Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Ibu Hamil Boleh Makan Daging Kambing? Perhatikan 5 Hal Ini

.co.id – Boleh tidak sih makan daging kambing saat hamil? Saat hamil, ibu sangat dianjurkan untuk menikmati daging merah, karena nutrisinya sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh dan mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Namun sayang, ada mitos yang beredar di masyarakat, jika ibu hamil tidak boleh makan daging kambing karena panas sehingga dapat mengganggu kehamilan. Kira-kira, benarkah ibu hamil tidak boleh makan daging kambing?

Daging kambing termasuk salah satu jenis daging merah, sehingga bisa dikatakan aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Tapi, meskipun aman, sebaiknya ibu hamil memerhatikan beberapa hal penting sebelum mengonsumsi daging kambing. Apa sajakah itu?

Baca selengkapnya...

Read Full Article
Pusing Setelah Makan Daging? Bisa Jadi Gejala Hipertensi
 – Daging merupakan bahan makanan penyumbang protein hewani. Bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan daging ikan, bisa memilih daging ayam, kambing, maupun sapi sebagai alternatif.Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk masa otot, serta memperbaiki sel-sel atau jaringan yang rusak. Maka tak heran, jika protein termasuk dalam nutrisi makro yang dibutuhkan oleh tubuh. Banyak menu makanan dari berbagai daerah yang memanfaatkan daging di setiap masakannya, seperti rendang, dendeng, ayam goreng, dan masih banyak lagi.Di balik nikmatnya menu olahan daging tersebut, tersimpan bahaya bagi kesehatan seperti hipertensi apabila terlalu sering mengonsumsinya. Apabila Anda kerap merasakan jantung berdetak sangat kencang, lemas serta disertai pusing setelah menyantap salah satu menu daging, terutama daging kambing, sebaiknya Anda patut waspada.
Efek Samping Daging Kambing untuk Kesehatan
Daging kambing adalah salah satu jenis daging merah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia. Bahkan, di beberapa negara seperti India dan Meksiko telah mengkonsumsi daging kambing sejak berabad-abad lamanya.Ini menandakan bahwa, daging kambing merupakan makanan yang difavoritkan. Berbicara tentang daging kambing, sebenarnya rasanya sangatlah nikmat ketika dimakan. Apalagi, jika diolah menjadi sate, gulai, sup, atau beragam olahan kuliner lainnya, pasti akan sangat menggoda.Akan tetapi, ada juga yang tidak menyukai konsumsi daging kambing, lantaran kandungan kolesterol dan lemaknya yang tinggi. Hal ini tentu bisa membuat tekanan darah menjadi naik secara drastis. Tidak percaya?
Lima Larangan pada Ibu Hamil, Mitos atau Bukan?
Apakah ibu-ibu pernah baper gara-gara mitos kehamilan? Kalau bapak-bapak mungkin pernah galau juga karena istri percaya banget dengan mitos seputar kehamilan? Mitos, wacana tentang sesuatu yang diyakini, kadang-kadang memang bikin baper atau sebal. Keberadaan mitos biasanya erat kaitannya dengan adat istiadat yang bersifat tradisional.Tapi keberadaannya juga tidak bisa disisihkan begitu saja. Tidak semudah menutup buku, banyak hal yang harus dilalui untuk mengubahnya. Salah satunya mitos tentang ibu hamil yang beredar di masyarakat tertentu. Mitos tentang ibu hamil yang berkembang dan dipercaya ini bisa memengaruhi kualitas kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandung loh, Bu.Apalagi jika ibu hamil sangat percaya pada mitos yang belum tentu kebenarannya. Belum lagi berbagai keluhan yang harus diatasi seperti mual dan muntah. Padahal, kesehatan ibu akan sangat berpengaruh pada kesehatan janin dan bayi yang akan dilahirkan. Kembali kepada mitos, beberapa ibu hamil mungkin percaya dan jadi baper. Namun ada juga yang tidak meyakini dan menganggap mitos pada ibu hamil bagaikan sebuah dongeng belaka.Baca Selengkapnya...
