Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Dampak Buruk Mencuci Muka dengan Sabun Mandi

Mencuci kulit wajah sangat penting untuk dilakukan agar kulit wajah menjadi segar kembali. Tidak hanya itu saja, mencuci kulit wajah juga bertujuan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kulit wajah, sehingga kulit menjadi bersih dan cantik alami. Kebiasaan membersihkan kulit wajah akan membuat kulit wajah menjadi cantik dan bersih.

Untuk mencuci kulit wajah, dengan air saja tidak cukup. Hal ini dikarenakan banyaknya kotoran dan polusi yang membandel yang banyak menempel pada kulit wajah, sehingga dibutuhkan sabun khusus wajah untuk mengangkat semua kotoran yang menempel.

Sabun memang penting dalam membersihkan kulit. Namun untuk membersihkan kulit wajah, kita dikhususkan untuk menggunakan sabun khusus wajah. Meskipun demikian, banyak orang yang masih menggunakan sabun mandi atau sabun badan untuk mencuci kulit wajah, padahal hal tersebut dapat berdampak buruk pada kecantikan kulit wajah. Nah berikut dampak buruknya.

Baca Selengkapnya...

Read Full Article
Penelitian: 95% Orang Salah Cuci Tangan, Ini Caranya
Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa, kebanyakan orang tidak tahu bagaimana mencuci tangan dengan benar dan bersih. Mencuci tangan dengan bersih merupakan faktor penting dalam hal perlindungan terhadap bakteri.Penelitian ini melibatkan 3.749 orang partisipan, di mana 95 persen di antaranya terbukti gagal melakukan tantangan mencuci tangan dengan benar. Kebanyakan dari mereka kurang ketelitian dalam mencuci tangan, sementara 33 persen lainnya tidak pernah mencuci tangan dengan sabun.Dalam hal gender, sebanyak 15 persen pria mengaku tidak pernah mencuci tangannya, sementara wanita dalam kasus ini hanya 7 persen. Lantas, tahukah Anda bagaimana cara mencuci tangan yang benar?
Mandi Pagi Lebih Sehat, Ini Alasannya
Mandi adalah aktivitas yang rutin dilakukan setiap hari untuk membersihkan tubuh. Selain itu, dapat membuat tenang pikiran yang sedang tegang. Waktu mandi pagi setiap orang berbeda-beda. Karena, masih banyak yang menganggap mandi adalah hal biasa.Padahal, mandi pagi memiliki manfaat istimewa bagi kesehatan tubuh dan mampu menyembuhkan beberapa penyakit.Pertanyaan penting yang perlu kita ajukan adalah kapan waktu yang tepat untuk mandi? Banyak yang belum tahu jika membiasakan diri mandi di pagi hari atau subuh lebih baik untuk kesehatan.Aktivitas mandi di pagi hari merupakan salah satu bagian yang penting dalam menjalani hari. Adapun manfaat mandi di pagi hari yaitu, agar tubuh kita selalu terjaga dari berbagai penyakit. Berikut ini manfaat luar biasa dengan mandi di pagi hari.
Tradisi Mandi Abalisi Pada Perempuan Suku Dayak
Mandi merupakan perihal yang biasa dilakukan oleh seseorang, karena itu merupakan rutinitas setiap pagi untuk membersihkan diri dari kotoran. Namun, mandi secara bersama sambil berjalan menuju sungai, mungkin perihal yang luar biasa bagi kita.Ya, seperti itulah yang dilakukan oleh warga Dayak Agabag di Kecamatan Lumbis Ogong, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, khususnya kaum perempuan. Pada suatu, ketika mereka akan melakukan tradisi mandi abalisi. Apakah mandi abalisi itu?Mandi abalisi adalah mandi yang menurut bahasa Dayak Agabag, berarti mandi untuk terhindar dari marabahaya. Hal tersebut lantaran, tradisi ini biasanya dilaksanakan ketika adanya terjadi kematian seorang perempuan yang meninggal karena melahirkan.
