkan dan rasanya yang enak, jus avokad juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Berbicara mengenai avokad, tahukah Anda kalau ternyata yang bermanfaat bagi kesehatan bukan hanya buahnya saja? Ya, ternyata daun dari buah avokad juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini karena banyaknya kandungan zat gizi dan nutrisi yang berperan penting dalam dunia kesehatan, sehingga daun avokad bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh.

Bagi Anda yang suka dengan buah avokad, tidak ada salahnya mencoba daun dari buah yang Anda sukai tersebut. Namun juga harus ingat, jangan berlebihan mengonsumsinya. Karena juga memiliki efek samping yang tidak baik. Berikut ini beberapa manfaat dan efek samping daun avokad untuk kesehatan:

Read Full Article
Ungkap Khasiat Daun Murbei untuk Asam Urat
.co.id – Selama ini daun murbei atau mullberry banyak dikenal sebagai pakan untuk ulat sutera. Karena itulah, di beberapa daerah tanaman ini biasa dibudidayakan sebagai tanaman pakan. Tapi, bukan berarti manusia tidak bisa mengonsumsinya.Justru, daun murbei memberi manfaat bagi kesehatan, jika kita rutin mengonsumsinya. Salah satu manfaat daun murbei, jika dikonsumsi secara rutin yaitu mampu menyembuhkan penyakit asam urat. Daun murbei bisa dijadikan sebagai obat asam urat, karena tanaman ini memiliki kandungan anti inflamasi.Menurut The Journal of Functional Foods pada tahun 2013, terbukti bahwa daun murbei atau mullberry memang mengandung anti inflamasi. Di mana dengan adanya kandungan tersebut, daun murbei mampu mencegah iritasi kecil berkembang menjadi peradangan.
Begini Hasilnya jika Minum Air Rebusan Daun Salam
 – Daun salam merupakan bahan makanan yang sering dijadikan sebagai tambahan saat memasak. Daun ini juga sering ditambahkan sebagai bahan pelengkap untuk menambah citra rasa makanan. Mungkin sebagian dari Anda tidak asing lagi dengan air rebusan ini bukan?Namun, ternyata daun salam tak hanya berguna sebagai penambah cita rasa makanan saja. Daun salam juga memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Daun ini bisa dijadikan obat tertentu untuk penyakit, cara mendapatkan khasiat daun salam cukup mudah.Salah satunya dengan meminum rebusan daun salam. Lantas, apa saja manfaat mengonsumsi air rebusan daun salam bagi kesehatan? Daripada penasaran, simak penjelasannya berikut ini.
Cara Olah Daun Mint untuk Dijadikan Minuman
Jika Anda merasa bosan mengonsumsi teh atau kopi, maka sesekali bisa mencoba teh daun mint. Mungkin bagi beberapa orang teh daun mint kedengarannya agak sedikit asing, karena kebanyakan dari kita hanya mengetahui bahwa daun mint ini hanya digunakan sebagai penghias makanan saja dan bukan untuk diminum.Akibat ketidaktahuan inilah yang kemudian membuat kita enggan untuk mencoba minuman dari daun mint ini. Padahal, ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila teratur mengonsumsinya. Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, teh daun mint juga dapat membantu dalam penyembuhan penyakit flu.Daun mint memiliki kandungan antibiotik, anti-inflamasi serta bisa juga sebagai aromaterapi yang menenangkan. Apabila Anda mengonsumsi teh daun mint ini ketika hendak tidur, ini akan membuat Anda tidur lebih nyenyak karena efek relaksasinya yang baik. Nah, berikut cara membuat teh daun mint dan bahan-bahan yang harus Anda siapkan.
Ciri-Ciri Daun Jintan dan Cara Menanamnya di Rumah
.co.id – Daun jintan memang tidak begitu banyak dimanfaatkan masyarakat untuk kesehatan. Umumnya tanaman ini banyak membantu dalam memaksimalkan cita rasa masakan daerah. Daun jintan atau daun jinten, dalam bahasa latin disebut Plectranthus Amboinicus sin. atau Coleus Amboinicus.Bahasa Inggris menyebut tanaman ini sebagai Cuban Oregano, french thyme, Indian mint, atau Soup mint. Selain sebagai bumbu masakan, daun jintan dan manfaatnya untuk kesehatan ternyata sangat banyak. Tidak semua orang mengetahui khasiatnya, ciri-ciri daun jintan dan bagaimana cara menanam jintan di rumah.Beberapa daerah menyebut jintan sebagai daun bangun-bangun, daun hati-hati, daun kucing, daun kambing, atau majha nereng. Daun jinten dalam bahasa Sunda disebut Aceran, dan di Bali disebut Iwak. Jintan merupakan tumbuhan perenial dari familia Lamiaceae, tanaman ini berasal dari Afrika Selatan dan Timur.
