Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Obati Batuk Kering dengan Jeruk Nipis

 – Batuk memang tidak dapat disepelekan begitu saja, karena batuk juga bisa menjadi banyak pertanda penyakit bahkan bisa dibilang segala pertanda penyakit bronkitis, TBC, dan lainnya. Batuk kering adalah kondisi batuk yang tidak disertai dengan adanya produksi lendir atau dahak.

Membahas masalah batuk kering, melakukan pengobatan tentu sangat perlu dilakukan. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengobati batuk kering, salah satunya dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan jeruk nipis.

Jeruk nipis atau memiliki nama ilmiah Citrus aurantifolia merupakan jenis tumbuhan yang tersebar di Asia dan Amerika Tengah. Di mana buah yang kaya akan khasiat ini juga dapat dijadikan sebagai obat batuk tradisional karena mengandung minyak atsiri dan zat lainnya yang bisa mengontrol otot-otot di pernapasan.

Read Full Article
Atasi Batuk Anak dengan Cara Tepat dan Aman
Aktivitas buah hati Anda terganggu gara-gara batuk? Batuk merupakan reaksi tubuh dalam mengeluarkan benda asing, debu maupun lendir dari paru-paru maupun saluran napas atas.Penyebab batuk pada anak sangatlah beragam, di antaranya polusi, debu, makanan yang tidak higienis, makanan berbahan kimia, dan gaya hidup yang tidak sehat. Jenis batuk pada anak sangat beragam, namun apapun jenisnya, batuk pada anak seringkali membuat orangtua merasa cemas.Karena batuk, selain membuat nafsu makan anak berkurang juga mengganggu waktu istirahat anak. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya penanganan yang tepat agar batuk segera sembuh dan anak bisa kembali beraktivitas dengan ceria.
Cara Memanfaatkan Jeruk Nipis untuk Obati Asam Urat
 – Beberapa orang seringkali merasa kebingungan ketika mereka diminta untuk membedakan lemon dengan jeruk nipis. Keduanya memang termasuk dalam genus yang sama, tapi jelas keduanya tidak sama.Kabarnya, jeruk nipis adalah jenis jeruk yang pertama ditemukan di Indonesia. Lalu jeruk nipis ini diperkenalkan oleh pedagang yang singgah di tanah air dan membawanya ke jalur perdagangan Mediterania.Di balik sejarahnya yang cukup menarik, ternyata jeruk nipis memiliki banyak manfaat, terutama untuk mereka yang menderita penyakit asam urat. Berikut adalah manfaat jeruk nipis untuk asam urat.
Batuk Tak Kunjung Sembuh? Obati dengan Lemon dan Madu
 – Anda terserang batuk? Mungkin yang Anda lakukan pertama kali adalah mencari dan membeli obat batuk, untuk menghilangkan batuk yang terjadi. Namun apakah obat batuk benar-benar terbukti khasiatnya?Ternyata, obat batuk tidak menyembuhkan batuk, dan hanya meringankan batuk yang kita alami. Hal ini dikuatkan oleh dokter dari badan kesehatan nasional (NHS) Inggris, yang menyebutkan jika obat batuk hanya menghambur-hamburkan uang.Lalu apa obat batuk yang paling manjur? Mereka mengatakan, ramuan tradisional seperti lemon dan madu, adalah obat terbaik saat batuk menyerang.
Cara Menanam Jeruk Kingkit
 – Tanaman yang satu ini kerap dijadikan sebagai bonsai hias yang indah dan berharga mahal. Ada beberapa cara menanam jeruk kingkit, diantaranya dengan metode sebar benih, stek batang dan cangkok batang. Kini, sudah mulai banyak orang yang belajar bagaimana cara mencangkok dan stek jeruk kingkit.Beberapa orang juga mulai tertarik dan belajar bagaimana merawat bonsai jeruk kingkit. Nama latin jeruk kingkit disebut Triphasia Trifolia, yang juga disebut limberi atau limau berry, kerabat dekat jeruk. Tanaman ini merupakan spesies Triphasia dari keluarga Rutaceae, tumbuhan asli yang berasal dari Asia Tenggara.Jeruk kingkit paling banyak dibudidayakan di Malaysia dan Indonesia. Nama lain jeruk kingkit disebut limau kiah, limau kunci, kalijage, kingkip. Juga disebut jeruk rante, lemo-lemo, dan joji koyo. Tanaman ini dianggap sebagai semak, dan tumbuh setinggi 3 meter. 