Empat Akibat Sering Mencuci Wajah dengan Air Hangat
.co.id – Mencuci wajah termasuk kegiatan rutin kita setiap harinya, terlebih lagi bagi wanita. Wanita tidak bisa lepas dari berbagai makeup yang melekat di wajah, mulai dari foundation, blush on, bedak, maskara, lipstik, eyeliner, untuk itu mencuci wajah menjadi ritual wajib.Agar cepat bersih, tidak sedikit yang mencuci wajah menggunakan air hangat walau akibatnya bisa merusak kulit. Mencuci wajah menggunakan air hangat sangatlah tidak direkomendasikan bagi mereka pemilik kulit kering ataupun berminyak. Hal ini karena dapat membuat kulit semakin kering.Sebenarnya mencuci muka menggunakan air hangat ataupun air dingin masih menjadi teka-teki dan perbedaan pendapat satu sama lainnya. Namun, kami telah merangkum dari berbagai sumber mengenai beberapa akibat jika Anda mencuci wajah menggunakan air hangat.
Berapa Kali Baiknya Mencuci Wajah dalam Sehari?
Untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik, bersih serta terbebas dari berbagai masalah, kita dianjurkan untuk rajin mencuci kulit wajah serta menjaga kebersihannya. Namun banyak pertanyaan muncul, berapa kalikah idealnya atau baiknya kita mencuci kulit wajah?Nah dalam kesempatakan kali ini, kami akan memberikan penjelasan tentang mengenai berapa kali baiknya mencuci kulit wajah dalam sehari. Memang untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan cantik serta terbebas dari berbagai masalah, kita disarankan untuk rajin mencuci kulit wajah, namun terlalu sering mencuci kulit wajah juga tidak baik, karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit wajah.Rekomendasi umum yang beredar di masyarakat, memang dianjurkan untuk mencuci kulit wajah dengan frekuensi dua kali dalam sehari, dengan menggunakan sabun khusus wajah yang ringan dan tidak bersifat iritatif.
Ini Manfaat Sekaligus Bahaya dari Mandi Malam
Mandi malam adalah aktivitas yang jarang dilakukan oleh kebanyakan orang. Namun karena beberapa faktor, menyebabkan tetap saja ada orang melakukan mandi malam sepulang kerja. Mandi malam sering dianggap sebagai hal yang tidak baik, karena dapat memberi efek buruk bagi kesehatan tubuh, oleh sebab itu banyak orangtua melarang anaknya mandi malam. Hal itu tidak salah, karena mandi malam memang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Namun ternyata mandi malam juga memiliki manfaat bagi sebagian orang. Berikut beberapa penjelasan tentang manfaat dan bahaya dari mandi malam.Dari sisi manfaat, yang pertama memberi kesegaran tubuh yang lemas akibat pekerjaan sepanjang hari. Dengan mandi malam akan menjadi segar kembali. Lalu yang kedua, menurunkan tekanan darah tinggi.
Mandi Setelah Begadang Sebabkan Kematian?
Pernahkah Anda mendengar bahwa mandi bisa menyebabkan kematian bagi kita di saat-saat tertentu? Atau pernahkah Anda mendengar larangan untuk tidak mandi setelah begadang karena dapat menyebabkan kematian?Menurut Anda, larangan tersebut fakta atau mitos? Mandi merupakan kegiatan rutin yang pasti dilakukan setiap orang, di mana umumnya setiap orang mandi 2-3 kali dalam sehari.Bahkan ada beberapa orang yang mandi kapanpun saat dia merasa gerah atau lelah, karena tidak bisa dipungkiri mandi akan memberi rasa segar setelahnya, sehingga beberapa orang memilih untuk mandi dengan tujuan menghilangkan rasa gerah, lelah atau kantuk.
