Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Ternyata, Enam Kebiasaan Ini Bisa Perpendek Umur

 – Semua manusia memiliki naluri bertahan hidup yang sama, yakni mencoba bertahan hidup selama mungkin dengan tubuh yang sehat. Akan tetapi, tak semua orang bisa mendapatkan anugerah umur panjang.

Untuk mendapatkan umur panjang tergantung dari kondisi lingkungan dan yang paling berpengaruh adalah pola hidup sehari-hari. Orang yang memiliki pola hidup sehat cenderung memiliki umur panjang, tetapi bagi mereka yang memiliki pola hidup tidak sehat cenderung umurnya pendek. 

Kebiasaan sehari-hari pun ternyata bisa memengaruhi umur kita. Dilansir dari Boldsky, berikut ini beberapa kebiasaan yang mungkin sering Anda lakukan yang ternyata bisa memperpendek umur Anda.

Read Full Article
Berapa Umur Ular Paling Tua di Bumi?
 – Ular merupakan makhluk yang sudah sangat tua menghuni bumi. Dikisahkan dalam beberapa kitab dan literatur, jika makhluk melata ini merupakan perwujudan dari bangsa jin. Bahkan ular diceritakan sebagai makhluk yang selalu menggoda manusia, bahkan saat awal penciptaan.Tetapi sebenarnya berapa umur ular yang sebenarnya? Menurut fosil yang ditemukan sebelumnya, ular berjenis Titanoboa memiliki umur sekitar 70 tahun yang lalu. Namun ternyata, ada fosil yang ditemukan memiliki umur lebih tua.Dalam penemuan empat fosil terbaru, memperlihatkan jika usianya berasal dari 140-167 juta tahun yang lalu. Penemuan luar biasa ini mengubah cara pandang para peneliti tentang asal-usul ular, dan bagaimana mereka berevolusi hingga saat ini.
Anda Sulit Kaya? Setop Enam Kebiasaan Ini
Menjadi orang kaya dan hidup serba ada, pastinya menjadi dambaan setiap orang. Banyak upaya yang dilakukan, dari bekerja keras sebagai karyawan, menjalani bisnis, menabung, berinvestasi dan masih banyak yang lainnya.Walaupun begitu, tak akan mudah untuk menjadi orang kaya dan berkelimpahan. Perlu kegigihan, proses yang lama, kesabaran, kerja cerdas serta kerja keras. Tak hanya itu saja, kebiasaan seseorang setiap hari pun bisa berpengaruh terhadap sukses atau tidaknya untuk jadi kaya-raya.Membahas kebiasaan, ternyata ada beberapa kebiasaan yang dapat menghambat Anda menjadi orang kaya atau Anda akan tetap sebagai orang biasa saja. Mungkin sampai sekarang Anda telah melakukan kebiasaan buruk tersebut tanpa disadari.
Awas, Kebiasaan-Kebiasaan Ini Picu Perut Buncit
 – Perut buncit merupakan masalah yang sering dialami orang saat ini. Masalah ini memang bukan hanya mengganggu penampilan saja, tapi juga bisa mengundang banyak penyakit. Salah satunya adalah diabetes.Nah, sayangnya ternyata banyak orang tak sadar telah melakukan kebiasaan-kebiasaan yang bisa memicu perutnya membuncit. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini ada beberapa kebiasaan yang sebaiknya dihindari karena bisa memicu perut membesar dan membuncit.Keseringan makan malam menjadi salah satu kebiasaan utama yang bisa sebabkan perut membuncit. Makan malam sekali dua kali adalah kebiasaan wajar, namun jika kebiasaan ini diterapkan setiap hari maka bisa memicu perut buncit.
