Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Keunikan Kampung Topeng Menanti di Malang

 – Tak hanya kampung warna-warni Jodipan dan kampung Tridi, kota Malang juga memiliki salah satu kampung tematik yang menarik untuk dikunjungi. Kampung ini bernama Kampung Topeng Menanti.

Berada di Kelurahan Tlogowaru, Kecamatan Kedungkandang, kampung yang baru diresmikan ini menyuguhkan aneka spot foto yang menampilkan aneka karakter topeng Malangan. Spot utama dalam kampung topeng ini adalah dua buah topeng berukuran raksasa.

Kedua topeng ini merupakan karakter Raden Panji Asmoro dan Dewi Sekartaji, yang merupakan karakter protagonis. Keduanya merupakan pasangan sejoli dari Kerajaan Jenggala dan Kediri. Kisah kedua tokoh ini sering dipentaskan dalam tari topeng Malangan. 

Read Full Article
Mengenal Malang Lebih Dekat di Museum Malang Tempo Doeloe
Malang, kota dengan julukan Kota Apel ini memiliki banyak sekali tempat wisata keren, bukan hanya wisata alam saja, namun juga wisata sejarah di Malang yang tak kalah kece untuk kita kunjungi. Nah, salah satu wisata sejarah di Malang adalah Museum Malang Tempo Doeloe.Malang memang memiliki banyak sekali sejarah yang layak kita ketahui, semua sejarah tentang Malang bisa kita ketahui di Museum Malang Tempo Doeloe ini. Berbagai peninggalan, seperti peralatan komunikasi, foto-foto walikota Malang, alat permainan zaman dahulu, dan masih banyak lainnya ada di museum ini.Ada berbagai macam koleksi peninggalan zaman dahulu yang bisa kita temui di museum ini, mulai dari peninggalan zaman penjajahan Belanda hingga blue print tatanan wilayah kota. Di Museum Malang Tempo Doeloe atau biasa disingkat MTD ini, Anda juga akan menemukan buku-buku kuno yang belum tentu bisa ditemukan di tempat lain.
Keunikan Kampung Topeng Menanti di Malang
 – Tak hanya kampung warna-warni Jodipan dan kampung Tridi, kota Malang juga memiliki salah satu kampung tematik yang menarik untuk dikunjungi. Kampung ini bernama Kampung Topeng Menanti.Berada di Kelurahan Tlogowaru, Kecamatan Kedungkandang, kampung yang baru diresmikan ini menyuguhkan aneka spot foto yang menampilkan aneka karakter topeng Malangan. Spot utama dalam kampung topeng ini adalah dua buah topeng berukuran raksasa.Kedua topeng ini merupakan karakter Raden Panji Asmoro dan Dewi Sekartaji, yang merupakan karakter protagonis. Keduanya merupakan pasangan sejoli dari Kerajaan Jenggala dan Kediri. Kisah kedua tokoh ini sering dipentaskan dalam tari topeng Malangan. 
Kini Live Streaming Facebook Hadir dengan Fitur Topeng
Pernah menggunakan salah satu layanan Facebook live streaming? Bila ya, maka mungkin informasi dari kami kali ini bisa menambah keseruan kamu saat melakukan siaran video langsung alias live streaming, dengan menggunakan aplikasi Facebook di ponselmu.Berdasarkan informasi yang dikutip dari halaman resmi Facebook, disebutkan bahwa, mulai hari ini para pengguna aplikasi Facebook di ponsel iOS, akan dapat menikmati sebuah fitur baru nan unik, ketika sedang melakukan live streaming secara langsung.Fitur itu adalah mask topeng , sebuah fitur yang memungkinkan para pengguna aplikasi Facebook, untuk menambahkan beberapa pilihan topeng lucu yang bisa digunakan untuk menutupi wajah pengguna, ketika melakukan siaran video secara langsung bersama teman. Seperti apa ya?
Kuliner Khas Malang dengan Cita Rasa Tionghoa
.co.id – Nama kota Malang, tentunya sudah sering terdengar seantero Indonesia. Sebagai daerah yang kerap dijadikan kota peristirahatan dan kota wisata, Malang cukup dikenal bukan hanya dari keindahan alamnya saja. Namun, Malang juga dikenal karena kelezatan sajian khasnya, seperti bakso Malang dan cwie mi.Bakso dan cwie mie merupakan dua dari beberapa hidangan yang khas dan terkenal di kota Malang. Bagi penimkat kuliner, cita rasa bakso Malang dan cwie mi memang belum dapat ditandingi. Banyak pecinta kuliner yang sengaja datang ke Malang untuk menikmati kelezatan kuliner khasnya.Untuk kelezatan cita rasa bakso Malang dan cwie mi ini, banyak dipengaruhi oleh kuliner Tionghoa. Banyak sekali kuliner Indonesia yang dipengaruhi oleh kuliner khas Tionghoa. Seperti beberapa makanan berikut ini yang miliki rasa kuliner Tionghoa.Baca selengkapnya...
