Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Cara Mendeteksi Akun Bot di Twitter

.co.id – Anda sering menggunakan layanan Twitter? Bila ya, maka informasi kali ini mungkin perlu Anda perhatikan lebih seksama.

Tahukah Anda, bila ternyata dari hasil penelitian para ilmuwan di University of Southern California (USC) dan Indiana University, mendapati hampir 15 persen akun pengguna media sosial Twitter atau sekitar 48 juta akun di seluruh dunia diperkirakan sebagai akun robot atau yang lebih dikenal dengan sebutan Twitter bot.

Apa Itu Twitter bot? Twitter bot adalah sebutan untuk akun Twitter yang dibuat dengan menggunakan program atau perangkat lunak tertentu. Fungsi dari Twitter bot sendiri adalah untuk melakukan tweet terporgram dan tugas lainnya secara otomatis. Apakah Twitter bot berbahaya?

Baca selengkapnya...

Read Full Article
Cara Menangkal Akun Kloningan dan Berita Hoax
Kebablasannya memahami demokrasi ternyata membuat rakyat Indonesia, terutama di internet sudah melampaui norma hukum positif dan norma agama. Pengguna internet di Indonesia, yang disebut netizen ini sekarang sudah menjadi hakim dalam segala urusan.Tak tanggung-tanggung, sampai urusan keluarga artis ikut men-judge, apalagi soal pemerintahan, agama, dan lain sebagainya. Bahkan pemerintah sendiri sudah kerepotan menangani netizen Indonesia. Netizen di Indonesia terutama yang berselancar di media sosial, seperti Facebook, Twitter, GooglePlus, dan kawan-kawannya, tidak semua berakun asli.Mereka memang sengaja membuat akun abal-abal. Motivasi membuat akun kloningan seperti itu, maaf kalau langsung saya ikutan judge, karena uang. Ada keuntungan di dalamnya. Lain cerita akun asli yang memang kerap bergerilya membela seseorang yang menurutnya baik, benar, dan memang patut didukung. Mungkin karena kriminalisasi oleh pihak tertentu. Akun yang demikian tidak bersembunyi di akun kloningannya, ia berani menampakkan wujudnya.
Ini Tagar Paling Populer di Twitter 2015
Twitter adalah salah satu jejaring sosial terpopuler kedua di Indonesia setelah Facebook. Pada 2015, banyak sekali percakapan yang memenuhi lini massa sepanjang tahun.Beberapa twit dan tagar bisa dibilang cukup ramai, bahkan sangat ramai. Pihak jejaring sosial tersebut akhirnya membuat infografik apa saja yang ramai di platform tersebut selama tahun ini.Pihak Twitter menginformasikan di blog-nya dan memaparkan infografik apa saja yang tren di Twitter Indonesia selama kurun waktu 2015, melalui tagar #YearOnTwitter. Dan berikut ini tagar paling populer di Twitter Indonesia pada 2015.
Wawancara dengan Akun Fenomenal Info Twitwor
 – Kembali lagi mewawancarai @InfoTwitwor, akun fenomenal di Twitter saat ini. Ada beberapa alasan, kenapa ingin mewawancari mereka. Pertama, karena tahun ini adalah tahun politik, situasi twitwar pasti memanas. Kedua, memastikan akun tersebut tidak berubah wujud menjadi akun buzzer politik.Dan terakhir, adanya rahasia seputar asmara. Satu per satu rahasia terkuak dalam wawancara ini. Jauh lebih menarik dibanding wawancara pertama pada pertengahan 2017, yang berjudul “Misteri di Balik Akun InfoTwitwor (Eksklusif)”.Admin akun dengan jumlah followers 82 ribu ini menceritakan semuanya dengan begitu jelas. Menurutnya, twitwar politik makin tak terkendali. Makanya, Minwor sebisa mungkin menghindarinya. Walau, banyak yang mengirim pesan, meminta agar Minwor meramaikannya.
Hindari Promosi di Media Sosial dengan 7 Cara Ini
 – Beberapa akun online shop atau toko online di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, kerap membuat banyak orang merasa sebal. Alasannya, akun tersebut melakukan berbagai cara promosi yang menyebalkan dan mengganggu kenyamanan dalam bermedia sosial.Tidak jarang, pengguna media sosial yang merasa terganggu akan memblokir akun-akun online shop yang suka seenaknya dalam melakukan promosi. Bukannya mendapatkan perhatian secara positif, cara-cara promosi yang terlalu berlebihan akan membuat bisnis Anda dicela.Untuk itu, bagi Anda yang menggunakan media sosial sebagai sarana untuk memasarkan produk maupun jasa bisnis Anda, sebaiknya hindari cara-cara promosi yang mengganggu orang lain. Silakan Anda simak contoh-contohnya di bawah ini.