Jangan Sia-siakan Nikmat Usia yang Kau Miliki
Panjang umur menjadi harapan hampir semua orang di dunia, namun apalah artinya panjang umur, jika kita tidak bisa bermanfaat bagi diri kita sendiri? Bermanfaat di sini bisa diartikan bahwa apa yang kita lakukan selama di dunia, dapat menolong kita di akhirat kelak.Ingat kawan Kehidupan dunia ini hanya sementara, ada kehidupan akhirat yang kekal abadi di depan mata. Dengan jatah usia kita yang mungkin tak sepanjang usia umat-umat terdahulu, jangan sampai kita menyiakannya hanya karena kesenangan dunia semata.Tahukah Anda, berapa usia umat Nabi Muhammad? Mungkin tidak semua dari kita mengetahui bahwa jika dibandingkan dengan umur-umur umat manusia terdahulu, umur umat Nabi Muhammad bisa dikatakan lebih singkat. Hal ini disebutkan dalam hadis riwayat Abu Hurairah ra, Nabi SAW bersabda, Usia umatku antara 60 sampai 70 tahun. Sedikit di antara mereka yang melebihi batas itu. HR. Tirmidzi .
Makanan dan Minuman yang Bisa Perpendek Usia
 – Memiliki usia yang panjang adalah harapan semua orang. Dan, salah satu kebiasaan yang bisa memperpanjang usia ialah dengan menjaga pola makan yang sehat. Sebaliknya, jika Anda salah memilih makanan tentu bisa berdampak pada usia Anda.Ya, salah memilih makanan bisa berpotensi mengundang penyakit, salah satunya kanker. Nah berikut ini ada beberapa jenis makanan yang bisa memperpendek usia Anda. Sebut saja salah satunya adalah minuman bersoda. American Journal of Public Health mengemukakan bahwa, minum minuman bersoda merupakan kebiasaan yang bisa memperpendek usia kita.Dalam jurnal tersebut disebutkan bahwa, orang yang rutin minum minuman bersoda lebih cepat mengalami kematian 4,6 tahun dari mereka yang tidak minum. Selain minuman bersoda, banyak minuman dan makanan lainnya yang perlu Anda hindari.
5 Kebiasaan Sepele Ini Sama Buruknya dengan Merokok
 – Kebiasaan merokok termasuk dalam kebiasaan yang merusak kesehatan kamu. Namun, tanpa disadari banyak orang yang melakukan kebiasaan sepele lainnya, yang ternyata sama buruknya dengan kebiasaan merokok.Salah satu kebiasaan buruk itu adalah waktu tidur yang kurang cukup. Kurang tidur memicu tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke, obesitas, dan sejumlah masalah kesehatan lainnya. Satu studi bahkan menemukan bahwa, tidak tidur enam atau tujuh jam per hari bisa menyebabkan kematian lebih tinggi setara dengan kebiasaan merokok.Selain itu, duduk terlalu lama juga sama buruknya dengan merokok. Duduk terlalu lama juga bisa membahayakan kesehatan kamu. Entah itu duduk di meja kerja, duduk di mobil atau tempat lainnya. Jika terlalu lama dalam keadaan ini menurut studi dari Health Services-Cancer Care dari Kanada bisa meningatkan risiko kanker payudara.Baca selengkapnya...
Hindari 6 Kebiasaan Pagi Hari yang Bikin Tubuh Gemuk
 – Apa kebiasaan yang kamu lakukan saat pagi hari? Tahukah kamu, jika kebiasaan di pagi hari dapat memengaruhi tubuh, salah satunya sebabkan tubuh menggemuk tanpa disadari. Oleh karena itulah, selalu pastikan untuk memilih kebiasaan baik agar berat badanmu terjaga dan pastinya terhindar dari penyakit.Jika Anda sudah berusaha keras dalam menurunkan berat badan, tapi hasilnya masih nihil karena berat badan tetap susah turun, cobalah untuk menganalisa kebiasaan di pagi hari. Kira-kira, apa sajakah kebiasaan di pagi hari yang bisa membuat tubuh menggemuk? Sering bangun kesiangan jadi salah satu kebiasaan yang perlu kamu hindari. Kurang tidur dapat membuat berat badanmu bertambah, sama halnya jika kamu kebanyakan tidur. Penelitian menyebutkan, jika tidur lebih dari 10 jam per hari dapat menimbulkan efek BMI yang lebih tinggi.