Lima Topeng Seram yang Jadi Ikon Film Horor di Dunia
Topeng merupakan alat yang pada umumnya sering digunakan untuk menutupi wajah sebagai media penyamaran, pertunjukan, atau secara simbolis sering juga dipergunakan dalam acara-acara ritual khusus.Tapi dalam perjalanannya, topeng juga didesain dengan tujuan yang berbeda-beda sesuai dengan keperluannya, mulai yang hanya sekadar untuk pertunjukan biasa sampai topeng seram yang dipergunakan dalam pembuatan film horor.Bahkan, banyak film horor menciptakan topeng seram, yang pada akhirnya justru menjadi ikon film horor tersebut. Lantas, topeng seram apa saja yang menjadi ikon film horor terkenal?
Kisah Dibalik Topeng-Topeng Paling Menyeramkan Dalam Sejarah | Tipsiana
Sepanjang sejarah, topeng telah digunakan sebagai alat pelindung, intimidasi bahkan sebagai perangkat hukuman serta penghinaan. Inilah kisah dibalik topeng-topeng paling menyeramkan dalam sejarah peradaban manusia.
Lima Kampung Warna-warni untuk Liburan Semakin Berwana
Apa yang terbesit dalam pikiranmu jika mendengar kata liburan? Apakah pergi ke pantai, gunung, atau taman hiburan? Sebenarnya tidak harus itu, karena liburan bisa juga dengan berkunjung ke destinasi baru, seperti berkunjung ke kampung. Eits, jangan mengerutkan dahi dulu, kenapa liburan di kampung?Ya, karena lima kampung berikut ini menyajikan keunikan tersendiri, terutama pada warnanya. Dulu kampung-kampung ini memang hanya perkampungan biasa bahkan ada yang bisa dibilang kumuh, namun sekarang beberapa kampung ini sudah disulap dan ditata ulang, sehingga muncullah kampung warna-warni.Nah di Indonesia sendiri, ada lima pilihan kampung warna-warni yang bisa kamu kunjungi untuk sekadar liburan atau menambah koleksi foto di Instagram, karena pastinya tempat-tempat ini sangat instagramable. Penasaran di mana saja kampung warna-warni tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.
Unik dan Menarik itulah Kampung Biru Arema Malang
 – Ini dia Kampung Biru Arema yang baru saja diresmikan pada 6 Februari 2018. Kampung ini menjadi saudara seperjuangan bagi Kampung Warna Jodipan untuk berkontribusi menyemarakkan Ngalam sebagai tujuan wisata nomer satu di Jawa Timur.Kampung Biru Arema terletak di kampung Embong Brantas, Klojen, Ngalam. Tak sulit untuk mencapai tempat ini. Dari stasiun Ngalam, Anda hanya perlu berjalan ke arah kiri kurang lebih 10 menit. Setelah rel kereta api, menyeberang ke bagian kanan untuk masuk ke dalam gapura kampung.Pagi itu pada 18 Desember 2017, saya dan Mufti janjian untuk bermain ke Kampung Warna Jodipan dalam rangka menjadi warga Ngalam temporari yang baik. Jadi bila ditanya, “Apakah kamu tahu Jodipan?” Kami bisa menjawab dengan tersenyum jumawa, “Ya, kami sudah pernah.” 
170 Pameran Hadir di Malang City Expo 2017
Berkaca dari acara yang sama di tahun 2016, Malang City Expo 2017 kembali digelar di tahun keduanya, dengan konsep yang lebih meriah dari tahun lalu. Malang City Expo 2017. Masih bertempat di kawasan luar Stadion Gajayana atau tepatnya di area parkir stadion ini akan di mulai pada tanggal 27-30 April 2017.Pembukaan acara ini dimulai dengan beberapa hiburan dari Aremania licek Kecil dengan tarian khas Malang yaitu topeng malangan. Selain itu, ada juga beberapa hiburan live music dan fashion show.Walikota Malang, yang lebih dikenal dengan Abah Anton ini memaparkan tentang peningkatan usaha UMKM yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Saya sangat berterima kasih kepada Menteri Koperasi dan UKM, beserta jajarannya. Semoga kegiatan ini bisa membantu pemerataan ekonomi di Kota Malang. ujarnya.
