Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Cara Obati Mimisan dengan Daun Sirih

.co.id – Hampir semua orang pernah merasakan mimisan atau hidung berdarah. Istilah kedokteran menyebutnya Epistaksis (epistaxis), merupakan suatu keadaan pendarahan yang keluar melalui lubang hidung. Di beberapa kasus pendarahan hidung berasal dari sinus dan mata. Pendarahan ini bisa saja masuk ke saluran pencernaan yang menyebabkan penderita muntah.

Secara tradisional, nenek moyang kita telah mengajarkan cara mengobati mimisan dengan daun sirih. Tanaman ini tidak hanya digunakan sebagai tumbuhan hias, tetapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Mimisan umumnya terjadi karena penderita mengalami trauma, kecelakaan lalu lintas, atau cedera olahraga.

Tidak sedikit yang mengalami patah tulang hidung karena cedera, atau mengorek hidung yang menyebabkan luka. Ada pula penyebab lain karena pertumbuhan tumor hidung, masuknya hewan seperti lintah, peradangan hidung, dan sinus. Beberapa penderita penyakit juga mengalami mimisan.

Read Full Article
Cara Praktis Sembukan Hepatitis B dengan Daun Sirih
 – Hepatitis merupakan suatu peradangan pada hati akibat virus hepatitis B (HBV). Di mana hepatitis B bisa menyebabkan kondisi akut dan kronis pada penderita. Bahkan jika tanpa pengobatan, penyakit ini bisa membahayakan nyawa pengidapnya. Sehingga berisiko terkena sirosis, kanker hati, maupun gagal hati.Namun, Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa cara paling praktis yang mampu mengobati hepatitis B. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan daun sirih.Daun sirih adalah jenis tanaman tradisional hepatitis B yang sangat ampuh. Di mana tanaman ini bersifat antiseptik alamiah tinggi yang berguna untuk mengobati berbagai macam infeksi seperti pada penyakit hepatitis.
Manfaat Daun Ekor Naga untuk Kesehatan
.co.id – Daun ekor naga adalah daun dari tanaman yang merambat atau menempel pada tanaman lainnya. Daun ekor naga berukuran panjang dan lebar dengan ujung daun yang runcing. Mungkin bagi sebagian orang masih bingung seperti apa bentuk dari daun ekor naga.Itulah sedikit gambarannya. Berbicara mengenai daun ekor naga, sebenarnya daun ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.Banyak kandungan senyawa pada daun ekor naga yang biasa digunakan oleh para masyarakat sebagai obat alami atau obat tradisional. Kandungan senyawa-senyawa di dalamnya mampu memberikan perlindungan pada tubuh Anda yang lebih dalam, serta mencegah gangguan kesehatan tertentu.
Cara Olah Daun Mint untuk Dijadikan Minuman
Jika Anda merasa bosan mengonsumsi teh atau kopi, maka sesekali bisa mencoba teh daun mint. Mungkin bagi beberapa orang teh daun mint kedengarannya agak sedikit asing, karena kebanyakan dari kita hanya mengetahui bahwa daun mint ini hanya digunakan sebagai penghias makanan saja dan bukan untuk diminum.Akibat ketidaktahuan inilah yang kemudian membuat kita enggan untuk mencoba minuman dari daun mint ini. Padahal, ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila teratur mengonsumsinya. Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, teh daun mint juga dapat membantu dalam penyembuhan penyakit flu.Daun mint memiliki kandungan antibiotik, anti-inflamasi serta bisa juga sebagai aromaterapi yang menenangkan. Apabila Anda mengonsumsi teh daun mint ini ketika hendak tidur, ini akan membuat Anda tidur lebih nyenyak karena efek relaksasinya yang baik. Nah, berikut cara membuat teh daun mint dan bahan-bahan yang harus Anda siapkan.
Hilangkan Jerawat dengan Ramuan Ajaib Daun Sirih
 – Sirih merupakan salah satu jenis tanaman asli Indonesia. Sirih tumbuh merambat atau dengan bersandar pada batang pohon lain. Sirih juga merupakan jenis tanaman yang terkenal sebagai obat herbal, dan termasuk juga ke dalam jenis tanaman obat, karena dipercaya ampuh mengatasi berbagai jenis penyakit.Di Indonesia sendiri, sirih merupakan jenis tanaman khas Kepulauan Riau. Masyarakat Riau memiliki budaya upacara makan sirih, terutama saat penyambutan tamu. Meski demikian, sirih juga banyak kita jumpai di seluruh Indonesia dan terkadang dimanfaatkan sebagai tanaman hias.Berbagai jenis kandungan yang terdapat dalam daun sirih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi mimisan saja, daun sirih juga memiliki manfaat untuk mengatasi masalah kulit, tidak terkecuali jerawat. 