Manfaat Daun Inggu dalam Tradisi Kuliner dan Kesehatan
 – Tanaman ruta, umumnya dikenal sebagai rue, di Indonesia sendiri tanaman ini lebih akrab disebut sebagai daun inggu. Tanaman ini merupakan genus sub semak hijau yang sangat beraroma. Ternyata, manfaat daun inggu untuk kuliner dan kesehatan telah lama digunakan di seluruh tradisi dunia.Nama lain daun inggu disebut daun minggu, aruda, anrudabosu, nama latin daun inggu disebut ruta sp. Menurut tradisi, salah satu manfaat daun inggu untuk obat batuk, demam, dan mengatasi kejang-kejang.Ekstrak tanaman rue ini telah lama digunakan untuk mengobati mata lelah, sakit mata, dan sebagai obat nyamuk. Tanaman rue mengandung antispasmodik, mengatasi masalah menstruasi, abortifacient, dan obat penenang. 
Manfaat Luar Biasa Jus Daun Pepaya bagi Kesehatan
Daun pepaya dikenal sebagai salah satu solusi alami terbaik untuk membantu menyembuhkan beberapa penyakit. Daun pepaya dikenal sebagai obat terbaik untuk demam berdarah dan juga kanker. Daun ini kaya akan senyawa khusus yang disebut papain, serta alkaloid, dan senyawa fenolik.Senyawa ini dapat membantu mencerna protein dalam tubuh dan dikenal mampu mengobati masalah pencernaan. Daun pepaya mengandung alkaloid khusus yang dikenal sebagai carpaine, yang memiliki efek pelindung dalam kemoterapi.Daun pepaya juga diketahui memiliki sifat anti-kanker serta anti-malaria. Daun pepaya dikenal menjadi profilaksis dan membantu dalam mencegah malaria di daerah endemis tertentu. Sifat anti-kanker terbesar dari pepaya terkonsentrasi pada ekstrak daunnya.
Manfaat Daun Ekor Naga untuk Kesehatan
.co.id – Daun ekor naga adalah daun dari tanaman yang merambat atau menempel pada tanaman lainnya. Daun ekor naga berukuran panjang dan lebar dengan ujung daun yang runcing. Mungkin bagi sebagian orang masih bingung seperti apa bentuk dari daun ekor naga.Itulah sedikit gambarannya. Berbicara mengenai daun ekor naga, sebenarnya daun ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.Banyak kandungan senyawa pada daun ekor naga yang biasa digunakan oleh para masyarakat sebagai obat alami atau obat tradisional. Kandungan senyawa-senyawa di dalamnya mampu memberikan perlindungan pada tubuh Anda yang lebih dalam, serta mencegah gangguan kesehatan tertentu.
6 Manfaat Menakjubkan Biji Ketumbar untuk Kesehatan
Ketumbar merupakan sejenis rempah-rempah, yang sering digunakan sebagai penyedap rasa masakan, seperti halnya untuk kari, dan lain sebagainya. Dalam penggunaannya sendiri, orang-orang dapat memakai bagian daun ataupun biji, dari ketumbar ini sebagai bumbu masakan.Namun apabila dilihat dari manfaat kesehatan yang dimilikinya, lebih baik menggunakan biji ketumbar dalam memasak, bila dibandingkan menggunakan daunnya. Akan tetapi jarang sekali, orang yang mengetahui tentang manfaat kesehatan, yang dikandung baik dari daun juga dari biji Ketumbar.Daun Ketumbar diketahui memiliki manfaat kesehatan yang cukup berlimpah, namun pada artikel kali ini yang akan di bahas ialah manfaat kesehatan dari biji Ketumbar. Manfaat apa saja yah yang dimaksud?Baca Selengkapnya...
Manfaat Daun Mangkokan untuk Kesehatan dan Kecantikan
.co.id – Anda pernah tahu daun mangkokan? Disebut daun mangkokan, karena tanaman ini memiliki daun mirip dengan mangkok, yakni bentuknya bulat dan cekung sehingga bisa digunakan untuk menampung sesuatu.Tanaman mangkokan biasanya dijadikan sebagai tanaman pagar, atau bisa juga dijadikan tanaman hias. Namun, karena tanaman ini mudah sekali tumbuh dan menyebar, sehingga sering ditebang dan dibiarkan begitu saja.Padahal, daun mangkokan sangat bermnafaat untuk kesehatan dan kecantikan. Daun mangkokan ternyata dapat dikonsumsi, karena di dalamnya mengandung banyak nutrisi penting, dari mulai protein, karbohidrat, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan mineral penting lainnya.  Lantas, apa sih manfaat dari daun mangkok sendiri?
