Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Secuil Keindahan di Kampung Wisata Pabangbon, Bogor

Wisata alam Bogor memang tidak akan pernah ada habisnya, dalam menyajikan keindahan dan potensi alamnya. Di mana, hal ini menjadikan Bogor sebagai pusat perhatian bagi para wisatawan, baik lokal maupun luar daerah Bogor.

Kampung Pabangbon merupakan salah satu detinasi wisata di Bogor yang sedang hits di media sosial. Tempat wisata satu ini sangat ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun luar daerah Bogor. Tempat wisata alam di Bogor ini semakin kental, ketika kita merasakan nuansa alam di pegunungan hutan pinus.

Hal ini dikarenakan objek wisata Kampung Wisata Pabangbon ini berada di lahan perhutani yang berada di kaki gunung Halimun Bogor. Objek wisata Bogor ini memiliki ketinggian sekitar 720 meter di atas permukaan laut.

Read Full Article
Mencicipi Kuliner Asinan di Kota Hujan, Bogor
Jalan-jalan ke kota Bogor pasti identik dengan segudang angkutan umumnya. Selain memiliki tempat wisata alam yang indah, Bogor juga dikenal dengan sajian kulinernya yang menggoda selera.Di setiap sudut kota Bogor juga menampilkan aneka jajanan kaki lima dengan rasa bintang lima. Asinan merupakan sebuah kuliner atau makanan jajanan, yang terbuat dari bahan sayur-sayuran dan buah dengan siraman kuahnya yang khas.Tak hanya itu, di kota Bogor kita juga akan mudah menemukan banyak kuliner asinan. Dari bentuk warna dan tampilan yang ditawarkan hingga rasanya yang beraneka ragam pun, menjadi ciri khas jajanan Bogor yang bisa kita nikmati saat liburan di kota Bogor. 
Wisata Seru Bersama Keluarga di Kuntum Farmfield Bogor
 – Bogor kini menjelma sebagai salah satu tempat wisata tujuan favorit di Jawa Barat selain Bandung. Di kota satu ini terdapat banyak sekali tempat wisata keren, yang dapat kita kunjungi. Mulai dari wisata alam hingga wisata keluarga seru, bisa kita nikmati di kota Bogor.Nah, berbicara mengenai wisata keluarga di Bogor, ada satu objek wisata yang cukup menarik perhatian para wisatawan. Adalah Kuntum Farmfield Bogor, tempat ini merupakan sebuah agrowisata yang mengusung konsep edukasi dan rekreasi.Kuntum Farmfield Bogor sudah cukup populer sebagai tempat wisata keluarga favorit di Bogor dan kota sekitarnya. Bisa dibilang Kuntum Farmfield adalah sebuah kebun binatang mini, di mana di dalamnya terdapat beraneka ragam binatang seperti kambing, kelinci, bebek, ayam, dan angsa.
Berkunjung ke Kampung Wisata Rotan Galmantro
 – Selain keindahan alam, kuliner, sejarah, seni, budaya, tradisi, dan adat istiadatnya. Cirebon, ternyata memiliki wisata yang unik yang sedang dikembangkan oleh masyarakat dan pemerintah daerahnya, yakni Kampung Wisata Rotan Galmantro. Kampung wisata ini lokasinya terletak di Desa Tegalwangi, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon.Tidak seperti kampung wisata lainnya, kampung wisata ini mengajak pengunjungnya untuk melihat secara langsung proses pembuatan kerajinan rotan yang ada di Desa Tegalwangi Cirebon. Mulai dari proses pengolahan rotan yang masih belum dikupas, pembentukan, anyaman hingga finishing pembuatan produk rotan.Berbagai macam produk yang dihasilkan dari Kampung Wisata Rotan Galmantro di Cirebon ini, di antaranya meja, kursi, tudung saji, kap lampu, kursi untuk motor matic, tempat bunga, permainan anak, tempat air mineral, dan masih banyak lagi lainnya.
