Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Waspada, 7 Penyakit Ini Ditandai dengan Ngantuk Berlebihan

.co.id – Pernahkah Anda merasa mengantuk berlebihan, bahkan seperti orang yang kurang tidur? Hampir semua orang pasti pernah mengantuk, karena memang rasa kantuk merupakan tanda yang diberikan tubuh agar seseorang berisitirahat.

Namun, bagaimana jika rasa kantuk itu selalu datang setiap waktu, meski Anda sudah tidur cukup sekalipun. Meski mengantuk itu satu hal yang wajar, namun jika berlebihan juga patut diwaspadai. Bisa jadi, ini merupakan tanda-tanda yang diberikan tubuh karena ada sesuatu yang tidak beres pada kesehatan tubuh Anda.

Lantas, kira-kira apa penyebab seseorang mengantuk berlebihan meskipun sudah tidur cukup? Dan, penyakit apa saja yang ditandai dengan sering mengantuk ini?

Read Full Article
Dampak Buruk Terlalu Memuji Kekasih Secara Berlebihan
Dalam suatu hubungan, memuji sang kekasih adalah hal yang wajib dilakukan agar hubungan bisa berjalan harmonis, terlebih bagi wanita. Wanita sangat senang sekali jika dipuji, baik dipuji penampilannya atau kelebihan lainnya.Namun memuji kekasih yang berlebihan juga bisa berdampak buruk. Nah berbicara tentang memuji pasangan, kami akan menjelaskan tentang beberapa hal yang menjadi dampak akibat terlalu memuji pasangan secara berlebihan.Dan berikut ini ada beberapa dampak buruk memuji pasangan secara berlebihan. Salah satunya adalah dia akan menguasai Anda. Terlalu memuji pasangan akan membuat pasangan besar kepala dan kurang menghargai Anda, akibatnya dia akan menguasai Anda dengan berani memerintah Anda seenaknya.
Kunyit, Rempah Tradisional Ampuh untuk Obati Herpes
 – Penyakit herpes merupakan salah satu penyakit yang menyerang kulit dan bersifat menular. Penyakit herpes dapat mengakibatkan peradangan pada kulit bagian luar. Yang ditandai dengan munculnya gelembung-gelembung yang berisi air serta muncul berkelompok.Meskipun penyakit herpes tidak membahayakan, namun akan sangat mengganggu serta menyiksa penderitanya. Karena penyakit herpes dapat mengakibatkan penderitanya merasakan panas dan perih pada luka secara tiba-tiba.Penyakit herpes dapat terus menjalar membuat kulit dipenuhi oleh gelembung air yang akan menimbulkan rasa perih dan sakit. Dan jika tidak segera ditangani, penyakit herpes dapat semakin buruk dan menjadi parah maupun akut. 
Tujuh Tips Agar Tidak Ngantuk Setelah Berbuka
Berbuka puasa merupakan momen yang membahagiakan dan penuh berkah, setelah seharian penuh kita menahan lapar dan dahaga. Setelah buka puasa, seseorang akan menjadi lebih segar dan kuat.Namun sayangnya tak berapa lama kemudian, seseorang akan merasa mengantuk, padahal pada malam ramadan ada ibadah sunnah yang sangat dianjurkan, yakni taraweh. Bagaimana bisa maksimal mengerjakan salat taraweh kalau kita diserang rasa kantuk yang hebat?Nah, agar Anda bisa tetap semangat mengerjakan salat Taraweh, kita akan membagikan tips-tips sederhana untuk mencegah ngantuk saat salat taraweh, berikut ini.
Delapan Penyakit Ini Dapat Bunuh Anda dalam Hitungan Jam
Ketika mendengar penyakit, kebanyakan dari kita akan mengingat kematian. Mengapa demikian? Sebab, penyakit dan kematian tidak bisa dipisahkan. Ketika seseorang terserang suatu penyakit, kalau tidak sembuh, meninggal dunia.Berbicara tentang penyakit, ada beberapa jenis penyakit yang ternyata sangat mematikan. Ya, beberapa penyakit ini dapat membunuh penderitanya dalam hitungan beberapa jam saja. Mungkin banyak orang yang menganggap, kalau penyakit yang berbahaya itu adalah penyakit HIV AIDS, sebab tidak bisa disembuhkan.Tapi bukan hanya itu saja, ada beberapa jenis penyakit lainnya yang ternyata juga mematikan. Sebenarnya, pada umumnya semua penyakit itu berbahaya dan mematikan kalau tidak segera ditangani. Tapi delapan penyakit berikut ini dapat membunuh penderitanya dalam hitungan jam dan bahkan di saat tidak terduga sekalipun.
