Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Sulitnya Perangi Ujaran Kebencian di Media Sosial

.co.id – Si A: Ini sesuatu yang sulit mas. Saya takut diserang banyak akun. Si B: Saya lebih memilih mendalami hobi, apalagi ini tak ada duitnya. Si C: Saya tak tertarik, di media sosial hanya iseng.

Bila Anda sering mengajak orang lain untuk ikut berkampanye hal positif di internet, jawaban-jawaban seperti tersebut di atas bukanlah sebuah kejutan. Banyak pengguna media sosial yang cenderung tidak mau tahu, tidak mau urus situasi berinteraksi di media sosial saat ini yang cenderung kejam, menjadi tempat bullying kelompok, memuntahkan berita palsu, fitnah, ancaman, dan banyak hal negatif lainnya.

Situasi interaksi di media sosial di Indonesia saat ini bisa dikatakan gawat. Sejak pertengahan tahun lalu atau sejak dimulainya Kampanye Pilkada DKI, situasi media sosial di Indonesia memanas. 

Read Full Article
SE Ujaran Kebencian di Medsos, Polri: Berpendapatlah dengan Kalimat yang Baik
Polri menampik jika Surat Edaran Kapolri terkait ujaran kebencian disebut justru membuat masyarakat jadi khawatir dalam mengkritik atau menyampaikan
Pengertian Interaksi Sosial : Bentuk Dan Faktor Interaksi Sosial
Pengertian Interaksi Sosial Interaksi merupakan suatu hubungan yang terjadi serta saling mempengaruhi. Hubungan tersebut dapat terjadi untuk individu dan juga kelompok. Pada akhirnya dapat menimbulkan pengaruh antara satu dengan yang lainnya. Kesimpulan dari pengertian interaksi sosial ialah melakukan suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu maupun kelompok yang satu dengan yang lainnya dan mempunyai hubungan timbal balik sehingga akan menimbulkan kegiatan baru baik itu kerjasama positif atau bahkan dapat membuat pertikaian. Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli Gilin Gilin berpendapat bahwa pengertian interaksi sosial adalah suatu hubungan sosial yang dinamis serta menyangkut hubungan antar individu dan juga kelompok atau dapat menyangkut hubungan antarkelompok. Macionis Pengertian interaksi sosial merupakan suatu proses bertindak serta membalas tindakan yang dilakukan oleh seseorang dalam sebuah hubungan dengan orang lain. Soerjono Soekanto Interaksi sosial merupakan sebuah proses sosial tentang berbagai cara berhubungan yang dapat untuk dilihat apabila individu dan kelompok sosial untuk saling bertemu dan menentukan sistem serta hubungan sosial.
7 Foto Nyeleneh Yang Hanya Ditemukan di Media Sosial Rusia
Selain untuk mempermudah komunikasi dan informasi, media sosial sering digunakan sebagai tempat untuk memosting foto-foto selfie. Jutaan orang berlomba-lomba menciptakan foto yang kreatif, unik, dan juga aneh agar tampak berbeda dengan foto-foto orang lain di media sosial.Dan perlu diketahui, setiap orang dari berbagai negara memiliki ciri khas yang berbeda-beda dengan foto yang mereka unggah di media sosial. Misalnya saja di Rusia, di mana kebanyakan para pengguna media sosial di sana sering mengunggah foto-foto yang terbilang absurd dan nyeleneh, yang tidak akan kamu temukan di media sosial Indonesia.Bila di Indonesia banyak pengguna media sosial yang menggunggah foto alay alias lebay, maka berbeda dengan di Rusia. Banyak foto-foto nyeleneh yang hanya ditemukan di media sosial Rusia yang mungkin akan membuat kamu tercengang.
Soal SE Ujaran Kebencian di Medsos, Polisi Bisa Mengusut Tanpa Laporan?
Kapolri telah mengeluarkan SE soal Penanganan Ujaran Kebencian. Apakah dengan adanya SE Kapolri ini, polisi bisa mengusut ujaran kebencian tanpa ada
Dari HAM Sampai Martabat, Dasar Polri Keluarkan SE Ujaran Kebencian di Medsos
Kapolri mengeluarkan Surat Edaran (SE) soal ujaran kebencian atau hate speech. Ada sejumlah pertimbangan yang mendasari dikeluarkannya surat ini.
