Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Cara Gunakan Layanan Ok Google dengan Bahasa Jawa dan Sunda

.co.id – Sering menggunakan layanan perintah suara Ok Google? Bila ya, tahukah Anda bila kini layanan tersebut telah mendukung beberapa bahasa daerah di Indonesia, yaitu bahasa Jawa dan Bahasa Sunda.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber, diketahui bila alasan Google menambahkan bahasa Jawa dan Sunda dalam data pengenalan perintah suara mereka, dikarenakan makin bertambahnya pertumbuhan penggunaan kedua bahasa daerah tersebut di Indonesia yang telah mencapai lebih dari 50 persen.

Nah, terkait dengan ditambahkannya bahasa Jawa dan Sunda di layanan perintah suara Ok Google, maka pada kesempatan kali ini kami akan mencoba berbagi informasi tentang cara menggunakan layanan perintah suara Ok Google dengan bahasa Jawa dan Sunda. Langkah apa saja yang perlu dilakukan?

Read Full Article
Inilah Bukti Bahasa Jawa Makin Mendunia
Bahasa Jawa merupakan bahasa yang sangat asyik. Hal tersebut karena, bahasa Jawa itu memiliki tiga tipe yaitu bahasa Jawa kasar, halus, dan lembut. Dari tiga tipe bahasa Jawa itu pasti diselipkan di masing-masing percakapan.Jika sedang berbicara dengan teman sebaya, biasanya seseorang akan menggunakan bahasa Jawa kasar. Dan, jika sedang berbicara dengan orang yang baru dikenal, biasanya menggunakan bahasa Jawa halus.Ini tentu sudah menjadi hal yang wajib dilakukan, saat anak muda berbicara dengan orangtua. Mereka akan menggunakan bahasa Jawa yang sangat lembut. Hal tersebut dilakukan sebagai bukti bahwa, jika anak muda akan selalu menghargai orangtuanya.
Empat Kebiasaan Sehari-hari yang Bikin Jago Bahasa Inggris
 – Belajar bahasa Inggris dianggap susah oleh sebagian orang. Padahal, bahasa Inggris itu disebut-sebut bahasa paling mudah dipelajari. Jika rajin dan sering belajar, dalam waktu yang singkat, Anda bisa benar-benar jago bahasa Inggris.Kalau hanya mengandalkan kamus atau kurus, tentu butuh waktu lama untuk memahami bahasa Inggris. Cara yang paling ampuh untuk belajar bahasa internasional ini adalah dengan langsung mengimplementasikannya di kehidupan nyata.Karena kita orang Indonesia, tentu kita jarang berbicara dalam bahasa Inggris. Tapi beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan setiap hari, ternyata bisa membuat Anda jago bahasa Inggris. Bahkan sebagian besar orang bisa bahasa Inggris walau sedikit karena kebiasaan-kebiasaan ini. 
Google Tambah 6 Suara Baru di Layanan Google Assistant
 – Gemar menggunakan layanan Google Assistant? Bila iya, maka pastinya Anda sudah tak asing lagi dengan dua jenis suara yang selama ini berbicara sebagai asisten pribadi besutan Google tersebut.Membahas lebih jauh tentang suara Google Assistant, tahukah Anda bila ternyata saat ini Google telah menambahkan beberapa suara baru ke dalam layanan Google Assistant?Ya, berdasarkan informasi yang dikutip dari The Verge, dikabarkan melalui acara tahunan Google I/O 2018, Sundar Pichai selaku CEO Google mengumumkan kehadiran tambahan 6 suara baru Google Assistant, sehingga jumlah total seluruh jenis suara layanan Google Assistant menjadi 8 jenis suara.
