Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Nyadran, Ziarah ke Makam Keluarga untuk Sambut Ramadan

Menjelang datangnya bulan Ramadan, umat Muslim biasanya akan mempersiapkan diri untuk menjalankan ibadah selama bulan Ramadan. Salah satunya yaitu ziarah ke makam keluarga leluhur .

Tradisi ziarah atau nyekar ini biasanya dilakukan seminggu sebelum bulan Ramadan dimulai. Hal ini juga dilakukan di Jawa Tengah, hanya saja berziarah ke makam keluarga sebelum dimulainya bulan Ramadan memiliki tradisi sendiri di Jawa Tengah, yaitu Tradisi Nyadran.

Nyadran adalah sebuah tradisi yang sudah turun-temurun dilakukan untuk menyambut datangnya bulan Ramadan di Jawa Tengah. Lantas, seperti apa Tradisi Nyadran tersebut?

Read Full Article
Makna Utama Ziarah Kubur yang Sering Dilupakan
Suatu ketika Rasulullah SAW berziarah ke makam ibundanya. Saat berziarah tersebut Rasulullah menangis, kemudian orang-orang yang ikut serta dengan beliau ikut menangis.Beliau lalu bersabda, "Aku meminta izin kepada Rabb-ku untuk memintakan ampunan bagi ibuku, namun aku tidak diizinkan melakukannya. Maka aku pun meminta izin untuk menziarahi kuburnya, akupun diizinkan. Berziarah kuburlah, karena ia dapat mengingatkan engkau akan kematian".Momen menjelang Ramadan di Indonesia disambut oleh umat muslim dengan berduyun-duyun menziarahi makam kerabatnya. Kebiasaan ini sangatlah positif jika dilakukan sesuai dengan ketentuan syariat Islam dan memahami maknanya. Sayangnya, banyak yang melakukan ziarah kubur hanya sebatas kebiasaan menjelang puasa tanpa memaknai tujuan sebenarnya dari ziarah kubur.
Menengok Reruntuhan Makam Imperial Xia Barat di China
 – Berada sekitar 30 kilometer di sebelah barat kota modern Yinchuan, terdapat komplek pemakaman yang sangat besar dari Dinasti Xia Barat. Reruntuhan makam Imperial Xia Barat ini seluas 40 kilometer persegi di lereng timur Pegunungan Helen.Reruntuhan makam Imperial Xia Barat ini sering juga disebut "Piramida China" oleh penduduk setempat. Reruntuhan makam ini bisa dilihat oleh siapa saja, namun makam-makam ini tidak terlihat seperti piramida batu yang megah seperti di Mesir.Sebaliknya, reruntuhan makam Imperial Xia Barat adalah struktur bumi dan batu bata yang memiliki penampakan tumpukan lumpur dan kotoran raksasa. Tetapi, pada musim gugur tempat ini benar-benar menjadi sesuatu yang sangat indah dan menakjubkan. 
Kamar Tersembunyi di Makam Raja Tutankhamun
 – Pihak berwenang di Mesir telah mengonfirmasi penemuan dua kamar tersembunyi di dalam makam Tutankhamun (Raja Tut). Menteri Purbakala Mesir, Mamdouh El-Damaty mengungkapkan, hasil scan dari makam Firaun muda di Lembah raja-raja telah menunjukkan adanya dua kamar tersembunyi.Hal ini diyakini bahwa, ruang tersebut mungkin berisi anggota keluarga dari Tutankhamun. Namun, masih bersifat spekulatif, apakah salah satunya adalah milik Ratu Nefertiti yang telah lama dicari-cari atau bukan. Scan lanjut akan dijadwalkan pada tanggal 31 Maret untuk membantu mempelajari lebih lanjut tentang apa yang mungkin terletak di dalam kedua ruangan itu.Pencarian untuk ruang tersembunyi di dalam makam Raja Tut diawali sejak tahun yang lalu, saat seorang arkeolog Inggris yang bernama Nicholas Reeves berhasil menemukan satu pintu tersembunyi ketika memeriksa foto-foto dari interior makam dengan menggunakan resolusi tinggi. 
Lima Negara Ini Punya Cara Unik Menyambut Ramadan
Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah yang kedatangannya sangat dinanti-nanti oleh setiap Muslim sejati. Di Indonesia sendiri, banyak cara unik yang dilakukan masyarakatnya untuk menyambut bulan suci ini.Tidak hanya di Indonesia yang memiliki cara unik untuk menyambut bulan Ramadan. Di beberapa negara di belahan dunia, setiap warga yang beragama Islam juga memiliki cara tersendiri untuk menyambut bulan Ramadan.Kegiatan ini memang rutin dilakukan setiap tahunnya sebagai bentuk ungkapan perasaan senang akan kedatangan bulan Ramadan. Langsung saja, berikut kami menghimpun kegiatan unik menyambut Ramadan dari berbagai negara.