Dua Cara Sembuhkan Ambeien dengan Jeruk Nipis
 – Tahukah Anda, jeruk nipis ternyata dapat menyembuhkan ambeien? Siapa yang tidak mengenal jenis buah yang satu ini. Salah satu jenis buah yang dapat dijadikan jus serta menjadi kegemaran di masyarakat tentunya.Bernama latin Citrus Aurantifolia atau lebih dikenal dengan sebutan jeruk nipis. Merupakan jenis tumbuhan yang termasuk keluarga jeruk-jerukan ini memang tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Pohon berbentuk mini dan bercabang serta memiliki duri ini tumbuh tersebar di Asia dan Amerika Tengah.Dengan mencapai tinggi hanya 3 – 6 meter, daun lonjong, dan tangkai daun bersayap loncong. Jeruk nipis ini kaya akan asam sitrat dan vitamin C. Tidak heran, karena rasanya yang masam ini menjadikannya banyak digemari masyarakat.
Cara Praktis Buat Minuman Detoks dari Jeruk Nipis
Jeruk nipis termasuk jenis tanaman herbal yang sering dibutuhkan orang. Baik untuk bumbu dapur, kesehatan dan pengobatan, maupun bahan pembersih. Mudah dikembangbiakan, sehingga tidak hanya petani jeruk nipis yang membudidayakannya, keluarga pun bisa bertanam jeruk nipis di sekitar rumah.Mencangkok merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan untuk mengembangkan tumbuhan ini. Bahkan anak sekolah pun sering mencangkok jeruk nipis sebagai kegiatan praktik di sekolah.Ini salah satunya dilatarbelakangi oleh manfaat dan kegunaan jeruk nipis dalam kehidupan sehari-hari. Dalam bidang kesehatan, jeruk nipis konon dapat dijadikan alternatif untuk pengobatan alami. Para netter menyebutnya dengan detoksifikasi, yaitu proses pengeluaran bahan bersifat racun dalam tubuh.
Tips Cantik dengan Jeruk Nipis dalam 10 Menit
Semua orang pasti sudah tahu dengan buah ini. Buah yang memiliki rasa asam ini sering kita jumpai sebagai minuman, penambah aroma untuk soto, dan lain sebagainya. Jeruk nipis sangat akrab dengan ibu rumah tangga.Pasalnya, selain menjadi penyedap rasa pada makanan, jeruk nipis juga memiliki khasiat yang luar biasa. Salah satunya adalah untuk kesehatan dan kecantikan. Jeruk nipis mengandung kandungan vitamin C yang tinggi. Selain vitamin C, terdapat juga beberapa vitamin lain seperti B1, B3, B6, dan A, serta asam pantotenat.Selain vitamin, terdapat juga kandungan mineral yang cukup tinggi dalam satu buah jeruk nipis. Mineral-mineral tersebut antara lain, kalsium, magnesium, dan kalium. Ketiganya sangat penting untuk menunjang kerja harian tubuh. Oleh karena itu, konsumsi jeruk nipis menjadi sangat penting bagi kesehatan manusia.
Cara Alami Mengatasi Alergi pada Seafood
.co.id – Tidak sedikit orang yang mengalami alergi, ketika mengonsumsi makanan seafood. Seafood memang sering menjadi pemicu terjadinya alergi di kulit. Gejala alergi terhadap makanan seafood yaitu ditandai dengan rasa gatal-gatal di kulit, batuk atau yang parah lagi yaitu kesulitan bernapas.Jika Anda termasuk salah satu orang yang alergi seafood jangan khawatir, karena ada cara alami yang bisa membantu Anda. Salah satunya dengan memanfaatkan jeruk nipis. Penggunaan jeruk nipis atau lemon sangat membantu untuk semua jenis alergi.Lemon atau jeruk nipis adalah salah satu makanan terbaik yang dapat menyembuhkan alergi terhadap makanan laut, seperti udang dan kerang. Ketika Anda mengalami gejala seperti gatal-gatal, segera minum segelas air hangat ditambah dengan jus lemon. Ini bisa mengurangi timbulnya ruam kulit pada tubuh Anda.