Begini Urutan Mandi yang Benar agar Lebih Bersih dan Sehat
 – Mandi memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan kebersihan tubuh kita. Namun tata cara mandi ini sering dianggap sepele oleh banyak orang. “Mandi itu yang penting basah”, anggapan seperti ini jangan ditiru ya. Apalagi jika Anda memiliki anak di rumah, bisa-bisa kebiasaan mandi kita yang salah ditiru oleh si kecil.Lalu, apakah Anda sering melewatkan hal-hal kecil yang penting untuk dibersihkan saat mandi? Sudah benarkah cara mandi Anda selama ini? Baca lebih lanjut yuk tips mandi yang benar di bawah ini.Awali dengan mencuci rambut. Sebelum mencuci rambut, sebaiknya Anda menyisirnya terlebih dahulu agar rambut tidak kusut dan sulit diatur setelah keramas. Tahapan awal saat mandi yaitu dengan mencuci rambut kita dengan sampo dan mengakhirinya dengan mengaplikasikan kondisioner pada ujung rambut untuk menjaga kelembabannya.
Sering Mandi Air Panas Buruk untuk Kulit? Ini Penjelasannya
Mandi merupakan mencuci tubuh dengan menggunakan air. Manusia perlu mandi untuk menghilangkan bau, debu, dan sel-sel kulit mati yang menempel di tubuh. Biasanya, kita menggunakan air dingin untuk mandi. Namun, ketika air terlalu dingin, kita juga dapat menggunakan air panas untuk mandi.Air panas yang kita pakai untuk mandi, bisa berasal dari sumber air panas alami atau juga dengan memasaknya terlebih dahulu. Mandi air panas juga dipercaya dapat membantu tubuh dan pikiran kita, agar bisa jauh lebih rileks.Namun tahukah Anda bahwa, terlalu sering mandi menggunakan air panas dengan suhu tinggi justru berbahaya bagi kesehatan kulit kita? Agar tidak salah, simak saja penjelasannya berikut ini.
Tujuh Manfaat Mandi Air Hangat di Sore Hari
Sehabis melakukan aktivitas seharian, tubuh pasti terasa penat dan membuat kita ingin segera mandi. Dengan mandi, tubuh akan manjadi segar dan bugar kembali.Begitupula, kotoran-kotoran seperti keringat dan debu yang menempel pada tubuh akan dibersihkan sehingga membuat kita semakin santai saat tidur di malam hari. Misalnya, sehari saja kita tidak mandi sama sekali, pasti tubuh akan terasa gatal-gatal dan timbul perasaan yang tidak nyaman.Mandi juga dapat meningkatkan fokus serta konsentrasi saat belajar atau berpikir berat. Selain mandi dengan air dingin, adapula opsi lain mandi dengan air hangat. Saat cuaca sedang dingin, biasanya di sore hari, sebaiknya kita memilih mandi dengan air hangat.
7 Penemuan Tak Sengaja Ini Masih Berguna Sampai Sekarang
Logikanya jika seseorang ingin menciptakan suatu benda, maka hal tersebut bisa dikatakan sebagai ciptaan yang disengaja. Namun pada kenyataannya, tak jarang sesuatu diciptakan manusia secara tidak sengaja.Seperti misalnya es krim yang bermula dari keisengan seorang bocah saat bermain bubuk penyedap soda. Selain es krim, masih ada benda-benda lainnya yang diciptakan secara tidak sengaja. Bahkan benda tersebut masih bermanfaat hingga sekarang.Sabun. Sebelumnya sabun tidak mengeluarkan busa seperti saat ini. Cerita busa dalam sabun ini bermula ketika seorang pegawai di suatu pabrik sabun lupa mematikan mesin. Akibat kecerobohan si pegawai, sabun tersebut tercampur dengan udara. Karena bentuknya tak berbeda, pihak pabrik memutuskan untuk menjual sabun tersebut.
