Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Empat Dampak Asam Urat dan Kolesterol Tinggi

 – Sekilas, memang asam urat dan kolesterol tidak terlihat terkait satu sama lain. Banyak orang tidak memahami adanya kaitan erat antara kedua penyakit tersebut, sehingga tidak memahami bagaimana kolesterol dapat memengaruhi asam urat.

Keduanya kemungkinan terjadi akibat pola makan yang salah. Jenis makanan yang memicu kolesterol merupakan jenis makanan yang juga memicu asam urat, seperti misalnya jeroan dan daging merah. Jeroan dan daging merah memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi, sekaligus juga memiliki kandungan protein yang susah dicerna sehingga membentuk residu purin yang lebih banyak.

Lantas, bagaimana dampak komplikasi asam urat dan juga kolesterol bagi penderitanya? Tentu saja, dampak asam urat dan kolesterol hampir sama dan biasanya saling berkaitan. Berikut ini terdapat dampak mengerikan dari asam urat dan kolesterol tinggi yang perlu Anda tahu.

Baca Selengkapnya ...

 

Read Full Article
Tiga Gejala Asam Urat Tinggi yang Perlu Anda Waspadai
 – Serangan asam urat yang terjadi akibat kadar asam urat tinggi sering memunculkan rasa nyeri, serta pembengkakan di satu sendi bahkan lebih. Tapi, bagi Anda yang belum pernah merasakan nyeri asam urat, mungkin akan bingung dengan gejala-gejala dari serangan ini.Karena itu, artikel ini akan menjelaskan berbagai gejala asam urat tinggi yang harus dicermati. Gejala-gejala asam urat biasanya baru akan muncul, jika kadar asam urat dalam tubuh sudah membentuk kristal keras di persendian Anda.Serangan asam urat hampir selalu akut atau terjadi mendadak dan kerap menyerang di malam hari. Berikut ini gejala-gejala asam urat tinggi yang harus Anda waspadai. Gejala yang pertama adalah nyeri hebat di persendian. 
10 Ciri-ciri Anda Menderita Asam Urat Tinggi
 – Apakah Anda pernah mengalami berbagai ciri-ciri asam urat? Asam urat merupakan kondisi di mana terjadi penumpukan asam urat di dalam tubuh. Penumpukan asam urat tersebut menyebabkan beberapa gejala tidak nyaman.Sejak awal, gejala asam urat memang perlu mendapat perhatian yang penuh. Karena, asam urat yang tidak segera diobati dengan baik dapat menyebabkan asam urat akut. Untuk mengetahui apakah Anda terserang asam urat atau tidak, berikut ciri-ciri asam urat yang harus Anda ketahui.Yang pertama adalah nyeri sendi pada kaki. Gejala awal dari asam urat yang sering terjadi adalah munculnya rasa nyeri di bagian sendi. Beberapa orang kerap mengeluh tentang sendi yang tiba-tiba terasa panas dan juga lemah untuk digerakkan. 
5 Bahaya Mengerikan Asam Urat dan Kolesterol
 – Asam urat yang tinggi dalam darah disebut dengan istilah hiperurisemia dan bisa sebabkan peradangan pada sendi. Asam urat yang tidak bisa dibuang oleh tubuh dalam jangka waktu tertentu bisa mengendap di persendian, sehingga sebabkan jaringan organ tersebut menjadi kaku.Begitu pula dengan penyakit kolesterol. Kolesterol yang tinggi bisa sebabkan pengendapan kolesterol di dalam tubuh. Hal ini bisa sebabkan penyakit lainnya muncul, seperti serangan jantung dan juga stroke akibat aliran darah yang tak lancar. Nah, berikut ini terdapat beberapa bahaya komplikasi asam urat dan kolesterol yang wajib Anda tahu.Di urutan pertama ada penyakit ginjal. Asam urat stadium akut yang tak mendapatkan pengobatan bisa sebabkan gangguan pada fungsi organ ginjal. Asam urat yang terlalu tinggi di dalam darah bisa sebabkan pembentukan kristal di dalam darah.
