Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Badan Lemas Setelah Buka Puasa? Kenali 6 Penyebabnya

Apa yang Anda rasakan setelah menikmati buka puasa? Harusnya segar dan bersemangat, karena energi yang hilang akibat seharian berpuasa telah kembali setelah menikmati menu buka puasa yang pastinya lengkap.

Namun sayangnya, sebagian orang justru mengeluh lemas dan tidak bertenaga setelah berbuka puasa. Bahkan akibat rasa lemas tersebut, sebagian orang jadi tidak kuat menjalankan ibadah salat Tarawih.

Sayang sekali jika kita harus kehilangan kesempatan mendapatkan pahala yang berlimpah hanya karena tubuh lemas setelah buka puasa. Kira-kira, apa penyebab tubuh lemas setelah berbuka puasa dan bagaimana cara mengatasinya? Agar lebih jelas, simak informasi lengkapnya berikut ini.

Read Full Article
Begini Cara Menghemat Pengeluaran Saat Bulan Puasa
 – Puasa bikin tambah hemat atau boros? Harusnya pengeluaran bisa berkurang saat bulan puasa, karena selama seharian penuh kita tidak makan dan tidak minum. Namun, pada kenyataannya justru sebaliknya. Saat bulan puasa banyak yang mengeluhkan pengeluaran rumah tangga jadi semakin membengkak.Kira-kira, apa penyebabnya ya? Ternyata, ada banyak alasan yang membuat pengeluaran rumah tangga menjadi membengkak. Yang pertama, mulai dari harga barang yang naik drastis selama Ramadan, lapar mata sehingga semua ingin dibeli, malas masak sehingga harus membeli makanan matang, dan lainnya.Alasan itulah yang membuat Anda harus lebih cerdas dalam menghemat pengeluaran saat bulan puasa. Berikut ini ada beberapa cara jitu agar Anda bisa menghemat pengeluaran saat bulan puasa.
Enam Tips Sukses Melatih Anak Puasa
Bulan ini adalah bulan penuh rahmat. Semua umat Islam yang ada di dunia menjalankan ibadah puasa. Di Indonesia sendiri, puasa dijalankan selama kurang lebih 14 jam dalam sehari. Dan tak terkecuali juga, anak-anak muslim, turut memeriahkan puasa bersama ini. Biasanya, para orang tua akan bertanya-tanya sebenarnya pada usia berapa idealnya anak itu turut menjalankan ibadah puasa? Kira-kira dia mampu apa tidak menahan lapar dan dahaga? Tak perlu khawatir, karena pada diri setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda dan unik. Jadi sebenarnya tak ada patokan yang pasti, kapan orang tua mulai mengajarkan puasa pada anak-anaknya. Yang terpenting adalah memperkenalkan sedini mungkin kepada anak mengenai ritual agama dan ibadah puasa.
Pilih-pilih Acara Buka Puasa Bersama
Saat ramadan tiba, orang-orang jadi antusias akan banyak hal. Dari merencanakan mudik lebaran, beli baju baru, membuat kue lebaran, mempersiapkan menu buka dan sahur, sampai euforia acara buka puasa bersama.Banyak jadwal buka bersama bukber yang direncanakan dari jauh-jauh hari. Acara buka bersama ini juga bisa menjadi ajang reuni bagi beberapa kelompok. Buka puasa bersama alias bukber bagi kaum urban ini, sepertinya jadi agenda wajib yang harus dilaksanakan dan dihadiri di setiap tahunnya.Selain mempertemukan kembali dengan beberapa teman yang sudah memiliki kesibukan masing-masing. Acara buka puasa bersama ini juga menjadi ladang pahala, kalau dikonsep dengan baik. Sebut saja misalnya, ikut menyertakan anak yatim piatu.
Delapan Takjil Buka Puasa ala India
Beda negara tentu beda tradisi, begitu juga dengan ragam takjil buka puasa di tempat saya tinggal sekarang. Meski tak semeriah di Indonesia, minoritas Muslim India juga memiliki makanan khas yang biasa dihidangkan sebagai takjil buka puasa.Jika di Indonesia banyak penjual takjil dadakan yang dijual beberapa jam menjelang buka puasa, di India hanya di kota besar saja yang memiliki pasar Ramadan. Namun hal ini tidak membuat Muslim India yang jauh dari kota besar merasa kecil hati.Mereka tetap menyambut Ramadan dengan keceriaan. Para wanita tak begitu saja menyerah dalam menghidangkan menu takjil buka puasa yang menggugah selera. Biasanya menu takjil buka puasa tak jauh dari bahan daging dan susu.