Lima Manfaat Positif Sosial Media Bagi Anak
VIVA.co.id – Interaksi sosial masyarakat semakin canggih sejak berkembangnya media sosial di Internet. Secara langsung atau tidak, hal ini memengaruhi individu pengguna media. Tidak hanya perilaku sosial, namun juga berpengaruh pada kondisi psikologis individu.Pengguna sosial media tak terbatas lagi pada golongan orang dewasa dan kaum remaja. Namun, merambah sampai kelompok anak-anak, termasuk anak sekolah. Kenapa tidak? Semua siswa usia SD, SMP dan SMA pasti mengenal yang namanya Facebook dan Twitter.Bahkan, tak sedikit yang memunyai akun kedua media sosial tersebut. Otomatis mereka menjadi pengguna kedua media sosial tersebut. Kabar menakutkankah bagi kita orangtua? Tentu saja tidak, mesti dikhawatirkan. Segala sesuatu hasil kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan manfaat bagi kemaslahatan umat manusia. Namun, tak dapat dipungkiri, dampak negatif semua itu pasti ada. Di sinilah peran kita sebagai orangtua untuk mengawasi dan membimbing anak dalam menggunakan media sosial.
Ini Alasan Kapolri Keluarkan Edaran Penebar Kebencian di Medsos Dipidana
Kapolri Jenderal Badrodin Haiti membenarkan telah mengeluarkan Surat Edaran soal Penanganan Ujaran Kebencian. Lalu apa alasan Kapolri mengeluarkan edaran
Media Sosial Bukan Sekadar Ajang Curhat dan Pamer
Siapa yang tak jenuh saat buka sosial media, berandanya dipenuhi dengan curhatan, pamer, dan nada kebencian. Seakan-akan sosial media hanya sebatas itu, pasti kita semua ikutan jengah. Niat mencari hiburan, pengetahuan, dan melepas penat, malah menghadirkan semua aroma itu.Sosial media perannya lebih dari itu. Pendiri setiap sosial media berpikir, sosial medianya diciptakan untuk memudahkan interaksi sesama pengguna sesuai minat dan kebutuhannya. Apakah itu mempertemukan teman yang sudah lama tak pernah berjumpa, melihat segala aktivitas, kesibukan, dan pencapaian yang ia dapatkan kini.Selaku pengguna sosial media tidak diharuskan memiliki semua jenis sosial media yang ada, semua disesuaikan dengan kebutuhan, bukan hanya sekadar dianggap kekinian. Terbayang, berapa banyak waktu dan kuota yang dihabiskan jika Anda mengikuti semua sosial media. Jadi, kapan Anda bisa hidup produktif jika hanya memandangi gadget setiap saat?
Cara Cerdas 7 Seleb Cantik Korea Jawab Komentar Haters
 – Bukan hal aneh saat melihat postingan selebriti yang mendapat komentar kebencian dari haters. Ya, memang haters selalu beranggapan bahwa apapun yang dilakukan si idola selalu salah di mata mereka.Bukan hanya selebriti Indonesia yang kerap kali banjir komentar haters, ternyata banyak juga artis Korea yang tak lepas dari komentar kebencian di akun sosial media mereka.Mungkin dari sekian banyak selebriti yang mendapat komentar kebencian, beberapa di antara mereka ada yang memilih untuk tak menghiraukannnya. Namun berbeda dengan beberapa seleb cantik ini yang memilih menjawab
Mengapa Kita Butuh Ujaran Kebencian di Internet?
Bila kita baca secara teliti surat edaran Kapolri, media sosial hanya merupakan salah satu saja dari sekian banyak media untuk melakukan hate speech (ujaran kebencian).Media lain juga bisa menjadi ajang hate speech ini, yaitu dalam orasi kegiatan kampanye, spanduk atau banner, penyampaian pendapat di muka umum (demonstrasi), ceramah keagamaan, media massa cetak maupun elektronik, dan pamflet.Pertanyaannya, mengapa media sosial memperoleh porsi besar dalam tanggapan terhadap Surat Edaran Penanganan Hate Speech tersebut? Karena media sosial seperti Twitter dan Facebook, banyak dianggap sebagai sarana untuk bersuara sebebas-bebasnya tanpa takut untuk ditangkap.
Apa yang Didapat dari Curhat di Media Sosial?