Menata Hati Sambut Bulan Suci
 – Ramadan adalah bulan suci, tentu harus kita sambut dengan sucinya hati. Untuk itu, selagi masih ada waktu, mari kita bergegas untuk bertobat kepada Allah, membuka hati untuk memaafkan orang lain.Sebelum memasuki bulan Ramadan, alangkah indahnya jika kita menyadari bahwa diri kita masih berlumur dosa dan kekhilafan, baik kepada Allah SWT dan sesama manusia.Untuk itu, marilah kita siapkan hati agar bersih. Inilah nasihat para ulama untuk menata hati sambut bulan Suci
Berkunjung ke Makam Putri Gunung Jati
Terletak di sebelah timur Alun-alun Bangil, tepatnya di persinggahan atau terminal Swadesi, terdapat makam Mbah Ratu Ayu. Tidak banyak yang mengetahui bahwa ini adalah makam putri dari Raden Syarif Hidayatullah atau yang sering disebut Sunan Gunung Jati.Peran Mbah Ratu cukup penting dalam menyebarkan Islam di wilayah Pasuruan. Karena Mbah Ratu melahirkan seorang putra yang menjadi pemimpin di kalangan masyarakat Segoropuro, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan, yaitu Raden Syaid Arif Hidayatullah. Yang sering diziarahi oleh masyarakat ketika melaksanakan perjalanan ke Bali atau ke wilayah timur.Namun sosok Mbah Ratu tidak terlalu dikenal seperti putranya. Sehingga tidak banyak orang tahu di mana makam Mbah Ratu. Karena makamnya tidak seperti makam pesohor Islam yang lain di Pasuruan. Setiap tahun tidak ada peringatan atau haul besar yang dilakukan. Jadi hanya sebatas ziarah dan istighasah bersama.Baca Selengkapnya...
Air Terjun Dekat Makam Sunan Muria yang Tak Pernah Kering
Berwisata ke Kudus yang notabene Jerusalemnya pulau Jawa, akan memberikan pengalaman yang sarat akan nilai religi bagi wisatawan. Terang saja, di Kota Kretek ini bersemayam dua tokoh penyebar agama Islam paling terkenal, yakni Sunan Kudus dan Sunan Muria.Khusus untuk wisatawan yang berziarah ke makam Sunan Muria, mereka bisa sekalian melipir ke Air Terjun Monthel yang konon alirannya tidak pernah kering. Setiap hari ada saja peziarah yang datang ke Makam Sunan Muria di desa Colo, kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Makamnya sendiri berada di atas bukit di lereng Gunung Muria.Sedangkan desa Colo, sejak lama telah ditetapkan sebagai desa wisata di kabupaten tersebut. Jadi mereka yang datang untuk berziarah ke salah satu makam anggota Walisongo ini selalu menyempatkan untuk mampir ke obyek wisata lainnya yang ada di lokasi yang sama. Obyek wisata terdekat dari makam Sunan Muria adalah Air Terjun Monthel. Jaraknya hanya 1,5 kilometer dan bisa ditempuh dengan jalan kaki kurang dari setengah jam. Baca Selengkapnya...
Mumi Ditemukan di Makam Luxor yang Belum Dijelajahi
 – Para arkeolog telah menemukan mumi tak dikenal di dalam makam yang sebelumnya belum pernah dijelajahi dekat Kota Luxor, Mesir. Makam tersebut, yang merupakan salah satu dari dua yang ditemukan pada tahun 1990-an oleh arkeolog Jerman, Frederica Kampp, sedang diselidiki oleh kementerian barang antik Mesir dalam upaya untuk meningkatkan pariwisata lokal.Makam tersebut terletak di Dra Abu el Naga nekropolis dekat dengan Kuil Hatshepsut dan Lembah Raja-raja. Kuil Hatshepsut, juga dikenal sebagai Djeser-djeseru (tempat suci) di kota Luxor Mesir. "Ini benar-benar hari yang luar biasa," kata Menteri Barang Antik Mesir, Khaled al Enany."Kuburan pribadi kerabat ke-18 sudah diketahui, tapi ini untuk pertama kalinya masuk ke dalam dua makam tersebut." Mumi yang dibungkus linen saat ini tidak dikenal, namun arkeolog percaya bahwa mumi itu bisa saja milik seorang juru tulis bernama Maati, yang namanya dapat ditemukan di kerucut pemakaman di dalam ruang persegi panjang makam tersebut.
