Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Makanan yang Bisa Jadi Racun Jika Salah Saat Masak

 – Sebagai makhluk hidup, tentu kita semua membutuhkan makanan untuk mendapatkan tenaga serta mempertahankan hidup. Namun dalam mengonsumsi makanan, kita tak boleh sembarangan. Tentu kita harus mengetahui kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, sehingga tahu manfaat makanan tersebut untuk tubuh kita.

Dalam memilih makanan, ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi secara langsung seperti buah-buahan. Namun, ada juga makanan yang harus diolah atau dimasak terlebih dahulu. Dalam mengolah atau memasak makanan kita juga tak boleh sembarangan. Salah mengolah atau memasaknya dapat menyebabkan nutrisi di dalam makanan hilang. Dan lebih bahaya lagi, ternyata ada beberapa makanan yang dapat menjadi racun jika salah mengolahnya. Seperti makanan berikut ini:

1. Roti bakar.

Roti bakar merupakan salah satu makanan kekinian yang cukup populer dan banyak digemari masyarakat, terutama anak muda. Namun tahukah Anda jika salah dalam mengolah atau memasak roti bakar, dapat menyebabkan keracunan. Hal ini disebabkan karena roti yang dibakar ternyata dapat mengeluarkan toksin yang disebut dengan akrilamida yang menjadi penyebab sakit perut.

 

Read Full Article
5 Tanda Tubuh Anda Perlu Didetoks Akibat Penuh Racun
 – Tubuh kita setiap hari memerlukan makanan dan minuman, kedua asupan ini biasanya membawa asupan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, makanan dan minuman juga kadang membawa racun yang tidak sengaja, dan biasanya racun ini bisa difilter oleh tubuh dan dibuang keluar tubuh.Akan tetapi racun tak selamanya berhasil disaring oleh tubuh, jika racun yang masuk ke dalam tubuh dalam jumlah banyak ada kemungkinan racun tersebut mengendap dalam tubuh. Dalam jangka waktu panjang racun tersebut bisa memengaruhi tubuh Anda.Jika Anda memiliki gejala-gejala berikut, maka inilah saatnya bagi Anda untuk mendetoksifikasi tubuh dari endapan racun yang menumpuk.
Suka Masak dengan Bumbu Instan? Kenali Bahayanya
Suka masak dengan menggunakan bumbu instan? Bumbu masak seringkali dipilih para ibu agar acara masak jadi lebih cepat dan pastinya tidak rumit. Namun bukan rahasia lagi, jika sesuatu yang instan pasti memiliki efek yang tak selalu menyenangkan, terutama bagi kesehatan.Meski kebanyakan produsen bumbu instan mengklaim, jika produknya dibuat dari bahan yang segar dan berkualitas. Namun ternyata, di dalam bumbu instan terdapat tambahan bahan-bahan yang dapat membahayakan kesehatan. Apa saja?Seperti salah satunya mengalami gangguan pencernaan. Meski mengklaim menggunakan bahan-bahan segar, tapi jika diproses dan dikemas dengan cara yang tidak higienis, maka bumbu instan juga dapat berbahaya bagi kesehatan sistem pencernaan.
5 Bumbu Dapur Ini Ampuh Atasi Keracunan Makanan
 –  Keracunan makanan sudah sangat umum terjadi, seperti salah mengonsumsi makanan, makanan yang kurang bersih, dan lain sebagainya. Namun, dalam kondisi tertentu keracunan makanan seperti ini bisa berakibat fatal bahkan kematian.Memang, semua makanan yang kita konsumsi pasti mengandung racun dan bakteri. Namun, karena adanya daya tahan tubuh membuat tubuh bisa menetralisir racun makanan yang masuk ke dalam tubuh. Nah, ketika sistem daya tahan tubuh dalam keadaan lemah, sering kali mudah terasa sakit saat mengonsumsi makanan tertentu.Inilah yang disebut dengan keracunan makanan. Berbicara tentang keracunan makanan, masalah ini bisa kita atasi dengan mudah dan murah. Caranya cukup dengan memanfaatkan bumbu dapur yang ada di rumah.