Lima Hal yang Mewajibkan Anda Mandi Junub
Mandi junub merupakan kegiatan membersihkan diri dari hadas besar. Tujuannya adalah untuk mensucikan tubuh agar dapat melakukan ibadah wajib. Bagi muslim yang sudah beranjak dewasa, bersuci dari hadas besar dengan mandi junub adalah sebuah kaharusan.Tidak hanya perintah agama, mandi wajib ini ternyata berkhasiat medis. Usai mengalami hal-hal yang menyebabkan mandi wajib, biasanya tubuh akan terasa lelah dan tidak bugar. Dengan siraman air merata ke seluruh tubuh, maka akan membuat badan kembali segar saat menjalani aktivitas.Ibadah yang satu ini memiliki niat tersendiri, namun tidak semua kegiatan mandi digolongan mandi junub. Ini hanya dilakukan, jika seseorang melakukan lima hal berikut. Apa saja hal-hal yang mewajibkan mandi junub? Berikut ringkasannya. 
4 Kebiasaan Saat Mandi yang Bisa Merusak Kulit
 – Mandi adalah salah satu aktivitas rutin yang tidak boleh untuk dilewatkan. Pada umumnya, kita mandi dua kali di dalam sehari yaitu mandi di pagi hari, ketika akan berangkat kerja atau sekolah, dan kemudian sore hari setelah selesai bekerja.Namun, terkadang ada juga beberapa orang yang mandi hingga sampai 3 kali dalam sehari. Biasanya, orang-orang seperti ini adalah orang yang memiliki aktivitas padat, sehingga mereka sering sekali menambah jadwal mandinya yaitu di malam hari sebelum tidur.Tapi, ada baiknya jika Anda menghindari mandi malam, terlalu sering mandi malam juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa orang mengatakan, jika mandi malam adalah salah satu penyebab munculnya berbagai macam penyakit. Nah, bicara soal mandi, ada beberapa kebiasaan yang tidak boleh dilakukan saat mandi. Apa saja itu?Baca selengkapnya...
Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Tak Mandi Selama Dua Hari
Pernahkah terlintas dalam pikiran Anda sebuah pertanyaan, mengenai apa yang akan terjadi pada tubuh kita jika tidak mandi selama dua hari lamanya? Selain bau yang tak tertahankan tentunya. Dan ternyata, ada beberapa dampak yang sangat tidak sehat bagi tubuh, yang dapat terjadi bila kita tidak mandi lebih dari satu hari.Berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai beberapa efek tidak sehat bila Anda tidak mandi selama dua hari. Kecuali bila Anda memiliki alasan yang kuat sehingga memaksa Anda untuk tidak mandi, seperti dalam sebuah perjalanan, ataupun karena daerah Anda mengalami krisis air.Jika Anda dalam situasi yang memungkinkan untuk mandi, maka tidak ada alasan lagi untuk tidak mandi, karena terdapat konsekuensi yang tak terlihat dan cukup berbahaya. Jarang mandi mungkin baik untuk kulit, namun itu bukanlah alasan yang membenarkan perilaku tidak mandi sama sekali.
Dampak Buruk Mencuci Muka dengan Sabun Mandi
Mencuci kulit wajah sangat penting untuk dilakukan agar kulit wajah menjadi segar kembali. Tidak hanya itu saja, mencuci kulit wajah juga bertujuan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kulit wajah, sehingga kulit menjadi bersih dan cantik alami. Kebiasaan membersihkan kulit wajah akan membuat kulit wajah menjadi cantik dan bersih.Untuk mencuci kulit wajah, dengan air saja tidak cukup. Hal ini dikarenakan banyaknya kotoran dan polusi yang membandel yang banyak menempel pada kulit wajah, sehingga dibutuhkan sabun khusus wajah untuk mengangkat semua kotoran yang menempel.Sabun memang penting dalam membersihkan kulit. Namun untuk membersihkan kulit wajah, kita dikhususkan untuk menggunakan sabun khusus wajah. Meskipun demikian, banyak orang yang masih menggunakan sabun mandi atau sabun badan untuk mencuci kulit wajah, padahal hal tersebut dapat berdampak buruk pada kecantikan kulit wajah. Nah berikut dampak buruknya.Baca Selengkapnya...