Begini Hasilnya jika Minum Air Rebusan Daun Salam
 – Daun salam merupakan bahan makanan yang sering dijadikan sebagai tambahan saat memasak. Daun ini juga sering ditambahkan sebagai bahan pelengkap untuk menambah citra rasa makanan. Mungkin sebagian dari Anda tidak asing lagi dengan air rebusan ini bukan?Namun, ternyata daun salam tak hanya berguna sebagai penambah cita rasa makanan saja. Daun salam juga memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Daun ini bisa dijadikan obat tertentu untuk penyakit, cara mendapatkan khasiat daun salam cukup mudah.Salah satunya dengan meminum rebusan daun salam. Lantas, apa saja manfaat mengonsumsi air rebusan daun salam bagi kesehatan? Daripada penasaran, simak penjelasannya berikut ini.
Daun Dewa, Alternatif Alami Pengobatan Penyakit Herpes
 – Bernama latin Gynura divaricata dari famili Gynura atau lebih dikenal dengan nama daun dewa atau daun sangjo. Merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki ciri seperti tumbuhan tegak, penampang berbentuk lonjong, batang daun pendek dan lunak berbentuk segi lima, serta berambut pada sisi luar.Daun dewa juga mempunyai bunga majemuk yang tumbuh pada ujung batang dengan kelopak hijau berwarna cawan serta benang sari berwarna kuning berbentuk jarum. Hingga saat ini, telah banyak masyarakat yang memanfaatkan daun dewa ini sebagai pengobatan tradisional.Hal itu dikarenakan, dalam daun dewa terkandung senyawa seperti saponin, flavonoid, minyak atsiri, dan lainnya. Salah satu jenis penyakit yang dapat diobati dengan daun dewa ini adalah penyakit herpes. Kandungan akribiotik yang terkandung dalam daun dewa memiliki khasiat baik untuk pengobatan penyakit herpes.
Mimisan Datang Tiba-tiba? Hentikan dengan Cara Mudah Ini
Anda pasti terkejut ketika mendapati hidung mengeluarkan darah secara tiba-tiba atau mimisan. Mimisan bisa terjadi akibat pecahnya pembuluh kapiler di hidung, yang memang sangat tipis.Mimisan tidak menimbulkan rasa sakit, bahkan perdarahan bisa mereda dengan sendirinya. Mimisan kerap menimpa anak-anak, penyebabnya sendiri sangatlah beragam. Meski bisa sembuh dengan sendirinya, namun tetap saja akan membuat panik jika menimpa anak-anak.Oleh karena itu, dibutuhkan pertolongan yang cepat dan tepat untuk menghentikan perdarahan. Apakah mimisan berbahaya? Mimisan umumnya tidak bahaya, namun jangan sepelekan jika disertai gejala serius lainnya karena bisa jadi merupakan petunjuk adanya masalah kesehatan serius pada tubuh.
Daun Sirih, Pengobatan Bronkitis Turun Temurun dari Nenek Moyang
 – Bernama latin Piper betle dari famili Piperaceae atau lebih dikenal dengan nama daun sirih. Merupakan tanaman asli khas dari Indonesia, yang tumbuh merambat dan bersandar pada batang pohon lain. Daun sirih ini terkenal dengan budaya daun dan buahnya yang biasa dikunyah bersama gambir, kapur, tembakau dan pinang.Daun sirih telah dipercaya sejak zaman dulu berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Daun sirih mengandung zat yang memiliki kemampuan untuk membunuh kuman serta sebagai antifungsi dan antioksidan.Mulai dari jenis penyakit ringan hingga penyakit berat sekalipun. Salah satunya adalah berkhasiat untuk mengobati bronkitis. Untuk cara mengolah daun sirih menjadi ramuan alami untuk pengobatan bronkitis sendiri cukup mudah.
Ternyata, Tangkai Sirih Bisa Sembuhkan Radang Tenggorokan
Pengobatan radang tenggorokan dinilai sangat perlu terutama pada anak-anak. Namun, kebanyakan orang memlih mengonsumsi obat berbahan kimia yang hanya dapat menghilangkan gejala sesaat. Padahal sudah jelas pengobatan seperti itu kurang efektif.Pengobatan yang dinilai efektif adalah dengan menggunakan bahan alami yang sudah terbukti berkhasiat seperti dengan tangkai daun sirih. Mungkin bagi sebagian orang cara pengobatan yang satu ini terdengar aneh, karena lebih banyak orang yang percaya khasiat daunnya daripada tangkainya.Namun, siapa sangka ternyata khasiat tangkai daun sirih juga tidak kalah hebat. Di dalam tangkai daun sirih ini terdapat terkandung eugenol yang mampu membasmi jamur dan virus penyebab radang tenggorokan. Ini buktinya.