 – Siapa yang tidak pernah curhat di media sosial? Mulai dari curhat masalah pribadi, masalah artis, hingga masalah bangsa. Zaman saat ini sangat mudah mengapresiasikan diri sesuai keinginan.Berkat kolaborasi teknologi dan berbagai media sosial seakan semua jadi lebih mudah. Hadirnya beragam platform media sosial makin memudahkan penggunanya untuk berbagi segala kegiatannya dari bangun tidur hingga tidur lagi. Bisa dibilang sudah menjadi gaya hidup sehari-hari termasuk salah satunya, curhat.Sebelum adanya media sosial, mungkin media paling sering dipakai ialah media offline, mulai dari menulis di diary, di bawah kolong meja, hingga halte penumpang. Kini, semenjak adanya media sosial membuat orang gampang curhat, tak perlu lagi ke Polsek buat mengadukan keluhannya.
Empat Manfaat Tinggalkan Sosial Media
Sosial media saat ini tengah berkembang dan selalu diikuti banyak orang. Tak terkecuali Anda. Sudah banyak yang mencoba Facebook, Twitter, Google Plus, Path, atau Instagram. Di situ merupakan tempat yang asyik dan menyenangkan untuk berkomunikasi secara online dengan orang lain.Bagi sebagian orang mungkin akan sulit untuk meninggalkan sosial media. Alasannya, karena pekerjaan maupun berbisnis. Sudah tak bisa dipungkiri, adanya teknologi dan sosial media menjadi kebutuhan utama. Namun di balik itu, sosial media punya dampak negatif untuk kesehatan.Sebaiknya, Anda lebih bisa mengontrol dan memberikan batasan tertentu dalam berselancar di internet ataupun sosial media. Anda dapat mengambil jeda dalam bersosial media. Setelah itu Anda akan merasakan manfaat kesehatan yang signifikan. Apa saja manfaatnya?
Sepuluh Selebritis yang Tak Gunakan Media Sosial
Hampir semua pengguna internet di seluruh dunia saat ini, memiliki akun di media sosial. Bahkan ada beberapa orang yang memiliki lebih dari 10 akun di media sosial. Ada yang beralasan agar bisa terhubung dengan lebih banyak orang, atau ada juga karena alasan lain yang tak terlalu penting untuk dibahas.Beberapa orang menganggap memiliki akun di media sosial adalah sebuah keuntungan yang sangat besar. Karena mereka bisa mempromosikan hasil karya mereka kepada banyak orang secara gratis, dan efeknya sangat cepat.Ada juga teman-teman kita yang memanfaatkan media sosial hanya sebagai tempat memamerkan foto-foto selfie nya agar bisa tenar di dunia maya. Namun, bagi sebagian orang lain memiliki akun di media sosial sangatlah mengganggu privasi. Mereka juga berpikir bahwa mengakses media sosial artinya hanya membuang-buang waktu.
5 Kebiasaan di Media Sosial yang Bisa Merusak Hubungan
 – Di zaman super modern seperti sekarang ini, memang kita tak pernah bisa lepas dari yang namanya internet, terlebih media sosial. Media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya sudah menjadi kebutuhan pokok setiap insan.Entah sekedar untuk berhubungan dengan teman-teman yang jauh atau untuk mencari informasi terkini. Semuanya ada di media sosial. Media sosial memang berperan penting dalam kehidupan, dan memiliki banyak sekali manfaat.Namun, bukan berarti media sosial namanya, jika tidak memiliki dampak buruk. Media sosial juga memiliki dampak buruk, jika tidak digunakan secara bijak. Ada banyak dampak buruk yang disebabkan oleh media sosial. Salah satu dampak buruk media sosial yang sering terjadi di masyarakat adapat rusaknya hubungan kekasih.
Sulitnya Perangi Ujaran Kebencian di Media Sosial
.co.id – Si A: Ini sesuatu yang sulit mas. Saya takut diserang banyak akun. Si B: Saya lebih memilih mendalami hobi, apalagi ini tak ada duitnya. Si C: Saya tak tertarik, di media sosial hanya iseng.Bila Anda sering mengajak orang lain untuk ikut berkampanye hal positif di internet, jawaban-jawaban seperti tersebut di atas bukanlah sebuah kejutan. Banyak pengguna media sosial yang cenderung tidak mau tahu, tidak mau urus situasi berinteraksi di media sosial saat ini yang cenderung kejam, menjadi tempat bullying kelompok, memuntahkan berita palsu, fitnah, ancaman, dan banyak hal negatif lainnya.Situasi interaksi di media sosial di Indonesia saat ini bisa dikatakan gawat. Sejak pertengahan tahun lalu atau sejak dimulainya Kampanye Pilkada DKI, situasi media sosial di Indonesia memanas. 
