Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Lima Negara Ini Punya Cara Unik Menyambut Ramadan

Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah yang kedatangannya sangat dinanti-nanti oleh setiap Muslim sejati. Di Indonesia sendiri, banyak cara unik yang dilakukan masyarakatnya untuk menyambut bulan suci ini.

Tidak hanya di Indonesia yang memiliki cara unik untuk menyambut bulan Ramadan. Di beberapa negara di belahan dunia, setiap warga yang beragama Islam juga memiliki cara tersendiri untuk menyambut bulan Ramadan.

Kegiatan ini memang rutin dilakukan setiap tahunnya sebagai bentuk ungkapan perasaan senang akan kedatangan bulan Ramadan. Langsung saja, berikut kami menghimpun kegiatan unik menyambut Ramadan dari berbagai negara.

Read Full Article
Tiga Kesalahan dalam Menyambut Bulan Ramadan
Datangnya bulan suci Ramadan tinggal menghitung hari. Bulan ujian bagi umat muslim yang akan diisi dengan puasa dan ibadah ini tentu dengan akan kita sambut dengan suka cita. Berbagai persiapan mulai kita lakukan. Yang utama adalah persiapan fisik dan mental.Fisik yang bugar, akan memudahkan kita menjalani puasa tidak makan dan minum di siang hari selama sebulan penuh. Dan persiapan mental akan memberikan azzam semangat yang kuat yang akan membuat kita bergembira dan bersemangat, untuk memperbanyak ibadah di bulan Ramadan.Namun seperti tahun-tahun sebelumnya, ada beberapa kekeliruan yang dilakukan umat muslim dalam penyambutan bulan suci ini. Bisa jadi karena faktor kebiasaan dan ketidaktahuan, maka kesalahan ini terus berulang setiap tahunnya. Berikut kesalahan yang umum terjadi dalam menyambut Ramadan.
Nyadran, Ziarah ke Makam Keluarga untuk Sambut Ramadan
Menjelang datangnya bulan Ramadan, umat Muslim biasanya akan mempersiapkan diri untuk menjalankan ibadah selama bulan Ramadan. Salah satunya yaitu ziarah ke makam keluarga leluhur .Tradisi ziarah atau nyekar ini biasanya dilakukan seminggu sebelum bulan Ramadan dimulai. Hal ini juga dilakukan di Jawa Tengah, hanya saja berziarah ke makam keluarga sebelum dimulainya bulan Ramadan memiliki tradisi sendiri di Jawa Tengah, yaitu Tradisi Nyadran.Nyadran adalah sebuah tradisi yang sudah turun-temurun dilakukan untuk menyambut datangnya bulan Ramadan di Jawa Tengah. Lantas, seperti apa Tradisi Nyadran tersebut?
Hikmah Luar Biasa Sedekah di Bulan Ramadan
Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah, penuh pahala, penuh pengampunan, dan bulan seribu bulan. Tak heran, jika bulan Ramadan menjadi bulan yang paling istimewa dan ditunggu-tunggu oleh semua umat Islam di dunia ini.Di bulan Ramadan ini, semua umat Islam akan berlomba-lomba dalam melakukan ibadah, seperti beramal, membaca Alquran, dan tak ketinggalan yaitu menjalankan ibadah puasa dan salat Tarawih.Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, semua amalan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Salah satu amalan yang paling dianjurkan selama bulan Ramadan yaitu bersedekah. Bersedekah pada kaum fakir miskin, tetangga, atau kepada orang yang membutuhkan.
Kumpulan: Pengertian dan Fungsi Dasar Negara
Dasar Negara adalah landasan kehidupan sebuah negara karena tiap negara tentu mempunyai landasan negara dalam melakukan serta menjalankan kehidupan sebuah negara di mana dasar negara bertindak dalam mengatur penyelenggaraan sebuah negara. Negara yang tidak mempunyai dasar negara yaitu sebuah negara yang dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara tidak mempunyai pedoman yang memiliki arti bahwa negara itu tidak mempunyai arah serta tujuan yang pasti. Mau dibawa ke mana negara ini karena dasar negara meliputi tujuan negara, harapan negara, serta etika negara.