6 Langkah Cara Menanam dan Merawat Daun Sirih
.co.id – Hampir seluruh masyarakat Indonesia mengenal tanaman sirih, yang umumnya digunakan sebagai obat tradisional. Tanaman sirih dianggap sebagai tumbuhan asli dari Indonesia, ciri khasnya tumbuh merambat pada batang tanaman lain.Tanaman ini kerap kali digunakan sebagai bagian dari tradisi budaya kita. Daun dan buah sirih umumnya dikunyah bersama pinang, gambir, tembakau dan dicampur dengan kapur.Daun sirih telah lama dimanfaatkan sebagai tanaman obat atau fitofarmaka. dan tanaman ini menjadi tradisi yang melekat di berbagai adat, misalnya upacara adat.
Sembuhkan Mata Katarak dengan Daun Sirih
 – Tidak heran memang, jika daun sirih digunakan sebagai bahan alami pengobatan. Dari sekian banyaknya jenis tumbuhan yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan, yang menjadi salah satunya adalah daun sirih.Hingga saat ini, tidak banyak orang yang mengetahui manfaat luar biasa dari daun sirih untuk mengobati mata katarak secara alami. Gangguan mata yang satu ini akan membuat seseorang menjadi tidak bersemangat untuk menjalani hidup.Mata katarak adalah bagian keruh di bagian lensa mata, yang biasanya bening dan akan mengaburkan penglihatan. Lensa mata merupakan bagian transparan yang berada di bagian titik hitam bagian mata yang gelap. Untuk itu, bagi Anda yang tengah mengalami penyakit ini, daun sirih bisa jadi solusinya.
Cara Obati Mimisan dengan Daun Sirih
.co.id – Hampir semua orang pernah merasakan mimisan atau hidung berdarah. Istilah kedokteran menyebutnya Epistaksis (epistaxis), merupakan suatu keadaan pendarahan yang keluar melalui lubang hidung. Di beberapa kasus pendarahan hidung berasal dari sinus dan mata. Pendarahan ini bisa saja masuk ke saluran pencernaan yang menyebabkan penderita muntah.Secara tradisional, nenek moyang kita telah mengajarkan cara mengobati mimisan dengan daun sirih. Tanaman ini tidak hanya digunakan sebagai tumbuhan hias, tetapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Mimisan umumnya terjadi karena penderita mengalami trauma, kecelakaan lalu lintas, atau cedera olahraga.Tidak sedikit yang mengalami patah tulang hidung karena cedera, atau mengorek hidung yang menyebabkan luka. Ada pula penyebab lain karena pertumbuhan tumor hidung, masuknya hewan seperti lintah, peradangan hidung, dan sinus. Beberapa penderita penyakit juga mengalami mimisan.
Daun Kari, Solusi Ampuh Turunkan Gula Darah Berlebih
 – Bernama latin Murraya koenigii syn atau lebih dikenal dengan nama daun kari (salam koja). Merupakan salah satu jenis tumbuhan yang daunnya dipakai sebagai penyedap dalam masakan kari.Bentuk dari daun kari sama seperti daun salam, hanya saja ukurannya lebih kecil dan baunya lebih tajam dibanding dengan daun salam. Daun kari juga memiliki bunga berbau harum dengan buah berwarna ungu berbentuk bulir. Dan daun kari juga masih satu keluarga dengan kemuning.Biasanya daun kari kerap digunakan sebagai bumbu dapur oleh masyarakat untuk menambah rasa istimewa setiap sajiannya. Daun kari kaya akan beberapa kandungan, di antaranya serat, fosfor, kalsium, karbohidrat, dan zat besi. Selain itu, daun kari juga kaya akan vitamin, mulai dari vitamin A sampai E. 