Lima Ciri Anda Menderita Asam Urat dan Kolesterol Tinggi
 – Banyak sekali ciri dari masalah asam urat dan kolesterol tinggi. Kedua masalah kesehatan ini cukup mudah kita temukan di masyarakat Indonesia. Penderita asam urat biasanya juga menderita kolesterol tinggi. Mengingat penyebab dari masalah kesehatan ini sama, yaitu akibat pola makan yang kurang sehat. Lalu, apa saja ciri-ciri asam urat dan kolesterol tinggi menyerang Anda? Berikut di antaranya.Mudah merasa lelah. Orang dengan asam urat dan kolesterol tinggi, biasanya merasa mudah lelah meski tidak sedang menjalani aktivitas berat. Penyumbatan aliran darah menuju otak juga bisa membuat pengidapnya merasakan pusing, susah berkonsentrasi, dan terkadang merasa bingung.
10 Komplikasi Asam Urat, Nomor 6 Paling Mematikan
 – Asam urat adalah salah satu penyakit yang bisa memunculkan pembengkakan, peradangan, rasa nyeri yang kuat, dan juga rasa panas di wilayah persendian. Gangguan penyakit asam urat yang berlangsung lama pada seseorang, bisa memunculkan penyakit lain pada tubuh penderitanya atau yang biasa disebut sebagai komplikasi penyakit asam urat.Hal ini terjadi karena penyakit asam urat tidak diobati atau cenderung diabaikan. Selain itu, komplikasi juga terjadi karena pengidap mengalami asam urat kronis yang kerap muncul. Berikut sejumlah komplikasi yang diakibatkan penyakit asam urat.Pertama, asam urat dapat mengakibatkan batu ginjal. Ginjal merupakan saluran untuk membuang asam urat keluar tubuh dalam bentuk urine. Pada prosesnya, kelebihan asam urat akan menimbulkan adanya endapan-endapan di ginjal. Endapan-endapan yang mengalami penumpukan dengan ukuran yang makin besar akan mengakibatkan penyakit batu ginjal.
Siapa Sangka Lidah Buaya Bisa Obati Asam Urat
 – Asam urat merupakan penyakit jenis arthritis yang sangat menyakitkan. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan kristal di persendian, akibat tingginya kadar asam urat di dalam tubuh. Sendi-sendi yang diserang di antaranya tumit, jari-jari kaki, pergelangan tangan, dengkul, jari tangan, dan siku.Selain rasa nyeri, asam urat juga bisa membuat persendian meradang, membengkak, panas, dan juga kaku. Sekitar 90 persen asam urat disebabkan karena ketidakmampuan ginjal membuang kadar asam urat secara tuntas dari tubuh melalui urin.Sebagian kecil lainnya, karena tubuh menghasilkan asam urat secara berlebihan. Jika penyakit ini dibiarkan begitu saja, asam urat dapat berkembang menjadi penyakit batu ginjal, kemudian mengakibatkan gagal ginjal. Sebenarnya, masih ada cara alami yang dapat dilakukan untuk mengendalikan asam urat. Lantas, bagaimana caranya? 
Sembuhkan Asam Urat dengan Kacang Panjang Perancis
 – Asam urat adalah jenis penyakit persendian yang disebabkan oleh menumpuknya kristal asam urat dalam sendi. Kristal asam urat tersebut terbentuk karena jumlah zat asam urat yang dibuang tubuh sedikit dibanding dengan yang diserap tubuh. Padahal zat asam urat seharusnya dibuang dari dalam tubuh melalui ginjal dalam bentuk urine.Dan penyembuhan asam urat memang tak bisa dilakukan secara cepat atau instan. Namun bagi Anda yang menderita asam urat, akan jauh lebih baik untuk menghindari berbagai jenis makanan yang mengandung purin tinggi. Karena bila purin di dalam tubuh tidak bisa kita kendalikan akan membuat kondisi asam urat semakin bertambah parah.Salah satu upaya penyembuhannya atau mencegah asam urat Anda bertambah parah yaitu dengan mengonsumsi jenis sayuran. Satu di antara banyaknya jenis sayuran yang baik untuk penderita asam urat adalah kacang panjang Perancis.