Manfaat dan Efek Samping Daun Avokad untuk Kesehatan
.co.id – Avokad adalah salah satu buah yang disukai oleh banyak orang. Biasanya, buah avokad sering dijadikan sebagai jus. Selain menyegarkan dan rasanya yang enak, jus avokad juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan dan kecantikan.Berbicara mengenai avokad, tahukah Anda kalau ternyata yang bermanfaat bagi kesehatan bukan hanya buahnya saja? Ya, ternyata daun dari buah avokad juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini karena banyaknya kandungan zat gizi dan nutrisi yang berperan penting dalam dunia kesehatan, sehingga daun avokad bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh.Bagi Anda yang suka dengan buah avokad, tidak ada salahnya mencoba daun dari buah yang Anda sukai tersebut. Namun juga harus ingat, jangan berlebihan mengonsumsinya. Karena juga memiliki efek samping yang tidak baik. Berikut ini beberapa manfaat dan efek samping daun avokad untuk kesehatan:
Daun Salam, Solusi Alami Sembuhkan Maag Kronis
 – Daun salam atau memiliki nama ilmiah Syzygium polyanthum, umumnya digunakan untuk penyedap masakan. Di mana pohon satu ini memiliki daun yang rimbun dan berbentuk lonjong atau bulat dengan ujung runcing. Tak hanya sebagai bahan dapur saja, melainkan daun salam memiliki banyak manfaat bagi tubuh.Di samping itu, daun salam memiliki kandungan nutrisi antara lain vitamin A, vitamin B komplek, vitamin C, kalsium, zat besi, dan juga mangan. Selain itu, daun salam juga mengandung zat flavonoid, atsiri, serta tanin. Yang mana salah satu manfaat daun salam bagi kesehatan yakni dapat menyembuhkan penyakit maag.Maag adalah suatu kondisi pada lambung akibat peningkatan asam lambung berlebih dan memberikan rasa perih pada perut. Maag kronis juga seringkali ditimbulkan oleh adanya luka atau peradangan dalam lambung.
Sembuhkan TBC dengan Air Rebusan Daun Sirsak
 – Dengan nama latin Annona Muricata atau dikenal dengan daun sirsak. Tanaman sirsak adalah salah satu tanaman herbal yang setiap bagiannya bisa dimanfaatkan sebagai obat. Mulai dari buah, batang, daun, hingga akarnya. Semua bagian tersebut memiliki khasiat masing-masing yang sangat luar biasa.Khusus daun sirsak mungkin rasanya tidak semenggiurkan daging buahnya. Akan tetapi, daun sirsak memiliki manfaat yang jauh lebih banyak dibandingkan buahnya sendiri. Bahkan pada sebuah penelitian yang dilakukan, menemukan bahwa daun sirsak memiliki kegunaan untuk mengatasi TBC.Maka, dari situlah daun sirsak dipercaya dapat mengatasi penyakit menular TBC. Untuk itu, disarankan untuk melakukan pengobatan alami dengan memanfaatkan daun sirsak sebagai bahan alaminya. Untuk cara memanfaatkannya, Anda bisa mengolahnya dengan mengikuti cara berikut ini.
Manfaat dan Efek Samping Daun Jarak untuk Kesehatan
Pohon jarak merupakan tamana herbal yang sudah dimanfaatkan sejak zaman nenek moyang. Bahkan tidak hanya daunnya saja, namun semua bagian dari tanaman jarak, baik, batang, biji, buah, getah, akar dan daunnya, semua dapat dimanfaatkan sebagai obat.Hal ini bukan tanpa alasan, menurut penelitian, tanaman jarak mengandung banyak senyawa yang mampu mengobati berbagai macam penyakit. Nah, berbicara tentang tanaman jarak, kali ini kami akan menjelaskan tentang manfaat daun jarak untuk kesehatan beserta efek sampingnya.Namun sebelum kita membahas tentang manfaat daun jarak, kita cari tahu dulu kandungan, senyawa, vitamin atau mineral yang terdapat di dalam daun jarak. Berikut kandungan-kandungan yang terdapat pada daun jarak.