Tujuh Kebiasaan Berkendara yang Dapat Merusak Mobil
.co.id – Semakin lama Anda punya mobil, maka akan semakin terbentuk kebiasaan berkendara Anda. Sayangnya tidak semua kebiasaaan itu bagus untuk mobil Anda. Apalagi, semakin berpengalaman Anda dalam berkendara, maka akan semakin susah mengubah kebiasaan buruk berkendara.Beberapa kebiasaan tak bijak berikut akan diulas agar Anda bisa terbantu untuk memulai mengubahnya. Tentu dengan mengubah kebiasaan tersebut, akan membuat mobil Anda lebih awet. Jadi, Anda tak perlu mengeluarkan biaya ekstra karena harus memperbaiki mobil yang rusak akibat salah pemakaian.Banyak orang punya kebiasaan selalu meletakkan tangannya di tongkat persneling selama menyetir. Ada alasan kenapa kebiasaan ini tak boleh dilakukan, yang paling utama adalah saat berkendara Anda seharusnya wajib memegang setir dengan dua tangan.
Enam Kebiasaan 'Sepele' Ini Bisa Perpendek Usia
Lama dan tidaknya usia seseorang akan bertahan hidup memang tak ada yang tahu. Namun, sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh dalam kehidupan sehari-hari.Sehingga dengan kondisi tubuh yang sehat dan bugar, maka kita akan terbebas dari ragam penyakit yang menyerang. Selain itu, kita bisa menjalani hidup ini dengan penuh semangat, serta melakukan aktivitas dengan maksimal.Akan tetapi dalam menjalani hidup ini, terkadang ada beberapa kebiasaan yang tidak kita sadari menjadi penyebab pendeknya usia. Dan berikut ini terdapat beberapa kebiasaan yang dapat merusak kesehatan secara menyeluruh.
Ternyata, Enam Kebiasaan Ini Bisa Perpendek Umur
 – Semua manusia memiliki naluri bertahan hidup yang sama, yakni mencoba bertahan hidup selama mungkin dengan tubuh yang sehat. Akan tetapi, tak semua orang bisa mendapatkan anugerah umur panjang.Untuk mendapatkan umur panjang tergantung dari kondisi lingkungan dan yang paling berpengaruh adalah pola hidup sehari-hari. Orang yang memiliki pola hidup sehat cenderung memiliki umur panjang, tetapi bagi mereka yang memiliki pola hidup tidak sehat cenderung umurnya pendek. Kebiasaan sehari-hari pun ternyata bisa memengaruhi umur kita. Dilansir dari Boldsky, berikut ini beberapa kebiasaan yang mungkin sering Anda lakukan yang ternyata bisa memperpendek umur Anda.
Hentikan Kebiasaan Mendengkur dengan Jus Ajaib Ini
 – Mendengkur merupakan kebiasaan yang sangat mengganggu saat tidur. Orang yang tidur dekat dengan kita, tentu akan sangat terganggu. Tidak hanya itu, bahkan mendengkur juga dapat menjadi penyebab perceraian dalam rumah tangga.Selain mengganggu orang di sekitar, kebiasaan mendengkur juga tidak baik untuk kesehatan. Kebiasaan dengkuran ini terjadi di luar kesadaran, karena terjadi pada saat kita sedang tidur. Hal ini terjadi karena, udara tidak bisa bergerak bebas melalui hidung dan mulut.Selain itu kebiasaan mendengkur juga bisa disebabkan karena alergi, terlalu lelah atau disebabkan oleh hal lainnya. Kebiasaan mendengkur tentu sangat mengganggu sekali, untuk itu kebiasaan mendengkur harus segera diatasi. Ada banyak cara untuk mengatasi masalah kebiasaan mendengkur. Bagaimana caranya?
