Alasan Ilmiah Mengapa Orang Suka Tertidur di Bioskop

Alasan Ilmiah Mengapa Orang Suka Tertidur di Bioskop

Robert J. Lewis  ⋅  06 Apr 2018 16:14:57

.co.id – Tidak ada orang yang rela tertidur saat sedang menonton film di bioskop. Apalagi sudah merogoh kocek uang yang lumayan menguras dompet. Namun kenyataannya, ada banyak orang yang tertidur selama pemutaran film meskipun sound effect-nya sangat keras. Kenapa hal itu bisa terjadi?

Murray Johns, seorang dokter tidur asal Australia yang menemukan Epworth Sleepiness Scale (ESS), mencoba mengukur kecenderungan seseorang tertidur dengan delapan aktivitas sehari-hari yang berbeda. Pada tahun 2002, Johns mengumpulkan data ESS lebih dari 2.800 orang dewasa. Dan kebanyakan orang tertidur di urutan pertama adalah pada saat mereka berbaring di sore hari, diikuti dengan menonton televisi, lalu duduk, dan membaca.

Mengapa kegiatan di siang hari lebih banyak membuat kita mengantuk jika dibandingkan dengan yang lainnya? Johns mengatakan, bahwa situasi tingkat tinggi adalah di mana Anda tidak banyak bergerak. Ketika otot-otot di kepala dan leher relaks, itu akan menjadi sinyal yang dikirimkan ke otak untuk memberikan dorongan untuk tertidur.

 

Continue Reading

Related Posts