Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Ancaman bagi Orang yang Membatalkan Puasa Ramadan

Bulan Ramadan adalah bulan yang mulia. Bulan ini dipilih sebagai bulan untuk berpuasa penuh untuk umat muslim. Puasa bulan Ramadan merupakan puasa wajib bagi seluruh umat Islam yang baligh, berakal sehat tanpa keuzuran.

Keutamaan berpuasa dibulan Ramadan begitu banyak dijelaskan dalam hadits-hadits Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam, seperti hadits tentang puasa Ramadan penghapus dosa.

Akan tetapi walaupun banyak hadits-hadits tentang keutamaan orang yang berpuasa di bulan Ramadan, banyak juga umat Islam yang tidak memanfaatkannya. Padahal orang yang tidak berpuasa karena kesengajaan bukan karena udzur merupakan perbutan dosa. Bahkan akan di masukkan kelak ke dalam api neraka.

Read Full Article
Aku Ingin Jadi Kapitalis Selama Bulan Ramadan
Ramadan adalah kenangan terindah yang selalu dinanti-nantikan oleh banyak orang. Ramadan merupakan bulan penuh kebaikan, dibandingkan bulan-bulan lainnya. Ramadan menjadi bulan yang baik untuk mengakumulasi pahala.Bicara Ramadan, saya sempat mengikuti kelas literasi bertajuk "Ramadan di Kampung Halaman". Dalam diskusi itu, saya dan para peserta menceritakan pengalaman selama Ramadan di tempat tinggal masing-masing.Berhubung para peserta diskusi kebanyakan berasal dari Jawa Barat, maka pengalamannya hampir mirip. Hal ini mungkin, dipengaruhi oleh kesamaan kebiasaan dalam spektrum perjodohan sosial budaya.
Tujuh Manfaat Puasa di Bulan Ramadan
Bagi umat Islam di seluruh dunia, bulan Ramadhan selalu ditunggu kehadirannya setiap tahunnya, sebab di bulan suci penuh berkah ini ada banyak momen seru yang hanya bisa ditemui saat bulan Ramadan saja.Mulai dari harus bangun sebelum subuh untuk sahur, ngabuburit di sore hari, berwisata religi bersama keluarga, mendengarkan ceramah agama di malam harinya, dan masih banyak lagi momen-momen seru lainnya yang hanya ada saat bulan Ramadan.Selain bisa menciptakan momen-momen seru, bulan Ramadan juga menghadirkan beberapa manfaat, khususnya yang berhubungan dengan puasa. Lantas, apa saja manfaat puasa di bulan Ramadan tersebut?
Sepuluh Tempat Buka Puasa Paling Populer di Jakarta
Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Selain dapat menjalankan ibadah puasa dan menyambut hari kemenangan Idul Fitri, bulan Ramadan juga identik dengan kegiatan-kegiatan yang hanya bisa dilakukan saat bulan puasa, salah satunya adalah buka puasa bersama atau ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa.Bagi Anda yang bosan berbuka puasa di rumah atau ingin merasakan sensasi berbuka puasa yang lebih berkesan dan unik, tidak ada salahnya untuk mencoba berkunjung ke tempat-tempat buka puasa paling populer di Jakarta berikut ini.Kota Tua Jakarta. Terletak di Utara kota Jakarta, Kota Tua Jakarta menawarkan Anda untuk berbuka puasa bersama teman atau keluarga. Selain dapat menikmati aneka hiburan yang ada serta pemandangan Kota Tua dengan gedung-gedung bergaya arsitektur Belanda, Anda juga dapat menikmati berbuka puasa dengan asyik di tempat ini.
Inilah Puasa Sunah yang Paling Istimewa
VIVA.co.id – Sebagian orang menganggap bahwa ibadahnya tidak cukup hanya dengan amalan-amalan wajib saja. Mereka melakukan amalan sunah untuk menambah pahala dan mendapat berkah dari Allah SWT.Salah satu amalan tambahan yang banyak dikerjakan kaum mukmin adalah puasa sunah. Di antara puasa sunah yang kerap dilakukan adalah puasa senin-kamis, puasa tiga hari setiap bulan hijriyah, dan puasa sunah lainnya.Ternyata, di antara banyaknya puasa sunah yang sering dilakukan oleh kaum muslim ada satu puasa sunah yang paling istimewa. Puasa apakah yang paling istimewa tersebut? Berikut informasi selengkapnya.Baca selengkapnya..
