Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Hilangkan Noda Bekas Jerawat dengan Kulit Pisang

Jerawat sangat mudah untuk berkembang biak, hal ini biasanya dipicu karena Anda sering menyentuh atau memencet jerawat, sehingga area kulit lain terkontaminasi oleh bakteri penyebab jerawat. Wajah berjerawat sangat perlu dilakukan perawatan secara rutin, bila Anda ingin jenis perawatan yang mudah dan murah, Anda dapat mencoba perawatan dengan kulit pisang.

Pisang, bukan hanya buahnya saja yang mempunyai banyak nutrisi yang mampu menangkal beberapa jenis penyakit dan sangat bermanfaat bagi kesehatan, tapi ternyata kulitnya pun tidak kalah berguna.

Bagi kesehatan serta kecantikan kulit, kulit pisang banyak sekali manfaatnya, salah satunya untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Sebenarnya menghilangkan noda bekas jerawat bisa Anda lakukan di salon-salon kecantikan, namun tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan bahan alami seperti kulit pisang yang sangat mudah didapatkan tanpa harus banyak menguras isi dompet untuk menjadikan kulit wajah tampak bersinar kembali.

Read Full Article
Begini Cara Menggunakan Pepaya untuk Hilangkan Bekas Jerawat
 – Jerawat memang merupakan masalah besar untuk penampilan wajah. Lantaran munculnya jerawat, bisa sangat mungkin merusak penampilan. Wajah akan terlihat memerah dengan permukaan yang tak rata dan terkadang terkesan terlihat kotor serta berkilap.Tapi masalah jerawat tidak hanya berhenti di sini saja. Karena seringkali saat jerawat sukses dihilangkan dari wajah, Anda masih perlu berjuang melawan bekas jerawat yang ada di wajah Anda. Tidak mudah untuk menemukan cara menghilangkan bekas jerawat yang ampuh dan aman.Bahkan di beberapa kasus, produk perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat malah bisa kembali memunculkan jerawat di wajah. Namun tak perlu khawatir, karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat. Salah satunya menggunakan pepaya.
Resep Lempeng Pisang yang Nikmat
Pisang merupakan hasil pertanian yang melimpah di daerah saya. Pertumbuhannya juga sangat cepat, karena hanya dibiarkan begitu saja tunas muda akan terus muncul lalu berubah menjadi tanaman dewasa yang siap berbuah.Tak heran stok pisang di rumah bapak dan Ibu saya yang tinggal di desa tak pernah kering. Kalau pun telat hanya sebentar saja. Karena hasil panen pisang tak pernah dijual, maka anak cucu bapak dan Ibulah yang kebagian tugas untuk menghabiskan.Saya pernah menulis beberapa resep berbahan dasar pisang sebelumnya, seperti cake pisang dan brownies pisang. Karena sudah terlalu sering membuat olahan pisang dengan bentuk cake anak-anak jadi bosan. Nah sekarang beralih ke olahan pisang tradisional, yaitu lempeng pisang.
Resep Bolu Pisang Kukus yang 'Nyokelat' dan Lembut
 – Buah pisang yang punya banyak jenis dan rasa khas ini memang selalu digemari. Mungkin itu sebabnya kuliner olahan dari bahan pisang terus berkembang. Mulai dari kue jadul seperti nagasari, hingga camilan hits, bolen dan pisang nugget marak dijual. Sementara pisang goreng dan kolak pisang tradisional, tidak pernah kehilangan penggemar.Salah satu variasi olahan pisang lainnya yang mudah dibuat sendiri di rumah adalah bolu pisang kukus. Cake beraroma dan rasa pisang ini bahan-bahannya simpel, dan tak perlu panggangan atau oven untuk membuatnya.Hasilnya, bolu pisang kukus ini terasa cokelat banget dengan tekstur kue yang lembut di mulut. Banana dan choco lover pasti suka. Untuk membuat bolu pisang kukus, sebaiknya menggunakan pisang raja atau pisang ambon yang sudah matang. Dan karena rasa pisangnya sudah manis, jika Anda tidak suka manis, takaran gula pada resep dapat dikurangi.