Ketika Lebaran Memanggil Anak Rantau
Pulang kampung alias mudik adalah hal yang menyenangkan pada saat lebaran. Di mana, kerinduan terhadap keluarga, kerabat, sahabat, terbayar tuntas saat mudik. Pada umumnya, mereka yang tinggal di kota memang sudah menabung jauh-jauh hari sebelumnya, hanya untuk pulang kampung di saat momen lebaran tiba.Sungguh sangat menyenangkan memang, saat momen itu tiba. Itu bagi yang punya kampung, lalu bagaimana yang tidak punya kampung halaman lagi? Sebenarnya, definisi kampung halaman ini juga belum jelas. Apakah kampung halaman itu tempat kita lahir? Atau, kampung halaman itu tempat orangtua kita menetap?Misalnya, andai saya lahir di Amerika Serikat, apakah lantas kampung saya di sana? Atau juga, ketika orangtua yang berpindah-pindah kota, dari kota A ke kota B, lalu ke kota C lagi, selanjutnya pindah lagi sampai ke kota Z. Kalau seperti ini kasusnya, kota mana yang sebenarnya layak disebut kampung halaman?
Lima Tempat yang Jadi Ikon Kota Malang
Apa yang pertama kali terlintas di benak Anda saat mendengar Kota Malang? Pasti apel Malang yang berwarna hijau dan manis itu, bukan? Nah, sebenarnya selain apel Malang, ada juga ikon-ikon terkenal yang membuat kita akan teringat dengan Kota Malang.Mengunjungi Kota Malang belum lengkap tanpa mengunjungi lokasi-lokasi ini dan mengabadikannya melalui jepretan kamera. Lalu, di mana saja lokasi yang jadi ikonnya Kota Malang? Yuk, dicek di bawah ini.Alun-Alun Kota Malang. Yang satu ini sudah jelas dan tak boleh diragukan lagi, lokasinya yang berada di pusat kota dan menjadi pusat keramaian masyarakat Kota Malang, membuat alun-alun jadi salah satu lokasi ikonik yang paling banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.
Tiga Kedai Es Krim Asyik di Malang
.co.id – Kota Malang merupakan salah satu kota berkembang yang ada di Indonesia. Sejak dulu, kota Malang memang sudah dikenal seantero tanah air. Salah satu ciri khas dari kota Malang adalah buah apel Malang yang sangat terkenal.Nah saat ini, bukan hanya apel Malang saja yang menjadi ciri khasnya. Namun, kuliner-kuliner kekinian yang digandrungi anak muda. Suasana Malang yang asyik sangat cocok untuk nongkrong bersama teman-teman.Saat cuaca Malang sedang panas-panasnya pun, kita bisa nongkrong seru sambil menikmati kuliner yang nikmat dan mampu menyegarkan tenggorokan. Yap, es krim. Di Malang, ada banyak sekali kedai es krim yang bisa dikunjungi bersama teman-teman. Yuk, simak beberapa referensi kedai es krim yang asyik di Malang
Empat Fakta Menarik di Balik Topeng Anonymous
Topeng tokoh Guy Fawkes, seorang ekstrimis yang mencoba meledakkan gedung Parlemen Inggris pada tahun 1605, kini menjadi salah satu ikon yang paling dikenal di era internet, setelah dipakai sebagai lambang oleh kelompok hacker global ternama, Anonymous.Tapi apa sebenarnya motivasi dari para hacker dan aktivis yang memilih menyembunyikan jati diri, dengan mengenakan topeng menyeramkan ini?Anonymous terbentuk dari gabungan puluhan atau mungkin ratusan ribu pendukung dari berbagai latar belakang, dengan motivasi yang sama sekali berbeda satu sama lain.  
Egietha Pramadisti, Si Penari Topeng di Puncak Gunung Ciremai
Pertunjukan tari topeng di panggung atau pentas, mungkin sudah biasa dilakukan oleh para penari tapi kalau menari topeng di atas Puncak Gunung ini menjadi luar biasa. Apalagi yang melakukannya adalah seorang pelajar kelas 4 MI Madrasah Ibtidaiyah , atau setara dengan Sekolah Dasar ini baru luar biasa.Dia adalah Egietha Pramadisti 10 tahun putri dari Edi Supriyadi, yang sekolah di MI Darun Nahwi Singajaya Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu. Egietha melakukan tari topeng udeng khas Sanggar Tari Mimi Rasinah di atas puncak Gunung Ciremai, yang memiliki ketinggian 3.078 mpdl meter di atas permukaan laut .Egietha memang tidak sendirian, dia bersama ayahnya yakni Edi Supriyadi dan anggota Aktivis Lingkungan Alam Semesta, atau lebih dikenal dengan singkatan ALAS dari Kertasemaya yang sedang mengikuti pengukuhan Pencinta Alam dan pendakian ke Gunung Ciremai.