Sepuluh Tempat Buka Puasa Paling Populer di Jakarta
Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Selain dapat menjalankan ibadah puasa dan menyambut hari kemenangan Idul Fitri, bulan Ramadan juga identik dengan kegiatan-kegiatan yang hanya bisa dilakukan saat bulan puasa, salah satunya adalah buka puasa bersama atau ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa.Bagi Anda yang bosan berbuka puasa di rumah atau ingin merasakan sensasi berbuka puasa yang lebih berkesan dan unik, tidak ada salahnya untuk mencoba berkunjung ke tempat-tempat buka puasa paling populer di Jakarta berikut ini.Kota Tua Jakarta. Terletak di Utara kota Jakarta, Kota Tua Jakarta menawarkan Anda untuk berbuka puasa bersama teman atau keluarga. Selain dapat menikmati aneka hiburan yang ada serta pemandangan Kota Tua dengan gedung-gedung bergaya arsitektur Belanda, Anda juga dapat menikmati berbuka puasa dengan asyik di tempat ini.
Enam Cara Atasi Badan Lemas Setelah Sakit
Tentu setiap orang ingin selalu sehat dan bugar setiap harinya. Tetapi terkadang tanpa bisa dihindari tubuh tiba-tiba sakit dan segala rutinitas menjadi terganggu. Namun setelah sembuh dari penyakit, tidak serta merta badan bisa langsung bugar seperti semula, rasa lemas dan letih biasanya tidak terhindarkan ketika Anda baru sembuh dari suatu penyakit.Untuk itu, penting mengetahui bagaimana cara mengatasi badan lemas setelah sakit agar bisa menjalankan segala aktivitas seperti sedia kala. Dalam mengembalikan stamina yang hilang setelah sakit, makanan memiliki peranan yang sangat besar.Agar badan kembali bugar seperti semula, seseorang yang baru sembuh dari suatu penyakit harus mengonsumsi makanan bergizi agar nutrisi yang hilang saat sakit bisa segera tergantikan. Dengan mengonsumsi makanan sehat, juga akan menghindarkan Anda terjangkit kembali penyakit yang telah diderita.
Ramadan, Vihara hingga Kelenteng Sediakan Buka Puasa Gratis
Ramadan adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat musilm. Sebuah momen untuk memperbaiki diri dan berbagi. Di saat itu juga ada pemandangan keren yang akan membuatmu bangga bisa tinggal di negara yang warganya hidup rukun meski berbeda keyakinan.Seperti yang terjadi di vihara, kelenteng, dan gereja berikut ini, jemaatnya rutin membagikan takjil menjelang waktu buka puasa. Seperti apa kegiatan mereka? Berikut ulasan selengkapnya.Klenteng Hok Tik Bio Pati. Jauh sebelum waktu buka puasa tiba, berbagai pihak yang tergabung bersama Kelenteng Hok Tik Bio membagikan makanan dan minuman untuk sekadar dijadikan penyegar dahaga dan pembatal puasa. Ratusan hingga ribuan bungkus bisa habis setiap hari. Kerennya lagi, bagi-bagi takjil ini telah menjadi kegiatan rutin sebagai bentuk kepedulian antar umat beragama.
Badan Lemas Setelah Buka Puasa? Kenali 6 Penyebabnya
Apa yang Anda rasakan setelah menikmati buka puasa? Harusnya segar dan bersemangat, karena energi yang hilang akibat seharian berpuasa telah kembali setelah menikmati menu buka puasa yang pastinya lengkap.Namun sayangnya, sebagian orang justru mengeluh lemas dan tidak bertenaga setelah berbuka puasa. Bahkan akibat rasa lemas tersebut, sebagian orang jadi tidak kuat menjalankan ibadah salat Tarawih.Sayang sekali jika kita harus kehilangan kesempatan mendapatkan pahala yang berlimpah hanya karena tubuh lemas setelah buka puasa. Kira-kira, apa penyebab tubuh lemas setelah berbuka puasa dan bagaimana cara mengatasinya? Agar lebih jelas, simak informasi lengkapnya berikut ini.