Cara Membuat Pisang Pasir yang Kering dan Renyah
Bosan makan pisang goreng yang biasa-biasa saja? Coba membuat pisang goreng berpasir yuk. Karena cita rasanya jauh lebih istimewa dibandingkan pisang goreng biasa. Dinamakan pisang goreng pasir karena memang memiliki tekstur mirip dengan pasir yang keriting dan berongga.Pisang goreng berpasir memiliki tekstur yang lebih kering dan renyah di luar. Meski begitu, rasanya sangat manis dan lembut di bagian dalamnya. Pisang pasir sangat nikmat disajikan selagi hangat maupun ketika sudah dingin sekalipun. Hal itu tentu berbeda dengan pisang goreng biasa yang kadang menjadi lembek saat sudah dingin.Membuat pisang goreng pasir tidaklah sulit. Hanya dibutuhkan tambahan tepung roti untuk mendapatkan tekstur crunchy. Jika Anda ingin membuatnya, sebaiknya simak resep dan cara membuatnya berikut ini.Baca Selengkapnya...
Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Jeruk Lemon
Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat menjengkelkan sekali, meskipun bukan penyakit kulit serius dan hanya benjolan kecil, namun jerawat dapat merusak penampilan seseorang. Bahkan tak jarang orang tak mau keluar rumah karena malu dengan kulit wajah yang berjerawat.Memang masalah jerawat bisa kita atasi dengan banyak cara, Anda bisa menggunakan cream anti jerawat atau dengan menggunakan bahan alami seperti jeruk nipis, bawang putih dan lain sebagainya.Sama halnya dengan jerawat, bekas jerawat juga akan merusak kecantikan kulit kita, terlebih jika terdapat banyak bekas jerawat, kulit akan menjadi kasar, gelap dan kusam. Namun anda tak perlu khawatir dengan masalah bekas jerawat. Jeruk lemon mengandung vitamin C.Baca selengkapnya ...
Lenyapkan Noda Hitam pada Kulit Wajah dengan Kunyit
 – Noda hitam pada kulit wajah seperti flek hitam, bekas luka, sel kulit mati dan lain sebagainya memang sangat mengganggu penampilan. Noda hitam membuat kulit wajah terlihat kusam dan tak bercahaya. Untuk itu masalah noda hitam harus diatasi, agar kulit wajah kembali cerah dan membuat kita menjadi percaya diri.Noda hitam pada kulit wajah disebabkan karena beberapa hal seperti dikarenakan paparan sinar matahari, pencemaran lingkungan atau polusi, hormon yang tak seimbang, bekas luka, make-up, penuaan dan lain sebagainya.Penuaan pada kulit biasanya menyebabkan pigmentasi atau hiperpogmentasi yang membuat kulit menjadi hitam atau gelap. Pigmentasi atau hiperpigmentasi akan menyebabkan munculnya bercak hitam pada kulit wajah. Hal ini akan menurunkan rasa percaya diri seorang wanita. Namun anda tak perlu khawatir dengan masalah noda hitam tersebut. Masalah noda hitam dapat kita atasi dengan melakukan perawatan. Salah satu perawatan alami yang dapat Anda coba di rumah yaitu dengan menggunakan kunyit.
Baju Sering Terkena Noda Deodoran? Ini Dia Solusinya
 – Kebanyakan orang akan merasa terganggu dengan kehadiran bau badan. Oleh karena itu, deodoran seringkali dijadikan solusi untuk mengusir bau badan. Memang benar, deodoran membantu menjaga kesegaran tubuh agar tidak bau badan.Akan tetapi, deodoran juga seringkali meninggalkan bekas noda yang membandel di baju. Noda deodoran memiliki warna putih jika di baju hitam, dan berwarna kuning jika menempel pada baju putih atau cerah. Bekas noda deodoran sangat bandel dan sulit dibersihkan, meskipun sudah disikat.Rasa malu sudah pasti, karena baju jadi terlihat jorok dan tidak bersih. Lalu harus bagaimana, jika noda bekas deodoran sulit dibersihkan? Jangan khawatir, karena dengan beberapa trik sederhana, kita bisa melenyapkan noda bekas deodoran di baju. 