Lima Penyebab Utama Asam Urat Tinggi di Usia Muda
Penyakit asam urat ini dianggap sangat erat hubungannya dengan usia. Karena, kebanyakan penderita asam urat memang adalah mereka yang berusia di atas 40 tahun. Tapi, siapa sangka ternyata penyakit asam urat juga bisa dialami oleh mereka yang masih muda. Baik itu remaja ataupun anak-anak.Penyebab utama asam urat tinggi adalah karena tingkat kadar asam urat yang ada di dalam tubuh terlalu banyak dan adanya ketidakmampuan organ ginjal untuk mengeluarkan asam urat dengan cepat. Tingkat asam urat yang tinggi bisa menyebabkan timbulnya rasa nyeri di persendian akan semakin menjadi.Bahkan, tidak jarang kasus penderita asam urat harus meregang nyawa akibat komplikasi asam urat, seperti batu ginjal atau gagal ginjal. Untuk itu, mengetahui penyebab asam urat sejak dini memang sangat penting.
Catat, Lima Sayuran Ini Bisa Turunkan Asam Urat
 – Selain dengan buah-buahan, beberapa jenis sayuran juga bisa digunakan untuk menurunkan asam urat tinggi. Untuk dapat menyembuhkan asam urat memang tidak bisa instan, pasti memerlukan waktu yang bisa dibilang cukup lama.Mengendalikan zat purin, adalah salah satu cara untuk tidak memperparah kondisi asam urat Anda. Salah satu upaya penurunan asam urat yang bisa Anda lakukan ialah dengan mencegah bertambah parahnya asam urat itu sendiri.Yaitu dengan mengonsumsi makanan maupun minuman yang baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Yang tentunya tidak akan memperparah keadaan asam urat Anda. Dan berikut lima jenis sayuran yang berpotensi baik untuk menurunkan asam urat tinggi Anda.Baca Selengkapnya ...
Lima Jus Lezat untuk Hilangkan Asam Urat dari Tubuh
 – Tingginya kadar asam urat dalam tubuh disebabkan ketika ginjal tidak dapat secara efektif mengeluarkannya melalui urine. Hal ini terjadi karena dua kondisi, pertama, saat kita mengonsumsi makanan yang mengandung banyak asam urat, kedua, ada beberapa masalah pada fungsi ginjal.Namun, kadar asam urat tinggi kebanyakan terjadi saat kita mengonsumsi makanan kaya protein atau asam urat. Kelebihan asam urat dikeluarkan oleh ginjal, namun sebagian masih dalam tubuh.Asam urat di dalam darah ini terakumulasi di sendi tubuh, kebanyakan terjadi pada sendi jari, seperti jari kaki, pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, dan siku. Kondisi ini dikenal sebagai asam urat. Dalam kondisi ini, Anda akan mengalami rasa sakit, kemerahan dan pembengkakan di mana asam urat terakumulasi.
Tak Disangka, Timun Bisa Jadi Obat Asam Urat Paling Ampuh
 – Mempunyai riwayat asam urat tentu membuat Anda sedikit tersiksa. Tidak hanya tersiksa oleh rasa sakitnya, namun karena ketatnya pola makan yang perlu dijaga. Ada banyak makanan yang harus dipantang oleh penderita asam urat, seperti jeroan dan daging merah.Keduanya kaya akan kandungan purin yang bisa memicu asam urat semakin tinggi. Namun, ada juga makanan yang bagus untuk dikonsumsi karena memiliki zat yang bisa menurunkan kadar asam urat. Satu di antara banyaknya makanan yang bagus untuk penderita asam urat tersebut adalah timun.Lantas, manfaat apa sajakah yang bisa didapatkan penderita asam urat dari timun? Salah satunya timun bisa menambah  asupan air yang diperlukan oleh tubuh. Nyeri yang dirasakan penderita asam urat adalah akibat dari kadar asam urat yang tidak terkontrol. 