Empat 'Dosa' Saat Mandi yang Wajib Dihindari
Mandi menjadi hal wajib apalagi bagi masyarakat yang tinggal di wilayah tropis sekelas Indonesia. Mandi membuat tubuh menjadi bersih, segar dan sehat. Namun, masih ada saja 'dosa' yang tanpa disadari dilakukan saat mandi.Tidak menggunakan sabun. Air saja tentu tidak dapat mengangkat kotoran dan sel kulit mati. Apalagi jika kulit telah terlapisi minyak yang membuat kotoran dan sel kulit mati menumpuk pada kulit.Saat mandi sangat diwajibkan memakai sabun, karena kandungan zat dalam sabun dapat meluluhkan lapisan minyak, sel kulit mati termasuk kotoran pada kulit. 
Waspadalah, Ada Bahaya Mengintai Sering Mencuci Wajah
Berapa kali Anda mencuci wajah dalam sehari? Mencuci wajah menggunakan pembersih muka yang lengkap, memang membuatnya bersih dan segar. Namun, tahukah Anda jika terlalu sering mencuci wajah juga kurang baik?Hal tersebut dikarenakan, dapat menyebabkan berbagai masalah serius pada kulit. Lantas, kira-kira apa sajakah efek negatif yang bisa menimpa kita, akibat terlalu sering mencuci wajah?Agar terhindar dari risiko buruk akibat sering mencuci wajah, sebaiknya kenali terlebih dulu bahaya yang mengintai. Kira-kira, apa saja bahayanya? Yuk, langsung saja simak berikut ini penjelasannya.
Jorok, Orang-Orang Ini Tak Mandi Selama Puluhan Tahun
Lazimnya manusia mandi sehari dua kali. Mungkin ada alasan tertentu seseorang tidak mandi, seperti karena sakit dan lain-lain. Mereka yang sakit pun terkadang ingin sekali mandi, karena sehari tidak mandi saja sudah bikin kulit terasa lengket.Namun ironisnya, ada manusia yang bahkan bisa bertahan dari rasa gatal maupun lengket dengan tidak mandi selama puluhan tahun. Entah apa yang mereka pikirkan, yang pasti mereka justru nyaman dengan kondisinya tersebut.Amo Hadji. Kondisi laki-laki berusia 80 tahun ini sungguh memprihatinkan. Kulitnya berubah kehijauan dan bau badannya sangat menyengat. Hal ini terjadi karena Amo Hadji sudah tidak mandi sejak 60 tahun yang lalu. Itu berarti, Amo mulai berhenti mandi di usia 20 tahunan.
Lima Kebiasaan Mandi yang Dapat Merusak Kecantikan Kulit
 – Mandi merupakan aktivitas rutin yang harus dilakukan setiap hari agar tubuh selalu bersih dan sehat. Pada umumnya mandi dilakukan dua kali dalam sehari, yaitu pagi hari sebelum melakukan aktivitas dan sore hari, setelah pulang beraktivitas.Namun, ada juga beberapa orang yang memiliki kebiasaan mandi lebih dari dua kali, hal ini mungkin dikarenakan orang tersebut sering beraktivitas padat sehingga membuat tubuhnya mudah kotor sehingga tak nyaman jika tidak mandi lagi.Mandi memang baik untuk kebersihan dan kesehatan tubuh. Namun, mandi di jam-jam tertentu justru akan membuat tubuh sakit. Mandi yang sangat tidak disarankan adalah mandi di malam hari. Mandi di malam hari dapat menyebabkan berbagai penyakit serius.