Hilangkan Noda Bekas Jerawat dengan Kulit Pisang
Jerawat sangat mudah untuk berkembang biak, hal ini biasanya dipicu karena Anda sering menyentuh atau memencet jerawat, sehingga area kulit lain terkontaminasi oleh bakteri penyebab jerawat. Wajah berjerawat sangat perlu dilakukan perawatan secara rutin, bila Anda ingin jenis perawatan yang mudah dan murah, Anda dapat mencoba perawatan dengan kulit pisang.Pisang, bukan hanya buahnya saja yang mempunyai banyak nutrisi yang mampu menangkal beberapa jenis penyakit dan sangat bermanfaat bagi kesehatan, tapi ternyata kulitnya pun tidak kalah berguna.Bagi kesehatan serta kecantikan kulit, kulit pisang banyak sekali manfaatnya, salah satunya untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Sebenarnya menghilangkan noda bekas jerawat bisa Anda lakukan di salon-salon kecantikan, namun tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan bahan alami seperti kulit pisang yang sangat mudah didapatkan tanpa harus banyak menguras isi dompet untuk menjadikan kulit wajah tampak bersinar kembali.
Tips Alami Bersihkan Punggung yang Bebas Jerawat
Berbicara masalah kulit, jerawat tentu tidak ada habisnya untuk dibicarakan. Ya, jerawat adalah masalah kulit yang pastinya pernah dialami semua orang, baik pria maupun wanita. Meskipun bukan penyakit kulit serius dan hanyalah benjolan kecil, namun keberadaan jerawat sangat mengganggu.Hal tersebut lantaran, kehadiran jerawat dapat merusak penampilan dan membuat kita menjadi tidak percaya diri. Berbicara tentang jerawat, biasanya jerawat muncul pada kulit wajah. Namun, jerawat juga bisa muncul pada bagian kulit lainnya, seperti pada kulit punggung.Sama halnya dengan jerawat pada kulit wajah, jerawat pada punggung juga disebabkan karena keadaan kulit yang kotor. Meskipun sama dengan jerawat pada kulit wajah, namun untuk menghadapi masalah jerawat pada punggung tentu sangat berbeda.
Mengenal Pisang Tongka Langit yang Punya Banyak Khasiat
 – Semua orang Indonesia pasti tahu pisang, tetapi tidak semua tahu bagaimana bentuk tandan pisang. Tandan buah pisang, umumnya menjuntai ke bawah. Batang tandan pisang menggantung dengan sisir menghadap ke bawah.Tetapi ada satu jenis pisang yang tandannya tidak menggantung, tetapi menghadap ke atas. Pisang yang tandannya menghadap ke atas namanya Pisang Tongka Langit. Pisang Tongka Langit (Musa troglodytarum) adalah spesies pisang langka. Selain langka, keunikan pisang Tongka Langit adalah tandannya menghadap ke atas berbeda dengan tandan pisang kebanyakan.Menurut referensi dari Balai Penelitan Tanaman Buah Tropika, Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian Republik Indonesia, penyebaran Pisang Tongka mulai dari Maluku, Papua sampai Pasifik (Solomon, Samoa, Fiji dan lain-lain).
Lenyapkan Noda Hitam pada Kulit Wajah dengan Kunyit
 – Noda hitam pada kulit wajah seperti flek hitam, bekas luka, sel kulit mati dan lain sebagainya memang sangat mengganggu penampilan. Noda hitam membuat kulit wajah terlihat kusam dan tak bercahaya. Untuk itu masalah noda hitam harus diatasi, agar kulit wajah kembali cerah dan membuat kita menjadi percaya diri.Noda hitam pada kulit wajah disebabkan karena beberapa hal seperti dikarenakan paparan sinar matahari, pencemaran lingkungan atau polusi, hormon yang tak seimbang, bekas luka, make-up, penuaan dan lain sebagainya.Penuaan pada kulit biasanya menyebabkan pigmentasi atau hiperpogmentasi yang membuat kulit menjadi hitam atau gelap. Pigmentasi atau hiperpigmentasi akan menyebabkan munculnya bercak hitam pada kulit wajah. Hal ini akan menurunkan rasa percaya diri seorang wanita. Namun anda tak perlu khawatir dengan masalah noda hitam tersebut. Masalah noda hitam dapat kita atasi dengan melakukan perawatan. Salah satu perawatan alami yang dapat Anda coba di rumah yaitu dengan menggunakan kunyit.