Pengobatan Asam Urat yang Paling Aman untuk Ibu Hamil
 – Meskipun jarang terjadi, namun bukan berarti ibu hamil tidak akan merasakan penyakit asam urat. Penyakit asam urat merupakan jenis penyakit umum, sehingga dapat terjadi juga pada ibu hamil sekalipun. Ciri-ciri asam urat yang muncul pada ibu hamil ditandai dengan nyeri dan kram pada kaki saat malam hari, terutama jempol kaki. Jika sudah terlalu parah, akan muncul kemerahan pada kulit yang menandakan bahwa tingkat asam urat tinggi.Bagi seorang ibu, kehamilan merupakan suatu hal yang sangat ditunggu-tunggu serta merupakan anugrah yang telah diidam-idamkan. Namun sudah tidak menutup kemungkinan lagi bahwa masa-masa kehamilan sangat rentan terkena penyakit. Salah satunya seperti asam urat ini. Penyakit asam urat merupakan jenis penyakit yang menyerang sistem persendian.Asam urat diakibatkan oleh penumpukan zat asam dari dalam tubuh di dalam sendi. Sehingga akan menimbulkan rasa sakit yang amat sangat jika asam urat tersebut telah menumpuk. Sayuran berserat tinggi sangat dianjurkan untuk penderita asam urat.
Alasan Penderita Asam Urat Perlu Lakukan Operasi
 – Penyakit asam urat merupakan kondisi di mana terjadinya radang sendi karena tingginya kadar asam urat. Seperti yang sudah diketahui, kadar asam urat tinggi dalam tubuh bisa memunculkan tumpukan kristal asam urat di sekitar sendi yang pada akhirnya mengakibatkan peradangan.Kristal asam urat di bagian persendian ini bisa bersatu membentuk benjolan berisi kristal yang disebut tofi. Tofi yang masih relatif kecil bisa dihilangkan jika kadar asam urat dalam darah terkendali. Tapi, jika tofi sudah berukuran besar perlu terapi yang lebih besar lagi yaitu berupa pembedahan atau operasi.Jika kondisi asam urat Anda sudah parah bahkan sampai terbentuk benjolan-benjolan, maka tindakan yang lebih serius yakni pembedahan penting dilakukan demi menyembuhkan penyakit asam urat supaya tak berkembang menjadi lebih parah lagi. Berikut ini merupakan beberapa indikasi pentingnya dilakukan operasi pengangkatan tofi.
4 Fungsi Asam Urat Bagi Tubuh yang Perlu Anda Tahu
 – Asam urat adalah produk akhir dari metabolisme purin yang bisa ditemukan pada DNA dan juga RNA di setiap sel dalam tubuh. Selain itu, purin juga bisa ditemukan pada makanan, seperti jeroan dan daging. Seperti produk akhir lainnya, asam urat juga harus dibuang atau dieksresikan.Asam urat dikeluarkan oleh tubuh melalui urin dan feses. Asam urat yang dikeluarkan melalui urin sebanyak 70% dan sisanya 30% dikeluarkan melalui feses. Sebab itu, jika ginjal mengalami gangguan maka akan memengaruhi kadar asam urat dalam tubuh.Hal tersebut karena, asam urat kebanyakan dieksresikan melalui urin. Meski asam urat hanyalah produk sisa yang harus dikeluarkan, tapi ternyata asam urat mempunyai beberapa fungsi pada tubuh. Kira-kira, apa saja sih fungsi asam urat itu sendiri?
Anda Harus Tahu, Perbedaan Asam Urat dan Kolesterol Tinggi
 – Asam urat dan kolesterol merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh gangguan suatu senyawa dalam tubuh. Pada dasarnya, asam urat dan kolesterol tak berbahaya apabila kadarnya masih dalam kondisi yang normal.Tapi, bila asupan purin penyebab asam urat serta kolesterol jahat penyebab kolesterol terlalu banyak masuk ke dalam tubuh, maka akan memunculkan hal yang cukup berbahaya dan amat sangat tidak nyaman.Asam urat dan kolesterol ini sebenarnya saling berhubungan, lantaran biasanya bagi mereka yang mempunyai kolesterol secara tak langsung juga akan terkena asam urat karena ada penyumbatan darah oleh kolesterol. Lantas, apa perbedaan asam urat dan kolesterol? 
