Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Rajin Mencuci Wajah Bikin Kulit Jadi Cerah dan Bersih

 –  Memiliki kulit wajah yang bersih dan cerah merupakan dambaan semua orang, terlebih bagi wanita. Dengan kulit wajah yang bersih dan cerah akan meningkatkan rasa percaya diri wanita, sekaligus akan menunjang kecantikan wanita. Terlebih, wanita Indonesia yang mengganggap kulit cerah salah satu dari standar kecantikan.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan cerah, sebenarnya kuncinya sangat sederhana. Anda diwajibkan untuk mencuci kulit wajah setidaknya 2 kali dalam sehari. Dengan rajin mencuci kulit wajah minimal 2 kali sehari akan menghilangkan masalah kulit kusam, debu, kotoran, polusi, dan lain.

Kulit wajah yang jarang dibersihkan atau dibasuh dengan air akan menjadi kusam dan tidak bercahaya. Hal ini karena, adanya kotoran yang masuk dan menyumbat pori-pori kulit wajah. Oleh karena itu, mencuci kulit wajah merupakan cara terbaik untuk menghindari kotoran masuk dan menyumbat pori-pori kulit wajah. 

Read Full Article
Dampak Buruk Mencuci Muka dengan Sabun Mandi
Mencuci kulit wajah sangat penting untuk dilakukan agar kulit wajah menjadi segar kembali. Tidak hanya itu saja, mencuci kulit wajah juga bertujuan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kulit wajah, sehingga kulit menjadi bersih dan cantik alami. Kebiasaan membersihkan kulit wajah akan membuat kulit wajah menjadi cantik dan bersih.Untuk mencuci kulit wajah, dengan air saja tidak cukup. Hal ini dikarenakan banyaknya kotoran dan polusi yang membandel yang banyak menempel pada kulit wajah, sehingga dibutuhkan sabun khusus wajah untuk mengangkat semua kotoran yang menempel.Sabun memang penting dalam membersihkan kulit. Namun untuk membersihkan kulit wajah, kita dikhususkan untuk menggunakan sabun khusus wajah. Meskipun demikian, banyak orang yang masih menggunakan sabun mandi atau sabun badan untuk mencuci kulit wajah, padahal hal tersebut dapat berdampak buruk pada kecantikan kulit wajah. Nah berikut dampak buruknya.Baca Selengkapnya...
Tips Mencerahkan Kulit Wajah dengan Susu dan Kelopak Mawar
Kulit wajah yang cerah, bersih dan bercahaya merupakan dambaan semua wanita, terlebih bagi wanita Asia yang masih beranggapan cantik adalah kulit yang bersih dan cerah. Selain itu, kulit wajah yang bersih, cerah dan bercahaya akan meningkatkan rasa percaya diri wanita, dan membuat wanita terlihat mempesona.Untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih, cerah dan bercahaya, sebagian wanita lebih memilih datang ke klinik kecantikan atau dengan menggunakan krim pemutih kulit. Namun, tentu hal tersebut memerlukan biaya yang tak sedikit dan tentunya tak bisa dilakukan oleh wanita dengan kantong pas-pasan.Kita bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan kulit wajah kita. Bahan alami selain murah juga akan memberikan hasil yang maksimal. Salah satunya yaitu kombinasi antara susu dan bunga mawar. Bagaimana caranya? Yuk kita simak tips berikut ini.
Tips Alami Cerahkan Kulit Wajah dalam Seminggu
 – Memiliki kulit wajah yang cerah memang menjadi idaman semua wanita. Hal ini dikarenakan kulit wajah cerah membuat wanita menjaid terlihat cantik dan mempesona, sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri seorang wanita. Terlebih masyarakat Indonesia yang beranggapan bahwa standar kecantikan seorang wanita adalah kulit wajah yang cerah.Untuk bisa memiliki kulit wajah yang cerah dan cantik alami, tentunya dibutuhkan perawatan. Selain itu seorang wanita juga harus bisa menjaga kulit dari sengatan sinar matahari secara langsung yang dapat menyebabkan kulit menjadi gelap.Berbicara tentang perawatan sendiri, ada banyak sekali perawatan yang bisa dilakukan  wanita. Bagi wanita berduit, tak sulit untuk bisa mendapatkan kulit wajah yang cerah, mereka bisa membeli produk kecantikan seperti cream pencerah kulit dengan harga mahal. Namun tidak bagi wanita berdompet pas-pasan. Meskipun demikian, Anda tak perlu khawatir, Anda masih bisa melakukan perawatan dengan menggunakan bahan alami.