Jejak Sejarah Kerajaan Sunda di Perkampungan Bogor
Kampung Sindang Barang Bogor dulunya merupakan kawasan kerajaan yang berdiri sekitar tahun 100-an setelah kerajaan Tarumanegara pecah. Kala itu Sindang Barang berada dalam pengaruh kerajaan Sunda Kuno. Tidaklah heran bila kampung ini menjadi salah satu pusat kebudayaan Sunda Jawa Barat tertua di Bogor.Konon, nama kampung ini terpapar dalam Babad Tanah Pajajaran dan yang tertulis juga dalam pantun Bogor. keberadaan Kampung Sindang Barang sendiri pernah hilang karena kurangnya pemeliharaan. Di kampung ini pula kita dapat menemukan beberapa situs peninggalan purbakala seperti Situs Taman Sri Bagenda dan Sumur Jalatunda.Kisah cerita sejarah tentang Situs Taman Sri Bagenda yang didapatkan di lokasi, konon taman ini dikenal masyarakat setempat dengan sebutan Kolam Sri Bagenda yang memiliki ukuran panjang 39.3 meter dan lebar 9 meter, bagian tanggul atau pinggirannya dibuat dari sususnan bulat alami yang berfungsi sebagai penahan longsor, dengan bentuk sisi-sisinya yang rata dengan membentuk empat persegi panjang.Baca selengkapnya ...
Bersantai di Jonggol Garden Bogor Jawa Barat
 – Jonggol Garden merupakan sebuah wisata di daerah Jonggol, Bogor, yang belum lama ini dibuka. Spot kece ini berkonsep ala perbukitan yang juga menawarkan pesona alam memukau untuk dijadikan referensi berlibur kamu di Bogor, Jawa Barat.Jika kita berbicara mengenai wisata Bogor, pasti dipikiran kita adalah Puncak. Ya, Kota Bogor memang terkenal dengan wisata puncaknya. Namun perlu kamu tahu, bahwa Bogor mempunyai wisata keren lainnya yang tak kalah dari Puncak, yaitu Jonggol Garden.Jonggol Garden menawarkan wisata alam yang mengasyikan untuk menghabiskan liburan dengan panorama alam yang indah. Di samping itu, udara di sekitar Jonggol Garden juga sangat sejuk yang bakal bikin kamu betah berlama-lama di sini. 
16 Tempat Wisata Alam di Bogor
Bogor adalah salah satu daerah di Indonesia yang kaya dengan keindahan alamnya, jadi tidak heran, banyak tempat wisata alam di Bogor dan sekitarnya yang selalu ramai dikunjungi pada saat musim liburan seperti akhir pekan atau hari libur nasional.Ada banyak pilihan tempat wisata alam yang ada di Bogor, mulai dari yang berupa air terjun hingga danau ada di sini. Selain itu, di jantung kota Bogor terdapat sebuah kebun raya yang legendaris yaitu Kebun Raya Bogor, dan masih banyak tempat menarik lainnya.Nah, buat kamu yang ada rencana liburan di sekitar Bogor, wajib tahu beberapa tempat wisata alam paling direkomendasikan untuk dikunjungi di sekitar Bogor ini. Penasaran? Langsung saja baca ulasannya berikut ini.
Lima Kampung Warna-warni untuk Liburan Semakin Berwana
Apa yang terbesit dalam pikiranmu jika mendengar kata liburan? Apakah pergi ke pantai, gunung, atau taman hiburan? Sebenarnya tidak harus itu, karena liburan bisa juga dengan berkunjung ke destinasi baru, seperti berkunjung ke kampung. Eits, jangan mengerutkan dahi dulu, kenapa liburan di kampung?Ya, karena lima kampung berikut ini menyajikan keunikan tersendiri, terutama pada warnanya. Dulu kampung-kampung ini memang hanya perkampungan biasa bahkan ada yang bisa dibilang kumuh, namun sekarang beberapa kampung ini sudah disulap dan ditata ulang, sehingga muncullah kampung warna-warni.Nah di Indonesia sendiri, ada lima pilihan kampung warna-warni yang bisa kamu kunjungi untuk sekadar liburan atau menambah koleksi foto di Instagram, karena pastinya tempat-tempat ini sangat instagramable. Penasaran di mana saja kampung warna-warni tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.