Penelitian Terbaru Ungkap Puasa Mampu Kurangi Risiko Kanker
Puasa di bulan Ramadan adalah kewajiban, bagi umat muslim. Dan semua ahli kesehatan hingga ulama setuju, jika puasa akan memberikan banyak manfaat dan terutama menyehatkan tubuh.Puasa pada intinya adalah menahan hawa nafsu, dan juga mengatur pola makan. Bahkan dalam penelitian terbaru, ahli medis menemukan manfaat yang luar biasa dari puasa terutama jika dikerjakan secara teratur.Puasa akan menurunkan risiko terkena serangan jantung, stroke atau kanker sekali pun. Lantas seperti apa puasa yang sehat menurut ahli medis ini? Berikut ulasannya.
Tentang Kewajiban Berpuasa di Bulan Ramadan
Puasa itu secara kasat mata adalah ibadah menahan lapar dan haus. Orang yang sedang melaksanakan ibadah puasa tidak akan pernah terlihat makan atau minum pada siang hari. Akan tetapi dalam hukum Islam, berpuasa pada hakikatnya adalah menahan segala sesuatu yang membatalkan puasa itu sendiri mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari.Tidak hanya makan dan minum yang dapat membatalkan puasa. Sikap dan tindakan serta ucapan yang tidak baik, juga mengurangi nilai ibadah bahkan membatalkan ibadah puasa. Puasa seseorang akan sah dan bernilai ibadah, bila memenuhi syarat dan rukun puasa itu sendiri.Memang berat melaksanakan ibadah puasa. Oleh sebab itu, tidak semua orang dapat menjalani puasa dengan baik. Bahkan mungkin berpuasa itu hanya sekadar mendapatkan lapar dan haus belaka.
Tips agar Berat Badan Tidak Naik Drastis Saat Ramadan
Akhirnya, kita sudah memasuki hari ketiga di bulan suci ramadan. Bagaimana puasa kalian sampai hari ini, masih lancar, bukan? Ya, di bulan ramadan, kita orang muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa sebulan penuh.Banyak orang yang memanfaatkan ibadah puasa ini, sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Namun, pernahkah kamu mengalami kenaikan berat badan saat bulan ramadan? Iya, di bulan puasa kita diwajibkan berpuasa dengan menahan lapar dan haus selama seharian.Namun karena hal ini, pola makan kita menjadi tidak teratur, akibatnya tak jarang dari kita yang justru berat badan naik secara drastis saat bulan ramadan ini. Nah, agar berat badan tetap stabil selama menjalankan ibadah puasa, ada beberapa aturan yang harus kamu jalani. Apa saja itu?
Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur Agar Puasa Lancar
 – Ramadan telah tiba, tentu hati bergembira. Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, kita semua umat islam akan menjalankan ibadah puasa. Dalam menjalankan ibadah puasa, kita tak hanya menahan lapar dan haus saja, namun juga menata kembali pola makan kita.Dengan jam makan yang cukup juga antara sahur dan berbuka, tentu kita harus bisa mengkondisikan tubuh agar mendapatkan asupan nutrisi dan energi yang cukup, agar puasa berjalan dengan lancar dan tidak lemas. Dalam hal ini, makanan yang kita konsumsi saat sahur sangat berpengaruh sekali. Memang di awal-awal puasa tubuh kita akan terasa lemas, karena belum terbiasa.Namun jika kita bisa memilih makanan yang baik ketika sahur, maka tubuh kita akan lemas meskipun berpuasa seharian, tak hanya itu saja, makanan yang baik serta menjalankan ibadah puasa juga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.
Delapan Tips Lancar Jalankan Ibadah Puasa
Puasa sudah seminggu lebih menghampiri kita. Puasa Ramadan itu hukumnya wajib bagi umat Islam yang sedang tidak ada halangan. Meskipun puasa Ramadan hukumnya wajib, namun tak semuanya berpuasa. Karena, ada beberapa golongan yang diberikan keringanan untuk tidak berpuasa, namun bisa menggantinya di waktu yang lain.Salah satu golongan yang diperbolehkan tersebut adalah ibu yang sedang menyusui. Meskipun demikian, masih banyak juga ibu menyusui yang tetap menjalankan ibadah puasa. Boleh-boleh saja, asalkan nutrisi yang dibutuhkan tetap terpenuhi selama melaksanakan puasa.Sebenarnya ada beberapa aturan yang mesti dilaksanakan, agar dalam melaksanakan ibadah puasa tetap berjalan dengan lancar. Salah satunya adalah dengan mengatur menu makanan yang disantap ketika sahur dan berbuka puasa.
