Kehidupan Asing Mungkin Berkembang di Gua-gua Antartika

Kehidupan Asing Mungkin Berkembang di Gua-gua Antartika

Nandar Afriza  ⋅  05 Apr 2018 09:58:47

.co.id – Para ilmuwan telah menemukan bukti kehidupan dalam sistem gua yang tersembunyi jauh di bawah es Antartika. Benua paling selatan Bumi ini, mungkin bukan tempat yang paling jelas untuk mencari lingkungan yang hangat dan dapat dihuni. Namun menurut sebuah studi baru, beberapa sistem gua yang berada di bawah es Antartika tidak hanya hangat namun juga berpotensi penuh dengan kehidupan.

Gua-gua yang dilubangi di sekitar Gunung Erebus di Pulau Ross Antartika misalnya, sangat hangat sehingga memungkinkan kita dapat berkeliaran di sekitarnya dengan nyaman, bahkan tanpa membutuhkan mantel. Cahaya juga bisa masuk ke dalam gua melalui es di atas yang sangat tipis.

Dengan memeriksa sampel tanah yang dikumpulkan dari gua ini, para ilmuwan dapat menemukan bukti adanya lumut, ganggang, dan bahkan hewan-hewan kecil. "Hasil dari penelitian ini memberi kita sekilas tentang apa yang mungkin hidup di bawah es di Antartika, bahkan mungkin ada spesies baru hewan dan tumbuhan yang bisa dijumpai di sana," kata Dr Ceridwen Fraser.

Continue Reading

Related Posts