Ancaman bagi Orang yang Membatalkan Puasa Ramadan
Bulan Ramadan adalah bulan yang mulia. Bulan ini dipilih sebagai bulan untuk berpuasa penuh untuk umat muslim. Puasa bulan Ramadan merupakan puasa wajib bagi seluruh umat Islam yang baligh, berakal sehat tanpa keuzuran.Keutamaan berpuasa dibulan Ramadan begitu banyak dijelaskan dalam hadits-hadits Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam, seperti hadits tentang puasa Ramadan penghapus dosa.Akan tetapi walaupun banyak hadits-hadits tentang keutamaan orang yang berpuasa di bulan Ramadan, banyak juga umat Islam yang tidak memanfaatkannya. Padahal orang yang tidak berpuasa karena kesengajaan bukan karena udzur merupakan perbutan dosa. Bahkan akan di masukkan kelak ke dalam api neraka.
Tujuh Makanan Khas Ramadan di Berbagai Negara
Bulan Ramadan merupakan momen paling ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Di mana selama bulan Ramadan tersebut, umat muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan lamanya.Saat menjalankan ibadah puasa Ramadan ini, biasanya selalu diikuti oleh tradisi-tradisi yang sudah turun temurun. Sedangkan makanan tradisional merupakan bagian tak terpisahkan dari tradisi-tradisi Ramadan tersebut.Kalau di Indonesia, kita mengenal takjil yaitu makanan ringan untuk berbuka dan membatalkan puasa Ramadan. Lalu, bagaimana dengan makanan khas Ramadan negara lain yang penduduknya juga menjalankan puasa?
Lima Hal yang Dianggap Batalkan Puasa Padahal Tidak
Makan dan minum di siang hari sudah jelas bisa membatalkan puasa. Saat berpuasa juga perasaan takut alias was-was, akan apa saja perbuatan yang membatalkan puasa memang kerap kali datang.Perlu diketahui, ada beberapa hal yang dianggap membatalkan puasa padahal sebenarnya boleh dilakukan selama berpuasa dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Misalnya saja menyikat gigi, bercumbu dengan istri, dan juga keramas.Beberapa aktivitas tersebut sering dianggap bisa membatalkan puasa, padahal boleh dilakukan. Berikut keterangan lebih lanjutnya bahwa beberapa hal yang dilarang tersebut saat puasa sebenarnya boleh dilakukan.
Kebahagiaan Maia Estianty Puasa Bareng Tiga Jagoannya
Ramadan memang bulan paling spesial bagi umat Islam di seluruh dunia. Setiap Muslim pasti ingin menikmati setiap momen-momen Ramadan dengan keluarga tersayang atau sahabat-sahabat terbaik.Yang merantau, pasti ingin cepat libur dan mudik untuk bisa berpuasa bareng keluarga. Begitu pun dengan Maia Estianty, yang pasti ingin menyambut bulan suci Ramadan bersama dengan orang-orang terkasihnya.Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah, Maia pun akhirnya bisa menikmati setiap momen Ramadan dengan sangat bahagia. Yuk, intip kebahagiaan Maia dalam menyambut Ramadan.
Delapan Tips Lancar Jalankan Ibadah Puasa
Puasa sudah seminggu lebih menghampiri kita. Puasa Ramadan itu hukumnya wajib bagi umat Islam yang sedang tidak ada halangan. Meskipun puasa Ramadan hukumnya wajib, namun tak semuanya berpuasa. Karena, ada beberapa golongan yang diberikan keringanan untuk tidak berpuasa, namun bisa menggantinya di waktu yang lain.Salah satu golongan yang diperbolehkan tersebut adalah ibu yang sedang menyusui. Meskipun demikian, masih banyak juga ibu menyusui yang tetap menjalankan ibadah puasa. Boleh-boleh saja, asalkan nutrisi yang dibutuhkan tetap terpenuhi selama melaksanakan puasa.Sebenarnya ada beberapa aturan yang mesti dilaksanakan, agar dalam melaksanakan ibadah puasa tetap berjalan dengan lancar. Salah satunya adalah dengan mengatur menu makanan yang disantap ketika sahur dan berbuka puasa.