Empat Dampak Asam Urat dan Kolesterol Tinggi
 – Sekilas, memang asam urat dan kolesterol tidak terlihat terkait satu sama lain. Banyak orang tidak memahami adanya kaitan erat antara kedua penyakit tersebut, sehingga tidak memahami bagaimana kolesterol dapat memengaruhi asam urat.Keduanya kemungkinan terjadi akibat pola makan yang salah. Jenis makanan yang memicu kolesterol merupakan jenis makanan yang juga memicu asam urat, seperti misalnya jeroan dan daging merah. Jeroan dan daging merah memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi, sekaligus juga memiliki kandungan protein yang susah dicerna sehingga membentuk residu purin yang lebih banyak.Lantas, bagaimana dampak komplikasi asam urat dan juga kolesterol bagi penderitanya? Tentu saja, dampak asam urat dan kolesterol hampir sama dan biasanya saling berkaitan. Berikut ini terdapat dampak mengerikan dari asam urat dan kolesterol tinggi yang perlu Anda tahu.Baca Selengkapnya ... 
Lima Makanan Ini Mampu Kurangi Asam Urat dan Batu Ginjal
 – Anda pasti pernah mendengar tentang asam urat bukan? Tapi, sangat sedikit yang benar-benar tahu apa artinya. Ya, asam urat dihasilkan dari kerusakan alami sel tubuh Anda dan dari makanan yang Anda konsumsi.Sebagian besar asam urat disaring oleh ginjal dan keluar dari tubuh melalui urine. Sejumlah kecil asam urat juga dikeluarkan dari tubuh melalui tinja. Namun, jika terlalu banyak asam urat diproduksi atau ginjal tidak bisa mengeluarkannya dari darah secara normal, maka kadar asam urat dalam darah akan meningkat.Akibatnya, kristal padat terbentuk di dalam persendian, yang mengakibatkan kondisi nyeri atau disebut gout. Asam urat tinggi juga bisa menyebabkan batu ginjal atau gagal ginjal. Berikut beberapa makanan menakjubkan yang dapat mengurangi asam urat dan mencegah batu ginjal.
Sepuluh Makanan Penurun Asam Urat dan Kolesterol Tinggi
 – Angka asam urat dan kolesterol yang tinggi kerap menjadi keluhan terutama orangtua atau lansia. Orangtua biasanya merasa tidak nyaman karena asam urat dan kolesterol yang tinggi membuat tubuh menjadi lemah.Kolesterol juga dapat meningkatkan beberapa risiko penyakit, seperti jantung, stroke, hipertensi, dan diabetes. Sedangkan asam urat berkaitan dengan pembentukan kristal di dalam ginjal sehingga fungsi ginjal bisa berkurang. Jadi, kolesterol dan asam urat tinggi bisa memunculkan dampak penyakit komplikasi.Hal terpenting untuk mengatasi angka asam urat dan kolesterol yang tinggi yaitu dengan mengendalikan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Berikut merupakan beberapa jenis makanan yang dapat membantu tubuh menurunkan kadar asam urat dan kolesterol.
Ketahui, Empat Penyebab Batu Asam Urat
 – Batu asam urat yang disebut juga dengan batu ginjal asam urat, adalah kelainan yang terjadi akibat dari konsentrasi asam urat yang ada di dalam urine. Biasanya, batu asam urat dalam ginjal akan ditemukan pada 10 -15 persen penderita penyakit asam urat.Jika kadar asam urat dalam darah lebih dari 13 mg, maka akan menyebabkan adanya batu asam urat. Sementara asam urat adalah salah satu penyakit yang diakibatkan oleh adanya penumpukan purin dalam tubuh lalu memicu kenaikan pada zat asam dalam tubuh. Sehingga, memunculkan penyakit asam urat. Berikut uraian mengenai penyebab batu asam urat.Kehilangan banyak cairan. Batu ginjal asam urat biasanya terbentuk akibat seseorang sudah kehilangan banyak sekali cairan. Sehingga, batu asam urat dapat terbentuk ketika urine terus-menerus dalam kondisi asam, biasanya hal ini dapat dipicu oleh mereka yang menjalani diet protein yang terlalu tinggi.