Wisata Religi Saat Ramadan? Coba Kunjungi 8 Masjid Ini
 – Sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, Indonesia mempunyai banyak masjid yang megah, menarik, dan penuh cerita sejarah di balik pembangunannya. Selain sebagai tempat ibadah, beberapa masjid ini memiliki fungsi lain yaitu sebagai wisata religi bagi umat islam.Nah, di bulan Ramadan ini rasanya sangat tepat untuk bisa berwisata religi ke beberapa masjid yang ada di Indonesia. Selain jalan-jalan dan beribadah, kita juga bisa belajar sejarah dan budaya setiap daerahnya dalam menyambut bulan Ramadan.Dan berikut ini terdapat 8 masjid di Indonesia yang layak untuk Anda kunjungi saat bulan Ramadan ini. Dimulai dari sisi Timur Pulau Jawa, tepatnya di Malang Jawa Timur, terdapat satu masjid yang sangat fenomenal yaitu Masjid Tiban di Turen, Malang, Jawa Timur. 
Cara Alami Bebas Mata Panda selama Ramadan
Marhaban ya Ramadan, Alhamdululillah kita sudah memasuki bulan Ramadan, bulan pintu keberkahan dibuka selebar-lebarnya. Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, kita semua sebagai umat muslim diwajibkan untuk berpuasa dan disarankan untuk memperbanyak membaca kita suci Alquran.Selama bulan Ramadan ini, kita disarankan untuk berlomba-lomba dalam mengejar kebaikan. Ok sahabat, berbicara tentang bulan suci Ramadan, ada beberapa orang yang memiliki masalah, seperti masalah tidur. Hal ini dikarenakan selama bulan Ramadan, jadwal tidur kita berubah.Di malam hari kita harus mengerjakan salat terawih dan memperbanyak membaca kita suci Alquran, sedangkan di tengah malam kita harus menjalani sahur, akibatnya kebanyakan dari kita mengalami kurang tidur. Tentu hal ini akan menyebabkan munculnya mata panda atau kantung mata.
Rander Ramzan Bazar, Pasar Ramadan di Kota Surat India
Tidak semua kota di India dapat ditemukan pasar Ramadan. Hanya di kota-kota besar tertentu saja, kemeriahan pasar Ramadan tampak seperti pesta jalanan. Delhi, Srinagar, Lucknow, Hyderabad, Mumbai, Kolkata, Ahmedabad, Surat merupakan kota besar yang memiliki jumlah penduduk muslim lumayan banyak.Mengingat kota-kota tersebut juga masuk dalam sejarah kejayaan Islam di India. Tak heran, jika Ramadan di India disambut dengan festival makanan selama sebulan penuh. Kota Surat jaraknya 120 kilometer dari tempat saya tinggal.Ramadan tahun lalu saya sempat mengunjungi dan merasakan kemeriahan pasar Ramadan ala muslim India di kota ini. Terletak di kawasan Rander town, area pasar Ramadan lumayan luas. Banyaknya jajaran mobil dan motor yang parkir, jumlahnya mengalahkan yang ada di area parkir mall. Tak percaya?
Lima Negara Ini Punya Cara Unik Menyambut Ramadan
Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah yang kedatangannya sangat dinanti-nanti oleh setiap Muslim sejati. Di Indonesia sendiri, banyak cara unik yang dilakukan masyarakatnya untuk menyambut bulan suci ini.Tidak hanya di Indonesia yang memiliki cara unik untuk menyambut bulan Ramadan. Di beberapa negara di belahan dunia, setiap warga yang beragama Islam juga memiliki cara tersendiri untuk menyambut bulan Ramadan.Kegiatan ini memang rutin dilakukan setiap tahunnya sebagai bentuk ungkapan perasaan senang akan kedatangan bulan Ramadan. Langsung saja, berikut kami menghimpun kegiatan unik menyambut Ramadan dari berbagai negara.