Empat Orang yang Boleh Tidak Berpuasa Ramadan
Puasa Ramadan hukumnya wajib bagi orang muslim. Meski demikian, ada beberapa kondisi yang membuat seseorang tidak bisa melaksanakan ibadah puasa. Kira-kira bagaimana hukumnya jika ada orang Islam yang dengan sengaja meninggalkan puasa Ramadan?Ternyata, ada tiga kelompok manusia di bulan Ramadan, yakni kelompok manusia yang boleh berpuasa dan boleh tidak berpuasa, kelompok manusia yang wajib tidak berpuasa, dan kelompok manusia yang wajib berpuasa. Lalu, siapa saja kelompok tersebut dan apa alasannya?Kelompok manusia yang boleh berpuasa dan boleh tidak berpuasa. Orang yang mengalami sakit saat Ramadan. Maksudnya adalah orang yang menderita penyakit sehingga membuatnya bisa disebut tidak sehat untuk berpuasa.
6 Rahasia Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan | Tema Kita
Puasa wajib ramadhan adalah puasa dengan hukum wajib 'ain yang harus dilakukan oleh setiap orang islam beriman di bulan ramadan yang telah dewasa (akil balig), waras, mampu, merdeka dan tidak dalam safar sesuai dengan perintah langsung dari Allah SWT dalam firmanNya di dalam Kita Suci Al-Qur'an. Puasa merupakan ibadah wajib yang ada dalam rukun islam dengan menahan lapar dan haus serta hal-hal lain yang dapat membatalkan puasa mulai dari terbit fajar di timur hingga terbenam matahari di barat. Orang yang melanggar aturan puasa akan batal puasanya dan wajib mengganti puasanya dengan hari lain di luar romadon.
Ketika Puasa dan Alquran Memberi Syafaat di Hari Kiamat
Saum atau puasa bagi orang Islam adalah menahan diri dari makan dan minum, serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa. Mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, dengan syarat tertentu, untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim.Berpuasa saum merupakan salah satu dari lima rukun Islam. Saum secara bahasa, artinya menahan atau mencegah. Apalagi berpuasa di bulan ramadan, bulan yang penuh dengan kebaikan dan keberkahan, Allah SWT akan memberkahinya dengan banyak keutamaan.Puasa bisa memutuskan jiwa dari syahwatnya, menahannya dari kebiasaan-kebiasaan yang jelek, hingga jadilah jiwa yang tenang. Bahkan, puasa juga akan memberi syafaat bagi orang yang melaksanakan puasa di hari kiamat.
Tips agar Berat Badan Tidak Naik Drastis Saat Ramadan
Akhirnya, kita sudah memasuki hari ketiga di bulan suci ramadan. Bagaimana puasa kalian sampai hari ini, masih lancar, bukan? Ya, di bulan ramadan, kita orang muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa sebulan penuh.Banyak orang yang memanfaatkan ibadah puasa ini, sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Namun, pernahkah kamu mengalami kenaikan berat badan saat bulan ramadan? Iya, di bulan puasa kita diwajibkan berpuasa dengan menahan lapar dan haus selama seharian.Namun karena hal ini, pola makan kita menjadi tidak teratur, akibatnya tak jarang dari kita yang justru berat badan naik secara drastis saat bulan ramadan ini. Nah, agar berat badan tetap stabil selama menjalankan ibadah puasa, ada beberapa aturan yang harus kamu jalani. Apa saja itu?
Negara dengan Durasi Waktu Puasa Terpanjang
Ibadah puasa merupakan kewajiban yang harus dijalankan oleh setiap muslim di seluruh dunia. Puasa wajib dijalankan selama sebulan penuh di bulan Ramadan. Puasa dimulai dari saat azan subuh berkumandang sampai pada saat azan magrib.Pada setiap negara memiliki waktu atau durasi puasa yang berbeda-beda tergantung di mana negara itu berada. Bagi kita sendiri yang berada di Indonesia, biasanya berpuasa dengan durasi sekitar 13 jam.Namun, ada negara-negara lainnya dengan letak geografis yang berbeda-beda sehingga membuat waktu mereka menjalankan ibadah puasa juga berbeda. Ada negara yang memiliki waktu puasa yang cepat dan juga ada yang sangat lama. Mana saja negara dengan waktu puasa terpanjang?