Waspadalah dengan Modus Penculikan Anak Terbaru
 – Baru-baru ini saya dikejutkan dengan kabar penculikan anak dengan modus terbaru. Berakting dengan berpura-pura kenal dan terlalu ramah. Penculik zaman sekarang, mungkin ikutan kelas drama sebelum melancarkan misinya menculik anak orang.Saya cukup waswas juga, setelah membaca berita dari akun gosip di berbagai media massa. Seperti di akun Instagram contohnya. Banyak akun yang membeberkan sebuah kejadian yang dialami oleh seorang ibu yang hampir saja mengalami kejadian anaknya diculik orang.Dalam postingan ini akun tersebut mengunggah status Facebook seorang Ibu yang saya juga tidak kenal sebenarnya, tapi nama akun Facebook Ibu itu adalah Pramestya Aniendita. Postingan di akun gosip ini dalam bentuk screenshotan status yang dibuat oleh Pramestya. Seperti apa isinya?Baca Selengkapnya ...
32 Juta Akun Dibobol, Twitter Imbau Pengguna Ganti Password
Siapa yang tak mengenal Twitter, hampir semua pengguna internet alias netizen di dunia memiliki akun sosial media berlambang burung biru ini. Bahkan diketahui pula, banyak perusahaan, tokoh dunia dari artis hingga beberapa presiden beberapa negara, juga menggunakan Twitter sebagai sarana komunikasi dan berbagi informasi.Berkaitan dengan media sosial online Twitter, maka berdasarkan informasi yang dikutip dari ZDNet, dikabarkan bahwa baru-baru ini sebanyak 32 juta akun Twitter diklaim telah dibobol oleh peretas asal Rusia yang menamai dirinya dengan sebutan "Tessa88".Selain itu, peretas ini juga mengatakan bertanggung jawab atas pembobolan jutaan akun MySpace, LinkedIn, dan Tumblr. Pada mulanya peretas berjuluk Tessa88 tersebut menyatakan, bahwa jumlah akun Twitter yang berhasil dibobol mencapai lebih dari 300 juta akun.
Empat Selebtwit yang Berpotensi Menyaingi Ketenaran Tsamara
.co.id – Ada empat fase dalam bermain Twitter. Pertama, Anda bikin. Kedua, Anda bingung ini media sosial macam apa terus meninggalkannya. Ketiga, Anda kembali lagi dan mulai paham apa serunya. Keempat, Anda ketagihan.Anda mulai cari akun-akun sensasional, yang kriterianya, antara sesuai passion atau memiliki pola pikir yang berbeda. Lalu scroll-scroll terus agar tak ketinggalan info dari akun sensasional idola Anda. Akun @TsamaraDKI adalah salah satu akun di Twitter yang ramai pengagumnya. Perempuan yang sudah berani terjun berpolitik kala usia muda itu memberikan warna berbeda di Twitter.Ia memberikan kesegaran dan cara pandang yang berbeda melalui cuitan-cuitannya yang unik. Tapi, dunia per-Twitteran tak hanya Tsamara Amany saja kok. Ada juga selebtwit perempuan yang tak kalah asyik dan keren. Apakah berpotensi menyaingi ketenaran Tsamara?Baca selengkapnya...
Cara Dapatkan Centang Biru di Akun Twitter dengan Mudah
Kita banyak melihat pengguna yang anonim atau setengah anonim menyebarkan kebencian, hate speech, berita hoax dan pertengkaran yang tidak berkesudahan. Di Indonesia lebih lagi dari itu, pernah karena "berkelahi" di Twitter menjadi benar-benar berkelahi di dunia nyata.Ini sesuatu yang sangat tidak lucu, karena pada dasarnya media sosial seperti Twitter dibuat untuk berbagi dan saling terhubung. Tentu harus ada upaya agar interaksi di Twitter bisa berjalan dengan baik.Untunglah, Twitter cukup memahami hal ini dengan merilis verified user untuk siapa saja. Ini artinya centang biru tersebut tidak lagi hanya diperuntukkan bagi sebagian pengguna, yang selama ini memiliki level ketenaran tertentu seperti artis atau selebritis, tetapi juga pengguna biasa yang mau memverifikasi akun mereka.
