Menjelajah Sawah Hits Sukorame Jogja

Menjelajah Sawah Hits Sukorame Jogja

Billy Howarth  ⋅  06 Apr 2018 09:11:57

 – Jujur, saya girang sekali pagi itu. Ada keselarasan hakiki yang menaungi sepetak lembah yang berhamparkan sawah hijau nan permai di Dusun Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul. Kreativitas masyarakat lokal yang menyematkan jembatan bambu melingkar sepanjang sekitar 300 meter di atasnya adalah kuasa cemerlang atas potensi desa. Salutnya, cara mengemas tengara ini tampak harmonis dengan nuansa sawah khas pedesaan. Saya menikmati lanskap sawah pun seolah-olah tampak alami, tak tampak rekayasa sebagai destinasi yang diihwalkan sebagai spot foto-foto.

Mungkin, sawah di Sukorame adalah sebuah ikhtiar untuk menunjukkan daerah agraris pedesaan pun bisa dinikmati begitu kekinian. Pada era serba ‘kerja kerja kerja’ terutama bagi manusia kota, suasana sawah yang terhampar adalah tujuan pelarian demi sebentuk penyegaran. Sebagian manusia kota pun gandrung piknik di akhir pekan atau liburan menyerbu obyek di selain kota.

Segala serba desa bisa disuguhkan untuk meromantika lagi manusia kota yang punya riwayat masa lalu sebagai orang desa. Namun, obyek ini tetap saja dipertahankan nuansa kekotaannya agar praktis dan nyaman dinikmati oleh manusia kota.

Continue Reading

Related Posts