Nyadran, Ziarah ke Makam Keluarga untuk Sambut Ramadan
Menjelang datangnya bulan Ramadan, umat Muslim biasanya akan mempersiapkan diri untuk menjalankan ibadah selama bulan Ramadan. Salah satunya yaitu ziarah ke makam keluarga leluhur .Tradisi ziarah atau nyekar ini biasanya dilakukan seminggu sebelum bulan Ramadan dimulai. Hal ini juga dilakukan di Jawa Tengah, hanya saja berziarah ke makam keluarga sebelum dimulainya bulan Ramadan memiliki tradisi sendiri di Jawa Tengah, yaitu Tradisi Nyadran.Nyadran adalah sebuah tradisi yang sudah turun-temurun dilakukan untuk menyambut datangnya bulan Ramadan di Jawa Tengah. Lantas, seperti apa Tradisi Nyadran tersebut?
Ancaman bagi Orang yang Membatalkan Puasa Ramadan
Bulan Ramadan adalah bulan yang mulia. Bulan ini dipilih sebagai bulan untuk berpuasa penuh untuk umat muslim. Puasa bulan Ramadan merupakan puasa wajib bagi seluruh umat Islam yang baligh, berakal sehat tanpa keuzuran.Keutamaan berpuasa dibulan Ramadan begitu banyak dijelaskan dalam hadits-hadits Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam, seperti hadits tentang puasa Ramadan penghapus dosa.Akan tetapi walaupun banyak hadits-hadits tentang keutamaan orang yang berpuasa di bulan Ramadan, banyak juga umat Islam yang tidak memanfaatkannya. Padahal orang yang tidak berpuasa karena kesengajaan bukan karena udzur merupakan perbutan dosa. Bahkan akan di masukkan kelak ke dalam api neraka.
Detik-detik Dibongkarnya Makam Fir'aun
Penemuan makam Fir aun Tutankhamun pada tahun 1922 adalah penemuan arkeologi terpenting dalam sejarah. Namun, temuan ini tidak dengan mudah didapat. Faktanya, sang arkeolog, Howard Carter, butuh waktu lebih dari 15 tahun untuk menemukannya.Pada 26 November 1922, Carter berhasil membobol pintu masuk makam bersama Herbert di sisinya. Meski bukti yang ada menunjukkan, kalau makam tersebut telah dua kali dijarah pencuri makam, tapi isi di dalamnya ternyata tak tersentuh.Ribuan artefak tak ternilai pun masih tersusun rapi, termasuk sarkofagus sang anak raja. Bahkan, butuh waktu hingga delapan tahun untuk melakukan katalogisasi dan merekam seluruh benda sejarah tersebut.
Arkeolog Mulai Mencari Keberadaan Makam Istri Raja Tut
 – Para arkeolog telah memulai penggalian di daerah Lembah Para Raja untuk mencari keberadaan makam istri Raja Tut di dekat makam Firaun Ay (1327 SM – 1323 SM), penerus Raja Tut (1336 SM - 1327 SM).“Meskipun beberapa makam keluarga kerajaan telah ditemukan di Lembah Barat, namun sebagian besar dari mereka telah ditemukan di Lembah Timur, Lembah Para Raja,” kata arkeolog Zahi Hawass.Pada penggalian sebelumnya, para ilmuwan telah mengidentifikasi sesuatu yang menarik di daerah ini di dekat makam Raja Ay. Empat pondasi dari gambar radar dari apa yang tampak seperti makam pada kedalaman lima meter di bawah permukaan tanah Lembah Para Raja.
Cerita Mistis di Balik Makam Lastri, Pati
.co.id – Berbicara tentang misteri di daerah sekitar kota Pati, pastinya tidak akan luput dari cerita makam Lastri. Konon, dari gosip yang tersebar, keangkeran makam Lastri sudah banyak dipercayai oleh warga yang melintas makan ini.Di mana, banyak misteri yang sudah dialami oleh beberapa warga sekitar. Makam Lastri yang berada di Desa Geneng, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati ini memang menyimpan sejuta misteri. Munculnya cerita mistis dari makam ini, berawal dari kisah kelam seorang perempuan bernama Lastri.Pada masa hidupnya dulu, Lastri dikenal juga dengan nama mutiah yang sudah bersuami sejak umur 16 tahun. Perempuan bernama mutiah tidak dianugerahi keturunan, sehingga membuat suaminya tidak puas dengan menikahi gadis ini. Walaupun terbilang sangat cantik, ternyata hal ini tidak membuat suaminya puas.