Tips Sehat dan Aman Makan Daging Kambing
Menikmati daging kambing menjadi ritual wajib setiap hari raya Idhul Adha. Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki keberanian untuk menikmati olahan daging kambing yang nikmat dan menggoda.Memang, ada beberapa kondisi kesehatan yang mengharuskan seseorang untuk mengurangi konsumsi daging. Mengurangi bukan berarti Anda harus anti daging kambing, karena sebenarnya daging kambing sangatlah menyehatkan.Yang membuat daging kambing tidak sehat adalah karena proses pengolahannya dan juga bahan-bahan yang menyertainya. Jadi, asalkan diolah dengan cara yang benar, daging kambing justru bermanfaat bagi kesehatan. Karena daging kambing terdapat kandungan gizi, di antaranya karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, C, dan protein.
Kenali Ciri Daging Sapi Berkualitas Baik dan Sehat
Daging sapi termasuk jenis lauk-pauk yang banyak difavoritkan, karena rasanya yang lezat, kaya gizi, dan daging bisa mendatangkan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh,asalkan diolah dengan cara yang benar.Meski harga daging lumayan tinggi, namun jumlah permintaannya tetap tinggi. Kondisi tersebut banyak dimanfaatkan oleh segelintir oknum pedagang daging yang demi mendapatkan keuntungan lebih, mereka tega melakukan kecurangan, seperti menggelonggong daging, menjual daging sisa kemarin, dan lain sebagainya.Kondisi tersebut membuat daging yang awalnya sehat justru berbahaya bagi kesehatan. Lalu, bagaimana cara menghindari pedagang daging yang curang? Tentu saja kita harus cerdas dalam membedakan mana daging sapi yang sehat dan segar dan mana yang tidak.
6 Olahan Daging Kambing yang Bisa Kamu Coba Saat Idul Adha | BacaTulisan.com
Idul Adha adalah saat dimana semua orang dapat merasakan daging kambing maupun sapi (di Indonesia nyaris tidak ada yang qurban unta). Setelah mendapatkan daging, mereka pasti akan berpikir mau diolah seperti apa daging ini. Buat kamu yang masih kebingungan, mungkin artikel ini akan sangat berguna banget. Kali ini kita akan bahas olahan daging kambing aja karena kebanyakan orang berkurban kambing daripada sapi.
Unik, Kambing-kambing di Sini Senang Memanjat Pohon
 – Binatang yang satu ini biasanya berada di dalam kandang. Dan mereka akan digemukkan untuk diambil dagingnya. Jika di gembalakan, maka kita akan melihatnya di padang rumput, di mana mereka akan mencari makan, ya, itulah kambing.Tetapi jika Anda sedang bepergian ke Maroko, tepatnya di barat daya, mungkin akan mengajukan pertanyaan yan benar-benar bodoh, namun dimaklumi. Pertanyaan tersebut adalah, apakah itu pohon kambing? Atau pohon 'berbuah kambing?'Hal itu bisa dimaklumi, karena Anda akan melihat di mana-mana akan menemukan puluhan kambing yang sedang nongkrong malas di puncak-puncak pohon. Mereka sedang mengunyah dan melamun layaknya burung yang bertengger.
Rumah Anda Bau Kambing? Lakukan 6 Cara Ini
.co.id – Anda merasa terganggu dengan bau prengus kambing yang tak kunjung hilang? Seperti biasa, setelah hari raya kurban, bau khas kambing pasti akna menyeruak ke mana-mana. Terlebih, jika di rumah Anda juga terdapat daging kambing atau baru saja mengolahnya.Menghilangkan bau kambing bisa dibilang gampang-gampang susah, karena kadang bau yang menyengat tersebut tidak mempan jika hanya diberi pewangi saja. Lalu, dengan cara apakah kita bisa menghilangkan bau kambing di rumah yang sangat mengganggu tersebut?Tidak perlu cemas, karena ternyata ada beberapa cara sederhana yang ampuh melenyapkan bau prengus kambing yang menyengat di dalam rumah Anda. Bagaimana caranya?
Penggemar Sate, Sudah Coba Aneka Jenis Sate Tak Biasa Ini?