Sejuta Manfaat Masker Kopi dan Cara Membuatnya
VIVA.co.id – Kopi merupakan minuman yang sangat populer sekali di kalangan masyarakat. Kopi biasanya dikonsumsi di pagi hari untuk menghilangkan rasa ngantuk dan untuk penyengat di pagi hari. Kopi juga biasa dikonsumsi di malam hari bagi mereka yang ingin begadang atau bekerja malam.Kopi, selain bermanfaat untuk menghilangkan rasa ngantuk, ternyata kopi juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan, Mungkin belum banyak yang tahu, jika kopi juga dapat digunakan sebagai masker wajah. Tentu hal ini menjadi berita menggembirakan untuk semua yang mengetahuinya.Hal tersebut karena harga kopi yang relatif murah untuk digunakan sebagai perawatan kulit. Lantas, apa saja manfaat yang didapatkan dari kopi untuk kecantikan kulit Anda? 
Konsumsi Berlebihan Enam Makanan Ini, Sebabkan Bau Badan
Bau badan yang tidak sedap bisa membuat Anda tidak percaya diri, bukan hanya mengganggu diri kita sendiri, tetapi baunya juga akan mengganggu siapa saja yang berada di dekat Anda. Meskipun telah banyak produk deodoran yang dapat mengatasi bau badan, tapi tetap saja, asupan makanan juga harus Anda perhatikan.Pasalnya, sejumlah makanan jika dikonsumsi secara berlebihan, justru bisa membuat badan Anda bau. Jadi sangat penting bagi Anda untuk memerhatikan asupan makanan jika tidak ingin mengeluarkan bau badan tak sedap. Berikut enam makanan yang dapat menyebabkan bau badan jika dikonsumsi secara berlebihan.Makanan pedas. Makanan pedas mengandung zat bernama sulfur. Jika kita mengonsumsi makanan pedas secara berlebih, maka sulfur yang dihasilkan pun akan lebih banyak. Sulfur yang berlebihan tersebut akan dihilangkan melalui pori-pori kulit dan juga melalui napas. Hal itulah yang menjadi penyebab timbulnya bau badan.
Penyakit yang Mengintai Para Pemudik
Setelah hampir penuh satu bulan menjalankan puasa, kini kurang beberapa hari lagi lebaran tiba. Biasanya menjelang lebaran ini umat muslim yang bekerja di luar kota sibuk menyiapkan barang-barang untuk dibawa mudik. Momen inilah yang ditunggu-tunggu banyak umat muslim.Ya, momen lebaran dan mudik. Berbicara tentang lebaran dan mudik, bukan berarti Anda harus melupakan semuanya dan larut dalam kesenangan untuk menyambutnya. Anda juga perlu waspada. Sebab ada beberapa jenis penyakit yang mengintai para pemudik menjelang hari raya dan sesudah hari raya. Mungkin banyak orang yang belum mengetahui akan hal ini. Atau mungkin sudah sering merasakan tapi belum menyadarinya.Memang ada beberapa macam penyakit yang siap mengintai para pemudik menjelang hari raya ini. Jika tidak waspada dan tidak baik dalam menjaga kesehatannya, kemungkinan akan bisa terserang penyakit tahunan ini. Apa saja penyakit yang dimaksudkan? Berikut ini beberapa penyakit yang mengintai para pemudik:Baca selengkapnya..
Ini Penyebab Siswa Malas Belajar
Adanya sifat malas dalam diri seseorang, itu sudah lumrah. Semua orang berpotensi untuk memiliki sifat malas. Sifat malas tidak hanya ada pada orang berusia anak-anak dan remaja. Orang dewasa pun kadang-kadang juga dihinggapi oleh sifat malas. Yang tidak lumrah dialami seseorang apabila sikap malas itu berlebihan atau berkepanjangan.Malas berlebihan seperti ini memang perlu dihindari atau dicegah pada diri seseorang. Sebab, malas berlebihan akan berdampak buruk terhadap pribadi seseorang. Misalnya, siswa yang suka malas belajar berisiko tinggal kelas, tidak lulus ujian, atau prestasi belajar sangat rendah.Sifat malas belajar pada siswa ditandai oleh banyak indikasi, seperti sering bolos, terlambat datang di sekolah, sering mengantuk atau menguap ketika belajar, sering izin meninggalkan kelas. Tentu saja masih banyak indikasi lain yang menunjukkan siswa telah diserang rasa malas untuk belajar.