Apa Sih Kampung Halaman Itu?
Sekarang masih adakah kampung halaman? Buat generasi saya yang orangtuanya sudah merantau, bisa dibilang tidak ada. Tapi yang masih merantau, ya punya kampung halaman. Karena kalau saya mudik, ya dibilang rumah orangtua saja. Bukan kampung halaman.Karena di kepala saya, yang namanya kampung halaman adalah tempat di mana kita dilahirkan dan tumbuh sebelum merantau. Mungkin ibu saya punya kampung halaman di Kuningan, Jawa Barat. Dan ayah saya juga punya kampung halaman di Tasikmalaya.Tapi tidak dengan saya. Saya lahir di Bandung, SD di Jakarta, SMP dan SMA di Bekasi, lalu kuliah di Bandung. Kalau begitu, kira-kira yang mana kampung halaman saya?
Aneka Wahana Asyik di Wisata Kampung Gajah Wonderland
 – Kampung Gajah Wonderland, menawarkan suasana liburan yang berbeda dari biasanya. Kampung Gajah Wonderland adalah sebuah tempat wisata dengan sarana belanja dan kuliner dalam satu spot yang sama di daerah Bandung Barat.Lokasi wisata Kampung Gajah Wonderland ini berada di Jalan Sersan Bajuri KM 3,8 (dulu namanya Century Hills) dan masih searah dengan Kampung Daun, Sapulidi, Rumah Stroberi, dan The Peak. Dari Bandung di pertigaan terminal Ledeng ambil jalur ke kiri, papan reklame yang besar akan menuntun Anda menuju tempat wisata Kampung Gajah Wonderland ini.Objek wisata Kampung Gajah Wonderland menggunakan konsep one stop recreation dan baik untuk untuk anak-anak, maupun orang dewasa. Di tempat wisata Kampung Gajah Wonderland terdapat sekitar 20 wahana yang bisa dijelajah satu per satu.Baca Selengkapnya ...
Delapan Tempat Wisata Menarik di Puncak Bogor
Puncak Bogor menjadi salah satu destinasi wisata alam yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik itu lokal maupun mancanegara. Kawasan ini letaknya tidak jauh dari Jakarta dan sangat mudah untuk dijangkau dengan kendaraan umum maupun pribadi.Hanya dibutuhkan waktu beberapa jam saja untuk sampai ke tempat wisata, Puncak, Bogor. Selain memiliki kawasan wisata yang menarik, tempat wisata puncak Bogor juga menjadi destinasi wisata pilihan untuk menghabisakan waktu liburan akhir tahun kita bersama keluarga ataupun kerabat tercinta. Sebut saja salah satu tempat wisata, Taman Riung Gunung. Taman ini merupakan tempat wisata alam puncak bogor yang menyajikan keindahan alam dengan suasana sejuk segarnya alam pegunungan. 
Unik dan Menarik itulah Kampung Biru Arema Malang
 – Ini dia Kampung Biru Arema yang baru saja diresmikan pada 6 Februari 2018. Kampung ini menjadi saudara seperjuangan bagi Kampung Warna Jodipan untuk berkontribusi menyemarakkan Ngalam sebagai tujuan wisata nomer satu di Jawa Timur.Kampung Biru Arema terletak di kampung Embong Brantas, Klojen, Ngalam. Tak sulit untuk mencapai tempat ini. Dari stasiun Ngalam, Anda hanya perlu berjalan ke arah kiri kurang lebih 10 menit. Setelah rel kereta api, menyeberang ke bagian kanan untuk masuk ke dalam gapura kampung.Pagi itu pada 18 Desember 2017, saya dan Mufti janjian untuk bermain ke Kampung Warna Jodipan dalam rangka menjadi warga Ngalam temporari yang baik. Jadi bila ditanya, “Apakah kamu tahu Jodipan?” Kami bisa menjawab dengan tersenyum jumawa, “Ya, kami sudah pernah.” 
