Perjalanan Thomas Young Menemukan Lensa Kontak

Perjalanan Thomas Young Menemukan Lensa Kontak

Martin Bauer  ⋅  06 Apr 2018 16:12:10

 – Kacamata dan lensa kontak merupakan alat bantu penglihatan karena beberapa gangguan seperti rabun jauh, dekat, hingga astigmatisme (silindris). Namun, pada perkembangan sekarang, kacamata dan lensa kontak tak sekedar alat bantu penglihatan, namun telah menjadi bagian dari gaya hidup. Di sinilah fungsi medis dan fashion bisa bertemu.

Peletak dasar teknik penggunaan lensa kontak pertama kali adalah Leonardo Da Vinci. Italian kelahiran 15 April 1452 ini telah meninggalkan catatan-catatan tentang lensa kontak yang terdokumentasi pada 1508. Dalam catatan Da Vinci terdapat sketsa alat bantu penglihatan yang langsung bisa dipakai di mata. Namun, sketsa Da Vinci belum pernah terbukti telah diwujudkan sebagai sebuah objek yang bisa dipakai.

Sekitar tahun 1632, seorang Perancis bernama Rene Descartes diakui memiliki ide tentang lensa yang bisa dipakai pada kornea mata. Descartes selangkah lebih maju dibanding Da Vinci karena telah mewujudkan idenya, yaitu membuat hydriascope, berupa tabung gelas dari kaca bening yang berisi cairan.

Continue Reading

Related Posts