Ciri-Ciri Daun Jintan dan Cara Menanamnya di Rumah
.co.id – Daun jintan memang tidak begitu banyak dimanfaatkan masyarakat untuk kesehatan. Umumnya tanaman ini banyak membantu dalam memaksimalkan cita rasa masakan daerah. Daun jintan atau daun jinten, dalam bahasa latin disebut Plectranthus Amboinicus sin. atau Coleus Amboinicus.Bahasa Inggris menyebut tanaman ini sebagai Cuban Oregano, french thyme, Indian mint, atau Soup mint. Selain sebagai bumbu masakan, daun jintan dan manfaatnya untuk kesehatan ternyata sangat banyak. Tidak semua orang mengetahui khasiatnya, ciri-ciri daun jintan dan bagaimana cara menanam jintan di rumah.Beberapa daerah menyebut jintan sebagai daun bangun-bangun, daun hati-hati, daun kucing, daun kambing, atau majha nereng. Daun jinten dalam bahasa Sunda disebut Aceran, dan di Bali disebut Iwak. Jintan merupakan tumbuhan perenial dari familia Lamiaceae, tanaman ini berasal dari Afrika Selatan dan Timur.
Daun Sirih, Cara Cepat Hilangkan Benjolan di Leher
 – Benjolan di leher adalah kondisi yang sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Benjolan di leher bisa membuat Anda sulit beraktivitas bahkan mengonsumsi makanan sekalipun, karena lambat laun benjolan akan semakin membesar dan bisa memunculkan hal buruk yang tidak Anda inginkan, seperti misalnya pecah.Seperti yang kita ketahui, benjolan di leher ini bisa disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening, pembengkakan kelenjar tiroid, batu di kelenjar ludah, kista, skin tag, bahkan kanker.Karena itulah, pengobatan pada benjolan di leher perlu dilakukan. Dan ternyata ada banyak bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengobati benjolan di leher tersebut. Satu di antara banyaknya bahan alami yang bisa obati benjolan di leher adalah daun sirih.
Cara Menanam dan Merawat Sirih Gading di Air dan Pot
 – Sirih gading atau sri gading, merupakan salah satu tanaman hias favorit yang tumbuh menghiasi ruangan dan pekarangan. Tanaman hias sri gading tumbuh merayap, tidak rewel, cara menanam dan merawat sirih gading juga sangat mudah.Nama latin sirih gading disebut Epipremnum Aureum, salah satu spesies tumbuhan berbunga dari keluarga Araceae yang berasal dari Mo'orea, Polinesia Perancis. Spesies ini dianggap sebagai tanaman hias rumahan yang populer di daerah beriklim sedang.Perkembangannya di hutan tropis dan sub-tropis di seluruh dunia, termasuk Australia utara dan Asia Tenggara. Begitu pula berkembang hingga ke India, Pakistan, Nepal, Bangladesh, Hawaii, dan Hindia Barat. Sri gading sering disebut sebagai sirih Belanda, Devil's ivy, Golden pothos, Ivy arum, atau Solomon Islands ivy.
Sejuta Manfaat Daun Mint yang Harus Anda Tahu
Daun mint merupakan salah satu dedaunan yang memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat. Daun mint sudah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai penyakit. Daun mint memiliki aroma khas yang menenangkan dan sangat diminati banyak orang.Daun mint biasa digunakan sebagai aroma masakan, namun daun mint juga dapat menjadi obat mujarab berbagai penyakit. Selain itu, daun mint juga digunakan sebagai bahan alami beberapa produk kosmetik dan kecantikan. Daun mint memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh kita.Beberapa kandungan tersebut adalah vitamin A, C, D dan E, daun mint juga mengandung mineral yang baik untuk tubuh seperti fosfor dan lain sebagainya. Berbicara tentang daun mint, kurang lengkap rasanya jika kita tidak membahas akan manfaat dari daun mint. Lantas, apa saja manfaatnya?
4 Manfaat Rebusan Air Daun Salam untuk Kesehatan
 – Daun salam sangat mudah didapatkan di Indonesia, daun ini memang snagat populer dijadikan sebagai penyedap makanan Indonesia. Namun, daun salam ternyata tidak hanya berguna untuk menyedapkan makanan saja. Daun salam juga bisa digunakan sebagai obat tradisional.Caranya pun sangat mudah, Anda hanya tinggal meminum rebusan daun salam saja untuk mendapatkan manfaatnya. Nah, mungkin Anda penasaran, penyakit apa saja yang bisa disembuhkan oleh rebusan daun salam?Kandungan mineral pada daun salam, ternyata sangat berguna untuk mengobati masalah persendian yang diakibatkan asam urat. Anda bisa menyembuhkan asam urat dengan cepat dengan menggunakan rebusan daun salam. 