Daun Kari, Solusi Ampuh Turunkan Gula Darah Berlebih
 – Bernama latin Murraya koenigii syn atau lebih dikenal dengan nama daun kari (salam koja). Merupakan salah satu jenis tumbuhan yang daunnya dipakai sebagai penyedap dalam masakan kari.Bentuk dari daun kari sama seperti daun salam, hanya saja ukurannya lebih kecil dan baunya lebih tajam dibanding dengan daun salam. Daun kari juga memiliki bunga berbau harum dengan buah berwarna ungu berbentuk bulir. Dan daun kari juga masih satu keluarga dengan kemuning.Biasanya daun kari kerap digunakan sebagai bumbu dapur oleh masyarakat untuk menambah rasa istimewa setiap sajiannya. Daun kari kaya akan beberapa kandungan, di antaranya serat, fosfor, kalsium, karbohidrat, dan zat besi. Selain itu, daun kari juga kaya akan vitamin, mulai dari vitamin A sampai E. 
7 Manfaat Luar Biasa Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan
 – Sirsak merupakan buah dengan rasa asam manis dan kaya akan manfaat untuk kesehatan. Buah sirsak kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi seperti vitamin B1, B2, C, fruktosa, karbohidrat, serat dan lain sebagainya. Tak peru diragukan lagi akan manfaat buah sirsak untuk kesehatan.Selain buahnya, daun sirsak juga kaya akan manfaat untuk kesehatan. Daun sirsak kaya kandungan senyawa yang baik untuk kesehatan. Bahkan dalam penelitian menyebutkan bahwa, daun sirsak sangat ampuh dalam mengobati dan mencegah penyakit kanker.Salah satu kandungan senyawa pada daun sirsak adalah acetogenin, yaitu senyawa aktif yang dapat membunuh racun di dalam tubuh, serta menghambat adenosina trifosfat yaitu energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang.
Sejuta Manfaat Daun Mint yang Harus Anda Tahu
Daun mint merupakan salah satu dedaunan yang memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat. Daun mint sudah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai penyakit. Daun mint memiliki aroma khas yang menenangkan dan sangat diminati banyak orang.Daun mint biasa digunakan sebagai aroma masakan, namun daun mint juga dapat menjadi obat mujarab berbagai penyakit. Selain itu, daun mint juga digunakan sebagai bahan alami beberapa produk kosmetik dan kecantikan. Daun mint memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh kita.Beberapa kandungan tersebut adalah vitamin A, C, D dan E, daun mint juga mengandung mineral yang baik untuk tubuh seperti fosfor dan lain sebagainya. Berbicara tentang daun mint, kurang lengkap rasanya jika kita tidak membahas akan manfaat dari daun mint. Lantas, apa saja manfaatnya?
4 Manfaat Rebusan Air Daun Salam untuk Kesehatan
 – Daun salam sangat mudah didapatkan di Indonesia, daun ini memang snagat populer dijadikan sebagai penyedap makanan Indonesia. Namun, daun salam ternyata tidak hanya berguna untuk menyedapkan makanan saja. Daun salam juga bisa digunakan sebagai obat tradisional.Caranya pun sangat mudah, Anda hanya tinggal meminum rebusan daun salam saja untuk mendapatkan manfaatnya. Nah, mungkin Anda penasaran, penyakit apa saja yang bisa disembuhkan oleh rebusan daun salam?Kandungan mineral pada daun salam, ternyata sangat berguna untuk mengobati masalah persendian yang diakibatkan asam urat. Anda bisa menyembuhkan asam urat dengan cepat dengan menggunakan rebusan daun salam. 
Cara Mengolah Daun Ungu untuk Obat Wasir
.co.id – Tidak banyak orang yang mengetahui, manfaat daun ungu atau daun wungu untuk mengobati penyakit. Daun ungu dalam bahasa latin disebut Graptophyllum Pictum, merupakan tanaman herba yang berasal dari Papua Nugini dan kepulauan Polinesia.Para orangtua kita terdahulu telah mengetahui, dan mengajarkan kita bagaimana cara mengolah daun ungu untuk obat wasir. Tradisi pengobatan daun ungu pembasmi ambeien telah dipraktikkan secara turun temurun, tetapi rupanya kini telah jarang digunakan.Dalam perkembangannya, tanaman ini kini telah tersebar ke seluruh wilayah Indonesia. Daun ungu di beberapa daerah disebut juga dengan nama demung, wungu, tulak, daun temen-temen, karotong, kadi-kadi, dan daun putri. 