Serunya Masak-masak di Pantai Sukaer Laran
Kemarin, setelah kami pulang dari mandi-mandi di air terjun Wero, kami tidak langsung pulang ke rumah, tapi kami langsung pergi ke pantai Sukaer Laran. Selain menikmati keindahan alamnya, tujuan kami pergi ke pantai ini adalah untuk masak-masak.Walaupun baju kami masih dalam keadaan basah kuyup, karena baru lepas mandi di air terjun Wero, kami tetap melanjutkan masak-masak tanpa ganti baju lagi. Kami masak-masak dan bakar ikan. Semua bahan-bahan memasak sudah kami bawa dari rumah.Kami sudah bawa nasi dari rumah, jadi hanya masak lauk saja lagi. Saya menggiling cabai, dan teman saya yang lainnya bersih-bersih ikan yang dibeli di pasar. Dan setelah selesai memasak, kami pun makan bersama-sama.
Lima Racun Ini Juga Ada di Tubuh Manusia
Tubuh kita ini terdiri dari banyak organ. Organ di dalam tubuh ini rentan terhadap serangan racun. Tak hanya organ, tapi mental kita juga rentan terkena racun. Racun yang kita bicarakan di sini, bukanlah racun seperti biasa.Ini melainkan, racun pikiran dan mental yang membuat kita sulit untuk berkembang. Apa saja racun itu? Dimulai dengan racun sikap malas. Orang yang terjangkit racun sikap malas ini selalu jenuh, melamun, menghabiskan waktu secara tidak produktif, dan sering merasa kesepian.Cara agar tidak malas adalah mengerjakan suatu hal yang membuatmu terus bergerak. Ikuti jadwal yang sudah direncanakan sebelumnya dengan cara aktif bekerja. Hindari mengeluh, karena itu akan menghambat semangat yang telah kita bangun.
Aneka Kreasi Lauk dari Ayam untuk Hidangan Sehari-hari
Hari ini enaknya masak lauk apa ya? Pertanyaan ini kerap membuat para ibu merasa bingung dan pusing tujuh keliling. Bagi ibu yang pintar masak memang tidak masalah, karena mereka bisa saja berkreasi dengan bahan yang ada di kulkas. Tapi, bagaimana dengan ibu yang kurang jago masak?Tidak perlu cemas, karena ada banyak jenis lauk-pauk sederhana dan enak yang bisa menjadi inspirasi ibu dalam menyiapkan hidangan untuk keluarga tercinta. Lauk-pauk yang akan dibagikan di sini, menggunakan bahan baku ayam.Meski berbahan dasar ayam, namun bisa dibuat dengan sangat mudah dan pastinya sangat hemat. Jadi, ibu tidak perlu pusing lagi, mau masak apa hari ini dan hari-hari esok. Nah, daripada penasaran, simak langsung aneka kreasinya berikut ini.
Lima Makanan yang Bisa Bersihkan Racun dalam Tubuh
 – Racun dapat masuk ke dalam tubuh melalui air, udara, maupun makanan. Ketika jumlah racun dalam tubuh terlalu banyak, tentu akan berdampak pada kesehatan fisik maupun mental Anda. Perlu perhatian khusus untuk mencegah racun masuk dan bersarang dalam tubuh.Nah untuk itu, beberapa makanan berikut ternyata mampu membantu tubuh membersihkan racun yang menumpuk di dalam tubuh. Apa saja? Simak ulasannya seperti kami lansir dari laman Giadinh.Net.Bit. Bit adalah makanan yang mengandung antioksidan tinggi, kandungan antioksidan sendiri berguna untuk melawan sel kanker dan juga berguna dalam pemurnian racun dalam tubuh. Bit mampu membantu menghilangkan racun dari tubuh dan membersihkan organ hati.