Kulit Wajah Kusam dan Tak Bercahaya? Ini Cara Mengatasinya
 – Kulit wajah yang kusam merupakan salah satu masalah kulit wajah yang cukup menyebalkan. Hal ini karena, kulit wajah yang kusam akan sangat mengganggu penampilan, belum lagi kulit wajah kusam juga dapat menyebabkan berbagai masalah kulit lainnya seperti jerawat, komedo dan lain sebagainya.Berbicara tentang kulit wajah yang kusam, masalah wajah satu ini disebabkan karena banyaknya kotoran yang menempel pada kulit wajah seperti banyaknya sel kulit mati, kotoran yang menyumbat pori-pori kulit, dan lain sebagainya. Hal ini yang menyebabkan kulit menjadi kusam, gelap, dan tak bercahaya.Untuk mengatasinya, Anda perlu rutin menjaga kebersihan kulit wajah. Kulit wajah yang bersih akan terbebas dari kotoran dan sel kulit mati, sehingga masalah kulit kusam dapat diatasi dan dicegah. Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah kulit wajah yang kusam? 
Cara Cerahkan Kulit Leher dengan Masker Pepaya
 – Memiliki kulit wajah yang cerah memang menjadi idaman semua wanita. Dengan kulit wajah yang cerah tentu bisa membuat wanita terlihat cantik dan memesona. Namun, untuk mendapatkan kulit cerah dan cantik bukan perkara yang mudah.Dibutuhkan perawatan ekstra untuk bisa mendapatkan kulit cerah. Berbicara tentang perawatan, kebanyakan wanita hanya fokus pada kulit wajahnya saja, sehingga melupakan bagian tubuh lainnya. Salah satunya yaitu kulit di bagian leher.Tentu kita sering melihat wanita dengan kulit wajah cerah, namun gelap pada kulit lehernya. Hal tersebut tentu terlihat aneh, bukan? Untuk mencerahkan kulit leher sendiri, wanita sering kebingunan. Sebenarnya tidaklah sulit untuk mencerahkan kulit leher. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?
Waspadalah, Ada Bahaya Mengintai Sering Mencuci Wajah
Berapa kali Anda mencuci wajah dalam sehari? Mencuci wajah menggunakan pembersih muka yang lengkap, memang membuatnya bersih dan segar. Namun, tahukah Anda jika terlalu sering mencuci wajah juga kurang baik?Hal tersebut dikarenakan, dapat menyebabkan berbagai masalah serius pada kulit. Lantas, kira-kira apa sajakah efek negatif yang bisa menimpa kita, akibat terlalu sering mencuci wajah?Agar terhindar dari risiko buruk akibat sering mencuci wajah, sebaiknya kenali terlebih dulu bahaya yang mengintai. Kira-kira, apa saja bahayanya? Yuk, langsung saja simak berikut ini penjelasannya.
Penelitian: 95% Orang Salah Cuci Tangan, Ini Caranya
Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa, kebanyakan orang tidak tahu bagaimana mencuci tangan dengan benar dan bersih. Mencuci tangan dengan bersih merupakan faktor penting dalam hal perlindungan terhadap bakteri.Penelitian ini melibatkan 3.749 orang partisipan, di mana 95 persen di antaranya terbukti gagal melakukan tantangan mencuci tangan dengan benar. Kebanyakan dari mereka kurang ketelitian dalam mencuci tangan, sementara 33 persen lainnya tidak pernah mencuci tangan dengan sabun.Dalam hal gender, sebanyak 15 persen pria mengaku tidak pernah mencuci tangannya, sementara wanita dalam kasus ini hanya 7 persen. Lantas, tahukah Anda bagaimana cara mencuci tangan yang benar?