Pengertian Amdal : Tujuan Dan Manfaat Amdal
Pengertian Amdal Pengertian Amdal Analisis Mengenai Dampak Lingkungan| Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) yaitu kajian perihal dampak besar serta penting suatu usaha dan/atau aktivitas yang direncanakan pada lingkungan hidup yang dibutuhkan untuk proses pengambilan keputusan mengenai penyelenggaraan usaha dan/atau aktivitas di Indonesia. AMDAL ini di buat saat perencanaan suatu proyek yang diprediksikan dapat memberi pengaruh pada lingkungan hidup di sekitarnya. Analisis mengenai dampak lingkungan muncul sebagai jawaban atas keprihatinan mengenai dampak negatif dari aktivitas manusia, terutama pencemaran lingkungan akibat aktivitas industri pada tahun 1960-an. Mulai sejak itu AMDAL sudah menjadi alat utama untuk mengerjakan bebrapa aktivitas manajemen yang bersih lingkungan serta selalu melekat pada tujuan pembangunan yang berkepanjangan. AMDAL pertama kalinya dikenalkan pada tahun 1969 di Amerika Serikat. Menurut UU No. 23 tahun 1997 mengenai pengelolaan Lingkungan Hidup serta PP no 27 tahun 1999 perihal Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup. Bila Indonesia memiliki Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) yang perlu dibuat jika seseorang ingin membangun satu proyek yang diprediksikan akan memberi dampak besar serta penting terhadap lingkungan. AMDAL yaitu kajian tentang dampak besar serta penting satu usaha dan/atau aktivitas yang direncanakan pada lingkungan hidup yang dibutuhkan untuk proses pengambilan keputusan mengenai penyelenggaraan usaha dan/atau aktivitas.
Ini Dia Alasannya Pria Suka Berlama-lama di Kamar Mandi
 – Bagi wanita, berlama-lama di kamar mandi pasti sudah jadi hal yang lumrah. Pasalnya, ada banyak sekali hal yang harus dilakukan wanita saat di kamar mandi. Namun, untuk pria rata-rata mereka tidak suka berlama-lama di dalam kamar mandi.Jadi kurang wajar bila ada laki-laki tiba-tiba lama di kamar mandi. Lantas, apa yang mereka lakukan saat berlama-lama di kamar mandi? Ada beberapa hal yang dilakukan pria di kamar mandi yang membuat mereka jadi berlama-lama di dalamnya. Tak hanya wanita, pria juga sebenarnya suka melakukan perawatan pada tubuh dan rambutnya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Amazon, 23% pria ternyata rajin menggunakan conditioner setelah keramas dan sekitar 40% pria sering menggunakan produk perawatan wajah saat mandi.Baca Selengkapnya ... 
Tujuh Pembersih Hebat Tanpa Sabun
Mandi merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh semua orang. Pada saat mandi, yang muncul dalam benak kita pasti tubuh menjadi bersih dan segar. Saat Anda mandi, tentu penggunaan sabun menjadi benda yang tidak akan terlewatkan, bukan?Pernahkah Anda berpikir, terdapat cara lain yang dapat digunakan untuk membersihkan tubuh? Sabun merupakan salah satu dari sekian banyak pembersih yang mengandung bahan kimia. Dalam sabun mengandung unsur surfaktan dan beberapa campuran lain yang dapat mengurangi tingkat kelembapan kulit.Akan tetapi, kebanyakan orang tidak memahami hal ini. Sebenarnya, terdapat bahan alami yang terdapat di sekitar kita dan tentunya bahan-bahan ini lebih aman digunakan. Kira-kira, bahan apa saja itu?
Membuat Sabun Cuci Piring Sendiri dari Lemon dan Cuka Putih
.co.id – Untuk mencuci perabotan dapur di rumah, rasanya kurang bersih dan puas jika tidak menggunakan sabun cuci piring. Memang betul , dengan adanya sabun cuci tersebut maka pekerjaan bersih-bersih akan jadi lebih mudah.Terutama jika piring yang dicuci mengandung banyak minyak bekas makanan, pasti akan terlalu susah membersihkannya tanpa menggunakan sabun cuci. Karena salah satu fungsi utama dari sabun cuci itu sendiri adalah untuk membersihkan sisa-sisa minyak, yang cukup susah bila dibersihkan secara manual menggunakan gosokan tangan atau kain saja.Sebenarnya tidak susah untuk membuat sabun cuci piring sendiri, yang penting mau sedikit berusaha untuk melakukannya. Daripada harus membeli yang ada di pasaran, tentunya kita bisa sedikit lebih berhemat. Selain itu, sabun cuci piring buatan sendiri ini juga terbuat dari bahan-bahan alami, yang pastinya akan lebih aman dan terjamin kesehatannya buat Anda sekeluarga.