Keajaiban Air Tiga Rasa di Kabupaten Kudus
VIVA.co.id - Ajaib, di dekat Makam Sunan Muria di Kudus terdapat tiga sumber air yang rasanya berbeda padahal antara satu sumber dengan sumber lain letaknya berdekatan.Warga setempat mengenal tempat tersebut dengan nama Air Tiga Rasa Rejenu. Sumber air tersebut memiliki khasiat masing-masing. Yuk kita cari tahu khasiat apa saja yang dimaksud. Pergi ke Kudus wajib hukumnya untuk berwisata ziarah ke Makam Sunan Muria di lereng Gunung Muria.Dengan mengunjungi tempat itu, traveler bisa sekalian rekreasi ke situs Air Terjun Monthel dan Air Tiga Rasa Rejenu, keduanya berada tidak jauh dari situs makam salah satu anggota Walisongo itu. Khusus untuk obyek wisata Air Tiga Rasa Rejenu letaknya berada di desa Japan, kecamatan Dawe atau tepat di atas Air Terjun Monthel.Baca selengkapnya ... 
Aku Ingin Jadi Kapitalis Selama Bulan Ramadan
Ramadan adalah kenangan terindah yang selalu dinanti-nantikan oleh banyak orang. Ramadan merupakan bulan penuh kebaikan, dibandingkan bulan-bulan lainnya. Ramadan menjadi bulan yang baik untuk mengakumulasi pahala.Bicara Ramadan, saya sempat mengikuti kelas literasi bertajuk "Ramadan di Kampung Halaman". Dalam diskusi itu, saya dan para peserta menceritakan pengalaman selama Ramadan di tempat tinggal masing-masing.Berhubung para peserta diskusi kebanyakan berasal dari Jawa Barat, maka pengalamannya hampir mirip. Hal ini mungkin, dipengaruhi oleh kesamaan kebiasaan dalam spektrum perjodohan sosial budaya.
Rander Ramzan Bazar, Pasar Ramadan di Kota Surat India
Tidak semua kota di India dapat ditemukan pasar Ramadan. Hanya di kota-kota besar tertentu saja, kemeriahan pasar Ramadan tampak seperti pesta jalanan. Delhi, Srinagar, Lucknow, Hyderabad, Mumbai, Kolkata, Ahmedabad, Surat merupakan kota besar yang memiliki jumlah penduduk muslim lumayan banyak.Mengingat kota-kota tersebut juga masuk dalam sejarah kejayaan Islam di India. Tak heran, jika Ramadan di India disambut dengan festival makanan selama sebulan penuh. Kota Surat jaraknya 120 kilometer dari tempat saya tinggal.Ramadan tahun lalu saya sempat mengunjungi dan merasakan kemeriahan pasar Ramadan ala muslim India di kota ini. Terletak di kawasan Rander town, area pasar Ramadan lumayan luas. Banyaknya jajaran mobil dan motor yang parkir, jumlahnya mengalahkan yang ada di area parkir mall. Tak percaya?
Kebahagiaan Maia Estianty Puasa Bareng Tiga Jagoannya
Ramadan memang bulan paling spesial bagi umat Islam di seluruh dunia. Setiap Muslim pasti ingin menikmati setiap momen-momen Ramadan dengan keluarga tersayang atau sahabat-sahabat terbaik.Yang merantau, pasti ingin cepat libur dan mudik untuk bisa berpuasa bareng keluarga. Begitu pun dengan Maia Estianty, yang pasti ingin menyambut bulan suci Ramadan bersama dengan orang-orang terkasihnya.Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah, Maia pun akhirnya bisa menikmati setiap momen Ramadan dengan sangat bahagia. Yuk, intip kebahagiaan Maia dalam menyambut Ramadan.
Misteri Penemuan Kuburan dengan Panjang 5 Meter
Manusia rata-rata memiliki tinggi 180 sentimeter, dan jarang sekali yang memiliki tinggi hingga di atas 2 meter. Meskipun ada beberapa orang yang dinobatkan sebagai orang tertinggi di dunia.Namun kini ditemukan sebuah penemuan baru yang cukup mengejutkan, yang berhubungan dengan makam manusia. Di mana makam ini memiliki panjang sekitar 5 meter, dengan lebar hanya setengah meter saja.Selain penemuan kuburan yang cukup panjang ini, ada juga sisa-sisa kerangka di sepanjang makam tersebut. Lantas, berapa tinggi orang yang ada di dalam makam ini? Dan siapa pemilik makam misterius ini?