Kempiskan Jerawat dalam Semalam dengan Kulit Pisang
Jerawat, memang tak pernah ada habisnya berbicara tentang masalah kulit yang satu ini. Meskipun bukan penyakit serius, namun jerawat merupakan masalah serius karena dapat merusak penampilan, dan jerawat seringkali muncul meskipun sudah diatasi berkali-kali, dan semua orang pasti mengalami masalah ini.Jerawat memang masalah kulit yang bikin kesal. Hal ini dikarenakan dapat membuat orang menjadi tidak percaya diri, terlebih ketika ada momen-momen penting. Meskipun demikian, Anda tak perlu panik dengan masalah jerawat. Jerawat juga merupakan masalah kulit yang mudah diatasi, meskipun kerap muncul kembali.Untuk mengatasi masalah jerawat sendiri ada banyak sekali cara. Namun ada cara murah, praktis, mudah, dan tentunya sangat efektif dalam mengatasi jerawat. Cara tersebut yaitu dengan menggunakan kulit pisang. Meskipun sepele, namun kulit pisang sangat efektif untuk mengatasi jerawat, bahkan dalam waktu semalam.
Enam Keuntungan Konsumsi Milkshake Pisang
 – Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan. Buah ini kaya akan vitamin dan sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu pisang juga dapat digunakan untuk menu diet Anda. Pasalnya, sumber nutrisi yang terkandung dalam pisang mampu mencukupi kebutuhan energi tubuh seseorang.Karena manfaatnya yang luar biasa, saat ini pisang juga banyak digunakan sebagai bahan baku berbagai olahan makanan. Sehingga, kita dapat menikmatinya dalam berbagai macam makanan. Bahkan saat ini terdapat milkshake pisang. Milkshake pisang ini merupakan perpaduan antara susu dan pisang, yang kemudian diblender.Bagi Anda yang tidak sempat sarapan, milkshake pisang adalam minuman yang paling tepat untuk dikonsumsi. Sebab selain enak dan lezat, terdapat beberapa keuntungan yang didapatkan dari mengkonsumsi milkshake pisang ini.Baca selengkapnya..
Cara Hilangkan Jerawat Punggung dengan Masker Tomat
 – Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang sangat mengganggu. Tidak hanya pada kulit wajah saja, jerawat juga muncul pada bagian tubuh lainnya, salah satunya di punggung. Memang, jerawat bisa muncul di mana saja sepanjang kelenjar yang bisa menghasilkan minyak atau yang disebut folikel rambut, termasuk pada punggung. Jerawat punggung membuat kita tak nyaman terlebih ketika saat duduk bersandar.Meskipun demikian, Anda tak perlu khawatir, jerawat punggung dapat dengan mudah diatasi. Saah satu cara ampuh untuk mengatasi jerawat punggung yaitu dengan menggunakan masker tomat. Tomat kaya akan anti oksidan, vitamin C, dan E, yang baik untuk merawat kesehatan kulit, serta mengatasi masalah kulit termasuk jerawat, baik jerawat punggung maupun jerawat pada kulit wajah.
7 Manfaat Jantung Pisang, Antara Lain Mengobati Diabetes
 – Jantung pisang dikenal sebagai bunga pisang, di mana bentuknya mirip jantung dengan warna ungu pekat. Mereka mungkin tidak terlihat seperti bunga sebenarnya, tetapi di dalamnya ada barisan bunga kuning seperti pisang versi sangat kecil.Tidak banyak yang mengolah jantung pisang saat ini, dikarenakan proses memasaknya terlalu ribet. Namun siapa sangka jika jantung pisang ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, terutama memerangi penyakit modern.Tidak terlalu sulit untuk menemukan penjual jantung pisang, terutama jika Anda pergi ke pasar tradisional. Lantas apa saja manfaat dari jantung pisang ini? Berikut adalah 7 manfaat jantung pisang yang di antaranya mencegah penyakit jantung.