Uniknya Rumah Pohon Pabangbon Leuwiliang
 – Rumah Pohon Pabangbon Leuwiliang, akhir-akhir ini sangat santer dibicarakan. Para warganet sibuk mencari-cari info mengenai rumah pohon ini dan membicarakannya di dunia maya.Rumah Pohon Pabangbon Leuwiliang, kini menjadi spot populer di kalangan traveler untuk dikunjungi. Pasalnya, di rumah pohon Pabangbon, banyak menyajikan spot-spot selfie.Pariwisata alam perbukitan sepertinya menjadi spot wisata terbaik saat ini, terbukti dari banyaknya spot-spot alam perbukitan yang namanya cepat populer, seperti Bukit Lintang Sewu di Yogyakarta, lalu Puncak Bukit Suligi di Riau, dan yang populer saat ini di Bogor, yaitu Rumah Pohon Pabangbon. 
Ketika Lebaran Memanggil Anak Rantau
Pulang kampung alias mudik adalah hal yang menyenangkan pada saat lebaran. Di mana, kerinduan terhadap keluarga, kerabat, sahabat, terbayar tuntas saat mudik. Pada umumnya, mereka yang tinggal di kota memang sudah menabung jauh-jauh hari sebelumnya, hanya untuk pulang kampung di saat momen lebaran tiba.Sungguh sangat menyenangkan memang, saat momen itu tiba. Itu bagi yang punya kampung, lalu bagaimana yang tidak punya kampung halaman lagi? Sebenarnya, definisi kampung halaman ini juga belum jelas. Apakah kampung halaman itu tempat kita lahir? Atau, kampung halaman itu tempat orangtua kita menetap?Misalnya, andai saya lahir di Amerika Serikat, apakah lantas kampung saya di sana? Atau juga, ketika orangtua yang berpindah-pindah kota, dari kota A ke kota B, lalu ke kota C lagi, selanjutnya pindah lagi sampai ke kota Z. Kalau seperti ini kasusnya, kota mana yang sebenarnya layak disebut kampung halaman?
Secuil Keindahan di Kampung Wisata Pabangbon, Bogor
Wisata alam Bogor memang tidak akan pernah ada habisnya, dalam menyajikan keindahan dan potensi alamnya. Di mana, hal ini menjadikan Bogor sebagai pusat perhatian bagi para wisatawan, baik lokal maupun luar daerah Bogor.Kampung Pabangbon merupakan salah satu detinasi wisata di Bogor yang sedang hits di media sosial. Tempat wisata satu ini sangat ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun luar daerah Bogor. Tempat wisata alam di Bogor ini semakin kental, ketika kita merasakan nuansa alam di pegunungan hutan pinus.Hal ini dikarenakan objek wisata Kampung Wisata Pabangbon ini berada di lahan perhutani yang berada di kaki gunung Halimun Bogor. Objek wisata Bogor ini memiliki ketinggian sekitar 720 meter di atas permukaan laut.
Asyiknya Berwisata di Kebun Raya Bogor
 – Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor adalah sebuah kebun botani besar yang terletak di Kota Bogor, Indonesia. Luasnya mencapai 87 hektare dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Saat ini Kebun Raya Bogor ramai dikunjungi sebagai tempat wisata, terutama hari Sabtu dan Minggu.Di sekitar Kebun Raya Bogor tersebar pusat-pusat keilmuan. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Kebun Raya Bogor, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun umum, tidak perlu kesulitan karena selain letaknya berada di jantung Kota Bogor.Khusus pintu 2 hanya dibuka pada hari minggu dan libur saja, sedangkan bagi para anggota dapat menggunakan pintu 2 , pintu 3 dan pintu Gd Konservasi yang mulai dibuka pukul 06.00-08.00. Berlaku tarif masuk bagi pengunjung Kebun Raya Bogor.