Ini yang Perlu Anda Ketahui dari Google Data Studio
Google Data Studio merupakan sebuah layanan yang diciptakan Google untuk mengolah data. Fitur ini dirilis pada pertengahan tahun 2016, namun baru bisa dinikmati di Indonesia pada bulan Maret 2017.Beberapa pengguna Google di Indonesia mendapatkan email pemberitahuan untuk layanan Google Data Studio. Dan seperti semua orang di penjuru dunia, Google Data Studio yang ada di Indonesia pun masih dalam versi beta.Fungsi Google Data Studio secara umum sebenarnya hampir sama dengan aplikasi pengolah data lainnya. Namun apakah perbedaan Google Data Studio dari aplikasi pengolah data lainnya, dan mengapa kita mesti memakainya?
Google Dituduh Batasi Kompetisi oleh Uni Eropa
Kabar Google berseteru dengan European Union via European Commission bukan sesuatu yang baru lagi. Google sudah lama diselidiki oleh EU atas praktiknya terutama dengan sistem operasi Android, sehingga ketika EU mengirimkan surat keberatan resmi atas praktik bisnis Google di Android bukan sesuatu yang mengejutkan lagi, meskipun beberapa sisi tetap sesuatu yang agak membingungkan bagi sebagian orang.Sedikit saya uraikan komplain EU terhadap Google setidaknya ada tiga. Pertama adalah App Bundling. Apps Bundling yang dimaksud di sini adalah aplikasi Google yang ada di perangkat Android.Bila Anda pengguna Android, tentu cukup paham aplikasi apa saja yang wajib dibawa oleh vendor atau produsen Android, antara lain GMail, Google Maps, Google Play dan lainnya. Mungkin itu beberapa aplikasi wajib yang harus diikutkan karena menggunakan Android secara resmi dari Google dengan berbagai kesepakatan dengan Google yang mungkin bisa termasuk ke dalam trade secret.
Ada Versi Hemat Internet di Aplikasi Google Maps, Benarkah?
 – Setelah kemunculan beberapa aplikasi Android versi ringan dan hemat pemakaian data internet, semisal Google Go, Files Go, YouTube Go sampai dengan sistem operasi Android Oreo Edisi Go. Google kembali menghadirkan aplikasi versi ringan lainnya, yaitu Google Maps Go.Mungkin kalian akan bertanya-tanya, apa sih perbedaan aplikasi Google Maps dan Google Maps Go? Serupa tapi tak sama, pada dasarnya aplikasi Google Maps Go merupakan aplikasi versi ringan dari aplikasi asli Google Maps yang telah hadir lebih dulu, dengan ketersediaan fitur yang tak jauh berbeda.Perbedaan mendasar hanya terletak pada saja sisi tampilan aplikasinya saja, di mana pada layanan aplikasi Google Maps tampilan halaman depan dan hasil pencarian lokasi dilengkapi dengan foto-foto, sementara pada aplikasi Google Maps Go tidak ada. 
Persinggahan Mengesankan di Malaka
 – Saat mendengar nama Melaka, pikiran saya tiba melanglang buana terhadap salah satu materi pelajaran sejarah saat sekolah. Malaka adalah salah satu penggalan sejarah Indonesia. Malaka, adalah bagian tak terpisahkan dari sejarah eksistensi Nusantara pada masa kerajaan sebelum akhirnya menjadi Indonesia.Pada masa Indonesia masih terdiri dari kerajaan, Malaka adalah kesultanan yang menguasai sebagian wilayah Indonesia yaitu Pulau Sumatera. Pendirinya sendiri berasal dari Nusantara, yaitu keturunan Sriwijaya, Prameswara. Ia memerintah selama 110 tahun di Kesultanan Malaka sebelum ditaklukkan Portugis tahun 1511.Melalui jalur Malaka-lah Portugis menguasai Jawa bagian Barat dengan menaklukkan kerajaan Sunda dan menjajah Indonesia. Sebelum melakukan penjajahan, Portugis melakukan kerjasama dagang dengan kerajaan Sunda. Sunda Kelapa Jakarta menjadi saksi sejarah kehadiran portugis di Nusantara, dan mendirikan prasasti perjanjian dengan kerajaan Sunda.