Sepuluh Menu Khas Ramadan dari Berbagai Negara
Umat Muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa wajib Ramadan pada bulan Mei 2017 ini. Puasa Ramadan ini pun sudah seperti momen khusus bagi para pemeluk agama Islam setiap tahun.Momen berbuka puasa biasanya jadi hal yang paling ditunggu-tunggu setiap hari. Nah, berikut ini ada sepuluh menu khas Ramadan dari berbagai negara di dunia.Beshbarmak Kazakhstan . Menu ini diolah dari daging kambing, atau bisa juga daging domba atau kuda, yang dicampur dengan aneka rempah dan mi buatan sendiri. Beshbarmak dari Kazakhstan ini biasanya juga menjadi sajian utama dalam perayaan atau acara spesial, selain saat bulan puasa.
7 Negara dengan Rentang Waktu Puasa Terlama di Dunia
 – Dalam Islam, puasa (disebut juga shaum) yang bersifat wajib dilakukan pada bulan Ramadan selama satu bulan penuh, dan ditutup dengan Hari Raya Lebaran. Menahan diri dari makan dan minum dan dari segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari dengan niat sesuai perintah dalam kitab suci umat islam Alquran.Puasa juga menanamkan sikap yang baik, dan kesemuanya itu diharapkan berlanjut ke bulan-bulan berikutnya dan tidak hanya pada bulan puasa. Selain itu, puasa dapat menggantikan sel-sel yang rusak di dalam tubuh dan menggantinya dengan sel-sel yang baru.Tapi tidak semua negara berpuasa dengan waktu yang sama. Beberapa orang yang berpuasa di negara-negara tertentu, bahkan harus menahan haus dan lapar hingga 22 jam. Di manakah itu?
Pengertian Puasa : Macam Dan Sunah Puasa
PENGERTIAN PUASA Secara bahasa, puasa atau shaum dalam bahasa Arabnya berarti menahan diri dari segala sesuatu. Jadi, puasa itu ialah menahan diri dari segala perkara seperti makanan, minuman, berbicara, menahan nafsu dan syahwat, dls. Sedangkan secara istilah, puasa yaitu menahan diri dari segala sesuatu yang bisa membatalkan puasa yang dimulai sejak terbit fajar hingga matahari terbenam. Dalam Al-qur’an surat Al-Baqoroh ayat 187 menerangkan tentang kewajiban berpuasa. Puasa adalah menahan. secara artian adalah menahan keinginan hawa nafsu(atau jasad/diri).namun justru malah menjalankan keinginan keinginan Allah lah yang terkandung di dalam AlQuran. sehingga lebih optimal lagi dalam menjalankan ibadah yang Allah inginkan.
Tips Puasa Ramadan Bagi Penderita Asam Lambung
 – Tak terasa Ramadan sudah di depan mata, tak sabar kita semua menanti kedatangan bulan yang penuh berkah tersebut. Di bulan Ramadan sendiri, sebagai umat muslim kita akan menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh.Puasa di bulan Ramadan merupakan kewajiban kita sebagai umat Islam. Namun puasa Ramadan menjadi masalah bagi sebagian orang, terutama yang memiliki masalah penyakit seperti penyakit lambung. Namun, bagaimana pun ibadah puasa harus tetap dijalankan.Nah, bagi anda penderita penyakit lambung atau maag, ada beberapa hal yang harus anda lakukan agar ibadah puasa tetap lancar dan tidak memperparah kondisi penyakit lambung yang Anda derita. Berikut tipsnya.
Parah, Empat Negara Ini Larang Warganya untuk Puasa
Hanya tinggal menghitung hari puasa Ramadan 1437 H dimulai. Di Indonesia, pasti semua warganya yang mayoritas beragama Islam riang gembira menyambut Ramadan tahun ini.Tapi berbeda dengan warga Muslim di beberapa negara ini, yang dilarang menjalankan ibadah puasa Ramadan oleh pemerintahnya. Beberapa alasan membuat pemerintah negara ini, mengeluarkan larangan bagi warganya yang beragama Islam untuk menjalankan ibadah puasa. Berikut beberapa negara yang pernah melarang warganya yang beragama Islam untuk menjalankan ibadah puasa.Inggris. Dulu Inggris adalah negara yang cukup anti-Islam, tapi sekarang Inggris mulai senang dengan umat Muslim. Tapi untuk urusan puasa, mereka kelihatannya masih belum bisa menerima.