Daun Dewa, Alternatif Alami Pengobatan Penyakit Herpes
 – Bernama latin Gynura divaricata dari famili Gynura atau lebih dikenal dengan nama daun dewa atau daun sangjo. Merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki ciri seperti tumbuhan tegak, penampang berbentuk lonjong, batang daun pendek dan lunak berbentuk segi lima, serta berambut pada sisi luar.Daun dewa juga mempunyai bunga majemuk yang tumbuh pada ujung batang dengan kelopak hijau berwarna cawan serta benang sari berwarna kuning berbentuk jarum. Hingga saat ini, telah banyak masyarakat yang memanfaatkan daun dewa ini sebagai pengobatan tradisional.Hal itu dikarenakan, dalam daun dewa terkandung senyawa seperti saponin, flavonoid, minyak atsiri, dan lainnya. Salah satu jenis penyakit yang dapat diobati dengan daun dewa ini adalah penyakit herpes. Kandungan akribiotik yang terkandung dalam daun dewa memiliki khasiat baik untuk pengobatan penyakit herpes.
Manfaat Luar Biasa Daun Dewa untuk Kesehatan
 – Daun dewa atau tanaman yang memiliki nama latin gynura civaricata ini merupakan tanaman herbal yang biasa digunakan sebagai tanaman hias dipekarangan rumah.Tanaman daun dewa ini dapat digunakan sebagai pengobatan dari mulai akar hingga daunnya. Daun dewa sendiri memiliki banyak nama lainya, di antaranya daun dewa (orang jawa tengah), daun sambung nyawa (masyarakat jawa), san qi cao (Cina), dan ngokilo.Tanaman daun dewa berasal dari Myanmar dan Cina. Daun dewa digunakan sebagai obat tradisional sejak zaman ribuan tahun lalu. Hal ini dikarenakan kandungan kimia yang terdapat pada tanaman dewa. Beberepa kandungan kimia yang tedapat pada daun dewa adalah saponin, minyak astiri, flavonoid, tannin, dan masih banyak lainnya.
Begini Hasilnya jika Minum Air Rebusan Daun Salam
 – Daun salam merupakan bahan makanan yang sering dijadikan sebagai tambahan saat memasak. Daun ini juga sering ditambahkan sebagai bahan pelengkap untuk menambah citra rasa makanan. Mungkin sebagian dari Anda tidak asing lagi dengan air rebusan ini bukan?Namun, ternyata daun salam tak hanya berguna sebagai penambah cita rasa makanan saja. Daun salam juga memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Daun ini bisa dijadikan obat tertentu untuk penyakit, cara mendapatkan khasiat daun salam cukup mudah.Salah satunya dengan meminum rebusan daun salam. Lantas, apa saja manfaat mengonsumsi air rebusan daun salam bagi kesehatan? Daripada penasaran, simak penjelasannya berikut ini.
Sayur Daun Katuk Kaya Manfaat untuk Kesehatan
Pada awalnya, belum banyak orang yang mengetahui kalau daun katuk bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tumbuhan tergolong perdu semak ini dibiarkan tumbuh di halaman atau jadi pagar hidup.Perkembangan ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa daun katuk bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sejak saat itu, semakin banyak orang yang mengonsumsi daun katuk, terutama untuk dijadikan sayur di samping sayur bayam dan kangkung.Sepintas, tidak banyak yang menarik dari tumbuhan katuk, baik daun maupun buahnya. Namun daun katuk berukuran kecil dan berwarna hijau pekat ini, ternyata mengandung klorofil. Buahnya menyerupai buah ceremai warna putih ataupun merah.
Sembilan Efek Samping Daun Sirsak bagi Tubuh
Daun sirsak dipercaya sebagai obat herbal alami yang bisa mengatasi berbagai macam penyakit, di antaranya penyakit diabetes, kista, wasir, asam urat hingga kanker.Meskipun sampai saat ini belum ada penelitian khusus yang mengatakan bahwa daun sirsak bisa mengobati berbagai macam penyakit, tetapi hal tersebut tidak lantas membuat orang-orang enggan mengonsumsi air rebusan daun sirsak, bahkan mungkin beberapa di antara Anda ada yang rutin mengonsumsi air rebusan sirsak ini.Nah, meskipun daun sirsak sering sekali dijadikan sebagai obat alternatif untuk mengatasi berbagai macam penyakit, tetapi tahukah Anda ternyata di balik manfaat daun sirsak tersebut, ada juga efek sampingnya.