Inilah Puasa Sunah yang Paling Istimewa
VIVA.co.id – Sebagian orang menganggap bahwa ibadahnya tidak cukup hanya dengan amalan-amalan wajib saja. Mereka melakukan amalan sunah untuk menambah pahala dan mendapat berkah dari Allah SWT.Salah satu amalan tambahan yang banyak dikerjakan kaum mukmin adalah puasa sunah. Di antara puasa sunah yang kerap dilakukan adalah puasa senin-kamis, puasa tiga hari setiap bulan hijriyah, dan puasa sunah lainnya.Ternyata, di antara banyaknya puasa sunah yang sering dilakukan oleh kaum muslim ada satu puasa sunah yang paling istimewa. Puasa apakah yang paling istimewa tersebut? Berikut informasi selengkapnya.Baca selengkapnya..
Tips Kembalikan Stamina yang Hilang Karena Puasa
Saat berpuasa kita diharuskan menahan lapar dan dahaga seharian penuh. Puasa memang akan terasa berat bagi yang tidak khusu dan tidak iklas menjalaninya, hingga tak jarang puasa membuat orang menjadi lemas dan tidak bersatamina.Namun meskipun demikian, jangan Anda menjadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan karena tubuh lemas dan kurang berstamina. Puasa justru sangat baik untuk kesehatan, karena dengan puasa banyak penyakit yang bisa kita cegah dan kita atasi.Nah berbicara tentang stamina di bulan puasa, ada beberapa tips agar tetap berstamina dan bersemangat dalam melakukan aktifitas, mesti sedang menjalankan ibadah puasa. Nah berikut beberapa tips ampuh untuk mengembalikan stamina yang hilang karena berpuasa.
Pengertian Puasa : Macam Dan Sunah Puasa
PENGERTIAN PUASA Secara bahasa, puasa atau shaum dalam bahasa Arabnya berarti menahan diri dari segala sesuatu. Jadi, puasa itu ialah menahan diri dari segala perkara seperti makanan, minuman, berbicara, menahan nafsu dan syahwat, dls. Sedangkan secara istilah, puasa yaitu menahan diri dari segala sesuatu yang bisa membatalkan puasa yang dimulai sejak terbit fajar hingga matahari terbenam. Dalam Al-qur’an surat Al-Baqoroh ayat 187 menerangkan tentang kewajiban berpuasa. Puasa adalah menahan. secara artian adalah menahan keinginan hawa nafsu(atau jasad/diri).namun justru malah menjalankan keinginan keinginan Allah lah yang terkandung di dalam AlQuran. sehingga lebih optimal lagi dalam menjalankan ibadah yang Allah inginkan.
Penyebab Bibir Kering Saat Puasa Ramadan
Tidak terasa kita sudah memasuki hari ke-15 di bulan Ramadan. Bagaimana dengan puasa teman-teman, tetap lancar dan semangatkan? Alhamdulillah semoga puasa kita tetap lancar dan bersemangat, karena puasa adalah ibadah wajib yang tak boleh untuk kita tinggalkan.Nah, di bulan Ramadan seperti saat ini, kita berpuasa, dan sering kali kita mengalami masalah karena memang kita diharuskan menahan lapar dan haus selama seharian. Dan masalah yang paling sering terjadi adalah dehidrasi yang akhirnya menyebabkan kulit kering dan bibir kering. Namun masalah tersebut dapat dicegah dan diatasi.Hal pertama yang harus Anda ketahui agar terhindar dari masalah kulit kering atau bibir kering adalah mengetahui apa penyebabnya? Dengan mengetahui penyebabnya, kita akan lebih mudah dalam melakukan pencegahan. Berikut beberapa penyebab bibir kering saat puasa yang wajib Anda ketahui.Baca Selengkapnya...
Sepuluh Kreasi Minuman Segar untuk Buka Puasa
Berbuka puasa dengan sesuatu yang manis sangatlah dianjurkan. Umumnya, hal pertama yang akan dilakukan saat berbuka adalah minum, tentu saja minuman yang dipilih adalah yang menyegarkan dengan cepat.Sebenarnya ada banyak jenis minuman yang bisa menjadi pilihan saat berbuka puasa. Namun sayangnya, tidak semua orang mampu berkreasi membuat minuman dengan bahan-bahan yang sederhana, sehingga mereka hanya terpaku pada satu atau dua jenis minuman saja.Hal itu tentu sangat membosankan, bukan? Nah, agar acara buka puasa jadi makin seru dan menyenangkan, sebaiknya para ibu harus cerdas dalam menciptakan berbagai kreasi minuman segar untuk buka puasa. Berikut di antaranya.