Google Assistant, Artificial Intelligent untuk Keseharian
Salah satu yang menjadi fokus banyak perusahaan adalah, menjadikan satu layanan mereka sebagai pusat informasi atau sumber apapun yang diinginkan pengguna. Khusus untuk Google, layanan seperti ini sudah berevolusi beberapa kali. Pertama, kita ingat apa yang disebut dengan Knowledge Grap, lalu Google Now, kemudian Google Now on Tap dan terakhir Google Assistant.Hal yang menarik, sesuai dengan perkembangan kecedasan buatan, Google menyematkan fitur ini di Google Assistant untuk menghadirkan informasi yang lebih up to date, sesuai yang diinginkan pengguna dan bisa melakukan komunikasi dua arah yang meaningful.Google Assistant ini sebenarnya tidak berdiri sendiri, namun melekat di aplikasi perpesanan baru yang dirilis di Google I O beberapa waktu yang lalu dan baru resmi dalam bentuk preview dirilis ke publik sekitar seminggu yang lalu.
Lima Selebriti Asal Bandung yang Berwajah Sunda Banget
Bandung memang sudah dikenal sebagai kota yang selalu melahirkan wanita-wanita cantik yang memiliki tutur kata yang lemah lembut, karena kebanyakan dari mereka memiliki darah Sunda. Maka tak heran banyak pria dari luar kota Bandung yang kerap mengincar wanita asal Bandung.Tidak sedikit selebriti Indonesia yang berasal dari Bandung. Selain dari ibu kota, selebriti Tanah Air juga banyak didominasi oleh orang-orang Bandung. Seperti beberapa artis cantik ini yang merupakan asli kelahiran Kota Bandung.Karena mereka orang Bandung, sudah pasti darah orang Sunda mengalir di dalamnya. Wajah-wajah seleb cantik ini juga menunjukkan ciri khasnya sebagai orang Sunda. Penasaran siapa saja mereka? Berikut lima artis Bandung yang punya wajah Sunda banget. Sangat anggun dan memesona.
Kumpulan Game Interaktif di Google Doodle
Sering menggunakan layanan mesin pencari Google? Bila iya, maka tentunya Anda sudah tak asing lagi dengan Google Doodle. Google Doodle sendiri merupakan perubahan desain logo Google di halaman depan layanan mesin pencari, yang ditujukan untuk memperingati atau merayakan kejadian penting di tanggal, bulan, dan tahun tertentu.Membahas tentang Google Doodle, diketahui bahwa hingga kini jumlah Doodle yang telah dibuat dan ditampilkan Google di mesin pencarinya telah mencapai tak kurang dari dua ribu Doodle.Uniknya, dari banyaknya jumlah Doodle tersebut, perubahan logo tulisan Google yang muncul di layanan mesin pencari tak hanya sebatas desain dan warnanya saja. Akan tetapi, terdapat pula Doodle berupa game-game interaktif yang bisa dimainkan oleh penggunanya.
10 Hal Pribadi Anda yang Diketahui oleh Google
Anda tentu menggunakan salah satu produk dari Google. Entah itu Gmail (Google Mail), Google Drive, Google Checkout, Blogger, Google Chrome, Google Maps, Google Plus, Youtube dan lain-lain. Semakin banyak yang Anda pakai, semakin banyak yang Google ketahui dari Anda.Bagi mereka yang peduli terhadap privasi seseorang, apa yang Google ketahui bisa dibilang sangat mengkhawatirkan. Meski demikian, Google sangat terbuka dan transparan mengenai data-data yang ia simpan jika itu dibutuhkan.Walaupun benar Google 'tahu segalanya' yang Anda cari, tapi pernahkah Anda mencari apa yang Google tahu tentang Anda? Biasanya kalau orang ditanya pertanyaan seperti ini, solusinya adalah langsung ketik namanya di Google dan search (mencari di google).