Kebiasaan Ini Bikin Kulit Wajah Kusam
Kulit wajah yang bersih, cerah, dan bercahaya merupakan dambaan semua wanita. Dengan kulit wajah yang bersih dan bercahaya akan membuat wanita terlihat cantik dan memesona.Namun, bukanlah perkara yang mudah untuk membuat kulit wajah menjadi bersih, cerah dan bercahaya, terlebih bagi Anda yang memiliki kebiasaan buruk. Kulit wajah yang bersih, cerah, dan bercahaya tentunya membutuhkan perawatan dan ketelitian.Sebaliknya kulit wajah yang kusam disebabkan karena kurang perawatan, atau mungkin salah perawatan sehingga banyak sel kulit mati dan banyak kotoran yang menyumbat pori-pori kulit, sehingga kulit menjadi gelap dan tidak bercahaya.
Berapa Kali Baiknya Mencuci Wajah dalam Sehari?
Untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik, bersih serta terbebas dari berbagai masalah, kita dianjurkan untuk rajin mencuci kulit wajah serta menjaga kebersihannya. Namun banyak pertanyaan muncul, berapa kalikah idealnya atau baiknya kita mencuci kulit wajah?Nah dalam kesempatakan kali ini, kami akan memberikan penjelasan tentang mengenai berapa kali baiknya mencuci kulit wajah dalam sehari. Memang untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan cantik serta terbebas dari berbagai masalah, kita disarankan untuk rajin mencuci kulit wajah, namun terlalu sering mencuci kulit wajah juga tidak baik, karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit wajah.Rekomendasi umum yang beredar di masyarakat, memang dianjurkan untuk mencuci kulit wajah dengan frekuensi dua kali dalam sehari, dengan menggunakan sabun khusus wajah yang ringan dan tidak bersifat iritatif.
Cara Mudah Cerahkan Kulit Wajah dengan Masker Kulit Jeruk
 – Bagi wanita Indonesia, kulit yang cerah atau putih merupakan salah satu standar kecantikan. Jadi tak heran jika wanita Indonesia melakukan berbagai perawatan kulit agar bisa memiliki kulit wajah yang putih atau cerah. Bahkan mereka tak segan mengeluarkan biaya besar untuk bisa mendapatkan kulit wajah yang cerah.Kulit putih cerah dan bersih memang menjadi dambaan wanita Indonesia, namun untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah dan putih, tentu kita tak boleh sembarang melakukan perawatan.Saat ini banyak sekali krim pemutih kulit palsu bermunculan yang tentunya sangat membahayakan kulit wajah. Tidak hanya akan merusak kecantikan kulit wajah saja, namun juga dapat menyebabkan penyakit serius seperti kanker hingga kematian.
Rajin Mencuci Wajah Bikin Kulit Jadi Cerah dan Bersih
 –  Memiliki kulit wajah yang bersih dan cerah merupakan dambaan semua orang, terlebih bagi wanita. Dengan kulit wajah yang bersih dan cerah akan meningkatkan rasa percaya diri wanita, sekaligus akan menunjang kecantikan wanita. Terlebih, wanita Indonesia yang mengganggap kulit cerah salah satu dari standar kecantikan.Untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan cerah, sebenarnya kuncinya sangat sederhana. Anda diwajibkan untuk mencuci kulit wajah setidaknya 2 kali dalam sehari. Dengan rajin mencuci kulit wajah minimal 2 kali sehari akan menghilangkan masalah kulit kusam, debu, kotoran, polusi, dan lain.Kulit wajah yang jarang dibersihkan atau dibasuh dengan air akan menjadi kusam dan tidak bercahaya. Hal ini karena, adanya kotoran yang masuk dan menyumbat pori-pori kulit wajah. Oleh karena itu, mencuci kulit wajah merupakan cara terbaik untuk menghindari kotoran masuk dan menyumbat pori-pori kulit wajah. 