Waspadai, Delapan Buah dan Sayuran Ini Mengandung Racun Sianida
VIVA.co.id – Berbicara masalah sianida, ingatan kita pasti tertuju pada misteri kematian Mirna, bukan? Tahukah Anda, jika ternyata racun sianida juga berada pada beberapa bagian buah dan sayuran yang sehari-hari kita konsumsi. Anda pasti cemas, bagaimana mungkin racun mematikan bisa berada bebas di sekeliling kita?Tidak perlu cemas, karena dengan mengetahuinya, maka kita akan mudah menghindari bahayanya. Iya, agar tidak terjebak mengonsumsi bagian buah dan sayur yang mengandung racun sianida, ada baiknya jika kita simak ulasannya berikut ini. Ya, seperti sayuran kentang salah satunya. Siapa yang menyangka, kalau ternyata kentang juga mengandung racun berbahaya? Bagian yang beracun adalah ranting, akar, dan kentangnya. Kentang yang beracun memiliki ciri-ciri kulit berwarna kehijauan yang merupakan racun glycoalkaloid. Bahaya yang timbul setelah mengonsumsi kentang beracun adalah badan lemas, koma, hingga kematian.
8 Tanda Anda Harus Keluarkan Racun dalam Tubuh
Racun mendiami seluruh tempat di tubuh Anda, memberikan beban di tubuh Anda dan membuat Anda berada dalam kondisi ketidakseimbangan. Racun dapat berasal dari udara yang kita hirup, bahkan dari pestisida yang tertinggal dalam buah dan sayuran.Sedangkan racun yang berbeda dapat berasal dari obat-obatan, pemanfaatan tembakau, hingga produk perawatan pribadi. Jika diabaikan, racun tersebut dapat berbahaya bagi tubuh. Itulah alasannya sangat penting untuk melakukan detoksifikasi secara rutin.Detoksifikasi merupakan langkah penting untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Tetapi sebelum melakukan detoksifikasi, sangat penting mengetahui gejala-gejala berikut ini yang menjadi pertanda bahwa Anda harus segera mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
Makanan yang Bisa Jadi Racun Jika Salah Saat Masak
 – Sebagai makhluk hidup, tentu kita semua membutuhkan makanan untuk mendapatkan tenaga serta mempertahankan hidup. Namun dalam mengonsumsi makanan, kita tak boleh sembarangan. Tentu kita harus mengetahui kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, sehingga tahu manfaat makanan tersebut untuk tubuh kita.Dalam memilih makanan, ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi secara langsung seperti buah-buahan. Namun, ada juga makanan yang harus diolah atau dimasak terlebih dahulu. Dalam mengolah atau memasak makanan kita juga tak boleh sembarangan. Salah mengolah atau memasaknya dapat menyebabkan nutrisi di dalam makanan hilang. Dan lebih bahaya lagi, ternyata ada beberapa makanan yang dapat menjadi racun jika salah mengolahnya. Seperti makanan berikut ini:1. Roti bakar.Roti bakar merupakan salah satu makanan kekinian yang cukup populer dan banyak digemari masyarakat, terutama anak muda. Namun tahukah Anda jika salah dalam mengolah atau memasak roti bakar, dapat menyebabkan keracunan. Hal ini disebabkan karena roti yang dibakar ternyata dapat mengeluarkan toksin yang disebut dengan akrilamida yang menjadi penyebab sakit perut. 