Lemon, Solusi Jerawat Tidak Muncul Lagi
Jerawat, memang tak pernah ada habisnya membahas masalah kulit yang satu ini. Memang jerawat adalah masalah kulit yang paling sering dialami semua orang, dan jerawat adalah masalah kulit yang sangat menjengkelkan sekali. Hal ini dikarenakan, meski hanya berupa benjolan kecil, jerawat dapat merusak penampilan seseorang.Jerawat sendiri disebabkan karena kurangnya dalam menjaga kebersihan kulit wajah. Sehingga akan banyak kotoran yang menempel, hingga akhirnya menyumbat pori-pori kulit wajah yang akhirnya meradang dan menjadi jerawat. Jerawat juga bisa disebabkan karena alergi terhadap makanan, makeup, hormon tidak seimbang, dan lain sebagainya.Berbicara tentang jerawat, masalah jerawat sendiri sebenarnya mudah untuk diatasi. Ada banyak sekali obat jerawat atau masker alami yang dapat mengatasi masalah jerawat. Namun, seringkali jerawat kembali lagi, dan hal inilah yang kerap membuat orang menjadi jengkel.
Pisang Menjadi Berkelas di Gedhang Ganteng
Gedhang pisang adalah makanan yang tidak asing lagi di Indonesia, khususnya pulau Jawa, karena kota pisang yaitu Lumajang ada di Jawa Timur. Apalagi olahan pisang bisa dibuat menjadi beraneka ragam. Mulai dari pisang goreng, pisang epek, kolak pisang, keripik pisang, dan masih banyak lagi.Nah, kali ini saya dan beberapa teman blogger dari Malang sedang berada di kafe Gedhang Ganteng. Sebenarnya saya tidak terlalu suka dengan olahan pisang, tapi saya penasaran mendengar nama Gedhang Ganteng, unik dan bikin penasaran.Kafe ini didirikan oleh dua orang ganteng yaitu Rofif dan Husni. Sebagai pemuda yang ingin mandiri, keduanya ini mendirikan sebuah usaha kuliner yang "lain dari yang lain". Kebetulan saat itu di Malang belum ada kafe yang menu utamanya gedhang atau pisang.
Rutin Makan Pisang Hijau, Khasiatnya Luar Biasa
 – Jika harus memilih antara pisang yang sudah matang kekuningan dengan pisang yang masih hijau, pasti Anda akan memilih pisang yang sudah matang, bukan? Sangat jelas, karena pisang kekuningan dan matang pasti memiliki rasa manis dan enak.Akan tetapi, bukan berarti yang hijau tidak bermanfaat, karena ternyata pisang kuning maupun hijau (masih mentah) sama berkhasiatnya. Bahkan disebutkan bahwa, banyak sekali keuntungan yang didapat dari makan pisang hijau.Beberapa keutamaan yang terdapat pada pisang hijau, membuat Anda tak perlu ragu lagi untuk mengonsumsinya. Penasaran, kira-kira apa sajakah manfaat mengonsumsi pisang hijau? Simak langsung ulasannya berikut ini.
Cara Usir Jerawat dengan Masker Kayu Manis
.co.id – Jerawat adalah masalah kulit wajah yang tak pernah ada habisnya. Hal ini dikarenakan, jerawat menjadi masalah kulit wajah semua orang. Semua orang di dunia pasti mengalami masalah kulit wajah yang disebut jerawat.Berbicara tentang jerawat, jerawat sendiri sebenarnya bukan penyakit kronis, hanya saja jerawat merusak penampilan dan kecantikan seseorang. Hal inilah yang membuat jerawat menjadi masalah serius bagi semua orang, terutama kaum muda. Tentu saja, kehadiran jerawat sangat menjengkelkan, apalagi jika muncul secara terus-menerus.Untuk mencegah atau mengatasi masalah jerawat, hal pertama yang harus kita ketahui adalah penyebab jerawat. Dengan mengetahui penyebab jerawat, kita akan lebih mudah dalam mencegah dan mengatasi masalah jerawat. 