Seramnya Kostum Halloween Tempo Dulu
 – Setiap malam tanggal 31 Oktober, di belahan benua Eropa dan Amerika dilaksanakan tradisi perayaan Halloween. Sepanjang malam, jalanan akan dipenuhi orang-orang yang memakai topeng dan busana menyeramkan.Perayaan Holloween memang identik dengan semua yang berbau setan, penyihir, atau hantu gentanyangan. Tak ketinggalan anak-anak pun ikut merayakan dengan ciri khas mereka, tradisi trick or treat. Dengan topeng-topeng seram, para 'hantu' mungil akan mengetuk pintu tiap rumah sambil mengancam dengan kalimat 'Trick or treat'.Bila tak diberi permen, mereka biasanya akan menjahili rumah yang diketuknya. Hari ini, kostum Halloween lebih bervariasi. Kostum tak hanya didominasi dengan wajah seram saja, tapi ada yang lucu, seksi, atau malah tampil modis. Padahal, zaman dulu kostum Hallowen benar-benar menyeramkan.
Kampung Biru Arema, Wisata yang Sedang Hits di Malang
 – Kalimat apa yang menggambarkan Kota Malang sebagai destinasi wisata? Keren? Tidak membosankan? Ya, kita tahu di Malang terdapat banyak sekali tempat wisata keren yang bisa kita kunjungi.Nah, baru-baru ini di Malang muncul satu tempat yang Instagramable banget buat anak muda. Namanya Kampung Biru. Sekadar informasi, lokasi Kampung Biru berada di sebelah Kampung Warna Warni.Di kampung ini seluruh rumah dicat dengan warna biru, sehingga nampak sangat unik. Kampung Biru kini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Malang, terutama buat kalangan muda yang suka berburu foto unik. 
Kampung Lengo yang Indah Penuh Warna di Tasikmalaya
Ternyata kampung yang indah penuh warna tidak hanya terdapat di luar negeri atau di Kota Malang saja. Di Kota Tasikmalaya juga ternyata terdapat kampung yang indah penuh warna. Zona Kece Kampung Lengo namanya.Alamat Zona Kece Kampung Lengo berada di Kelurahan Bantarsari Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya tepatnya RW 07 dan RW 14. Koordinat zona kece Kampung Lengo tepatnya pada titik S7.32475 E108.19078.Siapa sangka dulunya Kampung Lengo ini adalah kawasan kumuh. Dan hebatnya sekarang ini suasana indah dan asri tercipta di lingkungan Kampung Lengo. Perubahan kampung kumuh menjadi kampung yang tertata rapi, indah dan asri ini setelah mengikuti program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas PLPBK .
Apa Sih Kampung Halaman Itu?
Sekarang masih adakah kampung halaman? Buat generasi saya yang orangtuanya sudah merantau, bisa dibilang tidak ada. Tapi yang masih merantau, ya punya kampung halaman. Karena kalau saya mudik, ya dibilang rumah orangtua saja. Bukan kampung halaman.Karena di kepala saya, yang namanya kampung halaman adalah tempat di mana kita dilahirkan dan tumbuh sebelum merantau. Mungkin ibu saya punya kampung halaman di Kuningan, Jawa Barat. Dan ayah saya juga punya kampung halaman di Tasikmalaya.Tapi tidak dengan saya. Saya lahir di Bandung, SD di Jakarta, SMP dan SMA di Bekasi, lalu kuliah di Bandung. Kalau begitu, kira-kira yang mana kampung halaman saya?
Topeng Monyet Indonesia Buat Heboh Netizen Luar Negeri
 – Pertunjukkan topeng monyet bukan hal yang asing lagi bagi kita yang hidup di Indonesia. Pertunjukkan di mana monyet sebagai 'aktor' utamanya ini, mudah sekali ditemukan di beberapa daerah, meskipun ada yang melarangnya.Kita kerap dihibur oleh aksi monyet yang memeragakan semua aktivitas manusia mulai dari mengendarai sepeda motor, belanja hingga beribadah. Tentunya, monyet-monyet ini telah dilatih dengan intensif sehingga bisa menuruti perintah.Namun bagi warga asing, tentu pertunjukkan topeng monyet adalah hal yang aneh, terutama bagi negara-negara barat. Dan saat mereka melihat pertunjukkan ini, justru bukan terhibur yang mereka rasakan tetapi sebaliknya.