9 Makanan Ini Fatal Jika Dikonsumsi Berlebihan
Suatu hal yang berlebihan merupakan tindakan yang kurang tepat. Layaknya dalam mengkonsumsi makanan yang sudah siap tersaji di hadapan mata, baik itu beragam makanan yang mengandung kesehatan di dalamnya, maupun jenis makanan yang cukup dikenal akan kelezatannya.Mengonsumsi makanan yang sehat lagi melezatkan memang sangatlah baik bagi kesehatan tubuh Anda. Tapi ingat, bahwa ada beragam jenis makanan yang tentu malah membahayakan bagi tubuh bila dikonsumsi secara berlebihan.Berbagai alasan ilmiah yang menunjukkan makanan tersebut malah kurang baik bila dikonsumsi berlebih. Oleh karena itu, Anda bisa lebih waspada untuk tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan. Berikut 9 makanan yang berbahaya dan berakibat fatal bila dikonsumsi secara berlebihan.
Tujuh Tanda Wanita Cemburu Berlebihan
Ada ungkapan bahwa cemburu itu tanda cinta, yang jadi permasalahannya adalah bagaimana jika cemburunya berlebihan? Karena cemburu berlebihan pula, sebuah hubungan itu membosankan.Misalnya, pasangan suam-istri, sang istri selalu membuntuti ke mana suaminya pergi. Ingin tahu semua apa saja yang dilakukan sang suami di luar, lebih-lebih mencari tahu lebih dalam siapa saja wanita yang berinteraksi dengan suaminya.Timbulnya rasa cemburu itu berarti ketidakpercayaan salah satu pasangan dalam hubungan. Andai saja saling percaya, tidak mungkin ada cemburu yang berlebihan. Ya, kalau cemburu biasa-biasa saja, mungkin bagus. Membujuk pasangan, menggodanya, dan membuat pasangan yang merajuk bisa tersenyum lagi, tentu akan membuat hubungan lebih romantis lagi. Nah, sekarang mari kita lihat tanda-tanda wanita yang cemburu berlebihan.
11 Penyakit yang Ditandai dengan Flu
Flu atau influenza adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus. Flu masih bisa disembuhkan dengan obat biasa disertai makan, istirahat, serta olahraga yang teratur.Namun apa jadinya jika semua itu sudah dilakukan, namun belum kunjung sembuh juga? Hal ini bisa menjadi tanda awal suatu penyakit lainnya yang lebih berbahaya.Gejala flu yang tampak adalah batuk, pilek, ingusan, kepala pusing, dan sebagainya. Batuk hubungannya ke daerah tenggorokan dan dada. Sedangkan pilek, berhubungan dengan hidung. Jadi hati-hatilah, segera periksakan diri ke dokter jika flu Anda tak kunjung sembuh. Lalu, apa saja penyakit yang ditandai dengan flu?
Ini Doa Terhindar dari Penyakit Ganas
 – Zaman sekarang banyak sekali jenis penyakit yang bisa menyerang tubuh manusia. Mulai dari demam biasa, sampai penyakit-penyakit ganas yang susah untuk disembuhkan. Berdasarkan riset kesehatan, pola hidup dan pilihan makanan menjadi hal utama yang menyebabkan seseorang menderita suatu penyakit.Itulah mengapa masyarakat disarankan untuk berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat agar terhindar dari penyakit. Ternyata tidak hanya itu saja. Membentengi diri dari penyakit juga bisa dilakukan dengan berdoa. Kekuatan doa ternyata mampu menangkal penyakit ganas yang bisa menyerang siapa saja.Zaman sekarang penyakit ganas menjadi momok yang menakutkan bagi kelangsungan hidup manusia. Mulai dari penyakit biasa, sampai penyakit menular demikian ganas menyerang manusia. Jika sudah sakit, maka biayanya pun tidak terkira banyaknya. Selain menjaga kesehatan, umat Islam disarankan untuk membentengi diri dari penyakit ganas dengan cara berdoa.
Waspada, 7 Penyakit Ini Ditandai dengan Ngantuk Berlebihan
.co.id – Pernahkah Anda merasa mengantuk berlebihan, bahkan seperti orang yang kurang tidur? Hampir semua orang pasti pernah mengantuk, karena memang rasa kantuk merupakan tanda yang diberikan tubuh agar seseorang berisitirahat.Namun, bagaimana jika rasa kantuk itu selalu datang setiap waktu, meski Anda sudah tidur cukup sekalipun. Meski mengantuk itu satu hal yang wajar, namun jika berlebihan juga patut diwaspadai. Bisa jadi, ini merupakan tanda-tanda yang diberikan tubuh karena ada sesuatu yang tidak beres pada kesehatan tubuh Anda.Lantas, kira-kira apa penyebab seseorang mengantuk berlebihan meskipun sudah tidur cukup? Dan, penyakit apa saja yang ditandai dengan sering mengantuk ini?