Lima Manfaat dan Keuntungan Belajar Bahasa Jepang
.co.id – Belajar bahasa adalah salah satu cara untuk mengasah kemampuan otak ke tahap yang lebih tinggi. Belajar bahasa memang tidak semudah yang dibayangkan, butuh waktu untuk bisa fasih berbahasa asing. Dalam hal ini, bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak dipelajari karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang diakui dunia.Namun, selain bahasa Inggris ada juga bahasa lain yang menjadi pilihan untuk dipelajari, salah satunya bahasa Jepang. Memang tidak semua orang suka dengan bahasa ini, mungkin hanya mereka yang suka dengan hal-hal berbau Jepang yang ingin belajar bahasa Jepang, misal Anime, Manga, Game, Cosplay dan sebagainya.Meskipun begitu, ternyata mempelajari bahasa jepang punya banyak manfaat. Selain menambah wawasan dan pengetahuan tentang bahasa, bagi penggemar Anime pasti akan merasa "pintar" ketika menonton anime, karena memang ada beberapa kosakata Jepang yang salah diartikan ke dalam bahasa Indonesia.
Cara Gunakan Layanan Ok Google dengan Bahasa Jawa dan Sunda
.co.id – Sering menggunakan layanan perintah suara Ok Google? Bila ya, tahukah Anda bila kini layanan tersebut telah mendukung beberapa bahasa daerah di Indonesia, yaitu bahasa Jawa dan Bahasa Sunda.Berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber, diketahui bila alasan Google menambahkan bahasa Jawa dan Sunda dalam data pengenalan perintah suara mereka, dikarenakan makin bertambahnya pertumbuhan penggunaan kedua bahasa daerah tersebut di Indonesia yang telah mencapai lebih dari 50 persen.Nah, terkait dengan ditambahkannya bahasa Jawa dan Sunda di layanan perintah suara Ok Google, maka pada kesempatan kali ini kami akan mencoba berbagi informasi tentang cara menggunakan layanan perintah suara Ok Google dengan bahasa Jawa dan Sunda. Langkah apa saja yang perlu dilakukan?
Cara Gunakan Google Allo Versi Web di PC
.co.id – Setelah sukses meraih 10 juta pengguna versi aplikasi mobile, akhirnya layanan pesan instan Google Allo kini tersedia dalam versi web untuk pengguna PC (desktop). Tentu saja ini menjadi kabar menggembirakan bagi Anda yang telah akrab dengan layanan berkirim pesan milik Google ini.Diumumkan oleh kepala produksi Google Allo, Amit Fulay melalui akun Twitter-nya, disebutkan bahwa mulai hari ini layanan web pesan instan Google Allo telah dirilis dan bisa digunakan melalui browser Chrome.Kehadiran layanan Google Allo versi web pastinya akan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya, misalnya saja saat chatting bersama teman menjadi lebih nyaman menggunakan PC dengan tampilan layar yang lebih besar, lebih mudah mengirim dan membaca pesan menggunakan papan ketik (keyboard) yang lebih besar pula.
Lima Nama Suku di Indonesia Ini Punya Singkatan Unik
 – Indonesia itu kaya akan keanekaragaman suku dan budayanya. Setidaknya ada sekitar 1.340 suku bangsa yang tersebar di seluruh negeri ini dengan nama suku yang berbeda-beda.Mulai dari Suku Jawa, Suku Sunda, Suku Batak, Suku Betawi, dan masih banyak lagi nama-nama suku yang ada di Indonesia. Tapi tahu tidak, kalau beberapa nama suku di Indonesia punya singkatan yang unik? Berikut daftarnya.Sunda: Suka bercanda. Orang Sunda memang terkenal ramah dan mudah bergaul dengan orang lain. Selain itu, orang Sunda juga suka bercanda ketika mengobrol. Tak heran jika orang Sunda mudah akrab dengan orang lain.