 – Anda pasti sudah akrab dengan kuliner satu ini, kan? Meski disebut-sebut berasal dari Pulau Jawa, nyatanya sate ada di hampir seluruh daerah Nusantara. Tak heran jika kemudian sate disebut sebagai masakan nasional yang seringkali mewakili Indonesia di mancanegara. Umumnya, sate terbuat dari daging ayam atau kambing dan diolah dengan cara dibakar.Setelah matang, sate disantap dengan bumbu kecap dan kacang serta irisan bawang merah. Nikmati dimakan dengan nasi putih hangat, banyak juga penggemar sate yang lebih suka menyandingkannya dengan lontong. Nah, yang tak banyak diketahui, ternyata di Indonesia ada begitu banyak jenis sate tak biasa seperti berikut ini:SATE BUNTEL Secara sekilas, bentuk sate buntel memang berbeda dari sate kebanyakan. Bukannya terbuat dari daging ayam atau kambing yang diiris kotak-kotak, sate khas Surakarta ini justru terbuat dari daging cincang. Lalu bagaimana daging cincang yang halus bisa melekat ditusuk sate? Rahasianya adalah lemak daging kambing yang digunakan sebagai pembungkus.
Cegah Kolesterol Meningkat Usai Makan Sate Kambing
.co.id – Idul Adha baru kita lewati, dan saat ini masih ada beberapa tempat yang melangsungkan proses penyembelihan hewan kurban. Biasanya, Idul Adha identik dengan daging sapi atau kambing. Dan tentu saja, kebanyakan daging diolah menjadi sate.Inilah yang perlu diwaspadai para penikmat sate, di mana daging kambing dapat meningkatkan kolesterol. Tapi jangan khawatir, karena ada tips yang dapat dilakukan agar kolesterol tidak meningkat setelah makan sate kambing. Penasaran dengan tipsnya?Ketua umum  Pergizi Pangan, Prof. Dr. Hardinsyah, MS., membagikan tips aman memakan sate. Pertama kali yang dilakukan adalah memerhatikan ukuran saji dari per satu tusuk sate. Pastikan konsumsinya tidak melebihi 100 gram per hari.
Awas, Jangan Pernah Bilang Kata-kata ini pada Ibu Hamil
Hamil? Pasti senang ya. Selama perjalanan 9 bulan, pasti banyak yang ibu hamil alami. Mulai dari keluhan kehamilan, senangnya merasakan gerakan janin, harap-harap cemas menjelang kelahiran, dan banyak banget cerita lainnya. Betul tidak? Dan setiap ibu hamil pasti beda-beda cerita kehamilan dan yang dirasakan.Dan karena itu jugalah, kadang atau sering ada kata-kata yang sadar atau tidak, bisa bikin ibu hamil sakit hati. Iya, benar. Kadang sadar atau tidak, ada beberapa kata-kata atau perlakuan yang bikin saya pribadi tidak nyaman.Tapi mau protes sudah tidak ada tenaga, mending tarik napas lepaskan, tarik napas lepaskan. Karena kalau kita mendengarkan kata orang, akan susah juga. Sebenarnya, kadang kata-kata orang itu tidak semata-mata untuk menyakiti perasaan ibu hamil. Tapi, ibu hamil memang sensitif.
Kepala Pusing Setelah Makan Daging Kambing? Ini Solusinya
.co.id – Kepala merasa pusing setelah makan daging kambing? Kepala pusing setelah makan kambing bisa disebabkan, karena bau prengus atau memang karena porsinya kebanyakan. Ternyata, daging kambing tidak hanya kaya nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, tapi juga karena jumlahnya berlebihan bisa menyebabkan efek pusing, yakni zat besi.Zat besi memang dibutuhkan tubuh untuk bahan baku penghasil protein hemoglobin, yang berfungsi membawa oksigen dalam darah. Tapi, jika jumlahnya berlebihan justru bisa menjadi racun yang sebabkan pusing dan sakit kepala.Jadi, pusing atau sakit kepala setelah makan daging kambing tidak melulu karena disebabkan meningkatnya tekanan darah atau hipertensi. Agar tidak salah, sebaiknya simak beberapa gejala yang muncul akibat kelebihan zat besi berikut ini.Baca selengkapnya...
16 Keluhan Ibu Hamil saat Trimester Pertama
Trimester pertama kehamilan ini memang sesuatu, buat saya dan ibu hamil lainnya. Karena biasanya dan kebanyakan mengalami beberapa perubahan yang disertai keluhan sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi ibu hamil.Sampai kadang dibilang ibu hamil itu manja. Padahal, kondisi setiap ibu hamil satu dengan lainnya berbeda. Jadi, jangan pernah saling membandingkan kondisi sesama ibu hamil.Di trimester pertama kehamilan ini, ada proses adaptasi dari tidak hamil ke kondisi hamil, yang juga merupakan perkembangan awal janin yang bikin deg-degan. Percayalah, baca-baca di internet malah akan bikin deg-degan. Ibu hamil jadi cemas dan itu malah bikin tidak sehat di pikiran.