Empat Media Sosial untuk Branding Usaha
Anda sedang merencanakan usaha atau sedang memulai usaha baru. Ada baiknya Anda menggunakan cara yang sedang menjadi tren saat ini. Karena seperti kita ketahui bersama saat ini banyak orang yang mencari sesuatu melalui media internet dan media sosial.Media sosial adalah salah satu sarana untuk memperkenalkan dan mempopulerkan produk Anda kepada khalayak umum. Media sosial saat ini jumlahnya sangat banyak, tetapi beragam jenis media sosial tersebut sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan usaha Anda. Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan adalah Blog. Blog dapat dipilih untuk menjabarkan secara detail dan terstruktur produk-produk yang Anda miliki.Baca selengkapnya ...
Lima Tips Jitu Promosi Melalui Media Sosial
Seperti yang Anda ketahui bahwa media sosial memiliki peran yang amat besar dalam kehidupan masyarakat. Hampir semua orang, baik dari yang muda hingga tua memiliki akun pada salah satu media sosialnya. Entah itu Instagram, Facebook, Twitter atau yang lainnya. Hal ini mengakibatkan peran media sosial dalam pemasaran sangat diandalkan. Anda pun tahu bahwa, ada banyak sekali pengusaha online yang menggunakan media sosial sebagai sarana baginya untuk mendapatkan lebih banyak uang.Hal tersebut dikarenakan, setiap harinya orang-orang sangat aktif dalam media sosial, sehingga bisa membuat pemasaran menjadi semakin efektif. Jika Anda berencana membuat sebuah event yang berkaitan bisnis, ada baiknya menggunakan media sosial untuk mempromosikan event Anda tersebut.
Alasan Kenapa Ada Kebencian dalam Hidup Ini
Mengapa ada kebencian rasa benci, iri, dendam, dengki, dan lain-lain dalam hidup ini? Terutama di dunia maya internet kita sering sekali melihat isu agama, rasis, politik, perdebatan, dan berbagai kontroversi lainnya.Pembenci haters tersebut selalu ada di setiap golongan dan kelas atau level manapun, baik itu dari agama x, atau ras y, ataupun golongan pendukung presiden z. Sekarang pertanyaannya adalah, mengapa ada kebencian? Mengapa kita membenci a atau b? Mengapa ada orang yang membenci golongan agama ras tertentu?Beberapa akan menjawab, Ah, memang udah dari sananya begitu dan bla bla bla. Salah dia lah jelas-jelas mereka itu ga bener, ga bisa bla bla bla. Golongan ini sejak awal memang cuma kumpulan orang-orang sampah dan bla bla bla. Jawaban logisnya adalah, kebencian itu sebagian besar diajarkan.
Awas, Jangan Klik Iklan Ini di Media Sosial
Begitu mudahnya pengiklan menjual produk mereka di media sosial. Mainan media sosial telah menguntungkan banyak pihak. Apapun yang sedang populer atau ingin dipopulerkan, lempar saja ke media sosial, niscaya keunikan itu akan meledak bagaikan bom.Media sosial begitu berpengaruh terhadap perkembangan individual. Jika Nabi Muhammad SAW menekankan belajarlah dari ayunan sampai liang lahat, efek samping dari media sosial, mainlah ia dari ayunan sampai tak pernah bosan.Wajar apabila media sosial telah menjadi raja. Anak usia sekolah bahkan lebih hafal akun media sosialnya dibandingkan perkalian atau tata bahasa Indonesia. Pengaruh zaman tak pernah bisa diubah. Dulu kita cukup bersantai dengan perjodohan dari orangtua. Anak muda sekarang lebih banyak bermain api di media sosial, berkenalan, lalu ada yang ditipu, sampai akhirnya ada yang benar-benar serius ke jenjang pernikahan.