Penyebab Jerawat Punggung yang Tak Banyak Diketahui
Jerawat merupakan masalah kulit yang sudah sering dialami oleh orang kebanyakan. Hal ini dikarenakan, semua pasti pernah mengalami yang namanya jerawat, terlebih bagi kaum remaja. Jerawat menjadi masalah serius, dikarenakan dapat merusak penampilan dan membuat orang menjadi tidak percaya diri.Berbicara tentang jerawat, jerawat tidak hanya muncul pada bagian kulit wajah saja. Namun, jerawat juga dapat muncul pada bagian kulit lainnya, seperti punggung. Walaupun tidak terlihat karena tertutup pakaian, jerawat pada punggung juga sangat mengganggu.Jerawat punggung membuat kita merasa tidak nyaman, terlebih ketika harus duduk bersandar. Sama halnya dengan jerawat pada kulit wajah, jerawat punggung juga disebabkan oleh banyak hal. Namun, banyak orang yang tidak menyadarinya atau tidak mengetahui akan menyebab jerawat punggung.
Cara Alami Mencerahkan Kulit Wajah dengan Scrub Kulit Pisang
Memiliki kulit wajah yang bersih dan cerah terbebas dari berbagai masalah kulit wajah seperti jerawat, komedo, noda hitam dan lain sebagainya merupakan dambaan semua orang, terutama kaum wanita. Kulit wajah yang bersih dan cerah akan menunjang kecantikan seorang wanita, terlebih bagi wanita Asia yang menganggap cantik adalah kulit yang bersih dan cerah. Oleh sebab itu banyak wanita yang berjuang mati-matian demi bisa mendapatkan kulit yang bersih dan cerah.Untuk mendapatkan kulit putih, dan bersih sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Namun yang membuat sulit adalah menjaga agar kulit tetap cerah dan bersih. Hal ini dikarenakan banyak kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering dilakukan wanita yang ternyata dapat merusak dan membuat kulit menjadi gelap. Diantara kebiasaan buruk tersebut adalah beraktivitas di luar ruangan tanpa menggunakan tabir surya.Meski demikian, Anda tak perlu khawatir. Kita dapat mengembalikan kecantikan kulit kita kembali. Ada bahan alami yang ampuh yang dapat kita gunakan sebagai scrub untuk mencerahkan kulit kita. Bahan alami tersebut yaitu dengan menggunakan kulit pisang. Bagaimana cara menggunakannya. Berikut cara alami mencerahkan kulit wajah dengan menggunakan scrub kulit pisang.Baca Selengkapnya...
Ini Dia Hal yang Membuat Jerawat Semakin Parah
 – Jerawat memang masalah kulit yang sangat menyebalkan. Tak hanya membuat kulit wajah merasa tak nyaman, namun jerawat juga merusak kecantikan kulit wajah. Tidak hanya itu saja, jerawat juga sering kali meninggalkan bekas yang tak kalah menjengkelkan.Selain itu, bekas jerawat juga sangat sulit untuk dihilangkan. Berbicara tentang jerawat, sebenarnya jerawat mudah untuk diatasi. Namun banyak orang yang salah dalam menangani jerawat, sehingga jerawat semakin parah dan menyebar semakin banyak.Hal inilah yang harus diperhatikan, jika tak mau jerawat semakin parah dan membuat penampilan semakin rusak. Ada beberapa hal yang membuat jerawat semakin parah dan sulit disembuhkan, namun banyak orang yang tak menyadarinya. 
Masker Ajaib untuk Lenyapkan Jerawat
Jerawat merupakan masalah kulit wajah yang umum dialami semua orang, terlebih mereka yang baru memasuki usia puber. Ya, di usia puber kulit akan memproduksi minyak berlebih sehingga risiko munculnya jerawat akan meningkat.Jerawat sendiri sebenarnya bukanlah penyakit kulit yang kronis. Namun, meskipun hanyalah benjolan kecil, jerawat merupakan masalah kulit serius yang harus segera diatasi. Hal ini dikarenakan jerawat dapat merusak penampilan seseorang dan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri.Berbicara tentang jerawat, jerawat sendiri disebabkan oleh banyak faktor. Diantara penyebab munculnya jerawat adalah karena kurangnya kita dalam menjaga kebersihan kulit wajah, sehingga banyak kotoran, debu, polusi, atau sisa make up yang menyumbat pori-pori kulit wajah sehingga menyebabkan jerawat.