Pentingnya Dekorasi Ruangan untuk Ibu Hamil
Ibu hamil biasanya menunjukkan perilaku yang tidak biasa, seperti saat ia tidak hamil. Mood mereka sering berubah-ubah dan yang sangat penting, ibu hamil memerlukan kenyamanan. Hal ini sangat penting bagi dirinya dan bayi yang dikandungnya.Jika mood sang ibu baik, maka bayi yang dikandungan pun akan sehat. Tak hanya kenyamanan orang-orang sekitar, kenyamanan rumah dan kamar pun penting bagi ibu hamil. Lalu, bagaimana mendekorasi kamar yang nyaman untuk ibu hamil?Ibu hamil biasanya sering mengalami morning sickness atau mual-mual di pagi hari. Oleh karena itu, usahakan sirkulasi udara di kamar mereka tetap terjaga dengan baik. Jika ingin menggunakan AC, maka ketika pagi hari sebaiknya dimatikan saja dan buka jendela kamar supaya udara berganti lebih segar.
Tips Membuat Sate Kambing yang Empuk
.co.id – Saat Idul Adha tiba, biasanya stok daging akan melimpah, terutama daging kambing. Meski Anda termasuk penggemar olahan daging kambing, namun belum tentu Anda lihai memasak sendiri daging kambing yang enak, karena memang mengolah daging kambing ini bisa dibilang gampang-gampang susah.Salah langkah akan membuat daging jadi alot, keras, dan bau prengus. Di antara semua olahan daging kambing, umumnya sate merupakan satu alternatif paling mudah yang banyak dipilih untuk memasak daging kambing kurban.Meski cara masak sate terlihat mudah, namun tidak semua orang berhasil membuat sate yang enak sempurna. Jelas saja, karena memang ada trik khusus untuk memasak sate agar daging bisa empuk, lembut dan tidak bau prengus.
Cara Membuat Gulai Kambing Pedas Gurih
Siapa sih disini yang tidak tahu dengan gulai kambing? Meski memiliki kandungan kolesterol dan lemak yang tinggi yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, banyak orang yang tidak bisa menahan diri begitu melihat makanan satu ini. Ya, tidak bisa dipungkiri bahwa rasa gurih dari gulai kambing itulah yang membuat banyak orang ketagihan. Tapi untuk menjaga kesehatan, ada baiknya kalian tetap menjaga batasan mengkonsumsi gulai kambing. Kalian penah penasaran tidak sih, bagaimana gulai kambing bisa memiliki rasa yang gurih? Jika kalian ingin tahu, simak cara dalam membuat gulai kambing pedas gurih berikut ini.
Porsi Mantap Tongseng Kepala Kambing Pak Yo
Masalah utama makan olahan kambing adalah harga seporsinya yang kian mahal. Di daerah kota Jogja yang jauh dari sentra kuliner kambing jalan Imogiri, warung sate dan tongseng kambing mematok harga yang di atas wajar.Kalau enak seperti sate kambing Samirono sih tidak masalah. Seorang teman memberi tahu saya tentang sebuah warung di daerah dekat terminal Condongcatur, warung sate kambing Pak Yo namanya.Sedikit lumayan jauh menurut saya, tapi daripada jauh-jauh ke jalan Imogiri, masih lebih baik di Condongcatur ini. Setelah diberi arahan lokasi, saya disarankan untuk mencoba tongseng kepala kambingnya. Penasaran, ingin ikut mencicipinya?
Inilah Hubungan antara Daging Ayam dan Obesitas
Vegetarian memiliki tingkat obesitas jauh lebih rendah dibandingkan dengan pemakan daging, mengapa demikian? Apakah karena mereka tidak makan daging atau karena mereka makan lebih banyak sayuran?Sebuah studi dari Belanda mencoba menganalisa hal ini. Di mana para peneliti mempelajari secara efektif pada pria dan wanita yang makan dengan jumlah kalori yang sama dalam sehari, makan sayuran dalam jumlah yang sama, akan tetapi jumlah porsi makan daging yang berbeda.Pria dan wanita yang makan kurang dari satu porsi kecil daging sehari, rata-rata tidak kelebihan berat badan. Tetapi, mereka yang lebih banyak makan daging, akan memiliki berat badan yang sedikit berlebihan.