Andai Victor Kamang, Renne Nesa, dan Raden Rauf Jadi ‘Superhero’
 – Dua tahun terakhir ini, Twitter kembali ramai. Memang, penggunanya tidak seramai seperti di tahun 2009-2013. Namun, tetap saja, ada beberapa hal yang membuat kebangkitan Twitter kali ini pantas untuk kita rayakan. Misalnya saja, seperti seberapa pesatnya humor di Twitter itu sendiri berkembang.Dahulu, guyonan di Twitter hanya sekadar mencela jomblo atau single person saja. Atau mentok-mentok, penggemar sebuah tim sepak bola yang mencela penggemar tim sepak bola lainnya. Sementara, kini semakin beredar akun-akun yang suka melawak dengan nuansa politik.Atau, akun-akun yang berusaha dekat dengan milenial dengan menjadikan gaya hidup mereka sebagai bahan guyonan. Namun, dari sekian banyaknya tokoh panutan di Twitter-verse, ada tiga tokoh yang tak kalah asyik. Mereka adalah Renne Nesa (@makmummasjid), Victor Kamang (@victorkamang), dan Raden Rauf (@radenrauf).
Upayakan Akun Twitter Mendapat 'Badge Verified'
Sejak 2009, Twitter telah memberikan badge verified ini ke lebih dari 187.000 akun, atau sekitar 0,06 persen dari 310 juta akun yang ada. Akun CDCgov adalah salah satu yang pertama kali diberikan badge verified karena memberikan informasi kesehatan kepada masyarakat yang otentik dan akurat.Ada juga NASAArmstrong, KimKardashian, Oprah, MilwaukeePolice, SF311, dan TonyHawk. Keuntungan dari badge ini bagi sebuah akun Twitter adalah lebih diunggulkan di jagat per-Twitter-an.Pasalnya, seseorang yang memiliki badge biru tersebut di akunnya, adalah mereka yang dianggap sebagai akun dari personal atau lembaga yang asli. Keberadaan badge verified ini merupakan langkah Twitter untuk menyaring, mana akun bot maupun akun palsu yang meniru personal yang asli.
Mudahnya Membuat Akun Paypal
Banyak perusahaan di dunia yang menggunakan pembayaran bisnis onlinenya menggunakan Paypal. Begitu juga dengan pembayaran pekerjaan tertentu banyak yang menggunakan akun Paypal. Sehingga bagi para onliner, blogger, dan lainnya, wajib memiliki yang namanya akun Paypal.Banyak orang yang belum mengetahui cara membuat akun Paypal karena berbagai sebab. Selain itu, banyak juga orang yang belum mengerti dan mempertanyakan keamanannya membayar, mengirim, atau bertransaksi menggunakan Paypal.Padahal, saya sendiri sudah membuktikan bahwa menerima pembayaran pekerjaan saya dari blog dan mengirim kepada orang lain, atau membeli barang secara online menggunakan Paypal, tidak mengalami masalah. Nah, bagi Anda yang akan membuat akun Paypal, berikut cara membuatnya.
Cara Efektif untuk Mendeteksi Kebohongan
Mungkin Anda sudah sering mendengar berbagai cara mengetahui atau mendeteksi kebohongan dengan memerhatikan gestur tubuh body language . Namun sayangnya gejala-gejala seperti menghindari kontak mata, memegang hidung, dan berbagai gerakan tangan, tidak memiliki hubungan sama sekali dengan ciri-ciri orang berbohong.Begitu pula dengan lie detector, jika sebuah alat bisa dengan akurat 100 persen mendeteksi pembohong mungkin penjara sudah penuh. Lie detector hanya bisa mendeteksi gejala sistem tubuh yang gugup atau gelisah, tidak ada bukti pasti kalau reaksi psikologis bisa membedakan antara kebenaran dengan kebohongan.Orang yang jujur bisa saja grogi saat menceritakan kebenaran. Sebaliknya, orang yang berbohong bisa saja menjawab dengan santai tanpa rasa gelisah sedikitpun. Lalu, bagaimana cara yang lebih efektif untuk mendeteksi kebohongan?
5 Orang Indonesia Pertama yang Memiliki Akun Twitter | Bacatulisan.com
Twitter merupakan salah satu jejaring sosial paling populer di dunia saat ini bersanding dengan facebook, friendster, myspace, dan google +. Sejak berdiri pada tanggal 21 Maret 2006 silam, sudah banyak sekali orang yang memiliki akun twitter. Indonesia yang termasuk negara dengan penduduk terbanyak pun tak mau ketinggalan. Nah yang menarik, apakah kamu tahu siapa saja orang Indonesia pertama yang membuat akun twitter?
