Asal-usul Bambu Runcing yang Pernah Buat Penjajah Ketakutan

Asal-usul Bambu Runcing yang Pernah Buat Penjajah Ketakutan

Eetu Nuorela  ⋅  07 Apr 2018 05:30:12

.co.id – Di masa penjajahan, bisa dikatakan kekuatan para pejuang Indonesia itu luar biasa dalam melakukan perlawanan kepada para penjajah, baik itu Belanda ataupun Jepang. Anehnya, para pejuang itu tidak pernah takut kala merebut kemerdekaan meski hanya dengan senjata seadanya. Salah satu senjata yang menjadi andalan pasukan Indonesia kala itu adalah bambu runcing. Senjata asli Indonesia ini pernah membuat para penjajah ketar-ketir.

Bambu Runcing tentu hal yang sering kita dengar. Akan tetapi, tahukah kita dari mana asal senjata itu? Rupanya jika dirunut ke belakang, terdapat sejarah yang panjang tentang senjata yang satu ini. Mulai dari dibuat oleh seorang kiai, sampai dengan senjata yang dikenal sakti.

Asal-usul Bambu Runcing

Sampai kini, masih belum diketahui dengan jelas mengenai asal senjata yang satu ini. Namun, dalam satu versi yang sangat umum, senjata ini berasal dari seorang kiai hebat yang ada di Indonesia. Kiai hebat itu bernama Subchi, seorang ulama Parakan, Jawa Tengah yang digadang sebagai seorang yang menggagas senjata yang sangat populer di Indonesia.

 

Continue Reading

Related Posts