Lima Alasan Anda Harus Traveling ke Kebun Raya Bogor
Jika berbicara tentang Bogor, tentu kamu akan teringat langsung dengan Puncak serta curug-curug yang berhamparan di kota seribu hujan itu. Padahal, masih ada satu lagi yang paling terkenal dan sangat cocok untuk Anda singgahi di kota ini.Namanya Kebun raya Bogor, siapa yang tidak tahu Kebun Raya Bogor? Kebun Raya Bogor KRB merupakan salah tujuan wisata di Bogor dan pusat konservasi tumbuhan. Sebagai pusat konservasi, Kebun Raya Bogor mempunyai koleksi jenis-jenis tumbuhan, tanaman serta pohon-pohonan, dari berbagai negara di dunia.Sebenarnya sangat banyak sekali, tempat yang harus dikunjungi di sini, tapi menurut saya jika Anda ke Kebun Raya Bogor jangan lupa untuk datang ke beberapa spot berikut ini.
Keunikan Kampung Topeng Menanti di Malang
 – Tak hanya kampung warna-warni Jodipan dan kampung Tridi, kota Malang juga memiliki salah satu kampung tematik yang menarik untuk dikunjungi. Kampung ini bernama Kampung Topeng Menanti.Berada di Kelurahan Tlogowaru, Kecamatan Kedungkandang, kampung yang baru diresmikan ini menyuguhkan aneka spot foto yang menampilkan aneka karakter topeng Malangan. Spot utama dalam kampung topeng ini adalah dua buah topeng berukuran raksasa.Kedua topeng ini merupakan karakter Raden Panji Asmoro dan Dewi Sekartaji, yang merupakan karakter protagonis. Keduanya merupakan pasangan sejoli dari Kerajaan Jenggala dan Kediri. Kisah kedua tokoh ini sering dipentaskan dalam tari topeng Malangan. 
Rumah Pohon Pabangbon, Spot Selfie Paling Kece di Bogor
Sama halnya dengan wisata sejenisnya, Rumah Pohon Pabangbon Bogor menyajikan pemandangan alam Kabupaten Bogor dari ketinggian. Walaupun terbilang wisata baru, tapi dalam sekejap Rumah Pohon Pabangon ini langsung menarik minat wisatawan, terutama anak muda yang menyukai kegiatan foto.Rumah Pohon Pabangbon ini terletak di kawasan hutan pinus dan hutan penelitian meranti yang dikelola oleh Perhutani. Jadi selain untuk wisata, kawasan tersebut juga bisa digunakan untuk sarana edukasi. Walaupun di tanah milik Perhutani, tapi wisata Bogor satu ini dikelola oleh masyarakat sekitar.Dengan adanya wisata Rumah Pohon Pabangbon ini diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Anda penasaran dan ingin mencoba sensasi foto di atas rumah pohon ini?
Kampung Salaka Tamansari, Spot Wisata Menakjubkan Ala Kota Bogor
 – Kampung Salaka Tamansari merupakan sebuah tempat wisata di kawasan Bogor yang tengah populer belakangan ini. Objek wisata satu ini masih mengandalkan keunggulan kota Bogor yaitu cuaca perbukitan yang indah dan menyejukkan.Kampung Salaka Tamansari sangat ramai dikunjungi oleh kawula muda, terutama bagi mereka yang ingin menghabiskan akhir pekannya bersama pasangan. Banyak spot foto yang menjadi andalan di tempat wisata ini. Tak heran, banyak pengunjung yang mengabadikan momennya di sini.Berbicara tempat selfie, di Kampung Salaka Tamansari tersedia beberapa spot keren yang siap membuat fotomu jadi terlihat sempurna. Penasaran bukan? Simak langsung yuk ulasannya berikut ini. 