Google Hadirkan Layanan Unik "Emoji" di Twitter
Google membuat terobosan baru nan unik melalui media sosial Twitter. Ya, dari hasil penelusuran dan uji coba kami, Google kini menghadirkan layanan yang memungkinkan para penggunanya untuk melakukan penelusuran ala mesin pencari Google di Twitter.Uniknya, Anda tak perlu mengetikkan banyak kata untuk memanfaatkan layanan penelusuran tersebut. Cukup dengan kicauan sebuah emoji, maka Google akan mengirimkan jawaban hasil penelusuran dengan gambar animasi yang unik dan lengkap dengan tautan ke hasil pencarian Anda.Berdasarkan informasi yang dikutip dari Mashable, diketahui bahwa layanan Google di media sosial Twitter tersebut, diklaim mampu menghadirkan hasil penelusuran pencarian berdasarkan lebih dari 200 emoji berbeda.
Cara Daftar dan Menggunakan Google Drive
Apa itu Google Drive? Google Drive merupakan layanan atau tempat penyimpanan data secara online (internet) yang disediakan google secara gratis. Layanan google drive juga sangat mudah digunakan serta mempunyai kapasitas penyimpanan mencapai 15 GB (giga byte) dan juga terintegrasi langsung dengan layanan milik google lainnya seperti Gmail, Google Plus dan lain lain. Jadi anda (kita) tidak perlu khawatir lagi untuk menyimpan file/data penting secara aman, bebas dari virus maupun hilang.
Cara Mudah Gunakan Google Assistant di Android
 – Sejak dimulainya debut layanan Google Assistant di smartphone Android non Pixel di tahun 2017 lalu, hampir sebagian besar pengguna smartphone Android di dunia berlomba-lomba untuk menggunakan layanan unik dan pintar besutan Google tersebut.Berbekal dengan teknologi Artificial Intelligence (AR) alias kecerdasan buatan, layanan Google Assistant disebut-sebut menjadi salah satu layanan asisten virtual paling canggih yang mampu memberikan pengalaman seru dalam mendukung aktivitas penggunanya.Misalnya saja, kemampuan untuk 'bicara' dengan pengguna, sampai dengan memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan para pengguna dengan suara khas asisten virtual. Lantas, apa sebenarnya Google Assistant itu? 
Ternyata, Bahasa Jawa Populer di Lima Negara Ini
Bahasa merupakan identitas suatu bangsa, tak terkecuali di Indonesia. Tak hanya bahasa Indonesia yang merupakan bahasa persatuan, Indonesia yang kaya akan suku dan bangsa ini, masih melestarikan berbagai macam bahasa daerah, salah satunya bahasa Jawa.Berasal dari suku Jawa, bahasa ini ternyata tidak hanya populer di Indonesia, tapi di beberapa negara ini bahasa Jawa juga sangat populer. Beberapa faktor seperti penjajahan, keturunan, dan bekerja di luar negeri, menjadi penyebab bahasa Jawa bisa berkembang pesat di negara-negara ini.Penasaran negara mana saja yang juga melestarikan bahasa Jawa? Berikut beberapa negara yang sebagian masyarakatnya juga menggunakan bahasa Jawa. Anda harus bangga sebagai warga negara Indonesia.
Cara Aktifkan Google Assistant Bahasa Indonesia di Android
 – Kabar gembira bagi Anda pengguna layanan Google Assistant di Indonesia. Diketahui bila kini layanan aplikasi asisten besutan Google tersebut telah mendukung perintah dalam bahasa Indonesia. Ya, bila selama ini Google Assistant bahasa Indonesia hanya bisa digunakan pada layanan aplikasi Google Allo saja.Maka, kali ini kalian bisa mengaktifkan dukungan bahasa Indonesia di Google Assistant secara langsung, tanpa harus menggunakan bantuan aplikasi lainnya. Berdasarkan informasi yang dikutip dari berbagai sumber, diketahui bila layanan Google Assistant berbahasa Indonesia dapat digunakan untuk membantu berbagai aktivitas pengguna.Baik saat menggunakan smartphone, tablet maupun smartwatch secara online, seperti melakukan panggilan telepon menggunakan perintah suara, mengirim pesan singkat, mengirim pesan WhatsApp dengan mudah, memasang alarm, menyetel pengingat, sampai dengan membuka aplikasi lain yang terpasang di smartphone. 