Jeruk Nipis, Cara Baru Obati Penderita Encok
 – Sebenarnya rasa nyeri, panas, kemerahan, dan bengkak pada pangkal jari, kaki, lutut, pergelangan kaki, tangan dan siku, merupakan suatu ciri terkena encok.Encok adalah suatu penyakit yang diakibatkan oleh penumpukan kristal asam urat di dalam jaringan ikat yakni antara dua tulang maupun di dalam tulang. Namun, hal ini dapat dicegah dengan kandungan yang ada pada jeruk nipis.Jeruk nipis atau memiliki nama latin citrus aurantifolia dikenal sebagai salah satu tanaman yang kaya akan manfaat. Di mana buahnya berasa pahit, asam, dan sedikit dingin, namun manfaat di dalamnya sangatlah beragam, salah satunya sebagai obat encok.
Setangkai Serai Ternyata Dapat Sembuhkan Batuk
 – Semua orang pernah batuk dan biasanya tidak berlangsung lama, tetapi ada juga batuk yang berlangsung lama. Sebenarnya batuk dipengaruhi oleh virus yang hingga saat ini belum ada obat yang benar-benar mampu menyembuhkannya.Hampir banyak orang saat musim pancaroba seperti ini kerap terserang batuk. Di mana batuk adalah salah satu penyakit tahunan yang sudah tidak asing lagi diderita. Apalagi saat pergantian musim dari musim panas ke musim hujan.Bagi Anda yang saat ini menderita batuk, kali ini kami akan memberikan solusi cara mengobati batuk dengan memanfaatkan bahan alami, salah satunya yaitu dengan menggunakan serai.
Obati Batuk Kering dengan Jeruk Nipis
 – Batuk memang tidak dapat disepelekan begitu saja, karena batuk juga bisa menjadi banyak pertanda penyakit bahkan bisa dibilang segala pertanda penyakit bronkitis, TBC, dan lainnya. Batuk kering adalah kondisi batuk yang tidak disertai dengan adanya produksi lendir atau dahak.Membahas masalah batuk kering, melakukan pengobatan tentu sangat perlu dilakukan. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengobati batuk kering, salah satunya dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan jeruk nipis.Jeruk nipis atau memiliki nama ilmiah Citrus aurantifolia merupakan jenis tumbuhan yang tersebar di Asia dan Amerika Tengah. Di mana buah yang kaya akan khasiat ini juga dapat dijadikan sebagai obat batuk tradisional karena mengandung minyak atsiri dan zat lainnya yang bisa mengontrol otot-otot di pernapasan.
Campuran Madu dan Lemon Efektif Sembuhkan Batuk Berdahak
Batuk berdahak terjadi saat paru-paru Anda mengalami infeksi, sehingga memproduksi dahak lebih dari kadar normal. Akibatnya, ada dahak di tenggorokan yang keluar ketika Anda batuk. Batuk ialah cara alami tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari dahak agar bisa bernapas dengan lebih lega.Umumnya, batuk berdahak disebabkan oleh pilek, sinusitis, dan pneumonia. Akan tetapi kondisi ini juga bisa menjadi tanda dan gejala penyakit bronkitis kronis, asma, dan gagal jantung. Semakin lama batuk menetap, maka semakin tinggi pula risiko Anda mendapat penyakit yang lebih serius.Keadaan ini lebih berisiko terjadi pada perokok dan orang yang mempunyai kekebalan tubuh rendah. Maka dari itu, Anda membutuhkan beberapa ramuan untuk menjaga tubuh Anda agar tetap kuat dan tak mudah terserang batuk. Jadi, Anda hanya perlu memanfaatkan madu dan lemon sebagai ramuan obat batuk Anda.
5 Buah Ini Mampu Mengatasi Batuk Gatal dan Kering
Setiap tubuh manusia memiliki sistem kekebalan yang berperan untuk mencegah masuknya bakteri ke dalam tubuh atau gangguan dari luar tubuh, layaknya batuk. Batuk ringan pada umumnya bisa sembuh dengan sendirinya selama maksimal tiga minggu, tanpa harus diberi obat-obatan tertentu.Ada banyak faktor penyebab batuk, kebanyakan pemicu terjadinya batuk gatal dan kering adalah alergi atau iritasi. Sebenarnya, penyakit batuk bisa disembuhkan dengan obat-obatan alternatif yang telah tersedia di pasaran.Namun selain itu banyak juga cara alami untuk menghilangkan batuk gatal dan kering, yakni dengan memanfaatkan beberapa jenis buah-buahan yang cukup mudah Anda dapatkan. Di bawah ini adalah beberapa buah-buahan yang bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati sakit batuk gatal dan kering.