15 Makanan Ini Bersihkan Hati dari Racun Tubuh
Sebagai salah satu komponen yang memiliki peran penting bagi tubuh, yakni organ hati atau liver dalam tubuh, memang haruslah bersih dari toksin atau racun-racun yang sangat berbahaya.Dan, bila kondisi organ hati masih banyak diselimuti racun di dalamnya, maka dampak yang ditimbulkan pun juga akan memperparah kondisi kesehatan organ tubuh lainnya. Bahkan, berbagai penyakit akan bisa muncul bila kondisi organ penting ini tidak terjaga dengan baik dan sehat.Di mana peran dari organ hati dalam tubuh merupakan organ vital sebagai komponen penting yang mengatur komposisi darah. Berikut ini terdapat ragam jenis makanan yang baik untuk membersihkan hati Anda dari racun tubuh.
Dua Bahan Dapur untuk Hilangkan Racun Tubuh dalam Seminggu
Setiap hari tubuh kita terkena debu dan polusi, apalagi jika Anda sering makan di luar. Debu dan polusi akan mudah masuk ke dalam tubuh. Untuk itu, tubuh Anda akan penuh dengan racun dan cara menghilangkannya adalah dengan detoksifikasi.Bukan hanya dari debu dan polusi saja racun bisa masuk ke dalam tubuh, air yang kita minum pun bisa mengandung ratusan jenis racun, beberapa di antaranya dapat memiliki efek yang fatal pada tubuh kita.Namun siapa sangka, jika untuk mengeluarkan racun tersebut bisa jadi ada di dapur Anda. Dan Anda bisa melakukannya dalam waktu satu minggu. Penasaran bagaimana proses detoksifikasi yang bisa Anda lakukan di rumah?
Resep Bolu Batik Istimewa
Banyak penulis yang bisa masak. Saya sendiri tidak bisa masak, hanya mencoba untuk belajar masak, dari satu percobaan ke percobaan lain. Hasilnya, Alhamdulillah bisa memuaskan perut anak-anak dan beberapa yang lain.Pernah juga brownies buatan saya terpilih menjadi pemenang lomba masak sebuah produk. Kali ini ada resep andalan ibu di Solo. Bolu istimewa buatan ibu ini, selalu jadi oleh-oleh paling berharga untuk delapan anaknya setiap kali kembali dari Solo.Ibu bilang, resep harus sesuai takaran. Tidak boleh dikarang-karang. Maklum, ibu tahu kebiasaan saya yang suka mengarang-ngarang resep masakan. Seperti apa resepnya? 
Dipanaskan, Tujuh Makanan Ini Bisa Menjadi Racun
Makan makanan rumahan memang sangat sehat, apalagi baru saja disajikan. Berbeda dengan makanan siap saji, yang kebanyakan adalah hasil memanaskan ulang, yang justru sangat berbahaya bagi tubuh.Namun jika Anda memiliki kelebihan atau makanan sisa, harus diperhatikan. Karena ada beberapa makanan yang tidak baik jika dipanaskan ulang, bahkan bisa menjadi racun yang berberbahaya bagi tubuh.Jika Anda memiliki kebiasaan tersebut maka hilangkan, dan lebih baik memasak dalam jumlah sedikit saja. Lantas makanan apa saja yang akan menjadi racun jika dipanaskan? Berikut ulasannya.
Bersihkan Racun di Sistem Pencernaan dengan Enam Minuman Ini
Merembetnya segala macam penyakit yang ada bisa juga disebabkan oleh racun yang menyusup pada sistem pencernaan. Sementara itu, toksin, atau racun ini bisa masuk ke dalam saluran pencernaan melalui berbagai aspek. Baik itu melalui polusi udara, makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari, maupun gaya hidup tidak sehat. Sehingga, hal demikian bisa menimbulkan ragam gangguan pada tubuh seperti radang usus buntu, demam tifoid, tukak lambung, cacingan, maag, dan berbagai permasalahan lain.Namun Anda janganlah khawatir. Karena, untuk membuang semua racun yang mengendap pada sistem pencernaan, ada beberapa minuman yang bisa Anda konsumsi untuk menanggulanginya. Dengan begitu, munculnya racun dalam tubuh ini mampu dibersihkan secara efektif. Serta, keberadaan racun pun tidak sampai berdampak buruk bagi tubuh Anda. Dan, inilah enam jenis minuman yang mampu membersihkan racun atau toksin yang mengendap pada sistem pencernaan.1. Jus NanasKandungan dari buah nanas yang diperkaya dengan antioksidan kuat, mampu membuang racun pada sistem pencernaan dalam tubuh. Anda bisa membuat nanas sebagai jus dan meminumnya secara rutin dan teratur. Dengan begitu, akan menghilangkan ragam jenis bakteri jahat yang mengendap pada saluran pencernaan.Baca Selengkapnya...