Lima Hidangan Laut yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat
Asam urat bisa diartikan sebagai sisa kandungan makanan yang sudah dikonsumsi, penyakit ini biasanya menyerang orang usia lanjut. Sama halnya dengan penyakit kolesterol, penyakit asam urat juga mampu memicu munculnya penyakit lain, seperti gagal ginjal dan diabetes.Untuk menghindari bahaya penyakit asam urat tersebut, Anda bisa menghindari makanan pemicu asam urat berlebih di dalam tubuh. Makanan yang wajib kita hindari sebagai penyebab asam urat paling tinggi yaitu makanan laut atau seafood.Banyak jenis makanan laut yang harus Anda waspadai sebagai penderita asam urat. Ikan salmon boleh saja menjadi pengecualian, karena salmon diperkaya oleh kandungan asam lemak omega 3. Sebisa mungkin, hindarilah 5 makanan laut penyebab asam urat berlebih dalam tubuh berikut ini.
Penderita Asam Urat dan Kolesterol Dilarang Keras Makan Ini
 – Apabila kolesterol dalam darah tinggi, ada kecenderungan Anda juga bisa mengidap asam urat. Sebab itu, jaga agar kadar asam urat dan juga kolesterol tidak meningkat dengan menjauhi atau mengurangi beberapa jenis makanan.Asam urat merupakan radang sendi yang dapat menyebabkan sendi mendadak terasa perih, nyeri, kaku, dan bengkak. Menurut reumatologi, penyakit asam urat memiliki hubungan dengan sejumlah masalah metabolisme. Salah satunya yaitu kolesterol.Kolesterol dipercaya mampu meningkatkan atau menjadi faktor risiko berkembanganya asam urat. Salah satu cara agar kadar asam urat dan kolesterol dalam darah tetap stabil yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat. Seperti menjaga pola makan dan rajin berolahraga. Ada beberapa makanan yang dapat membuat asam urat dan kolesterol menjadi tinggi. Apa saja?
Tujuh Cara Kontrol Asam Urat dalam Tubuh
Asam urat merupakan bahan kimia yang diproduksi ketika tubuh kita memecah partikel makanan yang mengandung purin, yang merupakan senyawa organik. Sebagian besar asam urat dilarutkan dalam darah, disaring melalui ginjal, dan keluar bersama dalam urine.Kadang-kadang, tubuh memproduksi asam urat berlebih atau tidak mampu menyaringnya. Gangguan ini disebut hyperuricemia, yang terjadi ketika kita memiliki terlalu banyak asam urat dalam tubuh. Kelebihan kadar asam urat umumnya terkait dengan kondisi yang disebut gout, yang merupakan bentuk arthritis deposit kristal asam urat dalam sendi .Hal ini menyebabkan pembengkakan pada sendi ditambah dengan rasa sakit, terutama di kaki. Asam urat yang tinggi, juga dapat menyebabkan penyakit ginjal, hipertensi atau penyakit kardiovaskular. Asam urat tinggi dapat disebabkan oleh diet tinggi purin, asupan alkohol yang berlebihan, obesitas, tiroid kurang aktif, faktor genetik dan kondisi medis lainnya. Berikut tujuh cara untuk mengendalikan kadar asam urat dalam tubuh Anda.
Inilah Tanaman Ajaib Pelebur Asam Urat dan Kolesterol
Banyak orang yang menjadi salah paham dan menganggap bahwa asam urat adalah penyebab kolesterol atau sebaliknya. Padahal, sebenarnya asam urat dan kolesterol tidak mempunyai hubungan dan tidak saling berkaitan. Bahkan jelas organ tubuh yang menjadi serangan penyakit ini sangat berbeda.Dua jenis penyakit yang berbeda ini sering dikaitkan karena umumnya seseorang yang menderita kolesterol tinggi cenderung akan mengalami asam urat. Hal ini terjadi karena makanan yang mempunyai kandungan lemak sangat tinggi sudah pasti mempunyai kandungan purin juga.Sehingga saat seseorang mengalami kolesterol tinggi akibat tingginya lemak jenuh dalam tubuh, maka orang tersebut juga akan mengalami penyakit asam urat karena tingginya purin yang masuk ke dalam tubuh. Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman yang terbukti ampuh meleburkan penyakit asam urat dan kolesterol.Baca Selengkapnya...