Cara Instan Cerahkan Kulit Wajah dengan Lemon dan Kentang
Memiliki kulit wajah yang cerah dan bersih merupakan dambaan semua wanita, terlebih bagi wanita Indonesia. Hal ini dikarenakan, banyak orang yang menilai bahwa cantik itu identik dengan kulit yang putih dan bersih. Untuk itu, berbagai perawatan dilakukan wanita demi bisa mendapatkan kulit yang putih, cerah, dan bersih.Memiliki kulit yang cerah dan bersih akan meningkatkan rasa percaya diri seorang wanita. Namun, tak semua wanita beruntung memiliki kulit yang cerah dan bersih. Pada dasarnya, setiap orang terlahir dengan kulit yang bersih. Namun, karena faktor lingkungan, gaya hidup, serta makanan yang dikonsumsi, membuat kulit menjadi kusam, gelap dan rusak.Nah, untuk mengembalikan kecantikan kulit seperti saat masih bayi, tentu kita harus melakukan berbagai perawatan. Di zaman super modern seperti saat ini, kita dapat dengan mudah melakukan cara instan untuk mendapatkan kecantikan, seperti melakukan operasi plastik, suntik silikon, atau dengan menggunakan krim pemutih. Namun, tentu semua itu berisiko tinggi, serta memakan biaya yang cukup besar.
IniDia Kesalahan Wanita Saat Membersihkan Wajah
 – Memiliki kulit wajah yang sehat dan cantik, bersih, serta cerah merupakan dambaan semua wanita. Untuk bisa memiliki kulit sehat dan cantik, tentunya harus dilakukan perawatan secara rutin dan teratur. Perawatan tak hanya bisa dilakukan di salon atau klinik kecantikan saja, namun juga dapat dilakukan di rumah dengan menggunakan bahan alami.Salah satu kunci untuk bisa memiliki kulit wajah yang sehat, cantik, dan terbebas dari masalah yaitu dengan rajin mencuci kulit wajah. Mencuci kulit wajah akan membersihkan kotoran dan minyak yang menempel pada kulit wajah, sehingga kulit menjadi bersih dan sehat.Namun membersihkan kulit wajah juga tak bisa sembarang, kesalahan dalam membersihkan kulit juga membuat kulit wajah menjadi rusak seperti kering, kasar hingga muncul jerawat.  Lantas, kesalahan apa yang sering dilakukan para wanita?
Mencerahkan Wajah dengan Masker Madu dan Garam
.co.id – Wanita mana yang tak ingin memiliki kulit yang halus dan cerah cantik alami? Pasti semua wanita menginginkannya. Hanya saja tak mudah untuk bisa memiliki kulit wajah yang halus, cerah dan cantik alami. Dibutuhkan biaya dan juga perawatan ekstra untuk bisa memilikinya.Kulit wajah yang halus dan juga cerah akan meningkatkan rasa percaya diri wanita dan membuat wanita terlihat cantik dan memesona. Untuk mendapatkan kulit yang halus, cerah dan cantik memesona, biasanya wanita melakukan perawatan di salon-salon atau di klinik kecantikan. Namun sebenarnya kita bisa melakukan perawatan di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami.Ada banyak sekali bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk perawatan kulit wajah. Di antara bahan alami tersebut adalah madu dan garam. Kedua bahan tersebut kita kombinasikan menjadi masker wajah untuk membuat kulit wajah menjadi halus dan cerah.
Cerahkan Kulit Wajah dengan Masker Beras dan Susu
Kulit wajah yang cerah dan bersih adalah dambaan semua wanita, terlebih wanita Asia yang beranggapan cantik adalah dengan memiliki kulit yang cerah dan bersih. Untuk itu, berbagai cara dan perawatan dilakukan wanita, tak peduli berapa biaya yang dikeluarkannya demi mendapatkan kulit wajah yang cerah dan bersih serta cantik alami.Untuk bisa memiliki kulit wajah yang cerah dan cantik alami, sebenarnya bukanlah perkara yang sulit. Kita hanya perlu menghindari berbagai hal yang dapat membuat kulit menjadi gelap, atau hal yang dapat merusak kecantikan kulit, seperti sengatan sinar matahari secara langsung.Selain itu, kita juga disarankan untuk rajin membersihkan kulit wajah dengan air dan sabun khusus wajah. Jika hal tersebut sudah Anda lakukan, namun kulit wajah tetap gelap, Anda perlu melakukan perawatan lebih.