Apakah Paru-paru Kamu Sudah Tua? Cek di Sini
 – Selama bertahun-tahun, para ahli sudah memikirkan jika kesehatan jantung sebagai penting untuk menunjang hidup yang panjang. Namun banyaknya studi yang dilakukan, ternyata tidak hanya jantung saja yang berperan penting terhadap umur.Dalam studi terbaru telah menemukan bahwa, kapasitas paru-paru sama pentingnya terhadap faktor panjangnya umur. Beberapa ahli menyarankan untuk melakukan tes paru-paru, seperti yang biasa dilakukan pada tekanan darah atau kolesterol.Paru-paru juga bisa mempunyai 'umur' lebih tua atau lebih muda, daripada umur kita yang sebenarnya. Lalu bagaimana caranya kita tahu, berapa 'usia' paru-paru kita?
5 Kebiasaan Berbahaya Setelah Makan
Setelah makan siang atau malam, kebiasaan apa yang seringkali Anda lakukan? Menonton TV, berbaring, mengobrol, bermain gadget, atau melakukan aktivitas lainnya? Tahukah Anda, sebenarnya tidak semua kebiasaan-kebiasaan tersebut baik untuk Anda.Ya, setelah makan, beberapa orang memiliki kecenderungan untuk berbaring, menonton TV, atau sekadar bersantai, tanpa mengetahui bahwa ini sebenarnya adalah kebiasaan buruk yang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan mereka secara keseluruhan.Untuk itu, kami mengingatkan agar Anda jangan sekali-sekali melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut, baik setelah makan siang ataupun makan malam. Selain kebiasaan-kebiasaan di atas, ada beberapa kebiasaan lainnya yang tak kalah berbahaya jika Anda lakukan setelah makan. Berikut daftarnya.
Empat Kebiasaan Pagi yang Dapat Mengganggu Kesehatan
Pagi hari setelah bangun tidur, apa yang biasa Anda lakukan? Apakah malas-malasan dan tidur kembali? Atau langsung beres-beres kamar, mandi, lalu beraktivitas? Kebiasaan setelah bangun tidur yang biasa Anda lakukan akan memengaruhi kesehatan tubuh Anda.Tahukah Anda, kebiasaan pagi hari yang salah ternyata dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan. Ya, badan akan terasa tidak enak, tidak nyaman, dan mudah terserang berbagai macam penyakit. Lakukanlah kebiasaan sehat setiap hari, dimulai dari pagi hari setelah bangun tidur.Lakukanlah hal yang bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat. Dengan membiasakan melakukan hal baik setiap paginya, maka tubuh Anda akan tetap terjaga kesehatannya. Berbicara tentang kebiasaan pagi, lalu kebiasaan seperti apa yang dapat mengganggu kesehatan?
Awas, Kebiasaan Sepele Ini Bisa Picu Kanker Serviks
 – Beberapa kebiasaan sepele dalam kehidupan kita sehari-hari, ternyata bisa menjadi penyebab Anda terjangkit penyakit yang sangat mematikan seperti kanker serviks. Tanpa disadari kita malah membuat penyakit tersebut datang dengan mudah.Oleh karena itu, ada baiknya kita mengenali kebiasaan sepele yang bisa membuat wanita mudah terkena kanker serviks. Stres yang berlebihan menjadi salah satu kebiasaan yang sering disepelekan oleh wanita. Bila Anda membiarkan kebiasaan sepele ini begitu saja, tentu bisa membahayakan tubuh Anda.Dan, hal ini tentu bisa membuat tubuh tidak bisa memperbaiki sel-sel dengan baik. Di saat yang bersamaan juga bisa memicu tumbuhnya sel-sel ganas dalam tubuh dan risiko terkena kanker sangat tinggi.Baca Selengkapnya ...
Tujuh Cara Jitu Hentikan Kebiasaan Mendengkur
.co.id – Kebiasaan mendengkur meskipun sepele namun sangat berbahaya jika dibiarkan. Tidak hanya itu, kebiasaan mendengkur juga sangat mengganggu orang lain yang ada di sekitarnya. Mendengkur bisa menjadi indikasi kesehatan yang kurang baik, untuk itu Anda tak boleh anggap sepele kebiasaan mendengkur.Mendengkur disebabkan oleh relaksasi dari otot-otot langit-langit lunak atap mulut, lidah dan juga tenggorokan. Jaringan di tenggorokan bisa terlalu rileks sehingga sebagian memblokir jalan napas dan bergetar ketika udara melewatinya. Semakin sempit jalan napas Anda, maka getaran akan lebih intensif dan menyebabkan suara mendengkur semakin keras.Berbicara tentang mendengkur, mendengkur tidak hanya indikasi kesehatan yang menurun. Namun menurut penelitian, kebiasaan mendengkur juga menjadi salah satu penyebab utama perceraian di Amerika Serikat dan Inggris. Mengetahui akan dampak buruk dari kebiasaan mendengkur, Anda harus bisa menghentikan kebiasaan itu secepatnya.