Tips Amankan Akun Sosial Media dari Serangan Hacker
.co.id – Di era saat ini tampaknya hampir semua orang memiliki akun sosial media, entah itu Facebook, Instagram, Twitter, atau Path. Namun tak jarang pula para pengguna akun-akun tersebut menjadi sedikit resah lantaran ada beberapa oknum, misalnya para hacker yang dengan sengaja meretas akun tersebut yang kemudian dipergunakan untuk hal-hal tak bertanggung jawab.Oleh karena itulah, bagi para pengguna akun sosial media tampaknya harus lebih berhati-hati dalam mengamankan akunnya. Untuk itu, di sini kami akan bagikan ulasan seputar tips mengamankan akun sosial media dari serangan hacker. Nah, berikut ulasannya.Hindari menggunakan password umum. Apakah Anda pernah melakukan registrasi akun sosial media, kemudian saat hendak mengisi kolom password tiba-tiba terdapat tulisan yang menunjukkan kadar kekuatan atau keunikan dari password yang Anda tulis?
Cara Mendeteksi Akun Bot di Twitter
.co.id – Anda sering menggunakan layanan Twitter? Bila ya, maka informasi kali ini mungkin perlu Anda perhatikan lebih seksama.Tahukah Anda, bila ternyata dari hasil penelitian para ilmuwan di University of Southern California (USC) dan Indiana University, mendapati hampir 15 persen akun pengguna media sosial Twitter atau sekitar 48 juta akun di seluruh dunia diperkirakan sebagai akun robot atau yang lebih dikenal dengan sebutan Twitter bot.Apa Itu Twitter bot? Twitter bot adalah sebutan untuk akun Twitter yang dibuat dengan menggunakan program atau perangkat lunak tertentu. Fungsi dari Twitter bot sendiri adalah untuk melakukan tweet terporgram dan tugas lainnya secara otomatis. Apakah Twitter bot berbahaya?Baca selengkapnya...
Parah, Ternyata Akun Twitter Katy Perry Dibajak
Lagi-lagi hacker sukses menjebol akun sosial media selebritis. Kali ini giliran Katy Perry yang akun Twitter-nya dibajak pada hari Senin kemarin. Lebih isengnya lagi, sang pembajak pun nge-tweet Miss you baby taylorswift .Pasti semua orang sudah tahu kalau selama ini hubungan Katy Perry dan Taylor Swift tidak begitu baik. Katy dan Taylor diketahui sudah lama terlibat perseteruan, yang hingga kini belum diketahui apa alasan pasti di balik permasalahan mereka.Tak hanya itu, sang hacker iseng itu pun menulis beberapa tweet nyeleneh lain dan sempat membocorkan preview lagu baru Katy dan mengunggahnya ke situs musik SoundCloud via akun Katy, yang memiliki 89 juta lebih followers tersebut.
Cara Jitu Dapatkan Badge Verified di Instagram
 – Pernahkah kamu melihat adanya ikon centang biru saat membuka profil Instagram seseorang? Ya, centang biru tersebut merupakan tanda, kalau akun Instagram tersebut sudah mendapatkan badge verified atau merupakan pengguna yang terverifikasi.Untuk mendapatkan status verified di Instagram bukanlah sesuatu yang mudah. Jika kamu menemukan akun yang memiliki ikon verified, bisa dikatakan akun tersebut merupakan akun yang memiliki kredibilitas tinggi.Biasanya sih akun-akun seperti artis, public figure, presiden, selebgram, dan sebagainya yang bisa mendapatkan badge verified. Namun, jika kamu tertarik mendapatkannya kamu bisa melakukan dua cara di bawah ini. Penasaran bagaimana caranya?
48 Juta Pengguna Twitter Ternyata Bukan Manusia
Twitter merupakan salah satu situs situs microblogging yang sangat bermanfaat, terutama untuk menyampaikan informasi dengan cepat. Namun ad kelemahan, karena Twitter membatasi karakter dalam setiap tweetnya.Saat ini diperkirakan ada 319 juta pengguna Twitter, dan menjadi salah satu yang terbesar setelah Facebook. Namun menurut penelitian terbaru mengungkapkan, jika sekitar 15 persen penggunanya ternyata bukan manusia.Ya, sebanyak 48 juta pengguna Twitter beserta tweetnya diyakini bukan ditulis oleh manusia. Lantas apakah mereka dan untuk apa menggunakan Twitter? Berikut penjelasan lengkapnya.