4 Kesalahan Mencuci Wajah yang Sebabkan Penuaan Dini
 – Kulit wajah yang sehat dan cantik merupakan dambaan semua wanita. Namun, tidak mudah untuk bisa memiliki kulit sehat dan cantik. Kita harus rajin melakukan perawatan kulit wajah dan selalu menjaga kebersihan kulit wajah.Caranya yaitu dengan mencuci kulit wajah dengan benar. Mencuci kulit wajah sangat penting untuk mengangkat atau membersihkan kotoran yang menempel pada kulit wajah. Kotoran yang tak dibersihkan akan menyebabkan masalah pada kulit wajah, seperti menyebabkan kulit menjadi kusam, komedo, jerawat, dan lain sebagainya.Namun, dalam mengcuci kulit wajah kita juga tak boleh sembarangan. Salah mencuci wajah justru akan membuat kulit menjadi rusak, bahkan menyebabkan penuaan. Tentu, Anda tak mau hal tersebut terjadi pada diri Anda bukan?Baca Selengkapnya ...
Begini Perawatan yang Benar agar Kulit Wajah Cerah
.co.id – Kulit wajah yang bersih dan cerah merupakan salah satu ciri kulit yang sehat dan cantik. Dengan kulit wajah yang bersih dan cerah akan menunjang kecantikan seorang wanita, sehingga wanita akan lebih percaya diri.Namun, bukanlah perkara yang mudah untuk bisa memiliki kulit wajah yang bersih dan cerah, terlebih dengan cuaca seperti sekarang ini. Keadaan yang panas dan banyaknya polusi di mana-mana membuat kulit menjadi gelap dan kusam, belum lagi dengan kosmetik atau make up yang digunakan membuat kulit bisa semakin rusak.Lalu, bagaimana agar kulit tetap sehat dan cantik meskipun kita beraktivitas setiap hari? Caranya yaitu kita harus rajin melakukan perawatan. Perawatan yang baik dan benar akan menjaga kulit dari kerusakan, sehingga kulit akan tetap bersih, sehat, dan cantik. 
Sering Mencuci Muka Sebabkan Jerawat?
 – Memiliki kulit yang bersih dan sehat memang menjadi dambaan semua orang, terutama kaum hawa. Namun untuk mendapatkan kulit impian tersebut tentu bukanlah perkara yang mudah, bahkan tak jarang wanita rela mengeluarkan banyak uang agar bisa mendapatkan kulit wajah yang bersih, sehat, cantik, dan terbebas dari berbagai masalah.Selain melakukan perawatan, kebanyakan dari kita sering mencuci wajah agar kulit wajah terlihat bersih dan cantik. Logikanya memang demikian, semakin sering dicuci akan semakin bersih. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi kulit wajah.Kulit wajah yang terlalu sering dicuci justru akan timbul masalah, salah satunya jerawat. Penelitian telah membuktikan jika mencuci kulit wajah lebih dari dua kali dalam sehari menggunakan sabun, justru akan menyebabkan munculnya jerawat.
Tips Cerahkan Kulit Wajah dengan Masker Beras
 – Wanita mana yang tak ingin memiliki kulit wajah yang cerah dan bersih cantik alami. Pasti semua wanita menginginkannya, bukan? Dengan kulit yang cerah atau putih bersih, wanita akan terlihat cantik dan memesona. Terlebih lagi, wanita Indonesia yang berpikir standar kecantikan adalah kulit yang cerah, putih dan bersih.Berbicara tentang kulit yang cerah, bersih, dan cantik, tentu hal tersebut tidak kita dapatkan dengan mudah. Tentu saja, kita perlu melakukan berbagai perawatan untuk bisa memiliki kulit yang cerah, putih, dan bersih. Terlebih, keadaan di sekitar kita yang cuacanya cukup panas.Ditambah lagi polusi, sinar matahari, dan lain sebagainya yang dapat merusak kecantikan kulit dan membuat kulit menjadi gelap. Untuk mendapatkan kulit yang cerah, putih, dan cantik alami, wanita biasanya menggunakan krim pemutih. Namun perlu diingat, krim pemutih mengandung bahan kimia yang dapat berakibat buruk pada kulit.