Cara Mengolah Daun Ungu untuk Obat Wasir
.co.id – Tidak banyak orang yang mengetahui, manfaat daun ungu atau daun wungu untuk mengobati penyakit. Daun ungu dalam bahasa latin disebut Graptophyllum Pictum, merupakan tanaman herba yang berasal dari Papua Nugini dan kepulauan Polinesia.Para orangtua kita terdahulu telah mengetahui, dan mengajarkan kita bagaimana cara mengolah daun ungu untuk obat wasir. Tradisi pengobatan daun ungu pembasmi ambeien telah dipraktikkan secara turun temurun, tetapi rupanya kini telah jarang digunakan.Dalam perkembangannya, tanaman ini kini telah tersebar ke seluruh wilayah Indonesia. Daun ungu di beberapa daerah disebut juga dengan nama demung, wungu, tulak, daun temen-temen, karotong, kadi-kadi, dan daun putri. 
Gempur Asam Urat Secara Total dengan Daun Sirih Merah
 – Daun sirih merah merupakan salah satu jenis tanaman sirih yang seringkali dijadikan sebagai obat herbal untuk asam urat. Sudah banyak orang yang mengobati asam urat dengan menggunakan daun sirih. Lantas, bagaimana cara mengobati asam urat dengan daun sirih merah?Daun sirih merah diyakini dapat meredam rasa nyeri akibat asam urat. Rasa nyeri tersebut merupakan gejala asam urat yang paling sering terjadi dan menjadi awal dari gejala naiknya asam urat. Rasa nyeri muncul karena adanya penumpukan purin.Penumpukan purin tersebut tentunya bisa memicu asam urat semakin naik, kemudian membentuk kristal lalu disalurkan oleh darah pada sendi. Sehingga, hal ini bisa menimbulkan rasa nyeri yang cukup hebat bila penumpukan purin pada sendi tidak segera ditangani. 
Begini Hasilnya jika Minum Air Rebusan Daun Salam
 – Daun salam merupakan bahan makanan yang sering dijadikan sebagai tambahan saat memasak. Daun ini juga sering ditambahkan sebagai bahan pelengkap untuk menambah citra rasa makanan. Mungkin sebagian dari Anda tidak asing lagi dengan air rebusan ini bukan?Namun, ternyata daun salam tak hanya berguna sebagai penambah cita rasa makanan saja. Daun salam juga memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Daun ini bisa dijadikan obat tertentu untuk penyakit, cara mendapatkan khasiat daun salam cukup mudah.Salah satunya dengan meminum rebusan daun salam. Lantas, apa saja manfaat mengonsumsi air rebusan daun salam bagi kesehatan? Daripada penasaran, simak penjelasannya berikut ini.
Bukan Mitos, Daun Sirih Ampuh Obati Herpes
 – Tahukah Anda bahwa daun sirih ternyata dapat mengobati penyakit kulit atau dunia medis menyebutnya dengan penyakit herpes. Umumnya penyakit herpes ini disebabkan oleh virus herpes, sehingga akan menimbulkan benjolan kecil pada kulit di sekitar tubuh Anda.Herpes ini sering muncul pada bagian leher, tangan dan punggung. Akan tetapi, herpes ini juga dapat menyebar ke seluruh bagian tubuh yang terserang oleh virus herpes itu sendiri.Sehingga, akan menimbulkan gejala yang panas dan gatal. Pada dasarnya herpes ini terbagi 2 jenis, yakni Herpes Zoster dan Herpes Simpleks/Genetikal. Herpes Zoster ini akan ditandai dengan munculnya gelembung cairan yang disebabkan virus Varicella Zoster. Atau orang mengenalnya dengan sebutan cacar api. Sedangkan Herpes Simpleks ini terjadi akibat adanya peradangan serta infeksi pada kulit, terutamanya di bagian anus, pantat, penis, vagina dan selangkangan.
Begini Cara Sembuhkan Asam Urat dengan Sirih Merah
.co.id – Daun sirih merah (Piper ornatum) ternyata dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan berbagai macam keluhan penyakit yang tergolong berat. Satu di antaranya adalah penyakit asam urat.Tumbuhan yang berasal dari Sulawesi ini merupakan kerabat dekat dari lada dan menjadi salah satu keluarga besar sirih (sirih kuning, sirih gading, sirih hijau, dan sirih hitam). Semuanya hampir memiliki ciri yang serupa, tumbuh dengan cara merambat dan daun yang terletak pada tangkai yang tumbuh berselang-seling pada batang.Zat alami yang terkandung di dalam tanaman daun sirih merah sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Semua kandungan yang ada di dalam daun sirih merah diyakini bisa mengobati penyakit asam urat. Lantas, bagaimana cara membuat ramuannya?