Lima Password yang Identik dengan Orang Indonesia
Password adalah sebuah kata sandi yang sering kita gunakan untuk masuk ke dalam sebuah sistem aplikasi, akun, dan sebagainya. Uniknya entah karena kesamaan ideologi bangsa atau memang kebetulan saja, banyak orang-orang Indonesia satu pemikiran ketika menggunakan kata sandi dalam akun-akun yang mereka miliki, misalnya email, Facebok, Twitter, Path dan lain-lain.Karena itulah, kemungkinan banyak yang merasa akun mereka telah dihack atau dicuri orang dikarenakan password yang mereka buat mudah dibobol, sehingga sudah pasti orang-orang dapat menebaknya dengan perkiraan-perkiraan yang mereka miliki.Terlebih pengguna internet awam, karena mereka merasa baru sehingga membuat password ala kadarnya yang mereka anggap mudah untuk diingat. Berikut ini ada lima password yang identik dengan orang Indonesia, apakah Anda termasuk di antara mereka?
Dafi Deff Motion Graphics: Cara Menghapus Spam Facebook Siapalihat
Siapalihat.com adalah spam bot Facebook yang akhir-akhir ini mulai marak menjangkiti akun-akun Facebook. Sebagaimana diketahui Spam facebook adalah sebuah tindakan menghubungi orang lain menggunakan akun Facebook kita tanpa kita sadari. Biasanya spam Facebook ini akan mengirimkan status, pesan, komentar dan tindakan lainnya tanpa kita sadari dan kita kehendaki.Ikuti cara berikut ini untuk menghapus spam ini spam Facebook siapalihat.com
Twitter Memiliki Fitur Rahasia Pada Aplikasi Android, Apa Itu?
 – Laporan terbaru ini mengatakan bahwa, Twitter memiliki fitur enkripsi rahasia pada aplikasi Androidnya. Sangat menarik, jika Twitter memiliki fitur yang memungkinkan pengguna mengirim pesan langsung yang dienkripsi. Jika benar, Twitter dapat memiliki fitur yang sama dengan WhatsApp.Laporan ini muncul dan ditemukan di dalam Twitter untuk aplikasi Android oleh Jane Manchun Wong (@wongmjane), seorang mahasiswa ilmu komputer yang telah menemukan fitur yang belum pernah dirilis di Instagram, dalam laporan sebelumnya. Belum jelas kapan fitur ini akan dihadirkan oleh Twitter.Menurut Wong itu hanya masalah pembaruan, mengapa tidak meluncurkannya sekarang? Itu mungkin membuat sebagian pengguna Twitter tidak harus menggunakan aplikasi lain, untuk mengirim pesan yang ingin mereka rahasiakan.
Transfer Uang Internasional Bisa Lewat Facebook Messenger
Facebook Messenger merupakan salah satu aplikasi chat yang bisa digunakan untuk komunikasi jarak jauh. Selain sebagai alat chatting, Facebook Messenger mempunyai keunggulan lainnya, yakni kita bisa melakukan transfer uang dengan skala internasional melalui aplikasi ini.Facebook Messenger telah terintegrasi dengan TransferWise, mereka mengeluarkan layanan TransferWise Bot yang bisa digunakan untuk mengirim uang. Aplikasi ini menawarkan banyak sekali keuntungan, di mana pengguna dapat melakukan transfer tanpa dikenai biaya administrasi.Dalam beberapa bulan sebelumnya, Facebook telah memungkinkan pengguna saling melakukan pengiriman uang, namun cara ini hanya berlaku di Amerika Serikat. TranserWise Bot menjadi yang pertama dalam memfasilitasi transfer uang berskala internasional ini.
Cara Aktifkan Fitur 'Two Factor Authentication' di Instagram
 – Siapa yang tak kenal Instagram? Ya, hampir semua pengguna smartphone Android dan iOS di dunia, pernah atau bahkan sering menggunakan Instagram dalam aktivitas online-nya.Menjadi besar dan populer hingga membukukan jutaan pengguna di seluruh dunia, membuat Instagram, khususnya para pengguna layanan tersebut tak luput dari ancaman keamanan, seperti halnya tindakan pencurian akun Instagram.Menyikapi masalah ini, maka mengamankan akun Instagram oleh pemilik akun tentu menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Membahas keamanan akun Instagram, diketahui bila pada 2017 lalu pihak Instagram telah merilis fitur Two Factor Authetication (2FA) sebagai sarana untuk mengamankan akun penggunanya.