Batalkah Puasa Ketika Terhisap Asap Rokok?
Pada dasarnya perokok itu terbagi kepada dua, yaitu perokok aktif dan perokok pasif. Perokok Aktif adalah seseorang yang dengan sengaja menghisap lintingan atau gulungan tembakau, yang dibungkus biasanya dengan kertas, daun, dan kulit jagung.Secara langsung, mereka juga menghirup asap rokok yang mereka hembuskan dari mulut mereka. Sedangkan perokok pasif adalah seseorang atau sekelompok orang yang menghirup asap rokok orang lain. Telah terbukti bahwa perokok pasif mengalami risiko gangguan kesehatan yang sama seperti perokok aktif, yaitu orang yang menghirup asap rokoknya sendiri.Merokok atau menghisap rokok bila dilakukan di siang hari Ramadan, menurut kesepakatan ulama akan membatalkan puasa. Dan kalau yang demikian dilakukan dengan sengaja tanpa udzur syar i, hukumnya berdosa dan membatalkan puasanya. Lalu bagaimana dengan hukum puasa orang yang terhisap asap rokok, batalkah puasanya?
6 Tips Tetap Cantik Selama Puasa Ramadan
Marhaban ya ramadan, puji syukur kita masih diberi umur panjang dan bisa berjumpa lagi dengan bulan ramadan, yaitu bulan yang penuh berkah, bulan penuh pengampunan, bulan penuh pahala, dan bulan seribu bulan.Di bulan ramadan ini, tentu kita semua sebagai kaum muslim akan menjalankan ibadah puasa. Ibadah, di mana kita harus menahan haus dan lapar serta hawa nafsu dari fajar hingga magrib. Hal ini tentu akan memengaruhi kondisi tubuh kita hingga kecantikan kulit kita.Untuk itu, kita perlu melakukan perawatan agar tubuh tetap tampil cantik, sehat, segar, dan bersemangat meskipun harus berpuasa. Berbicara tentang kecantikan selama berpuasa di bulan ramadan, kali kita akan memberikan tips agar tetap cantik selama bulan ramadan. Apa saja itu tipsnya?
Cara Alami Bebas Mata Panda selama Ramadan
Marhaban ya Ramadan, Alhamdululillah kita sudah memasuki bulan Ramadan, bulan pintu keberkahan dibuka selebar-lebarnya. Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, kita semua sebagai umat muslim diwajibkan untuk berpuasa dan disarankan untuk memperbanyak membaca kita suci Alquran.Selama bulan Ramadan ini, kita disarankan untuk berlomba-lomba dalam mengejar kebaikan. Ok sahabat, berbicara tentang bulan suci Ramadan, ada beberapa orang yang memiliki masalah, seperti masalah tidur. Hal ini dikarenakan selama bulan Ramadan, jadwal tidur kita berubah.Di malam hari kita harus mengerjakan salat terawih dan memperbanyak membaca kita suci Alquran, sedangkan di tengah malam kita harus menjalani sahur, akibatnya kebanyakan dari kita mengalami kurang tidur. Tentu hal ini akan menyebabkan munculnya mata panda atau kantung mata.
Tentang Kewajiban Berpuasa di Bulan Ramadan
Puasa itu secara kasat mata adalah ibadah menahan lapar dan haus. Orang yang sedang melaksanakan ibadah puasa tidak akan pernah terlihat makan atau minum pada siang hari. Akan tetapi dalam hukum Islam, berpuasa pada hakikatnya adalah menahan segala sesuatu yang membatalkan puasa itu sendiri mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari.Tidak hanya makan dan minum yang dapat membatalkan puasa. Sikap dan tindakan serta ucapan yang tidak baik, juga mengurangi nilai ibadah bahkan membatalkan ibadah puasa. Puasa seseorang akan sah dan bernilai ibadah, bila memenuhi syarat dan rukun puasa itu sendiri.Memang berat melaksanakan ibadah puasa. Oleh sebab itu, tidak semua orang dapat menjalani puasa dengan baik. Bahkan mungkin berpuasa itu hanya sekadar mendapatkan lapar dan haus belaka.