Lima Cara Cerdas Cegah Alzheimer
Alzheimer adalah penyakit yang menyerang otak manusia, yang awalnya ditandai dengan melemahnya daya ingat, hingga gangguan otak dalam melakukan perencanaan, penalaran, dan berbahasa.Penyakit alzheimer bukan hanya diderita orang lanjut usia saja, usia remaja pun bisa terserang alzheimer. Gejala penyakit ini secara perlahan akan berkembang hingga pada titik terparah.Alzeimer akan membuat penderitanya mengalami penurunan daya ingat yang lumayan parah. Namun, penyakit ini bukanlah penyakit menular. Adapun penyakit ini ditandai dengan melemahnya kemampuan berkomunikasi, berpikir sehat, mempertimbangkan sesuatu dan perubahan tingkah laku serta kepribadian yang tak terkendali.  
Awas, Konsumsi Daging Berlebih Berisiko Obesitas
Ketika kita berpikir tentang obesitas, kita biasanya berpikir tentang pola makan yang buruk, konsumsi gula berlebih, dan olahraga yang tidak cukup. Kita mungkin tidak berpikir tentang konsumsi daging yang juga turut memainkan peran.Tapi, penelitian baru menilai tingkat konsumsi daging dan obesitas di 170 negara di seluruh dunia menemukan, bahwa konsumsi daging berlebihan dapat berkontribusi terhadap obesitas setara dengan konsumsi gula berlebihan.Peneliti dari University of Adelaide, Australia, menemukan bahwa konsumsi daging berlebihan berkontribusi terhadap prevalensi obesitas global sebanyak konsumsi gula yang berlebihan. Mereka juga menemukan bahwa ketersediaan gula berkontribusi pada obesitas, setara dengan ketersediaan daging di negara tertentu.
Lebih Waspada dengan Penyakit Jantung Koroner
Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting, karena mempunyai fungsi sebagai organ yang memompa darah ke seluruh tubuh. Mengetahui pentingnya organ jantung untuk kelangsungan hidup, sebaiknya Anda lebih waspada dan lebih jeli dalam peningkatan kesehatan.Penyakit jantung koroner merupakan penyakit jantung yang terjadi akibat rusaknya dinding pembuluh darah. Penyakit ini menjadi salah satu jenis penyakit yang kronis dan mematikan.Banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah, seperti radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, baik dari rokok atau polusi, hipertensi, kolesterol tinggi, diabetes, atau karena gaya hidup yang tidak sehat.
Waspada, Jika Temukan Bercak Putih di Tenggorokan
Jika Anda merasa tidak nyaman atau merasakan nyeri di tenggorokan dan Anda melihat ada bercak putih di sekitarnya, sebaiknya Anda waspada. Sebab Anda bisa saja mengalami masalah serius yang berkaitan dengan tenggorokan.Seperti yang kita tahu, tenggorokan adalah jalan awal yang mengarah ke usus atau perut. Jadi, jika tenggorokan terinfeksi, akibatnya bisa berdampak pada organ tubuh lain seperti usus.Ada banyak penyebab infeksi di tenggorokan yang ditandai dengan bercak putih. Misalnya saja karena rokok, virus, infeksi bakteri, polusi atau gangguan pencernaan. Nah, jika Anda menemukan bercak putih di tenggorokan, Anda harus waspada, karena siapa tahu Anda mengalami beberapa masalah serius berikut ini.
Kisah Sedih Seorang Ibu, Anak 'Dibunuh' Flu dalam Dua Hari
 – Flu dianggap sebagai penyakit musiman, di mana saat datang musim hujan banyak yang terserang penyakit ini. Meskipun penyakit flu rutin menyerang kita, tetap harus waspada karena bisa saja berbahaya.Satu kisah berikut ini bisa membuat kita waspada, betapa penyakit flu bisa sangat mematikan. Kisah ini terjadi pada tahun 2016, di mana seorang ibu bernama Franki, ditinggalkan anak perempuannya yang berusia 20 tahun.Pada bulan Maret tahun 2016, anaknya bernama Brittany tiba-tiba merasakan tenggorokan serak. Usai mengonsumsi obat dari apotek, dia merasa lebih baik. Tapi keesokan harinya, gejala flu muncul kembali.