Begini Situasi Ramadan di Lima Negara Minoritas Muslim
Puasa Ramadan merupakan rukun Islam yang ke-4 di mana hukumnya wajib bagi umat Muslim untuk menyempurnakan agama. Berpuasa di Indonesia sebenarnya tak sulit-sulit amat, karena Indonesia merupakan negara mayoritas Islam. Selain itu, lama waktu berpuasa di sini cuma 13 sampai 14 jam. Coba bandingkan dengan mereka yang sedang tinggal di negara minoritas Muslim.Memang tidak mudah berpuasa di negara minoritas, apalagi jika ada masyarakatnya yang tidak menghargai agama Islam. Di sinilah tingkat keimananmu benar-benar diuji. Kira-kira bagaimana ya kondisi mereka yang tinggal di negara non Muslim? Apakah berpuasa di sana lebih sulit atau justru lebih mudah?1. JepangOrang Islam di Jepang memang sangat sedikit. Kalau pun ada, itu pun biasanya orang luar negeri yang tinggal di Jepang. Mengingat Islam menjadi agama minoritas di sini, maka wajar saja apabila tidak ada hari libur untuk awal puasa atau bahkan merayakan Lebaran. Sementara lama berpuasa di Jepang tergantung Ramadan jatuh pada musim apa. Jika Ramadan bertepatan dengan musim panas, maka lama waktu berpuasa sedikit lebih panjang, begitu pula sebaliknya.Baca Selengkapnya...
Unik, Begini Tradisi Masyarakat Indonesia Jelang Ramadan
 – Ramadan sudah di depan mata, tentu semua orang Muslim di dunia sangat bahagia menyambut bulan yang penuh berkah ini. Tidak terkecuali, masyarakat Indonesia yang notabenenya sebagai negara dengan jumlah pemeluk agama Islam terbesar di dunia.Dengan rasa gembiranya menyambut datangnya bulan penuh berkah, banyak masyarakat yang mempersiapkan berbagai hal untuk menyambut bulan Ramadan. Tidak hanya itu saja, bahkan ada banyak tradisi unik yang dilakukan masyarakat menjelang bulan Ramadan.Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki tradisi unik tersendiri untuk menyambut bulan Ramadan. Seperti beberapa tradisi yang diadakan masyarakat Indonesia berikut ini, saat menjelang bulan suci Ramadan.
6 Tips Tetap Cantik Selama Puasa Ramadan
Marhaban ya ramadan, puji syukur kita masih diberi umur panjang dan bisa berjumpa lagi dengan bulan ramadan, yaitu bulan yang penuh berkah, bulan penuh pengampunan, bulan penuh pahala, dan bulan seribu bulan.Di bulan ramadan ini, tentu kita semua sebagai kaum muslim akan menjalankan ibadah puasa. Ibadah, di mana kita harus menahan haus dan lapar serta hawa nafsu dari fajar hingga magrib. Hal ini tentu akan memengaruhi kondisi tubuh kita hingga kecantikan kulit kita.Untuk itu, kita perlu melakukan perawatan agar tubuh tetap tampil cantik, sehat, segar, dan bersemangat meskipun harus berpuasa. Berbicara tentang kecantikan selama berpuasa di bulan ramadan, kali kita akan memberikan tips agar tetap cantik selama bulan ramadan. Apa saja itu tipsnya?
Heboh Gadis Cari Pacar Sewaan untuk Bulan Ramadan
Hari Senin, tepatnya 6 Juni kita sudah memasuki bulan suci Ramadan. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menyambut bulan yang penuh berkah ini, terutama mengisinya dengan hal-hal yang positif.Beberapa daerah juga memiliki kebudayaan tertentu, menyambut datangnya bulan Ramadan, seperti mandi untuk membersihkan diri, hingga makan-makan bersama di siang hari.Tetapi yang dilakukan gadis ini sungguh di luar dugaan, ia bukan mencari keberkahan bulan suci Ramadan. Namun yang ia cari adalah seorang pacar sewaan, hanya untuk satu bulan penuh saja. Bagaimana ceritanya?
Ancaman bagi Orang yang Membatalkan Puasa Ramadan
Bulan Ramadan adalah bulan yang mulia. Bulan ini dipilih sebagai bulan untuk berpuasa penuh untuk umat muslim. Puasa bulan Ramadan merupakan puasa wajib bagi seluruh umat Islam yang baligh, berakal sehat tanpa keuzuran.Keutamaan berpuasa dibulan Ramadan begitu banyak dijelaskan dalam hadits-hadits Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam, seperti hadits tentang puasa Ramadan penghapus dosa.Akan tetapi walaupun banyak hadits-hadits tentang keutamaan orang yang berpuasa di bulan Ramadan, banyak juga umat Islam yang tidak memanfaatkannya. Padahal orang yang tidak berpuasa karena kesengajaan bukan karena udzur merupakan perbutan dosa. Bahkan akan di masukkan kelak ke dalam api neraka.