Cara Benar Masak Bayam agar Nutrisinya Tidak Hilang
 – Bayam termasuk salah satu jenis sayuran yang cukup populer, karena selain harganya murah juga mudah ditemukan di pasar tradisional atau di tukang sayur. Sayur bayam banyak dipilih karena kaya nutrisi, mudah sekali diolah dan rasanya sangat lezat.Meski mudah dimasak, namun nutrisi dalam bayam mudah sekali hilang, bahkan bisa berubah menjadi racun akibat proses pengolahan yang tidak tepat. Mungkin tak semua orang tahu, bagaimana cara memasak sayur bayam yang baik sehingga nutrisinya terjaga dan tidak jadi racun.Meski masak bayam bisa dibilang mudah, namun percuma saja jika nutrisinya hilang, bukan? Untuk itu, simak cara masak bayam yang benar, berikut ini.
Trik Menghemat Biaya Masak Sehari-hari
Niatnya masak sendiri biar lebih hemat, tapi kok jadi makin boros, kira-kira apa yang salah ya? Dibandingkan membeli, memasak sendiri harusnya lebih menyehatkan dan pastinya bisa menghemat uang belanja.Namun, karena kurangnya perencanaan yang matang dalam mengelola uang belanja di dapur, sehingga membuat pengeluaran makin membengkak. Pusing?Jelas saja, apalagi saat ini biaya kebutuhan pokok makin membengkak sehingga para ibu harus pintar-pintar mengatur biaya masak sehari-hari agar bisa tetap menyiapkan makanan enak dan bergizi untuk keluarga tanpa harus menombok. Nah, agar biaya masak tidak membengkak, simak tipsnya berikut ini.
Empat Teh Ini Bisa Bersihkan Organ Hati dari Racun
 – Liver atau hati merupakan organ yang sangat penting peranannya bagi tubuh kita. Salah satu tugas pentingnya yakni mengolah racun dan membuangnya dari tubuh, setiap hari berurusan dengan racun membuat liver rentan sekali mengalami masalah kesehatan. Untuk itu, harus ada upaya agar liver kita tetap sehat.Walau organ ini bisa melakukan regenerasi secara mandiri, namun kita perlu tetap waspada dan menjaganya. Untuk itu, Anda wajib mendetoksifikasi liver agar racun di dalamnya yang tertinggal tidak menjadi bumerang yang malah merusak liver.Anda bisa mendetoksifikasi racun dari liver pada malam hari, karena pada malam hari liver sedang istirahat dan proses regenerasi sel pun sedang dilakukan. Dilansir dari laman Boldsky, berikut ada beberapa teh yang mampu mendetoksifikasi racun dari organ liver Anda.
Jus ini Bantu Bersihkan Ginjal dari Racun
 – Ginjal memainkan peran yang sangat penting dalam proses pembersihan tubuh kita. Fungsi ginjal hampir sama dengan hati, yakni membersihkan sejumlah racun yang disaring dari darah. Ginjal terus bekerja dan membuang racun bersama urine.Namun, fungsi ginjal bisa menurun akibat akumulasi racun yang tertinggal di ginjal. Akibatnya, kinerja ginjal memburuk, dan pada akhirnya menyebabkan ketidakseimbangan yang berbahaya dalam tubuh.Penumpukan racun dalam ginjal banyak sekali pemicunya, seperti mengonsumsi makanan tinggi lemak, jarang berolahraga, minum alkohol, sering makan junk food, dan kebiasaan buruk merokok. Gejala racun menumpuk dalam ginjal sangat tidak jelas, racun tersebut sangat sulit terdeteksi sehingga penurunan fungsi ginjal jarang disadari.