Resep Mujarab Ini Sembuhkan Batuk Kering dalam Sehari
Batuk kering bisa membuat Anda jengkel. Ada rasa gatal di sekitar tenggorokan dan dada, yang membuat tidak nyaman dan kadang-kadang menyebabkan rasa sakit.Sebagian besar dari kita juga pasti pernah merasakannya, setidaknya sekali dalam hidup. Ada beberapa penyebab batuk kering. Tapi biasanya batuk kering karena ada penyumbatan di tenggorokan, yang menyebabkan Anda batuk terus menerus.Untuk mengobatinya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Salah satu cara untuk menghilangkan batuk kering ini adalah, dengan membeli obat yang banyak di warung. Namun, obat-obatan mengandung bahan kimia, yang bisa menyebabkan efek samping.
Khasiat Jeruk Nipis untuk Meredam Asam Urat
Makanan yang mengandung zat purin seperti kembang kol, bayam, dan kacang polong dapat memicu risiko terkena asam urat atau gout. Persendian biasanya akan terasa nyeri, bengkak, dan meradang.Hal ini masih bisa dicegah dengan kandungan asam nitrat pada jeruk nipis. Jeruk nipis merupakan salah satu jenis jeruk yang rasanya asam. Memiliki kandungan asam nitrat untuk melarutkan uric acid penyebab asam urat.Jeruk nipis bisa diolah menjadi minuman segar yang dicampur dengan air dan dikonsumsi dua kali sehari. Jeruk nipis berkhasiat untuk melarutkan asam urat secara alami, sehingga jeruk nipis sering disebut sebagai obat asam urat alami.
Lima Obat Batuk Terbaik yang Ada di Dapur Anda
 – Batuk bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, dan tentunya sulit untuk disembuhkan. Batuk merupakan tindakan protektif dari tubuh dan biasanya disebabkan oleh iritasi di tenggorokan. Meski batuk dapat membantu Anda pulih dari flu dan pilek, tetapi batuk kronis berbahaya, karena dapat menjadi pertanda masalah yang lebih besar.Batuk kronis dapat disertai dengan banyak gejala, termasuk suara serak, berkeringat saat malam hari, hidung berair, nyeri ulu hati, sesak napas, mengi, dan muntah. Secara umum, batuk disebabkan oleh pilek, flu, infeksi, bronkitis, asma, GERD, dan emfisema.Kebanyakan orang mencoba meredakan batuk dengan minum sirup dan tablet hisap. Tetapi, sebenarnya obat-obat ini memiliki berbagai efek samping. Sebenarnya, ada banyak solusi alami yang dapat membantu mengobati batuk Anda tanpa efek samping dan tanpa merusak kesehatan Anda.  Apa saja itu?
Budidaya Jeruk Nipis di Pekarangan Rumah
Tanaman herbal, seperti jeruk nipis memang banyak dibutuhkan dalam kehidungan sehari-hari.Jeruk nipis sering dijadikan sebagai alternatif pengobatan. Selain itu dapat juga sebagai bahan minuman kesehatan. Misalnya, jeruk nipis menjadi minuman detoks untuk kesehatan tubuh.Buah jeruk nipis juga sebagai bahan bumbu penyedap di dapur. Bagi keluarga, untuk memenuhi kebutuhan akan jeruk nipis tak harus dibeli di pasaran.
Ini Dia Obat Batuk Paling Ampuh dan Tidak Ada Efek Samping
 – Anda terserang batuk? Mungkin yang Anda lakukan pertama kali adalah mencari dan membeli obat batuk, untuk menghilangkan batuk yang terjadi. Namun apakah obat batuk benar-benar terbukti khasiatnya?   Ternyata, obat batuk tidak menyembuhkan batuk, dan hanya meringankan batuk yang kita alami. Hal ini dikuatkan oleh dokter dari badan kesehatan nasional (NHS) Inggris, yang menyebutkan jika obat batuk hanya menghambur-hamburkan uang.Lalu apa obat batuk yang paling manjur? Mereka mengatakan, ramuan tradisional seperti lemon dan madu, adalah obat terbaik saat batuk menyerang.