Kawis Krisant, Kampung Wisata Penuh Warna di Lombok
.co.id – Konsep sebuah kampung yang dicat dengan aneka warna, memang sedang menjadi tren di Indonesia belakangan ini. Dulu, saya hanya bisa melihatnya di foto teman-teman yang mengunjungi langsung kampung warna-warni tersebut, sambil membayangkan kapan di Lombok bisa dibuat seperti ini.Sayangnya, saya hanya bisa membayangkan saja dan tidak bergerak apapun. Tidak seperti apa yang dikerjakan oleh Kak Aisyah Odist. Di tangannya, kini kampung warna-warni yang selama ini kita inginkan hadir di Lombok pun terwujud. Kampung penuh warna itu diberi nama Kawis Krisant.Kampung Wisata Kreatif Sampah Terpadu atau lebih akrab dikenal dengan nama Kawis Krisant adalah sebuah kampung wisata yang terletak di Lombok. Tepatnya di belakang Bank Sampah NTB Mandiri, yaitu di Jalan Leo No.24 Lingkungan Banjar Selaparang Ampenan, Pejeruk, Ampenan, NTB. 
Kampung Pelangi Semarang, Destinasi Wisata Instagramable
 – Sudah pernah dengar Kampung Pelangi Semarang? Jika belum, kenalan dulu yuk, seperti apa sih Kampung Pelangi Semarang ini. Jika ditanya, apa yang terbesit ketika mendengar kata ‘Semarang’, kebanyakan orang pasti akan mengatakan lumpia. Tapi untuk kali ini kita tidak akan membahas lumpia lho, tapi tentang Kampung Pelangi, yang sangat unik dan tentu Instagramable.Memang, konsep Kampung Pelangi ini bukanlah yang pertama, karena sebelumnya sudah ada, seperti di Malang, Ambarawa, Balikpapan, dan Lubuklinggau. Namun, setiap daerah tentu punya ciri khasnya masing-masing.Nah, untuk Kampung Pelangi yang satu ini lokasinya berada di tengah kota Semarang. Hal inilah yang menjadikan Kampung Pelangi Semarang ramai dikunjungi wisatawan. Lalu, ada apa saja di Kampung Pelangi Semarang?
Romantisme 'Salju' di Kota Bogor
.co.id – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti romantisme itu adalah bersifat seperti dalam cerita roman (percintaan), bersifat mesra, mengasyikkan. Tapi, kok ada salju di Kota Bogor? Padahal di daerah tropis dataran rendah bisa dipastikan tidak mungkin ada salju.Memang, fenomena salju di daerah tropis hanya ada di Pegunungan Jayawijaya Papua. Selain salju abadi, ada juga fenomena embun upas di Dieng yang menyerupai salju. Kenapa saya posting tentang romantisme salju di Kota Bogor?Karena Bogor menyimpan banyak kenangan dan salju sepertinya barang langka di daerah tropis. Salju memang tidak pernah turun di Bogor, tetapi kalau hujan es memang sering terjadi di Bogor. Paling tidak itulah pengalaman selama tinggal di Bogor semasa kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB).
Kampung Lengo yang Indah Penuh Warna di Tasikmalaya
Ternyata kampung yang indah penuh warna tidak hanya terdapat di luar negeri atau di Kota Malang saja. Di Kota Tasikmalaya juga ternyata terdapat kampung yang indah penuh warna. Zona Kece Kampung Lengo namanya.Alamat Zona Kece Kampung Lengo berada di Kelurahan Bantarsari Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya tepatnya RW 07 dan RW 14. Koordinat zona kece Kampung Lengo tepatnya pada titik S7.32475 E108.19078.Siapa sangka dulunya Kampung Lengo ini adalah kawasan kumuh. Dan hebatnya sekarang ini suasana indah dan asri tercipta di lingkungan Kampung Lengo. Perubahan kampung kumuh menjadi kampung yang tertata rapi, indah dan asri ini setelah mengikuti program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas PLPBK .