Pengertian Perubahan Soial : Teori, Bentuk Dan Faktor Perubahan Sosial
PENGERTIAN PERUBAHAN SOSIAL Berikut ini adalah Pengertian Perubahan Sosial Menurut Beberapa Pakar : Menurut William F. Ogburn, Perubahan Sosial yaitu perubahan yang meliputin unsur – unsur kebudayaan baik secara materi ataupun bukan materi. Menuru Kingsley Davis, Perubahan Sosial yaitu perubahan yang melibatkan susunan serta manfaat orang-orang. Menurut mac Ivan, Perubahan Sosial yaitu perubahan yang terjadi dalam hubungan sosial yang tersambung pada orang-orang. Menurut Gillin And Gillin, Perubahan Sosial adalah sebuah macam dari langkah hidup dalam sebuah lingkungan orang-orang. Perubahan itu mungkin terjadi lantaran perubahan secara geografis, kebudayaan material, kependudukan, ideologi, serta dapat lantaran timbulnya penemuan-penemuan baru oleh orang-orang. Menurut Samuel Koenig, Perubahan Sosial yaitu modifikasi dari pola kehidupan orang-orang. Menurut Selo Soemardjan, Perubahan Sosial yaitu semua perubahan pada beragam instansi orang-orang dalam sebuah lingkungan orang-orang yang memengaruhi system sosial, termasuk juga di dalamnya nilai sosial, sikap, pola tingkah laku pada bebrapa grup dalam orang-orang.
Pengertian Struktur Sosial : Klasifikasi Dan Fungsi Struktur Sosial
Pengertian Struktur Sosial Manusia tentunya harus memahami tentang struktur sosial setelah memahami tentang arti dari kata sosial. Ini dikarenakan karena manusa adalah makhluk sosial dengan individu yang berbeda serta beragam sehingga perlu dibentuk adanya suatu kelompok atau golongan yang membentuk suatu struktur seperti jika kita ingin membuat suatu bangunan atau rumah. Pengertian struktur sosial secara umum adalah kumpulan individu dengan pola perilaku yang beragam. Struktur sosial juga bisa diartikan sebagai sebuah bangunan sosial yang tersusun atas berbagai unsur pembentuk masyarakat. Unsur-unsur tersebut saling berkaitan secara fungsional antara yang satu dengan lainnya. Ini menyebabkan adanya perubahan jika terjadi perubahan di salah satu unsur tersebut. Ada pula yang mendefinisikan struktur sosial sebagai suatu tatanan sosial yang membentuk kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat yang bisa tersusun secara vertical contohnya kelompok laki-laki dan kelompok perempuan atau secara horizontal contohnya kelompok bermain.
Sembilan Perubahan Kehidupan Sejak Ada Media Sosial
Beberapa tahun yang lalu, sebelum adanya media sosial, semua orang tidak ada yang seperti sekarang. Mata kita terlalu sering melototin gadget dibandingkan membaca buku, koran, majalah, atau yang lainnya.Komunikasi antara teman dan keluarga sering terjadi di rumah atau di mana saja. Mereka tidak tergantung dengan yang namanya gadget. Sejak adanya gadget dan media sosial semakin marak, maka komunikasi langsung antarpersonal pun semakin berkurang dan tergantikan dengan menggunakan media sosial.Banyak sekali perubahan sejak hadirnya media sosial baik dalam berkomunikasi, bersosialisasi bahkan untuk kepentingan yang lainnya. Berikut ini 9 perubahan drastis dalam kehidupan sejak adanya media sosial.
5 Artis Cantik yang Pilih Mundur dari Sosial Media
Di era serba canggih ini, sosial media sudah menjadi kebutuhan primer bagi semua orang. Lewat sosial media, setiap orang bisa mendapatkan informasi dengan mudah. Sedangkan bagi artis, sosial media sendiri bisa menjadi sarana aktualisasi diri dan penghubung dengan para penggemarnya.Namun sayangnya, belakangan ini sosial media mulai memberikan dampak yang buruk. Banyak haters yang menggunakan sosial media sebagai sarana untuk membully para artis. Selain itu, banyak pula berita-berita negatif artis yang disebar di sosial media.Adanya hal tersebut membuat deretan artis berikut memutuskan untuk mundur dari sosial media. Lantas, siapa saja mereka? Simak berikut ini ulasannya.