Ini Bukti Bahasa Jawa Mendunia
Suku Jawa adalah salah satu suku terbesar di Indonesia yang tak hanya mendiami Pulau Jawa, namun tersebar ke seluruh Indonesia. Bahasa daerah yang digunakan untuk komunikasi adalah Bahasa Jawa. Secara umum Bahasa Jawa Tengah dan DIY tidak jauh berbeda, tapi agak sedikit berbeda jika dibandingkan Bahasa Jawa Timur dan Jawa Barat.Bahasa Jawa pun memiliki aksen yang berbeda tergantung daerahnya, seperti aksen atau gaya "ngapak" di daerah Pantai Utara Jawa, dan ada pula perbedaan dengan Bahasa di Pulau Madura. So, Bahasa Jawa itu luas dan beragam.Nah, kalau di Indonesia rasanya sangat familiar masyarakatnya menggunakan Bahasa Jawa sebagai Bahasa daerah, terkait dengan letak salah satu pulau besar ini. Tapi, tahukah Anda, ternyata Bahasa Jawa juga digunakan di beberapa negara berikut ini.1. Republik SurinameNegara di Amerika Selatan ini dulunya bernama Guyana Belanda atau Guiana Belanda yang merupakan bebas daerah jajahan Belanda. Republik Suriname berbatasan dengan Guyana Perancis di bagian timur dan barat. Di bagian Selatan berbatasan dengan Brasil dan di utara berbatasan dengan Samudera Atlantik. Sekitar 75.000 orang Jawa tinggal di Republik Suriname yang dibawa dari Hindia-Belanda pada tahun 1890-1939, di saat Indonesia dijajah Belanda.
Selamat Tinggal Google Panoramio
Satu lagi layanan online yang akhirnya menemui ajal . Layanan online biasanya diwafatkan karena banyak hal. Bisa jadi karena sudah tidak laku tidak banyak peminat , biaya yang mahal, dan lain sebagainya. Yang selanjutnya diwafatkan dalam waktu dekat ini adalah Google Panoramio. Apa itu Google Panoramio?Jadi begini, Google itu sudah punya Google Map dan Google Earth. Ceritanya Panoramio ini untuk melengkapi kedua layanan itu tadi. Jadi, semua orang bisa mengunggah foto-foto menariknya sesuai dengan titik yang ada di Google Map dan Google Earth. Ya, ceritanya ini semacam hotspot untuk view-view bagus di tempat tersebut.Saya sempat mengenal Panoramio ini sekitar tahun 2009. Lumayan keranjingan intip-intip tiap hari sambil menjelajah dunia melalui foto-foto keren, sampai kesibukan membunuh waktunya sendiri.
Cara Sederhana Agar Diterima Daftar Google Adsense
Kali ini saya ingin berbagi sedikit informasi tentang tata cara mendaftar Google Adsense agar kemungkinan diterima lebih besar, tips ini saya tulis sesuai dengan pengalaman saya saat mendaftarkan blog di Google Adsense. Google Adsense merupakan program penayangan iklan yang paling populer milik google dan sangat diminati para blogger untuk menghasilkan uang dari internet. Namun masalah terbesarnya adalah pendaftaran blog ke Google Adsense masih banyak yang belum diterima.Bagi anda yang belum mendaftar Google Adsense atau yang sudah pernah mendaftarkan Google Adsense namun belum diterima ada baiknya memperhatikan lagi apa yang kurang dari blog anda sehingga google belum dapat menerima blog anda sebagai mitra kerjanya. Berikut ini beberapa Tips agar blog mudah dan cepat diterima Google Adsense.