Hindari 5 Kebiasaan Ini jika Ingin Wajah Mulus
 – Siapa sangka kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan dapat memengaruhi wajah? Ada kebiasaan yang mampu membuat wajah menjadi mulus dan cantik, namun ada juga yang dapat merusak wajah. Kulit wajah merupakan daerah yang cukup sensitif, sehingga butuh perawatan ekstra.Bukan hanya perawatan intensif yang biasa didapatkan di salon kecantikan, ternyata ada faktor lain yang dapat memengaruhi kulit wajah. Jika kamu sudah mengoptimalkan perawatan wajah namun hasil yang didapat belum maksimal, mungkin kamu masih melakukan kebiasaan ini yang ternyata tak baik untuk wajahmu. Apa saja?Meski sepele, kebiasaan mengernyitkan mata ternyata dapat membuat kulit cepat keriput. Jika kamu punya kebiasaan ini, kulit mata akan berkerut dan kelamaan kulit akan menua. Jika kamu memiliki kebiasaan mengernyitkan mata karena penglihatan kurang jelas, cobalah periksakan mata agar kebiasaan ini dapat dikurangi.
Empat Kebiasaan Buruk yang Bikin Susah Kaya
.co.id – Memiliki banyak uang dan jadi kaya raya merupakan impian semua orang. Namun, untuk meraih semua itu tidaklah mudah, diperlukan strategi dan kerja keras yang ekstra agar uang mudah didapatkan.Namun, ternyata kebiasaan Anda sehari-hari juga menentukan apakah Anda layak jadi orang kaya atau tidak. Perlu diketahui, ada kebiasaan buruk yang sering dilakukan yang tanpa disadari bisa membuat Anda susah kaya.Sebab, rata-rata orang kaya tidak memiliki kebiasaan-kebiasaan buruk ini. Jadi wajar saja jika Anda memiliki kebiasaan buruk ini, mungkin Anda bakalan susah kaya.
Hilangkan Sepuluh Kebiasaan Ini Sebelum Jadi Pengusaha
Banyak pengusaha yang lahir dari orang-orang yang memiliki kebiasaan unik, dan mampu mengembangkannya menjadi potensi diri terbaik mereka. Termasuk mengeloa kebiasaan kerja yang baik, produktif dan tentu saja efektif untuk pekerjaan dan hasilnya.Bagi orang yang tidak memiliki kebiasaan baik saat bekerja, tentu akan memengaruhi pekerjaan mereka ketika menitih karir menjadi seorang pengusaha nantinya. Sebab, ketika kita menjadi seorang pengusaha akan ada banyak kebiasaan yang berubah.Bukan hanya dari jam kerja, peraturan kerja, kebebasan dalam bekerja saja, tapi juga kita memiliki akuntabilitas untuk kepuasaan kerja kita sendiri. Seperti kebiasaan yang ada di bawah ini, sebaiknya Anda hilangkan sebelum Anda menjadi pengusaha.