Sepuluh Menu Praktis untuk Buka Puasa
Puasa baru memasuki hari ke-11, saya sudah mulai kehabisan menu. Padahal, sebelumnya sudah saya buat daftar sepuluh menu sayuran praktis buat buka puasa dan ditempelkan di kulkas, ternyata menu dalam daftar tersebut tak tersentuh.Hanya beberapa yang aku masak. Sebab, kalau puasa begini daftar sayur maupun buka puasa, yang tentukan anak-anak. Seperti kemarin, saya masak pecel dan tahu krispi serta dadar jagung, ternyata mereka hanya makan dadar jagung dan tahu krispi serta minum es blewah atau garbis saja sudah kenyang. Alhasil, pecel hanya saya yang makan. Untuk itu, berikut saya akan memberikan beberapa menu praktis untuk berbuka puasa.Sayur bening bayam. Sayur bening, merupakan salah satu menu sayuran yang memasaknya paling mudah, praktis dan cepat. Walau tak bisa tahan lama, hanya satu kali santap saja. Bumbunya juga minimalis, hanya bawang merah, kunci, gula dan garam.
Enam Menu Sehat yang Wajib Dikonsumsi saat Buka Puasa
Setelah seharian menahan lapar dan dahaga, pasti kita semua begitu menantikan momen berbuka puasa. Pada momen buka puasa yang penuh keberkahan ini, kita wajib selektif memilih makanan.Sayangnya, kebanyakan dari kita sering merasa lapar mata saat melihat makanan, sehingga hampir semuanya ingin dibeli. Godaan saat lapar memang hal yang wajar terjadi, akan tetapi Anda juga wajib mengendalikan diri dan hawa nafsu.Pastikan memerhatikan apa saja makanan dan minuman yang akan dikonsumsi saat buka puasa, karena salah memilih makanan dapat berpotensi mengganggu sistem pencernaan, seperti perut kembung, mulas, hingga diare. Memerhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi selama berbuka sangat penting untuk menghindari risiko penyakit.
Negara dengan Durasi Waktu Puasa Terpanjang
Ibadah puasa merupakan kewajiban yang harus dijalankan oleh setiap muslim di seluruh dunia. Puasa wajib dijalankan selama sebulan penuh di bulan Ramadan. Puasa dimulai dari saat azan subuh berkumandang sampai pada saat azan magrib.Pada setiap negara memiliki waktu atau durasi puasa yang berbeda-beda tergantung di mana negara itu berada. Bagi kita sendiri yang berada di Indonesia, biasanya berpuasa dengan durasi sekitar 13 jam.Namun, ada negara-negara lainnya dengan letak geografis yang berbeda-beda sehingga membuat waktu mereka menjalankan ibadah puasa juga berbeda. Ada negara yang memiliki waktu puasa yang cepat dan juga ada yang sangat lama. Mana saja negara dengan waktu puasa terpanjang?
Tujuh Makanan Berbahaya Saat Berbuka puasa
Selektif memilih hidangan untuk berbuka puasa adalah satu keharusan, karena perut kita yang kosong dalam waktu 6-8 jam ini berpotensi mengalami peningkatan asam lambung.Apabila kondisi ini tidak diatasi dengan bijak, maka akan meningkatkan risiko terkena penyakit maag. Karena itu, pastikan periksa apakah menu buka puasa Anda sudah sehat, atau justru dapat mengiritasi lambung?Lantas, kira-kira apa sajakah makanan yang berpotensi mengiritasi, atau mengancam kesehatan lambung? Nah, agar tidak salah pilih menu buka puasa, sebaiknya hindari tujuh makanan berbahaya saat berbuka puasa berikut ini.
Sepuluh Momen Berbuka Puasa dari Berbagai Negara
Berbuka puasa menjadi momen paling dinantikan ketika bulan Ramadan. Setelah menahan lapar dan haus, kita diwajibkan untuk segera berbuka begitu mendengar azan Magrib.Begitu spesialnya buka puasa, maka tak mengherankan apabila selama Ramadan banyak sekali tawaran berbuka puasa bersama. Momen berbuka puasa tak hanya dirasakan masyarakat Indonesia.Tapi semua umat Muslim di seluruh dunia juga melakukan hal yang sama. Nah, berikut ini momen-momen berbuka puasa dari berbagai negara yang diabadikan oleh fotografer bernama Akhtar Soomro.