Daun Bawang, Bumbu Masak yang Bisa Sembuhkan Asam Urat
Daun bawang yang mempunyai nama latin Allium fistulosum merupakan salah satu bumbu masak yang sangat umum digunakan dalam makanan khas Indonesia. Namun, perlu Anda ketahui bahwa manfaat yang ada dalam daun bawang ini bukan hanya sekadar sebagai bumbu masak saja.Tetapi, kandungan yang ada dalam daun bawang terbukti bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satu kandungan yang ada dalam daun bawang memiliki sifat anti-inflamasi. Kandungan ini mampu mencegah dan mengatasi peradangan sendi yang terjadi akibat asam urat.Selain itu, daun bawang juga menjadi salah satu bumbu masak dengan kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat ini sangat dibutuhkan karena mampu membantu organ ginjal dalam menyerap kadar asam urat.
10 Buah dan Tumbuhan Bersihkan Racun dalam Darah
 – Gaya hidup dan lingkungan bisa dengan mudah memasukkan racun ke dalam tubuh. Meskipun organ hati, ginjal, paru-paru, usus dan kulit membantu menghilangkan racun, terkadang mereka bisa terbebani oleh banyaknya racun yang tersebar di dalam tubuh.Darah juga dapat dengan mudah 'menumpuk' zat beracun di dalam tubuh, sekaligus menyebarkannya. Jelas, kita harus melakukan pemurnian darah agar tubuh tidak terbebani oleh racun yang terus menerus.Untungnya, ada beberapa cara untuk mengeluarkan racun dari darah. Dan salah satunya dengan detoksifikasi darah yang berasal dari India ini, tempat kelahiran Ayurvedic. Dan caranya hanya dengan mengonsumsi buah-buahan berikut ini.
14 Cara Super Hilangkan Racun dari Tubuh dalam 30 Hari
Detoksifikasi berarti pengluaran racun dari tubuh. Karena setiap hari, tubuh kita memproduksi racun terutama hasil metabolisme. Selain itu, peggunaan obat-obatan juga bisa menghasilkan efek samping berupa racun bagi tubuh.Untuk itu, kita perlu mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh kita. Dan air adalah komponen yang tepat untuk mengeluarkan racun dengan sehat. Namun, bukan hanya air saja yang bisa mengeluarkan racun dari tubuh.Beberapa makanan sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari, agar tubuh kita terbebas dari racun. Jika Anda ingin melakukan detoksifikasi tubuh secara alami dan cepat dalam 30 hari, berikut 14 cara yang bisa Anda lakukan.
Awas, Delapan Makanan Ini Mengandung Racun
Sebagai makhluk pemakan segala, manusia memang mengonsumsi apapun yang bisa mengenyangkan perutnya. Jika disamakan dengan spesies hewan, manusia merupakan omnivora, yang punya kecenderungan terhadap salah satu jenis makanan.Oleh karenanya, risiko terhadap racun yang dikandung oleh makanan cukup tinggi. Meskipun sudah dilakukan pemilahan makanan yang beracun dan tidak, baik oleh kebiasaan maupun oleh lembaga yang berwenang, tetap saja ada hal-hal yang seringkali luput disampaikan.Ada beberapa makanan yang sering dikonsumsi oleh sebagian dari kita, ternyata banyak di antaranya mengandung racun. Memang tidak semuanya, hanya bagian tertentu saja dari makanan itu. Namun risikonya bisa berbahaya jika badan kita terus-menerus dimasuki oleh racun tersebut. Nah, mari kita intip makanan apa saja yang mengandung racun tersebut.