Atasi Rambut Kering dengan Minyak Zaitun dan Telur
 – Rambut kering merupakan masalah yang cukup serius, terutama bagi wanita. Hal ini karena, rambut kering selain membuat penampilan menjadi tak maksimal, rambut kering juga akan menyebabkan berbagai masalah rambut lainnya.Berbicara tentang rambut kering, rambut kering disebabkan karena kurang perawatan atau salah perawatan. Rambut kering bisa terjadi karena keadaan rambut yang kekurangan nutrisi, sehingga kering, atau bisa juga karena terlalu sering keramas.Rambut kering juga bisa terjadi, karena terlalu sering terpapar sinar matahari. Sebelum keadaan rambut kering semakin buruk, baiknya masalah rambut kering harus segera diatasi. Untuk mengatasi masalah rambut kering ada banyak caranya. Apa saja itu caranya?
Jangan Bersihkan Serabut Putih pada Jeruk, Ini Manfaatnya
.co.id – Setelah mengupas jeruk, kebanyakan orang akan membersihkan serabut yang menempel pada daging buah jeruk. Cara ini dilakukan, agar daging buah jeruk lebih bersih dan terasa manis. Padahal, dalam serabut putih yang menempel pada jeruk tersebut, justru terkandung banyak manfaat ajaib untuk kesehatan.Pasti Anda merasa kaget, bagaimana mungkin serabut yang membuat rasa jeruk jadi agak pahit ini justru bermanfaat bagi kesehatan?  Serabut putih pada buah jeruk mengandung flavonoida, di mana di dalamnya terdapat satu zat yang bernama naringenin.Naringenin dalam buah jeruk ampuh merangsang pembakaran lemak yang berlebihan pada tubuh, sehingga ampuh untuk mencegah obesitas atau kegemukan dan membuat tubuh jadi lebih langsing lagi.
Jeruk Nipis, Cara Ampuh Atasi Asam Lambung
 – Penyakit asam lambung atau Gastroesopjageal Reflux Disease(GERD) adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus. Asam lambung atau GERD, pada umumnya disebabkan oleh tidak berfungsinya Lower Esophageal Sphinchter(LES) atau lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus.Pengobatan penyakit asam lambung ada berbagai macam, dimulai dari penanganan sendiri, obat dari dokter, hingga prosedur operasi. Mungkin Anda belum mengetahui ada juga pengobatan yang secara alami serta mudah untuk ditemukan yaitu dengan jeruk nipis.Semua orang pasti sudah tahu seperti apa jeruk nipis dan pastinya sudah merasakannya. Jeruk nipis biasanya digunakan sebagai minuman yang menyegarkan serta memiliki banyak manfaat, salah satunya menyembuhkan asam lambung.
Keluarkan Lendir dari Paru-paru dalam Semalam dengan Ini
Flu dan batuk. Kita semua tahu bahwa keduanya adalah penyakit ringan. Tetapi, jika Anda mengabaikannya dan tidak mengobatinya tepat waktu, kedua penyakit yang sering dianggap sepele ini bisa berubah menjadi penyakit yang berbahaya.Apalagi jika Anda mengalami batuk kering, ini akan lebih menyiksa, karena akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Dan hal terburuknya, Anda tidak dapat berkonsentrasi pada apapun yang Anda kerjakan. Batuk kering juga sangat mengganggu orang-orang di sekitar Anda. Dan kondisinya menjadi lebih buruk 3 kali lipat di malam hari.Batuk tidak akan membiarkan Anda tidur dengan nyenyak. Kebanyakan orang yang menderita batuk, pasti akan membeli obat-obatan, terutama sirup obat batuk. Tapi, Anda harus tahu, sebagian besar obat batuk hanya akan menekan sinyal transmisi ke otak yang memicu batuk.
Trik Mudah Atasi Telat Haid dengan Jeruk Nipis
Telat haid menjadi salah satu ciri kehamilan yang paling umum terjadi pada wanita. Meskipun demikian telat haid juga bisa berarti lain. Bisa saja telat haid disebabkan oleh faktor lain, seperti misalnya mengalami gangguan hormon.Siklus haid antara wanita satu dengan yang lain umumnya akan berbeda. Secara normal, siklus haid terjadi setiap 21 hingga 35 hari dengan rata-rata waktu haid 3 sampai 7 hari. Untuk mengatasi telat haid, Anda dapat memanfaatkan beberapa ramuan tradisional yang sangat mudah dan terjangkau, salah satunya jeruk nipis.Jeruk nipis memiliki kandungan yang diketahui mampu membantu wanita yang sering telat haid. Jeruk nipis memiliki kandungan yang sangat luar biasa, di antaranya zinc, asam askorbat, mineral, fosfor, kalori, kalsium, dan zat lainnya yang diperlukan tubuh.