Empat Akibat Sering Mencuci Wajah dengan Air Hangat
.co.id – Mencuci wajah termasuk kegiatan rutin kita setiap harinya, terlebih lagi bagi wanita. Wanita tidak bisa lepas dari berbagai makeup yang melekat di wajah, mulai dari foundation, blush on, bedak, maskara, lipstik, eyeliner, untuk itu mencuci wajah menjadi ritual wajib.Agar cepat bersih, tidak sedikit yang mencuci wajah menggunakan air hangat walau akibatnya bisa merusak kulit. Mencuci wajah menggunakan air hangat sangatlah tidak direkomendasikan bagi mereka pemilik kulit kering ataupun berminyak. Hal ini karena dapat membuat kulit semakin kering.Sebenarnya mencuci muka menggunakan air hangat ataupun air dingin masih menjadi teka-teki dan perbedaan pendapat satu sama lainnya. Namun, kami telah merangkum dari berbagai sumber mengenai beberapa akibat jika Anda mencuci wajah menggunakan air hangat.
Cara Alami Mencerahkan Kulit Wajah dengan Scrub Kulit Pisang
Memiliki kulit wajah yang bersih dan cerah terbebas dari berbagai masalah kulit wajah seperti jerawat, komedo, noda hitam dan lain sebagainya merupakan dambaan semua orang, terutama kaum wanita. Kulit wajah yang bersih dan cerah akan menunjang kecantikan seorang wanita, terlebih bagi wanita Asia yang menganggap cantik adalah kulit yang bersih dan cerah. Oleh sebab itu banyak wanita yang berjuang mati-matian demi bisa mendapatkan kulit yang bersih dan cerah.Untuk mendapatkan kulit putih, dan bersih sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Namun yang membuat sulit adalah menjaga agar kulit tetap cerah dan bersih. Hal ini dikarenakan banyak kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering dilakukan wanita yang ternyata dapat merusak dan membuat kulit menjadi gelap. Diantara kebiasaan buruk tersebut adalah beraktivitas di luar ruangan tanpa menggunakan tabir surya.Meski demikian, Anda tak perlu khawatir. Kita dapat mengembalikan kecantikan kulit kita kembali. Ada bahan alami yang ampuh yang dapat kita gunakan sebagai scrub untuk mencerahkan kulit kita. Bahan alami tersebut yaitu dengan menggunakan kulit pisang. Bagaimana cara menggunakannya. Berikut cara alami mencerahkan kulit wajah dengan menggunakan scrub kulit pisang.Baca Selengkapnya...
Kulit Cerah dan Halus dengan lulur Yogurt
Kulit cerah dan halus merupakan dambaan semua wanita. Berbagai cara dilakukan wanita demi bisa mendapatkan kulit yang cerah dan halus. Hal ini dikarenakan memiliki kulit yang cerah dan halus akan membuat wanita cantik sempurna.Terlebih bagi wanita Asia yang menganggap cantik adalah kulit yang cerah dan bersih. Kulit cerah dan halus memang dambaan semua wanita, namun tidak semua wanita beruntung memiliki kulit yang cerah dan halus.Warna kulit sangat dipengaruhi oleh faktor keturunan atau gen. Selain itu, bisa dikarenakan gaya hidup atau kebiasaan seperti kebiasaan sering terpapar sinar matahari dan lain sebagainya, sehingga kulit menjadi gelap dan kasar.
Cerahkan Kulit Wajah dengan Masker Tepung Beras
Memiliki kulit wajah yang bersih dan cerah merupakan impian semua wanita, terlebih bagi wanita Asia, termasuk Indonesia yang masih menganggap cantik itu adalah kulit yang putih atau cerah.Namun, sayangnya tidak semua orang beruntung memiliki kulit yang putih atau cerah. Oleh sebab itu, berbagai cara dilakukan wanita demi bisa mendapatkan kulit bersih dan cerah.Untuk mendapatkan kulit yang bersih dan cerah, tentu kita harus melakukan berbagai perawatan. Lalu bagaimana cara mencerahkan kulit wajah, tanpa harus mengeluarkan banyak biaya?