Adab dan Bacaan Ziarah Kubur
Islam menganjurkan umatnya untuk melakukan ziarah kubur. Ziarah kubur termasuk ibadah yang mulia di sisi Allah. Islam juga masih menghormati orang-orang yang sudah meninggal.Kebiasaan kita ziarah kubur menjelang Ramadan atau sesudah pulang shalat Id. Walaupun sebenarnya bukan di waktu itu saja yang disyariatkan dalam Islam. Ziarah kubur boleh kapan saja.Dahulu Rasulullah memang melarang para sahabatnya untuk berziarah kubur sebelum disyari atkannya. Sebab waktu itu umat Islam banyak yang salah arti tentang ziarah kubur.
Mengungkap Misteri Makam Jaka Dolog dengan Panjang 10 Meter
Banyak masyarakat Indramayu dan sekitarnya yang belum mengetahui, bahwa di Indramayu ternyata ada makam yang panjangnya sekitar 10 meter. Makam yang oleh masyarakat sekitar diberi nama Makam Jaka Dolog ini, memiliki panjang yang tidak sewajarnya.Untuk mencapai lokasi makam Jaka Dolog yang terletak di Desa Pabean Udik, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, ini Anda harus melewati jalanan sempit yang hanya bisa dilalui dengan menggunakan sepeda motor atau berjalan kaki dari Jalan Pabean Udik, atau juga bisa masuk dari Jembatan Karangsong melewati empang ikan.Makam Jaka Dolog yang terletak di tengah sawah ini ramai dikunjungi pada saat malam Jumat Kliwon, Hari Besar Islam, dan pada saat ada tradisi Unjungan atau Ngunjung. Ribuan orang yang berasal dari daerah sekitar dan juga dari daerah lain mendatangi makam terpanjang di Indramayu ini.
Cara Alami Bebas Mata Panda selama Ramadan
Marhaban ya Ramadan, Alhamdululillah kita sudah memasuki bulan Ramadan, bulan pintu keberkahan dibuka selebar-lebarnya. Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, kita semua sebagai umat muslim diwajibkan untuk berpuasa dan disarankan untuk memperbanyak membaca kita suci Alquran.Selama bulan Ramadan ini, kita disarankan untuk berlomba-lomba dalam mengejar kebaikan. Ok sahabat, berbicara tentang bulan suci Ramadan, ada beberapa orang yang memiliki masalah, seperti masalah tidur. Hal ini dikarenakan selama bulan Ramadan, jadwal tidur kita berubah.Di malam hari kita harus mengerjakan salat terawih dan memperbanyak membaca kita suci Alquran, sedangkan di tengah malam kita harus menjalani sahur, akibatnya kebanyakan dari kita mengalami kurang tidur. Tentu hal ini akan menyebabkan munculnya mata panda atau kantung mata.
Tujuh Makanan Khas Ramadan di Berbagai Negara
Bulan Ramadan merupakan momen paling ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Di mana selama bulan Ramadan tersebut, umat muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan lamanya.Saat menjalankan ibadah puasa Ramadan ini, biasanya selalu diikuti oleh tradisi-tradisi yang sudah turun temurun. Sedangkan makanan tradisional merupakan bagian tak terpisahkan dari tradisi-tradisi Ramadan tersebut.Kalau di Indonesia, kita mengenal takjil yaitu makanan ringan untuk berbuka dan membatalkan puasa Ramadan. Lalu, bagaimana dengan makanan khas Ramadan negara lain yang penduduknya juga menjalankan puasa?
Arkeolog Temukan Makam Berusia 3.500 Tahun di Mesir
.co.id – Sebuah makam yang penuh dengan koleksi mumi dan barang antik milik seorang pandai emas kerajaan, ditemukan di Mesir. Makam berusia lebih dari 3.500 tahun itu ditemukan di area pemakaman para bangsawan yang dikenal dengan nama Lembah Para Raja di Luxor Selatan, Mesir.Kementerian Antiquities mengidentifikasi makam tersebut milik seorang pandai emas bernama Amenemhat yang hidup dalam dinasti ke-18 di Mesir, sekitar tahun 1400 SM. Amenemhat dan istrinya, Amenhotep, beserta anak laki-laki mereka beristirahat di dalam peti di makam tersebut.Selain mumi-mumi, ditemukan juga sarkofagus, masker penguburan yang diukir kayu bersama dengan koleksi patung-patung, termasuk di antaranya patung Amenemhat dan patung istrinya Amenhoteb.