Kebiasaan Wanita yang Bikin Sulit Sukses
.co.id – Kesuksesan merupakan impan semua orang. Namun tidak mudah untuk bisa menjadi sukses. Sukses tidak hanya angan-angan atau kata-kata, namun harus ada perjuangan dan kerja keras yang harus dilakukan untuk bisa meraih sukses yang diimpikan tersebut. Bahkan kita harus berjuang hingga berdarah-darah agar bisa sukses.Banyak orang ingin sukses, namun hanya segelintir orang yang mu bekerja dan berjuang keras. Sukses tidak harus menunggu tua, karena kita bisa sukses di usia muda dengan cara bekerja dan berusaha keras. Sukses di usia muda memang impian semua anak muda, dengan sukses di usia muda, kita tak perlu bingung menghabiskan masa tua.Untuk bisa sukses di usia muda, tidaklah sulit, sudah ada banyak contohnya, pemuda usia 20-an bahkan belasan tahun sudah sukses luar biasa. Berbicara tentang sukses di usia muda, ada beberapa kebiasaan yang ternyata menghambat Anda untuk bisa sukses, kebiasaan tersebut lebih sering dilakukan wanita. Hal ini bisa menjadi introspeksi diri mengapa Anda belum sukses, bisa jadi Anda termasuk orang yang selalu melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut.
Lakukan 7 Hal yang Bikin Awet Muda dan Panjang Umur
 – Salah satu impian yang belum pasti untuk kita dapatkan yaitu memiliki umur yang panjang. Sehubungan dengan takdir yang berlaku, memang masalah umur hanya Tuhan yang tahu. Jika kita ingin memiliki tubuh sehat dengan umur yang lebih panjang, tentu akan banyak hal-hal penting yang harus kita terapkan.Sementara, faktor utama seseorang memiliki umur pendek, yaitu kebiasaan buruk yang dapat membuat orang tersebut mengalami masalah kesehatan. Siapa yang tak ingin memiliki umur panjang dengan kualitas kulit lembut, cerah, dan tentunya terhindar dari keriput meski umur sudah tua?Seperti yang dikatakan oleh Puspa Dewi nenek tertua di Indonesia bahwa, untuk memiliki tubuh seperti anak remaja di usia yang menginjak 51 tahun tidaklah sulit. Ia mengatakan, memanfaatkan waktu setiap hari dengan penuh kegembiraan, itu merupakan salah satu kunci yang membuat kita awet muda.
Cara Cerdik Tetap Panjang Umur
Setiap orang tentu menginginkan memiliki umur yang panjang. Dengan memiliki umur yang panjang dan sehat, tentu setiap orang bisa melakukan apa saja yang diinginkan selama hidupnya. Entah itu keliling dunia, menjadi orang sosial, dll.Untuk memperpanjang umur, buatlah rencana-rencana untuk masa depan. Karena orang-orang yang kerap menetapkan tujuan ke depan akan lebih panjang umur 2 sampai dengan 4 tahun dibanding teman-teman sebaya mereka. Begitu berdasarkan sebuah studi yang dilakukan University of California di Riverside.Dalam studi, para periset mengkaji 20 studi terhadap lebih dari 8.900 orang di seluruh dunia. Hasilnya ditemukan hidup tertib, bertanggungjawab dan disiplin diri juga dapat memperpanjang umur. Alasannya karena orang dengan sifat-sifat ini cenderung punya kebiasaan sehat yang lebih baik, mengambil lebih sedikit risiko berbahaya, menjalani kehidupan yang lebih stabil, dan kurang stres. Baca Selengkapnya...
Kenali Dampak dari Kebiasaan Menggigit Kuku
Menggigit kuku ini biasanya terjadi pada anak-anak, namun tak menutup kemungkinan karena sudah menjadi kebiasaan, maka akan terbawa juga sampai usia dewasa. Memang banyak alasan, kenapa anak-anak sampai menggigit kuku.Mulai dari sekadar ingin tahu rasanya seperti apa, mengatasi kebosanan, hingga untuk menutupi rasa takut pada dirinya. Yang pasti, kebiasaan menggigit kuku ini disebut dengan istilah "Nervous Habit", yaitu suatu kebiasaan yang disebabkan oleh perasaan takut atau gelisah.Namun celakanya, kebiasaan menggigit kuku seperti ini kerap terbawa mulai dari balita hingga tumbuh menjadi dewasa. Menurut para ahli kesehatan, menggigit kuku ini termasuk salah satu kebiasaan yang kurang bagus, membahayakan kesehatan, dan kurang sedap dipandang mata.