Parah, Empat Negara Ini Larang Warganya untuk Puasa
Hanya tinggal menghitung hari puasa Ramadan 1437 H dimulai. Di Indonesia, pasti semua warganya yang mayoritas beragama Islam riang gembira menyambut Ramadan tahun ini.Tapi berbeda dengan warga Muslim di beberapa negara ini, yang dilarang menjalankan ibadah puasa Ramadan oleh pemerintahnya. Beberapa alasan membuat pemerintah negara ini, mengeluarkan larangan bagi warganya yang beragama Islam untuk menjalankan ibadah puasa. Berikut beberapa negara yang pernah melarang warganya yang beragama Islam untuk menjalankan ibadah puasa.Inggris. Dulu Inggris adalah negara yang cukup anti-Islam, tapi sekarang Inggris mulai senang dengan umat Muslim. Tapi untuk urusan puasa, mereka kelihatannya masih belum bisa menerima.
Menjadi Pemenang yang Sesungguhnya di Hari Kemenangan
Bulan Ramadan sedang bersiap untuk pergi meninggalkan kita semua. Pergi sementara untuk kembali setahun lagi. Ada perasaan haru ditinggal sang bulan mulia. Ada juga perasaan senang bahwa kita sedang menanti datangnya sang hari kemenangan.Hari ketika kita kembali suci. Hari, ketika kita mengaplikasikan apa yang sudah kita dapatkan selama sebulan sebelumnya. Hari, ketika kita menjadi pribadi-pribadi baru, setelah digembleng sebulan penuh dalam ibadah Ramadan. Gema takbir yang selalu berkumandang menyambut 1 Syawal merupakan titik balik bagi kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Dan, melanjutkan hal-hal positif yang selalu kita laksanakan di bulan Ramadan.Selepas Ramadan, kita memang diperbolehkan makan dan minum di siang hari. Tetapi, makanlah secukupnya, pada waktunya, dan janganlah berlebihan. Teraturnya makan pada saat Ramadan akan sangat baik, jika kita aplikasikan juga di sebelas bulan yang lainnya.Baca Selengkapnya...
Aku Ingin Jadi Kapitalis Selama Bulan Ramadan
Ramadan adalah kenangan terindah yang selalu dinanti-nantikan oleh banyak orang. Ramadan merupakan bulan penuh kebaikan, dibandingkan bulan-bulan lainnya. Ramadan menjadi bulan yang baik untuk mengakumulasi pahala.Bicara Ramadan, saya sempat mengikuti kelas literasi bertajuk "Ramadan di Kampung Halaman". Dalam diskusi itu, saya dan para peserta menceritakan pengalaman selama Ramadan di tempat tinggal masing-masing.Berhubung para peserta diskusi kebanyakan berasal dari Jawa Barat, maka pengalamannya hampir mirip. Hal ini mungkin, dipengaruhi oleh kesamaan kebiasaan dalam spektrum perjodohan sosial budaya.
Sepuluh Tradisi Unik Tahun Baru di Berbagai Negara
Setiap negara memiliki tradisi unik dalam menyambut pergantian malam akhir tahun. Hal ini bisa dipengaruhi dari budaya dan kebiasaan negara setempat.Negara-negara di bawah ini memiliki tradisi unik dalam menyambut tahun baru dengan penuh harapan baru, sesuai dengan kebiasaan mereka. Seperti memakan 12 biji buah anggur di Spanyol atau menabur bunga ke laut yang dilakukan oleh masyarakat Brasil.Berikut sepuluh tradisi unik menyambut tahun baru di berbagai negara yang kami himpun dari berbagai sumber.
Empat Negara Ini Pernah Melarang Penduduknya Berpuasa
Sebagai negara mayoritas Muslim, kedatangan bulan puasa di Indonesia tentu sangat dinanti-nanti dan disambut dengan suka cita. Namun lain lagi dengan mereka yang tinggal di negara minoritas Muslim. Bagi warga Muslim yang tinggal di negara minoritas, menjalankan ibadah puasa bisa sangat berat.Pasalnya, pemerintah di beberapa negara minoritas ada yang menerapkan larangan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, larangan tersebut berlaku juga untuk warga Muslim. Bahkan sebagian negara akan menghukum warga Muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.Sontak saja larangan tersebut memicu amarah dari warga Muslim di negara minoritas. Mereka menuntut hak menjalankan ibadah puasa dan kebebasan beragama. Langsung saja, berikut negara-negara yang pernah melarang penduduknya berpuasa di bulan Ramadan.