Cara Pilih Daging Giling yang Segar dan Bernutrisi
Mana yang lebih Anda pilih, antara daging utuh dengan daging giling? Tentu ibu akan menjawab tergantung kebutuhan masakan, karena ada kalanya daging giling lebih dibutuhkan saat mengolah beberapa masakan, salah satunya bakso.Menggiling daging sendiri memang tidak mudah dan memakan waktu lama, karenanya tak heran jika sebagian ibu memilih alternatif lain, yakni dengan memilih daging giling. Namun begitu, ada banyak hal yang harus diperhatikan saat memilih daging giling. Karena jika dibandingkan dengan daging utuh, daging giling lebih mudah berubah warna dan mudah basi, akibat paparan oksigen yang lebih besar.Jangan sampai karena ketidaktahuan, lantas Anda salah memilih daging giling yang tidak segar dan berkualitas buruk. Agar tidak salah pilih, sebaiknya simak cara memilih daging giling yang segar dan berkualitas berikut ini.
Delapan Bagian Daging Sapi yang Wajib Anda Tahu
Pernah masak daging, tapi teksturnya tetap keras meskipun sudah dimasak hingga waktu lama? Pemilihan bagian daging yang tepat merupakan salah satu kunci sukses memasak daging yang empuk dan enak.Sayangnya, tak banyak yang memahami hal tersebut, sehingga mereka asal dalam membeli daging dan memasaknya. Padahal memasak daging sapi yang sesuai dengan bagiannya dapat menambah cita rasa dan tekstur daging yang sempurna dalam masakan yang Anda olah.Nah, agar tidak salah pilih daging, lebih baik simak 8 bagian pada daging yang wajib Anda ketahui. Apa saja bagian itu? Berikut penjelasannya. 
Daftar Makanan Penambah Darah Terbaik
Makanan penambah darah bisa dengan mudah kita dapatkan di sekitar kita, sehingga Anda tidak perlu repot-repot membeli berbagai macam obat penambah darah, yang dijual di apotek.Salah satu makanan terbaik, dan sering kali menjadi andalan sebagai penambah darah alami adalah daging kambing. Daging kambing memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang mengalami anemia atau kekurangan darah.Kandungan zat besi pada daging kambing akan sangat mudah diserap oleh tubuh, sehingga tak heran apabila dengan mengonsumsi daging kambing maka zat besi di dalam tubuh Anda kembali meningkat dengan cepat. Tidak percaya?
Benarkah Setiap Ibu Hamil yang Ngidam Harus Dipenuhi?
Mengidam adalah hal yang biasa terjadi pada ibu hamil, tapi ada juga yang tidak. Mengidam terjadi di tiga bulan awal kehamilan. Mengidam merupakan keinginan yang biasanya diinginkan oleh ibu hamil, biasanya berupa makanan atau melakukan hal yang tak biasa.Biasanya, ibu-ibu hamil akan meminta supaya keinginannya dipenuhi, sebagai dalih jika tidak si anak yang dilahirkan akan ileran. Sebelum mengidam dituruti, sebaiknya perhatikan dulu apakah ngidam itu perlu dituruti atau tidak.Sebenarnya, di dalam dunia kedokteran tidak ada istilah mengidam. Mengidam lebih pada kondisi membutuhkan nutrisi dan tubuh memberitahu melalui ngidam tersebut. Misalnya saja, ibu hamil ingin makan buah, mungkin menandakan tubuh membutuhkan vitamin.
Ibu Hamil Boleh Makan Daging Kambing? Perhatikan 5 Hal Ini
.co.id – Boleh tidak sih makan daging kambing saat hamil? Saat hamil, ibu sangat dianjurkan untuk menikmati daging merah, karena nutrisinya sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh dan mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan.Namun sayang, ada mitos yang beredar di masyarakat, jika ibu hamil tidak boleh makan daging kambing karena panas sehingga dapat mengganggu kehamilan. Kira-kira, benarkah ibu hamil tidak boleh makan daging kambing?Daging kambing termasuk salah satu jenis daging merah, sehingga bisa dikatakan aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Tapi, meskipun aman, sebaiknya ibu hamil memerhatikan beberapa hal penting sebelum mengonsumsi daging kambing. Apa sajakah itu?Baca selengkapnya...