Kampung Pelangi Semarang, Destinasi Wisata Instagramable
 – Sudah pernah dengar Kampung Pelangi Semarang? Jika belum, kenalan dulu yuk, seperti apa sih Kampung Pelangi Semarang ini. Jika ditanya, apa yang terbesit ketika mendengar kata ‘Semarang’, kebanyakan orang pasti akan mengatakan lumpia. Tapi untuk kali ini kita tidak akan membahas lumpia lho, tapi tentang Kampung Pelangi, yang sangat unik dan tentu Instagramable.Memang, konsep Kampung Pelangi ini bukanlah yang pertama, karena sebelumnya sudah ada, seperti di Malang, Ambarawa, Balikpapan, dan Lubuklinggau. Namun, setiap daerah tentu punya ciri khasnya masing-masing.Nah, untuk Kampung Pelangi yang satu ini lokasinya berada di tengah kota Semarang. Hal inilah yang menjadikan Kampung Pelangi Semarang ramai dikunjungi wisatawan. Lalu, ada apa saja di Kampung Pelangi Semarang?
Misteri Identitas Pria dalam Topeng Besi Akhirnya Terkuak
Setelah 350 tahun misteri pria di balik topeng besi akhirnya terkuak. Dalam buku barunya, Paul Sonnino, seorang profesor sejarah di Universitas California, Santa Barbara, mengklaim telah menemukan identitas asli pria dalam topeng besi. Orang dalam topeng besi adalah seorang tahanan yang ditangkap pada tahun 1669 dan ditahan di Bastille.Identitasnya menjadi sebuah misteri abadi, karena wajah pria tersebut disembunyikan oleh topeng. Kepopuleran misteri ini bahkan mengundang filsuf terkenal, Voltaire, dan penulis Alexandre Dumas. Sejarawan memiliki teori yang dipopulerkan oleh Voltaire dan Dumas bahwa pria bertopeng adalah saudara kembar Louis XIV, menurut Sonnino.Dalam Detektif cerita sejarah: Pencarian Pria Dalam Topeng Besi Rowman Littlefield, 2016 Sonnino membawa pembaca melalui catatan sejarah, korespondensi tentang tahanan dan asepek-aspek lain dari penyelidikannya. Melalui penelitian Sonnino menemukan bahwa Dauger adalah Bendahara kardinal Mazarin, sekaligus kepala Menteri Prancis selama masa Louis XIV.
Desa Wadon, Kampung Unik yang Hanya Dihuni Wanita
 – Siapa sangka ternyata di daerah Jawa Timur terdapat sebuah kampung yang sangat berbeda dengan kampung lainnya. Tepatnya di kabupaten Ngawi, di mana terdapat sebuah desa yang bisa dibilang sangat unik. Keunikan kampung atau desa tersebut bukan pada alamnya, namun penduduknya.Penduduk di desa tersebut semuanya adalah wanita. Dan, mungkin karena itulah desa tersebut disebut dengan Desa Wadon. Tepatnya di kecamatan Pitu, kabupaten Ngawi, desa Wadon ini berada. Sampai saat ini penghuni kampung tersebut semuanya adalah wanita.Tak ada laki-laki di sana. Dan karena tidak ada laki-laki di Desa Wadon, para wanita di kampung ini sudah terbiasa melakukan pekerjaan-pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh laki-laki. Bahkan, kegiatan seperti membangun atau memperbaiki rumah akan dilakukan oleh wanita.
Aneka Wahana Asyik di Wisata Kampung Gajah Wonderland
 – Kampung Gajah Wonderland, menawarkan suasana liburan yang berbeda dari biasanya. Kampung Gajah Wonderland adalah sebuah tempat wisata dengan sarana belanja dan kuliner dalam satu spot yang sama di daerah Bandung Barat.Lokasi wisata Kampung Gajah Wonderland ini berada di Jalan Sersan Bajuri KM 3,8 (dulu namanya Century Hills) dan masih searah dengan Kampung Daun, Sapulidi, Rumah Stroberi, dan The Peak. Dari Bandung di pertigaan terminal Ledeng ambil jalur ke kiri, papan reklame yang besar akan menuntun Anda menuju tempat wisata Kampung Gajah Wonderland ini.Objek wisata Kampung Gajah Wonderland menggunakan konsep one stop recreation dan baik untuk untuk anak-anak, maupun orang dewasa. Di tempat wisata Kampung Gajah Wonderland terdapat sekitar 20 wahana yang bisa dijelajah satu per satu.Baca Selengkapnya ...