Kebahagiaan Maia Estianty Puasa Bareng Tiga Jagoannya
Ramadan memang bulan paling spesial bagi umat Islam di seluruh dunia. Setiap Muslim pasti ingin menikmati setiap momen-momen Ramadan dengan keluarga tersayang atau sahabat-sahabat terbaik.Yang merantau, pasti ingin cepat libur dan mudik untuk bisa berpuasa bareng keluarga. Begitu pun dengan Maia Estianty, yang pasti ingin menyambut bulan suci Ramadan bersama dengan orang-orang terkasihnya.Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah, Maia pun akhirnya bisa menikmati setiap momen Ramadan dengan sangat bahagia. Yuk, intip kebahagiaan Maia dalam menyambut Ramadan.
10 Tradisi Menyambut Bulan Ramadan di Indonesia
Tidak lama lagi, umat muslim di seluruh dunia akan menyambut datangnya bulan ramadan. Bulan penuh berkah ini akan selalu disambut dengan suka cita oleh seluruh umat Islam di dunia, tidak terkecuali di Indonesia.Indonesia memang bukan negara Islam, tapi mayoritas penduduknya beragama Islam, bahkan negara Indonesia termasuk salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Jadi tidak heran, jika di Indonesia banyak sekali tradisi unik untuk menyambut datangnya bulan ramadan.Walaupun, dari nama dan ritualnya berbeda-beda tiap daerah, tapi tujuan dari tradisi-tradisi ini tetap sama yaitu sebagai bentuk rasa syukur. Lantas, apa saja tradisi untuk menyambut bulan ramadan di Indonesia?
Tujuh Makanan Khas Ramadan di Berbagai Negara
Bulan Ramadan merupakan momen paling ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Di mana selama bulan Ramadan tersebut, umat muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan lamanya.Saat menjalankan ibadah puasa Ramadan ini, biasanya selalu diikuti oleh tradisi-tradisi yang sudah turun temurun. Sedangkan makanan tradisional merupakan bagian tak terpisahkan dari tradisi-tradisi Ramadan tersebut.Kalau di Indonesia, kita mengenal takjil yaitu makanan ringan untuk berbuka dan membatalkan puasa Ramadan. Lalu, bagaimana dengan makanan khas Ramadan negara lain yang penduduknya juga menjalankan puasa?
Dua Belas Tradisi Unik Jelang Ramadan di Indonesia
Umat Islam di seluruh dunia tengah menyambut datangnya bulan suci Ramadan, bulan yang penuh rahmat dan juga ampunan. Kedatangan bulan suci Ramadan ini selalu disambut dengan penuh kegembiraan dan suka cita oleh seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Termasuk juga umat Muslim yang ada di Indonesia.Meskipun bukan negara yang berdasarkan hukum Islam, Indonesia memiliki penduduk beragama Islam terbanyak di dunia. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan apabila banyak sekali tradisi-tradisi yang sering digelar oleh umat Islam yang ada di Indonesia untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan.Lalu, tradisi-tradisi seperti apakah yang sering digelar di beberapa daerah di Indonesia saat menjelang datangnya bulan suci Ramadan? Pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat mengenai beberapa tradisi menjelang Ramadan yang selalu digelar di Indonesia.Baca Selengkapnya...
7 Negara dengan Tradisi Ramadan Paling Unik
Bulan ramadan selalu menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Di bulan penuh keberkahan ini, seluruh muslim di seluruh dunia menjalani ibadah puasa dengan penuh syukur.Tidak hanya itu, mereka juga sambil beramal saleh dan mencari kebaikan bagi dirinya sendiri dan alam semesta. Maka tak heran, puasa di bulan ramadan selalu menjadi hal yang berharga dalam membentuk kepribadian dan ketakwaan seorang muslim.Seperti beberapa negara berikut ini, yang merayakan tradisi ramadan dengan cara unik. Seunik apa ramadan di negara-negara itu? Daripada penasaran, langsung saja simak berikut ini ulasannya.