Tips Atasi Rasa Kantuk di Bulan Ramadan
Ramadan adalah bulan yang penuh berkah, di mana di bulan ini kita semua umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Tidak hanya itu saja, kita juga disunahkan untuk menjalankan salat tarawih, makan sahur, dan lain sebagainya.Hal ini tentu saja membuat pola tidur kita berubah, tak jarang kita menjadi kurang tidur dan ngantuk di siang harinya. Memang benar, saat bulan Ramadan biasanya kita begadang untuk membaca kitab suci Alquran dan harus bangun dini hari untuk makan sahur.Inilah yang membuat kita menjadi ngantuk atau lesu di pagi harinya. Keadaan ini tentu akan menganggu kinerja Anda dalam bekerja. Namun, Anda tak perlu khawatir, masalah tersebut dapat kita atasi. Bagaimana mengatasinya?
5 Makanan Ampuh Hilangkan Lelah
 – Ketika kita melakukan suatu aktivitas, baik itu pekerjaan ataupun aktivitas lainnya, tentu akan merasakan yang namanya lelah. Itu wajar dirasakan selama apa yang kita lakukan melibatkan aktivitas fisik maupun mental.Kelelahan itu bisa disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari kebiasaan pola hidup yang tidak sehat seperti kurang tidur, kurang olahraga, mengonsumsi makanan berlebihan, hingga faktor kebiasaan yang sering memaksakan kehendak seperti beraktivitas secara berlebihan. Ketika melakukan suatu aktivitas berlebihan, seseorang akan mengalami kelelahan yang ditandai dengan sakit otot, tidak semangat, pusing, sulit konsentrasi, cepat marah, sakit kepala, dan sebagainya.Untuk mengtasi atau menghilangkan rasa lelah pada diri Anda dengan lebih cepat adalah salah satunya dengan memanfaatkan atau mengonsumsi makanan berprotein, lemak, karbohidrat kompleks, vitamin, dan mineral. Berikut ini lima makanan ampuh untuk hilangkan rasa lelah pada tubuh Anda.
Ayan, Penyakit Mematikan yang Bisa Kambuh Kapan Saja
Epilepsi atau ayan merupakan jenis penyakit mematikan yang bisa kambuh kapan saja. Penyakit ini menyebabkan serangan berkala yang ditandai dengan gejala kejang-kejang mendadak.Penyakit ini bisa dikatakan sebagai serangan beruntun lebih dari 30 menit yang bisa berujung kematian. Mengerikannya lagi, penyakit ini bisa menyerang kapan saja kepada penderitanya tanpa ada sebab yang pasti.Penyebab penyakit ini di antaranya adalah kelainan saraf otak, implus elktrik otak terganggu, dan otak kekurangan oksigen. Meskipun demikian, belum diketahui penyebab pasti penyakit ini.
5 Penyakit yang Ditandai Sering Sakit Perut Sebelah Kiri
 – Jika Anda sering alami sakit perut di bagian sebelah kiri, sebaiknya jangan diabaikan begitu saja. Hal tersebut karena, ada beragam masalah kesehatan yang ditandai dengan rasa sakit di perut bagian kiri. Tukak lambung atau secara medis dikenal gastritis merupakan penyakit pertama yang bisa membuat perut bagian sebelah kiri terasa nyeri.Penyakit ini terjadi akibat adanya peradangan di dinding lambung akibat luka. Biasanya, gejala penyakit ini juga disertai seperti perut terasa mual dan muntah-muntah. Selain itu, ada juga penyakit batu ginjal yang patut untuk kita waspadai.Nyeri perut bagian sebelah kiri juga bisa menandakan ada masalah serius pada organ ginjal Anda. Bisa jadi pada ginjal terbentuk batu ginjal yang menyumbat, reaksi yang akan ditimbulkan adalah rasa sakit yang cukup menyiksa. 
Enam Tanda-tanda Orang Kurang Tidur
Kurang tidur tidak hanya membuat kita menjadi ngantuk seharian, tetapi terkadang juga bisa berakibat fatal bagi kesehatan. Seseorang yang kurang tidur biasanya akan merasa sangat ngantuk, ketika beraktivitas di siang hari.Tak jarang, rasa kantuk sering kali membuat kita menjadi sulit untuk fokus dan konsentrasi pada pekerjaan dan apabila kita tetap memaksa untuk terus bekerja, maka terkadang bisa membuat kepala menjadi sakit.Tanda-tanda seseorang kurang tidur ini, sebenarnya bisa dengan mudah terlihat. Namun sayangnya, terkadang banyak orang yang menyepelekan tanda-tanda tersebut. Padahal tanda tersebut bisa dikatakan sebagai alarm bagi Anda, agar segera memperbaiki gaya hidup dengan benar.