Wisata Edukasi di Observatorium Bosscha Lembang

Wisata Edukasi di Observatorium Bosscha Lembang

Thomas D. Yang  ⋅  06 Apr 2018 16:30:25

 – Pernah dengar Observatorium Bosscha? Pastinya buat warga Bandung, museum ini sudah tak asing lagi. Iya, museum yang terletak di Lembang, Bandung Barat ini, menjadi salah satu tujuan wisata yang tidak hanya menghibur, namun juga bisa menambah wawasan. Jadi, saat Anda ke Bandung bersama keluarga, terlebih dengan sang buah hati, pastikan untuk mampir ke museum ini.

Pada awalnya, bangunan ini memiliki nama Bosscha Sterrenwacht, dibangun oleh sebuah Perhimpunan Bintang Hindia Belanda. Pada rapat pertama mereka, seorang tuan tanah di perkebunan the Malabar yang bernama Karel Albert Rudolf Bosscha, menyatakan bahwa ia bersedia menjadi donatur utama dalam pembelian teropong bintang untuk Observatorium Bosscha.

Untuk menghargai jasanya dalam pembangunan observatorium, maka nama Bosscha dijadikan sebagai nama untuk observaturium ini. Kemudian pada tahun 1933, pihak Observatorium Bosscha melakukan publikasi internasional untuk pertama kalinya. Namun, kegiatan observasi harus dihentikan dengan terpaksa karena adanya Perang Dunia II.

Continue Reading

Related Posts